1

Topic: Pantangan buat Ibu Menyusui (Makanan/Minuman/Obat)

dear mamas,

sebenernya bingung apakah ini masih nyambung ama thread 'menu untuk ibu menyusui' atau ngga. bu mods, silakan di-closed kalo memang masih nyambung kesana, hehe..

jadi gini, anakku umur 3.5 bulan, masih ASIX
pertanyaanku adalah : adakah pantangan buat ibu menyusui?
either itu makanan, minuman, atau obat

aku pernah beberapa kali sakit ringan, flu gitu..
sebenernya dilema.. kalo ga minum obat takut flu-nya nular ke bayi, tapi kalo minum obat takut berpengaruh ke ASI
adakah kandungan obat tertentu yang sebaiknya dihindari ibu menyusui?
kayak misalnya pil KB, kan ada jenis tertentu yang bikin produksi ASI mampet. nah, obat ada yang gitu juga ga?

trus lagi, konon katanya ibu menyusui ga boleh makan/minum yang panas-panas, biar bayinya ga gumoh. sebenernya ini cuma mitos atau ada alasan medisnya ya?
karena ga mau coba-coba buat anak, jadinya setiap aku makan, nasinya pasti ditaruh dibawah kipas angin dulu biar dingin. paling parah kalo makan bakso, harus didinginkan dulu, jadi ga enak deh tuh bakso.. :D

satu lagi, selama 3.5 bulan ini aku stop makanan pedas. konon katanya makanan pedas bikin bayi diare. huhuhu..tersiksa sebenernya, soalnya dulu pedas-lover. but again, ga berani ambil resiko, takut anakku kenapa-kenapa.
kalo yang ini bener ga ya mam?
(berharap ini cuma mitos, jadi bisa makan pedas lagi :D )

eh kok jadi panjang ya, gitu aja deh pertanyaanku..
ditunggu sharingnya ya mama semua :)

2

Topic: Pantangan buat Ibu Menyusui (Makanan/Minuman/Obat)

haloo elfrandani..
kalo aku si termasuk ibu yang cuek a.k.a bandel hehehehe jadi selama menyusui aku makan apa aja,yg amis amis dan pedas pedas,yg dingin dan yang panas aku makan semua hehehehehe
alhamdulillah anakku gak pernah mengalami masalah
sepengetahuan aku asi menjadi panas ato dingin itu cuma mitos ya mom,klo masalah asi pedas itu tergantung baby nya si menurutku,slnya ada yg tahan dan ada yg engga
biasanya kalo ada riwayat alergi di keluarga,itu yg perlu mendapat perhatian.
baru baru ini aku baca artikel,sebenarnya masalah makan yg berpengaruh ke asi itu sebagian besar hanya mitos dan masalahnya sebenarnya bukan ASI secara langsung nya tapi efek ke tubuh ibunya yg di khawatirkan.
ada jenis obat obatan yg sebaiknya memang di hindari saat menyusui,klo setau aku klo parasetamol masih boleh.
klo Pil KB,da yg pengaruh ke hormon,sehingga bisa mempengaruhi ASI
nanti deh aku tulis beberapa obat yg harus di hindari,aku liat di buku dl ya hehhe
gak bagusnya mitos tentang makanan ini adl: bisa bikin ibu jadi gak pede ngasih ASI ke bayinya
oiya kayaknya mitos2 ini juga pernah di bahas di tread ini http://theurbanmama.com/forum/topic241-pregnancy-parenthood-myths.html
dulu aku juga "korban" dari mitos mitos ini soalnya hehehe
tetap PD dan semangat ya kasih ASI nya :)

love zahra,berumon and books

3

Topic: Pantangan buat Ibu Menyusui (Makanan/Minuman/Obat)

elfandrani...sepertinya bbrp pertanyaan ini pernah di bahas di thread brastfeeding sama KB.

kalau menurutku sih beberapa point yang ditanyakan itu jawabannya bisa iya, bisa tidak, karena kan ASI itu pengaruh hormon ya, sensivitasnya untuk tiap-tiap orang bisa berbeda dan tergantung juga pada daya tahan baby masing-masing. Bisa jadi pada ibu A & anaknya tidak berpengaruh, tp pada ibu B& babynya berpengaruh. Kalau ga trial & error sendiri kayaknya juga ga bakal ketemu jawaban pastinya deh :). Meskipun ada iklan yang bilang "buat anak kok coba-coba" :P

