1

Topic: Pregnancy & Parenthood Myths

otty - oh no! aina mesti jatuh 5 kali lagi dong! eh, tapi dia udah bukan bayi lagi ya? hahaha...

adey - wah, banyak banget larangannya! tapi sebenernya sih ttg yang ngelus perut, gue dulu paling sebel orang pegang2 perut gue pas lagi hamil... kadang2 orang ga kenal aja main pegang2... emang perut gue jadi public domain kalo lagi hamil?!

jadi in a way, gue rada setuju ama mitos jangan ngelus2 perut orang hamil. hehe.

? comic and crochet addict ?
theurbanmama.com | @turniptopia

2

Topic: Pregnancy & Parenthood Myths

Thalia - idem! Emang risih kalao ada orang yg pegang2 perut kita apalagi kita juga gak kenal dekat sama dia. Tp untungnya di sini gak banyak ibu2 yang suka pegang2 perut orang begitu, mungkin krn pengaruh mitos itu juga kali, ya...

not so urban person at this time

3

Topic: Pregnancy & Parenthood Myths

wkwkwkw...ngakak.com deh baca2 postingan di sini....kereeennn...iya dulu wkt hamil juga adaaaa aja yg "meracuni" diriku dgn mitos2 aneh...yaaaa krg lebih sama lah sama kalian2....cm gk tahu ya...yg aku m hubby turutin bgt adalah ngubur ari2 aira...habis itu dikasih lampu, kalo malem lampunya dinyalain biar "ade" nya gk sendirian katanya....itu selama 40 hari begitu....terus pas ngubur ari2 juga hubby disuruh mandi yg bersih dulu sama papaku...wudhu segala deh pokoke....yaaaa kalo ini mungkin melambangkan menyambut anak yg suci yaaa harus dalam keadaan yg suci juga kali yaaaa... apalagi mau ngubur "temen" si baby hehe...mbuh lah....waktu puput juga dikubur di tempat ngubur ari2 itu...rambut cukur pertama juga dikubur di situ...entahlah alesannya apa...kalo aku sih liat sisi spiritualnya aja...."punya" anak kita jgn sembarangan dibuang2 hehehe...toh dikubur ini...jd juga gk bikin kotor kmn2....nah kalo yg itu...suruh makan puput pusernya...baru dengerrrrrrr...horor ajaaaahhhh...kyaaaaa....hayo2 ada mitos apa lagi....aku mau tahuuu! :)

coffee is one of my best friend...

4

Topic: Pregnancy & Parenthood Myths

kyayyayayaaa! *nangis kesenengan nemu thread ini*

saya sudah bosen dijejelin mitos yg ada banyak itu. hampir semua yg disebutin disini pernah mampir di kuping. sampe nggak bisa di comment satu2. panjang euy... yg lagi paling aktual dan bikin deg2an adalah kalo MIL menolak clodi krn bikin ngangkang/kaki 0...*eh ini termasuk mitos nggak ya*

masalahnya adalah skrg rambut lagi rontok (bgt) dan shaka lg suka main iler. jadi takut kualat. karenaaa, pas mitos yg itu mampir pas lagi ga mood jd saya sautin seenaknya, "miracle only happen to them who are believe mba, dan saya nggak believe, jadi mudah2an nggak happen"

jadi bahagia denger penjelasan Slesta ttg rambut rontok ini di page 1... dan setuju sama Ysee, sptnya emg banyak dr mitos2 itu yg energi negatif yah, malah jd sugesti, pantes kalo malah kejadian beneran. ibarat jatoh 7x, kan jd seperti nungguin jatoh yg berikutnya.... haduuuuh, jangan deh....

*shakashakesmyworld*

5

Topic: Pregnancy & Parenthood Myths

kemarin ketemu temen yg ngomong bgini
"ga apa tuh anaknya digendong begitu? nanti bisa hernia loh. itu kata DSA gw"

waktu itu saya lagi gendong river dengan posisi menghadap saya make sleepywrap.

bener ga ya?

happy wifey and proud mommy..


@desanchan

6

Topic: Pregnancy & Parenthood Myths

ahahahahaa...*mesam mesem baca thread ini dr page 1* ada ada aja yaw...

ada yg paling bkin bingung. wkt itu lg hamil sktr 7bln,mlm2 ada uler mau masuk rumah.ga tlalu gede kok ulernya *tp tetep aja,horor!*. Ama suami langsung digetok dan sukses tewaslah itu uler. Waahh,itu yg namanya MIL,panik bgt bgt pas dicritain.ktnya, ngawur bgt istri lg hamil kok berani2nya bunuh uler.. :-S (tapi kan, drpd tuh uler masuk rumah,bukannya serem yak). Dan belio luarbyasa lega pas liat farzan lahir dlm kondisi sehat sempurna.

