1

Topic: Alergi Pada Toddlers

ester: kalo ga salah wkt umur 1,5 thn.. emang bener ampuh loh.. kalo batuk, lumayan ngilangin gatal di leher. G juga minum ini kalo lagi Alergi.

Berapa hari ini Nayla batuk parah lagi.. kasian bgt sampe-sampe mesti nebulaizer u ngeluarin lendirnya..kata dokter sih krn alerg, makanya g disaranin utk tes alergi.

Berbagi warna-warni cinta http://icacc.multiply.com/
My sweet home http://icacc.blogspot.com/

2

Topic: Alergi Pada Toddlers

to all Mommies...

Devan (2.7yo) baru2 aja keluar bruntusan di kulitnya bag belakang kedua lututnya, awalnya kupikir karena keringet aja, krn Devan mayan gendut dan emang gak mau diem anaknya, jd cuma di treat pk Calladine lotion itu aja...tapi terus lama2 kok ga sembuh, emang siy belum kubawa ke DSA, krn kupikir masih bisa di treat dengan calladine dan sebamed cream itu aja. Tapi tyt kering sebentar aja, gak lama ada lagi, sempet2 browsing2 di mayo Clinic dan dapet ciri2 kearah DA (dermatitis atopik), ditambah baca buku Prof Shinya : The Miracle of Enzyme, ttg susu sapi pada anak usia toddler, akhirnya memutuskan mengurangi konsumsi susu UHT nya yang biasanya sehari 5-6 kotak x 200 ml, Alhamdulillah skr berkurang 1-2 kotak x 200 ml, tapi kalo baca dari bukunya MoE itu siy pengennya stop aja susu sapinya...:)

Happy Mama wif a handsome boy ever ;p

3

Topic: Alergi Pada Toddlers

Sweetwind, anakku dulu juga sering dermatitis atopik sejak minum susu (umur 1thn), lalu aku bawa ke homeopath, disuruh ganti susu kambing dan sejak itu dia dan anakku ke2 selalu minum susu kambing.

Kenapa susu kambing? protein di susu kambing lebih mudah dicerna oleh tubuh manusia dan komposisinya paling mendekati ASI (sistem pencernaan kambing lebih mirip dgn manusia, kambing makan daun spt kita dan tidak makan rumput). Hanya susu kambing kadar folic acid-nya kurang jadi mungkin mesti disuplemen.

Ini aku google-in beberapa article:
http://www.associatedcontent.com/article/136851/compare_the_health_benefits_of_goat.html?cat=5
http://altmedangel.com/milkcomp.htm

4

Topic: Alergi Pada Toddlers

sweetwind, anakku juga alergi dari bayi dan skrg dia konsumsi susu UHT.apa gara2 itu yah alerginya ga ilang2? dan kalo lagi parah..leher dan lipatan2 tangan kaki merah2 semua.kepalanya juga kadang2 seperti ketombean putih2 sampe jidat.suka ga tega liat dia garuk2 terus kalo lagi tidur:(
ada yang bisa bantu ga alergi jenis apa itu dan karena apa..soalnya aku udah gunta ganti sabun dan shampoo kayanya ga ngaruh juga:(

"incomplete without her hubby, her son and her baby girl"

5

Topic: Alergi Pada Toddlers

Indie, thanks ya atas infonya. Perihal susu kambing, belum pernah cek tentang alternatif ini, thanks link nya, segera meluncur kesana. Cuma kayanya rada susah neh cari produsen susu kambing disekitar rumahku, hehehe. Paling nggak, skr ini aku kurangi konsumsi susu UHT nya, dan intake kalsiumnya aku makimalkan dari makanan aja deh...

Mammia, memvonis anak alergi atau tidak, memang rada sulit karena harus melalui serangkaian test untuk menemukan pemicunya. Sekarang anaknya minum UHT nya sehari berapa banyak? Mungkin bisa dengan cara dikurangi dan dibatasi dulu aja konsumsinya, untuk melihat pemicunya. Kalo soal alergi jenis apa, maap ya belum bisa bantu banyak, mungkin bisa cek link di bawah ini ya :)

http://www.mayoclinic.com/health/allergies/DS01118

Happy Mama wif a handsome boy ever ;p

6

Topic: Alergi Pada Toddlers

hai mamas,

Sudah pernah pake Lampe Berger blum?itu ampuh banget buat alergy.karna anaku juga dulu sering batuk pilek dan memang turunan alergy dari suami.Terakhir batuk 3 minggu gak sembuh.Nah pake Lampe Berger ini 3 hari langsung batuknya stop.Akhirnya aku pake sampe sekarang (dah 4tahun)

