1

Topic: Umur Berapa Mulai Sekolah?

thalia..wah, baru denger nih ada yg bekal foto mamanya, kalo kangen tinggal lihat foto...oh so sweet ngebayanginnya.

2

Topic: Umur Berapa Mulai Sekolah?

adhya,
gw sendiri masuk TK umur 5.5thn, dan belajar semua2 di rumah, diajarin ibu & bapak. pas masuk TK, udah bisa baca, nyanyi, nari, dan ngerasanya memang udah siap sih, ngikutin pelajaran di TK juga lebih mudah. yg bikin deg2an itu kalo pas jam pulang, belum ada ibu yg jemput. kangeeen gitu...

enzo & dante rencananya mau gw sekolahin nanti aja, umur 5thn-an juga. dari thn lalu udah mulai2 ikutan trial di PG/TK. tapi hasil trial itu, guru2nya dan kepseknya banyakan pada bilang bahwa usia yg tepat untuksekolah itu minimal 4 thn.

tahun 2012 ini, enzo 4 thn, gw dan papanya belum jadi masukin dia sekolah skrg. enzonya juga belum minta sih, kadang2 aja. malah pernah enzo bilang ga mau sekolah ah, mau sama mama & dedek dante aja di rumah, diceritain dan main robot, hehe..

tahun lalu, waktu gw masih kerja, gw emang udah rencana mau masukin enzo ke daycare/playgroup gitu, yg deket rumah di bandung. di rumah mmg ada ART & BS, dan kadang ada opanya, tapi kayak yg shinta bilang, sayang kalo cuma maen2 sama ART/BS, sedangkan Opanya juga kasian jadi ga bisa kemana2/ngapa2in krn terbatas harus bareng sama enzo/dante. kalo gw kerja, enzo dante pastinya gw masukin sekolah, biar kegiatannya lebih terarah.

tapi, ternyata sebulan kemudian gw resign, dan jadi ibu rumah tangga. jadinya sayang kalo gw masukin enzo dante ke daycare/playgroup. lagi pula hal2 yg diajarin didaycare itu ya sama aja sama yg gw lakuin di rumah, kayak toilet training, sapih dari botol susu, makan sendiri, ganti baju sendiri, baca buku cerita, nonton tv, nyanyi, nari, gambar, main2, ya sama lah kayak yg sidta & thalia bilang.
sekali2 mungkin gw cuma perlu jasa daycare (bayar pervisit) kalo ada hal2 yg mendesak. tapi setahun gw jadi ibu RT, gw sama sekali belum pernah titipin anak2 di daycare, jadi memang belum ada hal2 yg mepet banget sampe gw hrs titipin anak2 ke daycare sih.

kalo belajar sosialisasi, kebetulan lingkungan di sini rame banyak anak2 seumuran enzo & dante, jadi dalam seminggu pasti ada sekitar 2 hari mereka main ke rumah tetangga, 30 menitan; paling main lego, mobil2an ato sepedahan bareng di deket2 rumah.atau temen2nya yg main ke sini, berantakin rumah :D
lagipula saat weekend enzo dante suka ketemuan sama sepupu2nya, main bareng, atau kita yg main/nginep ke rumah kk/ipar.
kalo ga gitu, kadang enzo dante gw ajak ketemu anak2nya mama tum saat TUMevent, atau diajak papanya ketemu anak2 temen papa yg ikut futsal saat weekend.
jadi untuk sosialisasi ga ada masalah...

