1

Topic: Umur Berapa Mulai Sekolah?

Fofo (4y 8m) juga belum sekolah,ini karna anak ya belum minta,masih mau "belajar" dirumah. Tapi rencananya tahun depan akan langsung masuk TK A. Fofo udah mulai suka ngobrol tentang sekolah,nyanyi2,dan ngga sabar bisa pake tas sekolah dan makan bekal yang dibawa dari rumah pake kotak makan :D

Love my kids

twitter & IG : @ndiievania
blog : https://ndiievania.wordpress.com/

2

Topic: Umur Berapa Mulai Sekolah?

kebayang Fofo pake tas sekolah, pasti bangga banget dia ya Ndie? :) Gw aja suka ktawa2 ndiri liat sSabil kalo lagi sok2 sekolah, bangga banget pake tas Thomas-nya, sampe idungnya ngembang2 gitu heheheh..

twitter and IG: @zataligouw
Blog : http://www.zataligouw.com/

3

Topic: Umur Berapa Mulai Sekolah?

Zata iyaa,dia udah sering minta beliin tas buat sekolah,tapi masih gue ntar2in dulu,habis mintanya yang karakter sih :p

Gue jadi ngebayangin hidung Sabil yang ngembang2 :p

Love my kids

twitter & IG : @ndiievania
blog : https://ndiievania.wordpress.com/

4

Topic: Umur Berapa Mulai Sekolah?

Salam kenal Mom :)
Nyimak.. Gaffa udah satu tahun nih dan dan kayaknya perlu mulai sosialisasi sama temen sepantarnya.. hihi.

5

Topic: Umur Berapa Mulai Sekolah?

Aku homeschooling anakku Naia.
Dibawah ini main piano Naia hasil ikut kelas musik bayi dan toddler di kursus musik Canzona, jakarta barat.
Di kelas musik ini kita ortu diajarin gimana mengajar dan menstimulasi anak dari segi bahasa dan musik.
Mereka pake cerita2 bhs inggris yg bukunya bagus2 (banyak yg menang penghargaan buku anak)

Ini naia, 3thn 2 bln, lagi main piano
[youtube]http://youtu.be/mjoYjH5Bd5Y[/youtube]

6

Topic: Umur Berapa Mulai Sekolah?

iffa_affi, kalo baru setahun mungkin bisa ikutan klub bermain yang cuma seminggu dua kali ya?

marcia dewi, wahhh Naia 3 tahun udah jago main panonya yaa :D

Iya sih, kalo anak-anak sudah minta bersekolah tapi umurnya belum cukup, sebaiknya diikutkan klub bermain dan les-les yang mereka suka aja ya..

twitter and IG: @zataligouw
Blog : http://www.zataligouw.com/

7

Topic: Umur Berapa Mulai Sekolah?

Rio usia nya baru 1.7yo tp udah ak masukin ke Play Group Gymboree Class....

Di usia yg baru setahun tujuh bln ak masukin play group dengan maksud agar dia gak kaget dgn lingkungan baru baru yg punya banyak system kedisiplinan yg berbeda dengan yg ada di rumah..

krn Rio drmh cucu tunggal n jadi raja di rumah, saya gak mau membuat Rio punya karakter tidak bisa berbagi dengan orang lain...boleh dia dirumah dibuat Raja oleh orang2 rumah tp kalo di luar rio harus bisa menerima keadaaan kalo dia bukan lagi RAJA tapi hrs bisa berbagi & mengenal dunia luar...

Saya bekerja otomatis rio senin sampai jumaat hanya dirumah dengan eyang2 nya n suster tanpa ada teman sebaya yg mengajak nya bermain...maka dari itu alasan saya mengenalkan RIO tentang dunia " SEKOLAH" sejak dini ( Biar rio bisa ketemu tmn sebaya dan bermain riang bersama dengan teman2 sekelas nya)...

gaya kedisiplinan tinglat dasar yg diajari di sekolah walaupun cuma Playgroup alias tmpt bermain, tp RIO belajar banyak looo menurut saya..

