1

Topic: Long Distance Love

silakan email langsung ke ybs ya ...

terimakasih -mod

2

Topic: Long Distance Love

Haloo mommas smuaaaa , saya ga nyangka ada forum ginian di TUM , pas tau dan mulai baca , jadi terharu

Btw , saya saat ini sdg menjalani ldl dgn suami , dia di jgja , saya brsma orgtua , waktu hamil kmrn suami ga ada pulang sma skli , pulang pas saya melahirkan saja , itu pun hanya 10hari , stelah itu pergi lgi ke jgja , baru pulang pas puasa , untung anak saya ga rewel , baik , dia ga nngis ataupun mengamuk meliat ayahnya dtg , pdhl sya jrang ksih liat foto ayahnya ke dia .


@mba nunuk
Sebentar lgi saya juga akan ldl dgn anak , saya akan melnjutkan kuliah , sdgkn ank saya tinggal brsm orgtua sya
Blum pergi saja saya sudah ga kuat , minta saran dong @mba nunuk supaya kuat menjalani hari"nya :').
Anak saya baru 8 bulan. , saya pasti akan menyesal krn kehilangan masa" golden agenya :')

3

Topic: Long Distance Love

ihiiikssss.....ternyata banyak juga yang senasib :(

aku ldl sama suami udah 9tahun, krn suami kerja di perusahaan pembiayaan dan sering pindah2 kota, sementara aku juga ga bisa pindah2 krn kerjaanku gak memungkinkan buat pindah2 ( repot bok, kudu ngajuin sk, nunggu sk turun, dan semua proses yg dari awal lagi, pdhl bisa aja pas sk-ku turun suami dah pindah lagi :p )
tapi skrg sih mayan deketlah, masih bisa ketemuan seminggu sekali

3kali hamil juga ga pernah didampingi suami....iya bener, suka sirik kalo ada bumil yg k obgin dan dianterin suami, atau kalo ngemol dan liat bumil yg lagi digandeng gandeng n dipeluk2 suaminya....huhuhuuuu
alhamdulillahnya, 2 kali lahiran bisa didampingi suami dan lucunya obginku baru kenal suamiku pas lahiran, krn gak pernah anter sekalipun k obgin.
mudah2an ntar melahirkan bisa didampingi suami juga :)

so far anak2 sih tetep deket sama papanya, kalo ga ada papanya sih semua-muanya mama...giliran papa pulang, yawdah mama tersingkirkan

buat mamas yg msh ldl, semangaaaattttt.... insya Allah, semua akan indah pada waktunya :)

4

Topic: Long Distance Love

Wah gw penghuni tetap thread ini nih...
Pacaran 3thn beda pulau
Nikah 2 tahun beda pulau, mana rantau jd hamil sendirian.
Para LDL-an i feel youu~~~~~ :D

5

Topic: Long Distance Love

Baru tahu ada thread ini. Mestinya istri-istri pelaut ikut di sini dong. Tapi mungkin karena kami dah biasa,ya. Seperti ayah Otty , yang kerjanya memang mesti ninggalkan rumah. kalau di rumah berarti status sedang menganggur :).
Kebetulan sejak berumah tangga, suami baru sekali berlayar, sekitar 4 bulan. Trus 20 bulan ini di darat, sekolah, ketemu seminggu sekali.
Rasanya waktu ditinggal, karena waktu itu habis kiret BO, nelongso he2. Tapi positive thingking real helped. Insya Allah malah sedikit masalah rumah tangga, asal sama-sama setia. Karena jarang ketemu, jadi sayang saja kalau ketemu bertengkar.

6

Topic: Long Distance Love

Waah SEMANGAT mama. Ga nyangka ada thread ini. Aku LDLan sama suami Jkt-Maluku dari waktu belum nikah sampe sekarang msh newlywed 3 bulan dan belum isi. Palingan ditanyain mulu kapan punya anaknya (standar ya). Trus kalo olahraga jalan kaki pagi hari ditanya mulu kok sendirian hehe, soalnya dulu juga biasa olahraga sendiri jadi orang2 bingung kok abis nikah tetep jalan sendiri :p
Trus kalo video call sinyal yg buruk bukan di daerah sana, tapi justru di rumahku di Jkt, jadi sering hah hoh hah hoh gitu krn ga kedengeran, plus mukanya juga ga nongol. Kemaren malah mukanya keliatan tapi suaranya ga ada sama sekali XD.

