1

Topic: Anak dan Gadget

Hai mama-mama cantik, mau share dan minta masukannya nih mengenai perkembangan teknologi sekarang ini. Kalo diliat di luaran sering banget ya kita liat anak-anak kecil bahkan dari yang usia balita udah mainan gadget entah itu hp, tablet, game, dll.

Aku sendiri sebagai mama dari anak yang masih bayi kok miris ya liatnya, anak kecil udah kecanduan gadget. Susah-susah gampang sih ya di era kemajuan teknologi gini. Kalo denger jawaban dari mama-mama yang kurang lebih bunyinya kayak gini "udah lah daripada rewel dikasih gadget aja biar anteng", kayaknya kok aku gak tega liat anak kecil mainan gadget entah itu nonton video ataupun mainan game.

Memang sih banyak tontonan dan permainan edukatif didalamnya, tapi kok ya aku ngerasa hidup di jaman dulu yang bebas gadget lebih bahagia ya. Apalagi waktu itu sempet baca artikel yang kalo gak salah judulnya "disaat anak-anak anda sibuk main gadget, anak-anak bos go**le dan a**le asik main tanah di sekolah". Artinya kalo anak-anak mereka aja disibukkan dengan aktivitas fisik, kenapa anak-anak kita kok rasanya diperbudak oleh gadget-gadget temuan mereka?

Aku sendiri punya pengalaman melihat anak-anak kakakku kalau jalan-jalan selalu dibekalin gadget, kalo gak main gadget rewelnya minta ampun. Aku sampe mikir, apa iya anak sekarang semuanya begitu ya? Tapi pola pikirku ini jadi berubah waktu ngumpul arisan sama temen-temen suami, disitu ada satu orang temennya yang bawa dua anak, waktu kita ngumpul sama sekali gak rewel main gadget, mama nya bawain kedua anak itu yang kebetulan perempuan buku mewarnai dan pensil warna, dan mereka kelihatannya fun-fun aja tuh dengan aktivitas yang bisa dibilang "jadul" itu yaitu mewarnai. Tapi kan ngeliatnya lebih seneng ya, dengan mewarnai kan bisa melatih kreativitas anak.

Kalo mama-mama sendiri sebenernya pro or kontra ya terhadap anak yang main gadget? alasannya apa dan apakah punya tips untuk bisa membuat anak gak kecanduan gadget ini?

Sharing ya mama..

Mamods kalo topik ini udah ada monggo di gabung or di close, soalnya aku cari-cari sih gak nemu.. hehe..

proud mommy of kaitlynn amberly

IG : chamarsha89
https://kaitlynnamberly.wordpress.com/

2

Topic: Anak dan Gadget

Chamarsha89
chamarsa kalau gadget untuk anak toddler kayaknya memang belum ada ya.. Disini baru ada telepon seluler untuk anak yang sudah masuk usia SD.
Yuuk, sama-sama kita diskusi soal gadget untuk anak usia toddler. Seberapa penting, juga pro/kontra soal gadget ini.

