1

Topic: Asuransi Jiwa

Setelah kemaren ikut seminar Ligwina, agak melek dikit tentang Asuransi jiwa. Sebenarnya suami udah punya asuransi ini, nyatu dengan asuransi kecelakaan, baru join tahun kemaren. Tapi setelah dipelototin lagi polisnya, Uang Pertanggungan (UP) kecil banget ya hanya sekitar Rp100jutaan. Padahal perhitungan dasar UP ini adalah = Pengeluaran (dalam setahun) x 10.

Bisa sharing mamas, ada yang udah punya asuransi jiwa. Jenis asuransi jiwa yang diikuti? seberapa pentingkah asuransi ini dalam financial keluarga? yang tertanggung siapa aja? Maafkan ya kalo pertanyaannya banyak sekali :)

2

Topic: Asuransi Jiwa

wah, topiknya menarik sekali..
Gw juga gak begitu melek soal asuransi2an, ikutan cuma asal ikut2an aja.
Ngikutin tradisi keluarga dan suami.
Tapi yg kerasa banget manfaatnya waktu ibuku meninggal dunia tahun lalu, asuransinya cepet gitu prosesnya.
Kalo gak salah ibuku pake asuransi jiwa john hancock/bumi putera.
Mau ikut nangkring di thread ini ah, pengen tau..

a life-enjoyer mama :)
www.ekadeau.blogspot.com
@ekadeau

3

Topic: Asuransi Jiwa

bundanya lana..gw jg lagi cari2 asuransi jiwa nih..

ini ada beberapa teori, if u don't mind me sharing..

sejauh yg pernah gw baca di web-nya qm, dan web2 org2 yg melek finance & asuransi, asuransi jiwa yg sebaiknya diambil adalah yg asuransi jiwa murni yg berupa term-life (berjangka). jadi kita bisa pilih mau ambil berapa lama. paling pendek adalah 1 thn, yg paling lama setau gw max smp 20 thn.

bedanya antara yg pertahun dgn yg lgsg beberapa thn adalah preminya. kalo 1 thn, preminya lebih kecil. tapi kalau perpanjang lagi, pasti ada kenaikan tiap tahunnya.
kalo yg langsung beberapa thn (5/10/15), preminya lebih besar dr yg 1 thn, tapi enaknya, itu flat sampai akhir masa asuransi yg dipilih.

trus yg sebaiknya ditanggung adalah kepala keluarga, atau siapa pun yg penghasilannya menopang hidup keluarga. dan uang pertanggungan yg sebaiknya diambil adalah 10x
penegluaran pertahun, jadi just in case meninggal *knock on wood..*, keluarga masih bisa survive kurleb slm 10 thn.

gw pernah ambil asuransi jiwa buat suami yg berendeng sama investasi alias unit-link dari asuransi M. br jalan setahun, cuman pengen distop stlh dpt pencerahan dr baca2 di qm, lagian jg up-nya gak seberapa.

skrg lg proses milih antara AI* atau C*gna..kalo dr pilihan kedua, awalnya gw mo ambil asuransi kesehatan murni, buat nambahin asuransi dr kantor suami yg limitnya tdk terlalu besar..ternyata ada jiwanya jg. bingung euy..oke-an yg mana..

bundanyalana sharing lg dong yg dibahas di seminar itu apa aja..dikasih gak panduan gn memilih asuransinya? krn belanja asuransi kan bener2 hrs teliti..

4

Topic: Asuransi Jiwa

Waaah makasi bt bunda nya lana yg udah buka thread ini..aq bner2 buta ama asuransi jiwa..pdhl baru sdar,suamiQ kja ny mnerjang bahaya bgt tp gk dcover asuransi jiwa..lg mau bkin tp bngung,.. Msh nge-blank bgt,.gk mau bkin ksalahn yg sama ama unitlinkQ itu huhu..

*duduk manis bawa notes bt nyatet2 ilmu baru*

5

Topic: Asuransi Jiwa

Ipeh,
Gue pake AsJi Manulife (term life) plus tambahan rider Pro-Active (untuk penyakit kritis). Baik gue dan suami punya masing2 dengan UP yang sama.
Awalnya Finplan gue bilang AsJi gue kebanyakan, tapi terus jadi cukup karena gue lagi hamil anak ke-2 :p

Preminya murah karena gue dan suami mulai sebelum usia 30 thn, setahun paling abisnya 3-4juta utk UP yang jauh lebih besar dari your AsJi.

