1

Topic: Mengatasi Ketakutan/Trauma

Waduh Thal, gawat jg kalau phobia bneran. Gue coba browsing lbh lanjut deh si eremikophobia ini.

life is about making choices

2

Topic: Mengatasi Ketakutan/Trauma

hihihi baru baca aina ama boko..lucuuuu...
eh mamanyanaya sepupu gue ada juga loh yg takut ama rambutan hehe samaan ya ama elo. sebenernya gue jg ada trauma kaya gitu, malah udah bisa dikategoriin phobia. kalo ama kucing, gue takut geli gitu, sebabnya ampir sama kaya aina nya thalia, si kucing tiba2 nemplok di muka gue, padahal sebelumnya gue berani banget ma kucing bahkan cenderung bully kucing2 liar hihihi..
nah kalo yang phobia, gue takuuuuttt banget ama ikan yang ada kumisnya (bahkan nyebut namanya aja gue ga bisa..kaya voldemort yah hihihi)..kalo ada yang nyebut namanya aja gue bisa merinding ga jelas,bahkan gue pernah nangis gara2 temen2 sekelas ngerjain gue serempak bilang namanya itu ikan hehehe..bahkan saking gawatnya, pernah keluarga gue beli pecel **** dan disimpen di meja makan, cuek aja karena gue lagi di luar kota. taunya malem gue balik masih ada di meja makan, dan entah kenapa badan gue merinding pas masuk ke ruang makan, pdhl gue gatau disitu ada makanan itu. gue baru tau pas bokap gue lari dari ruang tamu buat ngebuang itu makanan takut keburu ketauan ama gue, dan dibuangnya pun harus diluar rumah hehehe..sampe sekarang gatau gimana caranya ngilangin itu..tfs ya wit mamanyanaya

biar ga oot..gue sekarang lagi bingung traumanya aysha nih..kepalanya pernah diguyur ama gue pas lagi keramas, maksud gue biar dia belajar aja pelan2, eh malah sejak itu tiap keramas belom apa2 udah teriak histeris. gimana ya..

~Aysha's mom~

3

Topic: Mengatasi Ketakutan/Trauma

Kalo saya takut banget sama ulet bulu n kaki seribu.

Jadi waktu kecil dulu (kira2 kelas 3 SD) saya manjat pohon rambutan depan rumah. Gak lama kemudian kakek saya keluar rumah (beliau agak gak suka anak cewek manjat2 pohon), karena panik saya buru2 turun. Lha pas mau turun saya megang dahan pohon tiba2 terasa kenyal (doohh merinding nulisnya), kagetlah saya...saya intip...huwaaaaaaaaaaaa...ternyata ulet segede 2 jari orang dewasa. Histeris saya, gak berani turun, nangis sekenceng2nya, teriak2. Pokoknya heboh sampai akhirnya saya harus dievakuasi sama om saya. Tiga hari selepas itu, kalo tidur siang saya suka mimpi buruk n jerit2 sendiri. Sampai akhirnya gak pernah tidur siang krn takut mimpi ulet. Sejak saat itu, liat ulet pasti saya udah balik badan n lari menjauh min 100m. Bahkan waktu SMA, saya pernah pingsan gara2 dilempar ulet sama temen saya.

Kalo kaki seribu, mulai dari nenek buyut saya takut semua jadi kayanya ini turunan. Dan kalo liat kaki seribu, tulang saya kaya lepas, yang ada gak bisa lari tp ditempat n jerit2 sambil merem. Unfortunately, saya ini hidup dilingkungan yang banyak pohon dan agak lembab. Pas kan tempat hidup ulet n kaki seribu. Dan karena terlalu waspada saya ngerasa kok malah sering ketemu ya...hehehe..

