1

Topic: Plus Minus Susu UHT dan Pasteurisasi

mitha.. kalo cimory kayanya susu pasteurisasi ya.. cmiiw..

learning is a never ending process
@rhisuka

2

Topic: Plus Minus Susu UHT dan Pasteurisasi

eh ada bibunya kareem :D kalo disana UHT ukuran gede-gede semua yah mbak sefa,kemarin pas disana, kalo misalnya beli trus gak diabisin raihan, papanya yang jadi tukang sapu jagat :lol:

bundanya lana ,lana hebat euy,,mau UHT yang plain, raihan gak suka kalo dikasih yang plain, minumnya dikitt banget abis itu dilepeh2in aja.akhirnya dikasih yang vanilla..

btw..kalo milih merek UHT harus hati2 juga, karena ternyata dibeberapa merek, ada kandungan susu skim juga jadi sama aja dengan sufor ..

pengalaman raihan dengan UHT, bisa liat disini dan disini juga

ini buat nambah2 info

Say Good Bye to LDL..Thanks Allah !

3

Topic: Plus Minus Susu UHT dan Pasteurisasi

Bundanya lana.. Iya nih..orang bogor juga hehehe.. Ooo..jd gt yah..kalo fresh milk sendiri yg gmn?.. Lsg dr sapinya gt? *maafkan pertanyaanku yg dudul ini :p

Tweet me @ pincoolio

Our stories : www.mithahilal.wordpress.com

4

Topic: Plus Minus Susu UHT dan Pasteurisasi

iya,kalo susu sapi seger yg dibeli di KUD(hihi,masih ada yg tau ga KUD apaan?) gitu bisa juga ga sih?

5

Topic: Plus Minus Susu UHT dan Pasteurisasi

Shint, thanks banget infonya. Sebelum ini gue bener2 buta soal ini nih. Gue sih sering ngasih Ayla fresh milk/UHT, tapi karena susu di Indonesia sangat SANGAT bikin eneg karena gula nya segambreng, Ayla selalu ngga bisa ngabisinnya. Palingan yang dia bisa suka milo kotak itu. Jadi akhir2nya ya balik lagi ke sufor, tapi gue sama sekali ngga pernah tau kalo sufor itu ternyata ngga di sarankan. Karena loe inget kan Shint di New York dulu fresh milknya ENAAAAAAAAAAAAAAKK banget dan sangat seggaaarrr. Disini gue bener2 ngga bisa nemu yang enak!!

Oh btw, pasteurized milk itu bukannya gpp ya? Kan itu cuma proses pemanasan untuk membunuh harmful microorganisms nya kan? Dan biar tahan agak lama? So it's fine, no?

Rock 'n Roll Momma

6

Topic: Plus Minus Susu UHT dan Pasteurisasi

Mitha:
UHT ataupun pasteurisasi adalah proses sterilisasi. Bahan dasarnya tetap sama, yaitu fresh milk alias susu segar. Mau pilih yang mana tergantung selera dan kebutuhan. Biasanya pasteurisasi rasanya lebih enak tapi umur simpannya lebih sebentar dan harus ditaro dalam kulkas.

Kalau mau beli susu sapi segar dari yang jual lewat di depan rumah, tanya aja proses sterilisasinya gimana. Susu jangan direbus / dididihkan karena nanti kasein (protein susu) bisa rusak.

Kenapa yang plain, bukan yang rasa coklat dsb, simply karena tidak bergula.

HTH ya.

And thelilsolder is back. Fire!

7

Topic: Plus Minus Susu UHT dan Pasteurisasi

Inga, kalo di Jkt bisa nge rekomendasiin fresh milk yang rasanya paling plain ngga?

Rock 'n Roll Momma

8

Topic: Plus Minus Susu UHT dan Pasteurisasi

djem, baru denger kalo sufornya Ayla lebih dikit gulanya dari UHT-nya... biasanya kebalikan, hehe. waktu transisi dari sufor ke UHT, mesti ditambahin gula dulu soalnya dia terbiasa yang manis. pelan2 gulanya diilangin, sekarang udah ga bergula lagi susunya.

kalo gue sih, sama sekali ga against sufor. tanpa itu, anak gue ga hidup, hehehe. tapi yang ga enak dari sufor itu harganya euy...

