1

Topic: Mengatasi Kehamilan Sungsang

Lael, coba usaha dulu aja nungging-nungging. semoga kontrol berikutnya ga sungsang lagi. kalo BB bayi ga terlalu gede masih bisa mutar-mutar. ini logikaku aja sih mom, hehehee...

waktu hamil Katya dulu sungsang di 32w. kaget banget, karena di usia 28w dia udah di bawah. mau ga mau mulai knee-to-chest position di rumah. merangkak keliling rumah. alhamdulillah kontrol 36w posisi udah di bawah, dan kata dokter semakin besar bayi semakin kecil kemungkinannya untuk mutar-mutar.

semoga sehat..

Mother of Katya and Karim

2

Topic: Mengatasi Kehamilan Sungsang

Dear moms, mau update ni.. Tadi siang kontrol ke dokter dan masih sungsang. Usaha yg dilakuin sih emang cuma nungging 15 menit tiap pagi dan malem sambil dikasi obat utk merilekskan kandungan.
Akirnya kita coba cari 2nd opinion dr seorang spog yg cukup teliti dan berikut beberapa fakta yg diperoleh dr beliau mengenai kehamilan sungsang:
1. Kemungkinan posisi sungsang hanya 4 dr 100 kehamilan
2. Utk kehamilan pertama jika sampai dengan minggu ke 33 posisinya masih sungsang bisa dipastikan harus caesar krn kemungkinan utk ubah posisi sdh kecil sekali
3. Utk kehamilan ke 2 dst posisi bayi masih mungkin berubah bahkan sampai dengan proses persalinan dimulai (bukaan dst). Penyebabnya antara lain rahim yg sudah lebih longgar shg posisi bayi tdk terkunci. Utk usaha yg dpt dilakukan oleh ibu spy bayinya bs mutar adl melakukan aktivitas spt biasa; catatan beliau tdk bilang hrs nungging lho..
4. Utk kehamilan ke 2 dst masih dimungkinkan dengan proses normal jk posisi kepala bayi tdk tengadah dan bayi tdk terlalu besar dan kelahiran terjadi di minggu 38-39. Kalau sdh sampai minggu 40 dikuatirkan bayinya sdh terlalu besar dan misal diinduksi pun mjd tidak efektif. Jadi kalo udah sampai minggu 40 disarankan langsung caesar saja.
5. Perbedaan proses kelahiran normal biasa dan normal sungsang: bagi dokter akan lebih sulit krn banyak 'manuver' yg harus dilakukan terutama utk mengeluarkan kepala yg merupakan bag paling besar dan plg keras. Utk ibu: hrs benar2 dlm kondisi rileks dan tidak panik dan harus mengikuti instruksi dokter kapan hrs mengejan kapan hrs tahan.
Dari hasil konsultasi itu saya cukup lega dan yg akan saya lakukan adl tetep nungging, perbanyak jalan (ga boleh males2an dengan alesan perut udah berat) dan aktivitas spt biasa, jaga asupan makanan spy bayi ga terlalu besar dan banyak berdoa spy baby mau muter...
Hope it helps...

3

Topic: Mengatasi Kehamilan Sungsang

Kemaren juga posisi anakku sungsang- lintang - sungsang - lintang.. jarang banget posisi kepala di bawah.. kayanya emang suka muter2 deh bobonya.. sampe usia 32 minggu masih lintang ajah.. dr 30 minggu udah coba posisi sujud tp ga ngefek,ternyata posisi sujudnya salah.. aku pikir kaya sujud sholat gitu yak ternyata ada tekniknya juga,jangan lupa sambil sujud sambil goyang2 biar mempermudah anaknya muter lagi.. tp berhubung sampe 32 masih lintang juga sama papi ( dsog ) dilakuin yg namanya "versi luar" jd diputer gitu bayinya dr luar, terus ditahan pake gurita deh smp 37 mgg.. alhamdulillah lahir normal ( yeaayy ).. oiya untuk versi luar udah jarang dokter2 yg mau ngelakuin lagi, dan harus di dsog loh mam.. soalnya biasanya mereka harus liat dulu tali puset dan letak plasentanya via usg, biar ngerotasinya ngga salah arah,jg ga boleh kegedean umur hamilnya nanti bayinya udh susah diputer lagi.. tapi InsyaAllah aman ko,soalnya dokter2 dulu pada ngelakuin karena lbh cenderung mau dilahirin normal danC resikonya lbh besar.. klo sekarang kan SC udah pada ahli dan peralatannya juga lbh bagus :)

4

Topic: Mengatasi Kehamilan Sungsang

Ikutan ya Mamas..

