1

Topic: Birth Certificate/Akta Kelahiran

Jxmom

saya bikin kk cuma pakai SKL dari limijati bisa kok mom, ktp saya sama istri kan kebetulan juga belom menikah hahaha, jadi sekalian bikin ktp kita yang baru + bikin kk, bisa kok cuma pake SKL, waktu itu bikin kk cuma pakai ktp ortu (kita) +surat nikah + akte lahir ortu (kita) kk lama + skl baby dari rs

duh 3 bulan lebih belom beres yak, ihix, kemaren banget baru telp ke limijati lagi, dibilang yang akte lahiran bulan feb juga sampe saat ini belom beres, santai aja pak, nanti juga pasti dihubungi kalo sudah selesai ;-(( , datanya sudah masuk ke catpil kok *h2c*, bole tau lahiran kapan?

2

Topic: Birth Certificate/Akta Kelahiran

oo, kan setauku klo SKL ga ditulis nama bayinya, bs buat bikin KK jg ya? Bingung gara2 suami kan bukan WNI jd ntar KK bikinnya ga masuk nama papanya jg, tapi tetep ikut yg bareng ortu saya. Ntar deh coba diliat lg SKLnya & nanyain soal KK ini.
KTP jg sama blm nikah nih haha, pdhl baru perpanjang bln kmrn & uda lampirin surat nikah, mksdnya biar statusnya diganti, eh keluar2 tetep aja blm nikah. Mau minta ganti lg males bgt, bikin KTP aja mau sebulan, trus mahal pula, 150rb :(
Lahirnya sih Jan akhir, tp br masukin file skitar 2 minggu abis lahiran (gara2 bingung sm urusan WN). Tetep aja uda lewat dr 3 bulan huks... lamanyaaaa bikin akte selembar doang.

3

Topic: Birth Certificate/Akta Kelahiran

jxmom, i feel you hehehe semoga cepet beres punya anak kita wkwkwkwk..
iya skl gak ada baby name, tapi bisa kok buat bikin kk in my case sih, orang cat pilnya tanya siapa nama babynya

4

Topic: Birth Certificate/Akta Kelahiran

Wah makasih ya infonya anggi23 :D
nitip ke RS pun (hermina pasteur) jadinya 3 bulan katanya hihihi

5

Topic: Birth Certificate/Akta Kelahiran

Hi all,
Adakah yang baru-baru ini lahiran di Tangerang?
Kemarin baru nanya ke Eka Hospital, katanya pengurusan akte lahir sekarang ganti peraturan untuk wilayah Tangerang Selatan. Kalau orang tua sudah KTP & KK Tangerang Selatan, sebelum mengajukan Akte Kelahiran harus masukin nama anak ke kartu keluarga.

Beneran bikin bingung deh, ini peraturan lokal atau berlaku umum seluruh Indonesia yaakkk..

Untuk pembuatan Akte Kelahiran syaratnya :
- FC KTP
- FC KK
- FC Akte Nikah
- FC Akte Lahir Suami & Istri
- Surat Keterangan Lahir dari RS (ASLI)
- Materai Rp 6.000,-
- Surat Keterangan Lahir dari Kelurahan (Khusus pemilik KTP & KK Tangsel) --> ini maksudnya nama anak sudah harus masuk di KK, sudah harus punya NIK (Nomor Induk Kependudukan? cmiiw)

Nah, untuk pengurusan KK, katanya pakai SKL dari RS, tapi kasih Foto Copy nya saja.. Karena aslinya harus diserahkan ke Catatan Sipil untuk urus Akte Lahirnya nanti.

* Indonesia ya, ribet banget birokrasinya.. Waktu bikin Akte Lahir, diminta semua surat ortu.. Bikin KTP & KK harus pakai akte lahir lagi.. Bikin Akta Nikah diminta lagi kelengkapan dari Akte Lahir, sampai Akte Lahir Ortu. Sampe mau bikinin Akte Lahir anak, kok Akte Lahir kita diminta-minta lagi.. Bukannya semua surat KTP, KK, Akte Nikah waktu bikin juga berdasar Akte Lahir kitaa... huhu...