1 ) Rio belajar mengalah thdp tmn2 sekelas nya misal nya : Rio mau main perosotan walaupun sangat lengkap fasilitas di tmpt playgroup nya tp teacher's di sekolah mengajarkan untuk naik ke tangga nya bergantian alias gak boleh saling berebut....

2 ) Rio belajar Fokus thp suatu moment klao lg dikelas y belajar bernyanyi, belajar mengikuti gerakan Teacher's yg diminta...

3) Rio jadi berani ketemu orang2 baru dan lingkungan baru ( sebenarnya sih emg rio tipikal pemberani gak takutan kalo diajak ke lingkungan baru pada dasarnya )

4) Rio berani tampil di depan kelas bernyanyi atau bermain music dgn tmn2 nya sebaya

5) Rio punya banyak aktifitas gerak jadi spt olah raga juga kan ya...

Nah jadi itulah alesan saya mengenalkan RIO sekolah Playgroup semoga membantu jadi bahan pertimbangan MomAdhya ( Salam kenal )... ;)

8

Topic: Umur Berapa Mulai Sekolah?

setuju sama mamas di sini. ortu dan anak yg paling tau kapan waktunya mulai sekolah. Shafa (3.5y.o) selama ini masih enjoy bermain dan belajar bareng di rumah, kebetulan aku WAHM. lalu Shafa mulai menunjukkan keinginan sekolah, pake tas dan main sekolah2an bahkan minta untuk pergi sekolah jadi kami daftarkan untuk mulai bersekolah bulan depan dan dia kelihatan excited sekali diajak main ke sekolah barunya.

9

Topic: Umur Berapa Mulai Sekolah?

Sejak Naia ikut Kursus group kelas musik klasik anak di Canzona Jakarta
Di rumah naia makin termotivasi buat baca buku dan suka baca buku.

Ini video naia 3 thn 4 bulan baca buku sendiri
"Barnabas Helps A Friends"
[youtube]http://youtu.be/8w9gyjE7BbY[/youtube]

10

Topic: Umur Berapa Mulai Sekolah?

menurut aku ya ma,
tidak ada kata "too ealy too learn" krn kebanyak dari anak2 yang hebat itu memulai sekolah dari usia dini.. sekolah ini mungkin bukan yang terlalu akademik sifatnya, tapi ada yang memang lebih ke konsep belajar sambil bermain.. active early learning/montessori method jadi lebih ke pengenalan ke practical life dan membuat anak2 lebih mandiri dan untuk tumbuh kembangnya akan lebih maximal..

-----
-edited by mod-

11

Topic: Umur Berapa Mulai Sekolah?

dua anak tertua semapt sekolah di daycare. hehe. daycare nya super keren, jadi yg diajarkan "life-skills" instead of pelajaran calistung. i really love it! sayangnya, jauh. akhirnya putus sekolah. tapi di rumah belajar bareng sya. mewarna, berhitung dikit2, melipat, menggunting, bahasa (anakku bilingual; indonesia-jawa, and they know how and when using the lingo :) )
kalau anaknya sudah ingin sekolah, sebaiknya disekolahin. kalau ternyata ngga suka, ya istirahat dulu. kan yg penting dimanapun tempatnya, selalu belajar.

A person's a person, no matter how small.
(Dr. Seuss)

12

Topic: Umur Berapa Mulai Sekolah?

mohon sarannya boleh moms...
Lagi kepikiran untuk mulai masukin Nisa (2y8m0) ke PG deket rumah, alasannya kurang lebih sama dg sharing2 moms di atas, biar aktivitasnya lebih terarah dan u/ sosialisasi.
Nisa cenderung aktif, banyak gerak tp 'jago kandang' juga, jadi pas di rumah pede abis, banyak cerita bgitu di depan orang banyak langsung diem seribu bahasa, walaupun udah pelan2 saya kenalin sama situasi barunya itu.
dan masih susah untuk berbagi terutama klo ketemu temen baru.
cuma sempet kepikiran juga untuk masukin ke les-les renang, nari atau musik karena kelihatannya dia juga suka, kan termasuk mengarahkan aktivitas juga...sebaiknya cobain yang mana dulu ya?

13

Topic: Umur Berapa Mulai Sekolah?

