1

Topic: Keguguran karena Myoma dan Kista Endometriosis

Dear all,
dengan sedih dan berat hati, saya ingin share dengan semua, baru saja saya dikuret karena janin tidak berkembang. Padahal seharusnya janin saya beumur 8 minggu. Kondisi di awal kehamilan sudah diberitahu sejak awal, yaitu ada kista endometriosis dan myoma. Namun waktu periksa terakhir sebelum dikuret, diketahui myoma ada 1 lagi, jadi total ada 2 myoma dan 1 kista endometriosis.
Karena saya shock, sedih dan pikiran sedang kalut, waktu itu saya tidak banyak bertanya pada dokter saya. Pikiran saya, karena pendarahan yang saya alami tidak berhenti dan hasil USG, janin tidak berkembang, jadilah saya pasrah untuk dikuret.
Please teman2 kalau ada pengalaman yang serupa, mohon share yaaa....
Utk moderator, maaf kalau topik ini sudah dibahas di tempat lain, saya search, belum ada. Kalau sudah ada, silakan di-move ke tempat yang semestinya. Makasih semua...

mother of Afshayra Charmaraiza Addyn :)

2

Topic: Keguguran karena Myoma dan Kista Endometriosis

Dear Andin..

I'm sorry for ur loosing. Semoga diberikan kekuatan, ketabahan dan keikhlasan.

Aku mau share, kehamilanku sedang berjalan 9 minggu, dari awal kehamilan sampe saat ini aku mengalami flek dan pernah 2x pendarahan hebat, sampe minggu kemaren harus dirawat di RS selama 7hr.

Setelah di diagnosa dan hasil lab mengatakan bahwa aku ada myom, placenta previa dan virus rubella pasif. Sempat drop karena mengetahui hasilnya, karena seringnya pendarahan aku dan suami sudah ikhlas apapun yang terbaik yang Tuhan kasih untuk kami, kami akan mengikhlaskannya, akan tetapi dari hasil USG terakhir bayinya berkembang sangat baik, dokter yang menanganinya pun sangat takjub akan keajaiban yang terjadi, beliau pun mengatakan bahwa myomnya tidak berpengaruh, placenta previa mudah2an bisa berpindah, dan virusnya bisa diobati karena masih tergolong pasif. Karena keajaiban yang Tuhan sudah perlihatkan kepada kami, kami meyakini ini adalah jawaban dari Tuhan, akhirnya kami sepakat untuk meneruskan kehamilan ini.

Saat ini aku masih bedrest selama 2 minggu setelah pulang dirawat dari RS kemarin. Tapi sampe saat ini masih terbesit kekhawatiran aku terhadap hal2 yang akan terjadi nanti.

Minta advicenya apabila mengalami kasus serupa, mudah2an kekhawatiran aku bisa terobati.

Many thanks..

3

Topic: Keguguran karena Myoma dan Kista Endometriosis

Haduh ini sedih banget sih, moms tabah ya - Jenni Maria gimana? Bayinya udah lahir donk?

Kakak sepupu gue juga 2 orang kena problem yang sama, 1 rahimnya diangkat pada usia 37 tahun dan sebelum itu dia 9 tahun berusaha punya anak ngga dapat2...duh kasihan banget :( Sedihhhhh kalo liat dia yang begitu sayang sama anak kecil malah ngga dapat anak...sedangkan banyak sekali orang yg punya anak malah menelantarkan anaknya...

1 lagi, ada kista dan myom juga dan udah disuruh operasi sama ibunya bahkan dibookingin treatment operasi + perawatan, dia usia 33 tahun, pada saat2 terakhir dia back out dari operasi tersebut karena ketakutan akan vonis dokter.

Tapi sebetulnya hal2 seperti ini asal tidak terlambat diobati, masih bisa sembuh total...

Ini jadi peringatan bagi kita semua untuk rajin2 kontrol PAP Smear yah...meski belum berencana punya anakpun...

