1

Topic: Mengatasi Kehamilan Sungsang

Aku juga masih melintang neh baby ku. Udah 32w, dan belum muter2 dari dulu sampe skrg. :(
Kemarin tanya ke dokter kalo nungging bisa bikin posisi baby kepala dibawah gak, terus dokter ku bilang itu hanya kepercayaan.... jadi bingung... :(

2

Topic: Mengatasi Kehamilan Sungsang

Oia?? dokter gw malah bilang sering nungging, klo sujud pas sholat dilamain, sekalian diperbanyak doanya haha... Kalaupun kepercayaan yg namanya sugesti ngaruh juga kok. Pokoe harus yakin.

Engkau takkan pernah bisa menggantikan semua jerih payahnya bahkan satu rintihan diantara rintihan-rintihannya pada saat melahirkan. Di dunia ini tidak ada yg bisa bekerja keras yang melebihi dari yang dilakukan oleh seorang ibu (HR. Muslim)

3

Topic: Mengatasi Kehamilan Sungsang

Kenny, seminggu sebelum due-date masih bisa muter ya? semoga gw juga deh. sekarang udh mo masuk bulan ke-8 nih. makin deg2an. tapi masih semangat jalan kaki, senam hamil (baru sekali), yoga, dan berenang.

Joan, dokterku bilang nungging punya kemungkinan buat mengubah posisi janin sekitar 80%-90%. dan baru aja tadi siang pas periksa tadi dia juga ngasih cara baru: pake musik! katanya bayi kan mendekati asal suara musik yang ditaruh di perut. dia menyarankan supaya memasang tape kecil atau headphone di bagian bawah perut supaya bayinya mendatangi asal suara alias kepalanya ke bawah. tadi udah mulai nyoba dan emang langsung gerak2 gitu tapi kayanya belom sukses. nanti pasti di-up-date lagi kalo ada perubahan.

Pamz, selain nungging, senam hamil, dan banyak gerak, banyak orang juga menyarankan banyakin doa. kepercayaan dan sugesti memang ampuh kok.

senang memilikimu lelaki kecilku

4

Topic: Mengatasi Kehamilan Sungsang

ikutan ya..
waktu hamil anak pertama, bagai disamber petir dgr posisi bay sungsang di usia 27 weeks..paniknya bukan main*dah ngebayangin yg ngga2*..mulai deh terapi
1.ngepel jongkok
2. Duduk sila selama 10menit, sehari 3X
3. Dengerin music ke si baby dgn posisi earphone ada di bawah pusar *rasakan sensasi ajojing dr si baby*

Trs 2 minggu kemudian kontrol alhamdulillah posisi kepala baby dah normal.

Nah anak ke2 ini juga masih sungsang di usia 27 weeks...alhamdulillah dah ga panik lg krn yakin sajah pasti si baby pintar bs ngambil posisi normal :)

nidya,ninit,mimilabib,nietz----->itsMe www.nidyalharasati.wordpress.com

5

Topic: Mengatasi Kehamilan Sungsang

ikutan sharing ya...
waktu hamil Rasyid, usia kandungan 35 minggu malah dia muter ke atas..
padahal sebelum2nya udah bagus posisi di bawah dan dari usia kandungan 32 minggu udah ikutan senam hamil..
sama dokter disuruh nungging, berhubung pas bulan puasa, jadi pas shalat teraweh sujudnya dilamain.. malah kadang2 lagi nungging pun sampe ketiduran segala..:p
pas udah 37 minggu cek ke dokter lagi, posisi masih sungsang juga! :(
dokternya udah suru siap2 buat operasi, aku masih keukeuh mau normal..
tapi katanya resikonya besar dan DepKes melarang untuk melahirkan normal bagi bayi yang posisinya sungsang terutama untuk anak pertama.
tapi dokternya masi kasi waktu seminggu lagi, siapa tau muter..
eh.. gak sampe seminggu, 3 hari kemudian pecah ketuban subuh2..
pas sampe RS di USG, posisi masih sungsang juga.. alhasil langsung dijadwalkan untuk operasi jam 8 pagi.. aku masih nyoba nanya, apa udah gak mungkin untuk melahirkan normal, ternyata tetep gak bisa..
ya sudah, pasrah aja.. selama bayinya bisa lahir dengan selamat dan sehat aja deh dan jam 9.30 Rasyid lahir dengan selamat.. :)

..saksikan aku, seorang ibu..

