1

Topic: Birth Certificate / Akte Kelahiran

halo semua, boleh bagi cerita tentang caranya ngurus akte kelahiran di tempat masing2, gak ?? mungkin bisa berguna buat yang bakal melahirkan di waktu dekat. tolong kasih info juga kalo melahirkan di indonesia, apa lagi kalo yang di luar kota besar ...

mulai duluan deh... anak kami, naia, kebetulan lahir di RS Mt. Alvernia, SG. waktu sebelum lahir sempet bingung cari2 informasi tentang ngurus dokumen buat si bayi.

ada beberapa dokumen yang mesti diurus buat si bayi.
1. akte kelahiran setempat, ... dalam hal ini singapura.
2. akte kelahiran Indonesia ... ini yang gak pernah gue predicted
3. paspor indonesia
4. dokumen PR

Satu-satu yah ... !!

1. akte kelahiran singapura ...
urusan resminya bisa liat di website ICA (imigrasi singapura)  http://www.ica.gov.sg/page.aspx?pageid= … ;secid=159

intinya, si bayi mesti secepatnya didaftarin, biar gak ilegal (max. 42 hari, termasuk hari libur). dokumen yang dibutuhin, ada semua di website ICA di atas. caranya bisa langsung ke ICA ... tapi berhubung males jalan jauh, gue nyari cara laen... he he he..

ternyata di RS-nya sendiri, kita juga bisa daftarin si bayi.. jadi gak usah cape2 ke ICA, tapi mesti bayar dikit (iya lah, dah simpel masak pengen yang gratisan....) .. kalo gak salah sekitar SGD40, tapi akte langsung jadi .... yang penting semua dokumen syarat2nya lengkap (refer to ICA website di atas). jadi kesimpulannya, waktu nanya2 tentang  tempat melahirkan, jangan lupa tanya fasilitas bikin akte juga, kalo gak mau repot ke ICA. .. di website ICA di atas, ada daftar RS yang bisa ngurusin akte kelahiran ....

2. akte kelahiran indonesia ...
3. paspor indonesia ...

kirain dulu, abis bikin akte kelahiran singapura, langsung bisa bikin paspor... ternyata di KBRI singapura, peraturannya si bayi harus punya akte kelahiran indonesia ... bingung kan?

akte kelahiran singapura keluaran ICA gak laku buat bikin paspor indonesia ... he he he.... kita mesti bikin akte kelahiran indonesia, yang syaratnya ada di website ini
http://www.kbrisingapura.com/about_cons … p?lang=eng

salut buat kbri singapura, yang sebetulnya punya informasi cukup lengkap, tapi guenya males ngecek .... di websita itu, ada juga keterangan biayanya lho ... (sgd16)

yang mesti diperhatikan, "jangan pergi ngurus akte kelahiran di KBRI singapura sendirian". kalo dibaca lebih teliti, ada ketentuan mesti bawa saksi 2 orang. dan berdasarkan pengalaman, saksi ini bisa siapa aja....

kebetulah waktu itu gue pergi sendiri, jadi lumayan bingung nyari orang yang mau jadi saksi n tanda tangan di akte ... kan agak susah minta tolong stranger buat tanda tangan di dokumen ... untungnya gue ketemu temen yang lagi sama temennya ... jadi syarat saksinya bisa lengkap .. kayak orang mau nikah aja, perlu saksi ....

pas udah punya akte, baru kita bisa masukin aplikasi bikin paspor ....
syarat2 nya ada di website juga.... biaya SGD35
http://www.kbrisingapura.com/immigratio … p?lang=eng

tolong baca ketentuan dengan teliti ... di situ diminta menyerahkan Surat Tanda Lahir dari Fungsi Konsuler - KBRI Singapura ... a.k.a. akte kelahiran indonesia, yang syarat2 ada di atas.

oya, semua biaya di KBRI harus TUNAI, gak boleh ngutang pake kartu kredit .. jadi siap2 uang tunai (ingat, di KBRI juga gak ada ATM).

pas parpor dah jadi, tinggal bikin yang nomor 4, kalo mau ngurus PR-nya ....

4. dokumen PR ...
kalo yang ini mesti balik lagi ke ICA website ...
http://www.ica.gov.sg/page.aspx?pageid= … ;secid=150

kalo yang ini, mesti pergi ke ICA .. no short cut ...

udah gitu aja .. gimana yang laen .. tolong ditambahin kalo ada yang kurang...

selamat berjuang...!!!