Semoga andin & Jenni sama2 diberi kesembuhan dan diberi yg terbaik :)

4

Topic: Keguguran karena Myoma dan Kista Endometriosis

Dear Andin..

saya juga pernah punya kista endometriosis dan sempet nunggu 6 tahun sebelum hamil dan punya anak..
Sempet berobat ke salah satu rs infertilitas malah dikasi vonis tambahan sulit punya anak karena antibodi tll kuat.

tp setelah 6 tahun nunggu,akhinya bisa hamil dan bulan kemarin baru lahiran anak kedua setelah yang sulung umur 2 tahun...

so, tetep optimis ya...kalo memang sudah rejeki, pasti di kasih jalan...jangan terlalu stress ya...semoga cepat dapet gantinya....semangat ya... :)

5

Topic: Keguguran karena Myoma dan Kista Endometriosis

haiii mom
sekedar share ya
mom. aku juga punya kista 2 buah dikiri dermoid dan dikanan endometriosis..... saat ini aku lagi hamil 35 week... allhamdulillah posisi ke 2 kista aku ini dibawah baby jadi ga menjadi masalah untuk babynya... aku hamil disaat pas 1 tahun pernikaan.

mom...... yakin aja ya akan kuasa Allah SWT bila sang kuasa sudah berkehendak maka tidak ad yang tidak mungkin, buktinya aku sekarang ini mom disaat aku udah pasrah,tabah sama Allah Swt karunia itu muncul......... Tanggal 18 April aku lahiran nah disitu aku sekalian ambil 2 kista aku
Tetap Semangat ya mom

6

Topic: Keguguran karena Myoma dan Kista Endometriosis

hai mom aku juga mau ikutan cerita nih, aku juga punya miom uteri 2, tuba fallopi dua-duanya buntu, dokterjg mendiagnosa aku PCO (nggak ngerti istilah apa itu) yg jelas nggak bisa hamil normal,singkatnya aku langsung ikut program bayi tabung ICSI, dimana aku jg memutuskan tdk operasi miom or tuba fallopi jadi langsung ikut program bayi tabung, alhamdullilah langsung berhasil hamil, tapi masalahnya 3 bulan aku pendarahan 2 janin aku tdk jadi dan hanya jadi 1 janin (3embrio ditaman). jadi janin aku tumbuh seiring dengan miom jg membesar, krn ada miom menyebabkan plasenta aku letaknya tidak normal jadi tumbuh di atas servik (plasenta previa tolal) menutup jalan lahir, udah diketahui sejak usia kehamilan 3 bln, karena ppt selama kehamilan aku sering mengalami pendarahan dan flek, sehingga babyku tidak bisa besar. aku berusaha keras agar bayi tdk lahir prematur (kurang dari 37 mg). dan akhirnya pas minggu ke 37 baby aku harus segera dikeluarkan krn pendarahan lagi, babyku lahir dengan berat badan rendah 2,2kg, lahir secara sectio dan pada saat operasi akhirnya dokter mengambil juga miom aku walaupun resikonya adalah pendarahan, karena miom ku menghalangi jalan lahir baby, miom tambah besar 10 cm dari yg semula 3 cm. poinnya adalah bahwa hamil dengan adanya miom uteri ( posisi miom di dlm rahim) sangat rawan keguguran,pendarahan, ppt, lahir prematur dan resiko bayi lahir berat badan rendah, dan kalau dioperasi saat sectio kemungkinan juga pendarahan dan pengangkatan rahim. mungkin lebih baik klo hamil tidak disertai miom,dalam kasusku aku pikir operasi miompun belum tentu aku biasa hamil alami mengingat aku cukup lama menanti momongan, pada saat itu aku hanya bisa berdoa dan pasrah aja krn segala usaha telah aku lakukan. alhadulilah skr babyku usia 2,5 bln bbnya 5,1kg. buat andin sabar ya terus berusaha jangan pernah putus asa.

kenzie jatung hati mama papa semoga menjadi anak yg sholeh & hidupmu selalu barakaallah.

7

Topic: Keguguran karena Myoma dan Kista Endometriosis

Hai smuanya!

Aduh jadi ngerasa serem sendiri. Saya juga ada miom dan khawatir banget janin-nya ga berkembang. Sekitar 4 minggu yang lalu dokter bilang kehamilan saya 5 minggu, eeh beberapa hari yang lalu dokter bilangnya 6 minggu lebih. Sempet pendarahan 3 minggu yang lalu sampe harus masuk RS. Flek malah masih ada sampai hari ini. Dan sekarang harus nunggu 2 minggu lagi buat cek ke dokter, liat janinnya berkembang ato ga. Jadi kepikiran banget niiih.