6

Topic: Mengatasi Kehamilan Sungsang

Ibu-ibu, mumpang tanya..

Sebenernya posisi nunggingnya tu, gmn ya?
Nungging kaya pas sujud sholat (dada deket sama paha)? Atau dadanya nempel ke lantai (posisi kaki jadi ngangkang) Atau nungging kaya posisi ngepel manual (pantat rata ama punggung)?

EDDku masih lama dan masih besar kemungkinan bayinya muter.
Tapi berhubung keliatan sungsang pas USG kemaren, jadi pengen nungging sejak dini, ehehehe..

7

Topic: Mengatasi Kehamilan Sungsang

Ninoy ~ setauku shi nunggingnya sujud kaya sholat, trus dadanya nempel ke lantai. ditahan 2-3 menit. trus ulangi. kalo nggak salah posisi itu juga diajarin di kelas senam hamil...

heyho.. mama mer is in the house yoo..
*peace*

8

Topic: Mengatasi Kehamilan Sungsang

Ninoy,kalo di kelas senam hamil gue..diajarinnya dada+pipi nempel di lantai.Jd kakinya ngebuka gitu.. Tp menurut org tua dulu nungging2 kaya posisi ngepel juga katanya ngebantu.

website : http://thebabybirds.net
twitter/IG : @almaviva

9

Topic: Mengatasi Kehamilan Sungsang

http://images.meskipuntapi.multiply.com/image/yHszvVGaHkjfNJypHwl9MQ/photos/1M/1200x1200/1919/posisi-nungging.JPG?et=QJNMm0ebWaECp%2ClJcmUBWA&nmid=0
posisi ini yang diajarin bidan dan dokterku. katanya harus dilakukan 3x sehari, durasinya bisa 10-20 menit. btw kalo ngepel dengan tangan itu kayanya lebih efektif untuk membuat si baby masuk jalur lahir atau lock position. kalo masih sungsang paling efektif memang posisi ini. soalnya kalo cuma sebentar terus posisi badan ibu berubah, si baby belom punya kesempatan buat berputar. (cmiiw)

senang memilikimu lelaki kecilku

10

Topic: Mengatasi Kehamilan Sungsang

rooslain waktu itu sih gt ya, sampe ampir2 due date masih bisa muter. Nah klo sekarang, kemaren di usg keliatan bahwa plasentanya ngalangin, jd janin agak susah mau muter.
hmmm, worst case klo sampe sungsang terus gimana ya? pasti mesti caesarkah?

My little xerox's is waiting home for me

11

Topic: Mengatasi Kehamilan Sungsang

Kenny gw udh 8 bulan dan masih sungsang. pas usg terakhir (sekitar 10 hari yg lalu) baru keliatan kalo ternyata kepala si baby agak besar. katanya mungkin itu yg bikin dia susah muter. dan karena ukuran kepala itu juga makanya dokter bilang akan susah kalo mo nyoba ngelahirin normal.
worst case pasti caesar. suamiku juga udah wanti2 kalau tetep sungsang mending nggak usah nyoba normal, langsung operasi aja. dia takut nanti malah kenapa2. sebenernya sih gue lebih takut caesar daripada melahikan normal...
tapi aku masih usaha terus kok. udah mulai rutin seminggu sekali senam hamil. nunggingnya masih jalan terus. plus, dipasangin musik itu.