Saya lagi bingung ni, kalo saya liatin ketakutan saya ke anak saya pasti dia juga bakalan takut. Apalagi sm kaki seribu, rekor dah nanti...7 turunan takut semua (ini semua lho...laki n perempuan hehehe...yg gak takut cuma suami saya). Kadang saya mikir, apa saya perlu terapi ya? hiks....parah banget soalnya....

4

Topic: Mengatasi Ketakutan/Trauma

Mia, samaan ya Aysha ama Naya, kalo mau keramas heboh, maunya keramas ala salon, jd mukanya ngga diguyur. tapi pelan pelan gua paksa juga sih, biar dia terbiasa. awalnya jerit-jerit juga sih. jd gw mandiin dulu nih, bilas sabunnya, trus di ember besar sisain airnya yg cukup bwt dia berendem (dia suka bgt berendem), trus abis dikeramasin, guyur air, kan jerit-jerit tuh, lgs gw cemplungin ke ember itu, sambil bilang "nah, udah selesai, naya berendem dulu ya..." diem deh dia :D *emak sadis*

"Naya sayang Papa sebesar Mama, sayang Mama sebesar Papa"
*terharu*

5

Topic: Mengatasi Ketakutan/Trauma

mamanyanaya wiiiittt, yg gue guyur itu cuma sekali, setelah itu selalu ala salon...tetep jerit2 huhuhu..bahkan baru dipakein sampo aja udah mewek :( jd berasa disiksa gitu..udah ga mempan berendam2 gitu pdhl dia suka bgt,yang ada mau lari keluar kamar mandi :( :(

~Aysha's mom~

6

Topic: Mengatasi Ketakutan/Trauma

Mia, Mamanyanaya,
share aja, yach..
dulu Akbar jg smpet takut bgt kramas. gara2nya ayahnya ngeguyur dy wktu mo kramas. sjk saat itu, dy bnr2 ga mau kramas, bahkan ala salon. aq ksh pnjelasan klo rambutnya bs bau n bnyk kotoran jg g mempan. ampe bingung deh gmn caranya ngbuat dy mau kramas. :(
smpe akhirnya, aq nyeletuk, klo aq baru kramas. jd rambutnya kalah wangi. eh.. tau2 dy blng dy mau koq kramas. tp besok.. haha.. ga pp deh yg penting da perkembangan..
n skrng.. aq ga harus minta dy kramas, krn tiba2 bs aja dy bilang.. "Bunda, aq kramas ya, sama bunda, biar rambutku lebih wangi" walaupun mpe saat ini, msh kramas ala salon.. haha..

cm.. skrng lg bingung, gmn caranya ngebuat akbar ga takut sendirian. ga cm malem, tp jg sepanjang hari, dy ga mau klo ga da orng di dktnya. maunya ngikuutt aja.. pdhal dulu dy berani nonton tv sndirian di ruang dpn, aq da di ruang belakang.. help mamas yg punya pengalaman sama.. share ya.. tq

7

Topic: Mengatasi Ketakutan/Trauma

alyssa dr bayi juga bencii banget dikeramasin. kita sempet beli 'topi penadah busa' tapi ribet juga makenya :)
akhirnya diakalin dg 'gaya salon' (dia suruh liat ke atas) dan kita selalu sedia waslap/handuk, jadi begitu mukanya basah langsung bisa dilap.

nah, tapi jadinya dia suka ribet kalau berenang.. gak mau nyelem atau kecipratan air mukanya. sampai pas waktu mo les renang, syaratnya adalah anak sudah berani air dan gak takut nyelem.. akhirnya kita akalin dg beli kaca mata renang, terus dia suruh ngambil mainan di dalam kolam.. lama2 dia jadi 'berani'.

tapi.. dia tetep gak suka kalau mukanya basah :) jadi yah tetep ngehindar kalau mandi..

oya kalau soal phobia, Al sih so far gak ada fobia apa2.. justru emaknya yang penakut. gue tuh fobia uler, liat gambar di majalah aja gak berani..;
dan kalau ke kebun binatang gue gak mau deket2 tempat reptil.
Nah beberapa bulan yg lalu, tau2 ada yg kasih alyssa uler2an.. terus alyssa nunjukin ke gue.. gue kabur.. tapi alyssa ngejar..
ya ampun.. asli gue jadi histerisssss banget terus nangis sesegukkan sampai lemes.
drama banget..

gue nyesel abis tapi yah pada saat itu gue bener2 gak bisa mikir. yang gue takutin, gue 'nularin' phobia ini ke al.. bisa gak sih?