-- just a papa for naia --

2

Re: Birth Certificate / Akte Kelahiran

hi ario,
ada update nih... temen gue yang baru melahirkan desember ini bilang kalo untuk akta, sekarang udah ngga perlu ada saksi lagi.

trus biar cepet, untuk foto paspor baby, bisa bikin sendiri asal backgroundnya warna biru.

a pro in changing diaper
editor in chief theurbanmama.com | @ninityunita

3

Re: Birth Certificate / Akte Kelahiran

hi Ninit, thanks buat update-nya.

moga2 itu 'dah jadi peraturan standar. soalnya di website KBRI singapura, ketentuan 2 saksi belom dihapus sad

-- just a papa for naia --

4

Re: Birth Certificate / Akte Kelahiran

nambahin untuk bikin foto. 
biar gampang, waktu itu kita foto sendiri pas bayi lagi tidur.  kebetulan tidur di sheet warna putih jadi background nya putih.  trus gue edit di photoshop untuk ganti background jadi warna biru (untuk foto paspor) dan di save dengan resolusi tinggi. 

trus bawa deh ke tukang pas foto untuk di print & cut sesuai size yang diminta oleh masing2 instansi. 

gak pake ditanya2.. dan jadinya mayan save time & hassle karena ga perlu bawa si bayi ke KBRI ato ICA untuk foto langsung.

a worker by choice, a mom & wife by nature
business director - theurbanmama.com
owner - slesta.com | @slesta

5

Re: Birth Certificate / Akte Kelahiran

oh ya? udah ga perlu saksi lagi? dulu sih kita minta tolong TKI2 indonesia yang lagi mo perpanjang paspor untuk jadi saksi-nya aina... kebetulan pada mau.

comic and crochet addict
creative director & product development
theurbanmama.com | @turniptopia

6

Re: Birth Certificate / Akte Kelahiran

Kemarin pas ngelahirin Ganesh, sekalian bikin akte lahirnya dari RSB YPK langsung. Cuma nyiapin F/C KTP orangtua, F/C Kartu keluarga sama F/C Buku Nikah dan bayar kurang lebih Rp 150ribu (tahun 2009). Baru jadi sebulan kemudian.

Untuk di Jakarta temen gw ada yang coba ngurus sendiri Akta Kelahiran anaknya. Abis sekitar 100ribuan juga biayanya. Tapi kan pake acara mondar-mandir nya itu, jadi menurut gw Rp 150K worth it lah dengan waktu yang harus disediain kalo ngurus sendiri.

Menjadi Ibu adalah pilihan kerja profesional yang paling tulus...tanggung jawab,memberi kasih dan pelajaran kpd anaknya dengan masa kontrak kerja sepanjang dunia dan akherat..it's a amazing
Our Story Lafamilledewijaya

7

Re: Birth Certificate / Akte Kelahiran

G-Mom bikin akte kelahiran butuh satu bulan ... lama banget, yah ... padahal dah bayar lebih mahal ...
kalo yang ngurus sendiri, pake mondar mandir, pasti lebih lama ditambah kesel ngadepin orang kelurahan ... he he he ...
moga2 di tahun 2010, bakal ada perbaikan di pelayanan publik di dalam negeri ... (soalnya kalo yang kbri singapura, pelayanannya 'dah lebih lumayan bagus dan persyaratannya lebih jelas).

-- just a papa for naia --

8

Re: Birth Certificate / Akte Kelahiran

hai, ikutan share yya .

kalo pas dulu saya melahirkan Divo, alhamdulillah akte kelahiran jadi seminggu setelah lahiran. mungkin karena namanya sudah disiapkan kali yaa..

misalnya tetangga kamar sebelah di rumah sakit, bgitu anaknya lahir blum siap nama, jadi otomatis menunggu lebih lama, dan proses tidak dapat dilakukan dengan cepat karena bayi yg lahir semakin banyak otomatis jadi masuk daftar queue

alhamdulillah, cukup dengan membayar 150rb, seminggu langsung jadi dan diantar kerumah.

smile

divo's-mother . piano-teacher . assistant-lecturer. cat-lover.

9

Re: Birth Certificate / Akte Kelahiran

Akte Kelahiran! Ini bikin saya jengkel dan sedih sad. Thanks ario, di thread ini saya bisa meratap hehehe...

