1

Topic: Ruam Pada Bayi

ikut bertanya dokter Tina, Yoona ketika masih baby sekitar 3-4 bulan bagian kemaluannya bintik-bintik merah sampai seperti melepuh, padahal saya rajin mengganti popoknya, menggunakan diaper cream juga. Saya pun membawanya ke dokter dan disarankan untuk beberapa minggu sampai lukanya sembuh tidak menggunakan diaper dulu. Kenapa ya dok bisa sampai luka seperti itu? Thanks dok.

2

Topic: Ruam Pada Bayi

pertanyaan saya hampir sama seperti ipeh waktu anak perempuan saya berusia 4-7 bulan dan 17bulan bagian kemaluan hingga daerah belakang itu ada bintik2 merah,padahal anak saya waktu itu hanya memakai celana pop sampai sore hari dan dilanjut dengan dispo diaper sewaktu tidur. Padahal saya cukup rajin membersihkan daerah kemaluan dan juga pakai diaper cream saat memakai dispo. Kira2 karena apa ya dok bintik2 itu bisa muncul?

Terimakasih :)

Love my kids

twitter & IG : @ndiievania
blog : https://ndiievania.wordpress.com/

3

Topic: Ruam Pada Bayi

wahhh seru nih!
penting banget buat kita simak... apalagi ada dr tina yang akan menjawab semua pertanyaan mama.

yuk! siapkan pertanyaannya dari sekarang... :)

? love to write and run - a bus transjakarta passenger ?
@ninityunita

4

Topic: Ruam Pada Bayi

Dok, anak saya kulitnya sangat sensitif terutama apabila ada sisa makanan disela- sela leher tertinggal. Padahal terkadang acara makan bisa berlangsung cukup lama. Apabila leher diseka oleh kain basah saat acara makan berlangsung si kecil bisa kehilangan mood. Tetapi apabila diseka saat acara makan selesai, bagian leher keburu ruam.
Apakah ada cara pencegahan yang dapat dilakukan ya semisal mengolesi bagian leher dengan krim tertentu sehingga bisa tidak terlalu sensitif?

Semoga bisa dijawab ya Dok.

5

Topic: Ruam Pada Bayi

Ikutan duunk...
Kalau udah gak pakai popok dan bukan bayi lagi masih boleh tanya kan??! Kira sudah 4 tahun, sudah gak pakai popok. Tapi kadang dilipatan ketiak dan paha ada ruam kasar warna merah yang kalau sudah kering jadi warna coklat tua. Ruam apa ya itu dok? Bagaimana mencegah agar tidak muncul lagi?
Terima kasih :)

-WiwiT-
An ordinary bunda of twin amazing angels, Kira and Kara Setyadi
@wiwidwadmira | the Setyadi's

6

Topic: Ruam Pada Bayi

Bantu post pertanyaan dari twitter untuk Dokter Tina ya..

Pertanyaan dari AryaBBS : "Sebenarnya mana yang paling mempengaruhi pospak yang harganya mahal/murah atau tingkat sensivitas kulit bayi terhadap ruam popok?"
"Bagaimanakah tips memilih popok yang aman bagi bayi dan dapat terhindar dari ruam popok?"

Pertanyaan dari ellove18 : "Untuk mencegahnya apa bisa pakai bedak (seperti caladine) dan krim (seperti ezerra) ?"

Pertanyaan dari dezkadezka : "Dok,apa benar teething merupakan salah satu penyebab ruam popok? Bagaimana pencegahan ruam yang disebabkan teething?"

Pertanyaan dari offira : "Maksimal berapa jam pemakaian diaper supaya tidak ruam?"

Terimakasih dok :)


Yuk urban mamas yang lain ikutan tanya2 tentang ruam,yang paling sering dialami dari anak bayi sampai yang balita :)

Love my kids

twitter & IG : @ndiievania
blog : https://ndiievania.wordpress.com/

7

Topic: Ruam Pada Bayi

Ada pertanyaan lagi dari Livia D : " mau tanya dong dok,kenapa kalau pakai popok merk x nggak ruam tetapi pakai popok merk y ruam? Bahan apa di popok yang bikin beda ya dok?"

pertanyaan dari Rini "Nanya juga ya dok. Banyak yang rekomen krim zinc oxide untuk ruam popok. Itu apakah efektif dan tepat?"

