1

Topic: Child Care/Playgroup/Pre-School: Dos and Don'ts

gue share pengalaman separation anxiety waktu naia pertama kali masuk daycare, ngejawab pertanyaannya adistybudiman di POST INI.

waktu naia pertama kali sekolah (umur 20bln) di daycare, separation anxiety nya emang parah banget, karena emang dasarnya naia juga stranger-anxiety nya mayan tinggi. jangankan sama guru di sekolah, sama keluarga atau orang yang dia baru ketemu udah pasti bakal bikin dia shut down.

jadi waktu naia baru mulai daycare, disini sistemnya selama 3 hari gue boleh ikut masuk ke dalam kelas. tapi sebenernya dibolehin itu hanya hari 1. hari kedua gue boleh masuk tapi sebisa mungkin liat aja di luar. hari ketiga juga malah di test bisa ditinggal ato enggak, hari ke 4 bener2 ga boleh ada di area sekolah sama sekali :)

pas naia di daycare itu, hari pertama gue ikut di dalam kelas. naia hanya diem aja deket2 gue ga mau ikutan maen. hari kedua, dia ditemenin ama nyokap gue, gue liat dari luar aja. hari ketiga, nyokap gue ga ikutan masuk.

nangis? udah pasti! oiya, gue naro naia di daycare itu selama 3 jam, tiap hari.

tapi dari awal gue udah di inform sama guru2nya, gue mesti ngebiarin naia nangis karena begitu dia nangis, dia akan diambil oleh salah satu gurunya dan si guru akan coba bonding. nah selama gue masih ada disitu, dia ga bakalan mau bonding ama gurunya dan bakal lama adaptasinya. jadi selama dia nangis2 dan gue di luar dan ngeliatin gitu, dia ga bakal brenti2 nangis krn dia tau gue ada di luar. tapi begitu gue pergi dan gue ga keliatan, dia bisa didiemin dan jadinya bener2 attach sama gurunya.

jadi adisty menurut gue malah emang sebaiknya elo jangan nunggu di luar. mesti tega dan biarin aja dia bonding sama gurunya, jadi dia tau kalo mamanya ga ada, dia bisa ke guru itu untuk "feel safe". it does take time kok, gak bisa instan. dan bakal comes & goes. apalagi kalo abis weekend, hari senen jadi paling susah untuk si anak di drop-in sekolah. suggest gue malah mendingan frekuensi ke sekolahnya ditambahin. tiap hari tapi bentar2 juga gapapa, yang penting dia bonding.

sekarang naia udah umur 30bln, jadi dia udah di daycare 10bln. udah ga ada drama dia gak mau ke sekolah. malah begitu gue sampe sekolah, dia langsung buru2 ambil tas, turun dari mobil dan gue hanya drop dia di depan pintu masuk. diambil ama gurunya dan dia langsung bye bye.

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

2

Topic: Child Care/Playgroup/Pre-School: Dos and Don'ts

slesta, gw mau tanya.. Naia kan 3 hari berhasil bonding sama gurunya. Apa setelah sekolah dan berhasil bonding sama gurunya itu, stranger anxiety-nya Naia berkurang / menghilang sama orang lain (selain yg di sekolah). Gw pernah baca artikel yg ditulis Slesta tentang stranger anxiety, itulah yang dialami Nata sekarang. Jadi terus terang gw agak bimbang masukkin dia ke playgroup atau childcare atau sejenisnya. Soalnya gak tau kalo di sini, ada gak guru yang seperhatian itu (memberi perhatian khusus untuk bisa bonding).

Vania : Nata & Arsa's mom
http://vaniasatriadi.com @drVania

3

Topic: Child Care/Playgroup/Pre-School: Dos and Don'ts

Kalo dos don"ts buat Tumble Tots bisa masuk ke sini juga ga sih?

yang selalu kangen sama si pipi gembil

4

Topic: Child Care/Playgroup/Pre-School: Dos and Don'ts

otty bisa...

bunnia sebenernya bondingnya itu gak dalam waktu 3 hari. at least 1-2 minggu. itu pun gak berarti dia bakal bener2 happy untuk ke sekolah. masih suka gak mau dan pas ditinggal masih nangis. tapi begitu dia liat guru yang dia udah percaya itu, dia paling gak mau untuk diambil dan digendong dan bisa tenang. selama di sekolah pun dia gak mau lepas dari si guru itu. di kasusnya naia, si guru akhirnay suka yang ninggalin naia dan bilang mau pipis, sambil diajak untuk maen sama temen2nya dan guru yang lain. kayaknya naia baru bener2 bisa open up to other teachers dan mulai open up to other teachers di sekolahnya itu sekitar 1-2bln.

