1

Topic: Pregnancy & Parenthood Myths

moms,ada yang punya pengalaman menghadapi mitos - mitos saat hamil,melahirkan sampai merawat bayi?
moms memilih percaya atou tidak dengan mitos-mitos itu?

love zahra,berumon and books

2

Topic: Pregnancy & Parenthood Myths

Waaah,mama alesha..lucu ni threadnya.Aku jg mau tau skalian pgn tau pendapat mamas + papas di sini.Btw,aku mau sharing ah.Jd beberapa minggu yg lalu aku ke rumah sodara pake syal..terus babysitter anaknya bilang gini : "mba,kalo lahir pamali pake syal..tar bayinya kelilit tali puser" yg lalu di-iya-in sama sodaraku itu.Aku sih bodo amat ya ama omongan babysitter sodaraku.Tp pas sodaraku nge-iya-in..dlm hati "helloow,buang aja tuh blackberry..hari gini percaya begituan".Ga sekali itu aja,pernah juga dia bilang "eh,kamu jangan belanja perlengkapan bayi sebelum 8 bulan..pamali".Aiiih,dlm hati "situ byk duit,nah sini kan hrs nyicil belinya dr jauh2 hari" huhuhu.Aku slalu critain ini ama suami,dia si cuman ketawa2 aja!Hehehe.

website : http://thebabybirds.net
twitter/IG : @almaviva

3

Topic: Pregnancy & Parenthood Myths

nyanya, hehe, gue juga pernah tuh denger cerita yang mirip gitu... ga sama sih: katanya kalo bapaknya suka ngalungin handuk pas mo mandi (atau keluar dari kamar mandi) pas sang ibu lagi hamil, anaknya akan kelilit tali puser.

mirip kan?

buat gue ga ngaruh. kebetulan handuk langsung dijemur di kamar mandi, jadi ga dibawa2 keluar :P

? comic and crochet addict ?
theurbanmama.com | @turniptopia

4

Topic: Pregnancy & Parenthood Myths

kalo menurut gue sebenernya mitos2 ini ada karena ada alesan tertentu. kadang alesannya masuk akal. kadang enggak. jadi ya kalo masuk akal, gue terima.

contohnya, jangan beli barang bayi dulu sebelom 8 bulan. menurut gue sih wajar, karena ini menjaga2 aja .. takutnya si bayi ga selamat, misalnya. karena jaman dulu kan kehamilan itu mayan rentan. tapi sekarang, ya kalo emang mau beli dengan alesan seperti nyanya bilang.. mesti nyicil.. ya why not juga sih? on the other hand, kalo pake syal tar anaknya kelilit tali puser. nah ini gue ga ngerti gimana jelasinnya.. ga ada nyambung2nya. buat gue ini bener2 mitos belaka.

waktu abis lahiran, sering denger yang bilang.. tar kalo si anak udah maen ludah, tar rambut ibunya bakalan rontok. kesannya karena ludah si anak itu rambut itu jadi rontok. sementara alesan yang benar adalah karena di saat si anak udah mulai pick up skill maen ludah, itu di bulan2 dimana hormon si ibu udah mulai ilang. nah salah satu tanda si hormon back to normal itu adalah rontoknya rambut. tapi gak semua ibu rambutnya rontok sih.. tapi biasanya emang more than usual. nah alesan ini lebih diterima kan?

jadi sebenernya balik lagi ke masing2.. mau terima mitos itu karena dapet alesan yang lebih make sense.. ato terima/menolak mitos nya mentah2.

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

5

Topic: Pregnancy & Parenthood Myths

thalia wrote:
...katanya kalo bapaknya suka ngalungin handuk pas mo mandi (atau keluar dari kamar mandi) pas sang ibu lagi hamil, anaknya akan kelilit tali puser.


Kebiasaan gue dari kecil: bangun pagi, shollat, ambil anduk lalu kalungin di leher, beresin tempat tidur, dll sampai mandi. Sampai sekarang juga masih, Alhamdulillah anak dua keluar gak ada yang kelilit.

Mungkin kita kudu ngundang Myth Buster ke tread ini, hehehehe...