kalo belajar, gw lebih puas kalo gw/ sepupunya enzo yg ngajarin. bukan ngajarin yg kaku gitu sih, tapi lebih ke main2...kayak menggambar bareng, mewarnai, bikin sesuatu (origami atau tempel2), yg jadi fokus gw sekarang bukan ngajarin nulis/baca gitu, tapi lebih ke pembiasaan biar enzo dante mantap pegang pensil/crayon/kuas, biar tarikan pensilnya mantap gitu, misalnya bikin garis lurus, melengkung, tebal tipis. biar tulisannya bagus juga nantinya, hehehe.. *penting*
soalnya gw pernah ilfeel sama cowok waktu SMU, udah cakep, keren, tapi pas liat tulisannya jeleeeeek banget, kayak cakar ayam hahaha...gw pengennya enzo dante tulisan tangannya bagus biar cewek2 gak ilfeel ;D *OOT*
sambil jalan gitu ternyata anaknya bisa sendiri koq, kayak ngitung, warna, simbol2, mereka udah tau.
jadi in my case, krn skrg gw ibu rumah tangga yg prioritas utama gw saat ini memang nemenin anak2 dan ngurusin rumah, sekolahin enzo dante memang nanti aja nunggu 4.5 tahun lah, kalo mereka minta. kalo engga ya tar aja dipasin pas umur 5 thn.

kalo untuk me time kayak nyalon ato jalan2 sama temen2 tanpa suami/anak2, waktunya memang ga bisa seenaknya ya :) gw nyediain waktunya ya pas weekend. anak2 bisa sama papanya, dan gw bisa pergi agak lama. kalo hari biasa, paling top ya playdate ke rumah temen yg memang ibu RT juga, ribet kalo ktemuan di mall gt. jadi gw bisa cerita2 sama temen gw, sedangkan anak2 kita bebas main, bisa mandi, tidur siang, dll juga. sama2 senang lah :)

a life-enjoyer mama :)
www.ekadeau.blogspot.com
@ekadeau

3

Topic: Umur Berapa Mulai Sekolah?

thalia awww.. lucu sekali aina bawa bekal foto! dan ternyata hanya butuh 3 hari untuk lupa sama binggi hihihi.. kasian si binggi broken hearted deh :P

hebat deh aina, emang udah di prepare jauuhh untuk masuk sekolah jadi dia udah excited ya. good job!

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

4

Topic: Umur Berapa Mulai Sekolah?

indriani - hihihi, lumayan manjur buat bikin aina tenang :D

sLesTa - mending 3 hari... sehari!! hiks!

? comic and crochet addict ?
theurbanmama.com | @turniptopia

5

Topic: Umur Berapa Mulai Sekolah?

Thalia, ya ampun Aina lucu banget sih bekalnya foto, walaupun cuma diliat sehari ajah yaaa, hihihi.. keliatan ya Aina siap banget untuk sekolah, ikut senang ya binggi ;)

a happy wife & mom always defines me best! :)
@mamaaltair

6

Topic: Umur Berapa Mulai Sekolah?

aku udah baca semua quote yg ada di post ini mengenai usia yg tepat utk memasukan anak ke sekolah. Maaf telat untuk mengomentari post ini karena baru aja gabung ke The Urban Mama :)

Dari yang aku baca, aku bisa ambil kesimpulan klo kita cari sekolah yang menjadi pertimbangan utama adalah apakah sekolah tersebut menjamin muridnya untuk menjadi anak yang berprestasi. Mungkin bisa saja dilihat dari cara atau model pengajarannya. Sebaiknya memilih sekolah yang metode belajarnya tidak monoton. Klo aku boleh kasih saran, lebih baik mencari sekolah yang active learning jd tidak hanya guru yng menerangkan dan murid" menjawab,, sekarang banyak kok di jakarta sekolah yang mengajarkan active and fun learning jd anak-anak lebih berani mengeutarakan pendapatnya di depan kelas.

jadi dengan ikut active and fun learning anak-anak tidak merasa bosan selama jam sekolah walaupun sekolahnya setiap hari (senin-jumat)

Itu sebagian info yg bisa aku share untuk mama-mama semua. semoga bermanfaat.