7

Topic: Alergi Pada Toddlers

Eliya,
Lampe berger itu sejenis apa ya?beli dimana?soalnya Davina jg sering bgt batuk2..Thanks

davina biggest fans

8

Topic: Alergi Pada Toddlers

Davina akhirnya periksa ke Dokter Widodo (di RS Bunda Menteng), yang menurut banyak orang memang ahli untuk masalah alergi.
Hasil pengamatan beliau, Davina mengalami masalah dengan pencernaannya, yang pada akhirnya merembet ke berbagai masalah. Davina akhir2 ini susah Poop, Mata dan telinga sering gatal,batuk pada jam2 tertentu, banyak dahak, tidur tidak nyenyak (kebangun malem2 sambil ngigo), suka gemes dll..
Sekarang Davina lagi jalanin diet ketat seperti yang disarakan Dokter(untuk 3 minggu kedepan, sebelum di observasi lagi). List Dos and Donts-nya banyaaaaaak bgt...ampe stres niy, apalagi kebanyakan dari makanan yang dilarang adalah kesukaan Davina.
Berikut ini adalah makanan yang dilarang :
Ayam, sea food,kacang2an,tomat, jeruk, strawbery,melon,semangka, pisang,keju, sosis, agar2 berwarna,coklat,brokoli,biskuit orang dewasa.dll
Makanan yang boleh :
Beef, daging kambing, biskuit Baby choice yang plain, alpukat, belimbing, dll.
Pokonya makanan yang disebut diatas cuma sebagian, masih panjang listnya (ini cuman yang aku inget doang) hehehhe..


ksian juga sih, scr makanan yang dia doyan, dilarang semua :(
Ada yang punya pengalaman yang sama ga moms? aku sekarang emang jalanin diet sesuai petunjuk dokter siy, cm hati kecil masih ga rela, scr ksian makanannya jd limited bgt.

davina biggest fans

9

Topic: Alergi Pada Toddlers

riandiani aku jua ke dr w ini duluuu pas nara masih 3 bulan. kalo ga salah penelitian beliau mengetahui alergi itu berdasarkan food eliminationkan? di kasih listnya kan?

Tapi bukan dilarang kok ri cuma pembagian makan dari risk terendah sampai yang paling tinggi.

Jadi pertama kita jalanin Dietary Intervention : basic Elimination nah kalo uda di uji semua baik2 aja, ga ada reaksi dari alergi. Silahkan kenalkan makanan dari Dietary Intervantion : Step 1. Kalau ada ternyata salah satu makanan/minuman dari list Step 1 nunjukin gejala alergi. Kembali ke step sebelumnya.
Kalo uda hilang alerginya silahkan coba yang lain di step 1. dan kalo step 1 gapapa, masuk ke step 2 kalau nyoba salah satu di step 2 nunjukin alergi mundur ke step 1 sebelom nyoba yang lain..and so on and so on

Sedangkan high risk intervention itu emang mempunyai potensi tinggi utk nyebabin alergi, step paling akhir tapi bukan berarti ga boleh dicoba....kembali lagi tergantung ke masing2 anaknya. Makanya disarankan nyobain the steps one by one :)

10

Topic: Alergi Pada Toddlers

NisaNara,
Iya betul say, makanannya dibagi2 kaya gitu..Mungkin waktu Nara kesana kan baru 3 bulan, belum mulai mamam kan? list itu jadi acuan, supaya Nara ntarnya ga alergi. Tapi kalau untuk Kasus Davina(2 tahun) yang udah menunjukan tanda2 alergi.Semua makanan yang ada di list Dietary Intervention itu ga boleh dikasi.
Alhasil selama 3 minggu Davina puasa makanan2 yang ada di list-nya. Bener2 sedikit banget makanan yang boleh dia konsumsi(ini atas petunjuk Dokter) Nah kalau udah lewat masa 3 minggu ini baru dia observasi lagi, kira2 makanan mana yang emang bikin alergi.
Setelah lewatin 3 minggu Diet makanan2 yang ada di list itu, tanda2 alergi Davina emang ilang, Kesimpulannya dengan avoid jenis2 makanan tersebut Davina emang ga batuk2 lagi, tapiiiii ksian dia mau makan ini itu ga boleh.Bener2 limited banget, apalagi banyak banget makanan kesukaan dia yang restricted.
Sekarang Davina udah ga gitu strict jalanin diet dari Dokter Widodo lagi ( secara emaknya ga tega liat dia ngeces2 pengen mamam udang, ayam dll), cuma emang frekuensi and amount-nya dibatasin. Jadi kalau abis makan ayam atau seafood pasti dia batuk2 lagi, cuma Alhamdulilah ga Separah waktu dulu siy.
Emang betul apa yang dibilang sama dokter Widodo itu, kalau bahan makanan di list-beliau emang bisa menyebabkan alergi, tapi untuk jalanin diet-nya di kehidupan hari-hari agak berat neeh heheheh.Jadinya sekarang kita on-off jalanin dietnya, secara kesian Davina ga bisa makan makanan favoritnya.

