1

Topic: Campak pada bayi

Duh, OOT gk ya ni...

Rubella yg baru dialamin ma mamaarza tuh sama gk ya dengan rubella gank nya TORCH??

Soale aku pernah kena dan ketauannya kalo aku pernah kena rubella itu ya pas cek darah rangka TTC...aku tanya ke DSOG ku sebenernya gejala n sakitnya tu kaya apa sih wujudnya...beliau bilang cuma kaya flu, dan hanya bisa diketahui lewat cek darah, jadi kalo dari luar kita gk bisa bedain itu flu biasa ato rubella...dan seingatku aku emang sebelum itu pernah kena flu parah...cuma gk ada bintik2 ato gatel2...bener2 kaya flu...apa mamaarza juga mengalami seperti itu? ato emang gejala n wujud sakitnya rubella ini beda2 di tiap orang? just want to know....mommies momod...dipindah aja kalo pertanyaanku xtremely OOT hehhee....

coffee is one of my best friend...

2

Topic: Campak pada bayi

mommyaira..bukan mamaarza, tapi mau sedikit menjawab.
Iya, memang itu rubella/campak jerman yang di tes TORCH. Menurut dsogku dl memang infeksi rubella pada tiap orang gejalanya berbeda2, kadang sulit dikenali kalau ruam tidak tampak. Rubella, roseola, dan rubeola memang kadang disertai dengan flu, tapi bisa juga tidak. Pada kasusnya ibuku dan anakku, dua2nya tanpa disertai dengan flu.

mamaarza..tfs ya.

3

Topic: Campak pada bayi

indrianiaaahhh, i seee....tq!

coffee is one of my best friend...

4

Topic: Campak pada bayi

Oke..oke..
Sekarang giliran thread ini..
Raka minggu lalu demam..panas banget kepalanya.. maksudnya lebih panas dari biasanya tapi begitu di temp..'cuman' 36.7c. Rewel.. bangun2 dan nenen terus. Besoknya..anget dikit.. trus lusanya normal lagi..
Awalnya suspect teething ( G.R mode )

Terus..ternyata 4 hari yang lalu..doi batuk2.. trus besokannya batuk pilek hebat.. batuk2nya kayak orang gede. Home treatment sejak saat itu.. uap telon, kayu putih, gosok2, jemur2.. Sehari batuk berkurang.. 2 hari (kemarin) ilang. Tinggal meler2 dikit banget.

Naaah.. tadi pagii.. di punggung dan dada Raka banya banget bintik2 merah kecil2 nyebar cakep.. Awalnya gue kira biang keringet...secara abis batpil mungkin keringetan soalnya AC dinaikin suhunya. Atau..kayak kata mamas di thread batpil..bisa jadi muncul ruam kalo abis batpil.

Nah.. tapi nyasar ke thread ini.. bisa jadi campak juga dong ya? soalnya panas, batpil, trus muncul bintik2.

Jadwal imunisasi campak Raka minggu depan.. (pas 9 bulan).

Gimana bedainnya biang keringet, ruam akibat batpil, atau campak ya mamas?
Trus..penanganannya masing? Harus segera dokter kah? atau biarkan daya tahan tubuh beraksi?

TIA
*PS: saat ini Raka tidak panas, tidak demam, tidak susah makan, tidak lemas,tidak rewel*

Bibunya Raka dan Rayyi
Twitter : @tickzie
Tumblr : bibunyaraka.tumblr.com

5

Topic: Campak pada bayi

Thanks indriani budi utami sudah menuntun saya kesini... seandainya baca ini dari awal yaaa... gak bakalan itu puyer saya masukin ke KIRA. hhmm.. gpp daripada gak tahu sama sekali. Alhamdulillah KIRA udah ilang merah2nya. Nambah ilmu lagi... Oh iya, cerita awalnya ada disini ya Mama... http://theurbanmama.com/forum/post110266.html#p110266 Daripada ketik ulang... heuheu... Thank you TUM.

