1

Topic: Gatal-gatal Ketika Hamil

dear moms,
Mo nanya ni karena belum berpengalaman alias kehamilan pertama.
Saat ini kehamilan saya memasuki bulan ke 7, klo gatal2 di sekitar perut mungkin udah banyak yang denger. Tapi yang saya alami selain gatal2 dibagian perut juga gatal dibagian payudara kanan. terus terang aja emang bagian kanan lebih besar dari yang kiri. Kira2 apa penyebabnya y? ada cara untuk mengatasinya g? FYI, kedua payudara saya mengeluarkan bintik2 warna putih. Saya g tau apa kah itu juga berpengaruh dengan kondisi gatal2 tersebut. Selain itu aku juga suka pake lulur khusus pada bagian dada n leher aja, ada pengaruhnya g y dengan kehamilan ato payudara kita? Thanks jawabannya, butuh banget.

2

Topic: Gatal-gatal Ketika Hamil

deOny judulnya diganti dikit yaa..

ketika kita hamil itu, badan kita mengalami peregangan, jadi kulit kita ikut meregang, dan ga hanya di bagian perut. kaki, paha, bahkan payudara juga. makanya rentan sekali dengan adanya stretch mark, selulit, etc. kalo dari yang dirimu jelaskan, itu artinya emang terjadi peregangan di payudara, karena payudara memang membesar karena mempersiapkan kelenjar2 untuk asi nantinya. jadi wajaarr banget.

karena peregangan kulit itu, makanya jadi gatel2.. makanya penting banget supaya kulit kita ketika hamil dijaga kelembabannya, supaya peregangan ini efek gatalnya terminimalisir dan juga gak jadi berbekas.

dipakein stretch mark cream aja, jadi ga hanya di perut, tapi ke payudara juga, ke paha & tangan juga mungkin perlu. kalo ga ada ato belom ada stretch mark cream, pake lotion juga gapapa, gue sih nganjurin pake body butter. banyak kok yang jual.. bahasan ttg stretch mark cream juga ada di sini. silakan di search ya..

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

3

Topic: Gatal-gatal Ketika Hamil

Waktu hamil kmrn, gatal2 di bagian tubuh yang mengalami peregangan juga aku alami, tapi hanya di bagian perut dan PD saja. Kalau di perut setahuku biarpun gatal, sebisa mungkin jangan digaruk. Kalau ga tahan banget dengan gatalnya ya dielus2 saja, krn kalau digaruk bisa mempercepat timbulnya strech mark.

4

Topic: Gatal-gatal Ketika Hamil

brarti bisa pake cream apa aja y kaya body lotion ato body butter, tar aku cobain dulu deh, tq mb sLesTa

5

Topic: Gatal-gatal Ketika Hamil

aku jg ngerasaain gatel2 bangeet,,
di awal minggu hamil, aku gatel2 mirip biang keringet,, mmg badanku sblm hamil juga sensitive..
skrg di 12w , malah belum ngerasa gatel2 stretch mark, selulit,dll.. cuma gatel2 kulit kaki tangaan,, huuhuuu

ada cara ampuh ga buat stretch mark, selulit ??

ibu dari satu anak perempuan, raiysa maliha calma

6

Topic: Gatal-gatal Ketika Hamil

anisamasduki bahasan ttg stretchmark silakan di lihat di SINI yah.