Oh ya, UP rider tambahan gue 1/2 dari UP AsJi utama dan ini yang bikin premi rada mahal. Sebelumnya mah cuman ratusan ribu.

Krn term life, maka kalo kita ngga bayar akan putus aja gitu dan tidak seperti Unit Link, tidak ada porsi investasi apapun. Tapi menurut suami, kita beli AsJi utk proteksi bukan untuk investasi jadi ya gpp, lagipula murah sih. Rencananya gue akan terus punya AsJi sampe 20 thn (waktu itu sih mikirnya karena 20 thn lagi Raka udah mau selesai kuliah dan bisa cari duit sendiri hihihi).

And thelilsolder is back. Fire!

6

Topic: Asuransi Jiwa

Tggu2...aq sbnrnya gak paham ama konsep asuransi jiwa ini...bisa ada yg bantu gk? Blank bgt ni...

Jd asji itu term life ya? Qta yg menentukan smpe.brp lama? Klo max 20th trs *mudah2n ya Tuhan* suamiQ si pencari nafkah gk knp2,uang ny akan balik ke qta ato gak? Trs krn bukan investasi itu jd ky uang ilang ya..aduuh maap ya pertanyaannya basic bgt..aq bner2 gak mudeng..cmn baru sadar,suami btuh asji soalnya kerja di lokasi yg tmasuk berbahaya dan gak dcover asji kcuali jamsostek

7

Topic: Asuransi Jiwa

d1andra7
kalau term life akan hilang say. yang kita beli adalah proteksi, bukan investasi. preminya murah kok. tergantung umur biasanya.. dulu gue cuma Rp600.000/thn untuk UP yang jauh lebih besar daripada UP yang disebutkan Ipeh.

Bisa baca di sini penjelasan ttg Term Life vs Whole Life ya http://www.asuransijiwaku.com/whole-life-vs-term-life.html

Kalau menurut QM, tidak perlu Whole Life karena ngga realistis.. kecil kemungkinan seseorang mencapai usia 99 thn (gitu katanya atau gue salah nangkep).

And thelilsolder is back. Fire!

8

Topic: Asuransi Jiwa

Waaaah thelilsoldier makasi bgttt bt infonya...lgsg melaju ke tkp...emg join TUM byk bgt manfaatnya...jd gak blank2 amet ama urusan kaya gni... *hugs*

9

Topic: Asuransi Jiwa

Thelilsoldier, Inga Asuransi Jiwa yg UP 100juta ini nyatu dengan asuransi kesehatan & kecelakaan, dan gue ikut juga MPP (produk Unit Link dari M***L***) investasi & ass jiwa, akhirnya gue tutup. Kemaren ditawarin asuransi Jiwa Proakctive & Pro active Plus, ada kalkulasinya gak Nga dalam penentuan term-ini. Laki gue umurnya 29, kira-kira kalo gue ngambil 20tahun yang berarti Lana berumur sekitar 22tahun (insya Allah udah lulus kuliah), reliable kah? Preminya sekitar 4-5juta per tahun. Masukannya ya Nga.

diandra17, Sama-sama bu, kurangngerti ass jiwa ini dan awalnya udah kejebak dengan Unitlink, akhirnya menyesel juga dan ditutup. Sebagai gantinya mesti buat Ass jiwa murni (not unitlink) dan investasi, buat terpisah. Mari kita sama-sama belajar :)

mutti-mitha, sebenarnya yang dibahas adalah investasi, asuransinya dibahasnya dikit dan selewat aja. Tapi yang paling ngena oleh paparan Ligwina, kalo ngambil Unit Link, hasil investasi ternyata tidak sesuai dengan harapan (gak maksimal karena returnnya yang sekitar 14-20%), UP asuransi jiwa hanya sekitar Rp 100jutaan (masa nyawa suami senilai dengan mobil avanza). Ngambil UL salah kaprah, kecuali kalao investasinya sudah sesuai harapan masing-masing pesertanya. Hasil seminarnya udah dikirim ke TUM buat jadiin artikel, kita tunggu ya :)

