1

Topic: Birth Certificate/Akta Kelahiran

punya anakku jg sama koq, tulisannya kutipan akta kelahiran/excerpt of birth certificate. Dan ngurusnya ga telat alias normal2 aja. btw, surat nikah aku jg tulisannya gitu lho, kutipan akta pernikahan. mgkn skrg gitu semua kali ya..

2

Topic: Birth Certificate/Akta Kelahiran

aaaahhh, jd ga sabar pengen cepet liat akte anakku, masih belon beres juga udah mu 5 bulan *pukulpukultembok*

3

Topic: Birth Certificate/Akta Kelahiran

Duuhh baca2 ini kok pada lama2 yaa.. aku aja nunggu 40 hari bwt akte lahir anakku kayaknya dah brasa lamaaa gituu.. kenapa ya bisa lama? tapi kenapa juga lama pembuatan itu gak kompak antar daerah 1 dengan daerah yg lain? klo emang lama, ya harusnya semua daerah juga lama, tapi kok ya ada juga daerah yg cepet, ada yg setengah cepet, ada yg agak lama, ada yg lama buangeeettt...:(
Kalo ada mamas TUM yg kerja di bag. kependudukan jelasin duuunkkss.. penasaran deh saya.. :D

4

Topic: Birth Certificate/Akta Kelahiran

hai moms, ikutan share yaa... klo akte itu kayaknya memang "kutipan akte", berlaku juga untuk Buku Nikah.

Waktu kemarin membuat akte kelahiran untuk si adik, suami pilih untuk urus sendiri saja karena biaya pengurusan yg relatif lebih mahal daripada kalau urus sendiri n waktu pengurusan yg memakan bbrp minggu.. alhamdulillah sih di Bogor menurut saya cepat, 1/2 hari selesai untuk membuat KK baru (tapi yaa itu kudu ditunggu di tempat) dan selanjutnya 10 hari kerja (2 minggu) untuk akte kelahirannya. Urutannya agak aneh, yaitu si baby harus masuk ke KK (berarti bikin KK baru sekalian) baru deh si KK tadi jadi syarat untuk membuat akte beserta fotokopi bbrp dokumen spt KTP ortu n surat nikah (sy lupa persyaratannya). Biaya gratis asal dibuat kurang dari 60 hari setelah kelahiran, hanya bayar 5ribu untuk sampul plastik.

Nah, saya juga mau share bagi para mommies yg anaknya lahir di luar negeri dan punya surat keterangan lahir yg dikeluarkan oleh KBRI setempat (bukan surat keterangan lahir yg dari RS yah). Kalau pulang ke Indonesia harus melaporkan ke kantor kependudukan setempat dan akan dibuatkan surat keterangan telah lapor diri untuk si anak-- yg intinya menyatakan bahwa si anak ini punya surat keterangan lahir yg memiliki kekuatan hukum yg sama dengan akte kelahiran, karena dikeluarkan oleh perwakilan pemerintah RI di negara tempat lahirnya. Jadi semacam surat keterangan tambahan supaya kita gak repot2 membuat akte kelahiran lagi dan surat keterangan lahir yg dikeluarkan oleh KBRI tsb bisa dipakai untuk keperluan formal anak misal ketika mau masuk sekolah dll.
Untuk membuat surat lapor diri ini persyaratannya gak jauh beda dgn persyaratan akte, hanya pakai tambahan surat keterangan lahir asli & fotokopinya. Hope this helps yaa mommies :)

