1

Topic: Mengatasi Kehamilan Sungsang

Mamas, ada yang pernah atau sedang mengalami kehamilan dengan posisi janin sungsang, melintang, atau diagonal? Boleh dong dishare di sini bagaimana pengalamannya? Cara-cara apa yang dilakukan supaya posisi bayi kembali ke jalan yang benar? Trus jika posisinya tetap sungsang waktu melahirkannya bagaimana?

Saya share sedikit ya..
Dari kehamilan lima bulan dokter sudah melihat kalau posisi janin melintang, dia bilang tunggu bulan depan kalau posisi belum berubah saya harus mulai rutinitas nungging. Sabtu kemarin setelah masuk enam bulan, posisi kepala janin malah bergeser ke atas, alias diagonal. Tepatnya kepala si baby ada di kanan atas perut saya.

Sekarang saya nungging 2-3 kali sehari selama 10-15 menit dengan harapan posisi si kecil nggak aneh-aneh lagi. Terpikir untuk dateng ke tukang pijat ibu hamil yang bisa bantu mengarahkan jalan yang benar pada anakku. Tapi.. kok masih nggak yakin kemanannya ya. Aman gak sih?

senang memilikimu lelaki kecilku

2

Topic: Mengatasi Kehamilan Sungsang

rooslain, aina ampe di kehamilan umur 30 minggu (7 bulan) masih sungsang (kepala di atas)... sempet cemas, tp OBGYN gue bilang gapapa... kalo kehamilan pertama, emang agak lama buat si bayi settle dengan kepala di bawah... yang rese itu, dia suka banget nendang bladder gue! sakit dan mo kencing tiba2... sebel...

taunya pas cek di umur 33 minggu - 8 bulan, tiba2 aina udah ngebalik sendiri (horeee!!!). yang kocaknya, gue berasa gitu suatu malem dia decided buat ngebalik... gerakannya huaaaaa. mana perut udah gede, tempat dia gerak udah sempit. tapi tiba2 bagian atas perut gue rada lebih kosong dari biasanya. dan gue nyadar kayaknya aina pindah posisi gila2an.

btw, gue ga pake tukang pijit, nungging2 dll. tapi waktu itu emang gue pasrah2 aja sih...

? comic and crochet addict ?
theurbanmama.com | @turniptopia

3

Topic: Mengatasi Kehamilan Sungsang

Hai Rooslain, samaaaa..gue kehamilan menginjak bulan ke-5 juga masih sungsang. Soalnya ruang di dalam masih besar,jadi si baby masih bebas bergerak ke sana ke sini pecicilan..hehehehe. Kata OBGYN ku si gapapa saat itu. Terus pas menginjak bulan ke enam, katanya posisinya udah bagus, kepala di bawah gitu. Yang pasti gue rajin jalan sekarang2 ini. Pagi atau sore jalan di sekitar rumah. Terus udah mulai ngepel pake tangan nungging2 gitu plus melakukan gerakan2 yang diajarin di kelas senam hamil..atau yoga. Soalnya gue jarang olahraga semenjak hamil dan juga gue ga ngantor. Saran dari orang2 terdekat gue sih begitu. Ya gue coba ajalah..secara gue pengen banget ngelahirin normal.

Btw soal emak2 yang biasa pijit gitu katanya sih gapapa..soalnya emak2 itu biasanya punya pengalaman ok dan katanya sering bantu di rumah sakit gitu. Kalo emak2nya recommended tapi ya, soalnya jujur aja ibu mertua + nyokap ga ngijinin gue dipijit ama emak2 gitu. Kalo buat gue pribadi gue mending nanya dokter dulu..hehehehe Oiya, ini juga ada pendapat dari mama alesha soal tukang pijit berijasah istilahnya http://theurbanmama.com/forum/topic369-masuk-angin.html tapi gatau deh kalo ngebenerin posisi bayi. HTH.

website : http://thebabybirds.net
twitter/IG : @almaviva

4

Topic: Mengatasi Kehamilan Sungsang

rooslain, dulu kehamilan Kayla nyampe bulan ke-8 jg masi sungsang, eh pas masuk bulan ke-9 udah bagus, jadi bisa lairan normal. Pun adeknya skr jg gitu, mpe bulan lalu masih sungsang, tapi masuk bulan ke-7 ini udah turun..emg s/d 9 bulan posisi baby masi suka jungkir balik gt deh, baru 'diem' stl kepala ngunci masuk panggul.