davina biggest fans

11

Topic: Alergi Pada Toddlers

Waktu itu aku yang melakukan dietnya riandiani soalnya aku kan menyusui Nara. Tapi setelah memperkenalkan makanan ke Nara dulu sih emang juga berdasarkan list di kasih.

Emang mau ga mau harus melakukan step pertama dari dietary: basic elminination artinya step2 yang lain emang dilarang sampe terbukti tidak menyebabkan efek alergi ke anak. Baru boleh nyoba yang lain.

Soalnya kalo aku yaaa...akuuuuu, merasa for her own good lebih baik dia menghindari alergen dibanding terus2 dihantam dan akhirnya kembali lagi merasa tersiksa karena alergi...:(

alhamdulillah alergi Nara ga sampe efek batuk2 parah,muntah, bisul atau apa sih, hidungnya suka "stuffy" atau berlendir dan kulitnya suka gatal tapi bukan bintik2 merah gtu atau apa malah kalau dilihat ga ada apa2nya...(apa kering ya?)0_o... tapi ...so for the time being, aku coba hindar2i faktor internal yang aku ketahui dan ini aja masih nyari2 penyebab2 lain....puyeng deh bo

Atau ga mungkin bisa nyoba bio-resonasi, kemaren ada yang pernah nyoba ga ya? katanya alatnya bisa mendeteksi jenis alergi yang ditubuh??benarkah?

12

Topic: Alergi Pada Toddlers

riandiani labib (25M) dah hampir setaun ngejalanin diet ala dr.w mulai dr susunya pun aq ngikutin saran dr.w. selama hampir 5 bulan bener2 say no to ayam&segala turunannya,brokoli,keju,coklat,UHT,seafood,kacang2an,eskrim,oatmeal. Pertama-tama emang sutris ngatur menunya tp lama2 terbiasa juga.

malah skrng labib kl dikasih makanan sm sepupu/budenya dy pasti nanya aku dulu "mi..oyeh ini ga?"..hypnoku ke dy tntng makanan yg dilarang berhasil jd labib ga pernah ngerek2 minta makanan yg dipantang

Bulan ke-6 aku coba kasih seafood..alhamdulillah ga ada tanda2 allerginya,pernah sekali waktu labib ngambil keju di kulkas,sore badannya panas *padahal pagi-siang baik2 saja*,tadinya ga eng-ngeh kl gara2 keju,seminggu ku coba kasih dy keju..eh koq badannya panas lg

Begitupun dgn oatmeal,pagi kucoba kasih sarapan oatmeal siangnya timbul rash di punggungnya. Bulan ke-10 coba ku kasih telur dadar..lah koq matanya bentol2.

Pas umur dy 2Y,kucoba ganti susu dr g*in ke sustag*n..alhamdulillah ga timbul alerginya.

Nah ku fikir krn dah 2Y jd allerginya dy dah menurun tp tnyata salah, seminggu ini ku coba kasih dy ayam goreng & telur bulat..hasilnya matanya merah *sigh*

riandiani mmng butuh kesabaran untuk ngelakoninnya mom,tp selama labib ngejalanin diet mmng daya tahan tubuhnya jd agak kuat,jarang sakit even batpil & berat badannya lumayan bertambah.

