1

Topic: Bayi merangkak

mamas.. kemarin Danishya (5bln kurang 2 hari) mulai ongkong2 dan semangat merangkak. crita yuk awal si kecil mulai merangkak sebagai gambaran buatku mengamati perkembangan Danish dan menstimulasinya. apa ada cara untuk menstimulasi atau kita biarkan dia belajar sendiri?

ohya, mungkin ada tips juga apa yang perlu kuperhatikan kalo Danish mulai lancar merangkak. sementara aku udah kasih bantal dan guling gede2 di sekeliling kasur (kasur aku taruh bawah) dan stop kontak juga mau diganti dengan yang tertutup. apa lagi ya?

mamods, maaf kalo ada thread yang sama silahkan ditutup.

2

Topic: Bayi merangkak

moms, hanifaku mulai merangkak setelah dia suka ngesot pakai tangan. aduh gmn menggambarkannya ya? gitu deh.. awalnya dia suka bisa berpindah dari ujung kasur ke sisi yang lainnya. trus lama2 pake kaki n tangan alias merangkak.

Sejak umur 7 bulanan deh ... seneng liatnya. baru tahu sebegitu lucunya bayi merangkak.. tangan kanan kaki kiri..

3

Topic: Bayi merangkak

hai..
mau sahre aja.. kalo Raka termasuk yang super telat..hehe..karena, ga dilatih dengan benar :)

Tapi, perkembangan stimulasinya, yang benar CMIIW... begitu bayi udah mulai angkat angkat badan semacam pushup gitu.. coba taro barang yang menarik perhatian di depan. Tekuk kaki bayi yang satu, tekan ke alas/lantai (permukaan keras), dan biarkan bayi mendorong.
Bayi akan merayap..ngesot pake dada dan perut :D... gantian kanan dan kiri ditekuk.

Terus..dikasi halang rintang, biar bayi tau cara memecahkan masalah / ngelompatinnya ( guling kecil, dll )


Eh..bersambung ya.. :)

Bibunya Raka dan Rayyi
Twitter : @tickzie
Tumblr : bibunyaraka.tumblr.com

4

Topic: Bayi merangkak

kalo setauku bayi merangkak banyak di thread bayi tengkurap, karena kelanjutan dari bayi tengkurap pasti merangkak.
Kadang juga di milestone atau slow growth..

Tapi thread ini lebih spesifik kayanya ya...

Bayiku 7m3d belum ngerangkak niyy.. jangankan ngerangkak, tengkurep aja ga betah. Tapi sudah duduk sendiri dengan mantap (didudukin).. Aku dulu juga skip merangkak. Apa jangan2 bayiku juga skip merangkak ya??

Kalau pada dasarnya Arza ngga suka ditengkurepin sejak umur 3 bulan. Pasti meronta2 kalo ditengkurepin. Aku rasa hal ini mempengaruhi dia ngga bisa merangkak sampai sekarang. Hikss

Sekarang kalau ditengkurepin pasti merangkak mundur. Ada tips ngga mama biar dia mau maju?? Selain tips dari Tickzie?? aku pernah baca dimana gitu kalau mau cepat merangkak bayinya dimasukkan ke Gym, nanti bayinya dilatih pakai bola.

5

Topic: Bayi merangkak

rieda,
Iua bener banget kata mama2 di atas. Bayi merangkak itu lucu banget :)
paling kalo merangkak diatas matras, dikasih bola2 (besar ato kecil) ato mainan2 yg berbunyi utk stimulasi.

Meizadhania
Gpp merangkak mundur, kan lucu munwok kayak meykel jeksen :p lagipula, kata siapa merangkak harus ke depan? Ke samping dan ke belakang jg boleh koq :D

Distimulasi pake bola coba digelindingin ke depan,
Kan banyak tuh bola2 yg ada krincingannya.
Jd seru deh bayinya pasti semangat ngejar bola ke arah depan.