Dulu pernah jg nyobain pijat sama dukun bayi, cuma dielus2 aja sih perutnya ngga dipijit/diurut mpe gmn gt kok :)

5

Topic: Mengatasi Kehamilan Sungsang

rooslain berarti sekarang masih 6 bulan yah? don't worry say.. masih lama. gue juga dulu gitu kok. pertama kepalanya di atas. trus kepalanya di samping. pas mau deket lahiran, juga masih nyamping. trus ke bawah, tapi ga turun2 ke jalan lahir. yang penting di bawa santai aja, dan rajin2 nungging.. :P itung2 olahraga juga kok itu (ada posisi yoga yang emang nungging gini)..

ttg pijat, gue gak tau sih dipijat nya itu gimana. gue sempet waktu itu disaranin ama nyokap, tapi pas gue tanya ke dokter gue dia bilang ga usah. soalnya kalo bukan ahlinya, gak perlu. lagian waktu itu kehamilan gue masih terlalu muda untuk di vonis bakal lahir sungsang (kira2 seumur kehamilan lo sekarang). even pas udah masuk 8 bulan, posisi kepalanya juga ga di bawah. tapi 2 minggu sebelom lahiran, akhirnya turun sendiri tuh. jadi ya gue ga pernah dipijet tuh.

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

6

Topic: Mengatasi Kehamilan Sungsang

Rooslain, dulu pas hamil masuk 35w posisi janinku masih sungsang, dan hrs extra rajin latihan anti sungsang. Biasanya klo ikut senam hamil diajarin latihan itu, latihan nungging dgn dada rapat ke lantai :).

Klo pijat aku jg gak tau kaya apa soalnya udah parno duluan klo denger pijat, takut janinnya napa2 pdahal klo dilakuin sama yg ahlinya gak juga kali ya, akunya aja yg terlalu parno.

7

Topic: Mengatasi Kehamilan Sungsang

thalia, hihihi ajaib gitu ya aina bisa ngerti dan pindah posisi sendiri. harus tenang n pasrah kali ya.

nyanya, tukang pijetnya sih direkomen temen. dia pernah dipijet untuk naikin posisi bayi yg waktu ketekuk n neken tulang pinggulnya. dia juga berhasil ngelancarin asinya.

dian, wah nggak sakit ya? agak ragu karena kata temenku sakit :D

slesta, pas nungging yg nggak nahan lehernya.. trus kalo lama jadi sesek. tapi emang harus tenang dan ngatur nafas kaya yoga ya, biar lebih enak. harus mulai rajin yoga lagi nih kayanya. kemarin sempet berenti gara2 kerjaan kantor numpuk. soal pijet, kayanya gue mo tanya dokter dulu deh biar lebih yakin.

BundanyaLana, kemarin diajarin posisi nungging sama bidan. kalau senam hamil belom mulai, paling yoga sedikit2. tapi rencananya sih emang mo ikut senam.

senang memilikimu lelaki kecilku

8

Topic: Mengatasi Kehamilan Sungsang

haiii... mo ikutan nimrung nih.
Aku skarang la hamil anak pertam, wajar dong klo deg2an. Masalahnya dari bulan pertama sampe bln 8 aku USG 4D ga pernah ada masalah, eh... Giliran ganti dokter dgn USG 2Dnya (berhubung dokternya ga mau di klinik tempat aku mo ngelairin) malah di diagnosis sungsang. Gimana yah... Masi ada waktu ga?? Tolongin ya mamas... :,( hiks

a very happy mother

9

Topic: Mengatasi Kehamilan Sungsang

happyme-lia, karena sama2 anak pertama dan belum ada pengalaman melahirkan..menurut gue selalu masih ada waktu dan ga ada kata terlambat ko. Ayo rajin nungging2 aja sekarang. Banyakin jalan dan rajin yoga/senam hamil. Dulu sepupu cerita soal sungsang trus katanya ama bidan diputer gitu posisi bayinya dan bisa. Gue juga ga tau si..abis kayanya rada2 riskan dan ngeri ya..Oiya, gimana kalo tanya dokternya dulu solusinya gimana..siapa tau ada tindakan2 khusus buat benerin posisi si baby :)

website : http://thebabybirds.net
twitter/IG : @almaviva

10

Topic: Mengatasi Kehamilan Sungsang

happyme-lia - lho 2D kan ga secanggih 4D... jangan2 salah liat.

tapi setau gue, kalau kepala bayinya blum ngunci/masuk ke panggul, emang masih bisa muter2 sih... dan seperti yang gue sebut diatas, biasanya di kehamilan pertama, nguncinya rada lebih lama dan disaat2 terakhir... (8-9 bulan). itu kata Dian Sigit, baru 9 bulan ga sungsang. kalo baca cerita2 diatas, waktu sih ada... tapi mungkin emang mesti rajin nungging, hehehe ;)

? comic and crochet addict ?
theurbanmama.com | @turniptopia

11

Topic: Mengatasi Kehamilan Sungsang

Happyme-lia, udah 32w ya, masih ada skt 8w lagi, masih bisa yg penting rajin latihan antisungsang ato nungging. Ayooo semangat :)

12

Topic: Mengatasi Kehamilan Sungsang

thanks moms...