Aku hamil anak pertama usia 34w. Minggu kemarin kontrol, kepalanya masih di atas. Huhuhu.
Terus Baby juga nungging gitu posisinya. Wajahnya menghadap ke tulang punggungku. Sampe mau diintip mukanya aja gak bisa. Hehehe.

Kata dokter, kalo sampe minggu depan nanti kepalanya belum turun juga, mau diputer manual dari luar.
Liat videonya di youtube, kok rasa hati agak2 serem gimana gitu ya. Hiks.

Akhirnya sih sekarang digiatkan untuk nungging sering-sering (knee chest position), trs jg merangkak (ini soalnya ogah disuruh ngepel. merangkaknya doang sih mau. Mwahahaha. :P).

Doakan ya Mamas, biar nanti pas kontrol kepalanya udah di bawah. *fingers crossed* :)

Wife of a loving husband, mother of wonderful children.

5

Topic: Mengatasi Kehamilan Sungsang

Mamas tetap semngat ya tuk lahiran normal, soalnya waktu kehamilan pertama, aq posisi bayi melintang sampai 34 minggu, aq ikut senam hamil dan bersujud aga lama, dan waktu itu si aq sering ajak bicara dd bayinya supaya bantu bunda lahiran normal, waktu 9 bulan jg tdk ada kontraksi sm sekali sampai di ancam sm dokter kalo sampai tgl yg ditentukan aq blm ada kontraksi jg mau di induksi, aq ajak bicara lg dd bayinya "d bsok lahir ya, nanti bunda di induksi, kan rasanya sakit tu d, bantu bunda yu........" eehh ALhamdulillah pagi di ajak bicara dan mlm nya dia kontraksi sampai pagi esok hari langsung deh ke RS sdh pembukaan 6.....jd sering2 deh ajak dd nya ngobrol.....SEMNGAT YA...

6

Topic: Mengatasi Kehamilan Sungsang

Tetep smangat yaa mamas nungging2nya.. saya ni contoh buruk bgt dlm ngatasin kehamilan sungsang, baru ngeh skr setelah baca2 postingan mamas smua.. Dulu tuh wkt hamil bawaanny males bgt. udah d vonis sungsang dari usia kehamilan 6 bulan,, tapi dokter bilang kemungkinan bwt balik ke posisi normal maslh gede, jadi ya masih santai aja, smp usia 8 bulan eh ternyata masih sungsang, mulai panik deh, akhirnya ikutan senam hamil dan nungging2 tapi tetep saya rasa dl usaha ny blm maksimal masi kalah sm malesnya. dan ujung2ny bisa ditebak akhirnya SC lah. coba dr dulu ikutan forum ini ya.. jadi ya bwt mamas semangat yaa.. jangan kalah sm malesnya.. lahiran SC tu udahannya sakiit bgt, gak mau mau lagi. mudah2an anak kedua bisa lahir normal.

7

Topic: Mengatasi Kehamilan Sungsang

hi moms...
mau share tentang kehamilan sungsang.
dulu si kelinci juga sungsang. palanya tepat d bawah ribs kiri ato kanan (pindah2 di sekitaran situ doank)
sudah nungging sampe siku lecet2 n punggung sakit. minum air berliter2 per harinya biar nambahin ketuban n menambah ruang gerak dia. di kasi lagu. senam hamil.

semua ga ad yg manjur.
akhirnya saya d c section.
dan ternyataaaaaa.... baru ketahuan kalo tali pusernya pendek, makanya dia ga bs muter. ga heran tiap kali dia udah melintang, eh balik lg ke posisi awal. rupanya nyangkut d tali pusernya yg kependekan itu.

untungnya saya ga menuruti saran nyokap yg mati2an suruh saya pijat benerin posisi bayinya. karena kalo d paksa muter bakalan putus tuh tali puser. dan saya sendiri juga emang enggak percaya dengan kemanjuran pijat itu karena kan tukang pijat sekarang ga se ahli jaman dulu.

8

Topic: Mengatasi Kehamilan Sungsang

ikutan jugaaa..

Kebetulan posisi bayi saya juga dinyatakan sungsang sama obgyn pas kontrol minggu kemarin. Padahal 3 minggu yang lalu posisi kepalanya udah sempet di bawah. Sekarang kerasa banget deh si bayi ini kadang suka melintang, soalnya suka ngejendul gede di kanan dan kiri perut saya, hehe..