6

Topic: Birth Certificate/Akta Kelahiran

hello holla..
Pengalaman waktu urus akta kelahiran anakku jonas lahir maret 2012, Karena pada saat lahir aku n suami belum punya KK sendiri jadilah nunggu bikin KK dulu (nyogok 50rb aja ke kelurahan seminggu jadi,udah jadi di telp pula.Hahaa..). Setelah lengkap syarat2nya (fc skl, fc ktp suami istri, fc kk, fc buku nikah) tadinya mau urus lewat jasa di rs tempat aku ngelahirin. Telp lah si penyedia jasa, biayanya 337 ribu jadinya 3minggu paling cepet.Pas suamiku mau berangkat ke RS,entah kenapa dia berubah pikiran dan Akhirnya suamiku urus langsung ke catatan sipil yang di daerah tanah abang. Ternyata ohh ternyata sebenernya urus akta lahir itu gratis kalo sebelum 60 hari jadinya semingguan..Trus suami ku tanya bisa jadi lebih cepet ga, dan dijawab "bisa pak tapi biayanya beda lagi", 170rb dan 1 hari ajah..Langsung di okein lah...Hahaaa..inonesia ohh indonesiaa...

7

Topic: Birth Certificate/Akta Kelahiran

pearlymom
Aq,.aq.. *tunjuk tangan*
Aq lahiran anak kedua di Eka Hospital. Tgl 3 April. Masukin berkas2 tgl 16 April dan tgl 10 Mei ditelpon,ktnya uda jadi. Tp krn aq blm ada jadwal kesana,,jd aktenya belum aq ambil.
Ga ada tuh peraturan ky gt. Setauku masukin nama anak di KK ya mst pny akte lahir dulu. Malah KTP aq dan suami,,msh KTP kota Tangerang,,bukan Tangsel. KKnya jg kota Tangerang. Tp ngurus aktenya krn ikut Eka,,yg masuk wilayah Tangsel,,otomatis akte kelahiran anakku masuk wilayah Tangsel.
Eh ini apa karena KTP&KK kami yg kota Tangerang,,jd ga ikut peraturan itu?
(nanya balik)

Garnetzhia and Ametysha are my little angels

8

Topic: Birth Certificate/Akta Kelahiran

natallia
Thanks infonya.. :)
Baru sadar, KTP dan KK ku & suami ternyata Tangerang, belum Tangerang Selatan..
Ntar aku tanyain ke yang urus deh, tadi dicoba telpon kok gak diangkat :(

9

Topic: Birth Certificate/Akta Kelahiran

pearlymom,,
emg mau bikin akte kelahirannya lewat rs.Eka ato bukan?kmrn di rs Eka,,kena biaya 250rb. secara suami kerjanya jauh dan pulangnya 2bln,,jd ya mending aq ngurusnya lewat rs. nyerahin berkas2 dan ambil akte lahirnya lgs di bag customer care.

Garnetzhia and Ametysha are my little angels

10

Topic: Birth Certificate/Akta Kelahiran

Ikutan curhat... Aku lahiran anak kedua bulan Februari 2012 kemaren. Karena pengen deket ortu n keluarga jd aku memilih untuk ngelahirin di Palembang (aku tinggal di Jambi karena aku dinas disitu). Maternity leave juga diabisin di Palembang, soalnya di Jambi gak ada siapa2, jd hampir 2,5bln aku di Palembang. Pas dah balik ke Jambi, baru deh ngurus masukin nama si Adek di KK baru. Masukin berkasnya tanggal 21 April, en dengan tenangnya petugasnya bilang kalo KK baru akan selesai tanggal.... 27 Mei!

Mo ngasi "uang pelicin" tapi dari omongannya kayaknya semua harus sesuai prosedur, jadinya kita yang keliatan dosa banget krn mo nyogok. Ya sud lah, ditungguin aja KK baru itu. Kemaren setelah selesai, langsung ke Dukcapil mo ngurus akte, ehhhhh...baru tau kalo ngurus akte itu harus "di tempat kejadian" . Jadi emang syarat ngurus akte nama si anak harus masuk KK dulu, tapi walaupun dah masuk KK Jambi, tetep ngurus akte harus di Palembang. Capeeeekkkkk deeehhhh.....

