1

Topic: "Peralatan Perang" MPASI/MPASU

JXmom, kayanya bisa deh. Rata2 moms d sini pake slow cooker memang buat bikin bubur, tp nanti kl udah bs mkn makanan kita, sc nya bs untuk masak macem2 yg ga perlu ditungguin. Terutama buat moms yg niat masak masakan rumahan untuk anak2 nya, kl working mom bs bikin malem2, kl full-time mom bs sambil ngurus anak atau rumah, ga perlu nungguin kompor :p

Aku skrg lg ga ada babysitter jd kebantu bgt ama sc.

2

Topic: "Peralatan Perang" MPASI/MPASU

Babyku 1bulan lg mpasi..deg2an,,hahaha.. So far persiapannya kyknya cukup ya..amiin

Ini barang2 yg udah ada sblmnya :
- feeding set pigeon (kado)
- pigeon mag2 (kado)
- feeding set puku petite (kado)
- tupperware baby meal set (kado)
- sc takahi 0.7L (kado)
- high chair babydoes (kado)
- pisau, talenan
- sendok kayu

Yg udah dibeli :
- panci kukusan maspion 24cm
- lunch bag locknlock
- wadah locknlock
- wadah rubbermaid kecil2 utk simpen kaldu
- mangkok kaca utk ngukus
- handblender cuisinart
- panci stainless kecil 16cm
- sillybibs
- doidycup
- botol sendok pigeon

Itu aja sih kyknya..ada yg kurang ga ya moms?

3

Topic: "Peralatan Perang" MPASI/MPASU

Haa...sama kaya YuPiFamily saya pun degdegan nii menanti MPASI nya Asha yg tinggal 2 minggu lagi. Lumayan dapet contekan dari ibu2 semuanya *lgsung siapin catetan.

Sampe skrg peralatan MPASI Asha :
- High chair, lupa apa merknya, kado sih..
- Feeding set, 2 box, kado juga
- Doidy cup
- Suction plate simba
- Bib kain, bib waterproof, tapi belum punya bib yg berkantung. pengeenn
- Slow cooker Takahi 0,7 L
- Pigeon magmag, kado lagi
- Wadah2 plastik BPA free made in japan entah apa merknya

Huaa..ko kalo di list gitu baru keliatan yaa persiapan tempurku baru dikit? Persiapan ibu2 yg lain udah pada canggih2 dan udah dari beberapa bulan sebelumnya. Langsung kelabakan deh bikin list must buy item *panikpanik

Btw,ibu2 mau tanya. Maaf kalo udah pernah dibahas *maklum skip dari page 14 lgsg ke page 43, jereeng boo. Kalo masalh kukus mengkukus emang harus pake dandang khusus ya? Emang kalo pake magic jar ga bisakah? Kan ada yg bisa buat kukus juga? Mau hemat dan praktis ceritanya biar ga usah beli kukusan. Hehe..

Asha Lavenda My Lavender Love

4

Topic: "Peralatan Perang" MPASI/MPASU

YuPiFamily Kumpliit dah :D hmm, atau mau nambah ice cube tray buat puree?

nule Bisa kok pake magic jar. Taruh aja sayuran atau buah di atas nasi dgn wadah kukusan bawaan dr magic jarnya, pas barengan sama masak nasi :)

- Nunik -
.: Bersyukur telah menjadi seorang ibu :) pe-ernya berusaha sabar dan ikhlas dlm menjalaninya.. Semangat yuk! :.

5

Topic: "Peralatan Perang" MPASI/MPASU

Aahh bundanaufal terimikisiii, ide bagus itu :D Bisa masak nasi sambil kukus sayuran buat Asha. Senangnya bisa coret kukusan dari daftar belanjaan. Hehe..

Asha Lavenda My Lavender Love

6

Topic: "Peralatan Perang" MPASI/MPASU

nule Sama sama :) itu juga dpt idenya dr mom adhya di blognya, hehehe.. Oh yeah, senengnya berhemat :D

- Nunik -
.: Bersyukur telah menjadi seorang ibu :) pe-ernya berusaha sabar dan ikhlas dlm menjalaninya.. Semangat yuk! :.

7

Topic: "Peralatan Perang" MPASI/MPASU

ahey... such a great idea, ngukus di magic jar sajah... tengkyu idenya bunda naufal...
hm my little hani 2hari lagi lulus ASIX 6bln. so far, persiapan mpASI :
- feeding set pigeon
- food maker pigeon
- panci stainless buat masak bubur (pengen bgt beli SC yg katanya amat sangat berguna nian, tapi blm acc dari suami :’( ).
- food processor (sdkt menyesal membeli ini, sdh terlanjur beli sblm baca tret ini, tnyta gak terlalu penting)
- bib 3 buah (dikit yah :p)
hoho... tnyta peralatanx minim banget, yak...
skrg lagi merayu suami buat persetujuan beli high chair, semoga dikabulkan. Aamiin... hehe.