Dan katanya merangkak ini jauh lebih efektif dari pada penggunaan baby walker.
Tentunya ttp harus dijaga keamanan & kebersihannya dan juga harus selalu dalam pengawasan orang dewasa.
Untuk tempatnya permukaan rata seperti lantai, bola2 kecil, karpet, matras, pasir, boneka atau bantal2 dapat dijadikan stimulan untuk perkembangan fisik & otaknya.

a life-enjoyer mama :)
www.ekadeau.blogspot.com
@ekadeau

6

Topic: Bayi merangkak

lupa affa (skrng 11,5m) mulai merangkak umur brp. yg jelas sih dy tergolong cepet. sama kyk hanifnya bundahanifa, ngerangkaknya ngesot dulu tngannya *istilah yg bener apa sih?* dan ga pake ngerangkak mundur
dulu sih aku stimulasi sendiri pake panduan dari internet, search aja baby gym di mbah google :)

7

Topic: Bayi merangkak

sama kayak Affa-nya Deffitha dan Hanif-nya Bundahanifa, anakku juga awalnya ga merangkak tapi ngesot perutnya nempel ke lantai kayaknya sih dulu umur 7bulanan.. eh malah bisa merangkak dengan sendirinya di 11bulan itu pun bersamaan dengan dia belajar jalan. Awalnya agak harap2 cemas soalnya ada yg bilang ini-itulah, tapi akhirnya bisa juga merangkak..
selain pake bola aku juga stimulasinya pake mobil2an yg bisa jalan sendiri.. sama main balapan merangkak ( emaknya ikutan merangkak :D ) sekalian menjadi contoh hehe

Malka Albari Adam Firdaus

8

Topic: Bayi merangkak

eka
Hehehe, iya monwalk gitu.. Tapi di atas tempat tidur pula. Kan ga ada spion nya, kalo jatoh gimanaa?? (Amit2) hihihih

Oiya bola2 yg aku maksud bola gym besar yg buat exercise, jadi tubuh bayi kita diletakkan di bola gede itu terus diputer-puter badannya.

Mamas, karpet eva yg dari sterofoam bentuk puzzle efektif bikin ngerangkak ga ya? Atau karpet sterofoam tipis Informa yg gambar2 udah cukupp?? Aku bingung, kayanya aku keseringan tengkurepin arza ke tempat tidur. Makanya dia ga nyaman buat ngerangkak.

9

Topic: Bayi merangkak

merangkak ini yang saya tunggu2 sejak kenzie usia 7mo sampai sekarang 9mo2wk,udah aku coba merangsang dengan meletakkan di karpet sterofoam(sama nggak ya dng yg dimaksud meiza aku beli di carefur), di karpet alpamed puzzle ( CMIIW) sampai bener2 dilantai tanpa alas,sampai pernah itu badannya saya posisikan merangkak dan aku kasih mainan eh dianya tdk merangkak tapi malah mengguling2kan badannya untuk meraih mainan. trus satu lagi klo kenzie blm bisa duduk sendiri, klo diajari duduk sebenarnya badanya (kmr mau didudukin sekitar 5 menit tanpa dipegangi) udah kuat tapi mesti kakinya di tekuk seolah pingin berdiri ato klo nggak kakinya nggak mau ditekuk untuk duduk jadi kenceng terus. dia sangat suka di berdirikan dan loncat2, terkadang saya takut otot kakinya blm kuat, normal nggak sih moms??

kenzie jatung hati mama papa semoga menjadi anak yg sholeh & hidupmu selalu barakaallah.

10

Topic: Bayi merangkak

Tari quenell,
kalo 9m+, udah minta diberdiriin & loncat2 sepertinya normal yaa.. Gak usah khawatir, mom :) Kalo prinsip DSAku, bayi itu pintar. Dia tau kapan fisiknya siap. Jadi selama anaknya yg mau, kita ikutin aja..