-WiwiT-
An ordinary bunda of twin amazing angels, Kira and Kara Setyadi
@wiwidwadmira | the Setyadi's

6

Topic: Campak pada bayi

Tickzie wrote:


Gimana bedainnya biang keringet, ruam akibat batpil, atau campak ya mamas?
Trus..penanganannya masing? Harus segera dokter kah? atau biarkan daya tahan tubuh beraksi?

/i]


Tickzie
IMO, Biang keringat bintik-bintik kecil dan hanya muncul di daerah2 tertentu, seperti lipatan tangan/kaki, leher, belakang telinga. Kalo campak baik rubeola maupun roseola, merah-merahnya hampir seluruh badan. Dan ruam merahnya mirip alergi atau abis kena gigit nyamuk/semut. coba liat foto kulit yg kena campak di thread hal 1. ada tuh foto anaknya indri kalo gak salah.

-WiwiT-
An ordinary bunda of twin amazing angels, Kira and Kara Setyadi
@wiwidwadmira | the Setyadi's

7

Topic: Campak pada bayi

Balik lagi ke thread ini...

Bbrp minggu lalu Ilyasaku (3.8 tahun) kena roseola. Awalnya ga nyangka sakitnya karena roseola, karena demam tingginya bertahan sampai 5 hari. Demam baru turun di hari ke-6. Dulu aku pikir kalau roseola itu demamnya cuma sampai 3 hari, ternyata aku salah :P

Waktu demamnya di hari ke-4 belum turun, aku bawa dia ke RS buat cek darah. Hari itu kondisinya Ilyasa drop banget karena ga mau tidur dan makan. Dari sakit hari pertama mmg dia kutinggal untuk jagain adiknya yg lagi opname di RS. Lagi sakit, dan ga ada mama-papa-adik, bikin dia stress kayanya, jd ga mau makan+tidur. Hasil cek darah semuanya bagus (masih dalam batas normal), cek darah untuk thypus dan DB juga negatif. Hasil cek urin juga bagus (tadinya sempat juga dicurigai ISK). Hasil tes feses juga bagus. Bahkan sempat rontgen krn dikira ada radang paru-paru kaya adiknya, dan hasilnya juga bagus. Ilyasa dirawat di RS 2 hari. Setelah demam turun Ilyasa boleh pulang ke rumah. Cuma yang bikin aku penasaran, sampai kami pulang, belum ketahuan dia kena infeksi virus apa. Baru ketahuan kalau dia terserang roseola di hari ke-7, ketika rash warna pink muncul di sekujur tubuhnya.

Gejalanya:
[list=1]

  • Demam tinggi 39-40 degC. Waktu hari pertama, demam baru muncul di malam hari, tapi langsung melesat ke 39 degC. Jika kuberi obat turun panas (paracetamol), demam turun 1-3 jam, tapi naik lagi. Demam baru turun di hari ke-6. Ternyata memang demam roseola antara 3-5 hari. Demam agak berkurang di siang hari, tapi di malam hari pasti naik tinggi lagi (39-40 degC). Oya, hari pertama aku sdh bawa Ilyasa ke dokter (sekalian, adiknya jg sakit soalnya). Pertama aku curiganya dia radang tenggorokan, ternyata kata dokter bukan karena radang tenggorokan. Dan memang sih ga ada batuk/pilek.[/*]
  • Hari ke-2 setelah demam turun (hari ke-7), kulihat dia kok malah makin lemes, maunya tidur terus, padahal waktu demam malah masih lumayan aktif. Terus juga muncul keringat dingin. Saat itu kulihat di sekujur badannya muncul rash warna pink. Rash-nya bergerombol kecil-kecil, mirip kalau kita terserang virus herpes (kalau herpes rashnya warna merah terang), dan di tengahnya rash kelihatan seperti berair, tetapi rash ini tidak menyebabkan gatal/sakit. Pada Ilyasa rash hilang 1-2 hari terhitung dari waktu muncul pertama.[/*]
  • Pada Ilyasa komplikasinya diare (sebenarnya masih 2x sehari sih, tapi teksturnya berair) dan batuk pilek ringan.[/*]


    Kmrn sempat tanya2 juga ttg roseola ini ke prof. dr. Abdurachman, ternyata roseola bisa juga menyerang orang dewasa, "semua orang akan kena, tinggal tunggu giliran", begitu kata dokter. Oya, dari sejak muncul rash merahnya, kita dipesan agar Ilyasa istirahat dulu di rumah 5 hari, ga jalan2 dulu. Tapi pelaksanaannya ternyata susah:D.

