1

Topic: Birth Certificate/Akta Kelahiran

hello semuaya,
mau share pengalaman nih ketika mengurus affidavit dwikewarganegaraan anak yg lahir di indonesia (bandung) dari pasangan campuran, setau saya affidavit itu adalah bukti kalo anak kita adalah subjek dari uu tahun 2006(kalo ga salah) tentang kewarganegaraan ganda terbatas, affidavit berlaku sampai anak berumur 18 dan memilih salah satu kewarganegaraan, asing ato milih jadi wni, biasanya affidavit dibuat setelah anak kita memperoleh passport asing nya, setelah ada passport asing lalu dibikin affidavit di kanim setempat selanjutnya terserah kita mau dibikinkan passport indonesia nya ato tidak, kalo saya tidak bikin passport indonesia untuk anak saya, cukup british passport dan affidavit, karena bukan keharusan mempunyai passport indonesia kalo sudah punya affidavit, salah satu syarat membuat passport indonesia untuk anak yg berdwikewarganegaraan adalah affidavit itu....tapi mungkin kalo passport asing nya belom jadi ato belum punya bisa langsung dibikin passport indo nya dulu, dan mungkin nanti di lembar pengesahan ditulis bahwa anak ini adalah subjet dari uu kewarganegaraan ganda terbatas....salam

2

Topic: Birth Certificate/Akta Kelahiran

IndriBracov,

Nah, ada tambahan info lagi tuh dari mom willy2012, kalo belum ada paspor asingnya+affidavit, bisa ditambahin keterangan di bag. endorsement paspor Indo-nya.

Paspor itu sebenarnya memang sebatas dokumen perjalanan, bukan untuk menyatakan kewarganegaraan (walau UU kewarganegaraan kita agak rancu kalo soal ini). Jadi memang kalo utk yg tetap berdomisili di Indonesia dan tidak merasa ada kebutuhan, tidak perlu buat paspor Indo tidak apa-apa.

Sayangnya memang tetap tidak menjawab pertanyaan untuk apa anak2 yg juga menyandang status WNI dan bisa membuktikan dgn akte lahir masih butuh affidavit (setahu aku, kalau yg domisilinya di luar negeri lalu ingin berkunjung ke Indonesia lebih dari sebulan tetap butuh visa, mom willy2012, walau paspor asingnya sudah diberi affidavit, kecuali kalo sekarang memang sudah berubah yah peraturannya). Dulu aku pernah berkesempatan ketemu dan ngobrol dgn Kabid di dirjen imigrasi pusat soal ini, dan beliau sendiri juga sebenarnya tidak tahu kenapa. UU kewarganegaraan kita isinya memang masih banyak grey-area-nya...tapi sudah ah, gak aku bahas lebih lanjut... bakal jadi panjang & hanya bikin pusing nantinya :p

Eniwei, paling tidak sekarang yg dari pihak Ceko sudah jelas kan info-nya, mom Indri, tinggal konsentrasi urus paspor Indonesianya dulu utk persiapan berangkat. Good luck yah, mom! Mudah2an cepat beres semua urusannya :)

3

Topic: Birth Certificate/Akta Kelahiran

Baru tau juga buat akte kelahiran lama yaah. Seminggu yg lalu baru jadi setelah 4 bulan nunggu. Udah seneng2, ternyata oh ternyata salah tanggal lahir *tepok jidat*. Udah pengen marah2 rasanya kayak buang2 waktu banget. Akhirnya dibalikin untuk diperbaiki. 3 hari lagi katanya jadi, semoga ngga ada yg salah lagi.