Mana katanya klo ngurusnya lewat dari 60hr bakal kena denda 1juta? Beneran yaaa??? *atutttt*

Loving my little family so much!

11

Topic: Birth Certificate/Akta Kelahiran

natallia, kemungkinan sih diurusin ke eka aja deh, gak bakal sempat hubby urus sendiri..
Kemarin sudah telpon orangnya, katanya pun KK & KTP ku masih Tangerang (karena sudah urus sejak 2006), tapi karena daerahku memang sekarang masuk Tangerang Selatan, jadi tetap dengan ketentuan baru. Kalo yang daerah rumahnya di Tangerang Kota memang ga ikut ketentuan itu..

mama_jadza, wah jadi ribet yaakkk.. tapi kayanya akte memang harus diurus di tempat kelahiran yak? semoga cepat bisa diurus dan ga kena denda-dendaan deh..

12

Topic: Birth Certificate/Akta Kelahiran

papanyashane, tadi pagi nelpon ke rs lagi, dan akhirnyaaa ada berita baik, katanya akte lahir babyku uda beres nih, tinggal dijemput aja hehe..
meskipun msh deg2an takut ada kesalahan nama atau apa.
tapi uda telanjur kelamaan, jd kayanya ga jadi mudik lebaran deh, takut ga keburu bikin paspornya.
Mudah2an segera dapet kabar baik jg yaa..

13

Topic: Birth Certificate/Akta Kelahiran

pearlymom iya baru tau nih. Kata bapak2 di dukcapil juga aturannya baru juga klo harus di tempat kelahiran. Soalnya syarat buat akte kan nama si anak harus masuk KK dulu jd mikirnya diurus di tempat KK dikeluarin ternyata dah beda lagi aturannya. Wish me luck,selesai urusan gak pake ribet ^^

Loving my little family so much!

14

Topic: Birth Certificate/Akta Kelahiran

Jxmom, wah akhirnya beres juga yah... berarti punya shane bulan depan haha, nanti minggu ke 3 mau imunisasi sekalian tanya ahh

15

Topic: Birth Certificate/Akta Kelahiran

pfiiuh, kalo masukin april kelar mei mah atuh keitung cepet buibuks..babyku lahiran februari, sampe sekarang aja belon jadi. Kata orang rsbnya, karena massal (ngajuin aktenya), paling cepet beres itu 5 bulan. deziiig...

16

Topic: Birth Certificate/Akta Kelahiran

papanyashane, iya nih senengnya kmrn uda diambil, dan ga ada kesalahan nama, semuanya aman deh.. Samaan kmrn ambil jg pas sekalian imunisasi biar ga bolak balik hehe.. Sering2 aja coba telpon ke RS-nya, soalnya kadang uda beres jg ga lgsg ditelpon tuh.
missasoen, wah 5 bulan mah kelamaan banget ya.. punyaku beres ampir 4 bulan aja uda kesel banget nunggunya.

17

Topic: Birth Certificate/Akta Kelahiran

jxmom, embeeeran lama banget. udah ga sabar gitu pengen cepet beres. tapi ga bisa maksa sih, ayng laen juga sama pada nunggu lama. Btw, kalo ampe ada kesalahan nama gitu,proses benerinnya gimana yah?ada yg bisa share?

18

Topic: Birth Certificate/Akta Kelahiran

missasoen
RS mana ? :D
*sesama masi nunggu*

19

Topic: Birth Certificate/Akta Kelahiran

papanyashane kakang lahiran diharapan bunda yang dimetro, shane dimana lahirannya niy?hehe

20

Topic: Birth Certificate/Akta Kelahiran

missasoen
di limijati sama kaya jxmom :D
berarti sama aja ya di rs mana aja bandung sih lamaaaaa..