Works hard, plays harder with his kids.
- Papa to Shavira & Arkan -
http://emergencyrecipes.wordpress.com
http://chandramarsono.wordpress.com

6

Topic: Pregnancy & Parenthood Myths

tukang pijet gue bilang kalo gue gak akan bisa lahiran normal soalnya ada urat nadi dari dagu ke leher yang kelihatan. emang gue c-section sih cuman kok jadinya gue mikir ni orang kok playing God ya..nentuin orang bisa lahiran normal atau gak. dan satu lagi, gue rencananya gak mo cukur rambut anak gue, sayang soalnya udah hitam dan lebat trus dibilang lagi sm si tukang pijet ini kalo harus dicukur soalnya itu rambut haram. kok gitu ya..

Leica and Lucca in the sky with diamonds

7

Topic: Pregnancy & Parenthood Myths

hah?
kok saya baru tau ya mitos kalo pake syal, trus kelilit tali puser. hihihi... yah pasti ga ada hubungannya banget.

btw nyanya, kalo mau beli-beli keperluan baby iya ga apa2 kok nyicil... justru seharusnya 1 bulan sebelum EDD udah siap... soalnya saya pernah ngalamin, pas melahirkan anak kedua... lebih cepat 2 minggu dan asliii belum siap apa2 :) hahahha... repot deh. pas baca buku, amannya 1 bulan sebelum EDD udah siap.

fantasticrhea,
kalo rambut sih tergantung kepercayaan sih. kalo yang muslim memang ada hadistnya untuk digunduli. tapi ada juga muslim yang ngga tau ttg hal ini atau juga memilih untuk ngga menggunduli.

btw kalo mitos2 gitu... saya sih seneng yang... kalo hamilnya mancung, berarti itu cowok... kalo hamilnya melebar, itu berarti cewek... meski ga sepenuhnya bener tapi suka seneng aja tebak2an berdasarkan bentuk perut pas hamil ;).

? love to write and run - a bus transjakarta passenger ?
@ninityunita

8

Topic: Pregnancy & Parenthood Myths

Wah berhubung bokap gue orang jawa, dan mertua orang jawa pula, mitos2 kaya gini sangat2 banyak disekitar gue. Tapi karena gue emang ngga pernah percaya tahayul atau mitos, jadi gue juga udah ngga inget satu2 saking banyaknya. Tapi mungkin kalo orang yang tinggal di daerah, mereka antara takut antara percaya ngga percaya sama apa yang orang tua bilang, karena ini udah tradisi dan udah ada dari jaman nenek2 itu masih bayi mitos2 tsb. Jadi out of respect gue iya'in, tapi ya gue timbang2 dulu mana yang perlu dilakuin mana yang disenyum2in aja. Karena most of the time emang bukan keluarga kita yang rese, tapi orang2 disekitar kita kaya mbak2 dirumah dan tukang2 pijet itu eheh.

Rock 'n Roll Momma

9

Topic: Pregnancy & Parenthood Myths

sama kaya djemima.. yang lebih heboh itu mbak-mbak yang di rumah. Contohnya, Noora matanya sering berair sampai berlinang-linang gitu pas bayi, si mbak bilang "mbak, coba de Noora dikasih ludah mbak pas baru bangun tidur". kwaa kwaa.. kebayang ludah sendiri pas baru bangun tidur aroma dan who-knows kuman-kumannya kaya apa, mana tegaa.. Truuss... Noora jangan boleh liat kaca (padahal mainannya banyak yg ada unbreakable mirror nya).. dan ada beberapa "petuah" lainnya yang saya lupa. Saya senyum aja.

Mertua juga orang jawa yang masih cukup ngelakonin tradisi.. waktu hamil saya disuruh bawa peniti berapa biji dan gunting kecil kalo pergi2x dari rumah.. waktu kubur ari-ari Noora juga buanyaak barang2x yg ikut dikubur, dikuburnya juga di rumah dekat kamar, katanya biar anteng. Saya sih nurut-nurut aja, tapi sekedar menghargai tradisi dan orangtua, walaupun saya sendiri tidak meyakini hubungan sebab-akibat dari tradisi itu. Yg soal peniti sm gunting kecil, kalo disuruh, saya bilang udah bawa (berhubung pake kerudung ya pake peniti, trus emang suka bawa set peralatan gunting kuku yang ada gunting kecilnya--then I consider it's done :p)