senang memilikimu lelaki kecilku

12

Topic: Mengatasi Kehamilan Sungsang

Rooslain, seneng deh ama keoptimisannya. Bener bgt,masih ada waktu ko. Samaaa..gue jg lebih takut caesar drpd normal. Tp biar gimana juga kita harus siap ama segala sesuatu yg ga sesuai dgn keinginan kita. Suami selalu ingetin itu terus ke gue.Dari mulai keinginan lahiran normal sampe nanti ASIX. Keep trying yaa..Kita bantu doa dr jauh biar si baby muter! ;)

website : http://thebabybirds.net
twitter/IG : @almaviva

13

Topic: Mengatasi Kehamilan Sungsang

hmmm gitu ya - klo ibu2 jaman dulu yg sungsang apa kabarnya ya?

My little xerox's is waiting home for me

14

Topic: Mengatasi Kehamilan Sungsang

rooslain, nyanya,
sama! gue juga takut caesar! mana terancam lahiran sendirian pulak :(
mudah2an si bayi ini mau muter dan berposisi ciamik deh *amin amin amin*

kenni
katanya, ibu2 jaman dulu pake metode urut.
ada yang pernah coba gak?

15

Topic: Mengatasi Kehamilan Sungsang

thanks Ninoy semoga kita semua berhasil memutar si baby ya..
Kenny, seperti kata Ninoy, dulu banyak yg diurut untuk balikin posisi bayi. temen gue merekomendasikan tukang urut yang biasa ngurut ibu hamil & bayi untuk bantu muter, tapi gue takut nyoba. gak dibolehin juga sih sama dokternya.
dulu dokter & bidan juga masih mau membantu persalinan yg sungsang. sekarang masih ada sih yang mau, tapi jarang. apalagi kalo di kota gede kaya jakarta ya. mungkin itu karena DepKes melarang untuk melahirkan normal bagi bayi yang posisinya sungsang terutama untuk anak pertama. gue baru tahu ini dari Muna yg udah nerangin di atas.

senang memilikimu lelaki kecilku

16

Topic: Mengatasi Kehamilan Sungsang

Kenny - kayaknya jaman dulu kalo sungsang ya tetep vaginal delivery deh. bokap gue lahir sungsang (kaki duluan). sepupu gue juga. tapi sepupu gue kakinya ps lahir biruuuuuu banget, kayaknya kejepit. ampir dikira bakal lumpuh/mesti diamputasi (untungnya ga papa). serem. ada yang bisa, ada yang engga kali ya? mungkin makanya disaranin untuk ceasar kalo sungsang, lebih aman...

tapi katanya sih bidan2 jaman dulu jago2 bisa puter2in bayi... hehehe.

? comic and crochet addict ?
theurbanmama.com | @turniptopia

17

Topic: Mengatasi Kehamilan Sungsang

Rooslain, semangat terus latihan anti sungsangnya ya dan semoga bisa lahiran Normal.

Kenny, dulu kata nyokap anak pertama (kakak) juga lahirnya sungsang, yang keluar kaki duluan, lama banget prosesnya, tapi bisa normal. Bener kata Thalia, bidan / dukun beranak jaman dulu cenggih-cenggih emang dan gak ada istilah caesar.

18

Topic: Mengatasi Kehamilan Sungsang

Nah itu dia, kan jaman dulu ga ada caesar2an tuh - trus kt mertua gw, tak mengenal kata gunting, jadi bener2 ditungguin sampe jalan lahir ngebuka sempurna biar ga ada robekan. tapi kebayang aja kali ya lamanya hehehe apalagi anak pertama gw kan 3.78 kg, apa kabarnya tuh klo mo ditungguin hihihi
gw juga ada yg nyaranin diurut tapi ngeri ah ..