[list=1]

  • sakit flu selama menyusui
    kalau aku ga pernah minum obat ini itu, paling aku banyakin makan jeruk waktu anakku blm MPASI, juga pakai masker waktu menyusui dia. Pernah di bahas di thread threatment untuk batuk pilek, obat pilek yg mengandung pseudoephedrine mempunyai efek menurunkan produksi ASI. Kalau mau minum vit C dosis tinggi, tergantung juga pada daya tahan babynya, soalnya ada anak tmnku waktu dia masih < 1 thn sewaktu mamanya minum R*doxon jadi diare, tp ada juga mamas yang crita waktu dia flu minum R*doxon babynya ga diare.[/*]
  • KB hormonal.
    Yang ini juga IMO pengaruhnya ke tiap2 orang beda, tdk bisa disamaratakan meskipun dikatakan hormon yang terkandung dlm pil/suntik KB tsb tidak berpengaruh pada kwantitas ASI.
    Pengalamanku dl pernah nyoba KB suntik 3 bulanan (depo provera). Kata dokter tidak berefek ke kwantitas ASI. Dan ternyata mmg kwantitas ASIku tdk terpengaruh. Pernah juga ganti nyoba pil KB Exluton, kata dokter ini juga tdk berefek ke kwantitas ASI, tp ternyata kwantitas ASIku jd berkurang, makanya aku cuma pake 1-2 minggu, habis itu kustop dan perlahan kwantitas ASI balik lagi. Tapi ada juga mamas yang minum KB exluton ASInya tetep lancar jaya tuh.[/*]
  • Makan makanan pedas bikin bayi diare.
    Banyak mamas yang cerita di thread breasfeeding kalau babynya ga diare waktu mamanya makan yang pedas2. Pernah baca juga di majalah parenting kalau ibu makan pedas terus anaknya diare cuma mitos. Tapi itulah yang terjadi ke anakku. Kalau aku makan yang pedas2 (kayak makanan padang gitu), pasti deh dia mencret2. Mungkin juga krn genetik, suamiku ga bisa makan pedas. Jadi IMO tergantung daya tahan anaknya.[/*]
  • Makan yang panas bisa bikin bayi gumoh.
    Kalau yang ini sering nyobain krn aku hobby makan bakso, dan anakku termasuk yang jarang gumoh.[/*]


    Sebenarnya masih banyak yang lain ya, seperti makan ikan bikin kulit baby bercak2 merah dll. Tapi IMO kembali lagi sih ke daya tahan baby, yang mana pada tiap2 anak berbeda.

  • 4

    Topic: Pantangan buat Ibu Menyusui (Makanan/Minuman/Obat)

    dulu di awal2 emang patuh ngga makan makanan pedes, tp trus dikasi tau tetangga katanya harus dibiasain gradually makan makanan pedes. biar perut bayi makin terbiasa. akhirnya suatu hari saya makan rujak bebek puedes banget perut Almira baik2 saja. alhamdulillah.

    kalo ibuku yg wanti2 banget tuh daging kambing & terasi.
    daging kambing katanya bikin "panas" di dalem badan bayi (tapi bukan demam lo maksudnya).
    kalo terasi tuh udah pantangan sejak hamil. karna terasi terbuat dari udang dan makhluk2 laut yang kita ngga ngerti pastinya apakah bebas dari merkuri apa nggak. kalo iya, kan bahaya banget buat janin ato bayi yg kita susuin.

    kalo makanan panas, ngga menyusui pun saya coba patuhi. karna itu lebih baik bagi kesehatan. lama2 jd terbiasa ngeluarin nasi dulu dari magic jar, dibiarin beberapa menit, baru dimakan.
    kalo makanan/minuman dingin pun sama, termasuk utk kebaikan saya sendiri. karna terbiasa minum minuman dingin tuh menurunkan antibodi.