Kalau saya sendiri, saya tidak melarang sama sekali 2 bocah saya main gadget. Kebetulan saya dan suami punya gadget masing-masing. Gadget itu tetap milik kami, dan status mereka pinjam jika ingin bermain. Kami tidak membelikan mereka gadget khusus. Jadi jika kami memerlukannya dan ketika mereka sedang asyik bermain, ya mau tidak mau mereka harus menghentikan permainannya. Kalaupun ingin bermain, mereka juga harus ijin dulu ke kita. Biasanya permainan gadget ini dibatasi hanya saat-saat tertentu atau ada deal-deal tertentu. Misalkan, Jika Kara hari ini makan sayurnya hebat, boleh main ipad sore hari. Atau jika kami harus pergi ke suatu tempat untuk satu keperluan, tapi anak-anak tidak bisa dititipkan ke eyang-eyangnya, maka mau tidak mau harus diajak. sementara kalau diajak, mereka pasti bosan karena tidak ada tempat bermain, maka biasanya mereka akan tanya "boleh gak kalo bawa ipad?" Jadi berdasar kesepakatan saja. Karena tidak semua anak minatnya sama. Kira bisa dengan mudah dibawakan crayon dan buku gambar, karena dia suka sekali mewarnai. Tapi Kara tidak akan bertahan lama duduk diam dengan crayon dan buku gambar. Maka kami bersepakat untuk memberikan dia kegiatan yang lain.
Tidak bisa diingkari juga, 2 bocah saya hafal warna dan huruf juga dari gadget. Dan kita orang tuanya juga masih memerlukan gadget untuk menyelesaikan beberapa hal. Jadi memang susah untuk dihindari.
Beberapa aturan juga berlaku, misalnya kami tidak akan pernah membawa gadget ke acara keluarga. Karena kami ingin kira dan kara mengenal dan bermain bersama sepupu-sepupunya. Lari-larian, naik turun tangga, ngobrol dan lain sebagainya. Jadi boundingnya pun ada. Yang dibawa hanya smartphone yang biasanya berfungsi jika ada telepon darurat atau untuk sekedar photo-photo bersama sepupu dan saudara. Jika ada sepupunya yang asik bermain tablet, biasanya salah satu diantara kita akan merayu dan mengalihkan, kalau tertawa dan lari-larian itu lebih asyik dan seru.
Hal yang sama juga berlaku jika kami bertemu dengan teman-teman yang punya anak seusia mereka. Biasanya dengan teman-teman kantor atau dengan teman-teman sekolah, atau acara playdate. At least biar belajar bersosialisasi.
Gadget juga biasanya kita manfaatkan untuk media belajar. Seperti menunjukkan video terjadinya hujan, gambar-gambar hewan dan statue sambil bercerita.
Selain itu kami menghindari memberikan gadget ketika anak merengek atau menangis. Untuk mengantisipasinya kita adakan kesepakatan. Misalkan, ayah sama bunda harus pergi ke kantor, adik di rumah tidak ada teman di rumah, jadi adik akan ikut ayah/bunda ke kantor. kalau nanti adik di kantor bersikap baik, tidak marah/rewel, dan maemnya habis, adik boleh pinjam ipad ayah/bunda. Jadi ketika dia mulai bosan, maka dia akan ingat dengan kesepakatan tadi dan bertanya "boleh aku pinjam ipadnya?". Karena kalau diberikan ketika anak mulai cranky, maka dia akan terus meminta dengan cara menangis dan berteriak sebagai senjatanya.

Sepertinya selama tidak terlalu berlebihan dan dibatasi, gadget bisa dimanfaatkan untuk banyak hal. semoga sedikit membantu.. Yuuk mari silahkan kalau mau ditambahi. Siapa tahu bisa juga saya pakai untuk tips-tips main gadget bersama 2 bocah saya :)

-WiwiT-
An ordinary bunda of twin amazing angels, Kira and Kara Setyadi
@wiwidwadmira | the Setyadi's

3

Topic: Anak dan Gadget

waa Kira Kara, seneng banget baca paparannya, karena jujur aja, meski pun secara teori aku tahu dan berusaha membatasi gadget untuk si bungsu, tapi pada prakteknya susahhh banget untuk melakukannya...

makasih ya masukan2nya...

twitter and IG: @zataligouw
Blog : http://www.zataligouw.com/

4

Topic: Anak dan Gadget

penggunaan gadget memang tidak bisa dihindari tinggal bagaimana kita memberikan batasan penggunaan gadget pada anak.

soalnya... dulu aku seneng sih bisa numpang di rumah temen main atari dsb. :D
orangtua memang ngga membelikan. jadi kalo pas main ke rumah temen, bisa main atau ngeliatin aja udah seneng banget.

aku & suami pernah memperbolehkan anak2 main tablet on weekend. tapi pernah tuh mereka ribut jadi suami ngga memperbolehkan main sampai sekarang. jadi di rumah, main lego biasanya.

aku ngga yang kontra banget dengan pemakaian gadget karena bagaimanapun anak2 kita besar di era yang perkembangan teknologi-nya luar biasa cepat. anak2 tetap sebaiknya kenal tapi ada kontrol dari orangtua yang membantu penggunaan gadget ini.

? love to write and run - a bus transjakarta passenger ?
@ninityunita

5

Topic: Anak dan Gadget

Syetuju moms!
Saya sendiri sebenernya ada ketakutan yang beralasan knp membatasi gadget pana anak,
1. jadi teradiksi.
2. tidak disiplin sama jadwal kegiatan harian, krn fokusnya sama gadget terus.
3. anak jadi speech delay (berdasarkan pengalaman seseorang)

tapi setuju banget sama mommies keceh di atas! harus dikontrol dan didampingi :) Insya Allah gpp, karena anak juga mesti melek teknologi jaman sekarang, ya kan ya kan yaaa?

