1

Topic: Imaginary friend

djemima gue ga pake ranjang seh djem jadi cuma spring bed gitu aja .. waktu itu raniya belom bisa turun sendiri dan spring bednya lumayan tinggi. kalo sekarang dia udah bisa turun naek sendiri jadi kalo tiba2 tengah malam dia udah dibawah yaaa ga begitu horor lahh :D

Liz tanggal 7 besok pas setahun, kejadiaanya dia masih 10 bulanan berarti 2 bulan yang lalu ding.. ralat yang diatas.
dia cuma ngoceh2 kaya ada orang yang diajak ngobrol

kalo bayi suka senyum2 sendiri liat ke sudut kamar ato ke atas, orang2 tua suka bilang itu kakaknya dia, yang ditanam itu apa namanyaa.. ari-ari. gue sering dengernya gitu.

sejak kejadian itu kalo mau bobo gue selalu bisikin doa mau tidur trus baca ayat kursi.. rasanya lebih tenang aja.

mudah2an nanti kalo raniya punya IF ga yang aneh2 deh kaya celia aja.. hamtaro kan lucu :D

2

Topic: Imaginary friend

Iya Liz, the Charlotte and Hamtaro part is cute. Not not the other lil girl part. That's a bit, gimanaaaa gitu. I don't like little girl ghost stories yang kaya di pelem2 :D

Raniya_holic, mungkin kalo cuma ketawa2 dan senyum2 seperti yang dulu anak gue pernah lakukan, gue nya masih bisa menenangkan diri karena toh she's not afraid and whatever yang dia liat itu berarti ngga ganggu dia. Tapi kalo udah "ngobrol2" gue ngga tau juga ya. Apalagi kalo sampe nangis2 dan merasa takut, mungkin gue nya juga bakalan ikut ngeri karena berarti apa yang dia liat ini is making her uncomfortable.

Rock 'n Roll Momma

3

Topic: Imaginary friend

liz, kayaknya gapapa deh. gue juga dulu suka berkhayal jadi Han Solo di starwars, trus ada imaginary wookie, luke, leia, etc. dan gue udah diatas 5 taun tuh, hihihi.

? comic and crochet addict ?
theurbanmama.com | @turniptopia

4

Topic: Imaginary friend

Gile loe Thal, canggih banget maennya star wars :-)
Djem, iya gué pikir dia butuh temen aja, jadi pura2 ada temen main
utk sementara gué amati aja dulu

@LizCherie

5

Topic: Imaginary friend

Hehe, jadi inget pas 7 tahun karena tinggal sama bokap di Asrama S2 dan kita satu-satunya keluarga disitu jadi kalo weekend kadang main sendirian gak punya temen, suka pura-pura jadi Tintin dan pura-pura ada Snowy, Captn Haddock dkk. Ngubur barang somewhere di taman, bikin peta, sorenya pura-pura beradventure nyari bersama my imaginary friends.

Tapi gak pernah melebihi itu, selesai main ya *poof* hilang (kok dulu bisa ya?), gak pernah sampai dikenalin ke ortu atau apa gitu. Kadang jadi Tintin, besok jadi Thundercat atau apa...

Works hard, plays harder with his kids.
- Papa to Shavira & Arkan -
http://emergencyrecipes.wordpress.com
http://chandramarsono.wordpress.com

6

Topic: Imaginary friend

oh btw, liz... semalem, aina baru aja ngenalin "temen"nya dia... ari lagi jalan ke dapur, trus aina bilang, "bubu, ati2 nanti kesenggol". ditanya kesenggol siapa, dia bilang ada temen aina lagi disitu. trus dibawa ke deket gue yang lagi nonton tv, dikenalin ke gue.

tapi, knowing aina, yang semuaaaaanya imaginary (dari makanan, buku, rumah, etc), kayaknya ga papa. tapi bener sih liz... jangan2 anak gue kesepian, hu hu hu. liat aja, urban papa juga bikin imaginary stuff waktu cuma bisa main sendiri.