Dokter aku dulu juga pernah bilang, jangan skali2 di urut buat benerin posisi bayi. well... "nungging" is my only hopes!! Hasilnya si blom brasa heheee.. (wong br 2x nungging) alhasil skarang perutku bentuknya aneh bgt!! gede sebelah!! Hiks
Wish me luck moms...

a very happy mother

13

Topic: Mengatasi Kehamilan Sungsang

happyme-lia, ayo mari semangat nungging! btw perutku juga suka besar sebelah karena posisi bayinya aneh. biasanya pas bangun tidur masih bagus, tapi setelah mandi n beraktivitas pasti nonjol di salah satu bagian.

senang memilikimu lelaki kecilku

14

Topic: Mengatasi Kehamilan Sungsang

mau ikutan sharing..kehamilan anak kedua sungsang dari mulai 4 bulan tapi menurut dokter nya masih ada waktu untuk merubah posisi, harus banyak gerak jadi si baby didalam perut juga biar pindah-pindah. dan setuju with @thalia selama belum masuk jalan lahir dan ngunci, masih ada kesempatan.

aku jarang nungging :p tapi banyak berenang dan rajin ikutin senam hamil sejak hamil 6,5 bulan dan Alhamdulillah posisi baby berangsur normal dan tetap bis amelahirkan secara normal :)

- while we try to teach our children all about life, our children teach us what life is all about -

15

Topic: Mengatasi Kehamilan Sungsang

NanaUlie, senam hamilnya sejak 6,5 bulan? bentar lagi aku udah bisa mulai dong. kirain bolehnya setelah lewat 7 bulan. semoga bisa benerin posisi si baby di perut...

senang memilikimu lelaki kecilku

16

Topic: Mengatasi Kehamilan Sungsang

Harus rajin nungging ya? Tadi barusan nyoba, ga sampe 5 menit dah capek aja. Aku lagi hamil 30 minggu, kemaren minggu 28 periksa ke bidan kepalanya masih di atas tapi katanya masih bisa berubah..semoga minggu depan periksa dah di bawah deh kepalanya.
Dah ikutan yoga dari minggu 24 tapi blm pernah diajarin mengatasi posisi bayi sungsang. Harus bertanya nampaknya nih cara yang paling ampuh apa.

17

Topic: Mengatasi Kehamilan Sungsang

cara selain nungging, rajin rajin ngepel lantai cara manual deh (gak pake pel an gagang,cukup kainnya saja). setiap hari pagi dan sore. manjur bgt..

ibu adalah sekolah pertama bagi anak- anaknya

18

Topic: Mengatasi Kehamilan Sungsang

Ehmm... sbnrnya aku blm pernah melahirkan sih (skrg masih hamil 8bln), tp mo sharing aja :P
Bulan lalu pas cek & usg, dsog bilang klo posisi si baby masih pecilatan :P emang kerasa sih, kyk yg Thalia bilang : bladder sering ditendang2, hehe. Tp kata dokter ntar juga bakal ngebalik sendiri & utk anak pertama mmg takes time. Yaudah lah pasrah aja. Ibuku ngewanti2 buat rajin2 nungging (posisinya kyk yg BundaLana bilang, dada menempel di lantai), aku praktekin. Trus tiap latihan relaksasi hypnobirthing, si baby diajak ngobrol & diajak "bekerjasama" buat mau ngebalik ke bawah, sambil dielus-elus.
Nggak tahu beneran ngefek atau gimana, senin kemarin pas cek ke dsog & di-usg... alhmdl.katanya si baby udh ngebalik. Trus plasenta yg tadinya agak deket dg jalan lahir jd keangkat & pindah di blkg. Mgkin benar juga apa yang para urbanmamas blg di atas : musti rajin2 nungging & pasrah bin tenang, hehe. Skrg sih rajin2 nunggingnya masih jalan terus... sama rajin jalan kaki. Yah buat diusahakan aja supaya posisi si baby tetap bagus :)