nidya,ninit,mimilabib,nietz----->itsMe www.nidyalharasati.wordpress.com

13

Topic: Alergi Pada Toddlers

bunda, anakku (3Y) mulai bayi udah kena alregi jg. (susu sapi, seafood, ayam and so on lah. trus ama DSA dikasih cetrizin untuk mengurangi alrginya. tp skr udah g aku kasih lg. ada yg pernah kasih obat2an anti alergi ga? kira2 ada efek sampingnya ga? trus ama mo tanya nih, kl tes alegi dmn ya? cos rumahku di Batu (malang) udah keliling2 untuk cari tempat tes alergi ga nemu. yg kutau dari teman, katanya sampel pup, rambut n darah bisa lo dikirim ke jakarta (ga tau dmn jg), kalo ada yg tau mohon infonya ya mom..... thx yah

14

Topic: Alergi Pada Toddlers

Lam Kenal mom....Ada yg punya pengalaman? Anak saya lom pernah tes alergi tapi dsa dan dspkk bilang anak saya kena asma yang larinya kekulit....Ada yang punya pengalaman ttg asma kulit? Trus cara mengatasinya gimana karena dia gatel2 terus dan menggaruk sampe suka luka....Trus dr spkk yang bagus yang mana ya moms....
Tks ya mamas dan papas

15

Topic: Alergi Pada Toddlers

astridreza wrote:
ysee,

aku emang dulu alergian. lactose intolerant. jadi musti soy based milk. truz pas lahir gitu, di lengan bagian tengah itu merah2, itu truz sampe sd. minum obat cina baru sembuh. padahal parah itu.

sempet alergi udang n kepiting. tapi sekarang malah gpp n mayan doyan:P

klo diliat sih kayanya alerginya beda.

aku lagi ganti DSA, yg kemaren ga pas, mo konsul ke DSA yg udah cocok ini ntar soal alergi, so will updated itu later.

hasil alerginya di lab gitu sih.


mu tanya nii obat chinanya merek apa ya??anaku azka (2,5th) dari baby alergi susu sapi...

i Love my lil' Family So Much^^

16

Topic: Alergi Pada Toddlers

akuyulia sama nih aysha juga dikasi obat cetirizin (kadang tiriz drop kadang ryzen) untuk alerginya. dulu aysha bermasalah sama kulit, tapi sekarang alergi nya jadi meler..gatau alergi apa, yang pasti kalo pilek, dia melernya lamaaaaa banget. pernah sama DSA (bukan langganan) dikasi antibiotik gr2 melernya udah lebih dari 3 hari, eh setelah di cek sama DSA yang biasa, cuma dikasi ryzen karena melernya faktor alergi. sempet takut juga sih tiap meler dikasi anti alergi, tapi cuma itu yang pengaruh biar ga meler lagi padahal ga pilek atau flu :( jadi pertanyaannya sama, ada efeknya ga ya pake obat anti alergi itu terus2an, soalnya skrg gue masih tetep ga mau kasi ryzen padahal udah seminggu meler ga sembuh2, tapi kalo nanya DSA nya pasti dikasi ryzen lagi deh :(

~Aysha's mom~

17

Topic: Alergi Pada Toddlers

Hai moms, ikut sharing yaaa..
Aidan waktu bayi nunjukin indikasi alergi thdp beberapa makanan. Untuk makanan telur, seafood, kacang-kacangan. Cuma DSA-nya waktu itu gak menganjurkan untuk buru2 tes alergi, karena menurut DSA seiring Aidan tambah besar & daya tahan tubuhnya tambah baik, alerginya bisa hilang.

Masuk usia 1 th Aidan udah gak alergi sama telur lagi. Sekarang yg masih dihindari seafood (alerginya dlm bentuk merah2 di kulit & gatal2) dan kacang2an (jadi batuk). Tapi untuk seafood, beberapa jenis Aidan udah mulai bisa. Nah 'lucu'-nya, Aidan pertama bisa mulai konsumsi ikan laut & udang adalah ikan laut & udang yang dibawa ayah-nya dari Papua. Waktu itu udah seneng aja, kirain udh beneran ilang alergi-nya. Eh, pas makan ikan laut & udang yg beli disini, nongol lagi alerginya. Kayaknya seafood dari papua emang lebih bagus karena lautnya masih bersih dan blm tercemar, gak kayak disini. Ternyata ada pengaruhnya juga ya? Hehehe... Makanya sekarang tiap si ayah dines ke Papua, wajib bawa ikan & udang buat Aidan. :D