Go..go..go para mama!

http://rumahijaubelokiri.wordpress.com

"Life is either a daring adventure or nothing" ~ Helen Keller ~

7

Topic: Long Distance Love

mom, kalo LDL sama suami gitu, suka bingung ga sih buat nambah anak? hehe..
anakku masih kecil sih, 8,5 bulan. tapi kalo buat nambah anak dgn kondisi masih LDL ko kayaknya beraaattttt banget yahh..
apa ada mommy disini yg punya anak lebih dari 1 dan masih LDL, cara ngatasin dilemanya gimana ya mom?
makasih mom.. :)

bundanya si chubby anindya

8

Topic: Long Distance Love

Sekian lama jadi silent reader dan akhirnya posting juga... makasih ya Mama Amnah udah bikin thread dengan judul diambil dari buku yang di dalamnya ada tulisan saya juga, hehehe. LDL begini cukup umum di kalangan pegawai kantor saya karena memang pekerjaan sering mengharuskan pindah-pindah, sementara terus terang fasilitas di tiap pulau itu tidak merata (sebut saja sekolah, fasilitas kesehatan) jadi sering ada yang memutuskan tidak bawa keluarga. Saya sendiri sebetulnya jauhan beneran baru seperti yang saya ceritakan di buku itu, 'cuma' 7 bulan lebih sedikit, walaupun karena waktu itu nggak tahu ujungnya gimana jadi rasanya lamaaaa.... Btw ada juga rekan kerja (nggak kenal secara langsung sih) yang punya cerita sedih, istrinya di pulau seberang kolaps hanya ditunggui oleh anak yang masih kecil (akhirnya si anak minta tolong tetangga dan polisi), kemudian koma sementara suaminya masih berjuang cari tiket pulang yang sungguh nggak gampang karena transportasi keluar pulau nggak ada tiap hari, endingnya sang istri meninggal dunia :(.

9

Topic: Long Distance Love

hwaaaa...ternyata ada thread inih..,ternyata byk juga yg senasib ya..LDL, Hebat2 ternyata mamas disini...

@restyngacung...aku LDL dgn 2 batita :D

Aku pas 2 taun awal nikah, ditinggal suami studi ke Rusia slama 3 taun, karena soal biaya, suami ga bs pulang selama 3 taun itu, untungnya akupun kerja, jd ga terlalu kerasa lah, tp bersyukur juga dijaman canggih kaya gini, qta bisa memanfaatkan teknologi dgn chetting, dan setiap saat bs bbman, ga kebayang klo kaya jaman nyokap dlu, ditinggal suami studi ke Swiss, dan mereka hanya bertukar cerita lewat surat pos yg dtg 2 minggu sekali..(udah basi lagi kali ya ceritanya)

Sepulang suami dari Rusia, dia kerja di Jakarta,dan aku di Bandung kebetulan aku hamil, jadilah dlm masa hamil anak pertama, aku jauhan, suami pulang seminggu sekali, klo mo kontrol obgyn selalu dihari sabtu,
Alhamdulilah, bsa memaksa suami resign dan balik ke bandung, nemenin lahiran anak pertama.

Yang bikin hrs kuat tuh pas lahiran anak k2, wkt ade ezar umur 5 hari, dpt kbr klo beasiswa suami keterima dan hrs studi lagi ke Spanyol selama 3 taun..
Sediiih pastinya, dgr cerita bakal di tinggal lagi dlm wkt yg lama, mana baru lahiran pulak, jadilah awal2 lahiran si adek, suami malah sibuk urus2 persiapan studinya, dan aku hrs berjuang memulihkan emosi pasca lahiran, mengurus si ade, ditambahn dengan menyapih tetehnya yg pd awal2 tantrum hebat....

Pas perpisahan, suami cuma pesen ke aku" titip anak2, jaga mereka baik2" hiks...sedihnyooo

Ahirnya aku hrs siap menghadapi semuany sendiri,urus 2 balita, kerja pula..(walopun ahirnya aku resign demi mengurus mereka )

Tapi karena aku sibuk ngurus 2 bocah itu, jd perasaan kangen, rindu ama suami terlupakan
Paling klo pas malem ga bs tidur, jd inget ma suami, paling ngajak ceting, tersalurkan deh kangennya..
Yang paling sedih tuh ketika anak2 sakit, gada tempat berkeluh kesah,ga da yg bs gantian gendong anak yg rewel pas demam, lagian beda zona waktu 6 jam, jd kdg ga klop ajah situasinya..