Bingung,ada yg tau gmn lengkapnya mitos ini ga,emang knp gt?

:: big fan of F ::
[@gumzkiew]

7

Topic: Pregnancy & Parenthood Myths

gumzkiew - oh itu mitos ya? gue pikir beneran... hahaha... soalnya itu menimpa temen gue. jadi waktu dia masih di perut ibunya, ada uler gedeeee banget masuk rumah. ya dibunuh lah ama bokapnya...

pas anaknya lahir sih biasa aja. tapi dari masih keciiiil banget, dia fobia uler... ampe sekarang. dari uler beneran, video, foto ampe ilustrasi. misalnya kita gambar spiral, gapapa. tapi kalo diujung spiralnya kita tambahin huruf Y yang menyerupai lidah uler, langsung jerit2 histeris gitu dia... dan ini udah dari TK (emang temen TK gue).

tapi, ga tau ya itu bener ada hubungannya ama sang bapak bunuh si uler apa engga. tapi omongan tetangga dan teman2 keluarganya sih begitu, hehe.

? comic and crochet addict ?
theurbanmama.com | @turniptopia

8

Topic: Pregnancy & Parenthood Myths

lah kok aku baru baca thread ini yah? kemane aje???

Shinod
dulu kalau nemenin mama kondangan, pasti mama nyolong kembang kantil terus di kasih ke aku biar 'enteng' jodoh. yang langsung aku buang, karena aku gak pengen enteng jodoh! ahaha..

slesta
kalau kasih baju papa pas papa pergi jauh, kalau menurut aku lebih ke bau2an yah.. biar si anak inget bau papanya.. hihi..
waktu aku long distance ama 'mantan pacar' juga gitu. aku minta kaos bekasnya buat nemenin bobo.. aih norakkk hihi..

thalia

you know what? emak gue masih nyimpen tali puser gue.. dan dia bawa ke mana aja. katanya biar dia selalu ngerasa deket ama gue. dan sekarang, tali puser gue itu ditemenin dengan tali puser cucu satu2nya.. hihi

kalau soal ludah pagi hari, atau kalau orang jawa bilang 'idu bacin'.. itu katanya emang paten loh? bahkan suami gue, yang katanya bule gak percaya mitos2an, percaya banget kalau idu bacin bisa bantu nyembuhin luka. gue pernah baca emang dia mengandung apa gituuu.. yang bagus buat tubuh kita. malah, cmiiw, Rasul saranin buat minum air putih sesaat setelah bangun, jadi ludah kita ketelen lagi dengan air minum itu..

9

Topic: Pregnancy & Parenthood Myths

thalia ~ waks..jadi serem gw... :-S farzan br 1th,so far kalo baca2 pop up books yg pas ada gbr ulernya,dia tetep brani mainin..hope he will be fine..

:: big fan of F ::
[@gumzkiew]

10

Topic: Pregnancy & Parenthood Myths

Oya... Mo mematahkan omongan kalo bumil ga boleh makan duren! *mendengus bangga*

Kemaren pas lagi mompa gue ketemu sama orang kantor, n akhirnya kita cerita2. Dia bilang dulu dia ASInya banyak banget, pas gue tanya apa rahasianya dia bilang dia makan duren dari awal hamil n makan kacang tanah! Soalnya duren itu mengandung protein n lemak, jadi harusnya sih bagus buat ASI. Gue iya2 doang dengernya, kemungkinan besar yang bikin ASInya banyak ya kacang, tapi jadi ada penemuan baru: makan duren dari awal kehamilan ga berbahaya asalkan si bumil emang suka n ga ada masalah sama kandungannya :)

Sekian mitos hari ini, prolognya panjang banget ya :p

yang selalu kangen sama si pipi gembil

11

Topic: Pregnancy & Parenthood Myths

Otty,
AHA....mau nyari duren ah :D
Eh itu beneran gapapa yah makan duren? dokter gw bilang gapapa sih tapi jangan banyak-banyak, satu biji aja katanya klo kepengen.

metariza.com | mother of two |@metariza

12

Topic: Pregnancy & Parenthood Myths

metariza Hahaha, gue membawa angin segar bagi pecinta duren :p Iya wong gue ketemu sendiri sama orangnya, sampe gue tanya lagi "beneran bu makan duren dari awal hamil?". Dijawab mantep banget "iya". Ga nanya sih porsinya seberapa, mungkin jangan terlalu banyak (lagian semua yang "terlalu" ga baik kan :p). Tapi yang jelas dia makan dari hamil muda ternyata fine2 aja.