6

Topic: Anak dan Gadget

ZataLigouw
*toss* memang benar kadang berjalan tidak semulus yang seharusnya. Apalagi dikala deadline kerjaan. Panggilan dari meja kerja tidak dapat dihindari disaat bersamaan anak panggil-panggil karena bosan dengan mainannya. Mau tidak mau, terkadang gadget harus diikhlaskan juga.

teh Ninit,
Mainnya Atari, canggih euy. jadi ketahuan usianya ya teh?! aku dulu hanya kenal gameboy. haha...

Tya Mariam
Akupun pernah kenal masa anak sudah lulus toilet training, lalu keasikan main gadget jadi males ke kamar mandi akhirnya ngompol lagi. *duuuh* Ditarik lah segala macam gadget di rumah. Tidak dipinjamkan kalau pee/poo nya gak pinter. Dikasih tahu juga kalau permainan di gadget bisa di pause, dan dihentikan sementara. Selesai pee/poo bisa dilanjutkan lagi.

-WiwiT-
An ordinary bunda of twin amazing angels, Kira and Kara Setyadi
@wiwidwadmira | the Setyadi's

7

Topic: Anak dan Gadget

Jadi terinspirasi baca pengalaman Kira Kara, terus terang aku termasuk yang takut banget kasi gadget ke anak. Memang sih bayiku masih 6 bulan sekarang jadi memang belum paham soal gadget. Tapi lihat pengalaman ponakan yang terbiasa dari kecil tiap makan selalu dihadapkan ke ipad biar bisa makan dengan tenang, tiap mamanya mau ngerjain pekerjaan rumah tangga selalu dihadapkan ke ipad juga biar anaknya anteng. Intinya ipad jadi solusi biar si anak anteng dan termasuk salah satu barang yang gak akan pernah lupa dibawa kemana2, kalau sampai lupa, rewelnya bisa woooow banget. Ujung2nya, di usianya yang ke 3 tahun, ponakanku belum bisa bicara. Entah belum bisa atau anaknya malas untuk bicara, yang jelas cuma ah-eh aja. Ketika dipanggil pun gak nengok. Dan gak bisa konsentrasi lama ngerjain sesuatu.

Sempet dikira autis karena memang belum pernah ada pengalaman dengan anak seperti itu. Akhirnya diterapi deh, dan anaknya gak autis, bahkan dibilang cerdas sama yang kasi terapi. Dan hasil terapinya ngefek banget. Perkembangannya lumayan bagus sekarang. Sudah hafal A-Z dan bisa nulisnya. Dikit2 ngomong sepatah2 kata dalam bahasa inggris. Kalau dipanggil namanya sudah nengok.

Kata orang tuanya, itu kemungkinan efek gadget. Gara2 dikit2 ipad itu. Makanya setelah punya anak ini, aku jadi agak parno kasi gadget ke anak. Padahal kalo dari pengalaman pribadi, banyak banget kosakata bahasa inggris yang aku pelajari gara2 dulu suka main game di komputer. Dengan main game tu jadi lebih gampang nyantol istilah2nya. Apalagi sekarang banyak aplikasi2 bagus buat anak2 di hp. Tapi melihat ponakan seperti itu, jadi mengurungkan niat untuk kenalin gadget ke babyku.

Setelah baca2 pengalaman ibu2 disini, jadi mau nyusun rencana gimana supaya baby tetap kenal gadget tapi gak addicted. Harusnya bisa ya kaya Kira Kara...

8

Topic: Anak dan Gadget

Pentingg niih,,makaasii pencerahan n pnglamananyaa mamaas,, ikut sharing, ponakanku jg addict gadged(ipad) sjk usia 2 thun, buka youtube udh lncar bgd diusia 3 thun, kadang takjub liatnya cuz ampe video2 lagu TOP40 pun dy suka buka. Trus dari situ dy belajar nama-nama maskapai pesawat (worldwide) , nama-nama planet, nama-nama dinosaurus, cerdass bgd semua dy hapal!! SekarAng udag touch 4thn udah ga minat tuh sm ipad, lebih doyan nonton Tv tayangan kaya disney,nickeledeon,dsb. Skrg bahasa shri2nya udah campur English. Dibarengin dgn altivitas fisik,skrg dy sudah pintar naik sepeda roda dua, menulis nama sndri, menggambar,dsb.. Liat dy Sy jd ga takut lah sm gadged ke anak,bahkan sudah rencna nnt ultah ke2ny mau dihadiain Ipad.


