1

Topic: Ruam Pada Bayi

siska.knoch wrote:
Malam dok, mau nanya.. bermasalahkah kalau menggunakan diaper cream setiap hari?
meski ga bermasalah dengan ruam popok, apa perlu menggunakan cream lagi?
dan adakah dampak negatifnya dok?



Hi Mama Siska,
Tergantung dari diaper cream itu sendiri, sebaiknya disarankan untuk membaca aturan pakai dari cream tersebut. Saran saya, untuk pemakaian setiap hari sebaiknya menggunakan salep atau ointment yang mengandung dekspanthenol karena dekspanthenol membantu dalam metabolisme dan reparasi sel kulit Baby. Salep dan ointment yang mengandung dekspanthenol ini bisa digunakan untuk perawatan kulit Baby, jadi tidak hanya untuk pengobatan saja Ma :)

Semoga sudah bisa membantu menjawab yah Mama

2

Topic: Ruam Pada Bayi

ummi firza wrote:
Ikutan yaa..
Kl firza ga bgtu mslh dg popok, yg jd mslh malah bedak, kl dipakein bedak ke badan itu lgsg ruam2 gtu di badannya, tp kl di bag muka gpp.. Kira2 knp ya dok?
Trmksh,


Hi Mama,
Biasanya apabila si kecil alergi terhadap sesuatu bisa bereaksi di seluruh tubuhnya, jadi kalau menggunakan bedak di tubuh menimbulkan ruam-ruam, hal ini akan terjadi juga begitu digunakan di bagian muka. Asumsi saya, ruam-ruam pada badan Firza bisa disebabkan oleh kontak dengan hal lain seperti misalnya pakaian yang digunakan Firza.

3

Topic: Ruam Pada Bayi

mirmayf wrote:
mauu nanya juga, masih bisa kan ya? ^^
dede rei (4m) semalam pup, pas dibersihkan dia ga bisa diam karena ternyata merah semua dibagian *maaf* pantatnya. mungkin karena perih dia sampai ga bisa diam. habis itu aku pakaikan bepanthen trs baru pake popok lagi. dan setiap kali pup, semakin merah pantatnya. tp pup nya biasa aja, ga keras. apa pup mempengaruhi ruam dikulit bayi dok? atau karena pemakaian popoknya? tp seberapa aman pemakaian cream untuk ruam bayi? boleh sesering mungkin?
trs klo dileher juga pada ruam karena lipatan leher, bisa dipakaikan cream juga kah?
terima kasih dok :)



Hi Mama,
Iya Mama, pup dan pemakaian popok mempengaruhi terjadinya ruam popok. Sebaiknya Mama sering mengganti popok Baby begitu sudah terkena pup dan pee. Kalau yang Mama adalah Bepanthen, perlu saya ralat kalau Bepanthen termasuk ke dalam salep atau ointment bukan termasuk cream. Aman atau tidak menggunakan cream sesering mungkin? Mama bisa lihat di petunjuk penggunaan pada kemasan cream tersebut. Tapi untuk Bepanthen, karena mengandung dekspanthenol boleh digunakan setiap hari sebagai salep perawatan untuk Baby untuk mencegah terjadi ruam popok.
Ruam yang terjadi pada lipatan leher, sebaiknya dilihat ruamnya terlihat seperti apa yah Mama. Kalau seperti ruam popok, boleh menggunakan cream atau salep untuk ruam popok. Tapi kalau kemerahan seperti biang keringat, sebaiknya bisa menggunakan bahan pakaian yang terbuat dari katun, sering mengganti pakaian kalau sudah berkeringat dan mengganti posisi bayi.

Semoga bisa membantu yah Mama :)

4

Topic: Ruam Pada Bayi

dieta hadi wrote:
Dok, anak saya di mukanya sering muncul gradasan merah2, saya berfikir itu mungkin karena ASI, tapi agak ga enak ngelihatnya kalo gradasan gitu merah-merah apalagi di muka, jadi tiap hari saya kasih baby cream dan menghilang sih. Tapi apakah aman saya memberikan baby cream tiap hari dimuka bayi dok? Anak saya baru 3 bulan. Terimakasih ya dok



Hi Mama,
Kalau gradasan atau kemerahan karena ASI boleh menggunakan baby cream setiap hari selama kemerahan tersebut belum hilang. Untuk menghindari terjadi kemerahan yang disebabkan oleh ASI, Mama bisa memilih salep atau ointment yang mengandung dekspanthenol.

