1

Topic: Anak dan Gadget

Haaaa..akhirny anakku sdh 'kesenggol' gadget..gara2 bbrpakali dapat macet dijalan yg bwt sy pasrah ks dy hp. Jujur, kok ya,klo di publik sy merasa 'keibuan' sy berkurang drastis klo anakku (yg ddekatku) pegaang gadget..rasanya gmn gtu. beda crita klo lg sm ponaakanku dlu,yg sy santai2 aj liatny. Ada yg mrasa sama kya sy nd?

Deevahawk | triosagittarian

2

Topic: Anak dan Gadget

ayu,
ayu ga tegaan ya? :D
kalo aku sih tega orangnya. kalo udah 30 menit, udah... selesai. mau nangis mau ngga. aku amankan si gadget. :)

? love to write and run - a bus transjakarta passenger ?
@ninityunita

3

Topic: Anak dan Gadget

Selama ini saya masih membiasakan Alma nonton TV & main gadget hanya saat weekend. Sebenarnya berawal dari pengamatan gue dimana Alma ada kecenderungan pas weekdays/hari sekolah tidurnya nggak tenang kalau sorenya nonton TV/main gadget.

Penerapannya sih sejauh ini lancar... tapi bukannya tanpa perlawanan ya, hahaha. Anak ngamuk minta nonton, pernah. Cranky pas netflix-nya error, pernah. Biasanya saya biarin aja dia ngamuk dulu, kalau sudah reda ngamuknya baru dibilangin pelan2 & dialihkan dg baca buku atau main bareng... biasanya abis itu dia masih takluk & mau nurut sih.

Kalau boleh share, ini beberapa pertimbangan kami pas mengenalkan gadget ke Alma:

1. kami gak kasih ipad atau handphone, tapi kasihnya kindle. Ada banyak ebooks dan games ramah-anak yang bisa diunduh gratis dari kindle.

2. Buat gamesnya pun kami screening terlebih dahulu, sengaja kami pilih games yang pacenya nggak terlalu cepat (jedarrr jederrr gitu), suara lagu dan animasinya nggak heboh & nggak riuh berwarna-warni... karena ini ngaruh banget ke mood dan attention span anak. Salah satu game yang pace-nya lembut & anakku suka mainin adalah Monument Valley. Gak usah Alma, mama papanya pun suka mainin... bahkan sering malah kami mainin bertiga, seru banget lah.

3. Bisa dibilang kami sangat membatasi ALma nonton youtube dan lebih memilih netflix. Soalnya kadang suka aja ada orang2 fandom yang bikin materi kartun aneh2 di youtube dan lolos tayang meski kita udah pasang fitur parental control(waktu itu teman pernah ada yang nemuin kartun my little pony, buatan fandom mana gitu, gambar animasinya plek persis sama, tapi ada content lesbianismnya). Jadi tetap, bagi kami,youtube bukan pilihan yang bagus buat anak nonton.

4. Gadget sebagai last resort distraction. Terutama kalau lagi travelling yang jauh2 nih, biasanya kami agak melonggarkan peraturan main gadget ini: boleh main gadget misalnya pas nunggu di boarding room atau di pesawat, tapiii setelah cara2 lain seperti mainan activity book, baca buku atau ngemil (bisa aja kan anaknya cranky karena lapar, bukan karena bosan atau minta main gadget) sudah tak mempan.

Hmmm... apa lagi yah. Kalau mama yang lain gimana?

4

Topic: Anak dan Gadget

teh Ninit sama teh... aku juga mama tega, bahkan ibuku aja protes waktu lihat Alma becucuran airmata disuruh udahan main gadget xD
Biar kata Alma gedrak gedruk nangis minta gadget, kalau udah lewat waktunya mah aku tak bergeming. Baim malah yg kadang2 masih luluh pada cucuran airmata ALma, hihi

5

Topic: Anak dan Gadget

harus tega ya, ayu nda tegaan Teh Ninit & mama rainiw , berarti harus mulai tegas ya huhuhu....