7

Topic: Umur Berapa Mulai Sekolah?

thalia Waa Aina hebat! Sabar yang binggi, jangan terlalu sedih kalo Aina "lupa" sama binggi selama sekolah :p

Gue akhirnya mau masukin Nara ke PG bulan Juli ini. Alasannya sama kayak ekadeau, karena gue kerja. Ya kecuali tiba2 bulan depan gue resign berarti batal masukin ke PG deh hihi... Udah ngincer sekolah yang full day di deket kantor gue, semoga semua lancar dan kita (terutama Nara) beneran sreg sama sekolahnya. Emang jauh sih dari rumah (sekitar 30 km) tapi pertimbangan gue berarti gue bisa nganterin Nara ke sekolah dan pas pulang Nara juga bisa ngejemput gue ke kantor (kayaknya, yang ini masih harus diitung lagi waktunya).

yang selalu kangen sama si pipi gembil

8

Topic: Umur Berapa Mulai Sekolah?

update juga..

keira baru mulai sekolah tgl 3 kemaren, umurnya 3thn 3bulan. awalnya sih excited ya, karena dia suka bilang, "aku kan udah besar, udah mau sekolah" tapi lama2 pas hari pertama jiper juga nangis2 (paling keras pun, hihi), kayanya karena dia liat anak lain ada yg nangis gak mau ditinggal jadi dia pikir, "oh, crying is ok"

minggu pertama berangkat sekolah masih penuh tangisan, walau pas pulangnya dia fine2 aja. weekend dia masuk angin mungkin kecapekan nangis mulu, jadi sampai selasa dia gak masuk sekolah. rabu disuruh masuk sekolah ngambek dan cari alasan mulai dari ngaku capek, ngantuk, lemes, dan akhirnya nangis.

update hari ini, doi udah sekolah sekalian kita nanya sama gurunya kalo behavior dia ini normal ato enggak. alhamdulillah gurunya baek banget dan bilang kita gak perlu khawatir karena perilaku keira ini normal banget. akhirnya setelah dibujuk dia mau sekolah dengan syarat, nama kelasnya diganti dari 'kiwi' jadi 'blueberry'..

*tepok jidat*

engineer.wife.mom.daughter.sister.food lover :)

9

Topic: Umur Berapa Mulai Sekolah?

ikutan sharing yah mam....

waktu umur 2,5 tahun anakku via pengen banget masuk sekolah, akhirnya ku masukin di paud slama 1 tahun. dan slama 1 tahun di paud via punya banyak temen, kadang ada aja yang jahil, nakal yang bikin aku sedih. tapi aku ngliat via enjoy dan seneng hilang deh rasa sedihku. karna teman paud via kebanyakan diatas umur via, slama 1 tahun bareng akhirnya harus pisah karna mereka mulai masuk TK dan via belum ada usia 4 tahun.

akhirnya via gak di paud lagi dan sekarang maunya les dulu sampe sekarang di deket rumah jadi klo berangkat dan pulang sendiri tanpa di anterin, disamping itu gak mo jajan lagi. aduh nak mama seneng dan bangga sama kamu.

awalnya aku sedih karna anakku via orang nya pendiam dan klo dijahilin sama temennya cuma diem tanpa balas, tapi saat ini dia sudah punya banyak temen dan gak manja lagi i love you via

10

Topic: Umur Berapa Mulai Sekolah?

Hi..
Ikutan ya, Ala (itu how she calls herself) mulai sekolah waktu umurnya 18 bulan. Pertimbangan kami waktu itu lebih ke arah dia anak satu-satunya, dan saya dan ayahnya dua-duanya bekerja long hours and long commute Jakarta - Bogor - Jakarta setiap hari dan Ala hanya dirumah bersama si Mbak (yang alhamdulilah sudah ikut kami dari Ala umur 4 bulan).

Waktu itu saya dan Ayahnya berpikir bahwa akan lebih baik kalau dia bisa berinteraksi dan belajar di PG nya dari pada dirumah. Sekarang sudah taun ke dua sekolah and she seems to be enjoying it. She would insist on going to school even when she's ill. Dia juga lebih mandiri dalam hal-hal seperti ke toilet, pakai sepatu, mandi, makan, etc, meskipun kalau manjanya lagi kumat, tetap minta bantuan sih.