Kalo Denar mulai dari ngesot maju (perut, tangan sm mukanya ndusel-ndusel kasur sementara kakinya mendorong) trus lama-lama lebih jago merangkak mundur. Sama kayak Kenzie, kalo dipancing pake mainan, dia lebih suka guling-guling utk ngambil mainannya daripada merangkak maju. Udah dicoba nyontohin merangkak di depannya, trus 'bantu' dia gerakin tangan & kakinya merangkak maju, tapi mungkin krn anaknya memang belum siap, ya gak sukses. Akhirnya timing dia bisa merangkak maju barengan sama belajar jalan (ditatih)

11

Topic: Bayi merangkak

iya bener tuh kata ryu merangkak kayanya hampir sama kaya numbuh gigi ya, sifatnya individual, tapi emang perlu dirangsang sih..

btw mamas, yang co-sleeping sama babynya, perlu gak ya kasurnya diturunin untuk menghindari baby loncat dari atas tempat tidur? soalnya sekarang Al (9 mos) udah lancar merangkak, dan kalo bangun tidur langsung duduk gitu, kalo di kamar ga ada orang dia langsung merangkak di kasur nyariin kita.. ngeri aja pas kita gak ngeh dia udah bangun tau-tau terjun bebas dari tempat tidur.. fufufu..

12

Topic: Bayi merangkak

eLeL
diturunin aja mom kasurnya.. takutnya pas baby lagi tidur sendiri trus bangun sendiri ngeri aja. kayanya klo punya baby yg lagi merangkak wajib diturunin deh hehe :D
baby ku juga udah bisa bangun sendiri trus merangkak turun dr kasur sendiri.. ngeri klo kasurnya tinggi

Malka Albari Adam Firdaus

13

Topic: Bayi merangkak

eLeL setuju.. kasurnya diturunin aja. hilya juga kalau bangun gak ada orang udah duduk manis disamping tempat tidur, dalam keadaan siap turun dari bibir kasur. jadi sekarang krn tempat tidur gabisa diturunin, pake bed rail aja. it's another solution. :)

A person's a person, no matter how small.
(Dr. Seuss)

14

Topic: Bayi merangkak

menurutku, perlu mom. entah gimana caranya, hanifa selalu bisa melewati rintangan bantal atau guling yang sengaja ditaro di kasur. :D

15

Topic: Bayi merangkak

kalau di buku the baby book, merangkak bisa dirangsang dengan cara, saat bayi duduk, ulurkan mainan ke arah bayi. saat bayi berusaha meraih, lalu jauhin dikit. nantinya dia akan menjatuhkan badan ke depan dan bertopang pada tangan lalu mulai merangkak.

tapi hanifa gak, awalnya dari ngesot aja, lalu kakinya mulai merangkak.

btw merangkak ini tidak harus kan, mom? sepupu hanifa ada yang skip merangkak langsung ke berdiri n berjalan. ccmiw ya...

btw, boleh kirim video bayi merangkak ga? lucu banget lo (baru nyadar setelah punya bayi!)

16

Topic: Bayi merangkak

bundahanifa,

merangkak termasuk serangkaian tahapan dalam tumbuh kembang anak. Penting kalo menurut link ini http://duniaanak.lumbalumbi.com/2010/04/28/8-keuntungan-merangkak-pada-bayi/.

Kalopun gak merangkak, bukan berarti dunia kiamat kan :p :p

@lina_moi

17

Topic: Bayi merangkak

mamas, dua minggu stlh buka thread ini Danishya (now 8mos) mulai merangkak. awalny dia ndusel2 kasur kaya Denarnya ryu. sekarang udah menjelajah keliling rmh. simulasiny sama ky yg dibilang Eka. cuma kadang dia suka terburu2 n terpleset

elel, lbh baik kasur diturunin aj. kasurku udah di bawah aj, danishya sering kejedug karna dia turun tangan (dan kepala..) duluan. PR nih ngajarin turun pake kaki dl..

bundahanifa, ayah Danishya jg gak pake merangkak. umur 9bln langsung berdiri n jalan.