4

Topic: Birth Certificate/Akta Kelahiran

ibu2... tolonglah daku... huhuhuhuuuuks... sedih banget, bingung, pusing campur aduk deh rasanya... mungkin mom meggy atau mama2 yg lain bisa bantu...
tadi ke kanim rencana mau bikin paspor indonesia untuk Trudy.. ternyata disuruh bikin Surat Lapor Lahir dan Affidavit dulu ternyata... Aku jadi pesimis dengan rencana bikin paspor indo dulu kemudian ceko yah?? dan entah kenapa sudah aku jelasin, ini anak belum punya pasport ceko, jadi masih 100% indonesia kataku. tapi karena anak hasil kawin campur ya tetap harus buat affidavit.. dan kalo mau bikin affidavit aku baca dimana2 koq ada syarat paspor asing anak. BENERAN GA SIH??? soalnya kalo mau bikin paspor ceko dulu ga terkejar, dari konsulernya bilang prosesnya 5 bulan. padahal KITAS suami April sudah kadaluarsa dan ga akan dilanjutin lagi karena antara juni-agustus udah mau balik ke negara asal.
lalu bagaimana ini ya moms?? ada yg bisa bantukah?? :((( *nangis bombaaaaeeeeyyy*

a wife of a crazy, amusing, charming comedian
a mother of a cute, magnetising princess :cool:

5

Topic: Birth Certificate/Akta Kelahiran

mum trudy salah satu syarat untuk buat affidavit dwikewarganegaraan anak adalah paspor asing anak tsb, tp saya pernah baca di salah satu forum perkawinan campur ada ibu yg bkin paspor indo anaknya dan anak itu belom punya passport asing nya, coba mum trudy bicara dengan kepala kanim nya,jelaskan semuanya siapa tau ada jalan keluarnya...good luck ya

6

Topic: Birth Certificate/Akta Kelahiran

mom IndriBracov,

Kalau utk mendapatkan affidavit memang harus sudah ada paspor asingnya, karena kalo gak salah bentuk affidavit itu memang semacam stempel atau sticker gitu yg ditempel di paspor asing anak, tapi itu dulu yah, gak tahu kalo sekarang sudah berubah, rasanya mom willy2012 nih yg lebih tahu jelas bentuknya spt apa.

Masalah mengenai persyaratan kanim yang mewajibkan si anak harus sudah punya paspor asingnya dulu baru bisa buat paspor Indonesianya, ini yg memang susah dijawab, karena sukanya tidak ada peraturan yg jelas dan seragam mengenai persyaratan pembuatan paspor anak dwi kewarganegaraan, beda kota dan beda kanim bisa lain2 juklak (petunjuk pelaksanaan)-nya. Nah, aku tidak tahu di kota tempat tinggal mom Indri bagaimana. Satu-satunya kemungkinan yg bisa dicoba adalah coba tanya ke kantor kanim lain (kalo di Jkt kan biasanya per wilayah, ada Jkt Pusat, Selatan, dll.) atau kanim pusat di kota mom.

Seperti yg disebutkan mom willy2012, waktu di tempat kerjaku dulu aku tahu pasti ada para orangtua yg tidak bermasalah mengurus paspor Indonesia anaknya tanpa terlebih dulu membuat paspor asingnya. Cukup dengan menunjukkan akte kelahiran Indonesianya & dokumen2 kelengkapan lainnya (oh ya, ini yg aku gak ngerti, kalo sudah ada Akte Kelahiran dari Capil Indonesia, kenapa harus menyertakan Surat Lapor Lahir? Bukankah surat lapor lahir itu hanya bagi mereka yang belum punya akte kelahiran dari Capil?). Tapi kembali, beda kanim bisa beda peraturan, yg seperti ini seringnya berlaku utk di luar Jakarta. Jadi mungkin seperti saran mom willy2012, coba dijelaskan dan dibicarakan dulu situasinya dgn kepala kanim.

Di sisi lain, mungkin bisa dirundingkan juga dgn bag. konsuler Ceko apa mungkin ada jalan keluar lain mengenai paspor Ceko-nya. 5 bulan itu termasuk lama sekali untuk pengurusan paspor.

Maaf sekali yah, mom... aku gak bisa bantu banyak...