Terimakasih dokter Tina

Love my kids

twitter & IG : @ndiievania
blog : https://ndiievania.wordpress.com/

8

Topic: Ruam Pada Bayi

dokter saya mau nanya, anak saya (7m)merahnya bukan di *maaf* pantatnya tp di lipetan pantat apakah itu bisa disebut ruam? jika memang ruam apakah boleh memberikan cream di lipetan pantat? untuk daerah pantat tidak merah tetapi agak kebiruan apakah itu juga ruam atau syaraf dari anak yg terlihat?

terima kasih dok

Macie-nya Danish
@zput

9

Topic: Ruam Pada Bayi

Malam dok, mau nanya.. bermasalahkah kalau menggunakan diaper cream setiap hari?
meski ga bermasalah dengan ruam popok, apa perlu menggunakan cream lagi?
dan adakah dampak negatifnya dok?

Miguel is my Rocktober Baby
@siskaknoch

10

Topic: Ruam Pada Bayi

Ikutan yaa..
Kl firza ga bgtu mslh dg popok, yg jd mslh malah bedak, kl dipakein bedak ke badan itu lgsg ruam2 gtu di badannya, tp kl di bag muka gpp.. Kira2 knp ya dok?
Trmksh,

"The moment a child is born, the mother is also born. She never existed before. The woman existed, but the mother, never. A mother is something absolutely new.”

11

Topic: Ruam Pada Bayi

mauu nanya juga, masih bisa kan ya? ^^
dede rei (4m) semalam pup, pas dibersihkan dia ga bisa diam karena ternyata merah semua dibagian *maaf* pantatnya. mungkin karena perih dia sampai ga bisa diam. habis itu aku pakaikan bepanthen trs baru pake popok lagi. dan setiap kali pup, semakin merah pantatnya. tp pup nya biasa aja, ga keras. apa pup mempengaruhi ruam dikulit bayi dok? atau karena pemakaian popoknya? tp seberapa aman pemakaian cream untuk ruam bayi? boleh sesering mungkin?
trs klo dileher juga pada ruam karena lipatan leher, bisa dipakaikan cream juga kah?
terima kasih dok :)

bundanya dinda dan rayyan..
always love u my lilprincess and lilprince..
Life is so tough, so calm down

12

Topic: Ruam Pada Bayi

Dok, anak saya di mukanya sering muncul gradasan merah2, saya berfikir itu mungkin karena ASI, tapi agak ga enak ngelihatnya kalo gradasan gitu merah-merah apalagi di muka, jadi tiap hari saya kasih baby cream dan menghilang sih. Tapi apakah aman saya memberikan baby cream tiap hari dimuka bayi dok? Anak saya baru 3 bulan. Terimakasih ya dok

Ibunya Mika yang selalu pengen punya waktu banyak buat Mika

http://dieta.web.id/

13

Topic: Ruam Pada Bayi

untuk urban mama yang masih ingin bertanya silakan ya, pertanyaan dibuka sampai pukul 13.00 siang nanti. Terima kasih

14

Topic: Ruam Pada Bayi

Putriku waktu NB sempat mengalami iritasi di bag. popoknya... Padahal setiap habis pipis/pup sudah dibersihkan dg air bersih pake kapas dan dikeringkan.. Tp emang kalo hbs pup, gak selalu disabunin..
Sebenarnya bgmn mencegah iritasi muncul pada NB...? Kulitnya tipis bgt,, gampang lecet.

15

Topic: Ruam Pada Bayi

happyme-lia wrote:
dear mamas...
Maaf ya mam, ga tau topik ini udah dibahas ato blom. 2hr ini (maaf) sekitar kemaluan anakku galih (4mos cewek) merah2. mulia dari depan sampe bokong bagian dalemnya (tiiiiit....maap sensor lg mam :p) sampe bintil2 gitu. Dulu si pernah, ilang2 timbul. Biasanya 2hr udah ilang aku kasi zwitsal baby cream with Zinc. ini udah 2hhr ga berkurang2.
Klo soal kebersihan, tiap pipis ato poop lgsg aku bersihin sampe bersih...sih.. Pk aer+handuk.
Galih pake disponya cm pas bobo siang dan tidur. Skarang pake mamipoko.
gimana ya mam ngilangin dan menghindari ruam pada anak??