tapi untuk stranger anxiety nya, it takes longer. emang jadi sedikit berkurang, tapi masih suka takut. tapi semakin kesini naia udah mayan cuek sama orang baru, sekalipun dia masih takut atau malu2.. biasanya it takes shorter time for her to just don't care anymore and act as usual. yang pasti tips yang ada di artikel itu emang mesti dipake banget. basically jangan dipaksa dan kalo udah ga mau, cuekin aja dan jangan di mention lagi. kadang mereka itu kayak takut jadi diperhatiin gitu.

pas lebaran kemaren, naia balik ke jakarta dan ketemu semua orang2 di jakarta, yang dia udah pernah ketemu ato belom. alhamdulillah, dia cuek aja tuh. tetep maen aja sama temennya ato sepupu gue, tapi juga bukan yang mau langsung deket kalo ditanya. tapi kalo disuruh salam gitu ya dia mau2 aja. gak takut lagi.. kalo dulu mah dia langsung mereemmm ga mau liat. heheh..

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

5

Topic: Child Care/Playgroup/Pre-School: Dos and Don'ts

Hi adisty, gue mo share pengalaman waktu icha (3Y) masuk pre-school pertama kali... sorry ya, bakal panjang ceritanya nih...

Hari pertama, pagi2 anak2nya disatuin sama anak2 TK di depan sekolah, baris sambil nyanyi2 gt. Di situ Icha udah gak mau gabung, lebih seneng ngumpet di belakang gue... Setelah masuk ke dalam kelas, beberapa menit bisa tinggal di dalem, tapi setelah itu dia nyari gue keluar dan akhirnya gue terpaksa tinggal di dalem nemenin dia sampe sekolah dismissed. Waktu itu dia masih belum mau gabung temen2nya, tapi disana gue ajak keliling kelas, suruh liat gambar2, mainan2, trus gue kasih tau macem2 sih, kayak kalo nyari tas dimana, nyari minum dimana, mau pipis gimana. Pokonya biar dia kenal dulu sama kelasnya. Setelah itu gue ajakin gabung sama temen2nya, karna belom bisa jauh2 dari icha, guenya pun sampe ikutan main. Sepulangnya gue kasih tau, besok2 udah gak boleh ditemenin lagi, sekolah harus sendiri.

Hari kedua, pertama2 mau masuk ke dalem kelas, tapi tiba2 ada beberapa temennya yang nangis, dan jadinya icha ikut2an nangis dan keluar nyariin gue. Hari ini lebih histeris daripada hari pertama, mungkin karna temen2nya juga ya. Jadi gue pun memilih untuk nemenin Icha di kelas, sampe gak nangis lagi. Di dalem, pas Icha udah mau ngelepasin pelukan gue, gue ajak dia ikut terlibat sama kegiatan kelas. Waktu itu kebetulan kegiatannya 3 hari pertama cuma main. Dan dia tertarik pas dikasih play doh. Trus akhirnya mau main sendiri. Di sini gue berusaha misahin diri, gue baik2 pamit sama dia, "Icha main di sini ya, ibu ada di sana, mau ngobrol sama tante". Gue gak keluar kelas, cuma mojok aja agak jauh gt dari dia. Dari sini dia udah mulai nyaman main, sesekali dia nunjukin hasil play dohnya ke gue. Sempet dua-tiga kali dia nyamperin gue, tapi selalu gue suruh balik ke temen2 sama gurunya, sambil bilang, "Wah bagus, cha.. Coba icha kasih unjuk ke ibu guru..."

Pulangnya gue omongin kalo gue besok harus kerja, dan gak bisa nungguin dia kaya hari ini. Trus gue bilangin, bahwa besok yang nungguin itu mbaknya, tapi gak boleh masuk ke dalem kelas, nunggunya di luar.

Hari ketiga, gue bener2 gak nungguin dia, cuma nganterin aja. Gue pamitan agak jauh dari kelasnya. Tapi benernya hari itu siap2 untuk bolos lagi sih, gue dah bilang sama mbaknya kalo keadaan gak terkendali siap2 telfon gue. Alhamdulillah, pas gue telfon dianya anteng2 aja, gak ada lagi adegan tangis menangis... Emang sesekali keluar nyari mbaknya, tapi diomongin kalo mbaknya nunggu di luar, dia percaya dan mau balik lagi ke kelas.

Sayangnya, abis seminggu Icha sekolah, Icha sakit pilek/batuk. Sesuai peraturan sekolah, anak yang sakit gak boleh sekolah, terpaksa deh libur 2 hari. Pas udah sembuh, entah kenapa dia jadi mogok sekolah, dia bilang gak mau sekolah. Sempet bingung sih, tapi akhirnya dibujukin, kita ke sekolah cuma mau main, gak usah masuk kelas kalo dia gak mau. Pas udah di sekolah, gue ajakin ngintip ke kelasnya. Gurunya lagi nyiapin ember2 isi aer buat maen, gue ajakin ke dalem kelas, suruh liat. Sempet tertarik tapi masih tetep gak mau ngelepasin gue. Akhirnya gue terpaksa stay lagi di dalem kelas. Approachnya hampir sama kaya hari kedua. Cuma karna udah ada kegiatan belajarnya, agak2 susah untuk ngelepasin Icha dari gue. Di sini ada gurunya yang mulai ngebujukin dia, kasih mainan, lipat2 kertas, macem2... Pas udah nyaman sama gurunya, gue baru beraniin diri buat pamit, gue bilang gue harus ke kantor, tapi mbaknya tetep stay di luar nungguin dia. Alhamdulillah akhirnya dia mau, jadinya bisa say goodbye tanpa adegan drama. Dan pas gue telpon dari kantor pun kata mbaknya dia tampak enjoy2 aja.

Akhirnya sampe sekarang udah gak ada lagi adegan2 drama. Bahkan abis liburan panjang pun dia seneng masuk sekolah lagi...

Sekian sharingnya, semoga membantu... ^^

“The mother's heart is the child's schoolroom.”

6

Topic: Child Care/Playgroup/Pre-School: Dos and Don'ts

ah iya, mo update aja... akhirnya aina batal masuk nursery untuk tahun depan. kemaren baru diomongin lagi, dan ga jadi daftar. jadi kayaknya sekolahnya aina bakal diundur ampe (mungkin) K1 atau K2.

? comic and crochet addict ?
theurbanmama.com | @turniptopia

7

Topic: Child Care/Playgroup/Pre-School: Dos and Don'ts

binggi thal,
kenapa gak jadi daftar?

Enzo jg rencananya bakal dimasukin nursery, tapi gak jadi. Setelah lebaran kemaren udah sempet ikut free trial, dan enzo seneng2 aja sih kayaknya. Soalnya dia selalu bilang kalo dia pengen sekolah.

Tapi, hasil diskusi sama suami akhirnya diputuskan untuk menunda sampai enzo usia 4-5 tahun aja. Karena pada dasarnya enzo gak ada masalah kalo ktemu orang, justru dia kalo ktemu orang suka sksd (sok kenal sok deket), kecuali kalo ktemu org yg penampilannya nyeremin pasti nangis ketakutan.
Kompensasinya, aku yg resign dan bersatu deh kita semua sama papanya (horee! Eh, curcol yak? Hihi..).

a life-enjoyer mama :)
www.ekadeau.blogspot.com
@ekadeau

8

Topic: Child Care/Playgroup/Pre-School: Dos and Don'ts

eka - ga jadi karena 2 hal, ka... pertama, harganya naik jadi ampir 3 kali lipat. kedua, ainanya ternyata ga mau...

pikir2, ini kan cuma nursery... kemaren berencana mo masukin karena aina bilang pengen mulai sekolah dan harganya ga terlalu mahal... jadi kita pikir, ya di-trial aja dulu.

eh, ternyata harga naik dan anak ga mau. ga worth lah buat coba2 dan maksa anak pula...

btw, elo mo resign????? (eh, OOT ya?)

? comic and crochet addict ?
theurbanmama.com | @turniptopia

9

Topic: Child Care/Playgroup/Pre-School: Dos and Don'ts

binggi,
iyaa.. Alesannya mirip2 deh kita ;)

setelah survey2 kesana-kemari, dr yg jaih sampe yg dkt rumah, ternyata mahal yaa..
PAUD yg biasa2 dgn harga masuk akal sih ada, tapi kondisi bangunan, kebersihan, dan lain2nya jg seadanya.

Awalnya, sepemikiran sama slesta, anak2ku di rumah cuma ditinggal sama para mbak yg ngajarinnya jg seadanya.
Kalo disekolahin (sekolah2an maksutnya) mungkin penyaluran bakat dan energinya bisa lebih tetatur dan terarah.

Setelah diperhitungkan, in my case lho ya, aku resign dan ikut suami dan fokus ngurusin anak2 lebih valued daripada kita musti ngeluarin jutaan rupiah untuk ngegaji baby sitter dan bayar sekolah.

Bisa aja sih langsung nyekolahin enzo sekarang, toh anaknya mau. Tapi kalo bgitu jadinya target kita utk kumpul bareng satu rumah tertunda lg dong.

Jd prioritas skrg serumah dulu, setelah itu diliat lg perkembangannya, kalo bagus (mudah2an) gak perlu sekolah dulu 2tahun ini. Tapi kalo memang aktifnya bener2 gak terarah (enzo emang lg caper2nya, jd kalo ada aku ato papanya pas weekend itu bertingkah bgt) dalam kondisi aku ftm dan tiap hr ketemu papa, baru deh kita rasa perlu bantuan pihak lain seperti 'sekolah' itu.

a life-enjoyer mama :)
www.ekadeau.blogspot.com
@ekadeau

10

Topic: Child Care/Playgroup/Pre-School: Dos and Don'ts

thalia yaaa naiknya banyak banget sampe 3x gitu? dan aina jadi gak mau juga yaa? ya gapapa juga sih.. toh aina juga di rumah juga selalu dapet kegiatan dari binggi & bubu-nya.

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

11

Topic: Child Care/Playgroup/Pre-School: Dos and Don'ts

eka - iya, mirip! hihihi. gapapa kok. begitu elo jadi SAHM, anak2 pasti rada berubah kelakuannya... jadi bisa di-consider nanti aja kalo udah satu rumah (horeee! satu rumah!). ari udah 1 bulan kerja onsite (9am-8pm), baru sebulan aja, tingkah aina berubah :)

shinta - iya, sebenernya sih naik 2 kali lipat. tp abis itu ada uang dll seperti holistic-something dan buku2 text book (!!!!), yang add up jadi 3 kalinya.

dan satu lagi: masa kita disuru beli buku text book. ini kan kelas nursery! bukan K1, bukan SD. gue langsung ga yakin gitu mau masukin aina ke sekolah nursery yang ngasih textbook ke anak umur 3 taun...

oh well, balik lagi mesti berburu sekolah yang lebih cocok ama gaya ngajar yang kita mau... :)

? comic and crochet addict ?
theurbanmama.com | @turniptopia

12

Topic: Child Care/Playgroup/Pre-School: Dos and Don'ts

thalia wah iyaaa.. kok pake bayar buku segala yaa? di tempatnya naia ga ada tuh tambahan biaya ini itu. paling sekalipun ada biasanya untuk acara. kayak ntar november ada graduation party gitu, naia mau perform, ya kita disuruh bayar tiket nya. which is reasonable banget dan makes sense yaa..

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

13

Topic: Child Care/Playgroup/Pre-School: Dos and Don'ts

sLesTa wah lama juga ya.. 1-2 bulan.. Itu aja Naia tiap hari sekolahnya. *menghela napas*. Emang susah2 gampang sih menghadapi stranger anxiety. Tapi thanks banget, tips di artikel itu emang banyak membantu. :)

eka waah eka mau jadi SAHM? Senangnyaaa ;) Kayanya Enzo pede gitu anaknya. Home schooling aja.

Vania : Nata & Arsa's mom
http://vaniasatriadi.com @drVania

14

Topic: Child Care/Playgroup/Pre-School: Dos and Don'ts

Moms, kalo infant care gmn? Ada yg pernah nitipin baby nya ke infant care?

15

Topic: Child Care/Playgroup/Pre-School: Dos and Don'ts

momchi sorry kalo ngebingungin. thread yang awal saya buka lagi, tapi bahasannya dirubah khusus untuk infant care dan gak terbatas hanya di singapore. jadi silakan balik bahas di thread sebelumnya ya.

INI saya kasih linknya lagi. sorrryyy...

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

16

Topic: Child Care/Playgroup/Pre-School: Dos and Don'ts

yah akhirnya nemu juga bahasan tentang ini, tadinya bingung mau stay sama ART apa daycare, setelah baca pendapat2 di atas semakin mengukuhkan pendapat saya daycare lebih baik.
sebentar lagi saya memutuskan untuk kembali bekerja, setelah 17 bulan ini dipegang sendiri. belum tau bakalan seperti apa tingkat separation anxietynya, tapi biasanya ditinggal mandi aja nyariin :(
memang bener kok, kalau di tinggal di rumah berdua aja gitu malah saya kebayang yang ga2. ditambah takutnya malah dijejalin sama TV yang ga terkontrol juga mutunya buat anak2. hiks, paranoid duluan.
berhubung saya tinggalnya di Bali, ada referensi /pengalaman di day care di Bali?
trimakasih sebelumnya :)

*ibu rumah tangga hepi yang selalu ingin anaknya hepi*

17

Topic: Child Care/Playgroup/Pre-School: Dos and Don'ts

halo bunda azka,
saya ngga tinggal di Bali sih, tp pernah mengalami hal yg sama pas dulu memutuskan mau jd working mom, sementara Imut baru 20 bulan.
Kalo di rumah, sy biasanya bikin kegiatan terjadwal & bertarget, spt homeschooling. Ketakutan sy meninggalkan anak dgn pengasuh sama spt yg bunda Azka rasakan, takut dicekoki TV, ditinggal telpon2an, dlsb.
Hal pertama yg sy lakukan adalah searching daycare atau playgroup yg dkt rmh, pelajari profilnya, cek TKP, minta jadwal trial class (untuk PG)
beberapa kali trial class yg jd prioritas sy adalah kesamaan visi & misi pendidikan plus pengasuhan antara sy dan pihak daycare. Kalo yg ini udah OK, prioritas kedua adalah nyaman/tdknya anak qta dgn lingkungan day carenya.
Nah, kalo tingkat ketergantungan sama mamanya sangat tinggi, sebaiknya survey & trial class dilakukan jauh2 hari sebelum mulai bekerja. Semakin sering anak qta diajak bermain dgn teman sebayanya, semakin mudah dia bersosialisasi, semakin cepat juga kemampuannya untuk bisa mandiri & ditinggal ibunya.
Kurang lebih pengalaman sy sama Imut dulu, cukup lama (berbulan2) sy survey bbrp daycare & PG... entah krn ekspektasi sy terlalu tinggi atau emang daycare & PG di sekitaran rumah kurang bagus ya :(
Intinya... jgn sampe proses pemilihan daycare terburu-buru karena mengejar tenggat waktu mulai bekerja :) gitu deh....

mama sayang muthi'ah & mumtaz, dua putri kecil yg sholehah :)

18

Topic: Child Care/Playgroup/Pre-School: Dos and Don'ts

dear mamas,

mau tanya nih, pas ga ya nih thread nya...maaf kalo ternyata kurang pas ya...
kira-kira untuk anak-anak setiap pindah ke sekolah yang baru bakalan mengalami separation anxiety ga ya? minimal ketika pindah dari pg ke tk terus dari tk ke sd.
saya punya pengalaman ketika al(4y) lokasi sekolanya pindah, teman-teman dan gurunya tetap sama. lumayan lama juga untuk bisa saya tinggal, padahal sebelumnya dia udah enjoy di sekola yang lama. kebetulan untuk tk nya al akan pindah sekola, ga sama dengan pg nya yang sekarang. saya jadi merasa harus siap-siap nih. al udah sempet sih saya ajak ke calon sekola barunya, dan dia keliatan suka, mudah-mudahan lancar deh...

19

Topic: Child Care/Playgroup/Pre-School: Dos and Don'ts

ovia aduh aku belum pernah ngalamin hal kaya gitu mak.. anak juga masih belum sekolah...

mamas..
Tanya dong,.. play group ma pre school itu sama ga sih? sebenernya usia 2 tahun apa dah gpp ya masukin anak ke play group.. seminggu 3 kali sih,..
maksud hati biar pas selama weekdays si cenil ada kegiatannya..

tapi takutnya kalo umur 2 tahun kan waktunya bermain apa ga papa dimasukin ke playgroup gitu..
thx mams..

@anaersam : I'm latifah's mom!

20

Topic: Child Care/Playgroup/Pre-School: Dos and Don'ts

mo share nee kebetulan juga chloe anak ku 2yr baru masuk childcare,

kalo di sydney (kita tinggal) utk naro anak di childcare/day care/pre school
harus pake booking months before kadang ada yg setahun sblm nya
udah harus booking.
jadi waktu kita lagi liat2 trus ada space buat dia masuk
wah..gw langsung aja go ahead mendaftar.

chloe skarang terdaftar 2x seminggu ( karna kalo 1x seminggu penyusuain nya agak susah!!) waktu :jam 9pagi, jemput 4 sore
susah nya sampe sekarang chloe kalo gw tinggal slalu nangis menjadi2
tapi gw bisa denger dri luar sekolah kalo abis gtu nangis nya brenti.
happy nya tu dia very close sama her teacher so am glad!
trus jadi lebih maju dlm hal ngomong,maen, trus kreatif bikin macem2 (jadi ada 2 hari seminggu dia jga nga nonton tv mlulu dirumah)

so far we all happy dgn chloe masuk childcare
walo bapanya agk2 nyesek bayar sekolah nya mahallll aja!!!hihihi

21

Topic: Child Care/Playgroup/Pre-School: Dos and Don'ts

mo ikutan sharing cerita soal childcare. Setelah baca artikel Siska ttg I-Lead dan cek lokasi, saya mantap masukin Raissa (16 bln) kesitu. Sejujurnya ngga liat banyak chilcare cuman pernah ke 3 tempat aja dan I-Lead salah satunya. Pas pilih tempat juga krn melihat tempatnya memang ok (bersih), lokasinya cocok krn dekat kantor (msh bisa ditempuh dgn jalan kaki kalau mau nyamperin walo seringan ngojekin OB kantor) dan suka sama konsepnya yg menggabungkan daycare dgn preschool education.

Alasan masukin ke nursery krn setelah merasa kurang cocok lagi dgn cara asuh babysitter. Kalau dari perhatian dan sayangnya ke anak sih BS nya Raissa attentive bgt malah cenderung manjain. Tapi bbrp pola asuhnya lama2 ga cocok dgn harapan dan Raissa sdh mulai pick up bad habits jadi akhirnya diputuskan untuk dimasukin ke childcare aja. Hampir sama mungkin dgn bbrp alasan lain Moms yang disini, masukin anak ke nursery biar stimulasi ke anaknya bisa lebih maksimal krn takut kalau hanya dgn ART/BS mungkin makan-tidur ok tapi stimulasinya hanya sebatas TV. Kalau bahas biaya, memang tidak murah ya (mahal malah menurut kita) tapi setelah di-compare package I-Lead (info lbh lanjut bisa ke artikel Siska http://theurbanmama.com/topics/our-stories/2019/i-lead-family-childcare.html) dgn biaya BS/ART kayanya kurleb sama. Dan extra bonus nya masukin Raissa ke I-Lead saya jd bisa spend more time sama dia krn pergi/pulang ke sekolah/kantor bareng dan ketemuan pas lunch time.

Tips don'ts nya: Don't give in pas anak nangis di hari2 pertama di nursery barunya. Critanya dulu pas mau masukin Raissa sangkain bakalan gampang krn Raissa ga pny stranger anxiety dan rasanya ga ada separation anxiety jg krn seblm masuk sekolah pun setiap pamit kantor ga pernah ada drama. Raissa selalu nganter sampai garasi dan dgn luwes "bye-bye" malah kadang ga bales bye-bye ortunya krn dia sibuk liat kucing. Taunyaaa.. pas hari pertama masuk I-Lead sih dia masih cuek, pas dipamitin lempeng dan sibuk main sendiri. Tapi hari ke 2-3 mulai muncul separation anxiety nya.. kayanya karena dia sadar kalau bakal ditinggal sendiri seharian dengan orang baru. Tapi saya emang termasuk tega dan lempeng denger tangisan anak selama saya yakin dia tidak mengalami rasa sakit. Hari ke 4, masih nangis tapi gurunya laporan 5 menit setelah ditinggal diem. Hari ke 5 (hari ini), masih nangis tapi 10 detik kita udh di luar pintu dianya lsg diem. Yeaay.. semoga minggu depan udah mulai settle-in anaknya.

So far lmyn terasa sedikit pengaruh baiknya, Raissa udh mulai bisa makan duduk dan sering suap makanannya sendiri. Penyaluran tantrum nya sdh keliatan ada perubahan dari yg biasanya heboh dan physical, skrg sdh mulai bisa verbal (walau kadang nada soprano).

Maaaff.. panjang.

~ Lala ~
help! mama is bitten by the travel bug.

22

Topic: Child Care/Playgroup/Pre-School: Dos and Don'ts

lala waaa senangnya kalo ternyata daycare-nya ngasih impact yang bagus buat raissa. emang awal2 suka nangis, itu aja udah bagus di hari pertama masih lempeng. lama2 pasti bakal suka kok.

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

23

Topic: Child Care/Playgroup/Pre-School: Dos and Don'ts

mau cerita juga ya...

Semenjak ga ada ART lagi, gw langsung masukin mika ke daycare. sebelumnya emang udah cari-cari daycare jauh-jauh sebelumnya jadi udah mantap masukin mika ke daycare ini. Daycarenya enak banget kalo menurut gw, suasana rumahan banget dan anak-anak yang dititipin pun ga banyak, udah gitu biaya nya juga murah ditambah dapet makan siang, buah dan snack. di daycare ini Mika ga cuman dititipin aja tapi juga ada sesi balajarnya, banyak hal yang mereka ajarin ke anak-anak yg dititipin. Alhamdulillah semenjak mika dititipin di daycare, perkembangannya jauh lebih pesat dibandingkan dengan dirumah aja sama ART.

waktu pertama kali masuk daycare, mika sih seneng soalnya nemu temen baru dan mainan baru yg banyak, jadi pas dipamitin anaknya cuek aja dan ga nangis. Tapi mulai kelamaan bahkan akhir2 ini sering nangis kalo ditinggal, tapi kata guru-gurunya disana sih pas gw udah ga ada dan diajak main langsung diem dan ga pake drama-dramaan. Nah beberpa hari lalu gw coba metode baru, pas gw dateng, ga langsung gw tinggal dan pamit, tapi gw ajak masuk dulu, kasih mainan yg dia mau trus dia mulai asik mainsama mainan, baru dipamitin, hasilnya sukses dia ga nangis dan mau salim sama dadah-dadah, hehe.

Tapi yang jelas, gw sekarang merasa lebih nyaman mika di daycare dibandingkan mika dirumah sama art yang ga jelas ngapain aja dirumah tanpa pengawasan.

Ibunya Mika yang selalu pengen punya waktu banyak buat Mika

http://dieta.web.id/

24

Topic: Child Care/Playgroup/Pre-School: Dos and Don'ts

Moms, mau ikutan nimbrung nih...*hehe...baru liat thread ini soalnya...:).

Moms, mau tanya, apakah ada anak Moms yang bersekolah (PG, TK, SD) di Sekolah Karakter-Indonesia Heritage Foundation?

Mau dunk di-shared pengalamannya, Mom...need the info...:). Tengkyuuu before...

Barri's mom who loves her baby more than herself...:)

25

Topic: Child Care/Playgroup/Pre-School: Dos and Don'ts

hi moms, aku lagi cari2 preschool
sudah trial kesemua tempat,
tetep ga nemu yg cocok dan sreg
preschool ditempat aku juga ada yg pake buku
padahal buat kelas 2thn
dan jadwalnya dari senin-jumat dari jam 08.00-10.00wib
bukunya selama 1thn ganti 3x buku @ 300rb
jadi mikir berkali-kali untu masukin preschool ini
habisnya udah kaya jadwal sekolah tk
padahal masih 2thn :(

ada naksir sama salah satu preschool
kebetulan preschool ini 1yayasan denga salah 1 international school di jakarta
tapi sayangnya bahasa pengantarnya english 80% dan mandarin 20%
my Angel belom bisa lancar ngomong dan dirumah dah bilingual
kl dimasukin ke preschool yg bahasa pengantarnya lebih ke english, berarti jadi trilingual donk
worried jadi rancu sama bahasa dan bakal makin telat ngomongnya
so, sampe sekarang masih belom nemuin yg cocok lagi :(