Alhamdulilah, lebaran kemaren suami bisa pulang, walopun ga kasi kbr dlu,(surprise ceritanya), jadilah aku terkaget2, subuh2 ketika sahur jam 4, suamiku dtg tiba2, percaya ga percaya..seneng juga..
Anehnya ci ade , yg dari lahir ditinggal papahnya, pas kemaren papahnya dtg, dia lsg mau digendong...mgk karena dibilangin, itu papah de..(pdhl ci ade umurnya baru 11 bln)
Kalo teteh Anya (3 taun), begitu liat papahnya, dia bengong, malu, n salah tingkah, (Macam ketemu pacar ajah ..):D..sempet 2 hari ga mau digendong ama papahnya..tp setelah itu, dia nempel terus kaya perangko, kemanapun papahnya pergi, dia selalu ikut(Anya memang deket bgt ama papany)
Yg dikhawatikan adalah ketika papanya hrs balik lg ke spanyol, mikir caranya gmna biar teteh anya ikhlas melepas papanya pergi...ahirnya aku sounding dari 2 minggu sebelum papany balik, klo papa hanya sementara disini, ntar papa balik lagi ke spanyol,lanjutin sekolahnya..diceritain gitu, dia diem ajah, ga berkomentar..aku jg blg, klo papa pergi, anya boleh nangis, tp ga boleh lama2..
Pada waktunya suami hrs balik ke spanyol, hari itu anya nempel terus ga mo lepas, sampe pas papanya mau naek bis (kami hanya anter sampe bis yg ke bandara), dia mau dgn ikhlas digendong ama sepupu, tp sedihnya, ketika papanya mo cium dia, dia melengos, dan ga mau melihat papany, memeluk erat sepupu,aku tau dia sedih dan mau nangis, tp dia ga mau nunjukin ke papanya..
Sehari ditinggal pergi suami, ternyata semua baik2 ajah, ga ada perasaan sedih yg gimana gitu..mgk krna udah terbiasa ditinggal jd semua baik2 ajah...malah skrg papahnya yg ngusahain qta smua utk nemenin dia disana, karena dia suka ga tahan kangen ma istri ma anak2nya...hehehe..ternyata..diapun kangennya lebay...

* Meine Liebe Espanya, my Sunshine*

10

Topic: Long Distance Love

Baca cerita2 mama disini, ikut sedih, senyum2, dan langsung bersyukur. Ternyata ceritaku nggak ada apa2nya. Alhamdulillah masih bisa berkumpul 2 minggu dalam 2 bulan, masih bisa skype rutin walau beda waktu 5-6 jam, pernah ditemenin ke obgyn sama suami walaupun jaraaang, dan mudah-mudahan bisa nemenin kelahiran si kakak 1,5 bulan lagi, dan insya allah bisa survive mengasuh anak sendirian.

Rasanya lebih berat untuk ayahnya ya, yang harus meninggalkan istri dan anaknya untuk bekerja. Terakhir ketemu aja, suami surprise melihat perutku yang tadinya rata jadi mulai terlihat hamil. Senang banget juga pas bisa rasain tendangan si kakak. Nggak kebayang deh gimana perasaan suami yang akan kehilangan milestones anaknya nanti.

Makasih share dari semua mama disini yang bikin aku nggak ngerasa sendirian :)

11

Topic: Long Distance Love

resty
Aq juga LDL dg 2batita dan hamil ketiga.
Nambah anak? Hayuk ajalah :D
Sejak anak pertama lahir,uda lgs resign. Jd smp skr full ngurusin anak2.

Garnetzhia and Ametysha are my little angels

12

Topic: Long Distance Love

Akuuuuu.... Nikah 6 tahun lebih, barengnya hampir setaunan doang :) And, yes, gara2 kerjaan.

13

Topic: Long Distance Love

feee
samaan kita

kadang ngiri sama pasangan yang bisa brangkat dan pulang bareng.....