7

Topic: Birth Certificate/Akta Kelahiran

Sebenernya masih simpang siur banget. KTPku kan masih Magelang (ikut ayah), jadi waktu urus Kitas suami harus ke wonosobo. Dan menurut kanim wonosobo suatu saat mau bikin paspor untuk anak bisa ke jogja (kanim terdekat). Etapi waktu aku mau bikin paspor trudy di jogja koq aku dilempar ke wonosobo, alasannya harus bikin surat lapor lahir dulu, affidavit, baru bisa bikin paspor indo. Akhirnya kita memutuskan pengen ntar biar ga ribet akhirnya kita mutasi ktp dulu ke jogja terus mutasi kitas. Sewaktu aku tanya postingan sebelum ini, aku masih bingung soal 'haruskah bikin paspor asing dulu?' Dan keesokan harinya (kemaren) aku telfon kanim jogja persyaratan affidavit kaya gimana, dan ibunya juga balik tanya: 'lahirnya di mana mbak?' | 'Di jogja bu..' | 'Oh berarti sudah WNI mbak, ga perlu pake affidavit, langsung aja bikin paspor. Nanti dikasih keterangan belum punya paspor asing'
Aku udah jingkrak2 hepiiiii banget gitu deh mom! Tapi juga semakin bingung, sebenernya yg bener yg manaaa??? Bahkan dalam 1 kanim aja prosedurnya beda2. Aku berharap ibu bag informasi (yg tidak mau kasih tau namanya siapa) inilah yg betuuuul! Dan juga aku senada dgn penjelasan willy2012 seharusnya ga masalah yah.. Orang dia lahirnya di sini koq, emaknya juga aseli 100% indonesia banget!
Pernah sih dulu malah ada pegawai kanim W malah nge-bego2in kanim J. Dihadapan kita lagi. Duuh, jadi curhat gini. Tau begini dari dulu daku mutasi alamat. Kita terlena dgn kemudahan yg belum pasti. Tapi ya sudahlah, disesali kaya gimana waktu ga bakal balik lagi, tinggal sekarang kejar2an ngurus KTP KK.
Iya bener banget meggy, koq lama banget ya bikin di kedubes ceko. Padahal aku baca ada yg nulis artikel di TUM cuma brp bulan. Sebenernya idealnya max 120hari (4m) tapi menurut pengalaman legalisir, mereka bilang 2m max! Tapi kita bikin udah 4bulan lebih loh!

NB: wktu di kanim, ada yg bilang pasport itu bukti kewarganegaraan. Padahal sengertiku paspor itu kan kaya buku bepergian bukan si? Soalnya nenek,kakek,pakdhe,budhe,om,tanteku banyak loh yg ga punya pasport. Tapi mereka seribu persen orang indonesia. Dan tidak pernah ada ancaman deportasi utk mereka (mau deportasi kemana? (-???-???-???__-???-???-???)
Tapi yah, ide ini hanya sanggup kutulis di postingan ini, cowardly. Ga mungkin diperdebatkan di TKP ? afterall, postingan ini bukan untuk menjelek2an instansi pemerintahan manapun. Cuma kejadian yg emang bener terjadi dan opini masyarakat aja

a wife of a crazy, amusing, charming comedian
a mother of a cute, magnetising princess :cool:

8

Topic: Birth Certificate/Akta Kelahiran

Nah, itulah mom Indri, sayangnya pada praktek di lapangan spt itu, beda kanim bisa peraturannya beda2, tetgantung kebijaksanaan masing2 :(
Dan memang aku jg pengalaman spt itu, kalo tanya sesuatu lewat telepon pasti yg menerima & menjawab pertanyaan kita pasti gak mau beritahu namanya, kalo sepenangkapanku, mereka gak mau apa yg mereka bilang nanti2nya used against them, kesannya gak mau tanggung jawab, tapi yah sayangnya jafinya kita si penanya jadi dilempar sana-sini.

