1

Topic: Home Appliance: Washing Machine

Sebenernya beda mesin cuci top sama front loading apa sih?
kalau dari yang gue baca-baca:

Top Loading
- ada yang punya 1 atau 2 tabung
- menggunakan lebih banyak air
- penggunaan listrik kurang lebih sama dibanding front loading
- pakaian cenderung saling melilit
- tingkat kekeringan 75%
- harga lebih murah


Front Loading
- 1 tabung
- lebih irit air
- penggunaan listrik kurang lebih sama (300w) kecuali kalau menggunakan fungsi air panas (2000w)
- hasil cuci cenderung lebih baik dan pakaian tidak saling melilit (lebih awet)
- tingkat kekeringan 95%
- harga cenderung lebih mahal

kalau gue pribadi punya mesin electrolux front load. kenapa pilih front load, sebenernya bukan karena alasan2 di atas, tapi karena kayaknya di sni gak ada deh yang top load. plus, saya dibeliin sama nenek suami sbg hadiah nikah dulu.. hihi
sekarang umurnya udah 7 tahun lebih, sebenernya masih oke, tapi bagian sabunnya rada ngganjel, gak bisa ditutup rapet.
di satu sisi, gue emang udah lama ngarepin rusak, secara gue pengen beli lagi yang kapasitasnya lebih gede.. hihi :))

2

Topic: Home Appliance: Washing Machine

Haduh jadi pengen punya electrolux front load juga...
Sekarang pake yang top load.. bener kata fanny airnya boros banget dan pakaian pada melilit begitu selesai nyuci..

3

Topic: Home Appliance: Washing Machine

fanny iyaaa kenapa di negara2 eropa & amerika itu jaraaang banget nemu yang top load ya? sampe di asia, justru mau beli yang front load jadi males karena mahal bangeettt.. bedanya jauh ama top load. walopun emang yang front load itu jauh lebih bagus sih menurut gue.

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

4

Topic: Home Appliance: Washing Machine

fanny,
LOL ngarepin rusak... oke deh fan, gw doain cepet rusak ya mesin cucinya biar bisa beli yg baru haha!

pas di afrika juga gw pake yg front load, enak yah... di jkt, pake top load karenaaa ya itu harga yg front load mahal banget...

sekarang pindah ke apartemen, guess what... gw pake mesin cuci murmer berat hadiah dari mertua yg menang hadiah golf gitu lah. haha... gratis!

? love to write and run - a bus transjakarta passenger ?
@ninityunita

5

Topic: Home Appliance: Washing Machine

Ajeng

koreksi, tyt punyaku whirlpool bukan electrolux :)

shinta, ninit
emang harganya top dan front di Indo jauh banget yah?
Di sini sekarang udah banyak loh mesin cuci (dan elektronik laen) merek taiwan/cina gitu yang harganya jauh lebih murah. kayak mesin cuci merek 'candy' - jadi inget candy-candy - harganya 300-an euro gitu :)

mungkin top load nggak laku di sini, apalagi kita kan harus sering cuci sweater -- kl pake top load cepet rusak kali.
emang gue perhatiin, kalau di sini orang gak sayang beli home appliance yg 'sekalian bagus' soalnya kan jarang yg punya pembantu, dry cleaner mahal.. jadi anggep aja investmentlah :)

6

Topic: Home Appliance: Washing Machine

saya pake mesin cuci LG top load yg satu tabung max 7 kg, lungsuran dari tante, kmrn pengeringnya cepet rusak, ternyata.. ada kaoskaki yang nyangkut di motornya :D

i am full time a mother! ;)
blog // twit // insta

7

Topic: Home Appliance: Washing Machine

washing machine yang saya punya merk electrolux front loading kapasitas 7kg (dalam keadaan kering) saya beli udah 3 th, sejauh ini belum ada masalah,saya sangat puas, karena menurut saya lebih bersih dibanding WM saya yang kedua merk panasonic ( nasional )ya 2 tabung udah hampir 15 th ( kata suami di beli thun 1995 ) kapsitas 8kg krn saya nikah si nasional udah nongkrong dirumah tapi udah 3 tahun ini si pengeringnya rusak yah mungkin ya udah tua dan capek :p , untuk tabung penyucian masih saya pakai lumayan, trus bawahnya udah pada karatan.

kenzie jatung hati mama papa semoga menjadi anak yg sholeh & hidupmu selalu barakaallah.