? comic and crochet addict ?
theurbanmama.com | @turniptopia

7

Topic: Imaginary friend

Aina kudu ditambahin playdate bareng Alde dkk Thal :-D

Works hard, plays harder with his kids.
- Papa to Shavira & Arkan -
http://emergencyrecipes.wordpress.com
http://chandramarsono.wordpress.com

8

Topic: Imaginary friend

waktu kecil gue anak tunggal (eh sampe sekarang juga deng!) jadi sering kepaksa main sendiri. seinget gue, gue gak pernah sih punya IF. tapi gue tuh doyaaaan banget ngayal. sampe sering senyum2 sendiri (ups!). doyan ngayal ini kebawa sampai remaja bahkan sampai sekarang.
satu hal yang paling sering gue khayalin adalah punya pacar namanya joe (terinspirasi dari joe-nya NKOTB) dan tinggal diluar negeri. dan bener kata orang- becareful what you wish for - atau dalam hal ini becareful what you khayalin for :) .. gue beneran kawin ama JO dan tinggal di luar indo. hihi

katanya sih semua imagination2 ini gakpapa selama bisa bedain what's real and what's not (otherwise i'd be in mental institution right now). kita juga bisa bantu anak dengan bilang lets say.. girrafe is real, unicorn is not, barney is only on TV.. stuff like that.

9

Topic: Imaginary friend

Waaaah Fan, seruuu
iya kadang2 gue kesian jg ama celia krn ngga ngerasain nikmatnya main di depan rumah sama anak2 tetangga: main bentengan, taplak, apa tuh batu2 yg disebar... dll

@LizCherie

10

Topic: Imaginary friend

Tenang aja. orang terakhir yang gue tau punya imaginary friend sampe gede akhirnya nulis Jomblo dan jadi best seller. :P:P:P:P:P:P

Gue sering senyum-senyum sendiri sampe kuliah kok dan sampe disangka orang gila sama ibu sendiri. Katanya
"Untung kamu nulis buku. Kalo nggak udah mamah ajak ke psikiater."
Trus dia juga pernah bilang
"Anak umur lima tahun ketawa2 sendiri sih gak papa. Ini kamu bentar lagi jadi sarjana masih kayak gitu. Siapa yang gak ngebatin?"

Before I have kids I have 2 parenting theories.
I have 2 kids now. And I have no theory.

11

Topic: Imaginary friend

Uhuhuhuhuh, kocak2.

Iya gue anak tunggal juga, sering menghayal so pasti. Dari jadi supermodel, bintang film, aktris, penari, vj mtv, detektif, soldier, polisi, biasanya sih tergantung apa yang di tonton pada malam sebelum nya :D, tapi more to hayalan pribadi, bukan teman hayalan. Thal, jangankan elo dulu yang masih kecil, suami gue yang gede aja lagi pengen ngejait jubah biar bisa jadi jedi dan kalo ultah request nya minta di beliin helm nya storm trooper. Saingan sama Ayla play dress up nya :D

Rock 'n Roll Momma

12

Topic: Imaginary friend

adit - hahaha, jadi ternyata di apartemen elo tinggalnya ber-5 dong... elo, ninit, alde, arza dan si IF :)

djem - kalo suami dapet light saber yang bagus, kabar2in gue ya... hihihi.

? comic and crochet addict ?
theurbanmama.com | @turniptopia

13

Topic: Imaginary friend

Iihihihhi, will do Thal. Hellofest(animation festival) kemaren kan diliput suami gue tuh, dan mereka kostum nya banyak yang keren2, Indonesians are geeky too ternyata :D

Rock 'n Roll Momma

14

Topic: Imaginary friend

Eh lagi baca2 artikel ttg IF, katanya muncul pada umur 3thn an, menurut statistik 13%-30% anak mempunyai / mengenal IF atau bbrp IF pada suatu saat tertentu. Ini merupakan fenomena yg normal di dunia psy anak selama anak tersebut tidak ter"kurung" dlm kehidupan imanginarynya. Sering terjadi di anak paling tua dan anak tunggal. IF juga bisa muncul utk menggantikan teman baiknya yg pindah rumah ato menekan rasa takut begitu masuk sekolah baru/lingkungan baru.