5

Topic: Birth Certificate/Akta Kelahiran

sujud syukur... ada yg posting ini, minggu depan perhitungan anakQ lahir en baru2 aja kepikiran proses aktanya entar gimana. berguna banget nih ] kebetulan suamiQ juga WNA dan rencana mau bikin dua warga negara, tapi masih dipertanyakan Indonesia - Ceko tuh bisa apa engga. tapinya lagi, menurut teman senasib kawin sama org sana yg sekarang tinggal di bali bisa sih, ya, ikutin aja. hehe.
aQ sih KTP udah berstatus kawin, tapi masih KTP Magelang. KK juga masih ikut ortu. padahal sekarang tinggal di Jogja, rencana mau bikin eKTP jogja, tapi males banget. baru aja bikin KTP, masa suruh bikin lagi? x_x
sama sekalian bikin KK sendiri. tapi liat info Mamanya Tiva kayanya pake KK numpang ortu bisa ya? cuma ngefek ga ya ntar kena masalah pas kita mulai serius bikin KK sendiri tapi anakQ udah jadi aktenya?
mending gimana ya moms?
dan ternyata mahal banget ya ngurus anak dgn ortu beda negara...? yg perlu ditakutkan kalo Q prediksi malah bukan di embassy nya suami kali ya? tapi birokrasi di indonesia. dulu waktu mau nikah mereka ga mempersulit sama sekali, kaya udah biasa menghadapi kasus warga mereka yg menikahi wn lain. tapi giliran ngurus administrasiQ di kelurahan,capil,dkk wueee....


mrs.peachy
A: ttg akte lahir anak yg pasangannya wna
- seandainya, d akte lahir cuma tercatat ibunya aja, bakalan ada masalah apa aja kedepannya ?

ah, itu mah kayanya masalah di orang2 yg masih nganggep 'ih, anaknya ga punya bapak nih...' temen2Q banyak koq yg terpaksa anaknya aktenya cuma ditulis ibunya doang dengan kasus bermacam2, yg sudah resmi menikah ataupun tidak. nanti urusan sekolah dan administrasi kayanya ga ada efek apa2 koq. malah Dsog Q yg pertama curhat, anaknya dpt org afrika en cucunya aktanya cuma ditulis ibuknya doang. kalo masalahnya dikira punya bapak ato engga, punya koq. Nih! *tunjukin surat nikah*
kan kita begitu karena keterbatasan2 peraturan pemerintah yg kita ga bisa ubah karena tidak punya wewenang kan.

tapi baca postingan ibu2 ttg ngurus akte serumit ini, jadi kontraksi palsu nih. #eh?? mules maksudnya..

a wife of a crazy, amusing, charming comedian
a mother of a cute, magnetising princess :cool:

6

Topic: Birth Certificate/Akta Kelahiran

Hi all,
Waktu itu sempat bingung tentang akte untuk wilayah Tangerang Selatan, akhirnya udah jadi nih..
Bener harus urus masukin nama anak dulu ke kartu keluarga.
Terus kasih ke RS Eka, mereka ada yg urusin..

Nah, masalahnya, waktu akte nikah dulu, nama papanya dikasih tambahan marga keluarga sama catatan sipil *yg di akte lahir papa nya ga ada*. Protes ga bisa katanya..
Sudah kuatir nama bayi nya bakal ketambahan marga juga, padahal kita ngga mau.. Tapi ternyata pas akte udah jadi, sih ngga ditambahin, soalnya mereka ikut nama di KK yg sudah dibuat duluan dan nama di KK ikutan nama di Surat Lahir dari RS.

Tapi nama ayah nya (di keterangan anak dari siapa) ternyata ketambahan juga marganya, karena katanya disesuaikan dengan akte nikah

Nah sekarang agak kuatir, kalo nama ayah di akte anak ada tambahan marga gitu, ntar bakal ikutan nongol ga ya kalo misal si anak mengurus surat-surat lain, kaya ktp, paspor,dll.
Bakal dipersulit ga ya?
Ada yang punya pengalaman?

*ya mengingat di Indonesia, ketentuannya ga ada yang pasti, suka terserah petugasnya :(

7

Topic: Birth Certificate/Akta Kelahiran

setauku sih, ditambahin nama marga klo wktu bikin akte lahir, ortunya blm punya surat nikah. Setelah ortu punya surat nikah, anak akan diakui sm bapanya, & baru ditambah marga.
Tp klo pas bikin akte uda ada surat nikah sih ga akan ditambah2 lagi.
Aku ngalamin jg soalnya, nama di paspor, surat nikah &KK beda sm di akte lahir. Tp so far ga jd masalah sih, & ga ngaruh jg ke surat2 anak

8

Topic: Birth Certificate/Akta Kelahiran

Thanks JXmom, jadi pun ntar ditambah nama marga pun ga jadi bikin ribet yaa.. Kalo gitu jadi ga perlu direvisi ya akte nikah dan akte lahir baby nya..