8

Topic: Home Appliance: Washing Machine

Saya pake elextrolux frontload, tapi kapasitas yg paling kecil. udah dipake 4 tahunan dan masih oke sampe sekarang.
Cuma ada jamur dan kerak di karet dan lekukan dibawah karetnya, dibersihin pake apa ya?

9

Topic: Home Appliance: Washing Machine

Washing machine jg lg masuk belanja besar bulan ini nih selain kompor, oven, ac, water heater, bla bla.. *pingsan* maklum lg ngisi sarang burung :) Yah krn hrs belanja kelas berat (beratnyaaa liat rekening melompong) jd pilih barang2nya yg dipilih2 banget terutama faktor harga.

Utk mesin cuci, setlh bolak balik lirik2an sama LG front load yg plg kecil ukurannya (ga inget kode serial nya), akhirnya pilihan jatuh ke merk Modena front load serialnya WF662, kapasitas 6.2kg krn ukuran bodynya lbh kecil lg dan harganya tentunya lbh murah. Lalu cara peng-operasiannya jg keliatan simpel. Mudah. Trus lagi saya kejual sama omongan si Mas-mas yg jaga stand Modena yg katanya sistem belt Modena ini teknologi lama tp terbukti tahan lama dan kalau rusak gampang dan murah memperbaikinya. Tinggal ganti belt nya, sedangkan teknologi baru kaya LG punya karena canggih kalau rusak memperbaikinya akan lebih mahal. Ini kata Mas nya lho... Saya denger kata murah mudah murah berulang kali, yah lsg kebeli :p

~ Lala ~
help! mama is bitten by the travel bug.

10

Topic: Home Appliance: Washing Machine

dini setyowati, karatan ya pas dikaretnya depan ya waduh ntar aku cek si elextrolucku di rmh, klo saya udah wanti2 ama Art klo selesai nyuci si karet harus dilap ama kain yang bersih dan kering biar tidak karatan (jadi diatas WM pasti sy sediakan kain bersih) eh.. jadi penasaran ingin cepet liat, itu juga karena dibilangin ama petugas electrolux ketika pertama kali WM datang dan di pasangin.

kenzie jatung hati mama papa semoga menjadi anak yg sholeh & hidupmu selalu barakaallah.

11

Topic: Home Appliance: Washing Machine

tari quennell, Makasih ya..
iya yang di karet depan, bukan karatan sih, tapi jamuran :D
Sebenarnya ART juga sudah saya pesenin untuk langsung ngelap tiap abis dipake nyuci, tapi kok ya tetep jamuran..
Dulu pernah pesen ke petugasnya cairan untuk ngilang kerak WM, tapi sampe sekarang belum dikirim. Lupa kali ya..

12

Topic: Home Appliance: Washing Machine

ikutan mom, saya pake wm electrolux front load yg 6,5kg, baru ampir 1 th, sejauh ini oke bgt, cm ko kalo nyuci lama bgt y? bisa 1 jam lebih padahal udah settingan paling cepet,sbnrnya ga masalah si krn kan bs ditinggal, cm kl mo pergi jadi musti nungguin lama deh. apa kl frontload waktu nyucinya lebih lama y dibanding jenis or merk lain?

13

Topic: Home Appliance: Washing Machine

Kalo kata ibu saya, beli mesin cuci mending yg Top Load karena bagian dasarnya bisa dibersihin sendiri (ada parts yg bisa dibuka terus disikatin sendiri). Bener gak sih mamas? Soalnya ibu saya ini bener2 domestic goddess, rujukan saya untuk bertanya ini itu