Secara umum, seorang anak membutuhkan IF krn pada umur tsb dia dituntut utk menjadi independen (mulai masuk TK), mulai dikenalkan dg peraturan2 oleh ortunya: bebas popok, kebersihan diri, jam tidur, sopan santun dll. Utk menghadapi tuntutan2 ini, anak yg patuh bisa menciptakan IF yg rebel, dimana dia mengkanalisasikan perasaan2 "rebel"nya: si IF boleh tidur malam, dia ngga perlu gosok gigi sebelum tidur dll.
IF juga kadang digunakan utk menyampaikan secara tidak langsung apa yg dirasakan oleh anak ke ortunya. IF ini akan dg sendirinya menghilang begitu anak mulai "bergaul" dengan teman beneran.

Bagaimana kita ortu hrs bereaksi?
-pertama, menganggap fenomena ini sebagai normal dan bagian dari perkembangan anak
-disarankan utk tidak men-denial keberadaan IF anak krn akan membuatnya menutup diri sendiri
-jangan pula terlalu "ingin tahu" terhadap IF anak kita (ini yg gue lakuin, gue sering tanya2 dimana si hamtaro) krn membuat anak bingung antara realita dan imanginer dan si anak merasa ortunya sudah memasuki her/his private/secret area. Biarkan dia yg cerita ttg IF nya
-ortu jg bisa menggunakan IF sebagai sarana utk mencari tau apa yg dirasakan oleh anak thd suatu hal (sbg perantara gitu)
-jangan panik, IF akan hilang dg waktu ....

voilà....

@LizCherie

15

Topic: Imaginary friend

pas banget nih liz,
enzo ampir 3 tahun, dan mulai sering main sendiri.
Pernah dia pake topi dan makan keju gulung dengan gaya lg merokok.. Pas gw tanya sedang apa dia bilang sedang merokok ma, seperti 'pak galang'.
Nah, gw gak kenal siapa 'pak galang' ini, dan gw cm ber-ooh aja. Tetangga dan kenalan jg gak ada yg namanya pak galang.
Trus, di lain waktu enzo pernah nyuruh gw nyalain lampu kamar, dengan bgitu 'raksasa'-nya ilang. (nah ini agak2 syerem)
tapi mungkin imajinasi jg sih, soalnya enzo ngomong gitu setelah nonton lil krishna yg di filmnya itu banyak raksasa.

Waktu kecil, kata abang2 gw, gw punya if yang namanya 'bureket' tapi gw manggilnya 'buleket'. Sampe sekarang, kk2 sepupu gw manggil gw dengan sebutan itu. Jadi, begitu gw bisa ngomong huruf 'r', gw klarifikasi sama semua sepupu gw bahwa if gw itu namanya bureket, bukan buleket.
Dulu itu gw emang gak punya temen dan maennya sendiri, paling tunggu abang2 gw pulang sekolah baru gw bisa maen bareng mereka.
Gw sendiri udah lupa si bureket ini kayak apa penampakannya.

Pas gw sma, gw nonton film drop dead fred, dan gw takut banget si bureket ini bakal popped up lagi, tp ternyata enggak tuh. Mungkin krn gw pas sma banyak ikut kegiatan juga kali ya.

Yg gw bingung itu namanya dapet dari mana ya? Bureket kan bukan common name...

a life-enjoyer mama :)
www.ekadeau.blogspot.com
@ekadeau

16

Topic: Imaginary friend

OMG eka agak merinding gw sama cerita bureket itu. Tapi semua anak belum tentu ngalamin ini kan? Jd wujud bureket dulu itu imajinasi atau kayak terlihat konkret gt? Haha serem juga ya.. Baru tau nih tentang IF IF-an gini. :p

Vania : Nata & Arsa's mom
http://vaniasatriadi.com @drVania

17

Topic: Imaginary friend

vania,
gw jg lupa bureket ini kayak gimana, tp kayaknya sih anak kecil biasa y, kayaknya sih lbh muda dr gw. Tipikal if yg gw jadiin temen baik, anak perempuan yg lebih cantik dan manis drpd tmn2 gw di kompleks dulu. Soalnya dulu gw gak dibolehin maen sama anak2 kompleks situ sama ibu, katanya sih anak2nya bully dan emang gak ada yg seumuran gw, semua lebih tua gt. Jd mungkin gw pelariannya ke if ini ya, si nona bureket hihihi..
Tapi pas gw masuk tk dan sibuk sama temen2 sebaya sih ya bureket ini ilang gt aja.

