1

Topic: Frugal Living Ideas

Tiba2 kepikiran untuk buka topik tentang ide2 frugal living ini, pas ngubek2 thread di TUM ternyata baru ada 1 topik yang mirip, tapi lebih tentang tips2 belanja hemat... Mudah2an ga double topic dan ga salah kamar ya ibu2 mods!

Nah moms, gimana kalau kita sharing ideas tentang frugal living (tanpa perlu jadi pelit atau hidup menderita tentunya! :D) Sejauh ini yang gw ngerti ttg konsep frugality, esensinya adalah being economically efficient dan ngurangin waste, ngga perlu hal yang gede tapi bisa juga dengan ngerjain hal2 yang keliatan remeh dan simpel.

Sebagai penglaris *halah* gue coba sharing dikit ttg hal2 yang udah gue kerjain ya:
1. Disiplin matiin TV kalau emang ga ada yang nonton dan matiin lampu/AC kalau ruangan kosong
2. Nampung air wudhu di ember (kan kalau wudhu suka agak banyak air kran yang kebuang tuh...) dan air tampungannya dipake untuk nyiram2 lantai kalau pas lagi acara bersih2 kamar mandi
3. Bawa air mineral sendiri dari rumah kalau lagi pergi
4. Berhubung sekarang domisili di Singapore dan perpus disini lengkap abis, jadi gue lebih suka minjem buku ke perpustakaan daripada beli sendiri. Atau bisa juga tuker2an ama temen yang suka baca, jadi misalnya kita punya buku A dan dia punya buku B, tinggal tukeran aja. Kecuali untuk buku yang masuk kategori wajib punya, ya...

Sekarang sih baru itu yang kepikiran, moms yang lain ayo sharing juga ya, mudah2an bisa jadi inspirasi dan pastinya bikin semua tambah pinter...
Makasih banyak ya sebelumnya!

2

Topic: Frugal Living Ideas

anya.alwin,Ini sangat OOT sich, cuma mau konfirm aja heheh ini anya windira bukan?hehehe...

davina biggest fans

3

Topic: Frugal Living Ideas

anya.alwin - sebenernya, thread TUM "Go Green" Campaign isinya rada overlap ama frugal living, biarpun dari sisi yang berbeda (bukan dari sisi ekonomi). tapi kalo diliat2, tips2nya akan mirip banget... mungkin bisa digabung?

*blum ditutup threadnya, soalnya masih ragu... mungkin yg ini bisa lebih kearah finance stuff?*

? comic and crochet addict ?
theurbanmama.com | @turniptopia

4

Topic: Frugal Living Ideas

thal iya bener gue juga mikir gitu kemaren. semua idenya ada seperti yang ada di thread TUM go green itu. tapi yang TUM go green itu kan lebih ke event ya? gimana kalo thread ini dibiarin aja untuk diskusinya?

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

5

Topic: Frugal Living Ideas

Oiya mba Thalia n Slesta, baru tau kalau pernah ada contest Go Green Campaign ya... Iya sih, ide awalnya emang lebih ke sisi finansialnya. Gimana ya enaknya? Digabung juga boleh kok ke thread yang Go Green Campaign tapi dikasih judul yang lebih general?

Ria, hahaha iya siapa lagi yang hobi ngirit kalau bukan akuuu!!! :D

6

Topic: Frugal Living Ideas

hahhahaha ternyataaa dirimyuuuuu....
hidup Frugal Living!!!hehheeheh...
*ga guna banget ga share apa2 aku disini*
Tapi yang jelas setelah jadi emak2, aku emang jadi lebih irit, pokoknya kalau ada apa2 aku jadi lebih aware sama nominal heheheh...Prinsipnya, harus dapet barang bagus dan banyak dengan harga se-ekonomis mungkin :D heheheheheh

davina biggest fans

7

Topic: Frugal Living Ideas

gw juga mulai sedikit2 ngejalanin ini...
terpicu oleh artikel2 yang mendorong ke arah "living with less" *pernah ada di oprah juga* ...
yang udah mulai gw lakuin hampir 2 bulan ini
1.jarang sekali menonton menonton tv, stop langganan tv kabel: alasannya hehe gw pernah baca aja disalah satu artikel utk mengurangi nonton tv apalagi acara2 berbau drama dan berita, jadi gw sih nonton skrng paling acara2 masak dan acara talk show kayak oprah dan rachel ray, selain itu gw pulang kantor udah malem sampe rumah jam 7 kadang udah capek banget buat nonton tv, jadi gw menganggap percuma aja ikut tv langganan kalo ga pernah ditonton
oh ya sebelum memulai ini gw ga pernah matiin tv sampe pagi *walau ga ditonton* cuma karena kebiasaan tidur dengan tv nyala *pdhl tv diluar kamar*, secara ekonomis sangat berpengaruh nih pd tagihan listrik