  • [/*]
yg sy pljari dr ponakanku, selain di dampangi, dibatasi, juga perlu sediakan wktu buat aktivitas fisik n sosial.

Deevahawk | triosagittarian

9

Topic: Anak dan Gadget

tari,
whoaaa keren banget sih keponakannya... intinya memang harus balance yaaa. terbukti dari keponakanmu yang justru pake gadget malah banyak pengetahuan. ktia memang ga perlu takut sama teknologi yang penting selalu punya takaran yang pas untuk penggunaannya dan aktivitas fisik anak.

wiwittt...
aku ga punya atari waktu kecil wittt... hahaha. itu numpang liat tetangga main aja bahagianya udah maksimal. :)
sudah lah wit kalo usia... udah pasti akoh yang paling senior :D bwahahaha.

? love to write and run - a bus transjakarta passenger ?
@ninityunita

10

Topic: Anak dan Gadget

Iaa teehh,,makanya sy tuh cinta bgd sm ponakanku ituuu,,asikk bgd d ajak dancing2 pke video lagu2 hasil pilihan diaaa,,,hihii,jd oot. So mamas yg lain jgn khwatir yg berlebih slma mama punya waktu bwt nemenin atau klo yg ga da wktu(working mom) yaaa disekolahin ajaa sklian,,hohooo

Deevahawk | triosagittarian

11

Topic: Anak dan Gadget

tari
setujuuu... pendampingan itu penting. Milihin jenis permainan untuk di ipad juga penting. karena banyak banget game yang hanya dapat asiknya saja, dengan unsur edukasi yang minim. Jadi pertimbangan orang tua memilihkan jenis games yang akan diinstal itu gak kalah pentingnya.

-WiwiT-
An ordinary bunda of twin amazing angels, Kira and Kara Setyadi
@wiwidwadmira | the Setyadi's

12

Topic: Anak dan Gadget

Hmm...anak dan gadget...
Ngga bisa dipungkiri sih kalo anak-anak jaman sekarang hampir semua kenal sama gadget. Karena memang mereka lahir dan tumbuh di era teknologi kan. Duluuu aku pengennya mereka cukup tau gadget aja,tapi ternyata itu cuma keinginanku doang,hihihi..

Pernah beberapa kali anak-anak itu jadi suka marah-marah,lebih agresif. setelah dipantau ya ternyata karena mereka suka main games di ipad adekku. jadilah aku bilang ke sodara-sodara dan ke anak-anak kalau mereka tidak boleh pinjam dan meminjamkan ipad. Puasa gadget lah judulnya.

Sampe suatu ketika aku emang lagi sibuk banget :( dan ngga bawa apa-apa selain tab buat kerja di tas. yowes lah akhirnya kami deal2an kalau boleh pakai apps edukasi dan bolehnya 30 menit,plus harus main bersama2.
Sampe sekarang sih mereka masih sering main gadget,semua gadget.

Tapi memang ada waktunya,kayak misalnya kalo mereka ikut mama meeting,biar agak diem ya dikasih. Kalo weekends juga aku bolehin main,tapi sekarang kalo weekends mereka lebih pilih main outdoor sama temen2nya.

Intinya sih boleh,tapi didampingi. kayak kata mama tari.
Oiya,dulu kan ga tau yaa apps edukasi apa aja yg oke buat kids,akhirnya nemu dong di TUM. http://theurbanmama.com/forum/topic433-smartphone-apps-for-kids-entertainment.html ceki2 aja disitu,siapa tau mau nambahin apps edukasi terbaru ;)

Love my kids

twitter & IG : @ndiievania
blog : https://ndiievania.wordpress.com/

13

Topic: Anak dan Gadget

setuju moms, intinya adalah pengendalian dan pendampingan ketika mengenalkan anak dengan gadget

saya duluuu cita2nya anak tu gadget free, ternyata semakin kesini, idealismenya semakin pudar. Agak sedikit lebih permisif, apalagi pernah ngalamin 3 bulan jauh dari anak, alhasil mau ga mau komunikasi sama anak ngandelin dari gadget (via video call, facetime)

pernah ngalamin anak agak adiktif sama gadget, ini nyapihnya penuh drama dey, solusinya ternyata bukan sekedar melarang dia main gadget, tapi sbg orang tua, kita pun harus memberikan contoh bahwa gadget cuma sekedar alat bantu, bukan prioritas hidup. Dipegang ketika sedang diperlukan, bukan dipegang setiap saat setiap waktu.