Heniek.. Coba trial aja dulu bisa ngga? Kalo anaknya udah bisa diajak ngobrol, coba tanya mana yang paling dia suka. :)

learning is a never ending process
@rhisuka

14

Topic: Umur Berapa Mulai Sekolah?

thalia wrote:
kalo aina (4.5 thn) baru mo masuk sekolah tahun depan... beberapa hari lagi sih, karena di singapur sekolah mulainya januari, instead of juli.

mungkin aku termasuk ortu yang pengen masukin sekolah setelat2nya. waktu aina masih bayi, malah sempet research2 tentang homeschooling. apa lagi gue WAHM, jadi ada waktu untuk bikin aktifitas2 di rumah. tapi ternyata malah anaknya sendiri yang minta pengen sekolah. ya sudah lah.

aina sempet minta sekolah pas umur 3 tahun. tapi pas beneran mo masuk, dia malah ga mau. katanya, dia ga mau ditinggal sendiri di sekolah dan kangen ama mamanya, hihihi. yah, mungkin belum siap. jadi gue tunggu satu tahun.

sekarang sih, dia lagi excited banget pengen sekolah.

IMHO, kalo anak takut ama orang atau ga mau ngomong, itu normal kok. kalo dari pengalaman gue, tanpa sekolah pun, itu akan ilang sendiri, karena ada umur2 tertentu si anak emang nempel ama mamanya. aina dari umur 1.5 ampe 3 thn, wary banget ama stranger. kalo diajak ngomong, ngumpet, kalo dipegang bisa nangis. tiba2 di umur 3 tahun lebih, mendadak jadi berani... malah sekarang udah bisa disuruh beli barang di toko.

tapi jadinya ya kayak sidta, semua peer dikerjain sendiri di rumah: toilet training, sapih, makan sendiri, emotion control (termasuk controlling separation anxiety), belajar nulis, matematik dasar, dll. kalo ada waktunya sih (misalnya ibu rumah tangga), IMHO lebih seruan tunggu agak gedean sebelum dimasukin ke sekolah. seneeeeng banget rasanya kalo bisa main sambil ngajarin... seru!

kalo aina-nya ga minta, mungkin masih gue tunda lagi sekolahnya, hihihi :P


sama persis seperti thalia, aku dan suami memilih untuk setelat2nya masukin sekolah. sekarang ini, Bevan (3.5 thn) belum kita daftarin sekolah, masih nunggu tahun depan.

karena aku juga WAHM setahun terakhir ini, otomatis lebih banyak waktu untuk eksperimen main-sambil-belajar sama Bevan. In a week, aku bikin jadwal bahan belajar Bevan setiap harinya. Aku juga jadi termotivasi belajar bagaimana menstimulasi kemampuan kognitif, motorik halus & motorik kasar, bahasa, sosial, dll. Tengah malam saatnya aku bikin invitation-to-play buat besok pagi sampai malem. Ada di hari-hari tertentu Visiting Day. Selama ini, aku pernah bawa Bevan eksplorasi di pacuan kuda, peternakan sapi, observatorium ikan, pos pemadam kebakaran, dll. Semua dekat dari rumah.

Baca buku adalah hobinya selain main lego. Aku prepare dia sejak masih di perut untuk seneng sama buku. Lalu bertahap jadi penasaran dengan isi sebuah buku. Sekarang dia sudah mulai keranjingan ke perpustakaan & toko buku. Walopun dibatasi beli satu buku aja, Bevan bisa betah 1 jam lebih di pojok favoritenya. Di kunjungan hari ini dia sudah tau target buku yang akan dia beli di kunjungan berikutnya. Untung di kawasan BSD ada sebuah toko buku bekas nyamaaan sekali.

Dalam hal kemandirian, aku bikin target-target kecil. Misalnya, waktu umur setahun mulai dengan toilet training, lalu nyapih, gosok gigi sendiri, mandi sendiri, makan sendiri, lepas baju & celana (belum bisa pakai baju/celana soalnya), hafalan doa makan, doa mau tidur, alfatihah... semua PR itu ditekunin di rumah & Alhamdulillah lancarrr. Target utama kemandiriannya saat ini adalah pisah kamar. Belum lulus!!