2. Menampung air di bbrp ember besar yang untuk keperluan cuci piring dan cuci baju dan sirem2 taneman, karena disurabaya ini PDAM nya nyalanya seret kalo ga pake pompa, jadilah dirumah pake pompa yang sangat berpengaruh ke listrik, dulu sih ga ngeh maen pake2 aja langsung buka2 keran,pas liat tagihan n bandingin sama punya temen kok jauh banget, setelah cerita2 ternyata sekali tarikan pompa air itu gede banget.. jadilah sekarang gw tampung aja dan sekali dinyalain pompa langsung isi bak dan teman2nya

3. Matikan AC disiang hari, dulu AC kamar gw nyala 24 jam setiap hari, karena perkiraan gw kayla sering maen dikamar, ternyata setelah observasi ya anak gw kalo hari2 maennya diruang tengah paling kalo tidur sebentar dikamar, jadilah taktik gw sebelum gw berangkat kantor nyalain AC pol2an 16derajat dengan pintu ditutup begitu gw berangkat gw matiin AC dan tutup pintu kalo kayla mo tidur siang dikamar masi hawa dingin AC
dari ketiga cara ini gw bisa menghemat 200ribu setiap bulan..lumayaaan :D

selain itu gw juga mulai membereskan barang2 gw yang ga pernah gw pake tapi tetep gw simpen, ntah tu ya kayaknya ada nama kelainannya ahhahaa...ga dipake tapi maunya disimpen,jadi tas dan dompet gitu deh ga banyak cuma ya ga pernah dipake...itu udah gw kasi kesodara2,hasilnya barang2 gw jd lebih ringkes..

karena gw juga berencana pindah dari surabaya dalam waktu dekat ini, jd gw udah mulai ngelist barang2 yang mau dijual, dan yang gw keep barang2 yang emang gw perluin,dan berniat utk ga mengganti barang yg dijual dengan barang2 yang baru tar pas ditempat baru *amin mudah2an terpenuhi hehehe*

8

Topic: Frugal Living Ideas

Kalau gue, frugal living abis kebawa suami gue yg frugal banget soal ginian :)

ini beberapa contoh (maap kalau rada2 tabrakan sama go green.. yah)

- nggak buka kulkas lama2 (think before you open the fridge :)) karena kl bukanya lama, hawa dingin keluar, so kulkas will use more power..
- kalau nyetir, sering ganti perseneling (rpm dibawah 2000)... atau ngerem dg cara engine brake
- di sini, sampah dikiloin.. dan mahal banget.. jadi kalau sampah 'basah' gue coba keringin dulu.. atau err.. nyampah di tempat lain, misal: kantor (hehehe :))
- kompor/oven gue pakai listrik, jadi beerapa saat sebelum mateng, udah bisa gue matiin... energi panasnya masih bisa dipake masak, tapi irit listrik
- ngumpulin kupon diskonan buat groceries
- bawa bekel makanan ke kantor
- ke kantor dg sistem car pool, alias nebeng mobil kolega gue, dan gue bayar sebagian uang bensin. dia dapet duit tambahan, gue ngirit. Plus lebih nyaman dan cepet dibanding nyetir sendirian atau public transport.
- isolasi - untuk jaga supaya temperatur dalam rumah tetap nyaman, isolasi harus bagus. contoh, celah bawah pintu diusahain ketutup, jendela ketutup rapet, dsb
- sering2 cari info promosi/membership, dsb.. contoh gue ikutan program frequent flyer salah satu maskapai penerbangan, dan skrg point gue cukup buat 1 tiket pulkam gratis. woohoo..!!

9

Topic: Frugal Living Ideas

Duh apa ya ide gue... Palingan begini:

- Ngejual koran bekas :D Gue rasa sebagian besar orang begini ya, lumayan banget kemaren gue jual ternyata lebih dari 30 kg! Uangnya dipake buat belanja2 ke pasar (dapet nyaris 50rb).
- Senada sama fanny, gue punya kartu kredit yang bisa redeem point dengan potongan belanja waktu transaksi. Jadi ga kerasa aja, pas gue belanja dan ngecek point ternyata potongannya sampe 100rb.