Andin gimana kabarnya sekarang udah hamil lagi ato belom?

overthinking wife&mom. nick-a-maniac. donald duck lover. lazy blogger. ordinary day-dreamer. social-networking-sites freak.

There is no right or wrong, just the consquences of your actions.

8

Topic: Keguguran karena Myoma dan Kista Endometriosis

hai moms..

aku juga punya kista endometriosis di kanan kiri rahim. yg kanan malah nempel ke rahim. sempet pesimis utk hamil. setelah pasrah pada nasib, eh malah hamil tanpa diduga (aku menunggu 1 tahun 10 bulan). skrg sudah 6 minggu. selama ini, baik2 aja. ga ada flek, ga merasa mual, dan janinnya juga sehat. tetap semangat ya moms. insyaAllah kita saling dukung :)

9

Topic: Keguguran karena Myoma dan Kista Endometriosis

hai mamas!

setelah menghilang 1 tahun, akhirnya saya kembali ke Urban Mama :)

1 bulan setelah kuret, saya operasi pengangkatan endometriosis di ovarium kiri, yang ternyata berdiameter 9cm!
Setelah itu, saya terapi dengan suntik Tapros 3M, yang katanya berfungsi untuk menghambat tumbuhnya endometriosis lagi dengan cara menghambat mens saya (jadi kalau setiap kali mens, endometriosis semakin membesar). CMIIW
Efek Tapros 3M seharusnya hanya menghambat mens selama 3 bulan, tapi pada prakteknya selama 7 bulan saya nggak dapat mens.

Pertama dapat mens lagi bulan Juli 2011, langsung periksa ke Obsgyn dan langsung di-program untuk hamil. Setelah 2 bulan dapat mens, alhamdulillah bulan Oktober 2011 saya dinyatakan hamil!
Cerita lengkapnya ada di http://le-marriage.blogspot.com/

Saat ini kehamilan saya sudah memasuki minggu ke 16, alhamdulillah!
Thanks doanya ya, dear mamas!

mother of Afshayra Charmaraiza Addyn :)

10

Topic: Keguguran karena Myoma dan Kista Endometriosis

Selamat ya Andin... Semoga bayimu bisa tumbuh dengan sehat & lahir dengan selamat pada waktunya...

Aku sendiri juga lama menunggu momongan sampai 6 tahun karena ada mium & banyak endometriesis yg kecil2. Seiring berjalannya waktu, endometriesisnya makin tersebar di-mana2. Setelah 6 thn menunggu, tiba2 saja aku hamil. Dokter sampai takjub karena kehamilanku katanya ibarat lolos dari lubang jarum. Aku langsung disuruh bedrest (pdhal tidak ada pendarahan) & mengurangi aktifitas fisik untuk menjaga kehamilanku. Praktis aku berhenti bekerja demi keselamatan jabang bayi. Bahkan olahraga ringan saja seperti jalan pagi tidak diperkenankan oleh dokter selama kehamilan. Sekarang aku sudah memasuki 32 minggu & sama sekali tidak mengalami masalah apa pun.

Utk calon ibu yang sedang mengalami masalah dengan mium & endometriesis, jangan patah semangat ya

11

Topic: Keguguran karena Myoma dan Kista Endometriosis

Mom, posisi kistanya ada di mana? pas lahiran bisa lgs diangkat yah? ato tergantung kondisi kitanya? sy juga punya 3 kista kiri kanan di saluran telur kt dokter yg satu jgn dikhawatirkan, kt dokter satunya lagi kista akan membesar. tp selama ga ada keluhan ga apa2, tp bisa kepelintir dsb,,skrg lg hamil 17 minggu...doakan yah semoga tidak ada apa2.

ayu andhika wrote:
haiii mom
sekedar share ya
mom. aku juga punya kista 2 buah dikiri dermoid dan dikanan endometriosis..... saat ini aku lagi hamil 35 week... allhamdulillah posisi ke 2 kista aku ini dibawah baby jadi ga menjadi masalah untuk babynya... aku hamil disaat pas 1 tahun pernikaan.

mom...... yakin aja ya akan kuasa Allah SWT bila sang kuasa sudah berkehendak maka tidak ad yang tidak mungkin, buktinya aku sekarang ini mom disaat aku udah pasrah,tabah sama Allah Swt karunia itu muncul......... Tanggal 18 April aku lahiran nah disitu aku sekalian ambil 2 kista aku
Tetap Semangat ya mom

12

Topic: Keguguran karena Myoma dan Kista Endometriosis

Salam kenal para mamas semua...