Gw inget namanya aja, krn di lemari pakaian gw ada tulisan bureket,pake spidol, yg nulis abang gw. Katanya dulu gw sengaja ngasih space di lemari gw itu buat baju2nya si bureket.
Belakangan,pas gw udah beli lemari baju yg agak gedean, lemari itu ttp disimpen buat si bureket.
Kadang, kalo gw lg ngebadut ato melakukan kekonyolan, abang2 gw suka nyeletuk ''dasar bureket!'' hihi..

Ah ya, adik perempuan gw jg punya if sejenis bureket ini, namanya lebih panjang; sana inati. Hihihi..
Tetangga gw si bapak yg jaga warung suka nyapa adek gw dengan sana inati, trus adek gw jd malu gt hihi..
Soalnya dulu adek gw pernah minta peniti ke si bapak warung itu utk bajunya sana inati katanya, dan dikenalinlah si sana inati ke seluruh warga di rt gw ;)

Tapi ya kalo ditanya, kita jg udah lupa bureket dan sana inati ini kayak apa.
Ah, lupa teman judulnya ;p

jadi, pas skrg enzo punya temen 'pak galang' itu mungkin krn dia replace sosok papanya kali ya. Makanya gw cepet2 resign dan nyusul suami dan tinggal bareng deh di cibubur.. ;p

a life-enjoyer mama :)
www.ekadeau.blogspot.com
@ekadeau

18

Topic: Imaginary friend

eka baca thread ini bneran deh inget drop dead fred..tp yg itu serem banget ampe bisa potong rambut si cewe nya hehe.. :D

~Aysha's mom~

19

Topic: Imaginary friend

eka, syerem ih mpe menyisakan ruang utk bajunya...btw itu nama2nya lengkap skali hihihi..

Klo gw emang penakut banget, di tambah rumah mertua yg spooky sangaaaaddh! Yg bikin BT swami suka ngetes gw...hiks
Kei baby pernah "digangguin" di rumah mertua. Beranjak gede dah mulai ngoceh gw tambah takut lagi soalnya dia suka kasih tau. Untungnya Kei itu tau banget emaknya amat sangat penakut jadi gak pernah cerita macem2 ke gw tapi ke org suka crita. Misalnya si ayahnya lagi iseng, jadi malem gitu suka diajakin ke lantai atas tempat jemuran buat liat lampu kota dan sekalian nakutin gw juga karna gw bakalan ditinggal di kamer ndiri. Eh baru bentar keluar kamer tiba2 masuk dan muka si ayah yg gantian ketakutan gak taunya si neng crita "jangan lewat situ ayah...takut ada nenek lagi jongkok seleeemmm" dowwweeennggg....

Abis kejadian ini pas lagi jalan aku baca tulisan "RAWON SETAN" eh si Kei bener2 ketakutan...gini percakapannya:
Kei: "jangan bu...jangan kesitu takuuutt"
Ibu : " gak papa itu cuma nama aja...itu tempat makan"
Kei: dengan muka BT "ibu sih belom pernah liat....serem banget tau bu! takut"...jiaaaaaahhh

Klo ini kejadian di rumah. Lagi di rumah siang2, kei kebelet pipis...diajaklah ma tantenya ke kamer mandi tau2 begitu buka pintu Kei kluar dan bilang "nanti dulu tante...ada datuk lagi duduk" ooowwhh...
Atau pernah lagi ngelewatin ruang tamu tau2 dia bilang "itu ada tamu ya nek?" kebeneran pas lagi ada mertua, si nenek langsung ngacir gendong Kei ke lantai atas eh si neng nambah crita "nek...koq ada tamu ditinggal sih...ayo kebawah ajakin ngobrol"...arrrggghhh

Nah dia juga suka ngomong ndiri, tapi dia tau banget aku penakut kadang klo kepergok aku dia lagi ngoceh ndiri dia yg langsung bilang "gak koq bu...lagi ngomong sendiri pura2...gak ada apa2 koq" sambil mesem2. Sekarang dah jarang karena ada ponakan yg sering maen ke rumah jadi IFnya sudah berkurang...