8

Topic: "Peralatan Perang" MPASI/MPASU

moms ...Rafa sich msh 2 1/2 bln lagi MPaSi cuman sdh mulai nyari artikel2 ttg MPasi (menu dan peralatannya ) secara ntar saat Rafa mulai MPaSi mgkn sy tdk bisa bersamanya selama kurleb 40 hari (hiks..hiks sedihnya ) makanya sy mau menyiapkan semua hal yg diperlukan untuk awal MPASI biar bisa dijelaskan ke neneknya yg nanti mengasuhnya, beruntung nemu thread ini, 5 pages pertama thread ini sdh dibaca cuman byk peralatan2nya yg sy gag ngerti kegunaannya u/apa dan caranya bgmna ,semisal baby cubes, ice cubes, slow cooker etc. mohon pencerahannya ya moms otty, meralda dan moms2 yg lain yg sdh pengalaman mpasi.

happy to be a mom from my little prince "Andi Rafasya Zacky Asruddin"

9

Topic: "Peralatan Perang" MPASI/MPASU

bundaRafa
- baby cubes & ice tray fungsinya sama. untuk membekukan makanan bayi. makanannya bisa dibuat bbrp hari sebelumnya, jadi ngga perlu repot masak dulu tiap kali baby mau makan. tinggal keluarin dari freezer, trus dicairkan/dihangatkan. bisa juga buat bekuin kaldu.
bedanya, baby cubes lebih mahal daripada ice tray, ada tutupnya, trus ada ukuran ml-nya (kira2 utk 1 atau 1/2 porsi makan bayi). ngasih makanan juga bisa langsung dr situ, ngga perlu dipindah ke mangkuk dulu.
ice tray ada juga sih yg dilengkapi tutup tersendiri, tapi biasanya satu tray cube-nya banyak, agak berlebih utk 1x makan. jadi pas beku perlu dipindahin ke plastik atau wadah tersendiri (porsinya disesuaikan buat sekali makan) supaya ngga ribet.

- slow cooker biasanya buat masak bubur (literally, bubur apa saja), sup, atau ngempukin daging. saya sih pake SC untuk bikin bubur beras + daging (ga sempet lagi menghaluskan manual). meski ngga diaduk2 ngga bakal gosong (asal inget matiinnya, hehe). bisa ditinggal lama, minimal 3 jam (bisa sambil ngerjain yg lain). malah ada yg 6 jam tergantung porsi & bahan yg dimasak.

yang juga perlu menurut saya adalah alat untuk menghaluskan makanan, esp. utk bulan2 pertama MPASI. bisa apa aja sih bentuknya; baby food maker, food processor, musher, grinder, blender, parutan, etc... kadang malah cuma saya gebuk2 pake ulekan aja, hehe...

trus alat makan & minumnya... dulu mah jaman si kakak cuma pake piring/mangkuk, sendok-garpu, sippy/training cup model biasa bgt (saya pake pigeon magmag & avent), trus langsung beralih ke gelas plastik gitu...*emak nggak gaul*
sekarang sih macem2 ya... ada doidy cup, dwink box, no-throw strap, boon squirt, belon lagi berbagai suction bowl, piring2 bayi yg unik, dan baby feeding set lucu2...

10

Topic: "Peralatan Perang" MPASI/MPASU

avee..mksh ya infonya :), tp msh ada yg mau ditanyakan :D
- makanan2 apa aja yg bisa dibekukan di baby cubes ? cara mencairkannya gimana? apa dipindahkan dulu ke kulkas bawah trus dihangaykan dlm mangkuk isi air hangat (seperti asip) ?
- slow cooker --> masak dgn SC itu bahan2nya dipotong2 ( misal daging, sayuran) trus lgsg dimasukkan aja ya ? apa hancur sendiri atau gimana ?

happy to be a mom from my little prince "Andi Rafasya Zacky Asruddin"

11

Topic: "Peralatan Perang" MPASI/MPASU

bundarafa hampir semua makanan yang sudah dimasak, bisa dimasukkin ke baby cubes dan di freeze. misalnya buah2an kukus dan udah diancurin, masukin baby cubes, trus di taro freezer. cara ngangetinnya sih langsung aja taro di food/asip warmer. sebenernya kalo makanan di microwave pun ga papa, tapi ya sebaiknya kalo emang punya food warmer mendingan pake food warmer aja.

anak gue bentar lagi juga mau 6bln, tapi gue belom beli perlengkapan mpasi nih, soalnya yang punya kakaknya udah pada jelek. dulu gue ga pake baby cubes soalnya cukup pake ice tray tertutup aja. kali ini krn tempatnya gede (kulkasnya) jadi kayaknya mau beli tempat yang bagusan deh, biar gampang ngeluarinnya kalo pas waktunya makan.