Nah, tantangan paling besar buat Bevan adalah sosialisasi. Menyiasati itu, bulan ini adalah bulan kedua Bevan join kelas musik (satu jam seminggu sekali). Kami gak punya target dia bisa main alat musik, atw ngerti not balok, hehe... tapi cuma supaya dia berteman dengan lingkup teman yg lebih umum. Kenapa musik? Maksudnya supaya bisa eksplorasi sosial dengan riang. We prefer him to absorb the cheer musical athmosphere, instead of understand which one is C, D or E..

Sementaraaa, tantangan terbesar buat aku adalah.. melewati saran demi saran banyak orang bahwa sekolah dini itu lebih baik.

Menurutku sih yaa, it all depends on both the parent & the child. Dannn, yang paling penting adalah, jangan terpengaruh dengan orang lain.

15

Topic: Umur Berapa Mulai Sekolah?

Josh skrg udah 3y9m blm aku masukin sekolah juga nih. Banyak yg nyuruh buru-buru, dari 2thn masukin sekolah. Karena anaknya pinter & cepat nangkep. Tapi aku malah kebalik mikirnya, kalo pinter mah ngapain buru-buru sekolah? Lahir Nov, umur nanggung susah ya. Ditambah lagi adenya baru 1,5thn. Kasian kalo musti ikut bangun pagi sama kakaknya.
Sekarang sih banyak belajar di rumah aja. Coret-coret, belajar huruf, dsb.
Jadi rencananya tahun depan deh, umur 4y8m berarti. Mungkin bakalan jd yg paling tua di kelas. Tapi ngga apa lah.
Nanti share lagi kalo Josh udah masuk sekolah kayak apa.

hontou no koi dakara fushigi na koto ga aru

16

Topic: Umur Berapa Mulai Sekolah?

PatriciaMow, setuju sih untuk nggak terlalu buru2 masukin anak sekolah (kecuali anaknya sendiri yang minta), ada pengalaman dulu waktu part time ngajar di PG/TK bilingual, ada satu anak masuk di situ dari umur 3 tahun, pas umur 5 tahun malah bosen sekolah. Tapi sekali lagi tergantung anak lho..

Ini aku juga lagi ada sedikit 'masalah', si bungsu yang umurnya 4 thn 2 bln lagi mogok sekolah (sebelumnya PG), tapi aku gak mau maksain dia sekolah karena takut dia trauma kalo dipaksa, jadilah sebulan terakhir ini dia 'sekolah di rumah'. Gw pun lagi asik nyoba2 beberapa metode buat dia spt metode Glenn Doman..

twitter and IG: @zataligouw
Blog : http://www.zataligouw.com/

17

Topic: Umur Berapa Mulai Sekolah?

Baca-baca dari awal karena lagi bingung.. kapan ya mau masukkin Alfred sekolah
Minggu kemaren trial di satu sekolah, dan langsung ditinggal begitu aja anaknya.. boleh nunggu tapi cuma di luar, padahal baru trial. Diberi trial 3 hari dan anaknya ga nangis kecuali pas mau masuk, itu pun sepertinya karena baru bangun (anaknya tidur di jalan karena macet jadi agak lama di jalan).
Jadi kepikiran sih.. apa anaknya udah siap sekolah ya...
Dari kecil Alfred udah di daycare selama aku kerja. Setelah aku ga kerja, Alfred ikut di gymboree 2x seminggu dan di daycare seminggu sekali biar anaknya ga kaget kalau harus tiba2 di rumah yang mainan nya sedikit :P alasan milih di gymboree sih karena kelas nya lepas, jadi kapan anaknya bosen ya bisa berhenti, dan ternyata anaknya lagi semangat. Sekarang lagi pindah ke rockstar gym karena lebih dekat dari rumah, tapi anaknya sih masih suka banget sama gymboree jadi kadang2 diajak ke gymboree (udah jadi little jack sih sekarang). Dan di semua kelasnya sekarang dia ga pernah ditinggal, jadi masih ditungguin. Kemaren pas trial jadi kepikiran deh.. apa Alfred (1y 8m) udah siap sekolah ya...Tapi takut juga dia bosen kalau disekolahin terlalu cepet...