A mom and a wife of sailor and their chubby son Satria
http://www.mamaayuutami.com

6

Topic: Anak dan Gadget

Setuju sama Ninit dan Aini, memang mesti tegaan. Karena sekali dilonggarin, boleh satu lagi besok2 akan nambah satu lagi dan satu lagi dan satu lagi gak ada habisnya. Kalau Al main gadget hanya boleh saat weekend, dan durasinya hanya satu jam sehari.
Senin-Jumat cuma boleh nonton TV, itu pun kalau kewajiban sekolahnya sudah beres dan hanya satu jam.
Kalau minta dengar musik, biasanya saya izinkan pasang musik dengan catatan habis itu gadgetnya ditaruh, tidak dipegang-pegang terus. Sejauh ini sih sukses.

"Some things you can give and give and not lose any. Things like happiness or love or my colours."
–Elmer and the Rainbow

7

Topic: Anak dan Gadget

bisa dicontek pertimbangannya mom rainiw,,thankyuuu, paling sepakat poin no.4 ! hihihi.
nah, iya nih, mom gabriella, saya juga sering menerapkan cara 'gadgetnya ditaruh, tidak dipegang' krn menurutku, klo dy yg pegang lebih susah misahinny,lebih terbuai n biar matany jg nd bermasalah. trus paling penting pas gadget time mnurutku itu tdk boleh dlm keadaan gelap, lingkungan hrus terang seterang2nya.

Deevahawk | triosagittarian

8

Topic: Anak dan Gadget

aini,
wihhh aini keren banget deh pertimbangan-pertimbangannya :) semoga bisa mencerahkan mama ayu yah.

betool ayu, harus tega :D kan itu untuk kebaikan juga sebenernya. toss sama ella.

? love to write and run - a bus transjakarta passenger ?
@ninityunita

9

Topic: Anak dan Gadget

yg susah itu klo kakek nenek ikut campur.. biasa kakek nenek lebih ga tegaan liat cucunya nangis kejer krn 'ngemis' gadget sama emak bapaknya..

klo aku mah biarin aja dia nangis jerit2 minta gadget, klo uda dibilang ga boleh ya ga boleh.. mesti konsisten aja sih..

10

Topic: Anak dan Gadget

ayu ini persis banget kayak anak nomer 2 ku dulu,umurnya pas 4th itu dia ketagihan main gadget ga mau lepas dan iya sampe 2-3 jam setiap hari!

Akhirnya aku pake cara kejam,bener2 no gadget,jadi gadget disembunyiin dan kasih kegiatan lain. Seminggu pertama susaaaah banget,anaknya nangis2 terus,tapi ya mo gimana lagi :(


Sekarang anak-anak mulai pakai gadget lagi,dan Maghma 3,5th juga suka banget liat Paw Patrol,playdoh dan egg surprise. Aku sih sekarang bolehin main kalo weekends aja,itu juga 1 jam. kalo mau nambah lagi boleh,tapi dikasih jarak,dan hanya 30 menit.

Love my kids

twitter & IG : @ndiievania
blog : https://ndiievania.wordpress.com/

11

Topic: Anak dan Gadget

duuhh, ini lagi kejadian sama si bungsu, susah banget lepas dari gadget akhir2 ini. Abis baca2 dari atas dan mau nyontek tipsnya rainiw, mudah2an gw bisa lebih tegas dan 'tega' nih..

twitter and IG: @zataligouw
Blog : http://www.zataligouw.com/

12

Topic: Anak dan Gadget

Wah Gadget tuh seperti pisau bermata dua sih. Kadang memang membantu anak, tapi ngga bagus juga klau anak terus-terusan dengan gadget.
Aku sendiri juga membatasi banget sih anak kontak dengan gadget. Yang paling penting ngasih pengertian ke anak sejak dini untuk bijak tentang penggunaan gadget. Harus tegaan juga biar mereka paham. ga bisa selalu diiyain meskipun mereka merengek.
hehehe