Paspor itu memang sebenarnya travel document, bukan bukti kewarganegaraan. Sayangnya di Indonesia travel document masih saja dianggap idem dgn bukti kewarganegaraan. Gara2nya di UU-nya pun mencampur-adukkan hal ini :( jadi gak heran kalo para petugas di lapangan pun gak tahu mana yg benar.

Duh...semoga segera ada solusinya yah, mom...

9

Topic: Birth Certificate/Akta Kelahiran

meggy wrote:
....Dan memang aku jg pengalaman spt itu, kalo tanya sesuatu lewat telepon pasti yg menerima & menjawab pertanyaan kita pasti gak mau beritahu namanya, kalo sepenangkapanku, mereka gak mau apa yg mereka bilang nanti2nya used against them, kesannya gak mau tanggung jawab, tapi yah sayangnya jafinya kita si penanya jadi dilempar sana-sini.

Paspor itu memang sebenarnya travel document, bukan bukti kewarganegaraan. Sayangnya di Indonesia travel document masih saja dianggap idem dgn bukti kewarganegaraan. Gara2nya di UU-nya pun mencampur-adukkan hal ini :( jadi gak heran kalo para petugas di lapangan pun gak tahu mana yg benar.

Duh...semoga segera ada solusinya yah, mom...


I heart you so well mom... seolah hanya kau yg mengerti diriku. padahal yakin deh selain kita juga pasti banyak yg jadi korban lempar2an para petugas. :* :* :*

ini lagi ngurus KTP & KK baru, dan nama Trudy juga bakal ada di KK. Awas ajaaaa kalo udah crystal clear gini anak Indonesia masih suruh bikin paspor asing dulu, ntar ta ancem mo nenggak baygon campur sprite aja di kanim. semoga sih saya tidak perlu bertindak sebodoh itu ya ibuk ibuk.... *mewek2*

a wife of a crazy, amusing, charming comedian
a mother of a cute, magnetising princess :cool:

10

Topic: Birth Certificate/Akta Kelahiran

Aku share ya waktu bikin Akta Kelahiran Baby Apple, waktu ntu aku melahirkan di RSIA Sukajadi Bandung. Dikarenakan suamiku sibuk kerja jadi ga ada waktu untuk bikin Akta Kelahiran dibantulah sama suster di RSIA Sukajadi, Alhamdulillah lancar moms.. Waktu ntu aku kena biaya 250rebu (tahun 2012) . Persyaratan nya waktu ntu : ~ FC Surat Nikah, ~ FC KTP Suami&Istri, ~ Surat Keterangan Lahir dari RS ~FC Kartu Keluarga.. Diurusnya juga alhamdulillah cepet moms cuma 5hari, kata si susternya apalagi kalo bikin Akta Kelahiran perkawinan campur biayanya 500rebu.

Instagram:Kemalasary
Twitter :@perfectX2n

11

Topic: Birth Certificate/Akta Kelahiran

KemalaSary wah, ternyata mahal juga ya kalo diurusin RS? tapi sepadan dengan kemudahannya ya yg pasti...