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

7

Topic: Gatal-gatal Ketika Hamil

anisamasduki..mbak, kalau gatalnya disertai rash (merah/hitam) atau muncul bintil2 merah berair yang mirip dengan biang keringat kemungkinan itu PUPPPS. Kebetulan aku juga mengalaminya waktu hamil 1&2, dan di aku, yang parah gatalnya memang di tangan dan kaki. Biasanya sih dialami yang beru pertama hamil atau babynya cowok. Kalau di aku kebetulan kedua anakku cowok. Ada juga pembahasannya di TUM kok, disini

8

Topic: Gatal-gatal Ketika Hamil

Thank you banget Founding Mama, setelah dikasi body butter emang ngaruh banget tuh gatelnya ilang. Btw, mo nanya lagi nih ( ugh maaf ya nanya mulu...) klo daerah pangkal paha, aku ngalami gatal juga, warnanya juga rada hitam kemerahan gitu. Tapi ga da bintik2nya. g nahan gatelnya. Apa ada caranya y? aq dah coba pake alkohol 70%. Kirain bakal bunuh kuman2nya (keyakinan penuh waktu nyobain) tapi ternyata g ngaruh juga. Mohon bantuannya y, tq lagi

9

Topic: Gatal-gatal Ketika Hamil

waktu hamil pertama kira2 usia kehamilan 6-7bln, aq jg smpt gatel2 di perut. kirain krn mo timbul SM ato selulit,,,tp tnyt stlh aq perhatiin lg,gatel2 itu timbul justru stlh aq pake lotion Palmer's untuk mencegah SM. rasanya gatelllll banget.....smp kusiram perutku dg shower air anget buat ngurangin gatelnya. stlh tau gara2 pk Palmer's, lgs aq stop dh, pklotion biasa ajalah. dan mskpn sdh tau ga boleh digaruk, tetep aja yah tangan ga bs diem, pst kegaruk jg. klo uda sekali garuk,lgs garuk2 mulu. hasilnya, slrh perutku jd menghitam. tp untungnya stlh melahirkan, hitamnya berangsur2 menghilang smp skrg anakku uda 16bln, ga ada bekas hitam sm skali. pdhl wkt itu smpt ga pede dan parno, bgm klo ga akan bs hilang sm skali.Alhamdulilah ya...
Nah, di kehamilan kedua ini, aq smpt gatel2 lg. kr2 bln lalu, awalnya punggungku yg gatel,klo digaruk,timbul bentol2 ky digigit serangga. stlh dr punggung,pindah ke tangan,trus kaki,smp ke leher. pst klo digaruk jd bentol2 dan akhirnya menghitam berbekas. akhirnya aq mandi pk sabun cair dettol,tp tetep gatel jg. trus klo nyuci bajuku, ga pk pewangi/pelembut tp ngebilasnya hrs bnr2 bersih. smp akhirnya air mandi yg di bak/ember, aq ksh dettol cair. semenjak dikasih dettol, gatel2 di kulitku ilang.Aq br ngeh gatel2 itu karena uda berbulan2 PAM di rumah ga bagus,airnya ga jernih.wkt blm hamil,kulitnya msh tahan. tnyt pas hamil,kulitnya jd sdkt sensi dan kebetulan saat itu stok dettol cair di rumah pas kosong. gatel2 deh 1minggu lbh.

deOny
coba pk Gel Pengurang Gatal dr Konicare. krn adem mgk bs mengurangi rasa gatalnya. kmrn waktu gatel2, aq smpt pk gel itu. lmyn berkurang gatalnya. oya, bbrp hr yg lalu,aq jg smpt gatal di daerah pangkal paha, sptnya sh krn aq pk leging pas lg jalan2,di saat cuaca panas dan terik. jd keringatan,lembab timbul gatal2. lmyn lama ilangnya. akhirnya di rmh aq ga pk cln pendek,pk daster seharian. biar adem. skrg uda ga gatel.

Garnetzhia and Ametysha are my little angels

10

Topic: Gatal-gatal Ketika Hamil

Mamas...ada yg pernah ngalamin gatel2 di daerah bibir dan sekitarnya gak? udah hampir 3 minggu, aq ngalamin gatel d daerah bibir. awal mulanya kya panas dalem, terus lama -lama kulitnya ngelupas gt, gatel d sertai panas, perih dan sekarang menghitam berasa ketat. Awalnya bibir aja, ehh sekarang di tambah beberapa area, dkt bibir ampe pipiku jd kasar gt.