21

Topic: Birth Certificate/Akta Kelahiran

oic..betullsss, lama juga ternyata. Eh, tp kakang sebulan sekali "maen"nya ke limijati skrg,DSAnya prakteknya disana. lagi beresin imunisasi.hehehe..maaf kalo oot bumods ^^

22

Topic: Birth Certificate/Akta Kelahiran

Hi semua..
Aku baru gabung nih disini. Salam kenal yaaa..
Dulu Alvar lahir di RS ASRI Duren Tiga.
Disana mereka bisa bantu mengurus akte kelahiran, tinggal bawa buku nikah, KTP sama KK. Kalau memang belum bikin KK, KK lama (pas masih sama ortu kita, misalnya) juga gapapa. Sekitar sebulan kemudian aktenya jadi, tinggal bayar 350 ribu saja. Menurut saya ini lumayan murah ya. Daripada bolak-balik ngurus, nggak akan kelar sekali datang aja. Semoga membantu :)

23

Topic: Birth Certificate/Akta Kelahiran

wah sebulan mah, cepet banget dong mom amiranur.salam kenal juga ^^
Nunggu belon ditelpontelpon juga *pegelhati*

24

Topic: Birth Certificate/Akta Kelahiran

Halo Mamas...
Ikutan mau sharing yah mudah2an bisa membantu yang punya kasus yg sama..

Tiva lahir di RS Pondok indah dan suami ku WNA..
Setelah baca thread TUM aku dapat perkiraan harga yg cukup mahal kl mau minta bantuan RS.. alhasil aku bertekad ngurus sendiri..
Karena Tiva bisa dapet 2 kewarganegaraan maka aktenya pun harus diurus di kedua pihak..

1. Untuk Akte WNA:
Suami ku ke embassy (suamiku perancis) membawa: SKL, Buku Keluarga Asing, FC Akte Kelahiran Suami, FC KTP Istri..
sehari jadi.. paling telat 30 hari setelah kelahiran...dan GRATIS!!! XD

2. Untuk Akte WNI:
Rencananya mau minta tolong pak RT untuk ke kelurahan.. waktu itu disuruh siapin FC KK (masih ikut orang tua status belum menikah) FC KTP, FC Buku Nikah, FC Passport Suami..
Sedikit detail, aku tinggalnya di Cinere, jadi masuk Depok..
Setelah beberapa hari, aku baru di telp pak RT, ternyata anak yang lahir di DKI sudah tidak bisa bikin akte di Depok (peraturan baru katanya) jadi musti ke catatan sipil DKI dulu, baru balik kekelurahan Cinere untuk pisah KK dan update KTP..

Berhubung aku gk tau bisa minta tlg siapa ke catatan sipil DKI.. akhirnya aku dan suami nyerah, dan minta tolong RS..
Singkat cerita kl minta bantuan RSPI:

Untuk Suami Istri WNI :
[list=*]

  • Limit waktu maksimal 55 hari[/*]
  • Biaya normal 390.000 + materai 6.000[/*]
  • Biaya kalau telat 850.000 + materai 6.000[/*]
  • Akte jadi setelah 2 minggu[/*]


    Untuk Suami Istri yang ada WNA nya :
    [list=*]
  • Limit waktu maksimal 10 hari[/*]
  • Biaya normal 850.000 + materai 6.000[/*]
  • Biaya kalau telat 1.250.000 + materai 6.000[/*]
  • Akte jadi setelah 3 minggu[/*]


    Agak kesel dan keki dengan peraturan di Negara kita yang riweh dan semuanya musti bayar :'(

    maaf kalau jadi curhat dan panjang lebar Mamas.. :)
    Mudah2an bisa membantu... :)

  • 25

    Topic: Birth Certificate/Akta Kelahiran

    Alhmdlillah, aktenua Tiva selesai juga Mamas.. Dan hanya dalam waktu 2 minggu..
    Tapi kok di aktenya tulisannya "kutipan akte kelahiran" / "exceept of birth certificate" ya? Dan bukannya "akte kelahiran" saja? Memang begitu kah sekarang? Atau karena urusnya telat itu yah?
    Mamas di akte kelahiran anaknya tertulis apa kah?