14

Topic: Long Distance Love

Halo lady.yusi, aku nikah bulan lalu dan LDR, tapi insyaAllah bulan depan sudah mutasi dari kantorku ke kota tempat suami kerja (yg kebetulan sama dengan kota kerja suamimu, nah loh jgn2 kita sedarma wanita)

LDR itu...berat di hati dan berat di ongkos ya

15

Topic: Long Distance Love

Kami nikah awal juli 2011,saya langsung hamil, tapi keguguran di bulan oktober 2011 (pagipendarahan, terus dikuret), besoknya (dari dikuret) suami dapat SK penempatan luar jawa.
Saya tetap di jakarta, kontrak sendirian, suami pulang sebulan - 2 bulan sekali. Saya hamil lagi di juni 2012, daaaan pendarahan lagi (pakai drama lagi), tapi alhamdulillah selamat sampai sekarang lahir. Yaa sedih si mbak, kaya single tapi ga single, hamil nyari dokter sendiri, ke dokter yg antriannya panjang sendirian (rata2 pasien yg lain ditemenin), senam hamil sendiri, lembur2 ga ada yang nyariin (hamil malah waktu saya banyak di kantor ;p), ngelahirin juga ga didampingin suami..hehe
Tapi begitu bayi lahir, kami memutuskan ambil langkah drastis. Suami resign, nyari kerja di jakarta. Alhamdulillah langsung dapet walaupun bukan bonafit company, jadi pas saya selesai cuti hamil, suami pas mulai tinggal bareng lagi...
Kalau inget masa2 pas LDR, jadi sangat bersyukur dengan kondisi saat ini :) :).
Tapi tiap orang beda2 kok mbak, kalau saya lihat, saat ini banyak sekali pasangan yang LDR karena kemandirian dan pola berpikir pasangan sekarang berbeda dengan jaman dulu. Rajin komunikasi aja.
Saya waktu LDR rajin sekali telpon, sampe sekarang udah ga LDR juga masih kebawa rajin telpon udah nyampe belum, kapan pulang, diskusi apapun..hehe

16

Topic: Long Distance Love

sannya wrote:
Halo lady.yusi, aku nikah bulan lalu dan LDR, tapi insyaAllah bulan depan sudah mutasi dari kantorku ke kota tempat suami kerja (yg kebetulan sama dengan kota kerja suamimu, nah loh jgn2 kita sedarma wanita)

LDR itu...berat di hati dan berat di ongkos ya



setujuuuu, tiap keluar kalender tahunan langsung mantengin website jasa penerbangan...hehe
belinya pakai kartu kredit, kalau pas ketinggalan pesawat (lokasi tugas suami saya 4 jam dari pekanbaru) sediiiiih banget, karena kehabisan pesawat, duit ilang, ga jadi ketemu pulak...

17

Topic: Long Distance Love

hoooooo senangnyaaaaaaaaa...
sumpah deh saya baru aja mau bikin thread ini, eh ternyata udah adaaaaa.. senang senaaaaang

Saya baru dua bulan ini LDR sama suami, dia nerusin sekolah ke Belanda, 4 tahun disana. Saya sama anak-anak kemungkinan menyusul pertengahan tahun depan.. tapi sekarang ini maaaaaaak.. he is there and I am here, the world is turning upside down...

Saya udah paling emosional kalo urusan anak-anak, urusan ART yang tiada habisnya (adaaaaa aja masalah nya).

Anak pertama saya Ina (2thn) sering kangen bapaknya, sering nanyain, kadang dia sedih, kadang kalo ngambek malah bilang mau bawa koper ke belanda, kadang dia senang denger cerita bapaknya.. apalagi kalo lagi telepon atau skype-an wuah rebutan kita.. Anak kedua saya, Farza masih 1thn, belum terlalu tahu, kalau ditanya, Bapak mana dek? dia akan menunjuk henpon.. hahahahaha

Nah baru-baru ini sungguh saya rontok hatinya, Ina, tangannya tanpa sengaja ketumpahan sup panas, melonyot, ngelotok, lepas kulit lengannya bagian atas, karena dia cengkeram waktu kena. Duh saya tunggang langgang ke UGD, harus kuat gak boleh nangis di depan anak. Hari berikutnya, tepatnya saat Lebaran Qurban kemarin ini, lukanya harus dibersihkan karena berair, saya ke UGD lagi, Farza nangis jerit-jerit gak mau ditinggal, walhasil saat orang sibuk solat ied, saya rombongan tangis2an ke UGD.. dan hiks sungguh, saya pengen langsung packing detik itu juga bawa anak-anak ikut bapaknya..