Saya cuma berharap enthusiasme Ala sekolah akan tetap sama, kalau bisa lebih, dan semoga saya dan Ayahnya bisa terus memberikan lingkungan sekolah yang paling kondusif untuk perkembangannya.

I can get through whatever life has in store for me.
Twitter: @andienas

11

Topic: Umur Berapa Mulai Sekolah?

thalia kikikik.... :D sampe speechless bacanya... dasar ibu2 ya...hari pertama susah bgt bujuk anak skolah... hari berikutnya, malah si emak yg kesepian... *lol*

charissarhanie Keira pintar skali... itu baru namanya agen perubahan yah, mam! :)

12

Topic: Umur Berapa Mulai Sekolah?

TFS ya mamas, jadi open minded nich gara2 baca thread ini
Waktu Bitha hampir umur 2 th tiap aku pulang kerja selalu aja berebut pingin buka kancing baju aku taruh sepatu di rak ato buka resliting jaket ato pingin pake baju dan sepatu sendiri "Tata tata she said" aku pikir blm waktunya dan ternyata dia sdh pintar mngkn dgn melihat bundanya melakukan hal yg sama setiap hari :)

Dan suatu saat aku antar keponakanku ke sekolah dan Bitha ikut ternyata dia excited banget *mungkin liat banyak anak dan mainan*. Bahkan pernah hampir aja gondok ga mau pulang katanya minta sama kakak waduh *tepok jidat* akhirnya jurus membujuk pun dikeluarkan.

Sekarang Bitha sudah 2 tahun jadi kepikir buat masukin dia ke playgroup.

thalia, boleh dicontek doong bekal nya :)

:) Amazing Life with Amazing Son :)

13

Topic: Umur Berapa Mulai Sekolah?

Bunda Bitha - silakaaaan :D

? comic and crochet addict ?
theurbanmama.com | @turniptopia

14

Topic: Umur Berapa Mulai Sekolah?

Pertanyaan thread ini sungguh mengundang pikiran untuk berkecamuk mencari jawaban..

Dari berbagai macam teori yang ada dikepalaku, kusimpulkan bahwa : gimana aja nanti, selama anaknya happy.

15

Topic: Umur Berapa Mulai Sekolah?

Mw ikut sharing doong..

Arkin (2y10m) baru saya masukin PG di taun ajaran ini. Saya pilih PGnya yg memang ga setiap hari masuk, cuma senin-selasa-kamis aja. Nah, hari pertama berangkat seneng. Tapi pas sampai sekolah nangis krn ga mau masuk kelas, lebih senang main di luar. Akhirnya mamanya ikut masuk dan nemenin. Besoknya, masih ditemenin tapi di luar kelas, aman.. Besoknya lagi saya tinggal pulang dan ternyata nangis banget sampe sesegrukan. Minggu kedua jg masih begitu, dia parno bakal ditinggal mamanya jadi dari berangkat aja udah nangis *sigh* Tapi yang lucu, pas dijemput malah ga mau pulang. Haha.. E tapi besoknya pas mw berangkat nangis2 lagi. Pusing deh..

Gimana ya? Apa Arkin masih terlalu kecil untuk sekolah? Atau masih masa adaptasi aja krn baru 2 minggu sekolah (which is kalau dihitung baru 6 hari sekolah)? Soalnya jadi parno juga, prinsipnya kan ga mau maksa anak untuk sekolah, dan ngeliat dia nangis2 pas ditinggal jd ragu apa ini memang saat yg tepat atau bukan? *tsaah bahasanya* Tapi ngeliat dia ga mau pulang dari sekolah dan udah ketawa2 jadi timbul pertanyaan "emang pertamanya harus dipaksa dulu kayanya.." Hihi.. Mohon sharingnya yaa.. :)

16

Topic: Umur Berapa Mulai Sekolah?

