1

Topic: Frugal Living Ideas

Wah alhamdulillah, ternyata banyak yang suka... :)

ria.. haha iya ya, kita dari belum emak2 juga udah ngirit apalagi sekarang... makin semangat pastinya!

eryka, ternyata gede juga ya penghematannya, gw sih emang ngga telaten ngitung2 pengeluaran sih, mungkin udah harus mulai nih biar bisa divalidasi benefitnya *jieh bahasanya!*

fanny, ahh.. jadi inget jaman masih tinggal di Antwerp, gw bela2in bangun pagi di hari Sabtu dan nonton bioskop yang matinee, soalnya kan harganya cuma 5 eur, kalau lewat jam 1 kan udah 8 eur ya Fan? Dan, yak setuju banget ama frequent flyer! Mileagenya kepake banget, terutama kalau ada acara terbang pas peak season kaya pas liburan natal+tahun baru, cuma sayangnya ampe sekarang belum pernah ngerasain class upgrade nih... hoho!

Btw, halo lei apa kabar! Ternyata di TUM banyak temen2 lama juga ya...!
Teh Ninit iya kami mah emang se-geng dari SMA haha.. *punten pisan ada oot nyelip*

Wow ternyata banyak banget tipsnya, sebentar ya baca2 dulu ampe bawah... Ntar sorean posting lagi ahhh.......

2

Topic: Frugal Living Ideas

wah mama2 disini hebat2 banget dengan frugal living nya yaa... top deh!

gue juga ikutan deh kalo gitu. sebenernya gue ngerasanya sih living lifestyle gue udah frugal banget, apalagi suka kebawa ama jaman2 di amerika dulu (pelit gilak!) tapi emang tidak se maksimal yang gue mau. contoh2 lifestyle kayak thalia gitu seru banget ya? tapi sayang, gak cocok dengan kondisi & work background gue heheh....

so far ini yang sekarang ada di gue:
1. singapore ini panas & humid, tapi gue tetep gak mau pasang AC 24 jam (kalo ke jakarta jadi suka mikir krn suka liat pada pake AC bisa seharian gitu). jadwal gue pasang AC hanya kalo udah mau tidur. biasanya dari jam 9-10 malam sampai jam 7-8 pagi. malah dulu saking frugalnya, pasangnya hanya 1 kamar, jadi naia bobo ama gue aja. tapi sekarang terpaksa berubah dan pasang di 2 kamar deh krn naia udah mulai di train bobok sendiri. tapiiii.. sepanas2nya singapore, temperature AC gak pernah turun dari 25C. sisanya di rumah pake ceiling fan. dan bener kata thal invest di ceiling fan itu bener2 bagus banget di negara tropis.
2. jarang nyalain lampu dan make sure kalo malem lampu semuanya dimatiin di rumah, lebih sering pasang lampu kecil aja.
3. kalo suami udah abis mandi dan pasang heater selama dia mandi, gue ga bakal pasang heater lagi. jadi pake air anget sisaan aja.
4. kalo semua pada punya credit card cuma satu, gue malah ngumpulin credit card. krena dengan credit card itu kita bisa belanja dengan promotion. dan masing2 credit card punya kegunaan masing2. misalnya gue punya credit card yang di attached ke giant, jadi gue pake itu kalo belanja di giant. selain nambah point, jadi gue bisa keep track grocery shopping gue. atau misalnya credit card yang ngasih big discounts pas beli bensin, penting buat punya!
5. semua credit card dibayar pake giro. jadi ga ada tuh yang namanya pembayaran pake kertas. everything's done online. kalo perlu semua bill pun datengnya online.
6. kantong plastik untuk jadi tempat sampah.
7. own a property. ini mungkin rada extreme, tapi dari awal kita selalu mikir kalo kita punya property, berarti ini akan mengurangi expense kita krn disini property bisa dicicil lewat CPF funds. dan berarti take home pay kita yang biasa dibayarkan untuk rent bisa dipake ditabung. CPF funds yang hanya mengendap juga jadinya kepake karena untuk investment bayar cicilan property ini.
8. selalu masak di rumah, at least during weekdays. makan keluar hanya dibatasi seminggu sekali.
9. makan makanan sehat & bergizi. we'd rather buy more fruits & veggies daripada beli junk food. soalnya kalo kita sehat, berarti biaya yang dikeluarkan untuk dokter berkurang.

oke lah segitu dulu.. tar dipikir2 lagi :)

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

3

Topic: Frugal Living Ideas

Halo semua, ikutaaaan. Banyak yang bisa dicontoh nih, terima kasih banget. gue share gue pribadi ya. dalam konteks keluarga, Ninit sebenernya lebih frugal dari gue. here it goes:

1. Beli properti deket kantor. First we did after relocating back from Singapore adalah beli unit di apt Sudirman park. Pulang pergi kantor jalan aja. Ngemat jutaan per bulan dari bensin.