Sempet kemarin konsultasi, d kasih obat alergi, katanya gra2 salah makan...tp koq lama bgt yah efeknya :(. udah cobain madu, pelembab bibir berbagai merek ga ada perubahan.

Ada yg pernah ngalamin ga? butuh saran dan bantuan neh Mamas...bis malu berasa pake lipstick gothic hitam gt...huhuhuu

MoSya is Mommy-nya Marsya :p

11

Topic: Gatal-gatal Ketika Hamil

moms, kalo gatel ruam-ruam gitu kenapa ya, jadi kulitnya kering, gak bruntusan tapi merah..kadang menghitam tapi kalo habis mandi jadi merah lagi. awalnya cuma gatel di deket udel, terus aku diemin ajah ga digaruk..trs beberapa hari kemudian muncul di beberapa spot di perut, ga gede sih, yg paling gede 3x1 cm di perut kanan bawah.
selama ini aku pake minyak zaitun buat olesin perut & paha, ngaruh ga ya?

@winigunn

12

Topic: Gatal-gatal Ketika Hamil

MoSya - Wah, kayanya alergi... Tapi dikasih obat alergi juga ga ngaruh ya? :| Mungkin bisa dicoba dengan stop makan makanan yang biasanya bikin alergi (seafood, susu, kacang...) Atau pelan-pelan distop biar ketauan apa yang menyebabkan alergi. Cepet sembuh yaaa :)

winigunn - kemungkinan besar itu stretch mark. Terjadi karena kulit melebar karena perut membesar, dan itu emang guateeeeeeel banget!

Ada cream khusus untuk stretch mark, tapi kalo mau pake body butter atau lotion biasa juga gapapa :) Aku sendiri pake body butter dari Must*ka Ratu dan Alhamdulillah ga gatel-gatel. Yang penting rutin dan rajin makenya (aku make seabis mandi dan kalo udah ngerasa gatel di kisaran perut.) Minyak zaitun juga kayanya oke tuh :)

Kalo mau pengen tau lebih banyak soal stretch mark, ada bahasannya di thread ini :D

Daily Journey - Life, Parenthood, Daily Antics

13

Topic: Gatal-gatal Ketika Hamil

deOny kalau lg hamil emang ada beberapa bagian tubuh yang kulitnya jadi menghitam juga gatal. tempatnya bisa beda2 tiap orang. biasanya armpit, dada, selangkangan, kk gw malah waktu hamil seluruh permukaan perutnya yg membesar itu warnanya jadi gelap banget.

kalau gatel emang bisa dikurangin pake krim2an/ minyak zaitun. kalau kulit yang menghitam ya biarin aja. nanti kalau dah lahiran pelan2 kembali normal lagi kok.

winigunn gw dulu hamil pertama selalu pake zaitun. berhasil kok. no stretchmark di perut ma payudara or paha dan tangan. kalo pantat tak terhindarkan hahahahahaha krn dl waktu hamil gw emang paling gatel di pantat. dan bagian itu jg susah buat dioles zaitun berulang2 (di kantor masa kudu bulak balik toilet :p ).

bawa aja botol kecil isi minyak zaitun. gatel oles trus sambil usap2 perut n ngobrol sama baby.

Bussy life...happy life...

14

Topic: Gatal-gatal Ketika Hamil

karena ini ttg gatal... nyambung gak kalau gatalnya di organ vital?
saya 2-3hari ini ngalamin, euy.. padahal udah rajin ganti cd, basuh pake lactacyd. pdhl gak keputihan, loh.. tapi gatal.. kira2 kenapa ya? apa ada yg pernah mengalami?