Obgyn memang bilang harus sering-sering posisi sujud. Saya sendiri tiap malem ngajak dia ngobrol supaya dia mau ke bawah, tapi masih belum kerasa dia kebawah juga, mungkin memang butuh waktu sih ya. :D

Hmmm.. Patut dicoba smua nih saran2nya. Terima kasiiiih ;)

overthinking wife&mom. nick-a-maniac. donald duck lover. lazy blogger. ordinary day-dreamer. social-networking-sites freak.

There is no right or wrong, just the consquences of your actions.

9

Topic: Mengatasi Kehamilan Sungsang

Dear mamas, akhirnya saya melahirkan juga melalui proses operasi caesar. Kondisi terakhir kemarin memang masih sungsang tapi pertimbangan dokter kenapa dilahirkan dengan proses caesar adalah sudah lewat waktu perkiraan lahirnya dan masih belum ada kontraksi. Ternyata babynya gede juga sehingga lebih beresiko jika dilahirkan normal. Bagaimanapun kita hanya bisa berusaha, dan Tuhan juga yg menentukan.. Tetap semangat mamas...

10

Topic: Mengatasi Kehamilan Sungsang

Ibu,,Ibu,,, saya lagi hamil anak ke - 2 nih usia kandungan 26w posisi masih melintang di kanan.. kata dsog rahimnya saya ke depan..errr..bingung juga sih..
nah, mau tanya nih, ibu2 yang dulu bayinya melintang posisi tidur enaknya gimana? kok saya lebih nyaman terlentang ya, soalnya kalo hadap kiri, suka ada yang jedug-jedug..hadap kanan juga sama+sesek.. paling nyaman ya terlentang..

itu faktor si bayi melintang apa karena kita terlentang, bayinya melintang?hehe

tfs ya mam

http://www.lianakirana.blogspot.com/
twitter : @_LianaKirana_
grateful to be born as a woman. chances to experience beautiful experience are gifted. one of them is breastfeeding.

11

Topic: Mengatasi Kehamilan Sungsang

bundaliffa...
kemaren aku jg habis kontrol. posisi juga masih melintang. kata dsog, nanti alamiah muter sendiri. apalagi masih dibawah 32w.

healthy, happy, beauty inside out... :)
my instagram
my blog

12

Topic: Mengatasi Kehamilan Sungsang

mrs doyi iya ya mudah-mudahan aja mau muter nih.. waktu anak pertama soalnya posisinya udah oke dari usia 6 bulan, sekarang malah melintang.. emang beda-beda nih hii

http://www.lianakirana.blogspot.com/
twitter : @_LianaKirana_
grateful to be born as a woman. chances to experience beautiful experience are gifted. one of them is breastfeeding.

13

Topic: Mengatasi Kehamilan Sungsang

dear moms..saya baru 22w..agak parno jg sih kl bayiku sungsang,melintang dkk..ciri2 bayi sungsang gmn sih?cm ketahuan lewat usg aja ya?

14

Topic: Mengatasi Kehamilan Sungsang

ririenindriawaty, kalo ciri2nya, sptnya memang harus USG ya, soalnya temen pernah ke bidan trus perutnya dipegang2 sama bidan, dan bidan tsb bilang kmungkinan posisi bayinya sungsang dan utk lebih yakin harus ke RS utk usg.

Spt kebanyakan mama di atas bilang bahwa untuk benerin posisi bisa dengan nungging2. Kbetulan liat gambar ini pas lg browsing tadi, namanya senam sujud yg bisa dilakukan selama lbh krg 15 mnt sehari.

http://3.bp.blogspot.com/-FlRlTWTtRUk/UdIkAEnr9kI/AAAAAAAAAt8/hq7g-gb_uRU/s305/index.jpg

twitter and IG: @zataligouw
Blog : http://www.zataligouw.com/

15

Topic: Mengatasi Kehamilan Sungsang

Pengalaman hamil anak 1 Dan ke 2 pada minggu ke 34 msh sungsang, obatnya pasrah Dan ikhtiarnya senam sujud
Dan akhirnya bias diposisi normal

Yang lucu anak ke2, ke 34 udah OK, selang sehari stlh USG, diriku sempet flek pas dicek baby melintang gitu.
Krna sempet par no besoknya USG lagi e malah posisi sung sang, ya sudah pasrah.
Kata dokter, sepertinya rahim IBU besar, janin muter2
Seminggu kmdn periksa udah on posisi
Gitu dech

