Breastfeeding

Articles

Nipple Confusion pada Hamizan

Nipple Confusion pada Hamizan

Saya terpaksa harus tinggal terpisah dari Hamizan dan hanya bertemu dengannya saat akhir pekan. Ternyata hal ini mengakibatkan Hamizan mengalami bingung puting dan akhirnya saya menjadi mama perah total demi memenuhi kebutuhannya.

Peralatan Pendukung Pemberian ASIP

Peralatan Pendukung Pemberian ASIP

Sebagai ibu bekerja yang sedang menyusui, saya membutuhkan beberapa alat bantu demi keberhasilan memberikan ASI ke anak kedua saya yang saat ini berusia 15 bulan. Saya berharap agar bisa terus lancar memberikan ASI sampai Adik berusia dua tahun.

Baby Blues dan Kelancaran ASI

Baby Blues dan Kelancaran ASI

Sesuai dengan kondisinya, pasca melahirkan memang hormon-hormon dalam tubuh menjadi bergejolak dan tidak stabil. Hal tersebut dapat menimbulkan kegusaran dan perasaan mood terganggu bagi Mama yang baru mengalami proses persalinan. Banyak pasien datang ke saya berkonsultasi mengenai masalah ASI tidak keluar pasca melahirkan. Setelah ditelusuri dan dicari akar masalahnya, ternyata pasien tersebut mengalami baby blues.

Breastpump Avent Comfort Manual, Memompa Tanpa Sakit

Breastpump Avent Comfort Manual, Memompa Tanpa Sakit

Salah satu tantangan besar yang saya hadapi saat ini adalah bagaimana agar bisa tetap memberikan ASI eksklusif kepada Aiko saat sudah kembali masuk kerja nanti. Saya berkomitmen untuk bisa memberikan hak Aiko minum ASI sampai berusia dua tahun. Tentunya saya harus mempersiapkannya dengan baik.

Memberi ASIP dengan Comotomo Agar Tidak Bingung Puting

Memberi ASIP dengan Comotomo Agar Tidak Bingung Puting

Salah satu persiapan sebelum kembali bekerja adalah mencari cara untuk memberikan ASIP kepada Aiko dan terhindar dari bingung puting. Saya tidak ingin pengalaman saat menyusui Satria terulang kembali.

Memberikan ASIP pada Dre dengan Comotomo

Memberikan ASIP pada Dre dengan Comotomo

Awalnya, saya sudah bangga dan lega kalau proses menyusui Dre amat indah, menyenangkan dan nyaris tanpa tantangan yang menyulitkan. Saya termasuk yang beruntung karena tidak pernah mengalami puting lecet berkepanjangan, ataupun payudara bengkak sampai mastitis, sejak menyusui Dre pada hari pertama. Sampai kira-kira seminggu yang lalu…

Gejala Bingung Puting dan Risiko Penggunaan Dot pada Bayi

Gejala Bingung Puting dan Risiko Penggunaan Dot pada Bayi

Penggunaan dot sebagai alat bantu bayi minum susu merupakan hal yang sangat lazim. Baik ibu yang memberi ASI maupun susu formula, umumnya memilih dot sebagai media pemberian ASI perah atau susu formula. Sejalan dengan semakin tingginya kesadaran ibu untuk tetap memberi ASI walau harus kembali bekerja, penggunaan dot pada bayi yang menyusu pada ibunya juga menjadi semakin sering dijumpai.

Sukses Menyusui Bagi Ibu Bekerja

Sukses Menyusui Bagi Ibu Bekerja

Sering kali para ibu bekerja bertanya bagaimana agar bisa memberikan ASI Eksklusif selama enam bulan, padahal cuti bekerja hanya tiga bulan saja. Setelah melahirkan, ibu bisa rutin memerah ASI dan menyimpannya di kulkas, sehingga ibu tetap bisa memberikan ASI Eksklusif dengan cara memberikan bayi ASI Perah (ASIP). Begitu mulai bekerja, ibu juga dianjurkan untuk terus rutin memerah di tempat kerja.

Hari-Hari Awal Menyusui

Hari-Hari Awal Menyusui

Saat menanti kehadiran buah hati, sebagian besar ibu umumnya sudah tahu bahwa ASI merupakan asupan terbaik bagi bayi, dan ingin menyusui bayinya setelah lahir. Namun kenyataannya, di hari-hari awal setelah kelahiran bayi, ibu sering menemui kesulitan, apalagi bila ini adalah pengalaman pertama.

It's About Time for Self-Weaning

It's About Time for Self-Weaning

Weaning with Love menjadi cita-cita saya sejak awal. Bagi saya sangat disayangkan sekali awal menyusui yang indah harus diakhiri dengan tangisan, kemarahan, penolakan dari anak karena dipaksa berhenti menyusu. Kebetulan sejak berusia 1 tahun, frekuensi Rey menyusu di siang hari memang menjadi berkurang terutama jika kami sedang tidak di rumah.