18

Topic: Umur Berapa Mulai Sekolah?

aprilianti,
wahhh alfred pinter deh :) sepertinya alfred udah terbiasa banget yaaa buat "sekolah" (baru tau gymboree sekarang jadi little jack).
mama knows best :) kalo memang alfred senang... ikutin aja kan "sekolah"nya juga lebih ke aktivitas dan sosialisasi.

kalau aku, akan menyekolahkan sesuai umur anak aja :).

? love to write and run - a bus transjakarta passenger ?
@ninityunita

19

Topic: Umur Berapa Mulai Sekolah?

sharing aja ya.

Darren terpaksa masuk sekolah lebih dini (umur 2,5 tahun masuk PG) karena ortunya kerja, no nanny. Efeknya sekarang masuk SD kelas 4 agak males malesan disuruh sekolah. Butuh effort besar supaya Darren tetep masuk sekolah setiap paginya.

Dulu pernah diskusi sama temen yang tinggal di Amerika, dia udah wanti wanti sih kalau anak ga usah terlalu dini dicemplungin ke sekolah, apalagi anak cowok yang biasanya secara psikologis lebih lambat matang dibandingkan anak perempuan.

Tapi semua kembali lagi kepada ortu masing-masing... "My kids my rules" :)

Untuk anak kedua sih saya ga akan memasukkannya ke PG, lagian juga sudah ada sylabus bekas kakaknya yang bisa saya gunakan untuk mempersiapkan calistung menuju masuk SD :)

... a counselor, a role model and often a friend to her children
Twitter & Instagram: @honeyjt

www.honey-scrapbook.blogspot.com

20

Topic: Umur Berapa Mulai Sekolah?

dear all mom..anak aku mulai masuk school dr umur 9 bulan di nursery class..awalnya dengan pertimbangan kasian di rumah yg diliat cuma bunda, ayah or nanny nya biar dia tau bahwa banyak baby2 yang juga sepertinya hihihi..kegiatannya sih lebih ke singing, story telling dan pastinya baby gym buat ngelatih motorik nya..aku liat sih anak aku happy banget dan jd banyak interaksi dengan bayi lainnya tp sayang cuma bertaham sampai umur 1 tahun kurang krna waktuku yang mulai sibuk dan sulit untuk membagi waktu menemaninya ke sekolah..skrg umurnya sudah 15 bulan dan aku masukin school lagi..krna uda mulai besar dan banyak bicaranya..selain itu aku tipe ibu yang ngga suka anak main keluar rumah atau main dengan anak komplek ( krna lebih banyak anak yg umurnya lebih besar daripada yang seumurnya takut anak aku meniru hal2 yang tidak perlu ). Sekian sharing aku..hihihi..kembali pada tipe ibu masing2 yang pastinya selalu memikirkan segala yang terbaik untuk anak :))






21

Topic: Umur Berapa Mulai Sekolah?

hai miss int, masukin anak ke sekolah kapan saja bebas saja sih menurutku, yang tahu perkembangan anak kan orangtua, kalo memang dikira perlu dimasukin ke sekolah dr bayi untuk perkembangannya saya rasa sih ga masalah ya sambil terus diamati perkembangannya. ya semua balik lagi ke kebutuhan anak maupun orangtua haha.

kalo saya memang anak anak di daycare jd sampai saatnya maauk tk baru ku sekolahin tk, sebelum tk ya mereka sekolah sekolahan di daycare hehe

Ibunya Mika yang selalu pengen punya waktu banyak buat Mika

http://dieta.web.id/

22

Topic: Umur Berapa Mulai Sekolah?

hai moms, 
nama saja Nana(23), wanita bekerja. anakku usia 2 tahun dan sekarang lg hamil 6 bulan anak kedua...
6 bulan yang lalu, disaat dilema karna tau hamil lagi, tetap kerja atau dirumah aja, muncul pertanyaan, usia brp mulai sekolah...?
tadinya bener2 ga tega dan takut mau sekolahin..sempat ada cerita sih pas si kkak baru lahir, Aku sempat koma 12 hari di rumah sakit..itulah yang buat benar2 berat mau sekolahin dan daycare,.