Dan iya alasan saya juga karena kerjaan, saya masih harus bekerja disini, mau nabung dulu, sementara bapaknya mengurus segala keperluan pindahan kita di sana.. saya sungguh tidak menyangka yg namanya LDR dengan suami beraaaaat bangeeeet.. tapi ya mama semua, kita harus kuat, demi anak-anak, harus bisa tetap menjadi sumber kebahagiaan anak-anak, apapun kondisinya. to them, we are everything :)

Dan eniwei, saya mau tahu dong, mama sekalian yang LDR gimana komunikasinya? pake jadwal? trus untuk penjelasan ke anak-anak gimana? apalagi kalau mereka lagi angot dan mencari bapaknya?
Share yah mama :)
Salam,
Arinta

-ibu'e inafarza-

18

Topic: Long Distance Love

hello ibu arinta,
aku ldr sama suami sudah 2tahun+. emang ga jauh, cuma jkt-surabaya.

sudah pernah ngalamin bawa anak sendirian ke ugd, lahiran tanpa ditemani suami, dll.
suka ngiri kl liat yg bisa kontrol hamil ditemani suami, sementara saya mesti nyetir sendiri atau ditemani ayah saya. hehehe.

kejadian terakhir bbrp minggu lalu, suami pas dinas ke singapur dan anak yg kecil muntah2. saya sdg ga ada art; jadilah ke ugd ber3 anak2, ngurus semua sendiri. alhamdulillaah bisa. emang konsekuensinya gitu sih. inget juga, suami pasti sedih pas tau anak sakit/kecelakaan tapi ga bisa nemenin.

komunikasi? ada jadwal absensi doong.. pagi2 jam 6:30 ayahnya telpon buat ngobrol bentar sm anak2, sama malem sebelum tidur. kalau bisa video conference ya diusahakan.

penjelasan ke anak2 ya dg sejujurnya bilang, abi di jakarta, nanti minggu depan abi datang. terus main dan bobo sama kaka dan dede. gitu, deh. angot juga kan ayahnya ga bakalan dateng. jadi ya mesti diberikan pemahaman. hehehe

A person's a person, no matter how small.
(Dr. Seuss)

19

Topic: Long Distance Love

waaaa mba ephie_donk survival banget ya... saluuut.. hehe... aku jg sepertinya bakal berjuang sendiri ni pas tekdung nanti :D

mom arinta, ina nya gimana kondisinya skrg? smg cepet sembuh ya... semangat mba, sebentar lg ketemu suami :D tp lucu jg ya... nunjuk hp pas ditanya mana bapaknya, hehehe...

mom mummyhilya kalo udah punya anak, kangennya kita sama suami harus ngalah ya... ada yg ikutan kangen juga soalnya, anak2 hehe.. jd kita gabisa sesedihan, harus nenangin anak2 yg kangen bapake.. :D

yah tp gimana juga yg terbaik tu emg kumpul bersama yaa, jd selalu berjuang spy secepetmungkin bisa se atap lagi :D
meanwhile menunggu, mari berjuang :D

20

Topic: Long Distance Love

mummyhilya iyah sih, kita juga berusaha nelepon terjadwal, cuma ya entah ya, mungkin karena perbedaan waktu (walau cuma 6 jam sih) tp kok ya bikin agak ribet. Saya ama anak2 leganya pas abis magrib (saya udah pulang kantor), tp di sana bapake nya lg pas jam kerjanya, ya nyempetin sih bisa, cuma gak bisa lama. trus buat skype-an, dia suka gak enak skype-an di ruangan dia, jadi skype-an harus pas dia di rumah, alias malem banget, atau pagi banget di sananya. hehehe remponglah, tapi sejauh ini bisa sih.
Iya mbak, saya juga jelasin ke Ina ya, tapi dasar dia anak masih umur 2 tahun ya, akhir-akhir ini, setiap hari, dia tanya ke saya (dan juga para pengasuhnya) : kenapa sih bapak ku gak pulang2 ke rumah?
Biasanya selalu kita jawab, bapak kan lagi sekolah, pulangnya nanti, masih lama, kan jauuuuh.. eh dia jawab: itu mbak awa (tetangga) sekolahnya juga jauh, tapi kl sore kok pulang ke rumah..
hehehehehhehehe
Adek (1thn) lain lagi, selain dia selalu menunjuk bapaknya ada di hp, dia juga suka banget sama kalender yang ada foto gubernur jawa barat, itu emang agak mirip ama suami saya, endut dan ubanan gitu kan. Nah adek itu sering banget pamer sesuatu ke "bapak" nya itu, misal kayak tadi malem, dia mainan kerudung sama kakaknya, trus dia mau nunjukkin kalo dia cantik pake kerudung, dia keluar dong dari kamar, trus ngomong ke kalender: bapaaaak bapaaaaak, sambil nunjukin kerudungnya dan ketawa ketawa lucu gituuuu..
*ngenes gak sih.. heheheheh