  • 8

    Topic: Campak pada bayi

    Hi moms.. mo share juga..

    kebetulan baby aku juga dari hari minggu demam tinggi sampai 38,5C. Aku kasih paracetamol, tapi ga turun2 panasnya, dan cukup rewel hari itu. Tapi tetap aktif seperti biasa.
    Hari Senin masih panas jg, aku bawa ke dokter, diagnosa nya kena virusm karena ada infeksi/radang di tenggorokan, lalu dikasih antivirus dan racikan vit C dan zat besi.
    Hari Selasa, panasnya turun ke 37,5C dan keluar bintil2 merah di area badannya. Aku sdh takut ini flu singapore, aku bbm dokter, kasih liat gambar bintil2nya, langsung dia bilang baby aku kena roseola infantum
    "Roseola is a viral infection that commonly affects infants and young children. It involves a pinkish-red skin rash and high fever."
    Dalam 3-4 hari akan keluar terus bintil2nya, panas juga akan turun pelan2 (awet kata dokternya)
    Aku attach gambar bintil2 anakku ya... biar keliatan bedanya

    http://i1296.photobucket.com/albums/ag14/nixcute/D1_zps3a1c58ad.jpg

    9

    Topic: Campak pada bayi

    Kemaren keanu (8m2w) jam 9 pagi muncul rash kecil d belakang telinga & pipi sblh kiri,aku pikir itu alergi soal ny 1 jam sblm ny dia baru makan quaker oat.. Dua jam kemudian badan nya demam,jd rewel.
    Malem ny masih demam dan rush ny mulai menyebar k punggung sm. Perut ny,tngan &kaki ny engga,

    Dan yang paling parah muka nya penuh rash dan merah sekali..sedih ny,,
    Sampai saat ini blm aku kasih obat apapun.
    Masih ragu nih mom mandiin apa engga yah,kl cuma d lap,rasa ny kurang afdol.
    Oh yya mom,apa mungkin ya campak ini d sebabkan karena kecapean abis lebaran kemeren,gendong sana,sini,, maka ny sistem imun jd menurun ya.:)

    10

    Topic: Campak pada bayi

    Mau share jg..
    Anak saya br aj sembuh dr demam..klo diliat dr ciri2 sih kyny roseola infantum.
    Hr kedua lebaran badan nizam "menghangat" dan malamny lgsg pns bgt mencapai 38,8. Trus siang besokny agak turun tp ga bnyk cm ke 38,3.
    Ehhh...mlmny mlah jd 39,8. Panik sih...mertua lgsg nyuruh bawa ke dsa,tp saya n suami sm2 pgn meminimalkan obat dan kn msh cuti bersama ga ada dokter yg buka.
    Saya treatment drumah aj,saya minumin sanmol trus komprea anget.
    Dia agak rewel dn mau digendong mulu,siang mlm kerjaan saya cm gendong dia. Dua mlm yg saya tidur sambil gendong. Aduuuhh..berat boo..
    Tp saat digendong gt kayany panas bdan dia ky ketransfer gitu y ke saya..
    Syukur alhamdulillah hr senin kemarin demamny udh reda dan ga lama keluar merah2 dibadanny. Kayany ga gatel krn dia ga garuk2.
    Dan hr ini sdh sembuh merah2ny..dan nafsu mkn jg udh bgs..

    11

    Topic: Campak pada bayi

    Moms..klo babyku kronolginya gini:
    Demam tinggi sampai 39 dercel mulai sore sampaimalem, minum paracetamol turun, berlangsung 3 hari.
    Makan dan minum nya untunglah tidak berpengaruh, tp badannya kerasa agak lembek klo dipegang, biasanya kerass..
    Setelah demam reda, muncul bintik2 merah, pertama di perut dan punggung, besokannya mulaike muka, tangan dan kakinya..
    Tapi bintiknya ini aga muncul / timbul.
    Ini gejala apa ya moms, bukan cacar air ya...?