Sampai sekarang Toto belum bisa punya akte kelahiran, usia Toto hari ini sudah 5 bulan. Semua berakar dari nama saya yang ditulis salah dengan sengaja di akte perkawinan, diimbuhi nama marga Bapak, yang tidak ada di KTP/passport saya. Pada hari H saya dan keluarga udah protes, kenapa tidak sesuai dengan KTP atau passport,tapi petugas Catatan Sipil tidak menggubris,"ini sudah peraturannya begini". Adik saya yang hobi mengikuti undang2 Indonesia dsb sudah membantah;tidak ada hal imbuh2an nama marga, petugasnya cuek aja. Bener banget kalau di Indonesia selalu musim praktek "kalau bisa dipersulit, kenapa dipermudah."

Untuk membenarkan akte perkawinan saya, suami saya yang terpaksa pontang-panting ke Catatan Sipil & Pengadilan Negeri berkali2, saya sibuk ngurus Toto. Yang pasti kita jadi bola ping pong karena dari awal tidak pake calo...Shame on us, petugas Pengadilan Negeri yang menangani kita itu calonya! Untuk biaya "ganti nama" saya (for godsake, nama saya TIDAK PERNAH diganti lho) maunya ditarik 1 juta, suami saya yang naive banget urusan begini, mau aja ngasih DP 500 rb. Saya udah bete berat kenapa sih kok mau dikompas segitu, udah bukan salah kita, disuruh bayar lagi!!! Suami saya kaget juga, kirain memang itu biayanya... yah, nasib.

Pada waktu sidang (bawa 2 saksi) saya ungkapkan semua ke Ibu Hakim dan Ibu Panitera (-> nggak tau apaan ini, asisten kali), mereka cuman manggut2 pasang tampang nggak ngeh. Saya tegaskan, saya TIDAK MAU keluar biaya apa2 lagi.

Setelah sidang, berminggu2 kemudian, suami saya dipontang-panting oleh Ibu Hakim, ditelpon disuruh datang, SEGERA, eh sampai situ, nunggu 1 jam, kirain dikasih surat hasil sidang, eh enggak, diajak memberantas sindikat calo (saya mau marah jadi ngakak). Pernah juga disuruh datang untuk melengkapi persyaratan, dll dll... panjaaaaang dah. Suami saya mau-mau aja karena dia mempraktekkan ilmu mengalah demi keselamatan bersama hehe... iya sih, semua surat penting sudah dipegang mereka, kalau mau idealis2an, bisa dibilang," maaf ya Bu, surat2 Ibu hilang.."

Sekarang setelah surat penetapan blah blah ganti nama saya keluar, saya mesti fight ke Catatan Sipil untuk mendapatkan Akte Kelahiran. Mungkin masih banyak celah yang bisa bikin kita dipontang-panting lagi, kata Ibu Hakim, karena pemohon ganti nama hanya saya, yang diganti Akte Perkawinan Istri saja. Kalau mau dua-duanya, saya dan suami harus proses dari awal lagi. Ampuuun deh. Saya nggak turutin omongan Bu Hakim, kalau perlu saya fight di Catatan Sipil, mereka yang bikin salah mestinya mereka yang betulin akte saya, kenapa saya harus fixing their mistake di Pengadilan Negeri?

Oh well, please excuse me, ngomel mulu... hehehe, dari kasus ini pasti ada silver line nya, tapi belum keliatan apa. Cheers!

In the light of the moon a little egg lay on a leaf ~ Eric Carle

10

Re: Birth Certificate / Akte Kelahiran

Kayanya klo di jkarta lbh gampang diurusin ama RS nya..klo aku kmrn di urus dr RS itu diksh dua pilihan..mau akte tangerang atau akte dki..klo ate tangerang 150rb klo dki 300rb..aku milih dki aja lah..

11

Re: Birth Certificate / Akte Kelahiran

Otto, wah berat banget ya perjuangannya. You have my sympathy.

Ario, "Jangan pergi ke KBRI sendirian" kirain gara-gara KBRI banyak pocongnya huahaha.

Gue gak tau di Indonesia sekarang gimana. Tapi mulai dari 2006, setidaknya beberapa rumah sakit di Bandung (dan gue asumsikan di Jakarta juga), semua akte bayi itu udah langsung 2 bahasa dalam 1 akte. Bahasa Inggris dan Indonesia. Nah bahasa Inggris ini yang perlu banget. Hari gini, dunia makin kecil dan kita gak tau kan kalo anak kita nanti kerja/sekolah di luar negeri (atau kiat nemu 1 milyar di jok mobil, entah lah intinya just in case anak sekolah di luar negeri). Di saat itu dia akan butuh aktenya dalam bahasa Inggris. Dari pada ribet ngurus bolak-balik, mending aktenya udah bilingual sekalian.