5

Topic: Ruam Pada Bayi

otie wrote:
Putriku waktu NB sempat mengalami iritasi di bag. popoknya... Padahal setiap habis pipis/pup sudah dibersihkan dg air bersih pake kapas dan dikeringkan.. Tp emang kalo hbs pup, gak selalu disabunin..
Sebenarnya bgmn mencegah iritasi muncul pada NB...? Kulitnya tipis bgt,, gampang lecet.



Hi Mama,
Sudah benar yang dilakukan oleh Mama tersebut. Kulit Baby sangat sensitif, kadang kurang tepat kalau terlalu sering menggunakan sabun, Untuk mencegah iritasi, Mama bisa menggunakan salep atau ointment yang mengandung dekspanthenol setelah dikeringkan pada saat mengganti popok.
Penggunaannya tidak usah banyak-banyak, tapi yang paling penting merata yah Mama :)

6

Topic: Ruam Pada Bayi

hananafajar wrote:
siang dokter Tina..

Dok, anak saya pake popok sekali pakai hanya malam saja, cuma kadang di bagian lipetan paha suka ada merah-merah gitu, mungkin karena kekencengan pakenya atau lembab, kalau kaya gatel gitu dikasih baby cream atau baby oil aja ya dok baiknya?



Hi Mama,
Hal itu bisa disebabkan kedua-duanya Mama, bisa karena kekencengan dan lembab. Sebaiknya Mama menggunakan salep atau ointment yang mengandung dekspanthenol untuk mencegah merah-merahnya.

7

Topic: Ruam Pada Bayi

Trimakasih bget atas adanya thread inih.. Salep ruam jagoanku: bephanten

Skg udh hampir ga pernah ruam lagi. Yg ptg emang:
Jaga kebersihan kulit area popok
Ganti popok sesering mungkin. Bisa jadi alergi popoknya
Kasih salep bila perlu.
Jgn pake dispo diaper dulu sementara sampe sembuh

Good luck moms :)

Zahraliya baby girl

8

Topic: Ruam Pada Bayi

ZataLigouw wrote:
Dr. Tina Suksmasari, nanya dong..

Anakku udah umur 3 tahun, pake popok jarang banget, cuma kalau mau pergi jauh atau kalau lagi sakit aja, dia pun gak pake merek tertentu untuk popoknya, tapi kenapa ya kadang muncul ruam kadang enggak?, padahal kalau pake popok, pasti tiap dua jam saya ganti, maksudnya selain biar gak penuh, juga agar tidak gatal dan lembab.

Nah, karena kadang muncul kadang nggak, kalau lagi perjalanan jauh, saya ingin mengantisipasi agar ruam tsb nggak muncul, karena kalo muncul dia jadi cranky gitu, garuk2 tapi karena terhalang popok jadi susah dan malah nangis/rewel. Mohon sarannya untuk menghindari hal tsb terjadi dok, makasih...



Hi Mama,
Sebelum si Kecil menggunakan popok, Mama oleskan terlebih dahulu dengan salep atau ointment yang mengandung Dekspanthenol saat kondisi kulit dalam keadaan kering. Salep atau ointment tersebut baik digunakan setiap hari, Mama :)

9

Topic: Ruam Pada Bayi

Urban Mama,
Live Chat Session telah selesai.
Terima kasih untuk Bephanten dan Dr. Tina Suksmasari yang telah meluangkan waktu menjawab pertanyaan para urban mama.
Terima kasih juga kepada semua urban mama yang telah berpartisipasi dalam sesi ini. Semoga membawa manfaat :)

10

Topic: Ruam Pada Bayi

thank you TUM dan dokter Tina, informasinya pasti sangat berguna untuk kami.

Jadi penasaran dengan Bepanthen, udah ada yg pakai mama?

11

Topic: Ruam Pada Bayi

ipeh gue pernah makein bepanthen ke anak #1 dan #2 pas lagi ruam gitu kulitnya,untung setelah rajin dibersihkan pakai sabun dan oles bepanthen tiap malem langsung beres deh ngga ada ruam lagi.