16

Topic: Mengatasi Kehamilan Sungsang

jadi kalo rahimnya besar, baby-nya seneng 'main2' ya elzahra hehehe..

twitter and IG: @zataligouw
Blog : http://www.zataligouw.com/

17

Topic: Mengatasi Kehamilan Sungsang

hehe, baby nya kesenengan bisa main2, tapi ibunya deg2an yaaa :D

18

Topic: Mengatasi Kehamilan Sungsang

Hhhh Maya 2 war ya

Oh ya 1 lgi klu sung sang slain sujud dibantu minum yg banyak juga

19

Topic: Mengatasi Kehamilan Sungsang

ZataLigouw wrote:
ririenindriawaty, kalo ciri2nya, sptnya memang harus USG ya, soalnya temen pernah ke bidan trus perutnya dipegang2 sama bidan, dan bidan tsb bilang kmungkinan posisi bayinya sungsang dan utk lebih yakin harus ke RS utk usg.

Spt kebanyakan mama di atas bilang bahwa untuk benerin posisi bisa dengan nungging2. Kbetulan liat gambar ini pas lg browsing tadi, namanya senam sujud yg bisa dilakukan selama lbh krg 15 mnt sehari.

http://3.bp.blogspot.com/-FlRlTWTtRUk/UdIkAEnr9kI/AAAAAAAAAt8/hq7g-gb_uRU/s305/index.jpg


makasih mommy..kemarin usg 27w sungsang trs rahimku bentuknya kyk love gitu..semoga bisa muter lg ya babynya...

20

Topic: Mengatasi Kehamilan Sungsang

Ini masuk 32w juga masih sungsang, latian nungging tiap hari sama diajak ngobrol ummah abahnya, semoga kalau sudah tiba waktunya lahir, kakak bayi ga sungsang lagii, aamiin :)

Semangat mamas
Saling mdoakan yah ~

21

Topic: Mengatasi Kehamilan Sungsang

Sekarang aku uda masuk week 35, kemarin USG masih sungsang. Anak ke-2 sih tp tetep aja deg2an. Udah nungging, uda didengerin musik, uda diomongin juga dedenya tp blom muter juga tuh.. Kata dokter kalo emg tali pusatnya pendek memang ga bakal bisa muter sih, nah masalahnya tali pusat pendek apa nggak taunya dari mana ya? Bisa dari USG gitu??

22

Topic: Mengatasi Kehamilan Sungsang

kehamilan kedua, minggu ke 32 dan kata bu dokter sungsang.
disaranin banyakin sujud dan minum air putih, karena kalo ketubannya kurang makin susah utk muter posisi

23

Topic: Mengatasi Kehamilan Sungsang

Iya anak kk aq jg sungsang waktu 34w karena rajin sujud n ngepel lantai sambil nungging alhamdulillah g sungsang tp uda 40w g lahir jg akhirnya d rangsang soalnya ga boleh lebih dr 40w klo d rangsang g keluar harus sc tp alhamdulilah anaknya lahir secara normal....

24

Topic: Mengatasi Kehamilan Sungsang

Waktu UK 31w aku juga masih sungsang, alhamdulillah pas cek lagi di UK 33w kepala bayi posisinya udah dibawah. Kalau di tempatku tinggal, baby akan dicek sungsang/tidak hingga UK 36w, bila masih sungsang juga akan dirujuk ke rumah sakit untuk dilakukan tindakan External Cephalic Version di UK 37w. Saat dilakukan ECV, physician akan memonitor posisi bayi dan plasenta dengan USG. Kalau tetap tidak berhasil untuk mengubah posisi bayi jadi head down, baru deh opsi SC ditawarkan.

25

Topic: Mengatasi Kehamilan Sungsang

Hai moms

aku uda 37w n msh sungsang,, uda jalan2, nunggang/i, senam hamil tp teteup aja si debay betah nongkrong diatas hehe
Periksa terakhir hr senin, diputusin buat sc aja minggu dpn,, sblm kontraksi beneran krn bbrp hr trakhir uda sering2 ngerasain braxton hicks dan berat baby kmrn kira2 uda 3,5-3,6kg,, kata dokter jg smua organ2 debay uda terbentuk sempurna n uda siap dilahirin,,
lagi menghitung hari nih,, smg si baby lahir dengan sehat n selamat
Dan krn aku postur tubuh kecil jd debay mgkin uda pewe di tempatnya, ruang buat muter uda ga ada hehe jadi pasrah aja deh,,