2. Makan siang pulang. Ngemat ratusan ribu.

3. Jarang dine out.

4. Gue pribadi suka banget makan. Tapi gue pastiin kulkas gue kuras dulu sebelum beli-beli.

5. Di ruang tengah gak gue beliin ac. Kipas angin aja. Emang sih kalo lagi gerah ya gerah. Tapi sekalian juga membiasakan anak-anak tahan banting. Gue perhatiin dulu di singapur ada masanya di mana Alde kalo ga ada ac pasti keringetan. Makanya udah lah dididik aja gak pake ac. AC cuman buat tidur.

6. DVD bajakan wakakakak. kalo ini semua orang juga ya? Gak pernah ke bioskop.

7. Kalo laptop gue dan laptop Ninit bisa ngomong, niscaya dia akan bilang
'Cu, Nenek sudah ingin meninggal. Biarkanlah nenek pergi'
'nggak nek, nenek biar saya service ajah.'

8. Menunda beli mobil. Untungnya ortu punya spare yang mereka jarang pake jadi sementara nabung buat beli mobil, gue pinjem dulu. make juga paling seminggu sekali untuk groceries.

9. Sama seperti Slesta, punya 2 credit card dan incer promonya.

10. Gue pribadi mungkin bakal disangka pelit nih tapi biarin aja. gue itu sama asesoris cowok lumayan cuek. Mikirnya, toh udah punya istri, ngapain ganteng-ganteng amat. Kalo dandan yuppie ntar sampe ada yang naksir kan repot. Gembel-gembel gini pernah lah bikin nangis cewek barang 1-2 di masa lalu (halaaaaah). Anyhoo, terakhir kali gue beli celana kerja itu 2 tahun yang lalu. beli kemeja kerja 1 per tahun itu juga setelah malu dikomentarin rekan kerja karena kerahnya sedikit mengelupas.

11. Kebetulan bodi gue emang dashyat terjaga (halaaaah), jadi percaya apa nggak, kemeja dan kaos rumah dari jaman kuliah masih kepake. Pikir gue, toh nyaman dan gak ada orang liat.

12. Alde sekolah di lantai dasar kompleks apartemen. Ngemat ratusan ribu jemputan. Meski sebentar lagi terpaksa kita pindahin untuk alasan lain dan terancam make jemputan.

13. Beli BB! komunikasi pake BBM. Jadinya tagihan telfon kita berdua lumayan rendah.

14. Bukan gedget freak. Nokia gue kepake 5 tahun. It died on me :(. Intinya make gadget sampe gadget itu rusak atau dicolong.

15. Udah jarang beli maenan. Untungnya di rumah ada 3 anak cowok (alde, arza dan gue) jadi kita beli maenan yang GUE suka. the boys will just have to accept that reality. Dan di Singapur maenan murah. 3 tahun ga kerasa kita nyetok maenan. Pas balik ke Indonesia kita udah ga pernah beli maenan lagi.

16. Anak-anak dicukur ibunya.

17. Arza make lungsuran Alde. (kasian itu anak..:P)

18. Mandi gak pake aer panas. Heaternya sengaja ga kita install. Sekalian juga ngedidik anak-anak membiasakan diri sama air dingin. Ada tuh beberapa sepupu gue yang syarat idupnya banyak. Kudu AC, kudu aer panas, lama2 rada bikin repot orang tuanya ya. ya udah aer dingin aja.

19. Pake shower dan nggak bak. Pernah dikasih tau bokap bahwa satu gayung air itu lebih banyak dari beberapa detik shower.

Udah itu aja. frugalisme ini juga bukan tanpa kelemahan. Gue udah bela2in jalan ke kantor dan makan siang pulang ke rumah. Eh ternyata di kantor kalo pagi laper. Beli deh bubur ayam. Sirna sudah penghematan. tapi ya emang perut nomor satu dulu, frugalisme nomor dua. Soalnya kalo bapak laper, cari nafkah gak konsen hehe.

Share dong yang laen.

Before I have kids I have 2 parenting theories.
I have 2 kids now. And I have no theory.

4

Topic: Frugal Living Ideas

Hmm... Aku ga bisa bilang kalo gaya hidupku udah cukup frugal sih. Kalo dibilang irit, gaya hidupku emang lumayan ngirit sih. Apalagi suami, soalnya dari kecil emang biasa 'susah'. Kalo aku rasanya lebih ke 'ngirit karena keadaan' :D Dulu aku kerja, jadi kalo pengen ini itu tinggal beli aja. Tapi sekarang aku kan ga kerja n ga ada penghasilan, jadi gengsi dong kalo minta melulu ke suami hehehe... Yah, mau ga mau sih harus cermat dalam pengeluaran.