? comic and crochet addict ?
theurbanmama.com | @turniptopia

9

Topic: Plus Minus Susu UHT dan Pasteurisasi

Djemima:
Kalo UHT: ultra yg kotak biru.
Kalo pasteurisasi: indomilk atau diamond enak kok. Eh tapi gue belom pernah rasain susu emrik ya hihihi

And thelilsolder is back. Fire!

10

Topic: Plus Minus Susu UHT dan Pasteurisasi

Dulu kei jg minum UHT malah dari umur 11bln, hehe.. Waktu itu problemnya persediaan ASIP udah habis, dikasih formula gak mau (eneg mungkin ya, bau susu formula kan agak2 creamy gt) ya sudah gue kasih UHT yg diencerin air, alhamdulillah doyan dan gak ada suatu apa ampe skr..

Kei pun gak melulu pake UHT, kadang2 gue kasi susu pasteurisasi kl lg mepet (ini apa2 ga sih? setauku UHT ama pasteurisasi cuman beda di metode sterilisasinya aja kan?) ato ngambil susu starbucks (toss ama slesta, ternyata bukan gue seorang aja, hihihi)..

Plusnya anak minum UHT sih sejauh ini yg gue rasain adl:
- praktis, murah, dan gak ada efek jelek ke anaknya
- anak jd gak doyan yg manis2, for me it's good news for milk teeth
- transisi dari dot ke sedotan lebih gampang, dan anak encouraged buat makan n minum sendiri

minusnya sih blm kerasa apa2 sih, paling anaknya jadi gentong susu bgt jdnya makan agak kurang, tp buat gue sih masih ok..

engineer.wife.mom.daughter.sister.food lover :)

11

Topic: Plus Minus Susu UHT dan Pasteurisasi

mitha & all.. setau gue kalo susu segar yang bener2 dari sapi itu ya tentunya bagus yaa.. tapi dengan pasteurisasi itu ada bakteri yang dibunuh jadi di proses dulu. untuk anak kecil, emang bagusnya yang lewat pasteurisasi dulu karena bakteri ini mungkin gak bahaya buat orang dewasa, tapi anak kecil belom bisa terima. makanya kan banyak pake yang UHT karena prosesnya lebih panjang, dimana si susu juga di pasteurisasi dengan temp yang jauh lebih tinggi, tapi akibatnya ya kandungan gizinya lebih rendah dari susu segar (fresh milk yang cuma tahan 3hr biasanya). karena yang lebih segar (tanpa proses) pastinya daya tahan nya akan lebih rendah seperti kata inga. this means, ga ada pengawet.. UHT juga kan kalo udah dibuka juga ga tahan lama, seharian juga rusak kalo ga dimasukin kulkas.. jadi ini bisa jadi bahan rebuttal kalo ada yang bilang susu kotak ada pengawetnya. selama ga ada campuran rasa, berarti ga ada kandungan gula dan ga ada pengawet.

dari experience gue sih emang mendingan dikasih UHT dulu untuk perkenalan ke perutnya, lama2 baru dikasih fresh milk.

jamie iya fresh milk di luar negeri itu entah kenapa rasanya lebih enak. makanya kejunya juga enak2 ya? di indonesia gue juga coba berbagai macam susu, paling kena di lidah gue sih susu ultra, tapi naia juga ga terlalu suka karena setelah gue cobain pake susu yang gue bawa dari sini, rasanya lebih asin. tapi cobain aja tuh PURA atau greenfields. itu enak kok.

thalia gue juga gak against sufor kok. menurut gue tetep itu adalah makanan, bukan racun. tapi kalo boleh milih dan emang options nya ada, gue akan milih fresh milk dulu. kalo anaknya ga mau baru deh ke sufor. tapi kalo infant, misalnya asi gue gak keluar, ya mau gak mau tetep minum sufor, daripada anak gue kelaperan. ya kan?

rhanie wah toss juga! kirain gue aja yang pedit .. maunya gratisan! hahah.. tapi anak gue kok minum susu itu beneran cuma minum ato kalo sekarang jadi pengganti misalnya gue kekeuh gak mau mimikin dia. sisanya sih dia mendingan makan. *gembul*