Noora's mom
twitter: @fitripitri
website: www.orcamocca.com

10

Topic: Pregnancy & Parenthood Myths

hohoho lucuk2 bgt baca postingan disini tentang pamali2an. :D

hadeuh..aku sampe pusing lho krn terlalu byk masukan sana sini. terutama pas be melahirkan. disuruh makan ina itu, minum gituan ginian. x(
masalahnya klg besarku jawa totok bgt, tp ibuku sendiri udah modern siy, yg masih menganut2 mitos itu justru tante, bude, dll. dan petuah2 dr mereka itu dtgnya bahkan dr aku nikah sampai skrg udah punya anak umur 6.5bln. byuuhh

pernah dibilangin:
-kl nyolong kembang kantil dr sanggul pengantin bs enteng jodoh/ mantu.
-kl mempelai wanita nyolong kembang kantil di keris laki2nya, bs langgeng pernikahannya.
-kl mkn udang ntar anaknya keriting
-kl berdiri di pintu jgn setengah2, diluar atau di dlm ruangan, jgn pas di pintu nanti pas melahirkan bayinya bs susah keluarnya, antara mau keluar apa gak.>> ya iyalah, memang sekali ngejan bayi lgsg keluar gt?
-kl pipi bayi merah2 krn kena ASI obatnya dijilatin sm ibunya.>> memang anak kucing??
-jgn makan sm ayam pas br melahirkan, ntar jahitannya senut2 >>makan ya di meja makan dong ah, masa makan sm ayam, di kandang gt? :p
-kl maghrib bayi gak boleh tdr, minimal harus diendong, nanti digangguin setan >>aku dan suami sepakat, alasannya bkn krn byk setan berkeliaran, tp maghrib adalah waktu sholat yg paling pendek jd membiasakan anak dr kecil supaya tau kl maghrib bkn waktunya tdr. hohoho
-kl bayi tiba2 ketawa sendiri berarti lg main sm "kembarannya" (placenta/ ari2) >>kok agak horror ya?

..dan masih byk lg, tp aku lupa. maklum dasarnya aku memang ndablek. tp kl ada masukan aku selalu saring kok, dicerna dl, kira2 ada benarnya atau gak.

~Life is good~

11

Topic: Pregnancy & Parenthood Myths

Adik saya masih nurutin mitos2 kayak gitu. Taro gunting di tempat tidur bayi, dll karena pengaruh mertua. Kalau saya sih ogah nurut yg spt itu, ngga ada gunanya ...

12

Topic: Pregnancy & Parenthood Myths

ah iya tuh, mitos yang tentang bawa gunting pas lagi hamil ama naro tu gunting di bawah tempat tidur bayi juga suka diributin dulu waktu gue lagi hamil dan anak gue baru lahir. yang ributin... tante gue! asli deh..

gue sih ga percaya ama mitos2 gini, tapi gue biasanya pengen tau, kenapa? soalnya kadang mitos ini dateng kan karena emang dari pengalaman, sometimes it makes sense, cuma kalo gak make sense kayak naro gunting itu, gue gak mau ngikutin.

kalo mitos kayak misalnya.. "jangan mandi air dingin kalo abis lahiran". nah ini makes sense soalnya emang badan kita itu abis lahiran, ibaratnya mobil, kayak abis turun mesin. jadi mesti pelan2 sampe akhirnya bisa back to normal. tulang2 juga jadi linu2.. jadi mandi air dingin itu bener2 malah tambah sakit.

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

13

Topic: Pregnancy & Parenthood Myths

Pengalaman dibilang begini :

- Selagi hamil ga boleh banyak minum air dingin ntar babynya gede, logikanya klo air dinginnya es campur, es kelapa muda, es sirop mungkin ya hehe...tp duh ga bisa jauh2 dari air putih dingin deh...palagi pas hamil chise lagi panas bgt cuacanya

- Selagi hamil ga boleh potong rambut, ga boleh pake perhiasan :)

14

Topic: Pregnancy & Parenthood Myths

weendee, iyaaa, aku juga dibilangin ga boleh minum air dingin... halah, ga mungkin banget, apa lagi di trimester 3, kerjanya kepanasaaaaaan mulu. mana ga ada AC. untungnya aina ga beneran gede (2.7kg saja).