lanjut soal paspor Trudy - bumods, maapkeun kalo kita salah alamat di sini.. ini trit buat akte lahir tapi kita nyrempet sana mari. tapi semoga berguna bagi mamas yg lain yaaa.
Minggu kemarin hari jumat berhasil mutasi Kitas suami dari kanim wsb dlm 1 hari (jalur cepat). Senin kita ke kanim jgj pindah (masukin) kitasnya dan prosesnya 5 hari kerja. di jgj sini memang rada saklek aturannya, ga bisa pake jalur cepat - mungkin krn kita ga ada org dalem. pas di bagian forsakim, kita tanya2 juga soal bikin paspor anak, dan si mas petugas koq kasih jawaban yg totally beda sama info2 yg aku dapat dari kanim terdahulu, ibu2 bag. informasi, dan dari willy2012 kalo selama belum punya paspor asing, anak hasil nikah campur bisa langsung bikin paspor RI tanpa affidavit (yg syaratnya harus bikin paspor asing dulu). Si mas ini pelayanannya bagus, tapi yah karena dia di divisi bikin2 kitas, mungkin pengetahuannya belum apdet soal paspor. dan si mas menyarankan tunggu proses mutasi selesai dulu terus lapor nikah, lapor lahir anak, affidavit (apanya yg mau diaffidavit?), baru bikin paspor RI. ya aku sih cuma 'nggeh2' aja. tapi pas turun ke bawah, aku iseng nyoba isi formulir bikin paspor Trudy dan ikut ngantri. pas jam istirahat pengunjung pada bubar semua dan ada 1 petugas loket permohonan paspor masih di situ, kuberanikan diri bertanya: "bisa ga pak?" dan si bapak bilang "BISA", asal emang blm punya paspor asing dan ada surat keterangan dari ortu WNA kalo ga keberatan dibikinin paspor RI. Ini mah udah aku bikin dari kemaren2, tanda tanganku dan suami di atas meterai. Capcuzzz paaak... lanjut...!! rasanya aku pengen sungkem sama si bapak ini. aku tanya juga, "paspor suami yg asli tapi lagi di forsakim. tetep bisa kan pak?" si bapak bilang lagi, "fotokopinya aja mbak". kalo waktu itu aku bawa bunga, aku kasih deh ini bapak :*
sempat juga aku tanya2 bisa pake jalur cepat ga pak? dan si bapak bilang "wah kalo itu biasanya yg bikin pak X. saya ndak pernah bikin yg kaya gitu e mbak..." "emang kalo jalur biasa berapa hari pak?" tanyaku. "kalo hari ini (30 dec) masukin berkas, tgl 2 besok foto, 3 hari kemudian jadi" jawabnya. "Oh.... cepet yaaa!!! jadi pake jalur biasa aja ya pak!" "iyaaa, mending pake jalur biasa ajaaaa. itu aja cepet koq" *angkat topi buat bapak ini*
terus aku ngantri lagi. dan hari ini kita ke kanim jgj lagi untuk wawancara dan foto, tinggal nunggu tgl 7 jadi. PUJI TUHAN BANGEEETTTT!!! semua dilancarkan.


NOTE: lebih baik langsung tanya ke divisi yg bersangkutan. soalnya kembali ke masalah 'kompetensi'. mereka terkesan ogah apdet (ga tau menahu) urusan/prosedur divisi lain, tapi kekeuh sama pendapat mereka. malah bikin makin pusing

maaf kalo kepanjangan :p

a wife of a crazy, amusing, charming comedian
a mother of a cute, magnetising princess :cool:

12

Topic: Birth Certificate/Akta Kelahiran

IndriBracov
Waaahhh...senangnya. Semoga beneran cepet yah urusannya. Ikut senang :)

Garnetzhia and Ametysha are my little angels

13

Topic: Birth Certificate/Akta Kelahiran

wah wahh selamat ya IndriBracov semua dilancarkan> Tenkyu juga NOTE-nya, membantu banget..

gw kayak KemalaSary, semua diurusin RSIA tempat anak2 lahir, gak repot dan lumayan terjangkau..

twitter and IG: @zataligouw
Blog : http://www.zataligouw.com/

14

Topic: Birth Certificate/Akta Kelahiran

Mom IndriBracov,

Salam kenal...
Share donk apa procedure sama dokumen2 apa aja yang diperluin kalo anak lahir di jogja dari perkawinan campur untuk mendapatkan surat affidafit dan passport?

Terus gimana ya proses setelah anak dapat akte kelahiran mau masukkan di kk. apakah suami kalo orang asing juga harus didaftarkan di kk? Karna suami saya orang asing.

Mohon infonya. Makasih.