Lady.yusy alhamdulillah udah baikan, udah tinggal bekasnya aja. dan dia suka bangga tunjukin itu bekas kena sup panas ke bapaknya lewat telepon hehehehhee

-ibu'e inafarza-

21

Topic: Long Distance Love

arinta
Hihihihi....si adek lucu,ngomongnya malah sm kalender. Dikasih foto papanya aja,lbh bagus kalo ada foto terbaru papanya. Jd dia ngeh kalo itu adlh papanya.

Kalo soal telpon2an yg terjadwal,ga saklek sih. Kebetulan suamiku skrg lg di papua. Karena selisihnya 2jam,biasanya kalo telpon pas dia uda pulang kantor (jam 4sore),disini msh jam 2an. Ato malem sktr jam 6-8an wib. Kdg2 pas dia istirahat makan siang ato stlh sholat dhuhur.
Pas dl dia di afrika,lbh susah sih. Bs aja nelpon,tp mending skype or chatting. Ribetnya skype ya kalo pas dia di kantor,jadinya ga enak. Kalo pas dia di kamar,anak2ku uda tidur,kamar gelap. Akhirnya seringnya chatting aja. Terpaksa aq-nya yg begadang.

Kalo soal pemahaman ke anak,,biasanya kalo anak tanya,papa kemana ato kalo anaknya lg sedih,aq tanya knp?kangen papa? (Anak 1 umur 3th 4bln, anak 2 umur 19bln). Biasanya aq jelasin,papa kerja,kerjanya jauh di afrika (ato di papua). Aq jg sk jelasin,kalo pergi kesana hrs naik pesawat dan lama. Makanya blm bs ketemu skrg. Kalo dia tny lg,kerja itu apa. Kujawab,kerja itu utk cari uang,nanti uangnya dikasih ke mama utk beliin baju kakak,mainan,dll. Nanti kalo papa pulang,kakak sm adik dibawain oleh2. Nanti qt telpon papa yah,ntr ngomong yah kalo kakak kangen papa.
Kalo skrg krn kakaknya uda 3th,jd uda ngerti. Kejadian itu seringnya pas dia msh umur 2th lbh. Kalo adiknya emg blm paham banget.
Sering2 dijelasin aja,ntar lama2 ngerti koq.

Cerita UGD ya? Alhamdulillah,,belum pernah smp harus bawa anak ke UGD. Nyaris dirawat iya,,krn lg diare tp msh bs kurawat sndr di rmh,ga smp dehidrasi. Tp baru2 ini (september) mlh bawa ortuku (ibu) & adik ke UGD dg kondisi aq hamil 5bln+2balita+1nanny. Pas bapakku lg ada urusan warisan di surabaya,pas bgt ibu sakit. Berhubung di rmh ibu ga ada orang lg,jd aq & anak2 nginep disana. Smp hr ketiga,ibu&adik ga ada perubahan,kebetulan hr itu hr minggu,jd berameanlah ke UGD dan tnyt disana didiagnosa DBD. Akhirnya ibu&adikku dirawat inap. Jd aq yg urus semua dr masuk rawat inap,bolak2 rumah-rs (untung deket),smp keluar dr rs. Untung skrg semuanya sdh lewat.

Garnetzhia and Ametysha are my little angels

22

Topic: Long Distance Love

Aduh terharu baca ceritanya nih moms :'(
sering dikasih penjelasan dan komunikasi rutin aja moms semoga membantu :)

Jadi inget pengalaman pribadi nih mom waktu masih kecil keluarga aku juga begini... Ayah dinas ke luar kota sampai berbulan-bulan mana jaman dulu kan susah ya moms untuk komunikasi tapi sebisa mungkin ayah menelpon untuk sekedar tanya kabar

Semangat terus ya moms

“Parents can only give good advice or put them on the right paths, but the final forming of a person's character lies in their own hands.”