OOT dikit
Tips tergres dari ibu saya, kalo beli setrika jangan beli Phi****s, Nat*****, tapi mending Mas***n, yang udah terbukti bandel. Dan pas mau beli setrika, jadi nyesel deh kenapa iseng2 nyoba beli S**ken (termakan omongan SPGnya nih, keseeeelll) selain harganya lebih mahal dari Mas***n, dipakenya gak enak.
"Kalo beli setrika jangan liat harganya deh, yg mahal malah gak oke" kata ibu tercintaaahh :D

selalu menunggu datangnya hari sabtu-minggu

14

Topic: Home Appliance: Washing Machine

wah gw ga tau kalo mesin cuci itu 'ribet' ya :)
Nyokap & ibu mertua punya cara mencuci pakaian 'manual' yg OK punya. Jadi kita mmg ga tergantung sama msn cuci. Paling cuma utk ngeringin baju & nyuci yg gede2/berat2 kayak seprei & selimut.
Mencuci baju dgn cara nyokap & mertua jg bisa bikin langsing alami :)

Pengennya Electrolux, tp budgetnya ga nyampe :p *beliin dong, buat kado ultah gt*
Tapi jdnya beli samsung yg top loading.
Karena perawatannya ngikutin instruksi & perintah ibu mertua, msn cucinya ya awet2 aja sih. Samsung yg top ldg. rusaknya jg bkn krn msn cucinya jelek, tp krn tikus! Tikus di rmh mertua gw itu cerdas2, jd yg bikin gemes itu tikuuuusss.. Pdhl msn cucinya katanya anti tikus. Tp koq bs masuk ya?

Ah jd inget film Ratatoulie deh, tikus2 menyebalkan :p

a life-enjoyer mama :)
www.ekadeau.blogspot.com
@ekadeau

15

Topic: Home Appliance: Washing Machine

Eka,
Pake samsung top loading udah berapa lama? Tipe yang mana?

Lagi mau ganti mesin cuci, pilihan so far berat ke samsung, soalnya googling baca review majalah swa, katanya samsung sama LG lagi bersaing banget, dan lebih bagus samsung buat mesin cuci top loadingnya. Udah survey ke electronic city, fitur LG dan samsung juga hampir sama, tapi kelebihan samsung diamond drum-nya yang katanya lebih ramah sama kain, jadi ga gampang bladus.

Cuma bingung sama tipe yang mana ya? Kalo 9 kg gitu kegedean ga sih?

Btw, ada yang pernah beli elektronik secara online? Harganya beda jauh, bisa 200-300ribu gitu sama electronic city, atau ada rekomendasi tempat beli yang murah?

16

Topic: Home Appliance: Washing Machine

Eka
kalau mesin cuci anti - tikus tuh maksudnya gimana sih? apa kabel2nya di kasih yang pahit-pahit biar tikus gak doyan? hihi

17

Topic: Home Appliance: Washing Machine

hai mamas, nyampe juga nih gue ke thread ini.
mesin cuci beli waktu awal nikah dua tabung top load, merknya denpoo (karena murce ya waktu itu 800rb..hihi). 2 tahun OK aja, trus habis itu seret banget keluar airnya waktu draining...trus baru minggu lalu pindahan rumah trus FIL ku dengan pedenya memperbaiki sendiri. akhirnya tu air bisa keluar lancar jaya..tapi gantian mesin pengeringnya yang rusak..halah halah...:)

akhirnya ganti sekalian front load electrolux...sebenernya masih bingung sama yang LG, tapi ya udah lah hubby dari awal dulu sukanya berangan2 pengen beli mesin cuci electrolux..

nah tadi baca2 petunjuknya, untuk pencucian awal itu setting di 90 derajat. baru baca postingnya fanny kalau pake air panas 2000W ya (whattt???mahal amat yaaa)..akhirnya udah tu dicoba.

trus, kan gue merendam baju dulu sebelum dimasukin ke mesin, kata asisten gue sih, dia agak2 kesetrum gitu pas masukin cucian hasil rendeman itu ke tabung. Nah, apakah untuk nyuci dengan front load ini, cucian harus kering ya?