tp apa yg dibilang sama mami ku dan mertua bener banget..kalau ga dari sekarang mau kapan lagi, sebentar lg ada adik..apalagi pintar dan aktif banget..mamiku dan mertua suruh cari sekolah dengan metode montessori karna metode belajarnya santai dan fun..FYI mamiku dan mertua sama sama paham montessori...aku nemu tuh di jakarta barat Twinkle Stars Daycare..
yaudah si mama sama mami aku ajak ke sekolah itu dan ternyata si kkak seneng banget..dia emang udah harus di kasih tantangan, ga bisa hanya mainan monoton dirumah doang..so far sudah 3 bulan di sana sih banyak kemajuan ya..

jadi menurut ku sih, di usia 1.5-2 tahun usia yg pas buat mereka sekolah..
dan jangan di tunda, kata mamiku, usia 1.5-2 tahun usia tepat masukin sekolah supaya bersosialisasi..tp kita harus pilih sekolah yang ok ya..jgn terlalu kaku..

23

Topic: Umur Berapa Mulai Sekolah?

adreina,
wah... turut prihatin yah adreina. pengalaman koma-nya bener-bener ngga bisa dibayangkan deh :( semoga sehat selalu yaa seterusnya.

untuk sekolah, sebetulnya bagaimana anak dan orangtua-nya juga yah. kalau memang mampu dan anaknya sudah tertarik untuk "sekolah', kenapa ngga? :) dan kalau batita biasanya kan diberi stimulus supaya kegiatannya menyenangkan. 

? love to write and run - a bus transjakarta passenger ?
@ninityunita

24

Topic: Umur Berapa Mulai Sekolah?

adhya wrote:
Hai Moms.. sebelumnya mohon maaf ya maMods kalo udah ada thread yg bahas ini. udah cari2 kayaknya belum ada.
pengen tau, mamas di sini mulai menyekolahkan anak umur berapa? alasannya apa?

Almira belum genep 14 bulan sih. tapi taun ajaran depan kemungkinan secara umur udah bisa diterima masuk kelompok bermain/pre-school. saya masih belum yakin apa dia udah perlu mulai sekolah di usia 2 tahun-an. kalo iya kan brarti mungkin tau depan udah kudu mulai hunting.

saya WAHM dan (kalo mau) sebetulnya ada waktu buat bermain bareng sama dia. kalo mau ngelatih bergaul, bisa main sama anak tetangga di komplek yg rata2 seumuran. walo begitu, saya kadang pengen kami berdua (saya dan ALmira) ngalamin beberapa jam tidak bersama: punya aktivitas masing-masing. supaya separation anxiety-nya juga berkurang sedikit demi sedikit (ngga tau ini ekspektasi yang tepat atau nggak). ibu saya juga nyaranin begitu.

ada yang bilang, anak perlu masuk preschool biar ga kaget. tapi kalo masuk preschool umur 2 taun, padahal masuk TK baru umur 4 taun dan nanti SD-nya sekitar 7 taun.. brarti sebelum SD 'sekolah'nya udah selama 5 taun-an dong?
too much nggak ya?

please share ya Mommas.. terutama yang anaknya udah SD dan sebelumnya ngalamin PG/TK bertaun-taun. terimakasih :)



gapapa moms, anak aku aja udah 'sekolah' dari umur enam bulan. kayak main pasir dan nyanyi2 gitu 

25

Topic: Umur Berapa Mulai Sekolah?

@adreina
bener2 cerita yang wow banget..
boleh tau komanya karna apa?
kalau aku setuju banget anak2 mulai sekkolah usia segtu..mereka butuh sosialisasi,,dan tidak baik kalau monoton hanya d rumah saja dengan org dewasa..

@monicahakim
its not too much kok selama anaknya menemukan kenyamanan..
tinggal kamu cari sekolah yang mendukung minat anak..
aku setuju baanget sama @adreina soal montessori school.. di montessori school anak2 benar2 mereka stimulasi untuk mandiri dan percaya diri..aktifitasnya fun dan tidak melulu soal kertas atau monoton..