Hi Mama,
Ganti baby cream with zinc dengan salep atau ointment khusus ruam popok yang mengandung dekspanthenol. Jadi setelah dibersihkan area kemaluannya, dipastikan kering, lalu oleskan salep atau ointment tersebut. Secukupnya saja yah Mama, yang penting merata. Lakukan hal ini setiap kali setelah mengganti popok.

Semoga lekas sembuh buat si Baby yah Mama :)

16

Topic: Ruam Pada Bayi

siang dokter Tina..

Dok, anak saya pake popok sekali pakai hanya malam saja, cuma kadang di bagian lipetan paha suka ada merah-merah gitu, mungkin karena kekencengan pakenya atau lembab, kalau kaya gatel gitu dikasih baby cream atau baby oil aja ya dok baiknya?

Ibunya Azani
Instagram: @hananafajar
Email: [email protected]

17

Topic: Ruam Pada Bayi

Gita Marvita wrote:
dear Mamas,

hi aku mo tanya juga dong, bayiku ( perempuan umur 1 bulan ) mukanya kemerahan dan kering. tadinya kayak ruam gitu tapi lama2 melebar dan memerah. sekarang malah melotok. aku selama ini pake krem switsal yang anti alergi. tapi gak hilang2. Kl menurut dokter sih nanti lama2 juga hilang sendiri, tapi aku kasian ngeliat anakku. Ada ide gak yah buat ngurangin kemerahan di pipi ini. Thx buat bantuannya...:)



Hi Mama,
Sebaiknya Mama ajak si Baby periksakan hal ini ke Dokter untuk dilhat kemerahannya seperti apa. Saya khawatirkan hal ini berupa alergi pada si Baby.

Semoga bisa membantu dan cepat sembuh buat si Baby :)

18

Topic: Ruam Pada Bayi

Dr. Tina Suksmasari, nanya dong..

Anakku udah umur 3 tahun, pake popok jarang banget, cuma kalau mau pergi jauh atau kalau lagi sakit aja, dia pun gak pake merek tertentu untuk popoknya, tapi kenapa ya kadang muncul ruam kadang enggak?, padahal kalau pake popok, pasti tiap dua jam saya ganti, maksudnya selain biar gak penuh, juga agar tidak gatal dan lembab.

Nah, karena kadang muncul kadang nggak, kalau lagi perjalanan jauh, saya ingin mengantisipasi agar ruam tsb nggak muncul, karena kalo muncul dia jadi cranky gitu, garuk2 tapi karena terhalang popok jadi susah dan malah nangis/rewel. Mohon sarannya untuk menghindari hal tsb terjadi dok, makasih...

twitter and IG: @zataligouw
Blog : http://www.zataligouw.com/

19

Topic: Ruam Pada Bayi

ipeh wrote:
ikut bertanya dokter Tina, Yoona ketika masih baby sekitar 3-4 bulan bagian kemaluannya bintik-bintik merah sampai seperti melepuh, padahal saya rajin mengganti popoknya, menggunakan diaper cream juga. Saya pun membawanya ke dokter dan disarankan untuk beberapa minggu sampai lukanya sembuh tidak menggunakan diaper dulu. Kenapa ya dok bisa sampai luka seperti itu? Thanks dok.



Hi Mama Ipeh,

Banyak faktor yang menyebabkan ruam popok pada bayi terjadi, bukan cuma hanya masalah kebersihan saja. Penggunakan disposable diaper adalah salah satu pemicu terjadi ruam popok. Dan benar saran yang diberikan oleh Dokter, kalau ruam popok-nya sudah parah, silahkan dihentikan dulu penggunaaan disposable diaper, supaya bisa memberikan waktu untuk kulit si Baby sembuh terlebih dahulu. Luka yang terjadi dikarenakan adanya pergesekan kulit Baby dengan diaper, ditambah lagi kalau sudah ada pee dan pup, karena kedua hal tersebut menjadi lembab dan kulit pun sulit bernafas.