    HTH :)

    5

    Topic: Pantangan buat Ibu Menyusui (Makanan/Minuman/Obat)

    makasih pencerahannya ya mama semua.. :)
    aku pernah baca kalo ibu menyusui sebaiknya batasi makanan yang mengandung gas, misal kubis, biar bayi ga kembung.
    ada benernya juga sih.. tapi kita makan kubis seberapa banyak sih, paling-paling cuma buat campuran sop aja. IMO, harusnya ga ngaruh ke bayi ya.. kecuali kalo makan kubis sekilo mungkin bayi bisa kembung, hehe..

    mama alesha
    ditunggu ya daftar obat yang ga boleh dikonsumsi ibu hamil.. buat jaga-jaga aja, just in case. thanks in advance :)

    indriani budi utami
    wah, baru tau kalo ternyata ada mama yang produksi ASInya turun gara-gara pil KB exluton itu. padahal obgyn di RSPB ngasihnya itu, dan katanya ga pengaruhi ASI. untung belum diminum :D

    adhya
    kayanya aku mesti belajar makan pedes pelan-pelan ya.. asiiiikk *loh*
    kan pengennya menyusui sampe 2 tahun atau lebih (amiiin). masa iya selama 2 tahun itu ga makan pedes sama sekali

    6

    Topic: Pantangan buat Ibu Menyusui (Makanan/Minuman/Obat)

    iya elfandrani.. tingkat pedesnya dari level rendah, ntar dikit2 sampe level yg pedes banget. sambil diliat reaksinya ke Vanya. moga2 bisa lulus jd sarjana S3 ASIX ya :)

    7

    Topic: Pantangan buat Ibu Menyusui (Makanan/Minuman/Obat)

    kalo aku emang suka makan pedessss... pas hamil harus rem pelan2 kesukaanku itu...
    malah sekarang masih asix minum kopi (white koffie, kopi luwak - low acid)

    percaya ga percaya ciyyy.. aku pernah makan sego pari di surabaya... pedessnya poL.... abis itu di pat pat arza merah merah..

    tp rasanya yang penting kita makan sehat dan gak terlalu (terlalu pedes dsb)

    8

    Topic: Pantangan buat Ibu Menyusui (Makanan/Minuman/Obat)

    iya bener banget banyak mitos ini itu bwt ibu hamil sampe menyusui ya..
    klo aku si biasanya ambil jalan tengah n liat sikonnya..
    misal makanan pedes,klo dulu di pol-in kadar pedesnya sampe level max,sekarang kadar pedesnya yg sedeng2 aja..

    klo minuman es si aku gak ngebatesin krn sehari2nya aku juga jarang konsumsi minuman dingin jadi ya gak terlalu ngaruh bwt aku.

    klo minum panas paling pagi2 nyruput teh aja sblm berangkat sama di kantor klo lagi ngantuuk bgt bikin kopi instan, selebihnya air putih aja..

    dilihat juga kondisi bayinya klo emang kuat ya gak pa2,biasanya masing2 bayi beda sii.. :)

    "mom of two"
    #rasyaabhinaya
    #brianaryasatya

    9

    Topic: Pantangan buat Ibu Menyusui (Makanan/Minuman/Obat)

    mimbrung y mamas,
    kalo aku sempet diet agar asiku gak berlebihan proteiny. karna iddo deramtitis atopik jdi aku gak boleh makan semua yg mengandung ikan,ayam,susu sapi &kacang. untungny cuma sktr 2bulan imun iddo uda mulai muncul. skrng aku makan apa aja gak ngaruh. tpi itu kalo dri asi, tapi kalo makan lsng mpasi iddo blm bsa yg mengandung diatas. untuk obat2 yg aku minum aku usahin gak pernah minum antibiotik separah apapun itu.

    10

    Topic: Pantangan buat Ibu Menyusui (Makanan/Minuman/Obat)

    ibu janddo wrote:

    kalo aku sempet diet agar asiku gak berlebihan proteiny. karna iddo deramtitis atopik jdi aku gak boleh makan semua yg mengandung ikan,ayam,susu sapi &kacang.


    ibu janddo
    wah, aku baru denger tuh deramtitis atopik. bisa dijelaskan lebih lanjut? reaksi ke bayinya gimana? apa muncul ruam / diare / atau apa?

    aku dulu pas awal-awal melahirkan juga ga boleh makan ikan, ayam, kacang. tapi bukan karena mempengaruhi ASI sih, tapi lebih karena biar jahitan pasca sc ga nyut-nyutan.