8

Topic: Mengatasi Ketakutan/Trauma

deffitha, mamanyanaya alhamdulillah sekarang aysha udah ga heboh lagi kalo keramas, tapi selama ini mandi sama mbaknya, gatau deh kalo dimandiin ama gue lagi, bisa jerit2 lagi deh dia :P malah mbaknya yang bilang gini "skrg aysha udah ga nangis teh kalo mandi, jadi teteh jgn guyur lagi ya, nanti aja agak gedean, abisnya susah sembuhnya" hihihihi..gue ngangguk2 aja..

~Aysha's mom~

9

Topic: Mengatasi Ketakutan/Trauma

masih soal ke dokter nih, ada nggak sih dokter anak yg kalo anaknya diperiksa nggak perlu pake di pegangi tangan n kakinya? itu kan bikin anak jd trauma..and cyrill sejak 15 bln dibawa imunisasi jd takut ke dokter.liat lobi RS aja dia udah mau mewek, apalagi pas liat dokternya, wew..

padahal si dokter juga nggak serem tampangnya, and ruang prakteknya full mainan. toddler yg blom bisa ngomong lancar kanblom bisa dibujuk pke kata2 ya..
liat fotonya si dokter aja dia kabur.

mainan dokter2anala Thalia juga susah kayaknya :D

*mama si unyil ganteng*

10

Topic: Mengatasi Ketakutan/Trauma

thalia sukaa banget sama cerita si Boko yang otaknya rusak karena makan lumut sabun hehehe
senangnya sekarang sudah gak takut lagi ya.




Kalau Davin sama Cicak, kucing, tokek gak takut. Tapi kalo nonton TV udah muncul tulisannya yg menandakan acara mau habis. Dia langsung lari ngejauhin TV. *garuk garuk pala

Baby's Stuff, Kiddo's Stuff n Mommy's Stuff ....
di DavaraShop

11

Topic: Mengatasi Ketakutan/Trauma

ibu- ibu..kalau saya phobia ditinggalin. Pokoknya takut kalau ditinggalin kecuali kalo dari awal emang sendirian. Misalnya dulu, pergi ke rumah nenek sama org tua. trus saya ketiduran. Eh, waktu kebangun,org tua saya udah pulang. Emang sih deket rumahnya, trus ortu saya ga mau ngebangunin.

Nah, itu kebawa banget sampai saya gede. Kalau saya tidur ama suami, trus pas bangun suami ga ada (mis: lg ke wc), wah saya takut setengah mati tuh, n kayak gini sempet kejadian beberapa kali waktu saya hamil.

nah terus...tampaknya menurun ke si anak :(
gimana ya ngatasinnya? Lah wong saya aja belum teratasi..huhuhu

12

Topic: Mengatasi Ketakutan/Trauma

eh..eh... senasib banget nih...
KIRA-KARA juga trauma ke dokter. Masuk ruang dokter, baru masuk aja udah bingung kayak mau diapain aja.. Kalo ke klinik, baru aja sampe lobinya udah bingung gak karuan. Di alihkan perhatiannya buat diajak main, tetep aja mainnya gak konsen, sambil toleh kanan-kiri. Masuk ke ruang dokternya udah langsung tutup mata, gak lama kemudian tantrum. Kompak pula si kembar ini. Meskipun dokternya ramah dan baik juga sama aja.. kalo konsul jadi gak nyaman menghadapi 2 anak yang nangis, takut berat. gimana ya cara mengurangi traumanya? Bisa hilang seiring usia gak ya? Atau ada terapinya untuk anak yach?
Maaf gak bisa membantu Mamas yang lain, malah menambah pertanyaan. Eh TUM ada ahli psychology yang bisa bantu di forum ini gak yach? :)
TIA