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

12

Topic: "Peralatan Perang" MPASI/MPASU

slesta...wah blm punya food warmer, slama ini menghangatkan asipnya naruh dimangkuk isi air panas/hangat aja. kl makanan mpasi hrs di hangatkan di food warmer ya ? dirumah sih ada microwave cmn neneknya (yg nanti dititip asuh) gag tau cara operasikannya :D.

happy to be a mom from my little prince "Andi Rafasya Zacky Asruddin"

13

Topic: "Peralatan Perang" MPASI/MPASU

seneng bgt liat cerita mamas2 disini,
kaka tamma baru mau 4 bln umurnya tp ibunya udh ga sabar aja mikir MPASI/SU *mengalihkan perhatian dari gagal ASIX* Uhuks...

mau nanya, kl boon atau sendok botol gitu sifatnya wajibkaah?

secara nampak banyaaaak bgt pe-er buat peralatan perang ini,
yg ada baru feeding set 1 sama bib doang... :(

14

Topic: "Peralatan Perang" MPASI/MPASU

bundarafa ya gak mesti beli baru juga sih.. kalo emang ga ada, di panaskan dengan cara di masukin kukusan juga bisa kok.

eucalyptus sebenernya barang2 ini gak wajib2 amat kok. tapi preferential aja karena bikin mudah. tapi kalo ga ada ya bisa pake apa yang ada aja. di awal2 emang mendingan pake sendok plastik yang khusus mpasi gitu karena dia lunak, dan biasanya di awal2 masih concern ama sterlization. tapi kalo nanti pas udah mulai terbiasa mau pakai sendok yang ada di rumah aja juga gapapa. atau gak mau pake sendok juga bisa, pake cara BLW kan si anak makan sendiri pake tangannya. ga perlu beli sendok deh hihihi..

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

15

Topic: "Peralatan Perang" MPASI/MPASU

Jadi pengen ikutan sharing setelah membaca cerita para mamas :D
Bana udah hampir setahun sih .. dan perlengkapan perangnya sampai saat ini adalah:
-Slow Cooker.
-Blender. Buat menghaluskan sayur2an yang dibekukan
-Ice cube tray dari silicone. Buat ngebekuin puree sayuran. Pake yang silikon soalnya lebih mudah dilepasnya.
-Plastic zipperbag. buat nyimpen stock puree sm daging2an. Biasanya saya udah jatahin dagingnya perporsi makan, bungkus alumunium foil, terus dibekuin deh. Kalo mo pake tinggal buka, cemplung ke SC :D praktis :D
-Kukusan
-Pigeon food maker
-Doidy cup
-Booster chair
-Talenan & pisau, hahaha agak2 parno sama talenan rumah.
Sempet pake baby cubes .. tapi mahal yah kalo mau beli banyak (emak2 medit :p) Jadinya pake ice tray silicone aja ditutup sama alumunium foil atau plastic wrap. Kalau udah beku dikeluarin, masukin zipperbag. Jadi bisa punya stock buat seminggu :D
I hope it helps :)

16

Topic: "Peralatan Perang" MPASI/MPASU

memasaoran wrote:

Biasanya saya udah jatahin dagingnya perporsi makan, bungkus alumunium foil, terus dibekuin deh. Kalo mo pake tinggal buka, cemplung ke SC :D praktis :D
.

ooh kl mau dimasukin SC yg dalam bentuk sayur/daging yg sdh dihaluskan ya, kirain sayurnya dipotong2 aja lgsg dicemplungin ke SC :D
kalo makanan yg dibekukan gitu kira2 tahan brp lama ya moms ?

happy to be a mom from my little prince "Andi Rafasya Zacky Asruddin"

17

Topic: "Peralatan Perang" MPASI/MPASU

bundarafa
saya ngga punya microwave di rumah, cuma pake kukusan sperti yg sLesTa bilang. seringnya sih tiap pagi2, baby cubes atau food cubes yg udah beku saya turunin/keluarin dari freezer ke lemari es sejumlah yg akan dimakan hari itu. ntar proses mencairkan jd lbh cepet dan hasilnya makanan ngga terlalu panas buat baby.
kadang steamernya ga pake api/listrik, hanya mengandalkan uap sisa menghangatkan leftover family food atau sisa ngukus sayuran (berhubung si kakak lg doyan kukus2).
bisa juga dimasukin di atas nasi dlm rice cooker/warmer. ngga lama udah enak teksturnya...