Semangat ya Mom ZataLigouw hehehe Demi anak juga :)

13

Topic: Anak dan Gadget

agak tersentil sama iklan soal gadget dari thailand ini.. emang thailand tuh jagonya deh bikin iklan-iklan keren..

https://youtu.be/GfnKGXWN9zQ

proud mommy of kaitlynn amberly

IG : chamarsha89
https://kaitlynnamberly.wordpress.com/

14

Topic: Anak dan Gadget

Wah topik menarik ini emang concernnya ibu ibu banget yah apalagi di jaman serba digital seperti sekarang. setuju juga kalau gadget tidak hanya memberi pengaruh negatif, tapi juga membantu anak-anak melihat dunia di luar sana dan memberikan gambaran serta pengetahuan tentang apa saja.

Kalau Azani (3,5 yo) belum mengenal youtube atau permainan gadget lainnya, memang belum ingin mengenalkan aja, paling biasanya azani dikasih liat sama saudara atau liat tontonan temennya, nah kalau TV memang agak sering, tapi kalau diliat anaknya juga ga kecanduan nonton, tetap dirumah asik mainan yang lain. aku juga nyediain mainan-mainan seperti cat air, buku gambar, buku-buku untuk dia baca, dan malamnya dia lebih seneng pretend play.
Kuncinya tetap di orang tua, yang tau anaknya seperti apa, trus gimana ngontrol dan pengalihannya,kudu tega kalau ada tangisan, lagipula anak kecil apalagi todds masih bisa dialihin perhatiannya ketika nantinya mereka ga bisa lepas dari gadget (plus sabar ibunya kudu dinaikin levelnya hihi)

chamarsha89: Thai emang jagonya bikin iklan yah, pesan moralnya itu loh dapat banget..tfs cha:)

Mjs Mommy: iya bner denger dari penglaman teman-teman, orang tua udah tegas, tapi lingkungan sekitar bikin longgar lagi hehe dan kadang ga bisa kontrol. Harus pinter-pinter dikomunikasiin ya.

Ibunya Azani
Instagram: @hananafajar
Email: [email protected]

15

Topic: Anak dan Gadget

Kalau Darren udah berhasil tanpa gadget kalau week days. Week end pun gadget cuma 1 jam maksimal (dibagi per sesi) dengan catatan PR untuk hari Senin sudah selesai. Kalau belum selesai, lupakan. Awal awal sih Darren protes tapi saya dan suami termasuk tegaan kalo soal gadget :)

Pembagian per sesi misalnya, ada wacana mau jalan keluar cari makan maka di tengah jalan 10 menit, nanti pas nunggu makanan dipesan 10 menit, perjalanan pulang 10 menit. Sisanya kadang Darren udah lupa jadi gak main lagi deh :)

... a counselor, a role model and often a friend to her children
Twitter & Instagram: @honeyjt

www.honey-scrapbook.blogspot.com

16

Topic: Anak dan Gadget

Pakai alarm...

For the purpose of sharing session, please respect others by sharing yours too, not just ONE LINER reply. -TUM Moderators-

17

Topic: Anak dan Gadget

Klo Chelsea tau nya HP (gadget) itu bwt ntn video kartun nyanyi anak anak, ga bisa liat HP nganggur ato kita lg pegang HP, pasti lgsg diambil minta dibukain video.

Masalahnya, klo mau tdr, Papap nya pasti pasangangin video di HP. Kaya udh jadi rutinitas sebelum tidur.

*Bless Mom of Chelsea Almahyra Syach*

18

Topic: Anak dan Gadget

octavianty wah sama banget kayak anak #1 ku dulu, dia sebelum tidur harus "nonton" sesuatu, tapi dulu sih pake dvd. mayan lama banget nyapih dari DVD, berhasilnya barengan sama tidur tanpa lampu karena kid #2 lahir.