Kemarin sabtu tgl.14 April 2012 aku baru saja keguguran calon baby-ku yang kedua...janinku baru berusia 6minggu 4hari...
Sedih rasanya...karena memang kebetulan aku ada myom di rahimku...
Dokter menyarankan agar aku tidak terlalu kelelahan, angkat2 barang berat maupun naik turun tangga...karena kehamilan dengan myom sangat beresiko keguguran....

Seminggu sebelumnya, memang tidak bisa dihindari kerjaanku dikantor lagi banyak-banyaknya...sudah gitu kalo mo ke tempat makan siang (kantin kantor) memang harus naik turun tangga...klo engga naik turun...jalannya jauh...

Seminggu sebelum kejadian sudah terasa agak nyeri/pegal dipinggang..perut rasanya ga enak...aku pikir cuma pegal biasa kaya kehamilan lainnya...ternyata itu tanda2 sebelum aku kehilangan janin mungilku... :(

Sabtu pagi aku mengeluarkan flek sedikit...ga lama siangnya pas mau buang air kecil, langsung pendarahan cukup banyak....akhirnya aku langsung ke RS...disitu diketahui bahwa jaringan calon janin sudah keluar dari rahim...
untungnya setelah dicek 2 kali USG (USG 2D via perut maupun USG Transvaginal) analisa dokter rahimku bersih...jadi tinggal diberikan obat pemulihan rahim, antibiotik serta penambah darah...
Minggu depan aku akan kembali cek ke dokter untuk melihat perkembangannya...

Menurut analisa dokter sementara, penyebab keguguranku adalah kecapean yang terlalu berlebihan ditambah lagi aku hamil dengan myom dirahim...myom memang menjadikan kehamilan yang mungkin seharusnya baik/wajar menjadi agak rawan untuk trisemester pertama...

Sekarang siy kami (aku & suami) sudah ikhlas dan belajar dari kejadian kemarin, next time semoga lekas diberikan kepercayaan lagi oleh Yang Maha Kuasa...dan harus berhati-hati...

Semoga minggu depan saat kontrol kembali ke dokter, aku bisa diijinkan untuk langsung hamil kembali...hehehehe... :D lagi kejar target soalnya...dan semoga dikabulkan oleh Allah SWT.

Semoga sedikit sharing dari aku dapat memberikan masukan atau sedikit info bagi para mamas...
Tetap semangaaat yaa...kita sama2 saling berdoa yang terbaik... :)

" I’m So Glad and also So Proud To Have You As My Child " - Mom of ErZa

13

Topic: Keguguran karena Myoma dan Kista Endometriosis

hai santi, salam kenal ya
aku penderita kista endometriosis kanan dan kiri indung telur,1 bulan pernikahan aku juga sempat keguguran, waktu itu maih 4 minggu jadi ga perlu di kuret, setelah 9 bulan pernikahan, aku dinyatakan hamil dan sekarang sudah masuk 30 minggu
tetep semangat ya, semoga cepet hamil lagi :)

14

Topic: Keguguran karena Myoma dan Kista Endometriosis

rahma kiki wrote:
hai santi, salam kenal ya
aku penderita kista endometriosis kanan dan kiri indung telur,1 bulan pernikahan aku juga sempat keguguran, waktu itu maih 4 minggu jadi ga perlu di kuret, setelah 9 bulan pernikahan, aku dinyatakan hamil dan sekarang sudah masuk 30 minggu
tetep semangat ya, semoga cepet hamil lagi :)



Amiiinnn.... ;)
Semoga aku bisa cepat menyusul yaa mba... :D

" I’m So Glad and also So Proud To Have You As My Child " - Mom of ErZa

15

Topic: Keguguran karena Myoma dan Kista Endometriosis

hai mom, jangan sedih ya. jangan dibawa stress biar kondisi ke depannya lebih bagus. moms lain kalau ada masalah kandungan dan emergency bisa langsung hubungi halodoc yang memang online selama 24 jam, kapanpun dokter kandungannya bisa memberikan bantuan. setelah konsultasi, dokternya bakal berikan diagnosa dan bagaimana penanganannya. obat pun siap diantar ke alamat rumah langsung!