Yang udah dilakuin sih mirip2 kaya mama2 yg lain, misalnya:
- hemat tisu/kapas: pake saputangan/waslap
- hemat air mandi: pake shower
- pake mobil kalo bener2 perlu, misalnya pergi ber3 sama Sarah, atau ketika hujan deras dan harus pergi, atau bawaannya banyak banget.
- beli kendaraan yg bensinnya irit
- jarang nge-mall, kalo emang pergi ke mall harus 'jaga pandangan' dan 'luruskan niat' :P
- berhubung nyokap-bokap suka ngajak makan keluar bareng2 (alhamdulillah dibayarin mereka hehehe..), aku n suami jarang makan keluar lagi.
- berhubung ga kerja, jadi jarang beli baju-tas-sepatu n fashion item lainnya. Make up dll juga lama banget abisnya.
- grocery shopping harus seefektif mungkin, biar ga bolak-balik belanja n nambah belanjaannya.
- makanan buat bayi yg lokal aja, kalo bisa menunya disesuaikan sama menu masak orang dewasa hari ini, yg penting aman buat bayi dan tetap bergizi.
- berhubung kulit Sarah bukan tipe yg sensitif, aku biasanya pakein dia pospak yg murah2 aja. Pertimbangannya pospak dipakenya jarang2 n ga lama2. Sehari-hari pake clodi atau celana pop aja.
- jarang banget belanja keperluan fashion n mainan bayi, alhamdulillah kado2nya bisa kepake :D
- jarang nonton tv *eh ini sih emang karena ga mau ngebiasain Sarah nonton TV* setel musik aja.

5

Topic: Frugal Living Ideas

ada beberapa yg mirip sama mama diatas:
- cuma punya 1 cc, itu jg buat debit polis asuransi. kalo kepepet banget baru digesek.
- gak minta dibungkus plastik kalo barang yg dibeli bisa dicemplungin ke tas
- ga nyalain dispenser untuk air minum. air panas taro di thermos aja.
- kalo anak pup/pipis di rumah jarang pake tissu basah, langsung bersih bersih di kamar mandi aja. hemat.
- belanja sayur ke pasar i/o hipermarket. selain lebih seger, bisa ditawar.
- ngatur pola makan biar badan ga melar setelah melahirkan, hemat jadinya ga beli baju baru-baju lama bisa dipake lagi.
- ga segansegan minta lungsuran boks bayi, stroller, baju-baju yg masih bagus (kebetulan anaknya laki juga).
- beli obat pel, pelembut pakaian yg sachet. biasanya ART suka kelebihan kalo nuang atau makenya boros (berasa ga beli sih) :p.
- ga punya mobil, bebas biaya bensin,n ke bengkel. ngojek langganan aja-selain cepet sampai, itung2 ngasih penghasilan.

6

Topic: Frugal Living Ideas

adhit,
suamiku jg baju rumahnya itu2 aja. Kaos yang udah tipiiiis banget, yg udah bernyawa, dan celana pendek yg gak boleh dicuci. Ngebatin juga penampakannya kayak gitu kalo weekend sama aku, tapi lumayan seger liat dia pergi ngantor di senin pagi karena keliatan aga cakepan dikit pake kemeja dan pake parfum.

Pernah kaos gembelnya gw jadiin lap pel trus gw langsung didiemin, gak ditanya2 dan kayaknya sakit hati banget.

a life-enjoyer mama :)
www.ekadeau.blogspot.com
@ekadeau

7

Topic: Frugal Living Ideas

akupun lagi belajar ber-frugal living atas anjuran suami. Suami gue pengennya hidup sesederhana mungkin soalnya. Gue masih suka boros2 juga tapi udah terbiasa sama beberapa hal:
- gak punya mobil, kemana-mana naik kendaraan umum, termasuk kemaren pulkam ke Indonesia membiasakan diri pake kendaraan umum (angkot, bis, taxi) sambil bawa bayi (9 bulan)
- cloth-diaper, ternyata memang sangat membantu mengurangi pengeluaran beli pospak bulanan dan tentunya lebih eco-friendly
- second-hand stuff! Hampir semua keperluan anak gue belinya second-hand. Mulai dari tempat tidur, stroller, swing, high-chair, baju, jaket, dsb belinya second hand. Awalnya terus terang gue ngerasa agak aneh, tapi sekarang justru bersyukur, barang2 bayi sebentar banget kepakenya bisa rugi bandar kalo semuanya gue beli baru. Minggu depan kita mau pindah rumah beli perabotannya pun second hand semuaaaaa.
- recycle, memilah-milah sampah dan terutama rajin ngumpulin botol-botol bekas minum buat dikembaliin ke toko (20-40sen perbotolnya)
- koleksi segala macem kartu bonus dari berbagai supermarket
- moto "satu saja cukup", ini suami gue sih, gue sendiri belon mampu: satu sepatu cukup, satu jaket cukup, satu tas cukup, satu kacamata cukup...