A person's a person, no matter how small.
(Dr. Seuss)

15

Topic: Gatal-gatal Ketika Hamil

aduh mo curhat aja deh. saya sejak hamil th.2009 lalu kena gatal2 semacam eksim di lipatan2 kulit terutama belakang lutut, udah melahirkan, sampe sekarang ga sembuh2. dalam artian bukannya ga hilang lukanya, tapi hilang trus beberapa saat muncul lagi. pusing saya. tadinya saya anggap remeh soalnya emang sejak jaman sd jg udah kena, dikasih salep bisa sembuh. tapi ini parah banget. dikasih salep agak kering dikit, setelahnya malah jadi parah. apalagi ini setelah natalan (banyak makan yg manis2 hehehe), berair lah luka2nya. udah ga tahan lagi. besok mo ke spesialis kulit aja. mudah2an pengobatanny breastfeeding-friendly lah, amen!

mummyhilya, mungkin abis makan pencetus alergi gitu?

Mommy ? Superben

16

Topic: Gatal-gatal Ketika Hamil

mummyhilya - Mungkin karena Lactacyd-nya, mum... Aku baca-baca di artikel kesehatan, penggunaan sabun pencuci daerah kewanitaan itu sebenernya kurang dianjurkan dokter karena malah ditakutkan membunuh bakteri baik jadinya bakteri jahat lebih mudah berkembang biak.

Coba baca-baca di sini untuk lebih spesifik soal gatal-gatal di area pribadi, mum :)

Daily Journey - Life, Parenthood, Daily Antics

17

Topic: Gatal-gatal Ketika Hamil

kappachan thank you, say.... :*

A person's a person, no matter how small.
(Dr. Seuss)

18

Topic: Gatal-gatal Ketika Hamil

Mau sharing aja dikiittt..
Waktu hamil pertama dan sekarang lagi yang ke dua (13 minggu), gw ngalamin yang namanya kulit gatal dan kering yang amat sangat.. Mulai dari trimester 1 - 3
Terutama di bagian perut, panggul dan payudara.. Kalo lagi parah, kulit bisa ngelupas (bentuknya halus2 kaya' ketombe gitu deeh...ewww) dan nempel2 ke bra dan cd (apalagi kalo lg make daleman yang warnanya item.. Keliatan banget dehh)
Gatalnya ? Hmmmm... Ampunnn deh..
Resepnya cuma menjaga kelembapan kulit aja. Pake minyak zaitun, body butter, baby oil, yang gitu2 deh.. Sekarang gw lagi nyobain pake Palmer's Cocoa Butter Soothing Oil for Dry, Itchy Skin
Lumayan helpfull.. kulit jadi moist dan ga' gatal gatal..
Mudah2an hasilnya sama kaya' kehamilan 1, no scar and stretch mark at all... Mulusss..

Enjoying Motherhood

19

Topic: Gatal-gatal Ketika Hamil

Ah, aku sama kaya mum suciww soal payudara. Ga gatel, tapi kok ya kulitnya kaya ngeletek gitu (baru nyadar tadi pagi abis mandi *doeeeng*) Selama ini aku ngira itu serabut dari handuk atau pakaian - padahal sempet mikir, "ini handuk dan pakaian serat-seratnya ga rontok kok..." *lemot, hihi* - baru nyadar itu dari kulit, hiksssss.

Sempet panik tadi nih, kirain kenapa-kenapa (jamur atau apa gitu, huhu...) Tapi baca penjelasan dari mum suciww, ternyata kulit kering toh :) Terima kasih infonya ya mum :)

Daily Journey - Life, Parenthood, Daily Antics

20

Topic: Gatal-gatal Ketika Hamil

mamas terima kasih sharingnya ya.. aku sempet nanya diatas ttg gatal2 di daerah organ vital (bukan keputihan, cm gatal) ternyata tipsnya mamas disini oke banget. aku nyobain dulu yg sering ganti cd dan coba basuh pake dettol dan air matang.. setelah diamati sih, emg karena musim hujan, kualitas air PAM jadi kurang oke, agak butek dan bau kaporit banget. jadi, buat mama yg lagi hamil dan kulitnya sensi, lebih hati2, ya.. :) *hugs*