Rgds.

Before I have kids I have 2 parenting theories.
I have 2 kids now. And I have no theory.

12

Re: Birth Certificate / Akte Kelahiran

Ario,
Pas gw bikin akte kelahiran itu, kelamaan di Pemerintahaannya sana. Katanya blanko nya abis. Ah aya-aya wae.
Makanya bolak-balik ke YPK belon jadi juga. Petugas YPK nya jadi gak enak ati gitu gara-gara kelamaan.

Adhitya,
Baru tahu nih kalo ada akte bilingual gitu. Kemarin di YPK gak ditawarin sih. Ntar gw tanyain lagi aja deh soal akte kelahiran dua bahasa ini.

Rasraf,
Kok bisa ditawari Tangerang atau DKI gitu? Emang lahiran di Bintaro ya?
Hmmm...ngeliat harga yang dipatok di RS kamu melahirkan, berarti harga di YPK kemarin worth it lah...

Menjadi Ibu adalah pilihan kerja profesional yang paling tulus...tanggung jawab,memberi kasih dan pelajaran kpd anaknya dengan masa kontrak kerja sepanjang dunia dan akherat..it's a amazing
Our Story Lafamilledewijaya

13

Re: Birth Certificate / Akte Kelahiran

toto, moga2 akte kelahirannya bisa cepet keluar. tapi kalo inget2 jaman gue sendiri dulu, akte kelahiran gue dibuat waktu ada pemutihan .... he he he ... maklum jaman dulu orang tua belum dapet banyak informasi, dan 'gak ngira kalo itu perlu ... untung akhirnya dibikinin ...

gue setuju sama adhitya, kalo bisa bikin akte yang ada bahasa inggrisnya. tapi lucunya akte keluaran kbri singapura cuman dalam bahasa indonesia aja ... untung itu cuman buat salinan aja, soalnya yang utamanya keluaran imigrasi singapura ... he he he ...

rasraf, mungkin gue ketularan orang singapura yang lumayan gak mau rugi, jadi kalo ditawarin dki or banten ... ya gue ambil dki ... sama juga waktu bikin ktp ... biar kalo jual mobil, harganya lebih mahal ... he he he.. kok nglantur ...

-- just a papa for naia --

14

Re: Birth Certificate / Akte Kelahiran

Berhubung saya warga jakarta yg mlahirkan di semarang,jdlah proses pmbuatan akte nya lumayan bolak balik. Dr RS tempat saya lairan ud ga melayani bikinin akte. Jd y buat sndr. Berbekal surat keterangan kelahiran, minta surat pengantar dr RT/RW &kelurahan semarang,saya pke ktp jakarta. Smp di kel smg, tnyata yg dminta adl pgantar dr klurahn jkt. Jd kami hrs bikin kartu keluarga baru dgn nama bayi kami tcantum di dlmny. Suami,brbekal surat ket klahiran, ngurus surat pgantar RT/RW, Kel, dll di jkt untk bikin KK baru. Sbenerny prosesny cepet,coz udh ad langganan petugas klurahan. He2. Tp pas bkin KK itu,pas ptugas biasany g ad,jadilah bikin KK ny salah2 melulu datany. Akhirny dpt KK baru dan form ket klahiran dr klurahan jkt.
Trus 2 berkas it dbwa ke catatan sipil smg. Plus fc Ktp,fc surat nikah. Sy dminta nunjukin surat nikah asli,krn g bwa ktp asli suami. Pas buat akte posisi suami ad d jkt. Kurleb seminggu,jadilah akte bayi kami! Ad tulisan AKTA GRATIS lho dpojok kanan atas akteny. He2. Lumayan ribet tho...