    12

    Topic: Campak pada bayi

    Klo campak/roseola ga perlu obat2an ...tp klo cacar itu perlu treatment khusus ato enggak ya?

    13

    Topic: Campak pada bayi

    Firza 11m yo, baruuu aja smbuh dr campak,
    Mulai demam dr hr jum'at pagi, pas siangnya di ukur smpe 38,8 derajat, lgsung ak ksh paracetamol, agak turun, malemnya naik lagi sampe 39,3 derajat.. Begitu terus naik turun suhu sampe hari ke tiga siap2 mau cek darah besoknya, eh kluar bercak/ruam merah2 ke seluruh tubuh, konsul ke sepupu yg dokter, campak..
    Udah deh ga jadi cek darah, cukup home treatment aja, saran dia sih tetep dimandiin air anget, ak mandiin sekali sehari, alhamdulillah hari ke 6 sembuh..hr ke 7 bercak/ruam sdh hilang.. Duh kl inget hari2 itu.. Nightmare bgt, krn diantara kesakitannya firza selalu gigit2 PD smpe berdarah2..dan utk pertama kalinya aku nangis ngliat pnderitaannya *rewel, nangis saat suhu sdg tggi* huhu ..

    "The moment a child is born, the mother is also born. She never existed before. The woman existed, but the mother, never. A mother is something absolutely new.”

    14

    Topic: Campak pada bayi

    Please help me momss... Aku baca thread ini kok sama ya dengan gejala anakku.. Anakku udah 2minggu ini batuk-batuk, aku cuma kasih obat batuk Mucopect trus juga disamping batuk anakku ada pilek juga.
    Nahhh... Ini nih kemaren pagi, anakku punya gejala yang sama dengan moms bicara kan disini.

    Gejalanya :
    1) Kemaren pagi pas dimandiin muncul bentol-bentol merah di punggung,.. Aku kira ntu gatel biasa. Trus siang hari ruam-ruam merah tambah menyebar ke bagian belakang telinga sampe kepala en daerah punggung juga. Ditambah kondisi badan anakku panas tinggi 39,3 degC langsung aku kasih paracetamol en badan yang ruam merah-merah aku kasih bedak Caladine.. Kok sampe sore en malam, ruam merah semakin menyebar banyak ke muka sampe punggung en kaki. Deg-degan aku moms.. Secara, aku belum pernah mengalami situasi anak kayak gini. Ya panas lah, muncul merah bentol gede.. Kata suamiku sih kaligata.. Tapi tetep aku kepikiran terus.

    2) Hari ini muka anakku bengkak moms :( *nangiss trus bawaan anakku ga mau mam, maunya ASI aja.. Badan dan kaki bengkak yaitu dari ruam merah gitu. Dari kemaren obatnya cuma di olesin bedak caladin cair doank. Trus panas nya juga masih tetep tinggi..

    Memang anakku belum pernah di vaksinasi MMR sedangkan anakku udah usia 16mos.. Kalo memang anakku udah kena campak gini apa harus di vaksinasi MMR moms ? Mohon pencerahan nya ya moms

    Instagram:Kemalasary
    Twitter :@perfectX2n

    15

    Topic: Campak pada bayi

    Hai mommies..
    babyku 5mos hari Jum'at kemaren tiba-tiba panas ampe 39,9 derajat nyaris 40 hiks. Alhamdulillah keesokannya turun dan dia ceria lagi. Eeh hari minggu malem nya dia panas lagi tapi ngga setinggi panas sebelumnya, stabil di 38,4 - 38,9. Selasa pagi kaget, seluruh badannya bentol bentol apa bercak merah gitu kayak digigit nyamuk. Aku langsung curiga jangan-jangan ini campak, googling sana sini makin yakin kalo baby ku kena campak, sedih rasanya. Jadi dia lemes aja gitu, tapi ngga rewel.
    Jadi kalo bayi dibawah 6 bulan kena campak sebaiknya gimana ya moms? FYI baby ku masih ASIX. Makasi mommies