9

Topic: Birth Certificate/Akta Kelahiran

[list=*]

  • [/*]
    Hi mamas, mau ikutan share.....
    Pas kelahiran anak kedua ini, udah niat mau ngurus akte sendiri tanpa bantuan rs. Berdasarkan pengalaman anak pertama sekitar 2 tahun lalu, biaya murah n proses gak ribet.
    Sebelumnya tanya ke RS tempat anak lahir, ada list syarat2 pengurusan akte, pas tanya biaya srkitar 390rb + materai 6000. Hm jd makin bulat niat ngurus sendiri. Setelah syarat2 lengkap, diserahkan ke ketua RT untuk dibuatkan pengantar, sore diantar, besoknya udah bisa diambil, trus lanjut ke ketua RW, besoknya udah siap.
    Langkah selanjutnya ke kelurahan, bawa KK asli untuk sekalian Nama anak dimasukkin ke kk. Disuruh balik 1 hari kemudian, surat pengantar ke dinas kependudukan dan KK bafu udah jadi. Di sini ditarik uang Rp 15rb. Surat pengantar n syarat2 lain dibawa ke dinas kependudukan, disuruh ngisi blanko. Diminta biaya Rp 35rb. Akte jadi 1 bulan. Mudah2an tepat waktu (baru kemaren ke dinas nya jd ambil aktenya baru tgl 1 nov nanti).
    Jadi total biaya Rp 50rb plus ongkos bensin (kelurahan n dinas kependudukan relatif gak jauh dr rumah jd ya habisnya gak seberapa). Kalau dibandingkan biaya kalau diuruskan RS ya lumayan menghemat. Sebenarnya kl baca di websitenya dinas kependudukan dan pencatatan sipil, pembuatan akte kelahiran selama belum telat (blm 60 hari), tdk dipungut biaya. Tapi ya dgn situasi di sini yg byk pungutan,biaya segitu masih bisa dibilang "wajar" lah. Biaya mahal oleh RS mgkn tmsk ongkos mempercepat proses yg hanya 2 mgg, dibandingkan kl ngurus sendiri yg 1 bulan. Krn gak terburu buru ya sabar aja

    loving my two princesses so much
  • 10

    Topic: Birth Certificate/Akta Kelahiran

    mau share juga nih, untuk pembuatan akte kelahiran di KOTA yogyakarta. kasusQ, ktpQ non jogja (masih Magelang), kk masih ikut bokap belum bikin sendiri, suami WNA.

    Q ngajuin tanggal berapa juga lupa, tapi jadinya cepet, ga ribet, (sebenarnya) gratis, dan bener koq. kalo ga salah kurang dari tgl 10 okt kemarin ngajuin, tgl 12 okt udah jadi. awalnya dikasih tau ortu temen se inkubator anakQ, ngurusnya harus ke RT, RW, kelurahan segala. ribet banget ngebayanginnya harus balik ke magelang ke kantor2 pemerintahan ini itu. bingung juga harus rt rw kelurahan asal apa domisili. akhirnya nekat langsung ke capil, dan ternyata... enak bangeeet moms..... dari luar jogja ga perlu ke rt rw segala.... langsung isi formulir, bawa persyaratan:
    1. copy kk
    2. copy surat nikah
    3. copy ktp
    4. copy passport dan/atau kitas (untuk suami wna)
    5. surat keterangan kelahiran dari rs (aseli)
    6. saksi 2 orang (punyaQ ini ga gratis x_X)
    (no 1-4 dilegalisir semua - notaris bisa, deket kantor ada kata salah satu pegawai capil)
    eh, ternyata bisa langsung kelar juga hari itu karena kita bawa semua. jadi sekalian aja didaftarin.
    saksi kalo bawa sendiri ya gratis, tis, tis. tapi berhubung waktu dateng ke capil dlm rangka nekat cari informasi langsung ke situ cuma bawa syarat2 dokumen aja tanpa persiapan saksi yah akhirnya ditawari saksinya nyari di situ / 2 org pegawai capil ditunjuk aja dan kita kasih tanda terima kasih, terserah berapa - paling krik2 kalo ketemu yg begini. waktu itu kita kasih 100rb buat 2 org akhirnya)