10

Topic: Asuransi Jiwa

bundanya lana aq jg ada unitlink tp UP nya aq..dl bkin pas aq msh kja tp skrg ud ibu rumahan..trs aq pgn nutup tp kt suami jgn..bt nambah2n uang pangkal kuliah..jd anggep uang ilang aja katanya..bner gk sih ky gt? Aq jd gamang,gk pnya dsr yg kuat bt debat ama suami..maklum org tuaQ PNS jd smua ud dcover gak paham ky gnian..kulQ pn teknik..jd bner2 blank..skrg aj baru mulai melek asuransi ama investasi haha

thelilsoldier brati kl aq bkin asji buat suami skrg blm tll telat ya..suami thn ni baru 25 *nikah muda soalnya pas 23* trs term life tu max 20th ya? Bs gk 25th..mohon bantu ya...

11

Topic: Asuransi Jiwa

mama Ipeh dan d1andra7
hihihi gue bukan agen jadi ngga tau juga.. yang pasti lebih jauuuh lebih murah drpd unit link gue waktu itu. skrg sih gue bayar 3-4 jutaan/perthn (udah berdua suami), jadi pengeluaran tahunan gitu.

And thelilsolder is back. Fire!

12

Topic: Asuransi Jiwa

Wakakakak...baiklah...mulai mncari2 agen d..nt kl ud dksh ilustrasiny aq nanya2 lg dsni yaaa...btw kl mis kn mau nanya2 simulasi manulife,aq hrs ke kntr ny ya?

13

Topic: Asuransi Jiwa

Maap Inga, mau minta pendapat aja klo kira2 gue ngambil 20tahun,masih realible kah? Gue bingung penetapan term-ny Nga. Takut gue ambil 10yr misalnya trus selesai kontrak Lana masih kuliah, gue lanjutin lagi preminya lebih mahal lagi.

14

Topic: Asuransi Jiwa

Bundanya Lana ... Kayaknya kita ikut seminar yg sama dehhhh :), senangnya thread ini dibuka ... Belum belum sudah dapat banyak info .... (meluncur ke tkp yg dikasih the little soldier) ... Thank youuu

15

Topic: Asuransi Jiwa

Ipeh,
waktu itu gue ngambil 20 thn karena pertimbangan suami adalah usia anak yang udah siap cari duit sendiri. tapi waktu konsul sama QM katanya 10 thn cukup.

d1andra7,
gue telp aja sih, biasanya agennya dengan gencar akan menawarkan produk dan ngedatengin kita. siap-siap aja.. :LOL:

And thelilsolder is back. Fire!

16

Topic: Asuransi Jiwa

Ipeehh,
Thread ini menariikk!! Soalnya yg udah berkeluarga musti kudu wajib punya deh, apalagi kepala keluarganya..

Kalo gw, sama ama Inga..
Akhirnya pake term life setelah melek bener2 ttg asji, meleknya gara2 wkt itu mau jadi agen tp ga jd heuehuehu, tp ya itu untungnya jd tau deh untung rugi produk asji..
Dulu gw ma suami sempet jg punya asji yg unitlink dan setelah diliat UPnya alamaak kecil bgt! Jadilah kita gugling perusahaan yg masih ngeluarin produk term life ini dan jatoh ke AI* dg tambahan rider kecelakaan dll, UPnya bisa jauhh lebih besar dr unitlink dan bener preminya murah sekitar 4 jt(per tahun). Dan dg punya asji jd bener2 tenang...
Linknya inga bagus tuhh, nambahin aja kalo fav gw soal keuangan ini http://catatankeluargamuda.blogspot.com

Reborn since El was born
@inicrey

17

Topic: Asuransi Jiwa

Haha bkal agresip kayanya ya...iya aq jg baru browsing di qm katanya

rekomendasi untuk usia < 35 tahun adalah Term 10 tahun.

Sementara untuk usia > 35 tahun menggunakan Term 20 tahun.

Artinya, lama pertanggungan hanya perlu selama masa produktif saja = mulai bekerja hingga usia 55 tahun. Setiap 2 tahun, rekomendasi asuransi ini pun harus terus direvisi dan disesuaikan dengan perkembangan karir si pemberi nafkah dalam keluarga.

18

Topic: Asuransi Jiwa

Inga, diandra. Makasihhhh masukannya *kiss2 muah* belom sempat buka link dari inga & crey, bukanya dari henpon soalnya. Siplah ngambil 10tahun aja kalo gitu.