Satu yang bikin bingung (tapi seneng), kompor gue ternyata irit banget karena baru ganti gas setelah 4 bulan padahal tiap hari dipake masak (kata temen2 gue mereka ganti gas tiap bulan).

yang selalu kangen sama si pipi gembil

10

Topic: Frugal Living Ideas

ya ampun, i heart this thread! akan terus memantau ah.. sementara baca dulu karna ini pake hp..

ahya.. ini Lei juga demen dgn frugal living kalo ga salah (panggil2-colek2 yg bersangkutan)

11

Topic: Frugal Living Ideas

frugal ala gue:
- ke kantor nebeng (a.k.a nyuruh anterin) suami, pulangnya juga naek MRT ampe stasiun yg deket kantor suami terus pulang bareng. lumayan ngirit ongkos transport.

- bawa bekel makan siang dari rumah, duit makan siang bisa dialihin jadi sepatu/baju

- kl keira lg pengen mandi berendem, maksa ikutan mandi juga. jadi ngisi bathtubnya gausah penuh2 krn keisi badan berdua udah lumayan kerendem.

- mulai jarang nonton di bioskop, minta suami aja donlod dan nonton di rumah. kl bosen tinggal matiin dan lanjutin besok.

apa lagi ya...

engineer.wife.mom.daughter.sister.food lover :)

12

Topic: Frugal Living Ideas

Wahhh thread ini cucok banget buat emak2 sepertiku...

-Selalu bawa kantong belanja sendiri kalo ke supermaket
-ngebiasain bawa air mineral sendiri dari rumah
-selalu bawa uang receh kalo keluar2 (ya terkadang ada aja warung, pasar, atau abang2 jualan yang bilang ga ada kembalian)
-bawa tupperw*re atau wadah tertutup lainnya kalo beli makan di luar
-Detergen bayi n dewasa satu merk (alhamd, anakku ga alergian)
-Kalau mau nge-mall makan dulu di rumah (yeahh.. tanpa disadari terkadang pengeluaran terbesar kalo keluar ya di acara makan) kecuali emang niat mau makan di luar.

Oia, sama kaya Otty, gas ku elppiji 12 kg abisnya 4 bulan sekali. Padahal tiap hari selalu buat masak n mpasi juga. Tp emang karena aku Stay at home mom--demi menghemat waktu, aku masak di pagi hari sekalian 2 menu (sedikit variasi aja) buat makan kami berdua sampai malam (hemat tenaga buat cuci perlengkapan dapur juga)..sisa waktu yang ada bisa buat nemenin anak seharian ^^


hummm.....

@emaknyahazel

13

Topic: Frugal Living Ideas

slesta - iya, diterusin aja. lagian, TUM go green ga ada aspek finansialnya...

anyways, mo ikutan ah :) gue memang pengikut frugal living... in a sense, frugal living itu kan: it’s about living smarter, so that you can afford to live the life that you want to live – the life that you dream of living.

kalo yang kecil2 dan sehari2:
[list=1]

  • mirip ama eryka, gue nyalain AC kalo bobo doang. malah kalo udara ga terlalu panas, ga pake AC & nyalain ceiling fan... oh, btw, untuk yg tinggal di negara 2 musim, investment ke ceiling fan itu ok banget lho! bikin rumah jadi jauh lebih adem, murah dan ga masuk angin (dibandingin kipas angin yg ditaro di lantai). [/*]
  • gue ga beli mobil... jadi kemana2 naik public transportation (taxi, bis & kereta) atau naik sepeda... [/*]
  • pasang "half-flush" di toilet, jadi pake full flush cuma kalo lagi buang air besar aja... hehe. lumayan, ngirit air. [/*]
  • online bill payment - billnya dikirim lewat imel (ga ada sampah), bayarnya juga online, jadi ga usah beli perangko. [/*]
  • kantong plastik belanja dijadiin kantong sampah, jadi ga usah beli kantong untuk sampah. [/*]


    nah, the biggest frugal living decision yang gue sekeluarga pernah ambil adalah: gue & suami quit working for a company & work from home, as a way of living with less. mungkin yang ini rada extreme, dan mungkin banyak yang ga setuju... tapi waktu itu, kita itung2an. kalo kita udah punya anak, daripada gue & ari kerja, mending dua2nya kerja dari rumah... emang penghasilan ga segede kalo kita dua2nya kerja diluar (well, bedanya sebenernya sih jauh banget, hehe). tapi pengeluaran juga sangat menciut: ga usah ada pembantu atau baby sitter, uang transport dikit banget, so far ga usah masukin aina ke sekolah dulu (berusaha bikin kegiatan di rumah sendiri)... dan ga ada tuntunan beli make up, baju kantor (yang mau ga mau mesti beli, biar ga keliatan bajunya sama mulu, hihihi)...

    interestingly, it comes with a lot of savings : kita bisa nonton siang2 dan harga matinee lebih murah. kalo kemana2 siang ga rame/macet, jadi lebih ngirit juga. belanja juga lebih cepet, ringkas & less stress. kalo mo liburan, karena schedule kita flexible, kita bisa choose untuk ngambil ticket yang ga high-season, yang jatuhnya lebih murah juga... malah, karena bisa nentuin kapan mo libur, liburan kita ditentuin ama tiket paling murah/gratis apa yang lagi tersedia, hihihi.