18

Topic: Bayi merangkak

cipiedtha mummyhilya bundahanifa rieda thx mamas.. emang better diturunin yah, untuk menghindari hal2 yang tidak diinginkan.. hihi

19

Topic: Bayi merangkak

aliffa ( 5m3w) kalo ada barang di depannya kemudian dijauhin langsung maju2 ngesot gitu..tapi kaki2nya gerak2 juga giliran kanan kiri.. kalo diangkat 1/2 badan..malah jadi kyk yg merangkak..
kalo tidur suka ga mau diem tiba2 di ujung kasur..haduuuh bikin emaknya ga nyenyak bobo...
sama kyk eLeL kyknya mau nurunin kasurnya deh

http://www.lianakirana.blogspot.com/
twitter : @_LianaKirana_
grateful to be born as a woman. chances to experience beautiful experience are gifted. one of them is breastfeeding.

20

Topic: Bayi merangkak

hore merangkak akhirnya.. kirim videonya mama ! :D

21

Topic: Bayi merangkak

Mommies,my baby Esha 7m3w kalo duduk udh mantap,tp dr kecil emang gak suka tengkurep walaupun udh bs. Bawaannya ngamuk. Udh bs guling2,tp dia gak terlalu suka. Malah sangat enjoy kalo diberdiriin dan mulai dititah2 jalan. Pdhalkan merangkak salah satu milestone yg penting yah katanya utk perkembangan baby. Tp gmn mau merangkak,wong tengkurep aja jarang2. Kalo dia tnyata skip merangkak gmn yah?njd bingung. Mau distimulasi dgn tengkurep & nyuruh dia ambil mainannya,tp anaknya keburu nangis marah. Hiksss Jd bingung.

A proud mommy of my baby Esha

22

Topic: Bayi merangkak

Alvis dulu jg ngesotnya mundur walau dikasih mainan di depan tapi tetap mundur.. Lama kelamaan malah bisa duduk sendiri.. setelah itu baru ngesot ke depan dan merangkak di umur hampir 8 bulan.. Dulu sempat khawatir jg karena teman2 sebayanya yg umurnya lebih muda seminggu dan sebulan dah bisa merangkak tapi distimulasi terus aja sekarang alvis (10m4d) udah banter keliling rumahnya..
Untuk kasur emg perlu diturunin alvis dah 2 kali jatuh karena turun tangannya dulu (persis ma rieda) tapi sekarang alvis dah bisa naik turun sendiri walau masih perlu diawasi karena ga bisa pelan2..

23

Topic: Bayi merangkak

keevie wrote:
Mommies,my baby Esha 7m3w kalo duduk udh mantap,tp dr kecil emang gak suka tengkurep walaupun udh bs. Bawaannya ngamuk. Udh bs guling2,tp dia gak terlalu suka. Malah sangat enjoy kalo diberdiriin dan mulai dititah2 jalan. Pdhalkan merangkak salah satu milestone yg penting yah katanya utk perkembangan baby. Tp gmn mau merangkak,wong tengkurep aja jarang2. Kalo dia tnyata skip merangkak gmn yah?njd bingung. Mau distimulasi dgn tengkurep & nyuruh dia ambil mainannya,tp anaknya keburu nangis marah. Hiksss Jd bingung.


mama Esha, kalo kata temen saya, the baby is ready when the baby is ready.. don't worry.. dan entahlah, mungkin ini milestone, tapi kejadian kok ada baby yang skip. cmiiw ya... jangan terlalu khawatir ok?

24

Topic: Bayi merangkak

bayi merayap di llantai alias ngesot dgn tangan dan kaki itu penting skali.saya blajar method glenn doman yg merangsang baby unt creppingand crawling. bilan anak skip merangkak kelak nanti akan menjpadi susah blajar jd sebaik nya merangkak distimulasi ya

25

Topic: Bayi merangkak

mama nana chan.. ajarin dong... :D share metodenya di sini..