A person's a person, no matter how small.
(Dr. Seuss)

21

Topic: Gatal-gatal Ketika Hamil

nah ini penyakit gatal-gatal pas hamil, aku bangeeettt deh :(
mulai dari kaki, tangan, perut, sampe miss V semua ikutan gatal, kuku-kuku tanganpun kudu rajin dipotong biar kalo nggaruk nggak bikin masalah baru hihihi... so far sih, kulit2 kering itu kupakein bio oil tapi baru make separo males mau nerusin soalnya greasy dan oily banget. Sekarang lagi jatoh cintrong sama produk2 yg mengandung glycerin (dove/glysolid), melembabkan tanpa meninggalkan kesan nemplok :D trus trus kalo perut lagi gatal2 aku giling pake skin roller huehehehe... cekit2 enaaaakkk :D

22

Topic: Gatal-gatal Ketika Hamil

iiya sama aq jg mulai gatel tuh minggu ke-26, padahal dari usia kehamilan dah pake produknya Cussons cream utk SM itu.., aq pakein ga cuma di perut, malah ampe paha n *maap* pantat jg.. tp yg gatel sih di perut doang.. klo lagi sadar sih masih bisa nahan tuk ga garuk, tp klo lagi tidur.., kyanya tanganku garuk2 n alhasil jd kluar garis2 merah deh.. :(
tapi skrg utk kurangi rasa gatalnya aq pake bedak Caladine aj, soalnya daerah PD jg kluar bruntus2 gitu..

23

Topic: Gatal-gatal Ketika Hamil

mamas, lapoorr.. kemarin ke dokter kandungan dan bilang kalau saya gatal2 di organ vital, tapi gak keputihan. dsog ku ini sabaar dan santai banget, beliau bilang, kalau nunggu keputihan, berarti sudah kelamaan infeksinya, bu.. akhirnya diresepin Fluconazole 150mg single dose (harganya mayan mihil) dan bilang, kalau sampai bulan depan gak sembuh, pake obat yg suppositoria. alhamdulillah 24 jan setelah minum udah gak ada gatal sedikitpuun. beliau bilang, karena perubahan hormon selama hamil, sangat mungkin candidiasis, karena lembap dan (unlike singapore) di Indonesia, common case nya adalah infeksi jamur. sekian laporan dari saya.
jadi, kalau gatal2 dimanapun sudah mengganggu, jangan lupa konsultasikan sama dsog, yaaaaaa

A person's a person, no matter how small.
(Dr. Seuss)

24

Topic: Gatal-gatal Ketika Hamil

moms thanks ya sharingnya, aku kirain gara-gara minyak zaitun..ternyata bukan ya. Bagian ruamnya aku olesin caladine lotion sekarang lebih mending loh..lumayan juga ngurangin gatel..adem sih :P

mummyhilya,
aku sehari bisa ganti cd 4 kali loh..soalnya dsog aku bilang usahakan daerah "situ" kering yah, sering2 ganti cd..hehe

@winigunn

25

Topic: Gatal-gatal Ketika Hamil

Moms..dimasa 23 minggu kehamilan ini tiba2 kemaren mulai muncul bintik2 merah di perut dan tangan.. Muka keliatannya seperti bruntusan... Kupikir aku lagi alergi apa ya?
Emang udah 2 hari ini lagi minum susu uht terus sehari bisa 2kali.. Terus ama suami tadi pagi ga dibolehin minum susu dulu takutnya alergi.
Nah cuma pagi ini ngaca ternyata makin parah nih bintik2 merahnya dan mulai gatel dibagian dada, punggung, perut dan pipi.. Tapi aku tahan semua sebisa mungkin ga dgaruk..
Ini alergi atau apa yah?
Btw ini kehamilan pertamaku dan Insya Allah Siang ini udah buat janji ketemu dokter untuk control bulanan.
Mohon bantuannya yah ibu2 barangkali bisa menenangkan hehehehe

Jehan D S