    trus yang ga keitung pake duit ya... yang obvious, kita punya waktu untuk bareng lebih banyak. tiap hari rasanya kayak wiken, hehe. so far masih pas banget... ga tau bbrp tahun ke depan gimana... this is the live that i've been dreaming of living.

    halah, jadi panjang... :P

    ? comic and crochet addict ?
    theurbanmama.com | @turniptopia
  • 14

    Topic: Frugal Living Ideas

    waaah thread yang seruuu :D pasti menemukan ide2 menarik dsini! (td di-twit sm sisca dan langsung pgn cepet2 online haha..makasi dear!)

    setuju bgt sama thalia, kl frugal itu artinya living smarter, bikin adjustments supaya bisa dapet apa yg diimpikan..so bagi gw dan suami ini artinya bukan sekedar hidup ngirit dan melupakan kemilau dunia (halah, bahasanya..) tapi memilih apa yang bener2 essensial bwt kita trs gmn caranya biar bs dapetin :D

    frugal as a family:
    [list=1]

  • gw ga kerja. stlh dihitung kl gw kerja cost-nya terlalu tinggi, melampaui income yg bs gw earn. bukan cm cost fisik spt transport dll yah, tp juga waktu, atensi, fokus dan mood gw sebagai core of the family.[/*]
  • suami dr sejak kuliah memutuskan wirausaha yang memungkinkan dia kerja dr rumah atau dr mana aja dia berada. Bisa atur jam berangkat dan pulang menghindari peak hour dan bermacet2 di jalan ngabisin bensin. Oh yah, pake mobil pun hanya sesekali, sisanya sangat diusahakan pake sepeda. Bebas macet, bebas bensin dan bebas annual fee nge-gym hehe..[/*]
  • krn jam kerja yang relatif fleksibel, bisa jalan2 di hari dan jam kerja, ga pake macet, ga pake ngantri dan rebutan trus ga kena charge weekend :D (makan paket2 murmer kan cuma senin-jumat)[/*]
  • pake blackberry dan ada wifi di rumah, komunikasi sebisa mungkin yang ga pake bayar lagi alias bbm-an atau ym dan every means of communication yg ke-cover sm bulanannya si internet. cari info sebisa mngkn online, ga ush disamperin kl ga penting2 amat. saking sering konsultasi, we have considered google as our family elder now ;)[/*]
  • berusaha cari hiburan murah meriah merakyat utk akila. oh ya, krn akila senengnya hang out, saat ini (10m) dia gw ajak ke PAUD di mesjid komplek, only a 3 minute walk from home..cuma biar seru2an aja liat anak2 yg lebih gede nyanyi n joget2.[/*]
  • bisa liburan keluarga di waktu yang ga peak juga. brosing2nya smp mata panda utk cari best deal. atur waktu sesuai timing tiket murah :D [/*]