? comic and crochet addict ?
theurbanmama.com | @turniptopia

15

Topic: Pregnancy & Parenthood Myths

yes yes yes soal air dingin ituu..katanya ga bole tar anaknya gemuk air..
hmmmm pas hamil kayla minum es hajar terus tuuuh...and kayla teteppp petite 2,7 juga sama kayak aina
kalo gunting dan teman2 nya haduh ga ngikutin deh, daripada salah2 malah kena anaknya
trus ada lagi pas kayla bulan2 pertama koliknya parah,jadi nangis kalo udah mo malem, disaranin ama temen nelp bidan yang orang US itu yang dibali terkenal hihiih cuma lupa namanya, trus nelp deh hmmm sarannya disuruh naro bawang di pintu jendela dan deket tempat bayinya tidur karena mungkin bayinya nangis karena liat makhluk halus, haduhhh ga jadi diikutin deh..kirain sarannya naro bawang ke perut bayinya biar anget gitu :-)

16

Topic: Pregnancy & Parenthood Myths

nyanya soal pamali pake handuk ato syal dililit di leher kejadian digue tuh
Raniya lahirnya emang kelilit tali puser jadi kalo ada tante ato temen2 nyokap yang nengokin pas lahiran suka nanya "waktu hamil suka lilitin handuk dileher yaa" :D padahal gue ga pernah tuh ngelakuin yang kaya gitu jadi ga ada hubungannya sama sekali. cuma mitos ;)

Soal air dingin gue juga cuek aja hajar teruss hehe.. waktu gue tanya ke dr. kandungan gue katanya yang bikin bayi gemuk itu gula bukan es nya. raniya juga lahirnya normal2 aja 3,1 kg

Yang jelas kalo lagi hamil sesuai agama gue ya perbanyak istigfar, banyak doa mudah2an anak yang dikandung sehat dan kitanya juga kuat, kalo gue seh gitu aja..

17

Topic: Pregnancy & Parenthood Myths

weendee soal minum air dingin yang bikin bayinya besar emang udah dibantah oleh bidan dan dokter saya. tapi ternyata ada yg baru lagi. katanya teman yang bekerja di majalah tentang bayi & kehamilan, kalo minum air dingin nggak boleh sering2 n banyak2, katanya bisa mempercepat detak jantung si bayi. saya mo nanya ke dokter n nyari artikelnya lupa mulu.. sementara belum ada kepastian saya tetep minum air dingin :D

kalo yg soal potong rambut itu katanya kenapa? pengen tau aja sih.. soalnya berencana potong rambut. kalo alesannya nggak logis ya bakal tetep potong..

senang memilikimu lelaki kecilku

18

Topic: Pregnancy & Parenthood Myths

rooslain Selama hamil gue potong rambut 3x, alhamdulillah Nara sampe sekarang baik2 aja tuh... Tapi masih blom ngerti sih dari mana asalnya mitos itu.

Mitos yang gue denger:

Kalo air ketuban pecah duluan, itu gara2 si ibu sering mandi malem2 selama hamil. Pecah ketuban tanpa terasa kontraksi gue alamin, tapi tentunya gue jarang mandi malem2 selama hamil. Gimana mo mandi, pas hamil tua nyampe rumah badan udah cape banget jadi seringnya ketiduran sebelum mandi :D

ASI kalo kena p*n*s (sensor dikit ah) bayi cowo bisa bikin dia ga bisa ereksi pas udah besar. Gue ga tau sih ini asalnya dari mana, tapi yang jelas bingung aja kalo ASI bisa nyampe ke penis bayi?

Kalo lipetan di paha bayi ada 1, adeknya cowo. Kalo lebih dari 1, adeknya cewe. Eh, ato kebalik ya? Anyway, intinya gitu lah. Bingung aja sih, lipetan di paha bayi bukannya tergantung segendut apa pahanya ya? Makin gendut makin banyak lipetan kan?

Masalah jangan belanja2 sebelum 7 bulan, gue pikir alasannya bener kayak yang dibilang slesta, tapi sampe sekarang kebawa tanpa dipikir lagi alasan itu masih valid ato ga. Gue sendiri ga ngikutin mitos itu, tapi sayangnya suami males belanja jauh2 hari dengan alasan bikin penuh rumah. Walhasil pas Nara lahir, yang maju 3 minggu dari EDD, gue masih blom punya bak mandi buat Nara hehehe...