Oya, pesan sponsor dari gue: sadar diri ya, kalo ternyata ga kuat jangan diterusin :)

yang selalu kangen sama si pipi gembil

13

Topic: Pregnancy & Parenthood Myths

Metariza,say sih kebetulan gak suka duren yah,jd ga ngaruh ke saya selama hamil tuh sebenernya boleh apa gak sih makan duren?
tp klo kata temen saya sih klo emang kita bisa makannya yah makan aja,tahu sendiri bumil mo makan ini itu ko bawaan yah mual lah,jd muntah lah,etc..jd klo emang pengen makan duren & bisa makannya yah makan aja..tp setuju kata Otty,ati2 kalap ;-)

ngomong2 soal makan-makan pas saat prego,MIL saya kembali ada mitos yg klo saya denger kyanya bikin neh kuping panas aja.ktanya klo pas hamil kita makannya cemah-cemih or susah makan,pas anaknya lahir nurunin ke dia,alias anak kita jg makannya susah.
Jibril skrg makannya rada susah,minum susu harus disendokin,makan nasi ga bisa banyak,akhirnya MIL suka nyindir gtu,klo itu terjadi pas saya hamil makannya susah.Padahal selama hamil saya msh stay di rumah ortu & makan jg banyak,apalagi susu doyan banget.
ga tahu deh mitos ini bener apa ga?ada yg pernah denger jg ga?

kebetulan skrg jg lg hamil lg & tinggal deket MIL,dia mungkin ngeliat saya klo di rumah dia makannya sedikit..ya iyalah sedikit ntar klo banyak diprotes jg,hehehe...maaf yah mods bahasannya agak "curcol" dikit.

A Mother Always Bring Extra Love...

14

Topic: Pregnancy & Parenthood Myths

meta kalo orang singapore sih setau gue malah suka disuruh makan duren loh. makanya dulu pas gue hamil jadi punya info yang bertolak belakang. krn kata orang indonesia ga boleh, orang spore bilang boleh. nah loh!

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

15

Topic: Pregnancy & Parenthood Myths

makanya gw suka sama Otty nih, dia suka memberi kabar gembira, hahaha.Ok noted, emang yang berlebihan itu gak baek...tapi at least semakin pede buat makan duren. Apalagi baca ceritanya sLesta...mungkin dokter di Singapo udah pada tau penelitian yang disebut Otty di atas kali ya (bagus buat asi) makanya orang hamil di Singapo disuruh makan duren.

Restya, coba coba diinfoin sama MILnya klo ini ada bukti nyata yang bertolak belakang sama mitosnya....hehehe dulu waktu hamil Nara gw makanya segabruk-gabruk dan ga milih-milih tapi tetepp aja Nara susah makan sampe umur 2 tahun :P

Jadi, pesta duren nanti malem?

metariza.com | mother of two |@metariza

16

Topic: Pregnancy & Parenthood Myths

Met,hajar bleh :p Gue hamil makan duren ko..tp emang ga sebanyak biasanya.Abis kata dokter gue "kenapa ga boleh?" Lah,dia malah balik nanya :D

website : http://thebabybirds.net
twitter/IG : @almaviva

17

Topic: Pregnancy & Parenthood Myths

ah, tau gitu gue ngikutin cara singapur! tersiksa banget dulu ga bisa makan duren pas hamil... mana ASI gue juga jatuhnya dikit banget. kalo ngeduren mungkin malah menyelesaikan 2 masalah sekalian: ga craving duren lagi, dan susu banyak... hmm.

? comic and crochet addict ?
theurbanmama.com | @turniptopia

18

Topic: Pregnancy & Parenthood Myths

thalia hahah.. iya bener banget! dulu gue sih sempet makan, tapi dikit. maksudnya biar balance, ngejaga info dari indonesia ama singapore. heheh.. soalnya gue dulu yang ngasih tau malah bos gue tuh.. bolak balik bilang.. lo makan duren gak? trus gue ceritain kalo di indonesia ga boleh makan duren lagi hamil. dia yang cerita.. ih kalo orang singapore sih malah gapapa? gak ada larangan ga makan duren..

oke dehhh..

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

19

Topic: Pregnancy & Parenthood Myths

thalia Haha, iya bisa menyelesaikan 2 masalah sekaligus!

yang selalu kangen sama si pipi gembil

20

Topic: Pregnancy & Parenthood Myths

Meta,wah gw bakal cepet2 bilang myMIL neh,ada bukti nyata klo apa yg dia pikirin selama ini tidak benar,hehehe..thx a lot,lagian mungkin krn anak2 kita dulu blm kenal BLW kli yah,jd makannya masih milih2..
asyiknya ntar malem ada yg bakal pesta duren... ;-)

Thalia,slesTa,ayo cepet2 pada hamil lagi kasih adek ke Aina & Naia,trs puas2in deh makan duren pas hamilnya,heheheh...

A Mother Always Bring Extra Love...