" Motherhood : the days are long, the years are short "

15

Re: Birth Certificate / Akte Kelahiran

Toto,ya ampun..pasti ngeselin ya.Kelanjutannya gmn?Semoga cepet keluar ya aktenya.
Adhitiya,thanks infonya ya..nanti kalo babyku lahir ta' bikinin langsung yg ada bahasa inggris ah.

website : http://thebabybirds.net
twitter/IG : @almaviva

16

Re: Birth Certificate / Akte Kelahiran

waduh, sepertinya saya bakal bermasalah nih untuk ngurus akte anak yang diperkirakan akan lahir bulan mei nanti. saya dan suami belum sempet buat KK. KTP kami juga masih bertatus belum menikah. saya memang telat ngurus surat nikah (baru jadi setelah 3 bulan, november kemarin) karena gereja tempat saya menikah tidak mau membuatkan, jadi harus mengurus sendiri. mengurus itu saja butuh perjuangan ekstra.
sepertinya perjuangan belum selesai karena kalau saya mau mengurus KK dan KTP baru, saya harus buat surat pindah dulu di kantor dinas kependudukan depok, sebelumnya harus buat SKCK di polsek... belum lagi mengurus pembuatan KTP dan KK di tangerang.. teman saya yang juga pindah dari depok ke tangerang mengatakan kalau KTPnya baru akan jadi setelah enam bulan. berarti kalau pun saya mengurus itu semua dari dua bulan lalu tetap saja anak saya keburu lahir duluan... pusing ya birokrasi di Indonesia!

senang memilikimu lelaki kecilku

17

Re: Birth Certificate / Akte Kelahiran

ario, pemutihan itu apa ya? di bleaching? tongue
nyanya, masih belum kelar nih, kemaren misua "minta tolong" kenalan untuk ngurusin, sudah putus asa rupanya, ya sudahlah, saya juga ga bisa idealis2an, bisa2 Toto nggak ada akte lahir. Runyam!
rooslain, high five! low five! semangat terus!!
Adhitya, beneran niiiihh???? (kebayang ribetnya minta yang bahasa inggris)

Last edited by myson (2010-01-16 01:48:24)

In the light of the moon a little egg lay on a leaf ~ Eric Carle

18

Re: Birth Certificate / Akte Kelahiran

@ Toto Salam kenal ya... Gawat nih. kondisi saya juga sama. Di akte nikah nama kami berdua ada embel2nya, padahal di KTP & akte lahir gak ada sad Skg saya lagi hamil 4 bulan sih. Boleh tau gak, pernikahan kamu terdaftar di daerah mana? Urus akte lahirnya di mana? Saya di Tangerang sih. Jangan2 sama lagi...
Trus, kira2 apa ya yang bisa saya siapin sebelum melahirkan untuk mempercepat proses pembuatan akte lahir bayi saya?
Thanks ya!

19

Re: Birth Certificate / Akte Kelahiran

ario, pemutihan itu apa ya? di bleaching?

@toto jaman dahulu kala, waktu admin di kelurahan masih acak adul .. pemerintah kasih kesempatan buat orang tua yang belom sempet bikin akte kelahiran anaknya untuk bikin akte kelahiran, walaupun anaknya dah gede ... kalo gak salah akte gue juga dibikin pas dah masuk sd deh ...

-- just a papa for naia --

20

Re: Birth Certificate / Akte Kelahiran

ario121 ketauan deh kalo kamu dari jaman dahulu kala.. hihi..

a worker by choice, a mom & wife by nature
business director - theurbanmama.com
owner - slesta.com | @slesta

21

Re: Birth Certificate / Akte Kelahiran

@rooslain: waktu gw ngurus akte anak gw jg pisah kok KK gw dan suami, d ktp jg blm menikah...yg penting ada surat nikahnya wink

Sama kyk rata2 org d jkt, akte nya Atreyu lgs diurusin sama RS tempat melahirkan (di Brawijaya waktu itu)..agak mahal emang 300ribu..tp terima beres dalam 1 minggu, iya model yg 2 bahasa itu.

Kalo paspor, waktu itu kita ngurus di imigrasi jaksel (seperti jg paspor gw dan suami), waktu itu Atreyu umur 4 bln gtu deh. Emang ngurusnya 2 hari, pertama buat masuk2in data, formulir, dll (belum dibawa anaknya), hari yg k2 baru deh buat foto, wawancara (ngobrol sambil nunggu difoto sih tepatnya). Cukup lancar dan gak aneh2 kok di imigrasi. Gw ngurus sendiri tanpa calo, dan bener...bayarnya ya cuma yg tertera di keterangan (lupa 125 ato 175 ribu gtu), bahkan formulirpun gratis smile

mudah2an semakim membaik hal urusmengurus di negaraku ini hiahahaha

Carita Chandra Sakirun
------------------------------------------
If we're about to die anyway, I'd rather die fighting! Come for me, G'mork! *I* am Atreyu!
(Atreyu *The Never Ending Story*)