Sekarang kid #3 kalo liat aku lagi ngeblog pakai smartphone juga langsung diminta buat nonton yutub. Ga aku kasih, jadi pasti ada lah adegan nangis bombay dan aku harus stop gadgetan dulu :lol:


Kalo kid #1 dan #2 udah bisa dikasih tau tentang screentimenya, tapi kalo kid #3 susaaaaahnyaa...

Love my kids

twitter & IG : @ndiievania
blog : https://ndiievania.wordpress.com/

19

Topic: Anak dan Gadget

Dulu sebelum punya anak, aku paling anti liat toddler gadgetan hahaha.. Ternyata pada kenyataan nya tidak semudah itu menjauhkan anak dari gadget. Sebab utamanya (kalo di aku) mungkin karena aku dan suami seneng mainan gadget ya, bukannya gila socmed juga sih, tapi kita baca ebook di HP, liat weather forecast, nge video Ghani pas lagi lucu2an, kirim2 video ke group keluarga dll semua pake hp. Jadi kayaknya udah kebiasaan juga Ghani liat ortunya pegang handphone, jadi dia penasaran.

Awalnya nggak kita kasih. Cuma kita bolehkan nonton tv aja karena Ghani nggak terlalu hooked ke tv. Kalo acara yg dia suka udah selesai, dia matiin sendiri tv nya terus main yang lain. Nonton tv paling cuma 15 menitan sehari (sore-malam hari setelah pulang dari daycare).

Nah kalo dibawa jalan ke mall sebenernya dia anteng duduk di stroller liat2 pemandangan dan orang lewat. Tapi pas kita duduk makan/ngopi, wah langsung reweeel banget. Pengennya turun jalan-jalan pokoknya nggak mau duduk diem. Aku selalu bawa buku, tapi baru 10 menit baca paling dia udah bosen. Jadi terpaksa deh dikasih nonton iphone. Kebetulan kita ada smartphone jadul yang nggak ada simcard nya, jadi cuma mengandalkan wifi aja dan cuma di install app ABC Kids (isinya semua kartun yg tayang di channel ABC) dan fisher price yg belajar animals itu. Youtube nggak aku install karena memang belom pengen Ghani jago mengoperasikan utube hehehe..

Pas kita udah selesai makan dan stroller udh mulai jalan lagi, hp nya kita ambil dan dia nggak marah karena udh ter distract sama jalan2nya. Di rumah juga ketika dia ganti nappy pasti pegang hp biar nggak kabur-kaburan dari changing table nya. Begitu turun dan keluar kamar, hp nya langsung ditaruh di meja dan dia cari mainan yg lain. Awalnya sih dia nggak mau pisah sama hp nya, tapi setelah berkali-kali dijelasin boleh pake hp kl lagi ganti nappy aja, dan kita konsisten nyuruh dia cepet2 put down hp nya setelah selesai, akhirnya sekarang dia inisiatif sendiri langsung ninggalin gadget nya.

Kayaknya di jaman sekarang mustahil ya kalo mau 100% nggak mengijinkan anak pegang gadget. Kuncinya everything in moderation aja, tapi ini juga nggak mudah menerapkan nya karena main gadget itu asik jadi gampang lupa waktu hehehehe.. 

Oh iya, temenku ada yg sama sekali nggak membolehkan anaknya nonton tv/pegang hp di rumah. Akibatnya, kalo di luar rumah dia liat temennya main iphone pasti langsung direbut karena dia penasaran banget itu apa. Habis main ke rumah temen yg tv nya nyala juga jadinya tantrum kalo diajak pulang, karena dia baru sadar nonton kartun di tv itu asik. Akhirnya lama-lama ya nggak bisa juga ortunya nerapin no gadget policy di rumah.