    frugal me:
    [list=1]
  • very cautious with water. slalu half flush kl cm pee, slalu matiin air kl lg sikat gigi (bnyk yg cuek aja loh), nyalain keran utk cuci piring secukupnya aja ga pernah smp pol, jarang mandi...haha ga ding! tp emng ga mandi yang lamaaa gebyar gebyur gt..berusaha resourceful semaksimal mungkin[/*]
  • slalu ngencerin cairan cuci piring di kemasannya yg kecil instead of ke wadah. diambil dikit2 dr pouch refill trs kasi air. bs 1,5 hari loh, cuma 1 sdm sunlight.[/*]
  • ga pake AC (iyalah..di cimahi gitu loh..)[/*]
  • economic driving (walau selaluuuu kalah dr suami), berusaha cruising di kala memungkinkan (mobilnya matic jd ga bs ngandelin engine brake), jaga rpm, foresight driving..slalu mengantisipasi angkot dan motor yg saking unpredictable jd slalu bisa ketebak nyebelinnya, supaya mobil ttp jalan mulus dan ga kehilangan power gara2 ngerem.[/*]
  • hafal paket2 fast food dan jebakan2 klasiknya hahaha.. saking 'jago' pernah di K*C ibu2 sebelah gw sampe bolak balik liat pesenan gw dan harga di mesin kasir dgn tampang "pesennya apa ko bs banyak bgt tp cuma segitu bayarnya?" yihaaaa..![/*]
  • rajin bgt browsing online shop tp belinya dipending sampe lamaaaaaaaa bgt. cukup lama untuk either nemu ide hemat cermat utk ngakalin atau nyaris sutris krn ngrasa perlu bgt tp argumen blm ckp canggih utk di-acc suami. nah kl udh sampe manyun itu pertanda barang tersebut penting dan PERLU dibeli. kl lupa, berarti hanya hasrat gelora duniawi[/*]
  • mata selalu peka diskon. nandain barang2 yg diimpikan trs beli pas sale.[/*]
  • selalu berusaha beli bukan krn faktor kelucuan dan kekerenan semata. apalagi hanya silau akan merk trs ga diskon, kynya ga mngkn gw beli barang begitu. tapi emng yah kl merknya reputable yah kualitas tentu ikutan.. kl gada barang substitue yang lbh murah yg mampu menggantikan, br terpaksa beli (yg merk atau mahal..hiks)[/*]
  • bisa masak dan berusaha masak dgn baik (tdk memakan korban jiwa lah at least) supaya kl sakaw2 bgt makan yg enak, masi bisa bikin wannabenya.[/*]
  • bawa kantong belanja sendiri, mengurangi timbunan plastik di rumah krn walaupun udh dipake plastik sampah ternyata ga kekejar uy, nimbun bgt! jd diusahakan cm bawa 1 plastik pulang dr swalayan sisanya masuk shopping bag.[/*]
  • bawa air minum sendiri [/*]
  • style fashion gw yang penting muat dan nyaman, trs banyak berdoa berharap keliatan bagus. pendekatannya bukan dr keren atau ngikutin trend hahaha..blm mampu dan sejujurnya (saking 'terlatih') ngrasa ga perlu juga sih. warna2 solid dan basic, sebisa mungkin segala matching sama segala supaya ga terjebak dlm dilema butuh ini buat matchingin si itu dan berakhir menjadi hoarder.[/*]
  • donlot e-book, baca blog, ke taman bacaan, nonton tv cable utk up date berita2. kecuali berita lokal..krn itu pemborosan bgt ke emosi gw.[/*]


    ya ampyuuun panjang bgt..maaaafkan gw yg terlalu semangat :D
    thx anya for the thread!

  • 15

    Topic: Frugal Living Ideas

    hafal paket2 fast food dan jebakan2 klasiknya hahaha.. saking 'jago' pernah di K*C ibu2 sebelah gw sampe bolak balik liat pesenan gw dan harga di mesin kasir dgn tampang "pesennya apa ko bs banyak bgt tp cuma segitu bayarnya?" yihaaaa..!
    wrote:


    Jadi penasaran sama tips nya :P

    Falling In Love with My baby ^^

    @pnkmomma84
    The Pinkypolka

    16

    Topic: Frugal Living Ideas

    anya, thanks for the thread.

    Suamiku pasti seneng banget gw baca thread ini, secara dia frugal banget. Malah, gw yg gak tau frugal style ini selalu mengidentikkan gaya hidupnya dengan semboyan 'biar pelit tapi hemat' hihihi..

    Thalia, aku berhenti kerja jg karena cita2.
    Cita2 ampir sama nih kita. Br bs terwujud skrg, penghasilan kalah jauh sama kalo kerja, tapi penghematan dan 'feel'nya itu kayaknya lebih asyik ya..
    Setelah banyak menghitung, apalagi setelah berurusan dengan biaya baby sitter, pembantu dan nursery..yah mending aku aja yg resign.

    Suami msh kerja kantoran, but at least dengan tinggal serumah bisa menghemat banyak. Diantaranya ongkos transport pulang pergi tiap minggu untuk ktemu aku dan anak2.
    Dan kalo ktemunya cm weekend ini, apa2 jadi jor2an. Belanja, makan, ngajak enzo-dante maen, ada acara ke timezone segala (yg gak terlalu penting, tp jd penting krn enzo bisa having fun sama papanya yg ktemu cm seminggu sekali).

    Jadi, hal terbesar dl frugal living yg gw lakuin adalah ngambil keputusan untuk resign dan alih profesi jd wahm.

    Lalu-lalu...
    - jarang nonton tv, sekali2 nemenin enzo nonton film kartun sebentar.
    - naik public transportation, pake mobil hanya kalo ada suami gw yg nyetirin pas weekend, ato hanya utk ke dokter (ke dokterpun biasa naksi, krn gak mau ambil resiko gw nyetir dengan anak sakit di sblh gw)
    - gak pake bs tar pas udah resign
    - transfer pulsa dari suami, pake paket2 hematnya.
    - ke dokter dan rs yg jd rujukan dr kantor suami
    - beli barang krn fungsinya, bkn krn gaya ato krn lucu
    - biasa puasa senin-kamis hihihi..
    - gak pake ac di rmh (bandung gt loh)
    - gak nyekolahin enzo, pending sampe enzo umur 5thn
    - makan dulu di rmh sblm pergi2

    lei,
    ikut dong kalo lo mau ke kfc...nyontek gayanya

    a life-enjoyer mama :)
    www.ekadeau.blogspot.com
    @ekadeau

    17

    Topic: Frugal Living Ideas

    mom thalia wrote:
    t’s about living smarter, so that you can afford to live the life that you want to live – the life that you dream of living