Nindi ikut PAUD sejak umur kurang dari 2.5 tahun (sekarang hampir 3.5), gara-gara terinfluence 99% dari Timmy (serial Timmy Time), jadi salahkan Timmy hihihi. Sisanya? Kawan main Nindi yang seumuran cuma ada 1 sementara anak tetangga yang lain sudah sekolah TK-SD dan Nindi lebih seneng main sama kakak-kakak tetangga ini dibanding yang satu orang itu, berantem melulu.

Nah mungkin ini juga yang justru bikin Nindi agak kesepian, saat dia bangun tidur dan lari keluar langsung mau main, ga bisa, kakak-kakak tetangga lewat depan rumah dan pada pamit berangkat sekolah, tinggal dia di depan pintu sendirian sambil dadah-dadah *udah kebayang belom*. Kadang-kadang malah nangis kejer pengen ikut. Sepertinya disini nih pemicu yang 1%nya. Ga pake nunggu, ternyata para sepuh sudah ngeliat gelagat aneh kami hihi dan diam-diam mendaftarkan Nindi ke PAUD, setelahnya dapat ditebak, kami berdua mengalami masa paling menyenangkan karena bundanya bisa main ayunan lagi *eh?* ngoahaha no, karena Nindi happy banget bisa 'sekolah'.

Syukurlah dia OK kalo bunda nunggu di luar, PAUD pertamanya aktif banget, masuk Senin-Jum'at jam 7-8.30 pagi, Kamis outdoor activity dan Jum'at menggambar+makan bersama). Kalau ada yang berantem / nangis / buang air / nyariin mamahnya ga akan dipanggilin emaknya biar para emak tetap stay di luar, tapi dihandle bu guru semua yang waktu itu berjumlah 3 orang (tapi mams tetap bisa lihat anak lewat jendela sambil duduk-duduk) agar si anak bisa mandiri. Kecuali si anak udah 'gede adat' banget (apa ya bahasa Indonesia untuk 'gede adat'?) ya terpaksa dipanggilin mamahnya biar dia ga kelelahan menangis dan ga trauma untuk ke sekolah. Kalau si anak mogok nulis pun nggak akan dipaksa sama ibu guru karena alasan yang sama. Nanti juga lama-kelamaan si anak akan ikut menulis begitu sadar kalau dia doang yang nggak nulis sementara teman-temannya yang lain lagi pada nulis semua :) atau teman-temannya bisa having toys hours (boleh bongkar lemari mainan) karena semua aktivitas sudah selesai dilakukan, dia ga dapet, akhirnya ada efek jeranya hihi.

Tapi untunglah, sampai hari ini Nindi having fun walau mungkin akan pindah setelah Idul Fitri (bundanya pindah lokasi kerja lebih dekat ke rumah), sebenernya kasian, penyesuaian ketemu temen baru itu loh yang berat, anak cewek judes-judes hihihi, pertama masuk PAUD karena Nindi yang paling kecil dia dijudesin murid lain yang rata-rata umurnya udah 3 tahunan, tapi ada juga yang care banget seperti 'kakak besar', megangin, ngajarin, ngebelain, jadi ada 2 kubu, Nindi haters, dan Nindi lovers huahaha *glek*.

Intinya mams, kalau sekolah, apalagi batita, mungkin harus nunggu si anak yang lebih dulu berminat. Apalagi toddlers itu senang sekali meniru lingkungan sekitar, mungkin Nindi salah satu contohnya, syukurnya adalah dia tetap excited dan makin excited setelah diikutkan ke PAUD. Coba ikut dibawa ke sekolah kakaknya aja, atau sepupunya, atau ke sekolah lama mamahnya dulu mungkin :) sambil diceritain macem-macem "Dulu mamah ketemu papah disini..." *loh?*