    11

    Topic: Pantangan buat Ibu Menyusui (Makanan/Minuman/Obat)

    elfandrani pernah baca juga kalo kafein berpengaruh ke pencernaan bayi. Soalnya bayi di bawah 6 bulan belum mampu mencerna kafein, ini berlaku juga buat bayi prematur dan bayi dengan penyakit jantung bawaan. Kafein ada di kopi, teh, juga coklat. Tapi konsumsi 95 mg sehari (setara dengan segelas kopi) masih bisa ditolerir.

    Kalau pengalamanku sendiri, dulu anakku bakalan bab berlendir kalo aku kebanyakan makan atau minum coklat, sempet parno kucek fesesnya di lab, ternyata gak ada infeksi. Jd aku asumsikan itu alergi / iritasi saluran pencernaan akibat kafein dari coklat yang aku konsumsi. Kebetulan aku gak terbiasa ngopi atau teh, jadi gak ada pengalaman soal kopi / teh.

    Tapi sekali lagi, tiap anak beda-beda. Dan aku rasa selama jumlah konsumsinya gak berlebihan gak masalah.

    Vania : Nata & Arsa's mom
    http://vaniasatriadi.com @drVania

    12

    Topic: Pantangan buat Ibu Menyusui (Makanan/Minuman/Obat)

    Mau share link, bu ibu, mungkin bisa dilihat yaa, kalo mau ngecek benar tidak berbagai kekuatiran kita about breastfeeding.

    Is This Safe When Breastfeeding?

    Mommy ? Superben

    13

    Topic: Pantangan buat Ibu Menyusui (Makanan/Minuman/Obat)

    udah baca2 link-nya immaria. TFS ya Mom. tertarik bgt yg bagian herbs tp sayang bbrp ngga ngerti wujud rempah2nya kayak gimana karna pake bhs inggris. hehe. dr situ malah jd tau juga rempah2 buat ngurangin produksi ASI buat yg over supply ato buat menyapih. ntar kalo pas nyapih bisa dicoba nih kayaknya. hehe.

    14

    Topic: Pantangan buat Ibu Menyusui (Makanan/Minuman/Obat)

    bunnia wrote:
    dulu anakku bakalan bab berlendir kalo aku kebanyakan makan atau minum coklat, sempet parno kucek fesesnya di lab, ternyata gak ada infeksi. Jd aku asumsikan itu alergi / iritasi saluran pencernaan akibat kafein dari coklat yang aku konsumsi.


    hmmm.. anakku kadang bab-nya juga berlendir. jadi itu kemungkinan karena kafein ya? wah, baru tau. thanks infonya ya bunnia :)

    15

    Topic: Pantangan buat Ibu Menyusui (Makanan/Minuman/Obat)

    oww...makan pedes gapapa ya...asal ga ekstrim,hmmm....selama ini tiap abis makan sambel lsg bikin susu putih...berharapnya sih biar bisa menetralkan. tp sejauh ini sih...hui baik2 aja...sama aja bab nya antara makan pedes ato ga :)

    16

    Topic: Pantangan buat Ibu Menyusui (Makanan/Minuman/Obat)

    kalo gue selama hamil dan nyusuin ga ada pantangan makan tertentu sih, jd makan ya hajar2 aja selama masih batas kewajaran. kebetulan anaknya gak bakat alergian. tp ipar anaknya ada bakat alergi harus batesin seafood dan dairy products krn tiap makan anaknya lgsg bentol merah2. Tp seiring dgn waktu lama2 kebal jg sih, cmn gak hafal setelah berapa lama.

    engineer.wife.mom.daughter.sister.food lover :)

    17

    Topic: Pantangan buat Ibu Menyusui (Makanan/Minuman/Obat)

    kalo aq emang menghindari makanan pedas, soalnya aq sendiri langsung diare kalo makan pedas. tapi 3 hari yang lalu makan pedas, Zafran ga diare tuh..
    dia pernah diare dia umur 1 bulan karena aq makan gado2..trus umur 4 bulan karena aq makan rujak..tapi trakhir makan rujak sebulan yang lalu, dia udah ga diare lagi..
    boleh makan duren tu mulai baby umur berapa ya? pengeeeennnnn banget makan duren..