    16

    Topic: Campak pada bayi

    Campak mirip roseola kan ya bintiknya? Alisha juga gitu, panas dulu 2 hari sampe 38,7 pas panasnya turun keluar deh bintiknya.. Tapi ga diapa2in sih paling dikasih sebamed/ sudocrem aja, 3hari kemudian menipis dan hilang ga berbekas..
    Smape sekarang saya ga tau itu campak apa roseola :p

    http://www.lianakirana.blogspot.com/
    twitter : @_LianaKirana_
    grateful to be born as a woman. chances to experience beautiful experience are gifted. one of them is breastfeeding.

    17

    Topic: Campak pada bayi

    mau sharing ya mom.. minggu lalu anakku (12m3wk) baru bgt kena HFMD (Hand Foot Mouth Disease) atau lebih dikenal dengan flu singapore. klo kata DSA nya anakku, dia masih sejenis virus campak (sodara jauh lah).

    awal mula nya hari sabtu dini hari anakku demam-demam sumeng gitu.. aku masih diemin aja karena makanan masih ada yg masuk pagi nya dan masih mau nenen. agak siangan kira2 jam 10 kok dia jadi rewel ampun2an dan lemes..biasanya klo di mobil jumpalitan, nah ini anteng aja nempolok di dada aku.. mulai lah khawatir.. aku pikir dia ketularan flu batuk krn kebetulan aku lagi batuk juga.. makin siang kok makin anget sampe 38.5..akhirnya aku kasih sanmol.. abis dikasih sanmol, enakan dan mau tidur..
    dilalahnya sabtu sore itu pas lagi tidur ehh malah naik lagi demam nya sampe 38,9..akhir nya aku sama suami langsung cuss ke dokter (kebetuan ke dokter nya bukan ke dokter yang biasa di datengin krn DSA nya lagi ga praktek ) krn karena kok anaknya panas bgt.. waktu diperiksa dokter dibilang kemungkinan radang atau virus, jd di resepin cm sanmol sama obat anti virus.. cuma diingetin klo sampe senin pagi demam nya ga turun, harus cek lab.
    hari minggu nya anakku demam nya masih naik turun.. udah lumayan aktif tapi gamau makan dan minum sama sekali :( mau nya cm nenen tok aja. ibu nya udah ketar-ketir.
    nah senin pagi nya, krn udah ga demam, aku ttp ngantor..siang2 dikabarin suami klo anakku kok ada bintik merah dan kayaknya berair. langsung panik dan sore nya dibawa ke dokter. Pas diperiksa, baru lah ketauan klo dia kena HFMD karena bintik merah nya cuma ada di tangan, kaki dan di sekitar mulut. lebih negensnya lagi di mulut nya banyak banget sariawan..pantesan dia gamau makan dan minum..hiks..
    dari DSA (fyi, DSA nya anakku dr. Herbowo! juara bgt deh diagnosa nya! *OOT*) cm diresepin sirup anti virus sama obat sariawan drop dan pesan : kasih makanan yg dingin-dingin aja, eskrim juga gpp :D

    kesimpulan dari cerita yg panjang ini : ada kalanya bercak-bercak yang muncul di badan anak itu bukan selalu campak atau cacar.. bisa HFMD bisa juga cm virus biasa.. cuma memang semua nya diawali dengan demam yg cukup tinggi.. jadi pinter-pinter orang tua untuk ngamatin di bercak itu pertama kali keluar nya dimana :)
    FYI, demam karena virus biasa jg mengeluarkan bintik/bercak merah.. tp dia bukan campak..

    HTH ya moms :)

    18

    Topic: Campak pada bayi

    btw, salut deh sama mama-mama yg masih bisa tenang mantau demam dan bercak anak nya di rumah, tanpa gedubrakan ke dokter.. aku kok gabisa ya :( abis baru tenang klo dapet diagnosa dokter.. ga ngincer obat sih..cm ngincer diagnosa aja :p