19

Topic: Mengatasi Kehamilan Sungsang

ikutan sharing jg yaaa ..

skr juga masuk bulan ke-9 (du du du ... menghitung minggu dan hari :))
pas senin kemaren kontrol, posisi janinku kepalanya juga masih di atas. kata dokterku wajar utk kehamilan ke3, mungkin karena perut udah tambah melar hehehe, so janin masih byk tempat untuk muter2, di cek ketuban jg masih cukup banyak.
sarannya ya banyak2 nungging seperti Rainiw itu ...
ada teman yg sharing juga, dari w35 kepala masih di atas, dan alhamdulillah masih bisa muter dan normal.

rainiw, deg2an ya bu ?
mudah2an lancar2 semua yaaaa .... amin

bunda shafa-hafiz-reefa

20

Topic: Mengatasi Kehamilan Sungsang

Lilik- bentar lg due date ya? Semangad semoga lahirannya lancar, ibu dan babybnya sehat. Kabar2in ke TUM yak klo dah lahiran :)

21

Topic: Mengatasi Kehamilan Sungsang

Lilik- hehee... iya, degdegannya udah kerasa nih :P Senangnya udh masuk 9 bulan ya Lilik..insyaAllah bntar lagi ktemu baby-nya :) due-datenya tgl brapa ? Smg sehat terus, lahirannya lancar & muluss :D

22

Topic: Mengatasi Kehamilan Sungsang

BundanyaLana, Raini,

iyaaaa, udah 8 bln, menuju 9 bln nih ...
klo due-nya sih insyaAllah 10 April, cuma feelingku bakalan maju nih ... pengalaman kakak2nya dulu jg maju seminggu-an.

and believe me, biarpun ini kehamilan ke-3, kog malah berasa melebihi deg2annya pas hamil pertama ya ? :)

mudah2an yg sungsang/kepala masih di atas, bisa ke posisi normal utk melahirkan ya mamas .... sama2 mendoakan ya mamas.
insyaAllah ntar diinfo di thread-nya klo udah lahiran.

salam
-Lilik-

bunda shafa-hafiz-reefa

23

Topic: Mengatasi Kehamilan Sungsang

goodluck untuk lilik & rainiw! saya akan menyusul.. due date 11 mei. minggu kemarin periksa yang tadinya oblig atau diagonal jadi bener2 sungsang. kepala tepat di atas. dokter udah nyuruh nyiapin diri buat cesar, bidannya juga langsung nerangin rincian biaya cesar :(

tapi mereka tetep nyuruh nerusin posisi nungging dilakuin lebih lama dan pas bangun selalu miring dulu ke arah yang sama (kalau kanan kanan terus, kalau kiri kiri terus). dokternya bilang jangan dipijet karena rahim masih kenceng (anak pertama), risikonya tinggi. bidannya juga tidak menyarankan buat senam hamil, takut mubasir kalo akhirnya emang cesar :(

jadi semakin pesimistis nih.. berencana mancari 2nd opinion tapi masih belum sempat karena kerjaan di kantor tambah banyak. lengkap sudah stressnya :D

senang memilikimu lelaki kecilku

24

Topic: Mengatasi Kehamilan Sungsang

rooslain - bulan mei? tenang aja... waktunya masih banyak kok (2 bulan!!!!). sebagian besar kehamilan pertama, bayinya baru balik badan di bulan ke 7-8, malah ada juga yang di bulan 9. jadi, jangan dibawa stress... kasian si bayi.

? comic and crochet addict ?
theurbanmama.com | @turniptopia

25

Topic: Mengatasi Kehamilan Sungsang

ikut nimbrung .. udah lama nih ga posting, di kantor hectic banget nget .. waktu kehamilan pertama aku cuma masih posisi sunsang sampe bulan ke 7, baru pas nginjak 8 bulan posisinya agak bener, tapi masih agak diagonal sih, untungnya seminggu sebelum due date posisi udah ok, dan 3 hari sebelum due date lahir deh :)
waktu itu sih aku cuma ikut senam hamil sekali, trus paling banyakin jalan kaki aja - ngider di mal biar semangat hehehe
kehamilan kedua ini juga (nginjek 5,5 bulan), kemaren posisi bayi masih sungsang, akibatnya sering2 ngilu bladder ditendang2 baby to be hehehehe
mudah2an nanti ngebalik sendiri kaya kakanya dulu ah

My little xerox's is waiting home for me