    Setttujjuuuu BGT, i love this quote :)
    Frugal living is my lifestyle.....sayangny suamiku enggak gt huhu....
    yah kebetulan ak keturunan ortu yg irit, nah suami jg kbetulan keturunan ortu yg g irit alias boros. tapi mauny anak2ku ngikut ak aja deh, sekarang sih dah mulai keliatan hasilnya, misalny kalo bapakny ngajak makan d resto anakku yg mbarep bilang jangan kan mahal nanti nggak bisa nabung, nggak bs beli bla bla bla....*puas, didikanku membuahkan hasil*. warisan irit gaya ortuku yg kuteruskan:
    1. ga suka blanja2 baju coz nasibny tetep akan jd gombal (bhs jawa ni, ngerti nggak...). ini sbenare nasihat dr embahku, daripada ngumpulkan gombal mending ngumpulkan emas. sama kayak mom lei pilih warna baju yg basic aj, g suka yg bermotif2.
    2. g gampang laper mata n blanja seperluny (udah terlatih sekarang)
    3.menahan diri unt tdk gmpang beli perabot rumah coz tar kalo suami dpindah dinasny bakal butuh lg dtempat baru (kalo ini ak pake falsafah hidup laksana camping jd bawa/miliki sedikit tp penting)
    4. love money better than goods (drpd banyak barang mending bnyak uang :D )
    6. bawain bekal makan siang suami
    7. hargai uang receh. heran jg d rumahku tu bnyak bgt koin bertebaran, pas nyapu2 sll kupungut n masukin celengan.
    8. nitipin anak pulang skull ke tetangga yg satu skull, brangkat bareng abinya. so ngirit transport
    9. pake mesin cuci buat nyabun aj (unt yg baju gede2), habis itu dbilas pake tangan aj cepet. lebih hemat air n waktu. soalny kan kalo dcuci pake mesin sampe bersih mesti min 3x bilas baru gda busanya, kalo ddrain sih agak cpet cm males aj mindahinnya hihi....). slain itu coz masih bnyk baju anak2 yg ngantri, kalo ini total cuci mesin.
    10. sisa air nyuci dpake buat cuciin keset2 or buat nyiram halaman yg gda tanamanny.
    11. oya ortuku ngajarin ak agak sinis gt sama sgala macam iklan. menurutny iklan tu bnyk yg dibuat2, lebay gt kali maksudnya...seolah2 mereka tu mau merampok uang kita. smula ak nganggep mereka konservatif, tp stelah malang melintang d dunia bebas tanpa pengawasan mereka, sok berduit, gemar blanja-blanji dan akhirnya mengalami jatuh berkali2 dalam penyesalan tak bertepi (kambuh lebaynya) gara2 budaya konsumtif...akhirnya ak sadar sendiri dan membenarkan mereka (ampuni daku ibu bapak :( )
    sekarang ak jd spt ibuku yg sll ceramah berusaha menyadarkan suamiku yg tak jua menempuh jalan yg lurus.....
    12. langganan koran cm hari sabtu aj, itupun sbenarny g kebaca. update news dr tv aj.
    13. lamaaa bgt puasa beli books. now slama kt bs dapet info dr internet jangan skali2 beli buku, kbaca smua blm tentu, keluar uang pasti, n beban rumah tmbh jg.skrg smua-mua dah ad d internet. iya sih kadang kt tergoda unt dpt info komplit n lebih enak baca buku tp tahan...tahan....coz seringkali sbenarny yg kt butuhin idenya, misalny ni buku masakan. kalo pas jalan k bookstore sering g tahan godaannya unt memiliki yg komlit, ahh tp gt googling aj bisa.
    14. ak punya semboyan "hartamu akan jadi sampahmu", ini efektif bgt unt mencegahku jd shopaholic. mending kalo belanja pilih barang yg bagus, awet, n mindset kt harus dilock bhwa barang inilah jodohku, yg terbaik untukku n ak g gmpang tergoda dg barang laen yg sejenis fungsiny.
    15. ingat sll bhw apa pun yg kt lakukan dlm kehidupan keluarga akan dilihat n dicontoh anak, jd kalo kt g mau tar anak kt gede mentarget kt ortunya macem2 materi (biasany anak standarny lbh tinggi dr ortunya), konsep frugal living harus jd bagian hidup kt
    16. banyk baca financial advice biar lbh cerdas scr finance
    17. ingat bhwa uang bukan semata2 unt pemenuhan kbutuhan materi sj, tp unt sosial jg. bisa kan bedain gmana kepuasan saat kt bs beli barang yg kt idam2kan dg kepuasan saat kt jd orang tua asuh misalny meski cm donate 100rb buat SPP doang. puasnya beda!
    18. soal pulsa. mending sms aj. kalo mau nelpon ikut paketan yg murah meriah. kalo suamiku mah ogah bgt ribet2 daftar paketan gn jd ak yg diam2 ngeset hp nya, cek bonusnya, ksh report...