23

Topic: Long Distance Love

Hi Mom, ikutan nimbrung ya. Selama ini silent reader. Tapi karena terharu baca cerita moms semuanya, akhirnya mau ikutan curhat juga. Saya LDL sejak Vanya berumur 3 hari :'(
Malah SK pindah suami diterima 1 hari sebelum kelahiran Vanya, waktu saya lagi diruang bersalin *mewek
Kaget banget, karena dari pacaran sampai menikah, hampir setiap hari ketemu, karena tempat tinggal kami deketan. Jadi ketergantungan n manja banget sama suami. Apalagi setelah hamil. Menjelang melahirkan, malah ditinggal jauh. Huaaaaaa. :'(

Semangat terus ya moms semuanya. Semoga suatu saat kita bisa berkumpul, membesarkan anak bersama suami, seperti keluarga lainnya. Amiiiiiin

24

Topic: Long Distance Love

Wah baru tau ada forum ini setelah nulis artikel di TUM tentang LDM...

http://theurbanmama.com/articles/long-distance-marriage-and-pregnant.html#comments

tapi sepertinya forum aktif di tahun 2013... adakah di 2014 yang masih LDR-an? ^^

25

Topic: Long Distance Love

Salam kenal semuanya,

Saya sangat senang ada thread seperti ini.
ini saya beranikan untuk menulis karena saya butuh masukan, tentang LDM ini.

Yang saya baca mayoritas disini para ibu berada bersama sang anak dan pihak suami yang ada di posisi jauh.
sedangkan kasus saya, ada di kebalikan.
Saya punya 1 anak perempuan dan sekarang umurnya 3 tahun.
pengalaman hamil pertama dan melahirkan anak pertama di jepang, dalam masa studi saya dan hanya dengan bantuan suami semata, tanpa bantuan keluarga dan orang tua, kami berusaha untuk membesarkan bersama.
Benar-benar pengalaman yang berharga di hidup saya. disaat yang bersamaan saya harus menjadi istri, ibu dan mahasiswa di negeri orang pula.

Posisi saya sekarang masih menjalani studi di jepang, dan baru akan selesai tahun depan.
Karena beberapa alasan, saya terpaksa menyerahkan anak saya bersama bapaknya di indonesia. yang berperan sebagai 'ibu' sekarang adalah suami saya.
sudah 5 bulan ini saya menjalani LDM, saya berpisah dengan anak saya ketika dia berumur 2,5 tahun, dan sekarang terasa sangat sepi sekali. barangkali saya menjadi perwakilan bagaimana rasa kangennya para bapak yang meninggalkan anak dan istrinya di perantauan.

berat sekali rasanya ketika harus berpisah dari anak.
banyak hal yang terlewatkan, terutama dalam hal tumbuh kembang anak.
sebagai seorang ibu, banyak sekali yang ingin saya lakukan untuk bisa ambil peran dalam membesarkan anak, tetapi saya tidak bisa memaksakan keinginan saya dan menuntut terlalu banyak ke suami.
jadi bisanya sekarang hanya berharap yang terbaik untuk anak.

pernah panik ketika anak saya sakit, dan suami juga bingung harus melakukan apa saja. hape tidak pernah lepas dari tangan saya, selalu instruksi segala hal dan sebisa mungkin mendampingi mereka. tapi ya itu, rasanya sangat gemas, sedih, marah.

ikatan antara ibu dan anak kerasa. antara percaya dan tidak percaya, pas saya sakit, anakku juga ikut sakit. pas saya banyak menangis karena saking kangennya, anakku juga ternyata rewel.
sebisa mungkin sekarang saya menjaga perasaan saya supaya tidak menyusahkan orang-orang yang ada di sekitar anak saya.

kadang saya merasa iri dengan para ibu yang bisa membesarkan anaknya secara langsung. alhasil, sekarang saya selalu menghindari tempat keramaian dimana banyak anak-anak kecil, karena saya pasti akan teringat anak dan merasa bersalah sekali.

barangkali ada pengalaman para Mom yang mirip seperti saya..


thread-thread yang ada di urbanmama ini benar-benar menyemangati saya (meskipun ada juga yang membuat saya semakin kangen dengan anak).

Semoga thread ini aktif lagi.
terimakasih