Susah awalnya, buat saya dan pasangan terutama, untuk konsisten memberikan contoh, tapi alhamdulillah, bocah bisa juga lepas dari nyandu gadget.

Saat ini, sebisa mungkin gadget hanya untuk weekend, kadang gagal juga sik *hanyamanusiabiasa*, tapi selalu didampingi dan dibatasi pemakaiannya. Sebelum main ipad, biasanya kita bikin perjanjian, jadi saatnya ipadnya diminta, bocah sukarela memberikan ipadnya, tanpa drama dan perlawanan.

ga bisa dipungkiri, dari gadget, anakku belajar kosakata bahasa inggris (dari lagu, warna, bentuk) , belajar mengatasi ketakutan akan ketinggian (nonton video anak main perosotan), belajar ttg binatang (nonton dokumenter binatang) dsb

14

Topic: Anak dan Gadget

hai mom nilasari

iya banget susah ya kasih contoh untuk gak pegang gadget, tapi emang harus dibiasain juga ya, kalo diliat nih sekarang2 ini masalahnya bukan cuma pada anak nyandu gadget, tapi ortu nya juga *tutup muka*..hehehe

proud mommy of kaitlynn amberly

IG : chamarsha89
https://kaitlynnamberly.wordpress.com/

15

Topic: Anak dan Gadget

Hi Mamas, boleh ikut nimbrung yaaa.. soalnya topiknya menarik, anak & gadget. Dulu sih saya jg punya prinsip untuk ngga cepet2 ngenalin gadget ke anak, tp kenyataannya ngga seperti itu lha wong pas ultah anak saya 1 th sama eyangnya dihadiahin tablet, gara-gara suka lihat anak saya suka minjem smartphone saya.
Saya setuju kalo pengendalian dan pendampingan adalah kuncinya. Karena ngga bisa dipungkiri dengan gadget bisa jadi sarana belajar. Anak saya paling seneng nonton video di Youtube, dari situ dia bisa belajar menyanyi banyak lagu, berhitung dan mengeja abjad.

16

Topic: Anak dan Gadget

anak ak , Baby Shalom usia 1.5 yo,, now is called "UBER BABY" by my family , she's so addicted to youtube . so we can no longer carry our cell phone around, soalnya dy pasti lsg ngerengek mnt youtube,, dan itu ga ad bosennya over and over again,liat vid hello kitty, funny puppies, cats , and others animal ,huftt abisn kuota :p

17

Topic: Anak dan Gadget

Vanbita,
Untuk anak seusia itu jika dirasa terlalu lama mainnya, untuk mengalihkannya bisa dicoba ditawarkan dg kegiatan bermain yang lain. Seperti busy book atau sensory play. Biasanya mereka lebih mudah teralihkan perhatiannya, apalagi jika yg ditawarkan kelihatah asik juga. Drpd dilarang atau diambil, siapkan saja mainam alternatif pengganti. Ide permainannya bisa dicari disini : http://theurbanmama.com/forum/forum14-toys-playthings.html atau browse pinterest. Semoga sedikit membantu.

-WiwiT-
An ordinary bunda of twin amazing angels, Kira and Kara Setyadi
@wiwidwadmira | the Setyadi's

18

Topic: Anak dan Gadget

vanbita, kebayang lucunya baby Shalom...

oh ya, setuju dengan Wiwit, sebaiknya kegiatan nontonnya dikurangi dengan ajakan bermain sensory play, dll, karena yang menjadi concern adalah, satu dia masih baby, dan kedua, terlalu banyak melihat layar bisa berpengaruh buruk terhadap matanya.. semoga bisa dikurangi sedikit demi sedikit yaa :)

twitter and IG: @zataligouw
Blog : http://www.zataligouw.com/

19

Topic: Anak dan Gadget

Ih iya masak wktu jdwal ke DSA blum jg nanya udah dksi tau "jangan dikasi gadget" ngiikk- krn ngaruhny d konsentrasi nnt klo trbiasa gadget daya konsenya jd dikit. Sy ngangguk2 aja deh.hiks