    emm stlh dbaca lg kok jd kamana2 ya....
    emang kalo ak lbh k mindsetny aj dulu dikuatin n dbuat konsisten tar praktikny pasti akan menyesuaikan.

    Liha Ahliana, Ibu Pembelajar
    exploring parenting world is an amazing thing

    18

    Topic: Frugal Living Ideas

    haloo,ikut nimbrung yaa..frugal living...hihi baru tahu ada istilah ini yang pasti sih bbrp hal yang aku lakukan:

    -punya 1 kartu kredit,tapi hanya untuk 1 hal yg emergency
    -belanja buku hanya kalo benar2 butuh,dan berguna untuk menambah wawasan atau usaha
    -jarang bgt belanja pakaian...pinjem2 baju nyokap aja,berhubung masih in diet makin males jg belanja baju yg nantinya ga kepake
    -pakai sepatu/sandal itu2 aja,makanya sekalinya beli sepatu yang bs msk all occasion hehehe
    -selalu belanja sayuran di tukang sayur,belanja barang baby ky pampers yg lg promo aja--ga maniak merk :p
    -menahan diri dr belanja barang yang ga perlu
    -ngisi rumah: furniture beli furniture kayu bekas trus direfurbish,lainnya furniture bekas dr rumah bonyok hihi yg baru cuma furniture r tidur
    -baru saja jual mobil satu2nya supaya bs jd modal usaha suami yg jualbeli mobil2,sedangkan skrg mobil sehari2 adalah mobil dagangan yg ga perlu maintenance dan bayar pajak hehehehe...*krn aku jg housewife jd ga srg pk mobil* semua demi target dua tahun lg py rumah Amiiiieeeen
    -ga langganan koran,krn udh ada TV dan internet
    -matikan peralatan listrik yg ga terpakai
    -pakai produk A*mw*y *ga promo yaa* yg bentuk bahan2 pembersih,toiletriesnya konsentrat jd sekali beli agak mahal tapi lama kepake,krn irit pakenya jdnya gue belanja barang2 pembersih,toiletries paling cepet 3 bulan sekali :)
    -perlengkapan baby byk nyewa,mikirnya krn ga lama kepake dan bingung tar storagenya dimana kl udh ga kepake.. :p
    -berusaha pegang prinsip,perbesar jumlah pendapatan,tapi pengeluaran ttp sama..jd selalu berlebih bt invest or ditabung

    apalagi yaa...itu dulu deh..hehe nt kl inget dilanjutkan lg :)

    19

    Topic: Frugal Living Ideas

    seneng deh ada thread ini,soalnya aku dr keluarga yg justru a bit boros dan brand/image oriented,jd biasa bgt belanja apa ga tlalu mikir en ga nabung*so wrooong* dan berubah bgt stlh menikah jd itungaaan bgtt demi financial independence huhu ada thread ini jd ngerasa i'm not alone hehehe :) *hugs emak2*

    20

    Topic: Frugal Living Ideas

    @eryka: nama kelainannya hoarder. dan gue termasuk yang moderate, ada kuisionernya yang bisa diisi tapi lupa dimana.
    baca treat ini jadi ingat banyak rencana berhubungan dengan frugal living (baru tahu istilah ini) yg belum dieksekusi.