    18

    Topic: Pantangan buat Ibu Menyusui (Makanan/Minuman/Obat)

    wahh aku sama bgt kyk mom charissarhanie....aku mkn segala macem asalkan msh dlm batas wajar,,,tapii pas baby aby (2m) diusia !m kt dsa nya ada bakat alergi...jd aku hrs puasa beberapa jenis makanan sperti: susu sapi,coklat, keju,kacang tnh, telur n seafood.
    jadi slama 1bln aku puasa itu...tp kmrn2 sih aku mkn sdikit2 dr makanan2 tsb...tp porsinya sdikit2 krn bnyk yg bilang kl dipantang trus nti malah babynya anti bgt sm makaanan tsb,,,jd hrs dilatih sdikit demi sdikit moms...;)
    slain itu aku msh makan smua makanan yg aku suka,makanan pedespun aku makan kok n gpp babyku sampe saat ini alhamdulilah ga prnh diare ;)
    smg sehat trus sihh...aminnn

    mama love habibie.....:*

    http://misskembang.blogspot.com/

    19

    Topic: Pantangan buat Ibu Menyusui (Makanan/Minuman/Obat)

    nawang wrote:
    boleh makan duren tu mulai baby umur berapa ya? pengeeeennnnn banget makan duren..


    pernah baca kalo duren itu mengandung gas. mungkin kalo mau makan duren dikiiit aja kali ya..dan nunggu baby-nya agak besar. IMO, around 6m maybe?

    20

    Topic: Pantangan buat Ibu Menyusui (Makanan/Minuman/Obat)

    bunnia

    Ternyata coklat juga bisa bikin alergi ya. Pantesan waktu aku makan coklat babyku ngamuk2 ga mo nyusu. BABnya juga berlendir & warnanya jd kuning keruh. Thx ya jadi tau :P

    21

    Topic: Pantangan buat Ibu Menyusui (Makanan/Minuman/Obat)

    elfandrani makasih, seminggu yang lalu nekat makan duren. Selain pengen, juga termotivasi karena katanya bisa booster ASI juga. & alhamdulillah Zafran baik2 aja..Udah makan coklat juga & ternyata Zafran ga alergi..Tiap baby emang beda2 ya ketahanan sama makanannya?

    22

    Topic: Pantangan buat Ibu Menyusui (Makanan/Minuman/Obat)

    pantangan makanan tergantung Babynya.
    kebetulan Baby aku ada alergi dan ada reflux juga
    waduh pantangannya bener-bener panjang banget deh.
    terutama ga boleh makan/minum segala macem dairy product, termasuk coklat
    hiks padahal aku doyan banget sama coklat. tiap hari bisa ngabisin coklat chunky bar 1 batang.
    jadinya sekarang aku ampe bingung mau sarapan apaan.
    makan siang dan makan malem juga cuma bisa tempe, tahu, sayur, daging sapi atau ayam kampung aja.

    23

    Topic: Pantangan buat Ibu Menyusui (Makanan/Minuman/Obat)

    Di link yg aku kasih itu lumayan jelas kok mamas, dos and donts nya ibu menyusui, soal pantangan aku ambil intinya aja yg penting si anak ga alergi. Oya soal makanan ber-gas yg katanya ga boleh kita konsumsi karena bisa bikin bayi kolik, diare dll juga ga benar karena gas ga bisa masuk ke asi :). Linknya bagus, tapi ya itu bahasa inggris hehehe :D

    *maksa nimbrung*

    Mommy ? Superben

    24

    Topic: Pantangan buat Ibu Menyusui (Makanan/Minuman/Obat)

    wah... belom liat linknya...

    sejauh ini banyak banget pantangannya.. minum dan makannya malah harus yang panas2... yang berkuah... gak bole minum atau makan yang dingin2 atau yang es... trus gak bole kena angin langsung, soalnya babynya katanya bisa masuk angin n kembung juga... dan sejauh ini emang babyku sering kembung :(

    masi puasa makan yang pedes2... dan mengurangi makan gorengan *ini emang pengennya sendiri* :P

    mesti tahan menjelang 1 bulan hehehehehe... ^^

    25

    Topic: Pantangan buat Ibu Menyusui (Makanan/Minuman/Obat)

    mamas,

    ini gw ada link ttg Drugs in Breast Milk Quick Reference:
    http://www.ukmicentral.nhs.uk/drugpreg/qrg_p1.htm
    sila dibookmark, semoga bermanfaat :)http://www.ukmicentral.nhs.uk/drugpreg/qrg_p1.htm

    a life-enjoyer mama :)
    www.ekadeau.blogspot.com
    @ekadeau