8

Topic: Frugal Living Ideas

enjoy 50 Tips for Frugal Living dari salah satu web favorit gw

9

Topic: Frugal Living Ideas

eryka aha! salah satunya malah disuruh rent daripada own, which is in my case, malah justru jauh lebih mahal untuk rent. dan kalo bahasannya ttg interest, actually even on my case, the interest rate is not even a factor. the case that the web is presenting bener2 khusus untuk america banget. jadi rada susah untuk compare apple to apple nih untuk kasus ini..

oiya gue mau nambahin ya:
- stop buying gourmet coffee. in fact, sejak pindah ke spore gue malah jarang banget beli starbucks atau gourmet coffee lainnnya. either gue bikin sendiri (beli yang sachet) atau cukup beli yang di stall aja, kayak teh tarik ato kopi tarik. mayan banget bedanya dari yang $6 per cup jadi $1. hanya kalo lagi pengeeenn banget baru deh gue beli starbucks, itu pun bener2 once in a blue moon.

- bring my own breakfast. tiap hari gue bawa bfast dari rumah. sebenernya even lunch pun gue di rumah, unless gue ga sempet dan mesti lunch di kantor, baru deh.. tapi hampir 3hari seminggu gue pasti lunch di rumah.

- mix and match wardrobe. gue bukan orang yang seneng belanja. sekalipun gue wardrobe shopping, biasanya barang2 yang gue butuuuhh banget ato gak emang lagi sale dengan harga yang bener2 murah abis! trus di stock up :) wardrobe yang gue pake biasanya adalah baju2 yang gue udah punya bertahun2 lamanya. tapi gue selalu cari cara untuk mix & match jadi keliatannya kayak baju baru, padahal cuma the way i present it aja. malah kemaren ini gue jadi ngubek2 baju nyokap hehe.. dan baju gue sendiri banyak yang baju jaman2 SMA gue pake (untuk olahraga, tidur, etc.) dan i found many of my work clothes are the same clothes i wore when i first start working. masih gue pake sampe sekarang! heheh

- gue selalu cari barang yang gue make sure bisa long lasting, even itu barang2 buat naia. kayak kemaren gue beli tempat tidur buat naia yang berupa tempat tidur single, with roll-out bed. maksudnya biar bisa dipake sampe naia gede. dan kalo tar ternyata naia punya adek, roll-out bed nya pun bisa dipake. jadi ga tergoda untuk beliin naia tempat tidur princess ato bunk bed yang gue yakin ga bakal long lasting, krn begitu naia turns ABG udah males deh pake tempat tidur begitu.

- try to always buy seconds! sebelom gue nyari barang yang gue mau di toko, gue suka ngecek ebay atau craigslist dulu. just in case ada yang jual second-nya dengan kondisi bagus dan harga lebih murah. dan ini terbukti waktu gue beli quinny zapp & car seat buat naia.. dua2nya seconds dalam kondisi yang masih sangat bagus, dan dibeli dengan harga setengah dari harga toko.

- smoking is definitely not part of our lifestyle! honestly gue ga ngerti aja the point of smoking. jadi emang dari dulu selalu jadi aktivis untuk menolak smoking heheh.. untungnya ketemu suami yang emang juga bukan perokok. jadi pas!

will add more kalo inget yang laen :)

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

10

Topic: Frugal Living Ideas

thalia wrote:
trus yang ga keitung pake duit ya... yang obvious, kita punya waktu untuk bareng lebih banyak. tiap hari rasanya kayak wiken, hehe.


pengen banget kaya thalia :(

selalu menunggu datangnya hari sabtu-minggu

11

Topic: Frugal Living Ideas

sLesTa kalo soal rumah emang kayaknya ga bisa diterapin juga di indonesia, karena harga sewa juga kalo terlalu mahal sekarang bisa dibuat DP rumah

12

Topic: Frugal Living Ideas

- Baru nyadar ternyata kantor gue mendukung frugal living karena mereka ngasih seragam tiap tahun. Jadi gue ga usah repot2 beli baju untuk ngantor :D Emang awalnya gue ngerasa bete karena ga bisa pake baju kantor yang gaya, tapi sekarang gue pikir2 lagi ini pengiritan banget ya.

- Pake tissue rol dan bukan tissue kotak yang ditarik2 itu (apa sih namanya). Gue tau bule2 geli kalo pake tissue rol selain untuk urusan kamar mandi, tapi gue ga masalah karena toh itu tissue bersih. Kadang kan kita butuh tissue, tapi sebetulnya cuma butuh dikiiit banget karena cuma mo bersihin ujung jari. Kalo pake tissue kotak harus diambil semuanya yang sebetulnya terlalu besar untuk bersihin ujung jari doang, kalo pake tissue rol kita bisa ngatur sendiri mo nyobek seberapa panjang. Honestly gue ga tau selisih harganya, tapi gue pribadi ngerasa lebih tenang karena tau gue cuma make sebanyak yang gue butuhkan.

- Beli refill. Ini berlaku untuk perlengkapan masak, bebersih, bahkan kadang make up. Soalnya refill ini bedanya lumayan dibanding kemasan lengkap yang pake wadah, padahal bendanya sama aja.

yang selalu kangen sama si pipi gembil

13

Topic: Frugal Living Ideas

penasaran dgn pertimbangan thalia dn suami memutuskan work from home. sebelumnya work from home means berwirausaha atau memang dari company ngasi izin bwt kerja dari rumah kah?
seandainya sm dengan wirausaha,,,Boleh tau ga wkt mutusin brg misua buat kerja dirumah hal mendasar yg perlu dipertimbangkan itu apa? slain dgn kehadirannya aina.
maksudku, gini, setelah kita kerja dirumah, ada pernah mengkalkulasikan juga secara detil ga spt income dn expense kedepannya, dan pertimbangan bisa bertahan sampai kapan dgn kerjaan yg ada saat ini. Trus dari kalkulasi yg thalia bikin itu meleset jauh atau kurang lebih mendekati ? (hehe,,maap ya diberondong nanyanya)
soal nya gini nih,,aku pengen bgt bisa kerja dirumah tp kok sptnya aku merasa ga yakin dgn income dn expense kedepannya, kawatir dgn income yg diterima ga mencukupi dgn pengeluaran2.
maap bu mod,,kalau sekiranya keluar jalur dari topik nih. kalau diluar jalur mohon dipindahken saja. TIA

14

Topic: Frugal Living Ideas

mom seerika moto "satu sj cukup"....ihh sammaa *toss*
ak suka sayang kalo ada barang yg sejenis nganggur (misal punya bbrp spatu,hp,tas yg sering kepake cm satu ). meski g mutlak smua barang harus pny satu sih, kan ad jg barang yg hrs disesuaikan sm occasion. tp brusaha minimalis bgt, jgn sampe jd kolektor gt aj.

mom tiaaja ooo..."menyampah" itu hoarder ya...(liat oprah edisi it jg. tp ak trlanjur akrab ma istilah menyampah, lbh sadis n malu2in jd musti dijauhin :D )

Liha Ahliana, Ibu Pembelajar
exploring parenting world is an amazing thing

15

Topic: Frugal Living Ideas

oh ya,,,mo ikutan sharing juga frugal living nya saya,,
- Berhubung kantor deket dari rumah, saya pergi dn pulang naik sepeda. lumayan ngirit bensin dan ngurangin polusi

-sama kaya otty,,buat groceries stuff yg bisa refill ya beli refill nya

-dikantor selalu ngusahain buat make kertas dgn kedua sisinya,,,klo kira2 ada hasil print yg kurang memadai, pasti sisi satunya dipake lagi buat notes ataupun nempelin kwitansi kecil2 jadi voucher.

-makan siang dirumah, slain bisa ketemu anak, lebih hemat juga.

mgkn itu dulu deh hal2 frugal dari saya

16

Topic: Frugal Living Ideas

wihh banyak dapet pencerahan, thx ya moms...

kurleb sih idem ama yg lain..
kalo soal makanan/cemilan di ktr: makan ketring dan kalo cemilan abis, biasanya minta makanan ke temen ahahah, ini frugal ato malak ya? :p
tp biasanya mereka yg nawarin/ngasih sih, suerr karna tau kali ya gw busui *muka polos*

Reborn since El was born
@inicrey

17

Topic: Frugal Living Ideas

wah makin seru..

beberapa tambahan lagi :
[list=*]

  • [/*]
    pernah lihat tips yang bilang kalau barang2 elektronik masih menggunakan listrik dalam keadaan standby. jadi pastikan untuk benar2 mematikan TV/soundsystem/etc dsb. kalau tidak akan digunakan dalam waktu lama, sekalian cabut colokannya.
    [list=*]
  • [/*]
    untuk olah raga, gue pake WII (punya suami).. game yg paling gue suka WII FITNESS. gak perlu bayar!
    [list=*]
  • [/*]
    bikin wish-list
    contoh hadiah tahun baru 2010 dari mertua, gue minta satu set mixer.. jadi gak perlu beli sendiri. mertua juga seneng karena nggak perlu bingung cari kado. contoh kedua, pas ultah pernikahan, gue beliin kado suami, salah satunya remote mobil (yg buat kuncinya itu oh) soalnya yg lama rusak. hehe.. so romantic :)


    • [/*]
    cari supermarket yg lebih murah dan rajin ngebandingin bbg merek. katanya barang 'bermerek' yg lebih mahal suka di taruh di rak yg sejajar dengan mata.. jd sering2 liat rak bawah / atas untuk yg lebih 'ekonomis'

    Anja, sekarang adanya nonton hemat hari senin. kalau hari biasa 9 eur di metropolis.. huhu..

  • 18

    Topic: Frugal Living Ideas

    Wah baru tau ada istilahnya yah? *norak.com*

    Sekedar berbagi *cieeeh :p* ga sadar udh bbrp yg mamas lakukan disini udh aku lakukan hehhe
    Dimulai dari 4taun lalu wkt si sulung lahir..abis maternity leave ga pernah nonggol lg di kantor alias resign..pertimbangan suami wkt itu drpd anak di pegang org lain..
    So far yg udh dilakukan :
    -. Krn FTM ga perlu baby sitter, ga perlu ART yg bobok dalem jg..pertimbangannya, BS udh pasti expensive, asisten bobok dlm berarti extra listrik,meal dll unt dia..jd skrg cm pake yg pulang hari..itu pun tugasnya cm ngepel,nyapu, bersih2,gosok baju jd ga ngasi makan dia *pelit yah? :p*
    -. Ga langganan koran..dari hari pertama nikah ampe skrg, ga ada koran, ga ada majalah..toh ada internet
    -. Skrg pake BB hehehe..lbh hemat krn aku doyan bgt ngobrol/sms ga penting :D skrg lbh irit dg bbm itu :lol:
    -. Bawa air minum dari rmh kl pegi dan cemilan unt si kecil
    -. Sebisa mgkn peralatan elektronik tidak dlm keadaan stand by, jd tv,dvd,computer kl udh sls pake dimatiin/dicabut dari stop kontaknya
    -. Krn cuci baju pake mesin cuci, nyuci 2-3 hari sekali..pokoke mesin cuci isi full ga setengah2..ini jg knp ga mau pake ART bobok dalem, hari gini kebanyakan ART ga mau cuci baju pake tangan :(
    -. Belanja bulanan sll stick with the list,pengaruhnya anak ga laper mata minta cemilan2 yg "lucu2" itu dan unt produk2 pembersih rmh sll cari yg murah and/or di oplos lg pake air di rumah :lol:
    -. Yang teranyar, beli clodi unt si baby yg akan dateng november ini..beli jg yg lokal pny (walau tergoda akirnya pny 2 yg 200an :lol: )

    So far itu sih yg teringet..rasanya not bad for a beginner ya,mamas ? ;)

    mother | wife | baker wanna be

    19

    Topic: Frugal Living Ideas

    1. Kbtln krn suami PNS, setelah 2 tahun ngontrak rumah&duit DP rumah belum mencukupi, kita memutuskan tinggal di rumah dinas. Kita sengaja memilih lokasi tempat tinggal yg berdekatan dgn salah satu orang tua (kbtln kita tinggal dkt mertua) spy kl ada apa2 ga repot minta tolongnya. Di daerah ini, kontrakan udah makan biaya 20jt per tahun! Bayangkan kalau duit sebesar itu diinvestasikan. Walaupun memang masuk ke kompleks dinas jg harus keluar duit yg cukup gede tp sewaktu2 kita memutuskan keluar, ya uang sebesar itu (ya, kena inflasi lah dikit ;p) yang kita minta dr penghuni rumah dinas berikutnya. Dipikir2 kalau ngambil rumah sendiri dgn budget kita yg terbatas, kita cm mampu beli rumah yg di pinggiiiiiiiiir jakarta banget, malah habis uang untuk transportasi, belum lg macetnya. Kita pun nabung skr beli rumah rencananya utk dikontrakkan, bkn utk ditempati (stlh pny rmh sndr, kita tetap tinggal di rumah dinas) jd bs ada penghasilan pasif (hopefully). Untuk mewujudkan tujuan ini, bisa dibilang keluarga gue sedang menuju ke frugral living style ini. Contohnya:

    2. Mengurangi frekuensi makan di luar dan mengenyangkan perut setiap mau pergi ke luar. Rajin periksa isi kulkas melihat bahan2 yg nyelip blm sempat diolah. Jeruk nipis udah agak keriput, tetap dipakai. Serai agak layu, dibuang lapisan terluarnya, kita bikin teh serai. Leftovers malam pasti kita olah lagi paginya (tp jgn ditiru utk menu anak ya). Bikin cemilan sehat sendiri di rumah, instead of beli cemilan2 'kalori kosong-kalori tinggi tp kosong nutrisinya' di supermarket. Belanja di tukang sayur, beli bahan sesuai ketahanannya di kulkas. Mis kentang bs distok agak lama, tp sayur2an hijau ga distok lwt 1 hr, nanti malah layu&ilfil mau dimasak. Jd bahkan belanja ke tukang sayur pun gue pake cek list hihihi.

    3. Pakein pospak ke anak hanya kalau pergi2&saja. Kalau siang kita pakaikan celana pop/celana biasa. Kalau malam pakai clodi. Awal2 newborn repooot bener bolak-balik ganti popok kain, tapi makin gede usia bayi, kontrol kandung kemihnya semakin baik&bs pipis 1-2 jam sekali sj. Sm kyk teh ninit, baju kakak dilungsurin ke adeknya. Inilah salah satu keuntungan jenis kelamin anak sama.

    4. Gue gak inget kapan terakhir beli baju utk sehari2. Kalo ini ketularan suami. Gue dulu sih gila baju, tapi jadi malu ati sendiri setiap kali ke mol liat2 baju, nawarin suami nyari juga, selalu dia tolak dgn alasan 'gak perlu baju baru, baju yg lama masih bagus, cm menuh2in lemari aja'. Kl utk baju formil (mis acara kondangan) -ini pun jarang banget belinya- cari yg modelnya klasik, warna solid, spy gampang mix&match. Gue udah menebalkan telinga gue thd komentar2 nyinyir ibu2 (kbtln komunitas gue ibu2nya pd remeng) kl baju+tas+sepatu gue itu2 aja. Hueheheheheeee.