Crey, iya asji ini penting banget ya, apalagi suami gue kerjanya SAHD gak kecover asuransi (termasuk kesehatan), makanya beli asuransi sendiri. Mudah2an banyak masukan di thread ini & bermanfaat untuk kita semua.

19

Topic: Asuransi Jiwa

Wah asik ada thread ini :)

Ikutan nanya, aku masih bingung gimana nentuin lama termnya itu. Apa berdasarkan usia pensiun si tertanggung, atau perkiraan usia anak udah bisa mandiri? Bisa aja kan misalnya bapaknya udah masuk usia pensiun tp anaknya masih usia sekolah.

Oya, klo asuransi jiwa yg sekalian asuransi kesehatan itu efektif ga sih? Apa mendingan pisah2 ya?
Maap malah nambahin pertanyaan :)

20

Topic: Asuransi Jiwa

waa..thread ini pass banget dengan kondisi sekarang yang lagi nyari asji...pernah baca di blognya darina kamil kalo ada juga asji yang ketika akhir masa perlindungan kita masih bisa dapet bagi hasil, asuransinya Tak*f*l, sekitar 80:20 jadi uangnya ga yang ilang2 banget, tp belum sempat cari2 info lebih lanjut siy tentang produk asji nya tak*f*l ini, sorry tak banyak membantu :)

21

Topic: Asuransi Jiwa

Halo mamas, ikutan nimbung ya :)

Saya juga baru ngeh ttg asuransi ini setelah rajin ikutan tanya jawab #MFM di twitternya QM Finacial + ikutan seminarnya Safir Senduk. Ama Ligwina jg sempet beberapa kali ikutan acara off air radio.

Kesimpulan yg saya dapat ttg asuransi atau proteksi kurang lebihnya begini :

1. Asuransi adalah proteksi, bukan investasi. Jadi antara proteksi atau investasi harus dipisah. Kalau diibaratkan, asuransi fungsinya seperti imunisasi, buat "jaga-jaga".

2. Proteksi juga ada bermacam-macam tujuan perlindungan, misal : jiwa, kesehatan, rumah, mobil, kecelakaan, dll.

3. Untuk menentukan kita butuh atau tidak proteksi tersebut, harus di skoring dulu kepentingannya benar-benar perlu atau ngga. Jangan sampe kita kebanyakan bayar premi. Sedangkan menurut rasio pengeluaran, normalnya besaran premi tidak lebih dari 10% total pendapatan kita perbln atau pertahun. Misal : premi per tahun 5 juta, gaji total pertahun 60 juta, berarti masih aman tuh rasio besaran bayar preminya.

4. Khusus asuransi jiwa, yang perlu diasuransikan hanya pemberi nafkah utama yang memiliki tanggungan atau orang yang memiliki hutang. Makanya salah besar kalau anak di kasih asuransi jiwa. Semua orang tua pasti kehilangan kalau anaknya meninggal, tapi secara finansial kan ortu ga dirugikan. Jadi filosofi asuransi jiwa ini adalah menggantikan nilai uang yang hilang karena resiko meninggal dunia.

5. Cara menghitung uang pertanggungan sebenarnya tiap financial planner punya teori yg beda. Tiap agen asuransi yg saya temui jg punya cara ngitung yg beda. Daripada pusing2, akhirnya diambil jalan pintas ngitung, yaitu total pengeluaran per bulan x 10 tahun. Diharapkan pada saat pemberi nafkah utama meninggal dunia, uang pertanggungan itu sementara bisa menggantikan biaya hidup yang terus berjalan untuk ahli waris yang ditinggalkan. Kenapa sih Cuma ngitung 10 tahun aja? Karena diharapkan juga si ahli waris berusaha mendapatkan penghasilan lain dalam waktu 10 tahun itu. Kasarnya sih, masa mau hidup dari uang asuransi aja.

6. Untuk asuransi jiwa, premi yang masuk akal untuk jumlah uang pertanggungan yang sesuai sama kebutuhan kita yaitu produk asuransi jiwa murni atau term life. Sayangnya ga semua asuransi punya produk ini, kalaupun ada pasti malah ditawarin unit link. Term life ini ada masa kontraknya, mulai dari 1 tahun sampai 20 tahun. Sesuai namanya yang asuransi jiwa murni, maka premi yang kita bayarkan tidak akan dapat manfaatnya kalau tidak terjadi resiko meninggal dunia. Kecuali untuk asuransi jiwa syariah, apabila diakhir masa kontrak tidak terjadi klaim, tetap ada nilai tunai, tapi tidak besar seperti asuransi whole life.