21

Topic: Pregnancy & Parenthood Myths

halo mommas..

maaf nih ngungkit-ngungkit topik lama :P
masalahnya saya lagi pusing karena banyak sekali pantangan yang (katanya) mesti diturutin.. masalahnya kebanyakan pantangan itu ga masuk akal buat saya.. maklumlah, pihak suami saya berasal dari suku tertentu yang percaya banget dengan segala macam pantangan ini..

mulai dari gak boleh ngiket-ngiket apapun, ga boleh maku, ga boleh nyobek, ga boleh bunuh binatang *yaelah masa ada nyamuk lewat di depan mata ga bisa ditepok!*, sampai ga boleh liat gerhana bulan.. tsk... cape deh..

kadang saya iya-iya aja (trus besok-besoknya cuek aja ngulang lagi), tapi kadang pengen protes juga saking ga masuk akalnya :P

minta saran mommas di sini dong.. mesti gimana yah, daripada kesel dipendem di hati :D

We can never judge the lives of others, because each person knows only their own pain and renunciation. It's one thing to feel that you are on the right path, but it's another to think that yours is the only path. Paulo Coelho

22

Topic: Pregnancy & Parenthood Myths

pipitta,I feel u deh..
dulu pas hamil merasakan hal yg sama
makanya sampe bikin tread ini HIHI :D
Aku dulu cuek aja,ya ngiket,ya gunting,ya nepuk nyamuk,ya nyobek kertas
Alhamdulillah anakku lahir sehat dan kelahirannya bisa normal.
kalo lagi melakukan hal-hal yang dipantangkan,kita sambil berdoa aja,berprasangka baik,kalo Alloh akan memberi kita anak yg sehat dan sempurna.positif thingking aja lah mom. :)

love zahra,berumon and books

23

Topic: Pregnancy & Parenthood Myths

hai, mama alesha

saya emang ga percaya sih.. hehehe.. masalahnya karena tau saya gak percaya, akhirnya setiap hari saya diwanti-wanti untuk gak melakukan ini-itu.. haddduhhh dengernya aja sampai pegel :D

iya sih, saya tau itu salah satu bentuk perhatian :P tapi ngebayangin dalam bulan-bulan ke depan SETIAP HARI saya bakal dijejalin segala pantangan begitu, huhuuhuhu gak nahan!!!

gimana yah, nyampeinnya supaya yang ngasih tau pantangannya juga gak tersinggung :P

We can never judge the lives of others, because each person knows only their own pain and renunciation. It's one thing to feel that you are on the right path, but it's another to think that yours is the only path. Paulo Coelho

24

Topic: Pregnancy & Parenthood Myths

:lol: baru baca thread ini, bener2 yg dirasakan oleh semua mamas ya... two thumbs up utk mama alesha yg bikin thread :)

dl waktu hamil yg lebih percaya mitos2 bgini tuh MIL gw. pernah wkt hamil 5bln gw ma suami nginep di cottage yg letaknya di dalem taman safari puncak, so gratis tiket masuk ke taman safari n segala atraksi pertunjukan itu. tiba2 malem harinya MIL telp suami, katanya gw ga boleh liat binatang. ga boleh masuk ke area taman safari. pamali orang hamil liat binatang *what??bukannya binatang lucu2 bgitu ya?*. so mau ga mau diturutin deh, wlpn pd kenyataannya pas jam 6 pagi di area cottage tsebut tjd kerusuhan yaitu gerombolan monyet yg jumlahnya lebih dr 100 itu turun dr pepohonan mampir ke semua cottage yg ada :lol:
yah jangankan liat binatang, kemaren MIL gw bilang kl nanti gw hamil lg jangan liat boneka upin atha yg katanya serem bgt, udah gundul polos bgitu lg nyengir pula :lol:

pipitta,
kl emang sarannya baik, lebih baik ikutin aja. itung2 nyenengin orang tua kan? tp yg paling penting kl lg hamil banyak2 berdoa n tetep positif thinking. insya Allah baby akan sehat walafiat tanpa kekurangan suatu apapun :)

bab ? atha ? kae ? nda

25

Topic: Pregnancy & Parenthood Myths

pipitta, i feel u! hahah.. waktu hamil dulu jg gitu, gak mertua gak nyokap sendiri.. kalo emang masuk akal sih aku jalanin aja. tapi kalo gak ada alesan masuk akal, trus dokter jg bilang gpp (misalnya makan duren :D) ya gak dijalanin.. kebetulan dari jaman kenal jg mertua udah tau klo aku klo gak setuju ya ngomong langsung/gak dilakuin (tapi tetep sopan sih). jadi beliau udah pasrah kali yaa.. jadi sarannya bilang aja baek2, trus ngomongnya pake alesan yg berlogika, atau pake caranya fifu:

fifu wrote:
"miracle only happen to them who are believe, dan saya nggak believe, jadi mudah2an nggak happen"

hahah.. bisa aja deh..