Semoga bisa membantu yah Mama :)

20

Topic: Ruam Pada Bayi

cindy wrote:
pertanyaan saya hampir sama seperti ipeh waktu anak perempuan saya berusia 4-7 bulan dan 17bulan bagian kemaluan hingga daerah belakang itu ada bintik2 merah,padahal anak saya waktu itu hanya memakai celana pop sampai sore hari dan dilanjut dengan dispo diaper sewaktu tidur. Padahal saya cukup rajin membersihkan daerah kemaluan dan juga pakai diaper cream saat memakai dispo. Kira2 karena apa ya dok bintik2 itu bisa muncul?

Terimakasih :)



Hi Mama Cindy,
Bintik-bintik merah itu muncul dikarenakan berbagai macam hal, salah satu adalah penggunaan diaper. Jangan khawatir hal ini disebabkan karena kebersihan, kebersihan penting dengan mengganti diaper lebih sering. Mama bisa coba dengan mengganti diapernya lebih sering pada saat malam hari ini. Kemungkinan lain bintik-bintik merah disebabkan karena biang keringat.

Semoga sudah bisa menjawab yah Mama :)

21

Topic: Ruam Pada Bayi

andinigelar wrote:
Dok, anak saya kulitnya sangat sensitif terutama apabila ada sisa makanan disela- sela leher tertinggal. Padahal terkadang acara makan bisa berlangsung cukup lama. Apabila leher diseka oleh kain basah saat acara makan berlangsung si kecil bisa kehilangan mood. Tetapi apabila diseka saat acara makan selesai, bagian leher keburu ruam.
Apakah ada cara pencegahan yang dapat dilakukan ya semisal mengolesi bagian leher dengan krim tertentu sehingga bisa tidak terlalu sensitif?

Semoga bisa dijawab ya Dok.


Hi Mama Andini,
Berapa lama ruam itu ada di leher Baby? Apakah begitu dibersihkan langsung hilang atau ruam ini masih ada. Kulit Baby memang sangat sensitif, dan cenderung re-aktif terhadap hal-hal baru. Cream atau salep yang ada di pasaran, biasanya hanya untuk ruam-ruam khusus seperti ruam popok, sun burn. Jadi Mama bisa cek terlebih dahulu, apakah begitu dibersikan ruam tersebut langsung hilang atau tidak.

Semoga bisa membantu yah Mama :)

22

Topic: Ruam Pada Bayi

Kira Kara wrote:
Ikutan duunk...
Kalau udah gak pakai popok dan bukan bayi lagi masih boleh tanya kan??! Kira sudah 4 tahun, sudah gak pakai popok. Tapi kadang dilipatan ketiak dan paha ada ruam kasar warna merah yang kalau sudah kering jadi warna coklat tua. Ruam apa ya itu dok? Bagaimana mencegah agar tidak muncul lagi?
Terima kasih :)



Hi Mama,
Boleh dong :)
Kalau dari cerita Mama, ini sepertinya biang keringat. Hal yang bisa dilakukan untuk mencegah-nya bisa dengan segera pakaian Kira begitu pakaian yang dugunakan sudah basah dengan keringat. Dapat juga dibantu dengan pemberian bedak pada bagian tersebut pada saat mengganti baju dan mandi.

Semoga bisa membantu yah Mama :)

23

Topic: Ruam Pada Bayi

cindy wrote:
Bantu post pertanyaan dari twitter untuk Dokter Tina ya..

Pertanyaan dari AryaBBS : "Sebenarnya mana yang paling mempengaruhi pospak yang harganya mahal/murah atau tingkat sensivitas kulit bayi terhadap ruam popok?"
"Bagaimanakah tips memilih popok yang aman bagi bayi dan dapat terhindar dari ruam popok?"

Pertanyaan dari ellove18 : "Untuk mencegahnya apa bisa pakai bedak (seperti caladine) dan krim (seperti ezerra) ?"