    nanti dikasih nota pemesanan gitu, dan jangan lupa waktu ngambil dibawa. itu syarat pengambilannya. jadi jangan sampe ilang.

    nama suami tercantum koq dalam akta. Q sempet tanya juga, dan si bpk petugas capil jawab: 'ya ditulis to... wong anake Bracov koq ora ditulis.' dan benar tercantum. tgl 12 Q ambil dan prosesnya cepet, tulisannya bener. Puji Tuhan... Trudy udah punya akte lahir.

    a wife of a crazy, amusing, charming comedian
    a mother of a cute, magnetising princess :cool:

    11

    Topic: Birth Certificate/Akta Kelahiran

    Mau sharing soal pembuatan " kutipan akta kelahiran"
    Aku n suami ktp bekasi, lahiran di jakarta (rs islam)

    Waktu itu tau bisa ngurus akta di rs lgsg aja setuju ngurus di rs, males sama birokrasi pemerintahan yg ribet y ujung2nya biasanya duit (pengalaman ngurus ktp pindah domisili "ditembak" 150rb/ktp aji gileee).
    Ngurus akta di rs islam mudah bgt, syaratnya :
    1. Bayar adm 100rb di muka
    2. Surat keterangan lahir dr rs islam tentunya
    3. Fc kk
    4. Fc ktp ortu
    Jadinya 45 hari kerja. In fact, pas anakku 2 bulan itu akta jadi.

    12

    Topic: Birth Certificate/Akta Kelahiran

    Halo mamas/papas.
    Aku berdomisili di Tangsel, tapi KTP-ku Bengkulu.
    Insya Allah pertengahan tahun ini mau melahirkan anak kedua di Tangsel (anak pertama lahir di Bengkulu jadi ngurus aktanya ga ribet).
    Hasil baca2 di thread ini, kurang lebih yang nanti harus aku lakukan utk ngurus aktanya sbb:
    1. Dg membawa Surat Ket Lahir dari RS/klinik di Tangsel, urus pembaharuan KK di Bengkulu sesuai dengan anggota keluarga baru.
    2. Akta diurus di Tangsel (sesuai tempat lahir) dg membawa fc KTP, SKL, dan fc KK yang baru.
    Gitu ya? Adakah yg kurang?
    CMIIW please..

    13

    Topic: Birth Certificate/Akta Kelahiran

    Mama vieni, mei thn lalu gw ngurus akte sendiri gapake bayar apapun kok. Jadinya sama lama nya sama yg ditawarkan rumah sakit.

    anjaniMY,
    Ktp, buku nikah, akte kakak nya juga. Fotocopy 2x semua dan bawa aslinya jg. Oya jangan lupa bawa 2orang saksi buat tanda tangan. Saksi jg bawa fc ktp.

    Indribracov
    Beli saksi orang capil itu pengalaman gw yg pertama.
    Waktu anak k2 orang capilnya gada yg mau jd saksi n dibayar. Untungnya gw bawa mertua ma ipar (berdayakan sodara haaahah). Nah org2 yg ga bawa saksi lucunya saling menjadi saksi satu sama lain biar urusan kelar :D bisa dicontoh buat mama lain kl lupa bawa saksi gausah bayar, tp saling tolong menolong aja sesama pendaftar hehehehehe

    Bussy life...happy life...