22

Re: Birth Certificate / Akte Kelahiran

@ toto: setau saya sih gak perlu minta, karena akta kelahiran sekarang emang udah standardnya dalam 2 bahasa, indonesia dan inggris.  Parama lahir 4/4/2008 dan dia sudah dapat akte dengan 2 bhs tsb.

ibunya parama smile

23

Re: Birth Certificate / Akte Kelahiran

Jadi begini ceritanya. Sampe sekarang (pas 6 bulan), Nara masih blom punya akte kelahiran! Gara2 pengurusan yang ga jelas di kota tempat tinggal saya tercinta ini.

Gue n suami kan bukan orang Surabaya, jadi maksudnya sekalian gitu kita mo ngurus KK Surabaya sekalian akte kelahiran n masukin Nara di KK. Waktu masih cuti melahirkan, gue dateng lah ke kantor kelurahan. Udah bawa surat pengantar RT/RW dan surat pindah dari kota asal. Menurut si bapak RT, ini udah cukup. Ternyata eh ternyata...

Sampe kelurahan, si ibu sekretaris kelurahan kasian ngeliat gue bawa bayi umur 1 bulan untuk ngurus surat2. Ditawarin lah diurusin "orang dalem" supaya cepet n gue ga usah bolak balik. Okeh. Akhirnya surat2 ditinggal di sana, dan dimulailah proses yang belum selesai sampe sekarang (5 bulan bo...).

Awalnya setelah surat2 dicek sama orang kelurahan, gue n suami disuruh ngisi form lagi yang ternyata adalah surat pengantar RT/RW tapi pake kop kelurahan. Jadi gue bikin surat pengantar 2x. Si pak RT juga bingung, katanya dulu ga gitu. Okeh, dibuat (lagi) lah tuh surat. Setelah selesai, melampirkan foto dsb, diajuin lagi ke kelurahan. Ternyata ada form yang kurang: surat tagihan PBB. Catet ya, BUKAN bukti pembayaran PBB (yang udah gue lampirkan), tapi malah surat dari pemerintah yang nagih PBB itu lho. Untungnya surat itu masih ada, kalo ga ada, entah gimana deh. Abis itu, ealah ditanya lagi, gue ngapain di Surabaya? Kerja ato sekolah ato gimana? Harus ada surat pengantar dari sekolah/universitas/kantor di Surabaya. Jadilah gue minta tanda tangan bos di atas form bermaterai dari kelurahan, menerangkan bahwa gue kerja di PT X, si bos jabatannya anu. Abis dikirim lagi, beberapa minggu kemudian dateng lagi permintaan untuk melampirkan copy KTP si bos. Ya ampun... Kenapa ga sekalian ya? Kirain udah selesai ya... Tapi ternyata barusan si "orang dalem" nanya lagi, pendidikan gue mo ditulis SMA ato apa? Dijawab Universitas dong. Eh sekarang dia minta copy ijazah kuliah. Arrrgghhhh...

Gue punya semua dokumennya, ato kalo ga ada ya bisa gue siapin. Tapi harusnya dibilang di awal dong, butuhnya apa aja. Biar ga bolak balik. Huufff... Begitulah, sampe sekarang gue masih blom punya KK Surabaya, n Nara masih blom punya akte kelahiran.

yang selalu kangen sama si pipi gembil

24

Re: Birth Certificate / Akte Kelahiran

ya ampyuuun, otty... matee dah, ribet amat!! ternyata susah ya minta KK.... gimana ntar kalo mo pindah balik lagi ke indo ya... untung aina udah punya akte kelahiran... kasian, Nara sad

comic and crochet addict
creative director & product development
theurbanmama.com | @turniptopia

25

Re: Birth Certificate / Akte Kelahiran

mba otty i feel u...
daku baru ngurus surat pindah ke sby plus mo bikin ktp surabaya saja repotnya ampun2an deh...
plus udah ngantor jadinya cari waktu luang buat ngurus persurat2an ini yahhh ya ampun dehh..
berarti intinya mending ke Kelurahan dulu yah nanya persyaratannya yang jelas apaan,dari pada mulai dari RT/RW trus sampe kelurahan malah direject plus ngulang dari awal lagi