Nda-Ndi :D

17

Topic: Umur Berapa Mulai Sekolah?

makasih sharingnya mamas, karena baby D ditinggal di rumah sm ART yang telaten & pendiem. sy working mommy. takut kurang stimulasi kalo di rumah aja. udah mulai ancang2 nanti mau dimasukin PG, mungkin coba gymboree dulu yang sekali seminggu ya.
Sekarang sih masih 8 mo anaknya. :D

18

Topic: Umur Berapa Mulai Sekolah?

sukmonmon, iya sama. anakku juga dirumah ga ada temen. jadi mau aku sekolahin aja umur 2 tahun ini biar bersosialisasi

19

Topic: Umur Berapa Mulai Sekolah?

Seprtnya dirikiu akan "nyekolahin" wiksa minggu depan (33bulan skrg). Sptnya masukin ke PG, krn dirumah cm berdua aja sm gw. bosen jg kali liat emaknya mulu. hehhe..gak deng. Gw pgn wiksa bs bersosialisasi, gak egois, lbh mandiri, sharing, dll. krn klo blajr sm emaknya byk manjanya. hihi...slain itu blajr tidur awl agr bs bangun pagi. :)

ibunya wiksa :)

20

Topic: Umur Berapa Mulai Sekolah?

anakku skrg umur 14 bln, mulai pertengahan februari kmrn aku masukkan di daycare yg jg punya kls Playgroup dan TK.
knp aku cepet2 masukin sekolah, soalnya ga ada yg jaga di rumah, dan supaya bs cepet belajar ngomong jg.
senengnya dia ga nangis si kalo aku tinggal, ada si masanya dia nangis klo udah lwt long weekend gitu. mungkin kelamaan liburnya jd lupa kalo hrs sekolah lg.
tp selebihnya dia suka2 aja di sekolah, banyak temen, banyak mainan jg. kalo yg murid2 TK pada berbaris mau masuk kelas, dia ikut2an jg baris, begitupun kalo senam jumat pagi dan nyanyi2.
ahh, jd ga sabar pengen denger anakku bs manggil "bunda". :)

Uwais skrg udah ga bola lg, tp sekarang uwais tinggi. gapapa yah, yang penting sehat. :)

21

Topic: Umur Berapa Mulai Sekolah?

Ikutan share ya mom

Kenzie sekarang udah 1 thun 2 bulan sudah sy masukin sekolah..sebenernya sih sekolah umur segitu lbh ke arah bermain n sosialisasi..sekolahnya jg cuma 3 kali sminggu n 2,5 jam aj..so si kecil gak bosen..metode yg mereka kenalkan jg bagus melatih motorik si kecil.Soalnya klo dirumah jg dia bosan..yg diliat cm ayah bunda nya...yg ad mainan nnti tv,remot,hp,laptop...krn sering liat ortunya pegang brg itu..jadi anak kcil pgnnya ikut pegang..memang dr segi biaya makin kecil umurnya makin mahal sekolahnya.kenzie sekolah di the shining star..n dia cpt pinter bs main sm tmn2 nya..menurut sy ad positifnya sekolah lbh cepat.

22

Topic: Umur Berapa Mulai Sekolah?

Hafidz br mau gw masukin tk july nanti. Pas umurnya 4th.

Selama ini di rumah aja. Waktu gw kerja (ampe dia 1.5th), dia ga dibolehin nonton tv. Senengnya main di luar. Curiga gw, dia suka diajak jalan2 ma pembantu sosialisasi ma temen2 pembantunya. Belajar agak kurang.
Setelah gw di rumah dia bs cepet belajar nyanyi n coret2. Mulai nonton krn gw pasang cable (emaknya bosen kl gada tontonan hehhheh), tp masih aktif main di luar sama temen2nya.
Skrg hafidz malah vocab nya banyak krn nonton. Film nya jg gw pilih2, krn ga semua cartoon itu buat konsumsi todler. Dia dah apal angka n huruf berkat disney junior dan ceebeebees heheheee. Dia hapal huruf n angka dlm bahasa inggris, giliran gw ngajarin bhs indonesia ga nempel hahahaha.
Pas kmrn trial sekolah gurunya muji kl hafidz ini mandiri sekali n nanya playgroup nya dimana? Bangga dong bisa jawab "di rumah aja kok miss" :)

Bussy life...happy life...