Deevahawk | triosagittarian

20

Topic: Anak dan Gadget

Vanbita Shalom lucu banget siihh. ini kayak anak kedua dan ketiga dulu,ga bisa liat gadget nganggur/yg dipegang ortu.

setuju sama mba wiwit,coba dikenalin sama sensory play deh,karena ini ngefek banget buat anak2 aku,memang sih mamanya jadi wajib liatin terus karena anak minta diliatin mereka lagi ngapain,tapi ya gpp lah.

terus bener kata DSA nya tarilestari anak kedua dulu konsentrasinya bagus,semenjak kelebihan porsi main gadget,wis lah nguap aja itu jd ga bisa konsen dan ngamukan.
akhirnya ya semua gadget disimpan dilemari,hp pun ga aku pake loh. tp jadinya keliatan sih kalo anak ternyata bisa "sembuh" dan survive kok.
kayaknya sih karena gambar2 di gadget itu cepet ya geraknya.

tapiiii sekarang anak2 tetap main gadget kok,cuma lebih diawasin aja dan dibatesin,karena udah gede,lebih gampang juga ngomongnya.

Love my kids

twitter & IG : @ndiievania
blog : https://ndiievania.wordpress.com/

21

Topic: Anak dan Gadget

Udah lama ga ikut-ikutan forum. Tapi ingin share juga tentang gadget dan balita.

Anak saya Alif 3 tahun, suka sekali kalo waktu nonton/main Ipad telah tiba. Honestly, lebih gampang kalo anak dikasih gadget..dia jadi bisa tenang dalam waktu lama dan ayah-ibunya bisa bebas beraktifitas :D

Tapi..banyak akibat buruk yang saya rasakan langsung: misalnya, anak jadi gampang ngamuk kalo lagi nonton/main gadget terganggu, gampang ngamuk juga kalo dikasih tau bahwa waktu main gadget udah selesai. Plus anaknya jadi tidak tertarik dengan aktifitas lain (menggambar, mewarnai, baca buku, atau main lego).

Jadi saya dan suami sekarang berusaha menerapkan aturan "boleh nonton/main gadget hanya di hari libur". Penerapannya sulit dan ortunya pun masih sering melanggar. Tapi..lagi berusaha diimbangi dengan memperbanyak aktifitas lain: jalan ke hutan, main di playground, naik sepeda, main bola, dll.

22

Topic: Anak dan Gadget

tatats,
ahhh senangnya tatats aktif di forum :).
betul tats... untuk gadget, akan sulit kalau cold turkey diberhentikan. memang benar apa yang dilakukan sama tatats, lebih banyak variasi kegiatan supaya si kecil ngga minta gadget terus.

aku sendiri ngga anti gadget. anak-anak cuma boleh main weekend aja. itu pun ada batasan jam-nya. so far sih mereka udah ngerti banget. meski kadang suka bablas... misalnya 2 jam, jadi 3 jam. :D

memang ya, kalo dikasih gadget, anak jadi anteng banget... di sini deh tantangan kita sebagai orangtua. supaya rajin juga ngajak anak2 berkegiatan outdoor seperti mama tatats.

? love to write and run - a bus transjakarta passenger ?
@ninityunita

23

Topic: Anak dan Gadget

Urban Mama,

Satria 3,5thn lagi suka banget nonton youtube di tabletnya, dan susah banget untuk berhenti, urban mama yang lain ada pengalaman juga kah? gimana ya supaya anak mau berhenti main gedget terutama nonton youtube :D

A mom and a wife of sailor and their chubby son Satria
http://www.mamaayuutami.com

24

Topic: Anak dan Gadget

ayu,
dikasih tahu yu kalau hari ini cuma bisa 30 menit misalnya untuk nonton youtube :) kalo lebih dari itu nanti matanya kurang sehat.
hmm tapi satria udah ngerti belum yaa? :)

nonton apa sih yuuu?
jadi satria biasanya brp jam pegang tablet?

? love to write and run - a bus transjakarta passenger ?
@ninityunita

25

Topic: Anak dan Gadget

Ayu sama andi sudah terapin nontonnya 1jam aja, satria iya aja tapi pas sudah 1 jam nangis nda berhenti minta nambah Teh Ninit

Satria suka banget nonton Kartun Paw Patrol & Play Doh, kalau pegang Tablet bisanya sampe 2-3 jam Teh Nit

A mom and a wife of sailor and their chubby son Satria
http://www.mamaayuutami.com