7. Jangka waktu kontrak term life yang ideal untuk usia dibawah 40 tahun adalah 10 tahun. Karena biasanya sebelum usia 40 tahun kondisi keuangan bisa berubah-ubah. Selain itu dilihat juga usia anaknya. Ketika anak sudah mampu memiliki penghasilan sendiri, ortu sudah tidak butuh lagi proteksi jiwa.

8. Pengalaman saya cari-cari info tentang termlife, saya dapat proposal dari 4 asuransi (3 asuransi konvensional, 1 asuransi syariah) dengan range harga premi dari 2,2 jt s/d 6 jt per tahun (UP 1 M untuk laki-laki usia 29 tahun dan tidak merokok). Akhirnya saya memutuskan pakai Manulife karena pertimbangan premi lebih murah dan ketika kontrak habis bisa lanjut diperpanjang tanpa proses underwriting ulang. Buat saya, bisa lanjut diperpanjang tanpa proses underwriting ulang penting, krn kita ga pernah tau apa yg akan terjadi. Amit amit nih ya, misalkan menjelang kontrak habis tau-tau sakit apa gitu, nah klo pake proses underwriting ulang, bisa ditolak tuh permohonan perpanjang kontraknya.

9. Setiap proteksi bisa dibeli terpisah, ga harus gabung-gabung. Jadi bisa aja asuransi jiwa pake asuransi A, kesehatan pake B, kecelakaan pake C, dll. Menurut para financial planner itu, beli terpisah juga lebih murah jatuhnya, kecuali asuransi kesehatan yang emang aslinya mahal kalo belinya atas nama pribadi (bukan grup) dan full coverage.

Segitu dulu sharenya ya mamas, maaf klo kepanjangan :D
Oiya, kalau ada yang mau goreksi juga monggo ya biar kita sama-sama belajar :)

Makasi :)

--
@siskabundaraka

22

Topic: Asuransi Jiwa

Wuiiiih 'neng chika infonya lengkap bgtt..makasi yaaaa...sbuk mnyimak hihi..

23

Topic: Asuransi Jiwa

waw...ternyata fans mba wina & safir senduk juga ya 'neng chika ini..hihi..

thnx a lot ya buat sharingnya...jadi ngerti skrg (meski blm punya asji :D)

.: mama rafa-riza :. :rolleyes:
@mmelzz

24

Topic: Asuransi Jiwa

neng chika, huaa komplit, seneng bacanya. Point-point penting itu juga dipaparkan sama Ligwina kemaren, paling penting sih yg tertanggung adalah Pencari nafkah utama (porsi penghasilan yang lebih besar), karena gue baru mau kerja lagi dan suami kerja SAHD makanya tertanggungnya adalah suami dengan kalkulasi premi: Pengeluaran dalam setahun X 10 itu. Dan sepertinya mau ngambil M***L*** karena asuransi kesehatan keluarga gue disana, biar sekalian. Terima kasih atas rumusan besaran premi yang maksimal kita keluarkan 10% itu.

25

Topic: Asuransi Jiwa

ada yang punya pengalaman pakai Asji Term Life dari Taka*ul?? Saya baru rencana mau ngambil asji ini setelah baby lahir :) mungkin pertengahan tahun depan..

rencana awalnya mau ambil 20 thn jebret.. tapi setelah baca sharing mamas di atas jadi ragu yah, hehehe... apa mending 10 tahun aja dulu.. dan belum nanya pulak soal underwriting2 itu.. :D

saya tertarik taka*ul ini pertama karena syariah, kedua karena murah *hihihi, dasar pelit!* per tahun preminya di kisaran 2,5jt

trus, kalau misalnya ambil 10 atau 20 tahun, itu preminya tetap atau berubah2 sih??? jadi bingung... :(

We can never judge the lives of others, because each person knows only their own pain and renunciation. It's one thing to feel that you are on the right path, but it's another to think that yours is the only path. Paulo Coelho