Pertanyaan dari dezkadezka : "Dok,apa benar teething merupakan salah satu penyebab ruam popok? Bagaimana pencegahan ruam yang disebabkan teething?"

Pertanyaan dari offira : "Maksimal berapa jam pemakaian diaper supaya tidak ruam?"

Terimakasih dok :)


Yuk urban mamas yang lain ikutan tanya2 tentang ruam,yang paling sering dialami dari anak bayi sampai yang balita :)



Hi Mamas,
@AryaBBS:
Yang mempengaruhi adalah kulit Baby yang sensitive dan seberapa sering mengganti popok-nya Ma. Pastikan saja popok tersebut memiliki bahan yang lembut dan yang lebih penting segera diganti begitu ada-nya pee dan pup. Ruam popok itu bisa dihindari dengan menggunakan salep atau ointment yang mengandung dekspanthenol setelah dibersihkan dan dikeringkan dan sebelum memakai popok.

@ellove18:
Pencegahan ruam popok sebaiknya menggunakan salep atau ointment yang mengandung dekspanthenol setelah dibersihkan dan dikeringkan dan sebelum memakai popok. Pastikan salep atau ointment diberikan setiap kali mengganti popok.

@dezkadezka:
Ruam popok disebabkan berbagai faktor, diantaranya adalah gesekan dengan diaper dan kulit Baby, terjadi kontak pee dan pup dengan kulit bayi. Jadi teething bukan salah satu penyebab terjadinya ruang popok, Ma. Penggunaan popok yang lama dan jarang diganti juga bisa menyebabkan terjadinya ruam popok.

@offira:
Lebih sering mengganti diaper, bisa membantu terjadinya ruam popok. Jadi, begitu ada pee dan pup walaupun hanya sedikit langsung diganti aja diapernya yah Ma

24

Topic: Ruam Pada Bayi

cindy wrote:
Ada pertanyaan lagi dari Livia D : " mau tanya dong dok,kenapa kalau pakai popok merk x nggak ruam tetapi pakai popok merk y ruam? Bahan apa di popok yang bikin beda ya dok?"

pertanyaan dari Rini "Nanya juga ya dok. Banyak yang rekomen krim zinc oxide untuk ruam popok. Itu apakah efektif dan tepat?"

Terimakasih dokter Tina



Hi Mamas,
@Livia D, tingkat kesensitifan kulit Baby terhadap suatu hal berbeda-beda. Mungkin saja bahan dasar popok x dan y berbeda, Mama bisa cek terlebih dahulu pada saat membeli popok. Apapun merk popok-nya yang terpenting adalah sering mengganti popok dan gunakan salep atau ointment yang mengandung dekspanthenol sebelum menggunakan popok yah Ma :)

@Rini, kandungan yang paling tepat adalah dekspanthenol yang terdapat pada salep atau ointment. Dekspanthenol itu adalah bentuk pro-vitamin dari vitamin B5, yang memainkan peran dalam metabolisme dan reparasi sel pada kulit Baby, sehingga membantu pemulihan kulit Baby terhadap ruam popok.

25

Topic: Ruam Pada Bayi

puputpuput wrote:
dokter saya mau nanya, anak saya (7m)merahnya bukan di *maaf* pantatnya tp di lipetan pantat apakah itu bisa disebut ruam? jika memang ruam apakah boleh memberikan cream di lipetan pantat? untuk daerah pantat tidak merah tetapi agak kebiruan apakah itu juga ruam atau syaraf dari anak yg terlihat?

terima kasih dok


Hi Mama,
Pemberian cream pada lipatan pantat boleh dilakukan pada saat terjadinya ruam popok, namun cream akan hilang kalau terkena pee dan pup. Saya sarankan Mama menggunakan salep atau ointment yang mengandung dekspanthenol, karena sifat dari salep ini tahan terhadap pee dan pup si Baby. Ruam popok biasanya berwana kemerahan, apabila berwarna kebiruan kemungkinan adalah tanda lahir si Baby.

Dan tetap sering mengganti diaper si Baby yah Ma :)