My little xerox's is waiting home for me

19

Topic: Mengatasi Kehamilan Sungsang

hai moms, cuma mo ngabarin ternyata babyku gak mau muter2 juga nih. jadilah dokter nyuruh kami pilih tgl operasi. pilihan jatuh tgl 3 mei alias senin minggu depan.

meskipun perjuangan 4 bulan mengubah posisi bayi nggak sukses, gue mencoba untuk gak kecewa dan menganggapnya sia2. paling gak dengan banyak gerak: nungging, berenang, senam hamil, yoga, dan jalan kaki, sepanjang kehamilan ini gue jadi gak pernah sakit. sampe bulannya gue masih bisa ngantor. sengaja cutinya ngambil tgl 1 mei biar lebih banyak waktu abis lahiran.

awalnya gue masih nggak terima kalo harus cesar, kayanya kalah sebelum perang gitu deh. tapi sekarang udah pasrah aja :) asal bisa lahir selamat dan sehat aja.

wish us luck moms...

senang memilikimu lelaki kecilku

20

Topic: Mengatasi Kehamilan Sungsang

rooslain - yah, akhirnya masih tetep sungsang ya? :( gapapa kok cesar... imho, ga ada yang namanya kalah perang. cuma jadi lebih mahal aja ongkosnya, hehehe... tp daripada ngebahayain si bayi (atau si ibu mesti on labour for many many hours gara2 anaknya nyangkut), gapapa kan ya?

smoga sukses lahirannya yaa~~

? comic and crochet addict ?
theurbanmama.com | @turniptopia

21

Topic: Mengatasi Kehamilan Sungsang

Rooslain, gpp say..mo caesar atau normal tetep keren ko soalnya kita kan udah berjuang selama 9bulan tuh. Udah paling keren lah ngelewatin 9bulan. Semangat ya..dan jgn lupa tetep selalu rileks :)

website : http://thebabybirds.net
twitter/IG : @almaviva

22

Topic: Mengatasi Kehamilan Sungsang

rooslain bener kata thalia ngga ada yg namanya kalah berperang :)
semangat ya rooslain :)

nidya,ninit,mimilabib,nietz----->itsMe www.nidyalharasati.wordpress.com

23

Topic: Mengatasi Kehamilan Sungsang

thanks thalia, nyanya, nidya buat dukungannya. ternyata pasrah membawa berkah. operasinya lancar. the baby boy Gandar udah lahir. mamanya cuma perlu 3 hari di RS, dan sekarang keduanya sehat.

setelah lahir baru ketahuan, pantes aja dia susah buat muter. panjangnya 51 dan berat lahirnya 3,7 kg. sampe kaget pas dikasitau.

senang memilikimu lelaki kecilku

24

Topic: Mengatasi Kehamilan Sungsang

Rooslain - Congraaats! Avatarnya udah ganti aja ibu yg satu ini. Aaah,gue hepi bacanya. 3hari cepet juga ya? Whooa tinggi bgt babynya..pantes sungsang ya,Roos. Duh yg penting mah pd sehat ya.Ditunggu foto versi besarnya Deru yaaa :)

website : http://thebabybirds.net
twitter/IG : @almaviva

25

Topic: Mengatasi Kehamilan Sungsang

Tanya lagi ya..?

Selama ini gue taunya yang bisa muterin posisi bayi dalem kandungan tuh cuma dukun beranak. Intinya, gue kira ini adalah tindakan non medis.
Tapi gue baca buku (lupa judulnya) ini bisa dikerjain ama dokter.
Bayinya diputer dari luar sambil dipatau pake USG supaya gak salah muterin (amit2!)

Gue gak tau posisi bayi gue sekarang ngadep mana :p jadwal USGnya masih minggu depan.
Tapi kalo (amit2 lagi!!) dia masih melintang..
Ada yang pernah jalanin prosedur ini gak?
Kalo ada, sama dokter mana?

Oia, 1 lagi, pada bisa nebak gak, posisi bayi kalian gmn? Selain pake USG tentunya..
Gue tau, yang gerak2 gak beraturan itu tangan/kaki. Tapi mana yang tangan, mana yang kaki?? Mana yang kepala, mana yang pantat??

Makasiiiii.. :)