Nah, untuk kacang2an, Aidan alergi kacang yg kayak kacang tanah, kacang merah, macadamia, cashew, pistachio, peacan. Kalo kacang kedelai atau kasang ijo enggak. Munculnya Aidan jadi batuk, dan kalo batuk sampe asma yang sesek napas gitu. Jadi gue lebih gak berani coba2 & susahnya kadang2 kita suka kelupaan, misal Aidan makan kue putri salju, kan kita suka lupa ya kl di dalemnya kadang ada kacang mede-nya, atau makan sate, bumbu kacangnya kemakan. Dikit aja, langsung batuk dan sesek. Obat batuk gak akan mempan kl batuk yg dr alergi gini, makanya obat alergi gak boleh sampe gak punya stok di rumah. :(

Untuk soal alergi ini semua orang yang di sekitar Aidan harus tau, biar gak 'kecolongan', termasuk di playgroup-nya. Kan kadang anak suka share makanan sama temennya atau ada makan bersama di sekolah, jadi penting banget guru tau.

Katanya susu kambing bisa ngebantu ngilangin/ngurangin alergi. bener gak sih? Thank you. :)

18

Topic: Alergi Pada Toddlers

Hi moms,

Mau nanya nih tp sebelumnya sorry bgt kalo aku salah msk thread. Kalo salah tlg dibetulin yah..
Alex (11 bln), udh mulai minggu lalu aku kasih telur ayam kampung organic setengah mateng & dia suka bgt. Nah aku gak tau nih beberp hr belakangan
ini aku notice ada bentol2 di tangan atau dahi. Gak byk sih dan sptnya Alex jg gak ngerasa tganggu krn gak gatel (aku gak pnah liat dia garuk2 sih...). Nah apakah ini artinya Alex alergi telur? Reaksi gini normal gak sih? Dan apa Alex hrs tes alergi?
Thx bfore yah mums..

-Cindy-

19

Topic: Alergi Pada Toddlers

Mamas, kalau anak kita alergi ikan gitu, bisa engga ya diganti minyak ikan?
Maaf pertanyaan oon, tp aku takut nutrisi Va' kurang, karena dia sampai sekarang belum lulus test buat ikan2an, telur, dan beberapa jenis makanan lain

Falling In Love with My baby ^^

@pnkmomma84
The Pinkypolka

20

Topic: Alergi Pada Toddlers

cindy, kalo reaksinya cm bentol, mungkin bs pakai cara manual dulu, berentiin telurnya, liat apakah bentol2nya hilang. trus cobain lagi n liat apakah bentolnya ada lagi. klo iya mungkin memang g tahan sama telur. tp klo di sa porsi lumayan mempengaruhi sih. bisulan klo banyak2 makan. tp klo untuk campuran aja dy gpp.

Pink, yg kaya scotts E gt maksudnya ? logikanya sih mungkin alergi juga ya, kn itu katanya dari ikan juga :) . cb suplemen yg lain mungkin klo emang khawatir ? :) g bantu ya ?? abisnya Asa g doyan udah dicobain beberapa kali.
tp klo kecap ikan yg bwt bumbu itu, Asa g bs juga ...

less ego, more heart

21

Topic: Alergi Pada Toddlers

Sidta, iya kaya scotts E, kalau aku mikirnya karena engga bisa makan ikan..jd nutrisi nya mau aku ganti dari multivitamin yang ada ikannya :P
hahhahaha kasian anakku, emaknya mau yg gampangan aja

Falling In Love with My baby ^^

@pnkmomma84
The Pinkypolka

22

Topic: Alergi Pada Toddlers

kira2 sebulan yang lalu aysha pernah flu, lendir tersumbat dan akhirnya mata bengkak selama seminggu. pas dibawa ke dsa, sempet dia nanya dikasi susu apa, gw jawab uht. trs dsa nanya lagi, ga mau ganti ya?soalnya bisa jd ada kemungkinan alergi dari sana. gw jawab lagi, kalo minum uht ini udah dari setaun yang lalu baek2 aja. dan kata dsa nya, alergi bisa timbul kapan aja, walopun sebelumnya engga. nah sejak itu gw jadi mikir masa iya, dan gw baru seminggu ini notice kalo aysha tiap abis minum uht napasnya grok2 sesaat. nampak alergi ya?kalo iya, pengganti susu nya harus yg soya ya?baca diatas susu kambing katanya bagus, bisa dapetnya dimana sih?hehehe maaf ya borongan :P thank uuu..