15

Topic: Birth Certificate/Akta Kelahiran

hi mom..

habis baca curhatnya mommynya Trudy baru inget sy baru selesai ngurus paspornya claire, dimana suami wna taiwan. Claire lahirnya di surabaya trus akte lahirnya dan KK juga ikut disurabaya, cuma nama suami ga bs masuk di KK cuma masuk di nama ayah si anak aja. Akte perkawinan juga masih pake punyanya capil indo. bikin paspor indonya claire ga ribet sih menurutku soalnya sama aja sm buat paspor wni biasa cuma ktp suami diganti sm paspor aslinya. tapi kalo mau ke taiwan hrs tetep buat visa.
utk punya paspor taiwan, akte perkawinannya kudu distampel sama kedutaan taiwan lalu ditranslate trus dibw ke taiwan utk didaftarkan ke capil setempat baru nanti keluar KK taiwan dan bs buat paspor taiwan. baru paspor taiwan sm paspor indo dibawa ke imigrasi buat lapor 2warga negara.
bagusnya pake paspor taiwan kluar masuk indo adalah, claire ga perlu visa, mau masuk indo atau taiwan asal pake papor taiwannya ga masalah, tp kalo pake paspor indo kudu apply visa.

moga2 membantu yah.. ^^

16

Topic: Birth Certificate/Akta Kelahiran

Hallo semua..mw nanya berhubung suami wna belanda dan bln des diperkirakan baby launching, klo kita melahirkan di kota yg beda sm ktp urusan akte kelahirannya lebih ribet ga ya? Atw ga ngaruh? Terus utk akte kelahiran dan bikin passport sebenernya prosesnya gmn ya? Kapan hrs melapor ke kedutaan negara asal suami? Thanks before

17

Topic: Birth Certificate/Akta Kelahiran

Tentang Dwi-kewarganegaraan terbatas dan Affidavit, sebaiknya di kembalikan ke definisi aslinya, supaya jangan campur aduk.

1. Sesuai UU tahun 2006, maka anak dari perkawinan campur LANGSUNG/OTOMATIS diakui oleh negara RI, mempunyai dua kewarganegaraan terbatas sehingga usia 18 tahun.

2. Dalam kasus Bapaknya WNA dan Ibunya WNI, yang sering terjadi anak tersebut ikut bapaknya menjadi WNA dan kemudian dibikinkan paspor asing (WNA). Untuk anak yang sudah punya paspor asing ini, ketika ingin masuk ke Indonesia menggunakan paspor asing nya itu, diberikan FASILITAS KEIMIGRASIAN yang sering disebut affidavit. Affidavit dikeluarkan oleh KBRI. Dengan affidavit anak ini bisa masuk indonesia dan tinggal di indonesia tanpa visa/ijintinggal.

3. Dalam kasus Bapaknya WNI dan Ibunya WNA, jika anak tersebut didaftarkan sebagai WNI dan dibikin paspor indo, maka kebutuhan affidavit tidak diperlukan lagi. Karena anak tersebut apabila akan keluar/masuk indonesia menggunakan paspor indo.

4. Jadi harus ditekankan kembali AFFIDAVIT itu hanyalah fasilitas keimigrasian yang diberikan kepada anak berdwikewarganegaraan yang SUDAH PUNYA PASPOR asing dan ingin masuk ke indonesia dengan menggunakan PASPOR ASING nya itu.

5. Namun dilapangan oleh petugas KBRI atau petugas imigrasi indonesia sering terjadi kerancuan dalam mengintepretasikan UU tahun 2006 terutama dalam kasus dwikewarganegaraan terbatas.

Yang sering terjadi adalah keharusan mempunyai paspor asing bila ingin membuat paspor indo.
Petugas KBRI / Imigrasi seolah memaksakan anak untuk mendaftar sebagai WNA dan baru bisa punya paspor WNI.Jadi dwikewarganegaraan terbatas itu oleh mereka di intepretasikan kepemilikan dua paspor.