Oh iya... katanya kalo bayi terlilit tali pusat, gedenya dia bakal bagus dipakein baju apa aja. Cocok semua gitu. Yang ini sih karena bagus ya gue amini aja, walopun ga ngerti apa hubungannya :p

yang selalu kangen sama si pipi gembil

19

Topic: Pregnancy & Parenthood Myths

ya ampun, ternyata banyak banget ya mitos2 yang beredar... yang malah baru saya tau setelah baca2 di sini.

shinta, iya bener tuh, abis melahirkan paling enak mandi air anget... duh! :) enaaak banget.

? love to write and run - a bus transjakarta passenger ?
@ninityunita

20

Topic: Pregnancy & Parenthood Myths

mba otty koleksi mitos nya deeeeh banyaaaaak yah :p

21

Topic: Pregnancy & Parenthood Myths

otty wrote:
rooslain Selama hamil gue potong rambut 3x, alhamdulillah Nara sampe sekarang baik2 aja tuh... Tapi masih blom ngerti sih dari mana asalnya mitos itu.


okeh... lagsung menjadwalkan potong rambut deh.

otty wrote:
ASI kalo kena p*n*s (sensor dikit ah) bayi cowo bisa bikin dia ga bisa ereksi pas udah besar. Gue ga tau sih ini asalnya dari mana, tapi yang jelas bingung aja kalo ASI bisa nyampe ke penis bayi?


hahaha ini absurd banget!

senang memilikimu lelaki kecilku

22

Topic: Pregnancy & Parenthood Myths

waktu hamil gue juga potong rambut kok, soalnya kan gerah bener berambut panjang plus males dengan keribetan2musti ngurusin rambut dll. alhamdulillah gak kenapa2 sih..
keluarga gue jawa tapi untungnya gak menganut mitos2 aneh itu dan kalaupun iya biasanya gak g ue dengerin..heheh..dableg juga..yaa kalo gak masuk akal ngapain juga dipikirin ya gak..

nih ada satu mitos yang ketangkis banget sama gue, waktu hamil gue kumel banget, jerawatan, item, pokoknya jelek banget. trus perut (katanya) mancung. jadi semua bilang kalo gue hamil anak laki. gue dan suami emang sepakat gak mau cari tau kelamin anak waktu hamil, biar surprise gitu..sampe2 pas gue belanja peralatan bayi sama nyokap jadinya yg dibeli warna biru semua karena yakin anak laki. eh tau2 pas lahiran ternyata anak perempuan..dueeng..jadi deh leica pake bajunya sekarang biru2 semua..hehehhe...

Leica and Lucca in the sky with diamonds

23

Topic: Pregnancy & Parenthood Myths

mitos-mitos yang bikin aku sebel:
1. Habis melahirkan gak boleh tidur sebelum jam 12 siang,katanya yakut darah putihnya naik ke mata. Padahal semalemnya habis bergadang :(
2. Bayi gak boleh diusap-usap rambutnya kebelakang ,katanya nanti bisa botak,gak boleh dicium telapak tangannya(nanti jadi clamittan).gak boleh di pegang pipinya sama di gelitikin perutnya (tar gak doyan makan),gak boleh di pegang dagunyanya (nanti genit).uuuhhgg mo pegang anak sendiri aja susah!

love zahra,berumon and books

24

Topic: Pregnancy & Parenthood Myths

mama alesha, hahaah samaa, dulu ga boleh tidur pagi2. padahal ya ampun abis begadang baru tidur menjelang subuh! Emang sih maksud nyokap boleh tidur tapi mandi dulu, sarapan dulu, bebersih gitu biar seger. palagi abis melahirkan rasanya body emang gimanaaa gituu, yg gampang keringet mana bau asi (dulu asi banyak bgt soalnya jd basah ke baju, breastpad ga mempan en blm kenal milk saver :( ) jd mungkin ga boleh tidur pagi klo bablas gitu kali yah...mending tidur kelar mandi.

Oia soal potong rambut ga tau kenapa, males juga tanya, tp cuek bebek potong rambut pentinggg abisnya gerah sugerahhh bgt..lagian begitu ada baby maunya kan ringkes :)

25

Topic: Pregnancy & Parenthood Myths

mama alesha Setuju banget, mo pegang anak sendiri aja aturannya banyak banget!

eryka Wah itu masih blom seberapa, banyak lagi yang blom ditulis di sini. Tapi saking banyaknya sampe lupa :D

yang selalu kangen sama si pipi gembil