-WiwiT-
An ordinary bunda of twin amazing angels, Kira and Kara Setyadi
@wiwidwadmira | the Setyadi's

13

Topic: Mengatasi Ketakutan/Trauma

mamas anak saya umur 18mo, tapi takuut banget naik odong2 dan semua jenis permainan yg ada di playground, setiap kali ke mall kalo lewat playground dia ngeliatiin, dan saya jg udah sering ngajakin dia masuk ke playground dan naik wahanany, tapi anaknya malah nangis kejer+wajahnya pucaat banget.. yg ada saya malah kasihan liatnya.. eh dia juga kayanya takut naik mobil juga, setiap diajakin naik mobil nangis kejer+muka pucet.. pdahal klo liat mobil jalan heboh teriak2, manggil2 cars..cars, tp begitu diajakin masuk lgsg pucet..

14

Topic: Mengatasi Ketakutan/Trauma

lely lp anaknya persis banget kayak anak saya yang pertama. kalo adeknya liat apa2 excited dan naik apa2 mau/ngga takut,kadang si mas ini disuruh liat adeknya dulu berharap biar berani,tapi tetep aja ngga beraani2.
Sampai pada akhirnya di umur 4,5y ini udah mulai bisa kurang rasa takutnya sama mainan2 yang bergerak. tapi sometimes masih suka ngeri kalo choochoo train mau lewat (lompat2 ngeri terus ngumpet)

Intinya sih dikenalin pelan2 sama objeknya dulu,jangan langsung sekali jleg gitu. misal di playground dia mau naik mobil2an,jangan dikasih koin dulu,biar aja kenalan dulu,nanti lama2 baru ditawarin,digerakin mau nggak? nanti mobilnya bisa gerak/goyang seru lho,gitu2 aja dulu.

HTH ya

Love my kids

twitter & IG : @ndiievania
blog : https://ndiievania.wordpress.com/

15

Topic: Mengatasi Ketakutan/Trauma

Ikut sharing mom..Oghi sih baru mau 7bln..senin kemarin dia masuk angin..2hari ga pup (sory) perutnya kembung gitu..ahkirnya kita bawa ke tukang urut bayi..sekalian udah lama dy ga diurut..tapi baru mak urutnya dateng dy udah nge jerit-jerit gitu..blm nangis sih cm jerit-jerit, nah pas dipegang sama mak urutnya baru deh dy jerit sampe oktaf tertinggi..dari awal pijit sampe selesai nangis jerit-jerit terus..abis itu nenen trus tidur..
nah sekarang dy kalo ada yang usap-usap punggungnya gt langsung teriak, kaya takut gitu..padahal cuma usap aja..aku jadi takut dy trauma..gimana ya mom buat memastikannya?thanks..

love my both sa3a1 <3

16

Topic: Mengatasi Ketakutan/Trauma

kalo iddo trauma dengan tokek. tadi nya kalo ditinggal dikamar sendirian cuek aja. berhubung si tokek besar pas bersuara kenceng banget & dia liat pas lg bunyi jadi deh takut. semenjak itu kalo bnr2 tokek jarak nya deket bgt sama dia bisa nangis2 trus agak gemeteran gitu. binggung juga sih ngatasin nya. semoga semakin besar bisa mengendalikan rasa takut nya.