    14

    Topic: Birth Certificate/Akta Kelahiran

    Oiya ya buku nikah.
    Hah akta kakaknya juga perlu? Okedeh dicatet..
    Thanks dewiamel.

    15

    Topic: Birth Certificate/Akta Kelahiran

    Ikutan sharing aja, untuk wilayah manado khususnya di RSIA kasih ibu.
    Syaratnya: fc KTP suami+istri (punya kami ktp jabar), fc akte nikah, fc KK, surat keterangan lahir dri RSIA sama biaya admin 85rb, prosesnya cuma 5 hari. Jd pas kluar rumkit dah ada akte.

    I Love U Mom

    16

    Topic: Birth Certificate/Akta Kelahiran

    ikutan share..
    Anakku kmrn lahir d RS Qadr, kab tangerang
    prosedurny, masukin nama anak d KK dulu.
    Relatif mudah, masuk berkas dkecamatan tgl 6, tgl 14 dah selesai. biaya resmi gratis, kec mo kasih skdr 'uang rokok'..

    Utk akteny, mmutuskan urus lwt org d RS krn lokasi dukcapil lumayan jauh dr rmh. Urus lwt jasa gitu, cm kena charge 100rb.. lumayan murah.. :)

    17

    Topic: Birth Certificate/Akta Kelahiran

    cynkoirewa
    murah ya mom, di RSIA tempat aku bersalin biaya nya 150.000

    18

    Topic: Birth Certificate/Akta Kelahiran

    Mama, mau tanya dong. Masih bingung soal affidavit. Maaf kalo salah masuk thread.. Begini ceritanya.. Kami kan sedang proses akta lahir Trudy + akta nikah kami yg dikeluarkan/disahkan pemerintah Ceko. Ternyata lama banget prosesnya. Padahal keburu dibutuhkan utk urus paspor ceko + affidavit + paspor Indo krn rencana taun depan kami mengikuti si bapak yg mau balik ke ceko. Kalo proses affidavit dilakukan di negara kebangsaan satunya bisa ga ya? Jadi kita bikin paspor Indonesia dulu terus pas di sana kita mohon affidavit + bikin paspor ceko, mungkinkah? Please help ya mama sekalian... Kalo ada yg mau share pengalaman serupa.. TIA :)

    a wife of a crazy, amusing, charming comedian
    a mother of a cute, magnetising princess :cool:

    19

    Topic: Birth Certificate/Akta Kelahiran

    IndriBracov,

    aku bukannya punya pengalaman pribadi sih, tapi dulu pekerjaanku menyangkut urusan ini waktu masih kerja di perwakilan asing. Kalo di Indonesia affidavit itu kan urusan Dirjen Imigrasi yah... kurasa di Ceko juga seharusnya sama, nah pertanyaan-nya apakah negara Ceko juga mengenal sistem affidavit ini? Kalo iya, mungkin bisa minta bantuan melalui konsulat/kedutaan Ceko untuk menanyakan dulu ke pihak imigrasi sana apa & bagaimananya. Atau mungkin pihak keluarga suami di sana bisa bantu menanyakan dulu?

    Bagaimana persyaratan pembuat paspor Ceko utk anak? Apakah cukup dengan akte lahir & akte nikah yg dikeluarkan oleh Ceko? Kalau iya, berarti harusnya pembuatan paspor Ceko tak ada masalah. Keluar dari Indonesia bisa memakai paspor ini dulu, hanya harus mengurus exit permit di Dirjen Imigrasi (tapi ini cek ulang dulu yah ke sana, mom. Pengetahuanku mungkin udah gak update)

    Nah, berarti kemungkinan akan menemui masalahnya justru di pembuatan paspor Indonesia di sini, karena untuk itu dibutuhkan akte lahir Indonesia (kalo misal sampai saat ini belum punya yah... karena kalo anak-anak kan sudah boleh dwi-kewarganegaraan, jadi selain akte lahir Ceko, bisa mendapatkan akte lahir Indonesia) + akte nikah Ceko yg sudah didaftarkan ke Capil Indonesia. Kalo memang sedang diurus tapi tidak keburu selesai sebelum pergi, paspor Indonesianya masih bisa diurus nanti di KBRI di Ceko sana & ditempeli affidavit oleh pihak Imigrasi (kalo memang memungkinkan).

