1

Topic: Mengatasi Ketakutan/Trauma

hi all,

aina lagi punya problem baru: takut cicak. sebenernya sih, kalo takut doang, masih ga papa. tapi sekarang, dia jadi ga mo bobo sendiri.

awalnya, ampir sebulan yang lalu, kita lagi makan di restoran di botanic gardens. berhubung restorannya di tengah taman, jadi banyak binatang2 di sekitar meja. nah, lagi duduk2, ada cicak pohon jalan2 di meja makan kita. tadinya jalannya santai. aina juga santai, tanya2 ttg si cicak. tiba2 cicaknya lari trus mau lompat nemplok ke arah aina... langsung si anak teriak ketakutan. sejak saat itu, jadi trauma cicak.

problemnya, rumah kita juga banyak cicaknya. dulu2 sih gapapa. tapi sekarang, aina malem2 bisa nangis2 histeris mimpi cicak. atau kalo ketemu cicak malem2 jadi ga bisa tidur, takut si cicak masuk ke kamarnya... pokoknya repot deh.

ada ide gimana caranya ngilangin trauma anak?

yang udah kita kerjain:
1. good PR for the cicak: "cicak baik lho! dia makan nyamuk, jadi aina ga digigit nyamuk"... dll. ini ga begitu bekerja. udah ampir sebulan, masih tetep ketakutan histeris gitu.

2. kasih "senjata anti cicak" sebelum tidur. ini baru dipraktekin semalem: dikasih fairy wand-nya dia buat dipeluk. kalo ada cicak, boleh digebuk ke cicak atau cicaknya disihir ilang ama aina... something like that.

kalo ada usul lain atau mau bagi2 pengalaman, mariiii.... siapa tau bisa diterapkan. udah keabisan akal nih...

? comic and crochet addict ?
theurbanmama.com | @turniptopia

2

Topic: Mengatasi Ketakutan/Trauma

hihihi.. Aina-Chan takut cicak yaa..?
dulu juga Enzo sempet takut cicak. Tapi awalnya juga emang gak takut sama cicak sih.. salah kita, pernah nakut2in Enzo sama cicak. Soalnya waktu itu udah buntu, Enzo gak mau tidur, padahal udah larut malam dan kita udah ngantuk berat.
Untuk mengembalikan ke'santaian'nya pada cicak, akhirnya kita sok lempeng aja gitu kalo Enzo mulai takut cicak. Ato kita nyanyiin lagu cicak-cicak di dinding. trus cicaknya di dubbing gitu.. intinya ceritanya si cicak takut sama Enzo, karena Enzo ngusir2 itu cicak. Cicaknya manggil2 mama cicak dan akhirnya ngumpet di belakang lemari.
lumayan berhasil sih, sekarang malah Enzo yg suka manggil2 cicak.. pengen bobo bareng cicak.. mungkin kasian karena cicak gak ktemu mama cicak.. ato mungkin juga Enzo merasa bersalah udah bikin si cicak ketakutan.. :)

mudah2an Aina gak takut cicak lagi yaa.. hihihi.. *gemes

a life-enjoyer mama :)
www.ekadeau.blogspot.com
@ekadeau

3

Topic: Mengatasi Ketakutan/Trauma

poor Ainaa... I feel you I feel you! :( saya yang udah gede gini masih histeris banget kalo liat cicak. kalo mau masuk kamar mandi pun harus berjaga2, ada cicak nggak, kalau ada harus berjaga2 jangan2 cicaknya lompat! hampir bisa dipastiin ini karena ibu saya suka histeris liat cicak, jadi saya dan adik2 ketularan. semestinya bukan takut, tapi jijik. kalo kecoak saya tenang aja, berasa cuman kertas2 gitu (bukan daging2 kayak cicak hiiii), ambil sandal, plak! beres.

sorry nggak bisa bantu saran, Thal, i need help too :( saya nggak mau cicak phobia saya nular ke toto. mungkin gara2 dihinggapi, Aina merasa si cicak attack dia. semoga Aina cuma takut sementara aja :). di rumah saya juga ada tokek, sereeeeeeeem!!!!!!!

In the light of the moon a little egg lay on a leaf ~ Eric Carle

4

Topic: Mengatasi Ketakutan/Trauma

ahaha.. Maaf oot, kalo di rumahku cicaknya suka kejepit pintu kamar mandi! iih..geligeligeli..

oh ya, mama toto, kata temenku tokek itu bawa hoki looh..
:-)

a life-enjoyer mama :)
www.ekadeau.blogspot.com
@ekadeau

5

Topic: Mengatasi Ketakutan/Trauma

Aduh, Aina kacian..

Toto, aku jg geli banget ma cicak & kecoak. Untuknya di tempatku gak ada cicak & kecoak, yang banyak laba2, takut jg, tapi kalo di depan anak2ku, aku pura2 berani.

Ini ide aja, soalnya belum pernah kejadian. Gimana kalo cicaknya dinyanyiin nina bobo, supaya bobo juga ,jadi gak ngegangguin Aina. Mudah2an aina gak takut lg yah..

6

Topic: Mengatasi Ketakutan/Trauma

Aina jangan takut... sayang..
Thalia, bener kata Eka karena dari awal Bia juga bingung ttg Cicak tapi para tante nya yng dirumah ajarin lagu " cicak - cicak di dinding " dengan buku gambar jadi sampai sekarang Bia merasa Cicak itu sangat lucu n binatang yang selalu di tunggu - tunggu.

Tiap Liat cicak aja Bia langsung nyayi sambil loncat - loncat padahal kan kalo gw ngebayaingin nya aja ihhh jijik kan ..

Ayo Aina mari nyanyi bersama yuks ...semoga berhasil Thalia

Lady Mama from curly Bia and having a great jOb on promotion

7

Topic: Mengatasi Ketakutan/Trauma

Thalia ~ idenya ferrbia bagus juga tuh, nyanyi bersama cicak!

"cicak cicak di dinding.. jangan ganggu Aina.. blablabla (ngarang sendiri)"

heyho.. mama mer is in the house yoo..
*peace*

8

Topic: Mengatasi Ketakutan/Trauma

eka - hihihi, iya nih, jadi takut. padahal dulu dia "temenan" gitu... maksudnya, cicak2 di rumah udah dikasih title: yang di belakang TV bapaknya, yang di kamar mandi ainanya, yang di dapur mamanya, etc. tapi gara2 yang diloncatin itu, tiba2 semuanya ilang. dulu enzo berapa lama bisa balik normal lagi?

toto - iya! tokek brings luck! gue malah cari2 tokek yang mau tinggal di rumah gue... hehe. tapi ntar aina malah tambah stress lagi ya, ada giant monster cicak.

indie + toto - gue sebenernya ga takut ama cicak, tapi takut banget ama kecoak dan laba2... tapi bener lho! begitu punya anak, jadi ga takut lagi. soalnya latian, berusaha jaim biar ainanya ga takut... eh, malah takut ama cicak. huh.

ferrbia + meralda - unfortunately, lagu cicak udah ga mempan, soalnya dulu sebelum trauma diloncatin cicak, kita emang udah sering nyanyiin lagu cicak ke dia. dan dulu sih dia baik2 aja ama cicak. sekarang, nyanyi2 sih sering. malah, dia suka bikin cerita2 lucu ttg cicak... tapi begitu malem, dia ga mo bobo sendiri dan seriiiiiing banget nightmare ttg cicak ampe nangis2 histeris :(

? comic and crochet addict ?
theurbanmama.com | @turniptopia

9

Topic: Mengatasi Ketakutan/Trauma

thal waaahh kasian aina takut cicak. nah kalo gue ini, bapaknya naia yang takut cicak. belom ada tuh remedy nya sampe sekarang.. haha..

dulu naia juga suka takut ama cicak, apalagi di rumah yang lama banyak. tapi dinyanyiin 'cicak cicak di dinding' trus kita suka bilang..

"cicak kan baiiikkk... naia beranii .. gak takuut ya! tuu lagian cicak kan lebih kecil dari naia, masak naia takuut?"

abis itu sih dia berani, tapi beda kasusnya ama aina nih, selaen beda umur juga.. kalo pas naia itu kan masih kecil, jadi gampang. sekarang sih udah ga terlalu takut, tapi juga naia udah jarang ngeliat cicak di rumah baru.

kalo aina kayaknya takut karena trauma mau dilompatin itu sih yaa.. mesti pelan2 thal berarti. mudah2an cara pake wand itu berhasil yah thal..

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

10

Topic: Mengatasi Ketakutan/Trauma

aduuuh kasian aina ya thal :( kalo perhatiannya dialihin dulu utk beberapa hari terakhir gmn? misalnya klo hari ini temanya cicak, ya diganti jadi kodok or something... biar dia gak keinget cicak terus...

heyho.. mama mer is in the house yoo..
*peace*

11

Topic: Mengatasi Ketakutan/Trauma

sLesTa - iya shin, yang ini trauma dilompatin sih. jadi kebawa2 amp nightmare. blum pernah nih kayak gini... bingung :(

meralda - pengeeeeen banget bisa gitu. pengennya, ga di-expose dulu ke cicak untuk bbrp minggu, biar kenetralisir ketakutannya... tapi apa daya, rumahnya penuh cicak, jadi ketemu mulu... sempet kepikiran buat usir2 cicak.... hihihi, tapi gimana caranya ya? :P

oh iya.. .tambahan. anehnya, kalo siang atau kalo ada kita, dia ga keliatan kayak ketakutan. sebenernya brp hari pertama aja, kita ga nyadar dia trauma si cicak lompat itu, soalnya dia selalu "sok berani". kita pikir, dia lagi ngadat tidur sendiri aja... tapi setelah bbrp minggu, kita nyadar, kok kalo nightmare, mimpinya selalu ttg cicak. trus kalo nangis2 keluar kamar, selalu ceritanya ttg cicak. padahal, kalo siang, dia malah cerita2 ttg cicak sambil ketawa2 (apa ini salah satu cara dia untuk dealing ama fear-nya... bawel ttg cicak?).

? comic and crochet addict ?
theurbanmama.com | @turniptopia

12

Topic: Mengatasi Ketakutan/Trauma

thalia, minta aina ngarang cerita tentang kodok di siang hari... kali aja pas malem dia mimpiin pangeran kodok! :p smoga aina cepet sembuh ya dari nightmare-nya! :) sun sun dari jkt..

heyho.. mama mer is in the house yoo..
*peace*

13

Topic: Mengatasi Ketakutan/Trauma

eka, Thalia, tokek brings luck ya? AMIN! oh Thal, bikin art project cicak aja ama Aina (khan loe jagonya), terus ntar hasilnya dibikin main lompat2 ke hidung, ke tangan, dll sambil nyanyi2 apa kek, cicak cicak di tangan, diam diam merayap, naik ke hidung Aina, HAP, langsung ditangkap.

In the light of the moon a little egg lay on a leaf ~ Eric Carle

14

Topic: Mengatasi Ketakutan/Trauma

hwaduh, ksian ya aina sampe kebawa mimpi gitu.
dulu enzo lumayan lama sih takut suara cicaknya. tapi kita sengaja sok ga ada masalah sama cicak dan gak ngebahas cicak sblm tidur. dialihkan ke cerita ttg binatang2 lain yg ada di buku cerita aja.
kalo nangis pas tidur lsg digendong aja, ditenangin. nah skrg enzo kalo kcapean main malemnya suka mimpi n nangis gitu. sblm tdr didongengin sambil diurut2 kakinya.
sekarang sih enzo tidurnya bareng kita lg, tp sering jg tdr sendiri ato bareng mbak ato opa nya. semau2nya enzo aja, tapi kalo tidur bareng mama rewelnya ilang. mungkin hatinya lebih tenang kalo ada mama yg nemenin.
mungkin smentara aina tidurnya ditemenin dulu aja kali, sampe traumanya ilang. sampe bersahabat lg sama cicak. bilang aja waktu itu cicaknya kegirangan ktemu aina, jadi lompat pengen dìgendong sama aina, gak sengaja gt :-)

Hoiya, di purwakarta banyak lho yg jualan tokek. Trus harganya mahal pula. Ternyata emang banyak yg sengaja nyari ya.. Hehe..

a life-enjoyer mama :)
www.ekadeau.blogspot.com
@ekadeau

15

Topic: Mengatasi Ketakutan/Trauma

Wah, gue ikut prihatin bacanya. Karena gue juga takut cicak karena pernah di loncatin pas kecil dan dikulit rasanya beneran ngga enak, jijik, hiiiy pokoknya pengalaman buruk. Dan sampai hari ini gue ngga mau deket2 cicak. Kalo liat ya paling berusaha berani aja, tapi kalo sampe keloncatan lagi palingan gue tereak2. Dan Ayla ini juga sepertinya jijik'an deh, aahahaha. Mana dirumah gue cicak nya beragam banget dari yang putih sampe yang hitam, multiracial banget dehhh. So, I feel for you Aina. *huggssss. Mudah2an ngga kebawa sampe besar kaya gue ya :(

Rock 'n Roll Momma

16

Topic: Mengatasi Ketakutan/Trauma

thank you all! ternyata banyak ya yang takut cicak? hehehe... suami gue juga sebenernya takut, tapi sekarang sok berani.

eka - oh ternyata rada lama juga ya? jadi mungkin kita mesti sabar aja kali ya...

meralda - cobain ah, kita berusaha ga nyebut2 cicak dulu selama seminggu. moga2 ngaruh...

? comic and crochet addict ?
theurbanmama.com | @turniptopia

17

Topic: Mengatasi Ketakutan/Trauma

thalia ~ go aina! go aina go!

kalo gue bukannya takut, tapi jijik sama kecoa! wekk. jadi dulu pas masih toddler, gue pake dress gt kan, tau2 ada kecoa terbang masuk kedalem rok gue. yiksss.. sampe sekarang kalo liat kecoa rasanya sakit hati :(

heyho.. mama mer is in the house yoo..
*peace*

18

Topic: Mengatasi Ketakutan/Trauma

aduh Aina.. gimana sekarang? masih takut ngga?

- tell her, it's ok to be afraid, cicak emang jelek, keluarga gue (emak dan adik2) pada takut cicak, gue mah lebih takut kucing.
- jarang sih ya buku anak-anak yang bercerita tentang reptil kecil jelek bernama cicak, ada juga di ensiklopedi, itu juga dikit banget.
- minta jagain sama Koda atau snowy.

kiss kiss Aina

And thelilsolder is back. Fire!

19

Topic: Mengatasi Ketakutan/Trauma

*berpikir keras sama vanya ntuk bantua aina*

gimana kalau cari kartun di youtube yg ada karakter cicaknya

atau beli mainan cicak2an yg karet gitu, biar aina terbiasa pegang2

atau buat buku cerita sebelum tidur yg berkaitan dengan cicak yg lompat ke anak terus anaknya berubah jadi princess!

*mulai kehabisan ide, minum dulu deh*

bapak dari vanya sekaligus baby assistant di nenen baby shop

20

Topic: Mengatasi Ketakutan/Trauma

thelilsoldier - semalem masih stress, tapi bobonya sambil peluk magic wand-nya... hihihi, mungkin bekerja :P tapi bener juga sih... pengen ah nyari buku2 tentang reptil. lagian, salamander2 gitu kan suka lucu.

yudhis - uwaaaaa!!! GENIUS! itu yang cicak lompat berubah jadi princess bisa beneran bekerja nih! sekarang pe-er gue dan suami, untuk bikin buku cerita kecil yang isinya itu... (btw, yang cicak karet itu kayaknya boleh juga tuh!). makasih Vanya dan Om Yudhis! ntar malem ah mulai bikin.

? comic and crochet addict ?
theurbanmama.com | @turniptopia

21

Topic: Mengatasi Ketakutan/Trauma

yudhis - iya idenya jenius, anak memang mesti dikembalikan rasa senangnya terhadap binatang ya, biar bersahabat sama alam

thalia kynan pernah ketakutan bgt n nangis kejer sama kecoa (gara2 dilewatin dan dulu sempet ngeliat ekspresiku yg jijik sama kecoa). Tapi kami usahakan berani didepan dia , biar ndak takut sama kecoa, say hi & bye sama kecoanya. jadi kynan sudah kurang takut lagi de. Btw sepertinya kynan masih bingung apa arti kata takut, dia bilang takut juga kalo dia tidak mau sesuatu. Semoga Aina cepet berteman lagi sama cicak :)

22

Topic: Mengatasi Ketakutan/Trauma

ah cicak nakal.... ganggu aina aja!
tapi ngomong2 kenapa banyak banget yah yang takut sama cicak. dulu gue juga ada cowok, lagi ngapel ke rumah gue sok romantis2 tiba2 dia loncat jejeritan gara2 liat cicak... yah ilfil...*ups maap oot*

back to aina
Thal.. tapi kalau siang aina gak takut yah ama cicak? bisa nggak ini salah satu periode nightmares? kan emang ada masanya di mana anak banyak ngalemin mimpi buruk... kalau dulu alyssa selalu diserang monster di mimpinya. dan untuk ngusir monster, kita selalu olesin jidat dia dengan minyak telon sebelum bobo. udah bertahun2 loh.. dan dia masih percaya banget dengan kemujaraban minyak telon. kalau bobo dia gelisah, kita ciumin minyak telon ke idungnya, biasanya dia lebih tenang..
pas ke jakarta kemaren dia juga pesen untuk bawa minyak telon buat stok...

moga2 Aina cepet 'lupa' ama si cicak nakal yah...

23

Topic: Mengatasi Ketakutan/Trauma

kynan - makasih ya! kalo gue sih emang ga takut ama cicak. suami, sebenernya jijik, tapi dia cuma ga mau kalo ketemplokan atau disuruh megang. jadi emang ga ada pengaruh dari orang tua disini. dia cuma kena trauma aja. sekarang udah mendingan: ga ada nightmare lagi. thanks to the magic wand :D

fanny - kayaknya elo bener deh, fan. waktu itu, emang udah dari sebelum insiden cicak, aina udah suka mimpi buruk dan bangun malem2 ketakutan. tapi ga tiap hari. begitu kena cicak ini, jadi intensified tiap hari.

tapi sekarang dia emang udah ga nightmare-an lagi. cuma, dia jadi bergantung banget ama magic wandnya. kalo bobo, sambil bawa snowy 2 biji dan 1 magic wand gede. sering kejitak magic wand tuh tengah malam.

mungkin mestinya kita nyari "senjata"nya yang lebih praktis, kayak minyak telon-nya neng al... hehehe.

? comic and crochet addict ?
theurbanmama.com | @turniptopia

24

Topic: Mengatasi Ketakutan/Trauma

Thal, Aina baru masuk sekolah yah? atau ada perubahan apa gitu dalam idupnya (halah bahasanya). biasanya emang bikin stres dan kebawa mimpi. ketambahan insiden cicak nakal.

bikin aja magic wand yang kecilan, dan empuk gitu.. pake busa.. lo kan jagonya.. hihi
kalau gak magic wandnya tarok di nakas...

25

Topic: Mengatasi Ketakutan/Trauma

iya thal bikin aja magic wandnya, dirimu kan ahli nya

dulu adek ku juga pernah takut banget ma tikus, gara2nya pas kita lagi nonton tv ada tikus lewat trus ibuku tereak2 sambil bawa sapu mau ngusir. nah sejak saat itu dia jadi takutt banget ma tikus, denger suara glodak glodak langsung meluk ibuku kenceng. trus sama bapak ku dibeliin mainan tupai yang ada bulu2nya, lumayan mirip lah ama tikus :P, dipasangin tali, trus kasih ke adek ku buat tarik sambil lari2 gitu, kayak narik mobil2an. ngga lama trus ilang deh takut nya, mungkin dia mikir dia punya kontrol ya ama "tikus" itu, dan ngga mungkin nyerang dia. :)