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

12

Topic: Plus Minus Susu UHT dan Pasteurisasi

IMO lebih enak supas diamond daripada indomilk :)

thalia Gue salut banget lho sama elo n Liz ya kalo ga salah, yang ngasih campuran sufor-asi ke anak karena asi ga cukup. Soalnya di sekitar gue justru orang2 asinya berlimpah tapi mereka ga ngasih asi karena ga kuat (?). Bahkan ada juga yang stay at home mom, milih ngasih sufor walopun asi netes2. Gue sendiri punya juga tuh sufor 1 kotak in case asi gue drop. Oya, untuk bayi ya pastinya mending ngasih sufor dong daripada bayinya kelaperan. Soalnya UHT/pasteurisasi kan untuk anak > 1 taun. Mudah2an ga ada yang tersinggung dengan thread ini ya :) Soalnya yang ada di benak orang2 tuh, UHT/pasteurisasi bukan susu "betulan" :p Seperti yang dibilang siapa ya di depan? ;)

yang selalu kangen sama si pipi gembil

13

Topic: Plus Minus Susu UHT dan Pasteurisasi

waduhhh udah rame aja thread nya.. seneng banget dapat info lebih banyak. jadi makin pede ngasi tambahan ASIP nya UHT aja bukan Sufor.

Alhamdulillah kmaren raniya ga mencri2 walaupun gue ngasinya langsung full uht ga dicampur2 air mungkin karena udah biasa gue kasi macam2 juice juga kali yaa? mungkiiin.

djem, sama kaya yang dibilang thalia setau gue justru anak2 yang udah biasa pake sufor kalo ke UHT malah ga begitu doyan soalnya tawar gitu, karena yang dianjurin itu kan yang plain.

14

Topic: Plus Minus Susu UHT dan Pasteurisasi

thalia,
same here, anak gw juga termasuk yang mix sufor. meskipun gw tetep yakin asi yang terbaik, tapi apa daya emang gak cukup,hehe.tapi pengen banget switch ke UHT kalau dah agak gede dikit sih.

btw, gimana dengan susu BMC (Bandung Melk Centre)? Di bandung ada, di jakarta juga dah ada kalo gak salah (Kelapa Gading). Itu termasuk susu segar yang lumayan kalo menurut gw sih. Mirip" lah sama susu murni di Lembang (buat yang anak Bandung pasti tau deh, hehehe). Kalo yang karton-an, Ultra emang paling ok ya.

a working mum who longs to be at home with baby yo all day.

15

Topic: Plus Minus Susu UHT dan Pasteurisasi

thal, liz sama kaya yang dibilang otty, slesta gue juga ga ada masalah sama sufor karena waktu baru ngelahirin ASI gue ga keluar sama sekali jadilah raniya pake sufor sekitar 3 harian.. ya emang ga ada pilihan lain selain sufor kalo kita ga bisa ngasi ASI sebelum 1 tahun *padahal udah usaha semampunya

mudah2an gue ga salah yaa memulai thread ini.. jadi ga enak body hehe

16

Topic: Plus Minus Susu UHT dan Pasteurisasi

Bener kata slesta, prinsipnya sih ga masalah ngasih UHT ato pasteurisasi, karena yang beda cuma di metode sterilisasinya aja. Dulu emang ada artikel yang bilang kalo teknik pasteurisasi itu ga sebagus teknik UHT, tapi itu artikel tahun 80an kalo ga salah jadi teknologinya juga blom kayak sekarang. Kalo sekarang sih harusnya teknik yang mana aja OK ya...

yang selalu kangen sama si pipi gembil

17

Topic: Plus Minus Susu UHT dan Pasteurisasi

setau gue sih, (CMIIW ya) pasteurisasi tuh cara sterilisasi susu tp dgn suhu yg lbh rendah drpd proses UHT, jadi masih ada beberapa bakteri yg masih hidup dibanding dgn UHT yg udah semi steril. That's why susu pasteurisasi harus ditaruh di rak berpendingin (di supermarket) dibanding susu UHT yg bisa ditaro di rak biasa.

Kenapa anak2 lbh baik dikasi UHT, karena pertimbangan bakteri itu. Dikhawatirkan perutnya blm kuat makanya dikasih UHT yg cenderung lebih 'aman'.

engineer.wife.mom.daughter.sister.food lover :)

18

Topic: Plus Minus Susu UHT dan Pasteurisasi

charissarhanie
Aku jg lbh prefer UHT drpd pasteurisasi krn prosesnya yang lbh "sederhana" drpd UHT.

Selain itu UHT lbh tahan lama dibandingkan pasteurisasi
dan kemasan nya pun lbh ringkes
Jd lbh enak dibw kemana2.
Kl pasteurisasi cepet basi juga, jd repot kl hrs bolak balik beli.