Trus...setelah nyoba 1 cycle pake cold, kok lama ya 1.5 jam. trus kata asisten gue juga waktu proses ngeringinnya itu lumayan berisik suaranya..

trus gue mau tanya juga, apakah kalau nyuci itu, kita harus tunggu airnya ada dulu baru start nyuci ya? atau masukin cucian, trus langsung aja teken start?

mmmmmm....banyak ya pertanyaan gue...maaappppp newbie ini..hihihi...trus satu lagi, kan emang keran air ga boleh mati kan selama nyuci?

thanks a lot ya mamas

18

Topic: Home Appliance: Washing Machine

sukie biasanya sih emang kalo nyuci pake front load, cucian dimasukin masih kering. tapi kalo dimasukin basah trus jadi rada2 nyetrum, itu rada aneh sih. mungkin bisa tanya ke electrolux nya.

btw, ini mesinnya yang cuci dan ngeringin di satu mesin ya? imo, biasanya kalo yang all in one gini emang jadinya kurang maksimal deh. mendingan beli yang khusus cuci aja dan pengering aja. nyokap gue juga punya mesin cuci electorolux gini, yang jadi satu pengering & wash nya, akhirnay gak pernah dipake pengeringnya. ato gak kalo emang mau ngeringin, gak langsung dari wash gitu.. lama2 akhirnya malah ga dipake karena listriknya tinggi banget.

karena anak2nya udah ga ada yang di jakarta, akhirnya mesin cucinya nganggur, nyokap bokap gue terbiasa nyuci baju sendiri di kamar mandi heheh..

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

19

Topic: Home Appliance: Washing Machine

oooh..oke oke..ntar ditanyain deh ke electroluxnya..thanks ya slesta! :)
wheeewh udah terlanjur beli yang all in one. haha..yah sebenernya sih bisa diatur, wash sendiri, rinse sendiri, trus ngeringin sendiri..tapi tadi baru nyoba satu cyclenya berapa lama..ternya 1,5 jam-an euy..lama vizund. hihi.

haha nyokap cuciannya udah dikit, kebayang nyokap gue juga. dulu kan masih dua tabung, alhasil kalo nyuciin anak cewek 4 banyak banget dan pegel..setelah anak2nya pada merantau, sekarang mesin cucinya rada2 nganggur..:D

20

Topic: Home Appliance: Washing Machine

sukie Oh dulu gue pernah lho ngalamin masa2 nyuci baju untuk 8 orang (6 orang anak + bokap nyokap) selama ART pulkam dengan mesin cuci 2 tabung dan ngebilas manual di baskom besar jejer 3 biji :D Abis itu ganti mesin cuci 1 tabung tetep aja tugas gue untuk nyuci2 baju waktu kita ga punya ART dan tetep cucian segambreng. *mengenang masa lalu* *push up karena OOT*

yang selalu kangen sama si pipi gembil

21

Topic: Home Appliance: Washing Machine

otty gedubraks! lebih banyak lagi euy..eh tapi kan gue belum cerita tadi, anak ceweknya 4 orang, trus termasuk nyokap gue, trus ada nenek gue, jadi 6 orang. tapi teteup lebih banyak lo. hahaha *ikutan push up*

22

Topic: Home Appliance: Washing Machine

sukie,

berdasarkan pengalaman sesama pemakai Electrolux, supaya ga nyentrum, masukin bajunya dulu baru colokin kabel. kalau kabel dicolokin duluan, emang suka nyetrum.

23

Topic: Home Appliance: Washing Machine

menjawab pertanyaan sukie lagi,

ketika mau nyuci, masukin aja baju kotornya sesuai kapasitas-putar kran ke posisi nyala/ngalir-colokin kabel ke listrik-pilih tombol cuci sesuai keinginan-tekan START. mesin cuci nantinya otomatis mengisi air dari kran abis itu muter2 sendiri deh...

so, selama mencuci posisi kran harus tetep ON ya karena mesin otomatis akan ngisi air lagi untuk membilas cucian beberapa kali. bisa ditinggal tidur kok tau-tau kering sendiri. happy washing! :)

24

Topic: Home Appliance: Washing Machine

cyndewi waah thanks ya...kirain tadi asisten gue lebay, soalnya pas gue coba masukin tangan gue sih biasa aja...hahaha.

oiya biasanya dirimu berapa jam? emang lama gitu ya? nyuci bed cover udah [ernah belum untuk yang kapasitasnya 7 kg?

sorry nanya lagi, si mesin cuci itu akan ngukur seberapa banyak airnya secara otomatis baru dia ntar muter2 sendiri kan?

Terimakasih ya..:)

25

Topic: Home Appliance: Washing Machine

sukie Biasanya sih dia bakal ngukur sendiri butuh air berapa banyak dari berat cucian yang dimasukin :)

yang selalu kangen sama si pipi gembil