~Aysha's mom~

23

Topic: Alergi Pada Toddlers

Mia, kayanya bener deh, alergi suka muncul tiba2, walopun dulunya ga ada. Anak gw juga gituh, tiba2 alergi sama uht rasa tertentu. Lgs mual, sakit perut, muntah. Kadang kalo kebanyakan konsumsi susu dan turunan ataupun variasinya jadi batuk berlendir, yang susaaaaah banget sembuhnya. Jadi kl anak gw sakit ga sembuh2, gw coba kurangin asupan makanan ataupun minuman yg mengandung susu. Aysha umur berapa mi? Kalo diatas 3 taun, kayanya udah boleh tuh dikurangin susunya.

24

Topic: Alergi Pada Toddlers

Halo semua salam kenal.. baru gabung di UrbanMama (registernya sih udh lama :p) Lagi baca2 forum tiba2 nemu topic ini & hati pun langsung tergerak untuk share (semoga gak salah masuk thread), krn anakku Nemo (12mos) kmrn wkt umur 10mos pernah alergi parah banget sampe harus di opname di Harapan Kita. Diduga keras Nemo alergi amoxylin & asetosal yg didapet dr resep Dokter Anak yg praktek di blkg rumah karena pilek gak sembuh2. Sebelumnya Nemo emang pernah alergi salmon & semua yg berbau full creme, tp gak separah saat itu. Awalnya muncul bintik2 merah di pipi, tp krn gak ada tanda2 gatal Dokter gak yakin kalo itu alergi. Dua hari kemudian Nemo demam & bintik2 itu mulai menyebar di seluruh muka. Aku bawa dia ke Dokter lagi & Dokter bilang kalo besok bibirnya menghitam itu artinya dia alergi obat. Besoknya Nemo demam tinggi & bercak2 itu menyebar ke seluruh tubuh. Demam terus meninggi sampai dia ngigau & menggigil. Karena takut step akhirnya jam 2 pagi aku bawa dia ke UGD Harapan Kita & dia positif di opname. Dokter spesialis alergi bilang kalau utk tes alergi sebaiknya dilakukan kalau anak sudah berumur 5 tahun, krn hrs diambil sample kulitnya. Jd untuk saat itu Nemo cuma disuruh untuk gak makan semua jenis makanan yg memungkinkan memicu alergi (seafood, semua yg berbau full creme, kacang tanah & coklat), tp dugaan terbesar menurut Dokter Nemo alergi amoxylin & asetosal. Nyesel banget aku krn udh inisiatif bawa Nemo ke Dokter Anak di belakang rumah, krn waktu itu aku mikirnya kalo cuma sakit flu knp hrs dibawa jauh2 ke Dokter Anak di Harapan Kita... ternyata akibatnya fatal banget. Nemo yg tadinya mulus & bersih, jd berubah kayak anak monster gara2 seluruh badannya timbul bercak2 merah kehitaman (beberapa orang ngira itu Stephen Jhonson Syndrom... Masya Allah!!! Jangan sampeeee...). Untungnya bisa sembuh walaupun sampe skrg bekas alerginya msh kelihatan terutama di kakinya. So for all Moms, hati2 kalo terima resep Dokter & kalau anak sakit sebaiknya pergi ke Dokter yg memang sudah terpercaya. Semoga pengalaman saya bisa berguna...

25

Topic: Alergi Pada Toddlers

Iya nich bener kalo alergi bisa muncul tiba2 seperti Bitha 2th pas umur 9 bln tiba2 pup darah dalam sehari 5x ke dokter anak ternyata diindikasi alergi susu sapi padahal sudah sebulan minum susu sapi gapapa (ASI stop krn emaknya sakit dan hrs ngamar). Setelah stop ASI muncul batuk pilek tiap bulan sampai umur 2th ini ga berenti2 dan memang diindikasi alergi dari makanan. Akhirnya stop ayam, telur dan tomat.
Bitha agak gedean sukanya makan ice cream dan batuk lagi ternyata dari ice cream yg rasa coklat, emaknya makan coklat batangan dia minta akhirnya batuk lagi dan seterusnya. Batuk sudah sembuh gantian batuk yang menyerang di malam hari yang muncul setelah dia minum susu akhirnya ganti susu (masih sapi dan beruntung kok cocok ga batuk lagi).
Dan sekarang tinggal dijaga dari makanannya sekarang dia makan apa aja dan kalo ga dikasih suka merengek rengek.
Bingung juga jadi emak hahahaha :P

:) Amazing Life with Amazing Son :)