1

Topic: Alergi Pada Toddlers

Moms sekalian, mau tanya nie.... anakku dr td pagi tiba2 kulitnya merah2 n gatal2 gt krn dya garuk2. Terutama di muka, punggung sama perutnya. Aq ga tau apa dya alergi ya. Seinget aq sih ga ada mkan yg aneh2, sama kyak biasanya. Tp baca diatas td ktanya alergi bs dtg kpn aja ya.... waduhh...

Ato ada yg pernah ngalamin gak anaknya alergi sama dingin ac *oon ga sih peryanyaanku hehhe. Soalnya br seminggu ini pasang ac dk kmr n tiap tdur mlm pake ac. Apa krn itu yah ?

TFS ya moms... :)

2

Topic: Alergi Pada Toddlers

ashwindhiwa,
just for share, saya alergi dingin. tapi kalo kambuh alerginya, hidung jadi buntu/pilek mendadak. tapi ada temen yang kalo dingin kulitnya merah-merah, tapi gak gatel..
suami saya kalo ada perubahan cuaca spt ini, kulitnya merah-merah dan gatel. entah karena debu, entah karena dingin, kulitnya merah-merah bruntusan dan gatal.
Pencetus alergi memang mesti sabar di cari.. :) semoga segera ketemu penyebabnya.

-WiwiT-
An ordinary bunda of twin amazing angels, Kira and Kara Setyadi
@wiwidwadmira | the Setyadi's

3

Topic: Alergi Pada Toddlers

kirakara, thx sharingnya ya mom... bingungjg neh soalnya blm tau pst penyebabnya.
Skr udh mendingan sih merah2nya dr kmrn cm gatelnya msh. Aq cm pkein caladyn atau baby cream zwitsal itu.

Trus, dr td aq liat di pknggir2 bibirnya agak kering gt apa pnas dalem jg yah... huhuhu jd bingung sangat nehh :(

Rencana kl kndisinya blm baikan mau ke dokter qja biar psti, mdh2an cpt pulih lg deh Ashwin :)

4

Topic: Alergi Pada Toddlers

anakku Julian, 28m,2 bulan lalu sekujur badannya dan mukanya ruam merah seperti terkena kaligata, tidur ga nyenyak krn gatal gatal, kalau main pun sering terlihat garuk2, konsul ke DSA dirujuk ke Sp. Kukel..dikasih salep sama obat anti alergi ga membaik..akhirnya disuruh cek darah IGE Total buat mengetahui ada kecenderungan alergi apa ga, dan ternyata hasilnya anakku 200 kali lipat dari ambang batas normal..Sp.Kukelnya tanya apa aku ada alergi ga, aku bilang aku alergi dingin dan asma...dan kata dia kl ibu ada asma, turunannya bisa terkena lebih besar resiko buat alergi juga (ga mesti asma) dan aku diminta eliminasi masing 2 bahan makanan yg biasa dimakan anakku buat mengetahui dia alergi apa karena kalau skin prick test anak sekecil itu belum bisa, dari beberapa eliminasi akhirnya didapat hasil kl anakku kecenderungan alergi bahan makanan dari kedelai, padahal selama ini yang namanya tempe sama tahu dia suka bgt. kadang kalau lagi susah makan aku nyolong kasih dia tahu goreng, ga lama kemudian muncul ruam merah sedikit di dada, buru2 kukasih salepnya.

5

Topic: Alergi Pada Toddlers

Mom boleh diupload foto alerginya seperti apa? Soalnya anakku jd divonis alergi susu sapi oleh dokter sejak usia 5 bln. Punggungnya merah kering dan lama2 ngelupas seperti kerupuk. Belum pernah cek alergi sih, pengen tapi ntar deh nunggu pencerahan dr sini. Sekarang usia anakku 14 bln, klo makan makanan yg mengandung protein hewani pasti langsung muncul ruam merah entah dimuka ataupun punggung, bedanya klo dl sampe ngelupas klo sekarang enggak. Mungkin gak ya mom alergi akan hilang seiring bertambahnya usia anak? Kasihan makanannya vegetarian terus.