23

Topic: Umur Berapa Mulai Sekolah?

hoooaaa, pas banget ada thread inii.
Sejujurnya, Audrey (18m) belum pernah trial di mana pun. Tapi emak bapaknya nekat daftarin sekolah untuk masuk di bulan Juli ini. Cuma 2x seminggu sih, most of the time di sekolah juga main + nyanyi. Kalau ternyata nggak betah atau lebih banyak nangisnya, yo wis nggak dilanjutin.Untungnya sekolahnya kasih bahan bacaan untuk persiapan anak sekolah. Mulai dari cara berpisah, DO's & DON'Ts untuk ortu saat anak sekolah, cara adaptasi, bahkan sekolah menyarankan hari pertama, si anak diantar & dijemput oleh ortu bukan pengasuh/orang lain. Jadi lumayan bisa mempersiapkan diri dulu :)

Pertimbangannya kenapa dimasukin ke preschool, karena sejak pindah rumah dari area apartment, mulai kehilangan temen-temen seumuran Audrey :( Komplek rumahnya lebih banyak yang sepuh, jadi Audrey bisa dibilang cuma sama Eyang & pengasuh kalau aku kerja. Dulu di apartment, setiap pagi sebelum kerja, Audrey selalu kubawa kumpul2 sama temen sebaya. Terus frekwensi Audrey ketemu banyak orang / anak-anak lain juga cukup sedikit. Rencana sih setiap weekend mau ajak dia main-main ke luar rumah, cuma ya kok suka tiba-tiba lemas tak bertenaga di weekend untuk pergi ya :S

Dan..ya ini bonus sih, cuma banyak yang bilang masuk sekolah bisa memberi stimulus untuk bicara lebih lancar :) Audrey belum terlalu lancar bicaranya. Harus dipancing-pancing banget untuk bisa menyebut 1 kata. Mudah-mudahan Juli nanti semua lancar *sumpah gue suka keringet dingin kalau lewat sekolah itu setiap berangkat kerja*

24

Topic: Umur Berapa Mulai Sekolah?

hmmm... kalo untuk nathan(2y)rencana mulai disekolahin pas umur 3 thn kaya nya, karena sekolah yg dekat dengan rumah, minimal usia anak 3 tahun, tp kaya nya nathan dah ga sabaran ni, karena sering liat anak tetangga yg pada sekolah :)

even you`re not baby anymore..but in my heart you`re always my baby..

25

Topic: Umur Berapa Mulai Sekolah?

Anak pertamaku masuk TK A sejak tahun lalu, itu artinya saat dia belum genap berumur 4 tahun. Kan dites tuh ya sebelum masuk, nah Alhamdulillah dia lolos bahkan ada kemampuannya yang melebihi anak2 yang umurnya di atas dia...
Sebelumnya belum pernah masuk preschool manapun. Dan kami orangtuanya serta orang2 di lingkaran pengasuhannya emang niat ngga masukin anak sekolah di usia yang terlalu dini, karena dia masih butuh waktu bermain. Di rumah, sambil bermain kita juga bisa ajarkan materi2 yang ringan misalnya belajar bahasa Inggris dengan bantuan buku2 bergambar, tayangan di channel TV khusus anak2 (baik yang berbahasa Inggris maupun Indonesia), belikan dia buku menggambar&mewarnai, dampingi setiap aktifitasnya, dan banyak lagi hal2 yang bisa kita lakukan sebelum anak masuk usia sekolah. Bukankah Ibu adalah madrasah pertama bagi anak2nya? :)