17

Topic: Mengatasi Ketakutan/Trauma

Halo mommies..
Minta saran dong buat Alanza (13month), takut sama suara harmonika -.-

Jadi ceritanya, akhir desember 2013 kemaren, Ayah Al bawa harmonika dari rumah Yangkung.
Begitu sampe Jogja, langsung dikenalin sama Al. Ditiuplah harmonika dngn super duper pelan. Dan yg terjadi adalah, Al jejeritan nangis kejer. Ditiup kenceng, juga sama aja nangisnya -.-
Padahal sama alat musik lain, Al oke oke aja. Gitar, drum, piano, bahkan biola juga asik asik aja bocahnya *gamelan helum nyoba sih*

3 hari kemudian, dicobain lagi sama Ayah Al, masih nangis. 1 minggu kemudian, dicoba lagi ditiupin, masih nangis juga. Okelah, akhirnya kami memutuskan buat memusiumkan harmonika itu.

Sampe akhirnya, awal februari ini, dicoba lagi *dengan asumsi, siapa tau Al udah berdamai sama suara harmonikanya*, ditiup lagi sama ayah Al.
Taraaaaaaa.. masih sama -.- nangis, trus tangannya meang aku kuat kuat. Dan dutambah lagi, tiap liat harmonika itu, dia jadi bergidik ngeri.

Gimana ya, Moms? Ada saran?

Oiya, pernah dicoba, dikasih harmonika lain, g takut kalo g dibunyiin, masih mau peganglah. Tapi begitu dibunyiin, nangis lagi -.-

Thenkies mommies

Bunda Alanza | @bocahkijil
http://goo.gl/f6HflR

18

Topic: Mengatasi Ketakutan/Trauma

Thread ini kan mengatasi ketakutan/trauma, nah please help Moms caranya mengatasi ketakutan Arsyad (17bln) tiap kali pakai lift di mall/kantor. Terakhir kali di dalam lift dia diem aja sih tapi badannya gemetaran, padahal kita sekeluarga rame2 uda berusaha mengalihkan perhatiannya :(
Kalau mengatasi dgn tidak naik lift lagi sih bisa, lha kalau kebawa sampai gede terus anaknya kerja kantoran di lantai sekian, apa ngga gempor naik tangga (kejauhan mikirnya, penyakit mak-mak parno).

Kesyukuran tak terhingga

19

Topic: Mengatasi Ketakutan/Trauma

Mamy Arsyad dulu anak #1 gue juga takut banget naik lift,bisa teriak2. Rada lama ngga ajak naik lift juga,dan pas mulai kenalin lift bareng2 sama 2 adeknya,jadi dia ngga ngerasa sendiri,dan harus jadi contoh keren buat kedua adeknya (ini dia sendiri yang bilang)
dan baru mulai berani ya sekarang2 ini di umur 4th10bln,malah udah nagih2 naik lift :p

intinya sih kalo ngenalin lift pelan2 aja biar ngga takut,diajak ngobrol tentang cara kerja lift biar anak tau kalo ngga perlu takut sama lift.

kalo pengalaman anak gue tadi sih karna ada lift yang "berasa" banget pas naik turun sama yang "alus"

Love my kids

twitter & IG : @ndiievania
blog : https://ndiievania.wordpress.com/

20

Topic: Mengatasi Ketakutan/Trauma

dindamarhaeni - mungkin ga kalo suara harmonikanya itu bikin kuping alanza sakit? mungkin ada frekuensi bunyi tertentu yang kebetulan alanza sensitif ama frekuensi itu?

? comic and crochet addict ?
theurbanmama.com | @turniptopia

21

Topic: Mengatasi Ketakutan/Trauma

thalia,
ada juga ya yang bisa sensitif sama frekuensi tertentu?
Bisa jadi juga sih ya *nanya sendiri, jawab sendiri -_-*
sementara ini, masih konsul sama dsa (kebetulan kakak sendiri), coba nanti sekalian aku konsul-in soal sensitif dng frek tertentu ke bag tht.

Thank You :)

Bunda Alanza | @bocahkijil
http://goo.gl/f6HflR