    Hanya saja, setahuku dulu, kalo keluar-masuk Indonesia nantinya harus selalu dgn paspor yg sama yg digunakan saat keluar. Dgn kata lain, kalo keluar dgn paspor Ceko sekarang, nanti kalo masuk Indonesia lagi harus pakai paspor Ceko juga (berarti ada kemungkinan harus urus visa), walau nantinya sudah punya paspor Indonesia.

    Tapi sekali lagi, sebaiknya semua informasi ini dicek & ricek ulang lagi dgn instansi2 terkaitnya yah, mom... Hanya mudah2an info ini bisa sedikit membantu :)

    Atau mungkin mudah2an ada mommy lain di sini yg punya pengalaman pribadi dan lebih bisa share...

    20

    Topic: Birth Certificate/Akta Kelahiran

    Waduh ngurus akte lahir itu ternyata lama banget ya? Padahal perlu buat bikin pasport...

    21

    Topic: Birth Certificate/Akta Kelahiran

    Owalah, berarti persepsiku tentang affidavit masih salah ya. Aku pikir itu aturan di seluruh dunia, jadi semua negara harus punya kalo mau ngesahin seseorang punya dwi kewarganegaraan. Dan aku jelasinnya ke suami semalem, 'affidavit itu kaya menjelaskan kalo pemilik 2 pasport itu satu orang, jadi harus didaftarin biar ga rancu' #denganSotoynya hahahahahaha!
    Terus nih meg, kayanya suami masih bingung soal affidavit ini karena merasa di ceko ga perlu. Nah kalo dmikian kasusnya berarti bisa bikin paspor Indo dulu ya (akta nikah ortu + lahir anak di sini sudah ada)? Ntar pas di ceko bisa bikin langsung paspornya? Kira2 gitu bisa ya - tentunya dengan memastikan dulu di sana emang ga butuh affidavit?
    Kalo keluar masuk harus pake paspor yg sama, kayanya kita bakal tend to use Indo passport deh. Soalnya menurut pengalaman suami, untuk anak seumuran Trudy (1y) - sampe umur berapa aku lupa - visa gratis. Sepertinya lebih memudahkan begitu ya? ??? ? ??? ? ??? *ga mau repot*
    Thanks banget ya meg buat infonya. Jadi lebih ada pencerahan *phew...*

    a wife of a crazy, amusing, charming comedian
    a mother of a cute, magnetising princess :cool:

    22

    Topic: Birth Certificate/Akta Kelahiran

    Indri,

    Tergantung hukum kewarganegaraan-nya Ceko gimana, mom. Kalo mereka mengakui & menerima dwi-kewarganegaraan tanpa banyak repot gono-gini kyk di sini & menganut asas ius sanguinis (kewarganegaaraan berdasarkan pertalian darah, alias selama salah satu ortu memang pemegang kewarganegaraan itu, maka sampai kapanpun si anak akan tetap diaku sebagai warga negara sana). Maka harusnya gak ada kesulitan ngurus paspor di sana.

    Coba pasti-in aja dulu persyaratan pembuatan paspor Ceko-nya di sana apa aja. Kalo persyaratan surat-suratnya memang sudah lengkap semua, sepertinya memang lebih baik buat paspor Ceko-nya nanti di sana saja. Atau kalau memang masih keburu diurus sekalian di sini, yah sekalian aja, jadi udah beres dua2nya & di paspor Ceko-nya bisa ditempelin affidavit sm Imigrasi kita.

    Kalo hanya keburu salah satu, mungkin memang lebih baik urus paspor Indo-nya dulu, tapi mungkin harus minta visa Ceko untuk berangkatnya nanti (tergantung mereka aturannya gimana).