Btw susu segar yang dimaksud slesta dan jamie itu prosesnya apa yaa?
pasteurisasi atau yg lain nya lg?
Ini kemasan yg botol kaca itu kah?
Denger2 dr temenku di jkt ada lho yg jualan dr rumah ke rumah
Seger dan enak pula.
Cuma taunya pas dl belum merit, jd ga kepikiran deh utk cari tau.
Ada yg punya info kah?

Tp utk skrg so far rasya sejak 14 bulan udah cocok bgt sm UHT yng biru itu.
Pernah nyobain yg coklat malah muntah:p

'Being a full-time mother is one of the highest salaried
jobs... since the payment is pure love' ~mildred~

19

Topic: Plus Minus Susu UHT dan Pasteurisasi

maksud gue dengan fresh milk itu tetep susu dengan proses pasteurisasi. yang kalo di supermarket dijual di rak pendingin, dan masa expiration nya pun bentaaar banget! kalo di film2 yang selalu di minum oleh anak2 bule itu loohhh.. (halah, perumpamaannya deh)

jadi bukan bener2 fresh milk yang baru di pump dari sapinya.

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

20

Topic: Plus Minus Susu UHT dan Pasteurisasi

hihihi iya lah...masa yg lgs dr sapinya:p

Maksudku kl yg pasteurisasi nya c*m*r* itu kan kentaal
Sedangkan kl susu yg botol kaca itu lbh cair yaa.
Proses nya sama2 pasteurisasi yaa tp kenapa kekentalan nya beda ya?
Kl yg di starbucks lbh cair lg tuh..

'Being a full-time mother is one of the highest salaried
jobs... since the payment is pure love' ~mildred~

21

Topic: Plus Minus Susu UHT dan Pasteurisasi

ysee maksudnya yang diperes langsung trus dibotolin. di bogor kan masih ada tuh yang keliling bawa2 susu segar itu. dan itu tanpa proses pasteurisasi deh setau gue.

yang cimory itu bukannya lebih kayak yoghurt ya?

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

22

Topic: Plus Minus Susu UHT dan Pasteurisasi

Gw juga termasuk yang ngasi UHT, walaupun waktu awalnya sempet ternoda sama ped*as*r* itu :( Tantangannya adalah bikin Nara suka UHT yang rasanya plain itu dari ped*as*r* yang rasanya gurih dan manis itu (yaiyalah, adek gw yang anak kuliah aja seneng minum itu karena enak)

Pertama kali nyoba, gw langsung kasih semua UHT...Nara gak suka dan mencri2. Abis itu gw coba campur dengan si ped*as*r* itu dengan perbandingan UHT lebih sedikit, 5 hari kemudian tingkatin dikit lagi UHTnya, sampe akhirnya sukses mengganti semua ped*as*r* jadi UHT dalam waktu sekitar 20hari-an *yess, hehe*

metariza.com | mother of two |@metariza

23

Topic: Plus Minus Susu UHT dan Pasteurisasi

Gue baru tau kalo ngasih UHT tuh harus pelan2... Tadinya gue pikir ya kasih aja semuanya hehehe...Diinget2 sampe tiba waktunya ngasih UHT :)

BTW OOT dikit: meta, hamil anak kedua ya? Semoga sehat n lancar yaaa...

yang selalu kangen sama si pipi gembil

24

Topic: Plus Minus Susu UHT dan Pasteurisasi

slesta
ooh ada toh yg lgs dr sapi trus dibotolin..
kirain tetep dipasteurisasi lho..br tau gw

Cimory itu ga cuma yoghurt, ada juga kemasan susu nya.
botolnya tinggi. Ada rasa strwabei, coklat.
Kental bgt.

metariza
Duh bahasanya ternoda lho hehehe
Yang penting skrg dah berhasil kan met UHT nya..
Btw yg wkt itu dibotolin di depan dr wati UHT apa ped*as*r*?

'Being a full-time mother is one of the highest salaried
jobs... since the payment is pure love' ~mildred~

25

Topic: Plus Minus Susu UHT dan Pasteurisasi

yesi hihi abisan gue ga tau cimory ada apa aja. kemaren balik ke jakarta sempet beli tapi yang yoghurt drink nya. belom pernah nyobain ato liat yang susu nya. wah kok kentel ya? susu kental manis jangan2.. hehe.. coba ditanyain tuh kok kentel..

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta