1

Topic: Kekentalan Darah & Kehamilan

Shiiin :D iya nih, anak kdua mudah2an lancar deh

ACA ku emang tinggi. Di kehamilan pertama juga begitu. Cuma dokter bilang masih bisa diatasi.

Gue cm ngeri yang infeksi CRP itu aja sih. Ada tretnya ga ya? atau bikin baru? :D

2

Topic: Kekentalan Darah & Kehamilan

dewdew infeksi CRP itu apa yaa?? kayaknya belom pernah dibahas, silahkan buka aja thread nya..

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

3

Topic: Kekentalan Darah & Kehamilan

dewdew~ CRP itu C-reactive potein, marker klo ada inflamasi spt infeksi akut..jd ga usah khawatir, kan udah diatasi :)

4

Topic: Kekentalan Darah & Kehamilan

Haluuuwwwww semuanya...
saya baru gabung di TUM nih....baru posting skrg pula...

Mau ikutan sharing tentang ACA...
Saya ada riwayat ACA sejak 2001. Ketauannya karena sering merasakan linu2 di ujung2 jari, trus sakit kepala kayak ditusuk2, dan di linu di persendian. Saya menikah tahun 2008 dan sekarang lagi hamil 21minggu (anak pertama), memang sempat sengaja menunda.

Skrg selailn konsul ke dokter kandungan, saya juga konsul ke dokter hematologist di RS Islam Jakarta, dengan Dr Chospiadi Irawan. Obatnya memang ascardia (untuk mengencerkan darah), dan sejak 2001 itu juga sudah disarankan untuk minum asam folat juga.

Naaah, untuk masalah kenapa bisa kena ACA, sebenernya sifatnya memang bukan genetik, tetapi emang dari gaya hidup. Bukan cuma gaya hidup kita yg suka makan fastfood dsb kok, tp juga dari kesukaan kita makan sayur2an yang banyak mengandung klorofil (brokoli, bayam, kangkung, dsb) semua sayuran berwarna hijau, sebenernya memicu darah mengental *apalagi klo lagi hamil, bisa makin kental*, karena mengandung vitamin K

Naah, menurut Dr Chospiadi Irawan, selain mengkonsumsi ascardia, ada baiknya kita kurangin makan sayur2an berwarna hijau, trus coba beralih ke sayur2an berwarna lain (toge, tomat, sawi putih, wortel).

Trus...mohon doanya juga buat temen2 di sini, supaya kehamilan saya lancar...Alhamdulillah sampai saat ini belum disarankan untuk disuntik pake heparin, dsb.

Mudah2an sharing saya bisa bermanfaat juga yaaa :)

-a daughter, a sister, a friend, a wife...and now...i'm a mom of a supercute son...Alhamdulillah-

5

Topic: Kekentalan Darah & Kehamilan

@daffiki : mbak aku juga baru ketahuan ada ACA tapi belum didiagnosis sama dr hematologinya baru ketemu nanti hari senin, ketahuannya krn belum2 hamil juga setelah menikah 2,5 tahun terus sama obgyn nya disuruh tes darah ternyata bener darahku kental banget.... makanan apa aja ya mbak yang nggak boleh dimakan yang mengidap kekentalan darah ini selain dari sayur2 an warna hijau? aku deg2 an juga jadinya karena belum pernah sakit, begitu di duga ini jadi sediih banget hehe..

Senengnya ya mbak lagi hamil... mudah2 an lancar sampai kelahiran nanti... :)

6

Topic: Kekentalan Darah & Kehamilan

theresia_p

Kalau dulu banget, pas ketauan ACA-nya +, yang pertama banget harus dihindarin itu makan sayur brokoli, karena kata dokter yang merawat, sayur itu kontra sama obat yang diminum.

Kalo dari pengalaman nih ya, dulu pertama banget dikasih obat pengencer darahnya namanya: sintrom, obatnya murah, tapi susaaaaaah bangeeeet dapetnya, biasanya beli di RS Jantung Harapan Kita.

Nah, menurut info dari dokter kandungan & juga dokter hematologist yang sekarang ngerawat gw, ascardia lebih ramah dibandingkan sintrom, biasanya minum obat itu juga dibarengi sama asam folat (folic acid), itu diminum sehari 1x.

Kalo gw dulu menghindari yang namanya goreng2an, trus juga sama seafood yang berkolesterol tinggi *ga dilarang sih, cuma disuruh kurangi*

Mudah2an informasi dari gw bermanfaat yaaa.... :D

Didoain mudah2an bisa segera hamil...aamiin :)

-a daughter, a sister, a friend, a wife...and now...i'm a mom of a supercute son...Alhamdulillah-

7

Topic: Kekentalan Darah & Kehamilan

mommies...tanya y, emg batas ambang wajar kadar ACA itu berapa y moms?

sy baru periksa dsog katanya arus darah ke plasenta agak terganggu makanya supply nutrisi ke baby kurang dan kata dokternya krn kehamilan sy sudah 35w3d dikasi obat jg kurang optimal. benarkah?

oya, jd sy baru tw klo BB baby cm naik dikit pd kehamilan 34w, pd kontrol sebelumnya BB-nya normal

apa yg harus dilakukan untuk menurunkan kadar ACA biar BB baby nambah, kesian msi mungil?

8

Topic: Kekentalan Darah & Kehamilan

dear mom's

aku juga mau sharing mengenai ACA ... sekitar 8 bulan yg lalu istriku hamil. dan alangkah senangnya kami, bayi yg kami tunggu almost 3 Years akhirnya jadi juga. semuanya berjalan lancara sampai kehamilan usia 12 minggu.

sepulang kantor, tiba2 istriku pendarahan. dan secepat kilat akhirnya kami menuju RS terdekat. dan langsung USG malam itu juga dan dinyatakan bayi kami sehat. dan walhasil istri harus dirawat di RS selama 4 hari. setelah dari dari RS, Dokter kandungan kami DR. Abdullah yg praktek di RS Hermina Bekasi menganjurkan untuk ke Konsul juga ke Dr di Pondok Indah. setibanya kami disana dan dilakukan USG ternyata bayi kami sudah meninggal di usia 13 Minggu. betapa terpukulnya hati kami mendengar itu semua. seorang bayi yang kami tunggu sekian lama meninggal dalam kandungan. tapi apa daya kami, kami sudah berusaha dan Tuhan yang memutuskan. semua kami pasrahkan kepada yg diatas.

selatah kiret, 3 bulan kemudian alhamdulillah Allah masih memberikan kepercayaan kepada kami. untuk kehamilan kali ini kami gak main dan berusaha sekeras tenaga menjaga bayi ini. konsul ke dokter kendungan terbaikpun disantroni. dan akhirnya tiba keputusan untuk mengecek ACA. di RS PGI Cikini dengan Prof.DR. Karmel ...

akhirnya istriku divonis ada pengentalan darah dengan nilai 18, d-dimernya masih dalm ambang batas wajar. mengingat history keguguran kami, dan usia istri yg sudah menginjak angka 30, akhirnya Prof. Karmel memutuskan untuk dilakukan tindalan suntik lovenox 0,6 mg setiap hari. dan meminum obat ascardia setiap hari.

yang kasihan sekarang adalah istriku, sepertinya tersiksa sakit karena suntikan setiap hari. setiap kali aku suntik istri pasti kesakitan. itu yang bikin aku gak tega ngeliat istri setiap hari menderita karena suntikan. disamping harga suntikan lovenox saat ini juga cukup mahal. harus aku tebus dengan harga 177 rb per bijinya.

mohon sharingnya, adakah cara lain selain suntik agar bayi kami selamat dan istriku tidak harus menderita dengan suntikan setiap harinya. karena kalau ditotal biaya suntiikannya lumayan besar, sampai menyentuh angka 5 jt untuk satu bulan suntik ...

jika ada dokter spesialis ACA lain yg bisa memberikan solusi yg lebih baik dari suntikan kami sangat berharap masukan dari teman2 semua disini
hehehe ... maaf jadi panjang lebar nulisnya

terima kasih sebelumnya sudah diijinkan untuk posting disini

9

Topic: Kekentalan Darah & Kehamilan

@hime: kalo yang gw tau, selama kehamilan memang kecenderungan darah sang ibu mengental dari biasanya, tapi itu bukan berarti ACA nya positif. Syaratnya klo menurut hematologist gw, banyakin minum air putih, dan kurangin makan sayur2an berwarna hijau. Mudah2an bermanfaat yaaa :)

@rey1502: so sorry to hear that, mudah2an kehamilan yang sekarang lancar yaaa. Btw, hematologistnya skrg Prof Karmel ya? klo di kalangan pengidap ACA nama Prof Karmel emang terkenal banget, dan emang ahlinya *kata banyak orang*. Btw, memang istrinya ga dikasih obat minum ya? misalnya ascardia 160mg? itu juga untuk mengencerkan darah. Hematologist gw so far menganggap kondisi kehamilan gw saat ini cukup terapi dengan ascardia 160mg, ga perlu disuntik heparin, dsb. Tapi ya itu, harus banyak minum air putih, dan kurangin makan sayur2an berwarna hijau.

Mudah2an semuanya kehamilannya pada lancar yaaa, sampe ke proses kelahiran, semuanya sehat...ibu & bayi sehat semuanya :)

-a daughter, a sister, a friend, a wife...and now...i'm a mom of a supercute son...Alhamdulillah-

10

Topic: Kekentalan Darah & Kehamilan

@daffiki : boleh tau kekentalan ACA nya sekarang berapa mbak ?

11

Topic: Kekentalan Darah & Kehamilan

@rey1502: Alhamdulillah skrg ini ACA (-), tapi ANA (+) :( tapi d-dimer juga diperhatikan sama dokter,karena itu juga berhubungan dengan pengentalan darah. Memang ACA nya istri @rey1502 tinggi sekali?

-a daughter, a sister, a friend, a wife...and now...i'm a mom of a supercute son...Alhamdulillah-

12

Topic: Kekentalan Darah & Kehamilan

@daffiki: tenkyu sarannya y. kata dokter arus darahnya yg tinggu S/D rationya, RI ama PI ketinggian waktu diukur pake doppler. truz klo dikasi ascardia jg udh g direkomen ama dokternya krn kehamilan aq udh aterm. skrg udh 37w BB baby 2200gr.takutnya pas lahiran bs pendarahan. yasudh pasrah saja tp terus tetep genjot asupan makanan-nya aja

y skrg berdoanya mg2 smpe tar lahir bisa minimum 2500gr udh bersyukur

13

Topic: Kekentalan Darah & Kehamilan

daffiki wrote:
@rey1502: Alhamdulillah skrg ini ACA (-), tapi ANA (+) :( tapi d-dimer juga diperhatikan sama dokter,karena itu juga berhubungan dengan pengentalan darah. Memang ACA nya istri @rey1502 tinggi sekali?


ACA istriku di angka 22 mbak ...

14

Topic: Kekentalan Darah & Kehamilan

Hmm... Masih keinget sakitnya mas... Dulu saya juga suntik Lovenox 0.6 setiap hari dan minum Ascardia 2x1.. Tangan sampai biru-biru... Saya sempat konsultasi juga ke dokter lain tapi sarannya juga sama.. Dulu saya suka bandel, kalau lg males atau mood lg jelek suka skip suntik!

Waktu sebelumnya saya disuntik dg Arixtra,
ini tidak sakit karena alat suntiknya lbh canggih.. Tp banget Rp 450.000 sekali
suntik... Kita gak sangguplah hrs mengeluarkan 450ribu setiap hari sampai melahirkan. Akhirnya saya tahan aja sakitnya dan saya dan suami bikin acara suntik itu jd becandaan.. Jadi kita berdua ga terlalu stres pas mau nyuntik. Yg penting bayi saya
perkembangannya baik... Apalagi kita nunggu udah 5 th... Dan Alhamdullilah anak
kami lahir dengan sehat... Semoga mas dan istri bisa ketemu dokter dengan solusi lebih baik.. Tp kalau engga, sabar aja ya mas..

A brand new mom who loves the smell of mint, the taste of berries and the unexpected twist of life.

15

Topic: Kekentalan Darah & Kehamilan

rey1502 wrote:


ACA istriku di angka 22 mbak ...



Kalo ga salah, baik ACA IgG, IgM klo ratenya 22 masuknya low positive deh, tapi klo untuk jelasnya, baiknya langsung tanya hematologistnya, yang emang expert:D

Mudah2an semuanya lancar yaaaaa... :)

-a daughter, a sister, a friend, a wife...and now...i'm a mom of a supercute son...Alhamdulillah-

16

Topic: Kekentalan Darah & Kehamilan

mo sharing tentang pengentalan darah selama hamil kebetulan bulan juli kemarin baru melahirkan.

@rey1502..kalo lg hamil memang prof karmel konsen pada ddmer dan pttnya.kalo tinggi (dulu aku jg semapt 1500 and 2200) bakaln disuruh perikasa/2 minggu.dulu awal2 aku cuma dapat suntuikan lovenox 0,4ml.tapi krn ddmer sampe 2200 jadi di selang-seling ama 0,6ml.
memang suntikan itu terus aku pake sampe 5 hr setelah melahirkan.jadi jangan sampe berhenti menyuntik ditengah kehamilan karena ada temannya dr spogku yg begitu.dia berhenti menyuntik pasa usia kehamilan 7bln krn malas.jadilah beberapa hari kemudian dia langsung melahirkan dan bayinya prematur.resiko besar kalo suntikan berhenti ditengah2 kehamilan.memang kudu banyak sabar selama proses ini.

btw supaya disuntiknya gak sakit minta diajarin aja sama suster yg diruang prof karmel (RS Cikini). disuntiknya diperutkan?kalo aku patokan supaya pas disuntik gak sakit begini kan sebelum suntikan dimasukkan perutnya harus dicubitkan.jd cubitan harus kerasa sakit dikit baru suamiku boleh nyuntik.dan supaya gak berdarah selesai obatnya masuk jarum jgn langsung dicabut tapi cubitannya yg dilepas pelan2.(ribet jg jelasinnya,moga ngerti ya) suamiku learning by doing kok.dia jd bisa menyuntik aku tanpa sakit,berdarah,dan biru2.dr spog n susternya,juga suster di ruang prof juga heran suamiku bisa melakukannya :)

maaf kepanjangan ya...moga kelahirannya lancar :)

17

Topic: Kekentalan Darah & Kehamilan

daffiki wrote:

Naaah, untuk masalah kenapa bisa kena ACA, sebenernya sifatnya memang bukan genetik, tetapi emang dari gaya hidup. Bukan cuma gaya hidup kita yg suka makan fastfood dsb kok, tp juga dari kesukaan kita makan sayur2an yang banyak mengandung klorofil (brokoli, bayam, kangkung, dsb) semua sayuran berwarna hijau, sebenernya memicu darah mengental *apalagi klo lagi hamil, bisa makin kental*, karena mengandung vitamin K

Naah, menurut Dr Chospiadi Irawan, selain mengkonsumsi ascardia, ada baiknya kita kurangin makan sayur2an berwarna hijau, trus coba beralih ke sayur2an berwarna lain (toge, tomat, sawi putih, wortel).


Ya ampuun mbak, baru tahu kalau ternyata sayur2 tsb memicu darah kental, padahal hobi banget makan2 sayur itu, paling favorit deh!

Dulu waktu hamil aku sempat dicurigai darah kental, krn waktu periksa darah hemoglobin dan hematokrit tinggi. Dr spog ku khawatir pengentalan darah, aku dirujuk untuk periksa ACA ke lab. Hasilnya ACA lgM & lgG low positif. Jadi ga ada treatment khusus. Aku kira knp waktu itu aku diduga darah kental, krn faktor genetik krn Papaku juga darah kental, bedanya beliau rajin olahraga dan menjaga pola makannya ga seperti anaknya :D.

Tfs ya moms semoga lancar kehamilannya :)

It takes a village to raise a child-African proverb

18

Topic: Kekentalan Darah & Kehamilan

Hi Pak Dody,

Saya hanya sharing saja. Kebetulan kejadian pada istri anda juga saya alami. Saya sudah mengalami keguguran sampai dua kali. Keguguran yang pertama karena kandungan lemah lalu setahun kemudian saya hamil lagi itupun saya sudah berusaha utk menghindari pekerjaan berat di kantor dan di rumah tapi akhirnya berakhir dengan keguguran juga pada kehamilan berumur 8 minggu. Dokter pun beranggapan kemungkinan ada kekentalan darah karena tingkat trombosit saya tinggi di atas normal yaitu 445000(normal 350000). Krn kekentalan darah tsb makan asupan makan ke janinnya tidak bisa tersalurkan melalui plasenta janin tsb. Oleh karena itu saya dianjurkan utk jalankan berbagai test penyebab keguguran termasuk kekentalan darah tsb yaitu test ACA spt test darah IGg & IGM tp selain test ACA tsb saya juga di rujuk utk jalankan test hormon bisa juga keguguran disebabkan karena hormon. Saat ini saya sedang jalankan program tsb di dr. Soedibjo Toeloes di RS Hermina Jatinegara. Dan saya dengar dari pasien2nya, biasanya dokter tsb pernah menangani pasien yang sudah 7 kali keguguran dan saat dia tangani akhirnya bisa hamil selama 9 bulan dengan baik2 saja dan anak yang terlahir juga dalam kondisi sehat. Ini saran saja, coba aja konsul ke dokter tsb utk jalankan program kehamilan yang mengurangi resiko. Semoga sharing saya ini bisa berguna

Rgrds/Tiur

19

Topic: Kekentalan Darah & Kehamilan

ikut sharing ya..

meski aq bukan penderita ACA, tp hamil kedua lalu sempat mengalami pengentalan darah dikehamilan 8bulan. taunya pas dsog rujuk utk periksa darah rutin ketauan hb aq tinggi bgt. ampe 19. which is kata blio jarang org hml hb tinggi yg sering terjadi hb nya rendah.

untung dpt dsog yg cerewet. malam itu aq dirujuk lg ke spesialis jantung.
krna aq jg mengalami takikardi. di dokter jantung stlh di ekg ga ada apa2.
sesuai arahan dr dsog besoknya aq hrs cek darah lg. dan tambahan dr dokter jantung utk periksa utk bagian jantungnya. tp aq lupa namanya.
waktu itu aq ke prodia, jd setelah diambl darah, trus dibagian dalam tangan ditusuk lg pake jarum, tiap keluar darah dicek berapa lama mengentalnya.

oiya malam itu sblm cek darah lg dsog nganjurin aq bnyk mnm putih lagi. pdhl rasanya hamil kmrn aq udh overdosis air putih deh kaya'a.. abis ga bs jauh dr yg namanya air putih.
kata dsog pengentalan darah ini bikin asupan nutrisi ke bayi terhambat. memang janinnya saat itu beratnya ga sesuai usia.
udh sutris dunk. mana biasa diusia kehamilan segitu harusnya udh cepet bgt naeknya.

tapi untungnya dihasil cek darah dan jantung yg ke2 semua udh normal.
meski hbnya ngepasssss diangka rujukan tertinggi yg tercantum.

-nia-
ibunya razan & ragha
follow me @nieafardina

20

Topic: Kekentalan Darah & Kehamilan

nambahin dikit..
ada link buat dibaca2 soal chickenpox ini http://www.mayoclinic.com/health/chickenpox/DS00053

satu lg bisa baca2 di http://www.cdc.gov/vaccines/vpd-vac/varicella/vac-faqs-gen.htm pentingnya vaksin varicella terutama bagi yg berencana hamil. tp baca detil berapa jarak stlh vaksin dgn kehamilan

-nia-
ibunya razan & ragha
follow me @nieafardina

21

Topic: Kekentalan Darah & Kehamilan

Dear Moms,

Mau sharing, setelah 4x BO/janin tidak berkembang dan sudah check lab berkali2 ACA-nya di lab pr***a dan selalu negatif. Terakhir mau program hamil, malah dirujuk ke Prof Karmel di Cikini, karena dilihat B2GP-nya tinggi 22 ribu. Prof Karmel, langsung curiga ACA-nya +. Setelah test ulang di RSCM hasil ACA ku ternyata + moderate.
Sekarang lagi pengobatan ACA dengan konsumsi padogrel, asam folat & simarc. Sampai hasil IMR-tinggi br boleh program hamil lagi. Pantangan makan kubis2an(brokoli, kol), tauge dan teh hijau.
Kalau memang ini penyebab BO tsb, semoga cepat terobati & cepat hamil kembali yang sehat. Amin.

22

Topic: Kekentalan Darah & Kehamilan

Hi smua salam kenal ya.

Aku jg mengalami kekentalan darah, tp stl treatment ke dr.djumhana ktnya darah ku d encer..tp yg msh membingungkan knp d dimer aku msh tinggi, pls moms..kira2 ada yg tau gak ya penyebabnya..krn aku cr info ttg d dimer msh membingungkan..

23

Topic: Kekentalan Darah & Kehamilan

hi all,

aku jg mengalami gangguan kehamilan aps (kekentalan darah) sekunder karena lupus.

sudah 2x hamil dan 2x melahirkan prematur di w 33&34. kedua anak yang dilahirkan mempunya bb rendah di kisaran 1kg. dan keduanya sekarang sudah menjadi malaikat kecil di surga.

pada kehamilan 1, aku belum tau kena aps dan beberapa dokter kandungan yg kami datangi tidak ada yang menganjurkan untuk tes aca, b2gp1, dimer dan agregasi trombosit untuk menegakkan diagnosa aps.
pdhl aku udah pny feeling ga enak ttg kehamilanku, yg plg jelas bb ibu dan janin tdk bertambah signifikan. perutku jg tdk membesar signifikan, hamil 7bln bentukny msh kecil kek 5bln. setiap kali berkeluh kesah sama dokter, selalu ditampik bahwa aku terlalu parno, kalo hamil harus berpikir positif jgn negatif. sampai pada kontrol terakhir di w33, dokter baru bilang kalo ada yang ga beres dan aku segera dirujuk ke rs lain. blio lgsg angkat tgn, ga tanggung jwb. singkat cerita, aku melahirkan di rs lain dan bayiku lgsg meninggal pada saat dilahirkan.

pada kehamilan 2, sebelum hamil aku sudah tes aca, b2gp1, anti ds-dna, dimer dan agregasi trombosit untuk menegakkan diagnosa aps dan semua hasilnya positif. aku konsul ke dr jumhana di mitra jatinegara dan ditreatment minum obat medrol untuk menormalkan anti ds-dna ku yg tinggi.saat sdh normal angkany, aku diperbolehkan hamil.
Begitu hamil, aku tes aca & b2gp1 kembali dan hasilny tetap positif. Langsung minum ascardia dan asam folat sampai kehamilan 19w. Saat 20w terlihat noching di arus darah yang mengharuskan aku disuntik pengencer darah lovenox 0.4ml sebanyak 4x seminggu dan tetap mengkonsumsi obat anti koagulan darah seperti cardio aspirin, ticlin dan clopisan.
Singkat cerita, di w34, arus darah ku sdh tersumbat total, treatment yg aku lakukan ternyata tidak berhasil dgn baik. Dokter ga mau ambil resiko bayi tdk dpt asupan nutrisi & oksigen di dlm rahim walopun ketuban ku cukup msh 13cm. Akhirny, aku di caesar dan bayiku lahir sehat tapi kecil dgn bb 1,3kg. sejak lahir, bayi di inkubator perina dan saat berusia 36 hari, bayiku dipanggil Tuhan. Dan oleh dokter anak, digolongkan dalam sindrom kematian bayi mendadak.

Begitulah riwayat kehamilan dan melahirkan aku. Saat ini aku lagi istirahat dulu (baca: pemulihan jiwa&raga) sebelum berusaha untuk hamil kembali.

lady in waiting for God's promise with H.O.P.E = Holding On, Praying Expectantly.

24

Topic: Kekentalan Darah & Kehamilan

wah baru tau ada fenomena semacam ini dan sangat mempengaruhi kehamilan...for inatoni tetep semangat yah..semoga di kehamilan ke-3 nanti lebih dipermudah..

25

Topic: Kekentalan Darah & Kehamilan

waduh, untung baca forum ini, jadi tau lebih banyak soal ACA,

mau sharing juga, waktu hamil pertama kena BO, tapi ga dicek lab sama dsognya buat dicari penyebabnya, katanya morelikely penyebabnya karena pas pembuahan saya/suami/dua2nya lagi ga fit

pas hamil ke-dua ganti dsog, sebelum ketauan hamil sempet dirawat di RS didiagnosa peradangan dan pendarahan lambung, disuntikin vitamin K terus2an selama 5 hari, sehari 3 kali, sekitar seminggu keluar dari RS positif hamil 4-5 minggu,
diceritain kan concern ini ke dsog-nya kalo saya habis dirawat, obatnya apa aja, dan pernah BO

sama dsog-nya disuru cari penyebab BO-nya
akhirnya periksa lab segala macem termasuk ACA, sebelum hasil lab keluar dsog uda suruh minum ascardia buat pengencer darah, karena dia uda curiga darahnya kental kebanyakan vitamin K, feeling dsog-nya bener ternyata, hasil lab semua bagus kecuali ACA IgM positif,IgG-nya negatif.

tapi kok dsog ku ini, sama sekali ga ngebahas si ACA2 ini lebih jauh (kaya harus cek ke hematologi gitu) , padahal kemarin2 hampir tiap minggu cek karena flek2 trus (janin-nya sih normal),kirain selama ini not such a big deal, ternyata efeknya serem ya, next visit mo ditanyain lebih detail soal ACA