Tapi beberapa saat lalu nyari bepanthen oos terus :(

Love my kids

twitter & IG : @ndiievania
blog : https://ndiievania.wordpress.com/

12

Topic: Ruam Pada Bayi

Mbak Cindy.. coba cari Bepanthen di Guardian, biasanya ada kalo dimana-mana lagi oos

13

Topic: Ruam Pada Bayi

teta aiihh terimakasih ta..ngga kepikiran disana ada :p

Love my kids

twitter & IG : @ndiievania
blog : https://ndiievania.wordpress.com/

14

Topic: Ruam Pada Bayi

Hallo moms.. Mw info yaa.. Baby akuu 1.5months pipinya ko putih2 gitu yaa.. Awalnya kya biang keringat trs semakin kesini jd putih gtu huhuhu.. Itu yg katanya kena asi bkn yah? Thnk u moms

15

Topic: Ruam Pada Bayi

Moms klo bipantent nya d pake d area V baby boleh ga sih? Krn rada merah gitu


Thanks moms

Full time MoM & Part time everything else

16

Topic: Ruam Pada Bayi

aprilapril

Waktu Umur segitu putih" d pipi Oka jg blun ilang tapi krn rajin d lap pake kapas d ksih air setiap selesai menyusui lama" ga sampai umur 2bln dah ilang mom
Happy trying mom april

Full time MoM & Part time everything else

17

Topic: Ruam Pada Bayi

Moms Lokahittalover okee moms thank u yah, iyah kayanya mmg mesti rajin lap mukanya yaa :)

18

Topic: Ruam Pada Bayi

hi ma...
anakku pake bephanten di selangkangkan tipis2 aja kalo krn ruam popok, alhamdulillah baik2aja ma, skrg udah 3y ga bermasalah kulit area V nya

IG: Outlet_Abhi | www.outletabhi.com

19

Topic: Ruam Pada Bayi

Hiii bundaalya klo d selangkangan aku sudah cobain jg ok ok aja mom....kmrin sempat d miss V nya ituh lho haduuuh ragu" jdi nya hikz mom nya jd galau

Full time MoM & Part time everything else

20

Topic: Ruam Pada Bayi

bundaalya, iya aman kok aku juga olesin tipis di selangkangan Yoona selepas mandi, hampir tiap hari aku pakein.

21

Topic: Ruam Pada Bayi

Mama mau tanya dong, biasanya beli bepanthen selain di gurdian dimana lagi ya? Susah nyari barangnya di swalayan/spm di bogor. Terima kasih

22

Topic: Ruam Pada Bayi

mampir ke thread ini krn anakku gatel,garuk2 trz,kasian liatnya, :'(
mohon sarannya ya mamas,
anakku bru mw 4 bln,di bagian bwh pantat alias paha atas bgian blkng nya merah bintik2 dan gatel, tp cuma sblh kanan aja,sblh kiri baik2 aja,udah berlangsung bbrp hari ini,apa itu tmsuk ruam popok kah?
sama di punggung nya jg bintik2 merah,kalo yg di punggung ini menurutku biang keringet krn bajunya sering lembap,basah krn keringet *malem2 ac ga dinyalain

obatnya apa ya mam? apa sama untuk yg di punggung sm pantat bwh?

23

Topic: Ruam Pada Bayi

kalo merah2 dileher gitu kira2 kenapa yaa.. apa krn detergen/pelembut bajunya?
mesti pake apa ya supaya cepet ilang.. kesian soalnya, digaruk2 terus sm Lin smpe lecet2..
bagi sarannya donk mom.. mana tau ada yg pernah ngalamin juga.. :D

24

Topic: Ruam Pada Bayi

firla- mungkin bisa coba bajunya selembar aja jadi ga kepanasan, kalo kering lama-kelamaan ilang kok ruamnya. kalo yang ruam popok, coba pake krim2 baby merk apa aja lalu diangin2kan bagian yang ruam, kalo bisa jangan pake popok dl atau pake popok tapi langsung ganti kalo pee sampe ruam hilang..

MJs Mommy- bisa jadi mom, coba pake detergen tanpa pewangi dan pelembut dulu atau sabun/ samponya bisa jadi bikin gatel2.. anak pertamaku dulu alergi sampo yang merah2 banget bagian leher..

http://rosaadelina.wordpress.com
terus belajar menjadi seorang ibu

25

Topic: Ruam Pada Bayi

Anak pertama sy pernah hampir kena ruam popok. Terus sy baca dibuku, solusinya dijemur sebentar kulit yg ruam itu di bawah matahari pagi. Eh, ternyata manjur loh moms. Kayaknya 1 atau 2 kali jemur aja. Mirip2 ngilangin jamur pd baju yaa, hehe..