6

Topic: Alergi Pada Toddlers

anakku pernah alergi susu sapi waktu umur 6 bulanan, tp kukasih susu kedelai dia ga suka, akhirnya bismillah tetep kukasih susu sapi cm yg hypoallergenic. alhamdulillah gpp.
eh pas umur 13 bulan muncul lg merah2 di kulit, lendir di tenggorokan, sm gatel2. konsul ke DSA, dikasih obat anti gatal, kalsium, sm salep sagestam gitu, susunya diganti soya lg.
smpet seminggu kyk ga ngefek gitu obatnya, malah aku jg ikut gatal2, ternyata akunya alergi perubahan cuaca dr hujan ke panas.
akhirnya pasang ac di kamar, so far aku dan baby udah ga gatal2 lg, merah2 dan kelupas di kulit baby jg udah baikan.
tinggal lendirnya nih, msh bunyi grok2 gitu kalo tidur. apa krn ayam2an gitu jg ya?

Uwais skrg udah ga bola lg, tp sekarang uwais tinggi. gapapa yah, yang penting sehat. :)

7

Topic: Alergi Pada Toddlers

ikut share mommies..
my baby umurnya 15bulan, dari umur 6bln dah di diagnose alergi susu sapi, bayangkan paniknya aku, dari bayi memang sudah di kasih susu hypooallergic dan asiku yg memang sedikit, lalu pas 6 bulan asi tdk keluar dan my baby hanya minum formula HA saja, tapi semakin parah saja bintik2 merah di tubuhnya, saya bawa ke dokter dan di gantilah susu dengan susu Preges***l, masalah muncul karena susu ini ternyata tidak serta merta ada di pasaran, di Bandung sendiri susu ini hanya ada di Kimia FArma, dan tentu saja di olshop, ribet deh pokoknya, udah gitu kan harganya juga gak murah2 amat. musti keluar Rp. 229ribu jika beli di KF. Oia setelah di telusuri ternyata my baby itu alergi protein yg terkandung dalam hewani, tentang rasa dari susu ini?? OEMJI u have no idea, rasanya menyeramkan, asin dan pahit, awalnya my baby gak pernah suka, di muntahin lagi, tp dengan kesabaran aku dan papa nya, akhirnya berhasil,, kasian juga siy liatnya. back to bintik2nya. pas coba kyk nabati, gak ada bintik di tubuhnya, dokter bilang bahwa bayi dengan alergi, kita mesti sabar, krn tentu perlu tritment makanan, yg mengandung hewani aku singkirkan. masalah baru muncul setelah dia umur 1tahun, susu pastisial Preg***l ternyati hanya untuk bayi usia 0-12bulan, waduhh bingung deh, aku browse lagi ada yg namanya neoc**e juga, lebih parah lagi susu tersebut tidak ada yg jual di bandung, udah coba tlp beberapa RS besar, tapi hasilnya nihil, bingung tuhh, terus aku inget kata dokter bahwa bayi dengan alergi memang harus di tantang biar kita tahu apakah ada reaksi atau perbaikan. aku dan suami sepakat mau memberikan susu Nutri***n soya, setelah konsul degan dokter. Thanks to God, we have blessed, my baby mau minum dan alergi tidak begitu signifikan terjadi, mungkin hanya 1/3 nya saja, itupun hanya terjadi di daerah2 yg memang merangsang keringat muncul khususnya daerah pantat yg memang dekat dengan pampers, dan sekitar leher yg tertutu dengan kepala, tapi cukup di basuh dengan air atau tissue basah, keringkan dan beri dengan talk salycil, Alhamdulilah semua beres.. so, sekarnag aku sudah rada tenang krn susu yg baru ini bisa kudapat di minimart2 kecl dekat rumah tanpa harus deg degan mencari kemana, so mommies itu pengalamanku ttg anakku yg alergi susu sapi
semoga ada manfaat yg di ambil yaa

thanks