CMIIW, makanan beku bisa tahan semingguan. kalo freezernya terpisah (mis. lemari es dua pintu), bisa lebih lama lagi. tapi saya biasanya cuma bikin utk 4-5 hari aja krn wadahnya terbatas, hehe...

utk SC, saya prefer daging/bahan makanan lainnya udah dipotong kecil2 atau digiling, supaya ngga ribet. soalnya abis itu langsung dikasih ke baby tanpa disaring/dihaluskan lagi.

eucalyptus
dulu sempet kepikir beli boon squirt sih...tapi maju mundur krn harganya lumayan... ;) akhirnya skrg si kecil udah 8 bulan dan sendok botol kurang efektif lg krn makanannya udah mulai lumpy... ngga jadi beli deh... :)

18

Topic: "Peralatan Perang" MPASI/MPASU

*menyimak dengan baik*... Mwskipun anakku usianya baru 3 bulan... Siap siap informasi dari sekarang.... Makasih bunda bunda infonyaa.... :-) btw kalo maumasak mp asi itu gak boleh pake teflon ya... Baiknya bahan apa dong kalo pengen numis numis gitu....

19

Topic: "Peralatan Perang" MPASI/MPASU

hmmm...
slesta & avee,
menggoda tapi yaaa itu warna2nya...
so far baru punya feeding set, magic jar buat ganti kukusan (dpt kado) sama tempat2 kaldu aja, jadinya jiper... meskipun baru masuk 4 bln tp semoga peralatan yg esensial ga kelewat...
hasil browsing sih yg wajib beli :
- panci stainless pleus tutup
- talenan 2 biji
- pisau 2 biji
- home food maker
- takahi slow cooker
- bib2 lucu
- high chair
cukup kan sodara2? eh cukup gaaa??

20

Topic: "Peralatan Perang" MPASI/MPASU

budanyaalisha, boleh aja sih teflon, tapi yang dikuatirkan kan kalau mengelupas ya :) , untuk *ehm* racun alat masak ada di thread ini ya ...

eucalyptus, udahh :D, diawal makan sih klo disuapin, kukusan sama pigeon foodmaker aja udah cukup banget kok. udah ada sendok segala buat nyuapin ...

less ego, more heart

21

Topic: "Peralatan Perang" MPASI/MPASU

waah.. ternyata perlengkapan MPASI banyak banget ya..

baby-ku MPASI 2 minggu lagi, so far udah ada yang diperlukan di awal MPASI aja kayak food maker, feeding set, doidy cup, magmag, panci, talenan, mangkok buat wadah buah/sayuran yg mau dikukus, panci buat ngukus pake yang udah ada krn jarang dipake juga, blender juga yang udah ada aja, kurang pisau ya, lupa terus mau belinya..
yang lain nyusul menjelang diperlukan aja deh..

btw, ada yang pernah beli/pake electric lunch box gak ya? bisa dipake buat wadah MPASI pas lagi bepergian gak ya? di promonya disdus kok harganya cukup 125 ribu ajah..

22

Topic: "Peralatan Perang" MPASI/MPASU

Mama Sidta, horeee... bisa ngirit dulu... soalnya udh sere, aja liat peralatan perangnya yang bujubune... siiip, kukusan sama pijen home food maker...

23

Topic: "Peralatan Perang" MPASI/MPASU

moms...mau nanya kl makanan yg mau dibekukan apa sdh termasuk ditambahkan Asip juga atau ntar saat mau disajikan baru ditambah Asip ?
- kalo puree buah bisa dibekukan juga gag ya ? kl puree apel dibekukan apa nantinya tidak berubah warna menjadi cokelat? ada recommend puree buah yg bisa dibekukan ?

happy to be a mom from my little prince "Andi Rafasya Zacky Asruddin"

24

Topic: "Peralatan Perang" MPASI/MPASU

Makasih ya sidtha :-) iya sii bahaya kalo ngelupas.... Thx ya bun sudah berbagi thread... :-)

25

Topic: "Peralatan Perang" MPASI/MPASU

Untuk mpasi daging2an, lebih baik dihancurin pakai apa ya? Dilema antara food grinder atau food processor, chopper, atau apa ya? Aku working mom. Lagi siap2in tools n budget buat mpasi. :)