    yang gue lakuin:
    - bawa tempat minum kemana-mana.
    - less tissue, lebih banyak pake handuk jadi bisa cuci ulang pake.
    - bawa tas tambahan buat belanja, sehari2 pake ransel karena praktis semua masuk. tapi jadi bermasalah sama otot punggung karena overuse & overstretch (OOT, maap).
    - berusaha buat nge-charge hp & laptop di rumah aja, selain mengurangi beban juga membiasakan efisien dalam penggunaan.
    - matiin air pas cuci tangan (pas nyabunin tangan), sikat gigi & nyuci muka (pas nyabunin), air wudhu belum ditampung tapi muter krannya secukupnya aja.
    - dapat makan siang di kantor, alhamdulillah.
    - dengan segala keterbatasannya, gue memilih public transport untuk mobilisasi. selain nggak keluar uang bensin & parkir, bisa buat istirahat juga kalo macet (sleeping beauty syndrome :D).
    - meminimalisir pemakaian mesin cuci & sedapat mungkin pake mesin cuci buat yang berat2 aja, yg ringan dicuci pake tangan karena lebih hemat air. oh iya pake mesin cucinya sedapat mungkin pagi ato siang, jadi listriknya lebih hemat karena kalo siang yg pake listrik lebih sedikit.
    - pake half-used paper buat ngeprint, bahkan buat ngumpulin laporan bulanan (untung disetujuin sama bos).
    - meminimalisir ke mall, buat ngerem nafsu belanja. kalo mo beli barang berulang-ulang nanya ke diri sendiri barang ini dibeli karena pengen ato karena memang butuh & perlu.
    - nggak ngeprint struk pas ambil uang di atm, ternyata sampahnya ckup banyak & menuh2in dompet. pake sms banking buat transaksi.

    not yet wife & mom, trying to take advance start

    21

    Topic: Frugal Living Ideas

    sama kayak anya... pas di singapur kayak gitu juga :) ideeem semua deh anya :)

    oot: ria sama anya kok kenal? hahaha... maab bu mods ;)

    ? love to write and run - a bus transjakarta passenger ?
    @ninityunita

    22

    Topic: Frugal Living Ideas

    Hwaaaa...baca tread ini jadi punya ide2 baru ngirit pengeluaran heheh..thanks ya mommies :D

    Teh Ninit,
    ia ma anya mah se-geng (halah geeeeng, ga bgt yak hihihihihi) dari sma 3 trus jg sekampus walau ga sejurusan :D *siap2 mabur, takut dihardik ibu mods*

    davina biggest fans

    23

    Topic: Frugal Living Ideas

    lei, omg... I adore you! hahaha... sama ama yang lain, tolong dibagi tips KF*nya disini ya...

    seru juga nih baca tips2nya, kalo frugalnya kita selama ini sih:

    - cuma punya 1 CC, hanya untuk keperluan beli tiket pesawat, ambil kursus online, dll... lainnya a big NO!
    - gue ama suami agak gak doyan belanja baju, sepatu, tas... kita gak brand minded, dan kalo butuh juga sangat suka nyari diskonan...
    - kalo mau jalan2, usahain makan dulu di rumah
    - kalo terpaksa makan di luar pun, selalu nyari tempat makan yang murah... biasa milih paket, dan selalu milih yang minimalis... tapi kayanya masih harus berguru banyak ke lei deh... :)
    - gak pasang AC di rumah, benernya bukan buat berhemat sih, tapi ga mau jadi bergantung sama AC, takutnya pas giliran mati lampu malah ga bisa tidur, sampe kudu tidur di mobil atau nginep di hotel (ada loh yang kaya gini)...
    - diusahain selalu bikin cemilan sendiri, kebetulan gue hobi nyoba2in resep, selain lebih hemat, kita juga bisa modifikasi resep sesuai selera kita...
    - pesen catering buat makan malem, ini amat sangat menghemat loh, soalnya 15rb udah dapet 3 macem lauk untuk 3 kali makan.. cukup buat gue+suami makan malem, plus buat si mbak di rumah makan siang (malemnya dia pulang)... kalo masak gue yakin abisnya lebih dari segitu, plus kadang2 nyisa...
    - gak langganan koran atau majalah, baca online aja...

    apalagi ya, pokonya kita berusaha hidup ga berlebihan... terserah orang lain bilang apa, yang penting gue ngejalaninnya nyaman... hehehe... :)

    “The mother's heart is the child's schoolroom.”

    24

    Topic: Frugal Living Ideas

    Lei, salam kenal n bagi2 tips hemat ala KFC dong..... *mantan korban 'bujuk rayu' mbak2 KFC*

    buat mamas yang lain, banyak banget tipsnya. Ikutan ahhh..............demi masa depan yang lebih cerah ^^

    @emaknyahazel

    25

    Topic: Frugal Living Ideas

    Ckckck, hebaaat mamas! dapet banyak ide dari thread ini, meski masih belum yakin semua cocok sama keadaan rumah/keluarga (such as, brenti kerja, huhu, kayanya masih nggak mungkin utk sekarang karna pengeluaran belum bisa diakalin segitunya banget, dan jujur masih butuh something di luar rumah yang bisa distract gw).

    yang paling asik dr semua kayanya yang bagian bisa jalan" disesuaikan dengan harga hemat low season ya! ngiri saya bacanya =p

    a working mum who longs to be at home with baby yo all day.