::emaknya Kei & Zee::
follow me @trulysyarif | IG & line : trulysyarif

http://rocktobermom.wordpress.com

20

Topic: Imaginary friend

nyambung ga yah kalo daku cerita....

anakku kan lahitr pas malam jumat kliwon...nah pas jumatnya nonto TV lagi ngebahas anak indigo plus ciri2nya gitu yang katanya bisa ngeliat hal2 melalu indra keenamnya (benar ga moms???)

nah pas balik kekantor, temanpun cerita tentang keponakaknnya yang lahir malam jumat klion juga dan ternyata ......keponakannya itu bisa ngeliat hal2 yang mungkin buat sebagai orang (termasuk diriku) itu menyeramkan dan kasiannya lagi anak itu penakut banget (sekarang SMP anaknya)...

nah, gimana ma araku ya?....*khawatir*

21

Topic: Imaginary friend

Truly Syarif,
Hwaaaaaa...cyeeeellllleeeeem yaaa (secara aku juga pnakut soal gitu2an)...Dulu juga ada sepupuku yang suka liat "macem2" tapi begitu dia masuk SMP kayanya ga pernah liat aneh2 lagi katanya..Mungkin si IF nya udah pergi secara dia udah ABG heheheh

davina biggest fans

22

Topic: Imaginary friend

truly syarif,
aah... Serem banget yg ada datuk lagi duduk!
Kalo gw sih kayanya bureket dan sana inati ini pure teman khayalan yaa.. Bukan yg mahluk halus gitu..
Walopun gw waktu sma pernah ketakutan kalo si bureket dtg lagi tapi ternyata wujudnya nyeremin kayak drop dead fred.

a life-enjoyer mama :)
www.ekadeau.blogspot.com
@ekadeau

23

Topic: Imaginary friend

tentang imaginary friend ini, anak keduaku Taqiyya (3 tahun) juga punya. kalo main sering sebut2 nama teman khayalannya. ada dua orang,yang satu namanya Reva dan satunya lagi namanya Nabila.
gak tahu tuh dapat ide nama itu dari siapa.
sering banget dia ngadu ke gue gini: "ummi, tadi Reva nakal sama aku.."
atau: "ih, bajunya sama kayak temen aku." trus gue tanya:" temen nya yg mana? "trus dia jawab:" Nabila, mi.."

ibu adalah sekolah pertama bagi anak- anaknya

24

Topic: Imaginary friend

selama ini selalu ketar-ketir semoga jangan sampe absen di thread ini *sambil merinding*

tapi nyatanya dong,
"Mamah, itu siapa di pintu ?", buka jendela trus ketawa-ketawa ga jelas dan kedengeran ngomong, "Main rumah asa yuk .." atau nggak ngedumel nggak jelas di pojokan, kalau ditanya lagi ngomong sama siapa, anaknya cuma senyum-senyum.

Asa (2y9m) sekarang udah mulai musim main pura-puraan sih. Jual-jualan dsb. Cuma sebuah fase dimana imajinasinya berkembang aja kali ya ...

less ego, more heart

25

Topic: Imaginary friend

huaaa..
mo share ah.. belakangan uqie (21m) suka bilang gini.. "mama, ada um inga" "dimana" "dikamar budeeee" hihihi peace coffeefloat :D
gatau yah ini IF atau bukan.. wewww..
abis ngobrol sama orang kantor dan katanya IF itu memang makluk halus tapi konon yang baik, yang melindungi dan suka ngajak main dsb dsb.. bukan yang serem2 gitu..
pernah suatu hari uqie cerita sama uwanya.. "momil (mobil) uqie tadi malem dibenerin sama um inga" haisss.. :D
so far sih uqie baik2 saja ya.. ga nangis atau rewel gitu.. aman deh.. :)

@krulletjez mawi nya @AhnafSyauqie

..enjoying every second with you..