    5. Mengurangi nonton TV (kec cinta fitri tapinya hihihi), ngajak main+nyanyi2+nari2 sm anak instead muter DVD. Memaksimalkan fungsi internet, semua hal bisa dicari ke om google, bahkan sampai kode pos area tempat gue tinggal (gue ga pernah bs apal kode pos kl lg belanja online haha). Gue rasa mol itu bener2 konsumtif bgt. Parkir aja bs 10rb, belum makannya, belum liat sale&tergoda. Jd kl gak bawa anak ke playground, kita usahakan gak masuk mol, cr hiburan yg murmer&edukatif.

    6. Apalagi ya? Ntar ditambah lagi ah, kayanya seru banget mantengin thread ini ;)

    mamanya kathleen dan celine,
    yang rela jungkir balik demi keluarga kecilnya..

    20

    Topic: Frugal Living Ideas

    Haaa :) I like this thread

    My kind of frugal living:
    -beli refill utk semua produk yg ada refillnya (beli botolan 1x didepan aja)
    -sebisa mungkin beli yg kemasan besar (terutama kalo selisih harga bs jauh)
    -sebisa mungkin belanja 1x sebulan aja, kalo bolak-balik supermarket bikin boros mak, ga cuma transp, tapi juga faktor jajan dan laper mata)
    -masak rumahan terus, nggak jajan makanan
    -cemilan buah aja, sehat dan irit
    -belanja baju jika dan hanya jika ada diskon, pun dgn pertimbangan gila2an
    -kalo mau beli apa2 yg sifatnya non rutin, pertimbangan dan surveynya lamaaa bgt, pokoknya hrs bnr2 best deal, ya jenis, merk, harga, ukuran, urgensi fungsi, efektivitas pakenya, barang substitusinya apa, lokasi beli, dst (disini belanja online jd ok bgt, meski surveynya bs takes times, tp pd akhirnya bs hemat transp dan jajan2 yg ga perlu, disamping ongkos capek dan waktu
    -kemana aja memperhitungkan dan merencanakan rute dgn baik, jd bs sekalian ini itu dulu, maklum euy, mostly masih pake ojek/taxi...
    -bikin rencana pengeluaran bulanan beserta pos2nya utk ngejatah dan ngegilir pengeluaran yg aneh2... Semolor2nya, to me somehow it works better than me trying so hard to be savvy without planning.
    -selebihnya si mirip2 mamas yg lain ya...

    Dan suka jg sama quote thalia ttg frugal living utk afford mimpi yg lain :) kaya makannya nasi sama kecap gapapa asal kursinya tripptrapp :D lebih kurang gue jg suka gitu....

    Selain itu, gw jg resign dr kntr lama, dan nyari kantor dkt rumah/work from home. Dulu mikirnya kerja apa aja, asal deket rumah. Spt kata thalia, itung2annya emg surprisingly ngefek bgt. Transport, makan, waktu, capek, mikirin anak... Penghasilan berkurang, tp pengeluaran jg berkurang... And actually, I tried to live 'normally' ideal kaya di textbook aja si :p dr sd-sma jd komuter, mau disudahi... Heheh

    Cuma kalo gue penyakitnya adalah, suami kerja luar pulau. Kalo pulang, bawaannya jd pingin hura-hura mulu :D mengancam kelangsungan planning...
    Dan gue agak2 pecinta packaging dan penikmat image branding... Jadi yaaa... Suka mengganggu jg dlm proses pemilihan barang, makanya musti lamaaa semedinya...

    *shakashakesmyworld*

    21

    Topic: Frugal Living Ideas

    Duh gileee... pinter2 bener nih ibu2.... Kayanya kalau tips2nya dibikin buku keren nih!

    Untuk gw pribadi, salah satu pengaruh positif dari niatan untuk bisa being frugal adalah adanya motivasi untuk ngga kalah set sama segala jenis kampanye yang berbau konsumerisme. Ada buku yang menurut gw cukup simpel - terutama untuk gw yang awam banget ama ilmu ekonomi/marketing, judulnya the undercover economist, mungkin banyak mamas yang juga udah baca.. Beberapa hal yang dibilang slesta n fanny di atas ttg gourmet coffee dan cara supermarket ngatur penempatan merk di rak barang mereka, juga dibahas di buku itu dan dibilang sebagai strateginya penjual untuk 'ngejebak' pembeli, kira2 begitulah. Eh tapi tentunya bukan berarti seumur hidup gw ngga akan ke starbucks lagi... , tapi kalau kapan2 gw beli frappe lagi, berarti gw emang dijebak dengan ikhlas :D

    Oia gw tambahin beberapa lagi:
    [list=*]

  • Daur ulang: Dari mulai leftover food kaya retnasihombing, dan juga daur ulang barang di rumah, misalnya handuk yang udah buluk untuk jadi keset atau lap, atau botol kaca bekas jadi pot tanaman[/*]
  • Kalau ke supermarket lebih milih house brand/merk generik untuk barang2 yang emang kualitas antar merknya ngga jauh beda (Cth: kapas atau cairan pel lantai merk carr*fo*r atau g*ant). Tapi untuk beberapa jenis produk emang mendingan beli yang bermerk karena biarpun harga belinya lebih mahal, tapi kualitasnya lebih bagus, lebih tahan lama dan ujung2nya jadi lebih irit.[/*]
  • Untuk ngga makan di luar, kayanya gw belum bisa... soalnya dining out is my indulgence!! Ha! Iya gw menikmati banget makan2 dan jajan... Tapi untuk ngakalinnya, kita berdua cuma makan di restoran yang jual makanan yang emang susah untuk dimasak, contohnya: makanan model pempek yang ribet bikinnya, atau steak yang bener2 enak, dan sebisa mungkin ngga beli makanan2 yang bisa dibikin sendiri misalnya: cream soup atau omelet (jadi inget pernah musuhan ama suami gara2 ngelarang dia beli tahu telor hihihi....)[/*]
  • Manfaatin fasilitas kantor dengan sebaik-baiknya, contoh: health insurance, membership gym, vaksinasi gratis (cuma ada di kantor yang di Jakarta sayangnya :()[/*]


    Ah baca postingnya ibu2 ini tambah semangat gw jadinya!

  • 22

    Topic: Frugal Living Ideas

    wahaha seru... gara-gara baca ini gue langsung mutar otak gimana caranya nurunin pembelian listrik yang sekarang 2x lipat setelah TDL naik.

    emang dasar, di mana ada kemauan di situ ada jalan.. akhirnya gue tanya2 sama tetangga dan dikasih tips untuk nurunin daya.

    tada!!!!! sekarang biaya listrik gue kembali seperti sedia kala.

    makasih mamas!!!

    And thelilsolder is back. Fire!

    23

    Topic: Frugal Living Ideas

    Hmm..kalo gw sih frugal living hampir2 mirip ama mama yg lain.. Cabut steker kalo listrik ga kepake,tutup keran air kalo ga dipake,di rmh pake shower dan ga ada bak mandi kec buat anak gw ya...

    Gw jg penggemar lap2 microfiber. Cukup pakai air kotoran terangkat semua..hemat krn ga ush beli cairan2 pembersih lagi :) rumah jg ga 'teracuni' byk bahan kimia..

    Sbenernya frugal living ini berkembang sesuai keb kita ya..maksud gw gini, gw langganan koran krn dgn itu gw dpt diskon kalo blanja di toko buku sama hotel yg satu grup dgn si koran. Bagi gw (dulu) ini cost saving krn gw hobi blanja buku dan jalan2. Nah skrg dimana semua buku menjadi incaran si little princess utk dirobek, ya..si diskon ini udh ga cost saving lg deh. Makanya gw berhentiin langganan koran dan majalah..cukup om google ajah

    Dulu gw pernah beli alat steamer kyk di toko2 itu, lumayan ..krn dulu gw kerja dan pakaian byk blazer2 gt jdnya kepake bgt dan reduce biaya laundry/dry cleaning...selain hemat waktu juga..

    Kalau soal baju,sepatu,tas selera gw emang klasik sih..jdnya rata2 baju gw warna earth yg gampang di mix match...

    Untuk kosmetik juga hemat krn ga bisa dandan..he..he.. Kalau bersihin muka gw pake sponge buat bersihin susu pembersih dan lap lagi pake handuk basah kalo makeupnya rada tebel..(rada tebel disini maksudnya pake foundation, krn gw ga pernah pake foundation kec ke pesta...hi..hi..) . Baru kalo dirasa perlu pakai kapas buat toner. Makanya pemakaian kapas gw huemat...

    Btw Otty..avatar baru ya....-sorry oot-

    @medyratri

    24

    Topic: Frugal Living Ideas

    anya alwin,
    huahahahaha samaan banget sm suami gue. Pernah akhirnya makan dengan muka manyun mulut cemberut krn gue larang pesen es jeruk&gue pesenin teh tawar anget, abisan restoran suka getok harga minuman, padahal minumannya begitu doang. Gara2 dia ngambek (hihihi, lagipula gue jahat bener yak, secara penghasilannya kan jauh lebih besar dr penghasilan gue kok mesen es jeruk aja gak boleh) sekarang sih gue bebasin dia mau pesen apa aja kl lg makan di luar krn toh frekuensi dine out juga udah berkurang bgt.

    thelilsoldier,
    itu nurunin dayanya nglapor ke PLN ya? Dari berapa ke berapa dayanya dikurangin? Berkurangnya sebermakna itu kah? Hehehe, penasaran bgt, soalnya tagihan listrik rumah gue cukup mencekik leher juga ;D

    mamanya kathleen dan celine,
    yang rela jungkir balik demi keluarga kecilnya..

    25

    Topic: Frugal Living Ideas

    menyimak... cinta dgn thread ini.. :)

    mamahnya Aga & Asa :)