    Affidavit tuh sebenarnya kyk semacam izin tinggal permanen yg ditempel di paspor asing anak (padahal kalo anak yg sudah jelas juga WNI utk apa harus punya izin lagi utk tinggal di negaranya sendiri? hehehe... ini comment-ku aja sih, pemerintah kita memang suka aneh2 :D).

    Memang ribet urusan2 kyk gini, mom. Tapi kalo gak sekalian dikerjain dgn benar dr awal, bakal nemuin kerepotan yg lebih ribet lagi di masa mendatang, jadi mending repot2 sedikit sekarang daripada pusing nantinya hehehe...

    23

    Topic: Birth Certificate/Akta Kelahiran

    deeoz55,

    Kalo aku dulu ngurus via RS-nya, selesai dalam sebulan. Cuma di aku dulu sempat mundur sekitar 10 hari gara2 di akte nama ortu ada yg salah ketik, jadi minta ganti baru sama Capil.

    24

    Topic: Birth Certificate/Akta Kelahiran

    Baca penjelasannya meggy kaya nemu pundak utk bersandar. *sesegukan* :')
    Iya, emang ribet bin ruwet kalo ngurus kaya gini. Jadi inget dulu ngurus proses nikah di sini lamanya minta ampun, di sana cuman berapa hari doang jadi, bahkan lebih cepet dari wkt dokumen2nya dikirim via DHL ke sini :D *maaf oot*
    Tadi suami udah telefon kedubes ceko, katanya proses di sana tidak memerlukan affidavit. Dan yak, betul (baru tahu istilahnya) mereka berasas ius sanguinis. Lahir dimanapun, mau yg ceko bpk/ibunya tetap akan diakui. Bahkan ke anak di luar nikah, tapi bapaknya ceko, tinggal disuruh tes DNA. Bahkan di ceko diijinkan berwarga 3 negara tanpa batas umur (yaelah) ? ini aku nginfo (share) doang ya siapa tahu ada mama/pembaca yg sedang mengurus hal serupa.
    Dan kembali ke pertimbangan setelah dpt informasi sana sini, kayanya emang bakal bikin paspor indo dulu deh, biar besok balik ga perlu visa lagi - ini juga aku belum paham kenapa ya walau udah tercatat wni juga harus minta visa lagi. Haaaaaaah...masih harus ngos2an lageee ngurus ini itu lagiii :D

    a wife of a crazy, amusing, charming comedian
    a mother of a cute, magnetising princess :cool:

    25

    Topic: Birth Certificate/Akta Kelahiran

    Baca penjelasannya meggy kaya nemu pundak utk bersandar. *sesegukan* :')
    Iya, emang ribet bin ruwet kalo ngurus kaya gini. Jadi inget dulu ngurus proses nikah di sini lamanya minta ampun, di sana cuman berapa hari doang jadi, bahkan lebih cepet dari wkt dokumen2nya dikirim via DHL ke sini :D *maaf oot*
    Tadi suami udah telefon kedubes ceko, katanya proses di sana tidak memerlukan affidavit. Dan yak, betul (baru tahu istilahnya) mereka berasas ius sanguinis. Lahir dimanapun, mau yg ceko bpk/ibunya tetap akan diakui. Bahkan ke anak di luar nikah, tapi bapaknya ceko, tinggal disuruh tes DNA. Bahkan di ceko diijinkan berwarga 3 negara tanpa batas umur (yaelah) ? ini aku nginfo (share) doang ya siapa tahu ada mama/pembaca yg sedang mengurus hal serupa.
    Dan kembali ke pertimbangan setelah dpt informasi sana sini, kayanya emang bakal bikin paspor indo dulu deh, biar besok balik ga perlu visa lagi - ini juga aku belum paham kenapa ya walau udah tercatat wni juga harus minta visa lagi. Haaaaaaah...masih harus ngos2an lageee ngurus ini itu lagiii :D

    a wife of a crazy, amusing, charming comedian
    a mother of a cute, magnetising princess :cool: