Our Stories

Articles

Ajari si Kecil Merasakan Kesedihan

Ajari si Kecil Merasakan Kesedihan

Banyak orangtua yang sering kali “menyalahkan” benda lain dan memberikan hukuman pada benda tersebut. Terdengar sepele memang. Tujuannya agar anak tidak menangis serta terkesan tidak salah dan menjadi sedih dalam proses belajarnya. Tetapi, apakah cara ini tepat?

Menggantikan Gadget dengan Buku

Menggantikan Gadget dengan Buku

Sama seperti anak-anak pada umumnya, dulu Bagas suka menonton Youtube lewat tablet pribadi miliknya, setiap hari selama beberapa jam. Sekarang Bagas sudah tidak lagi memegang gadget untuk menonton Youtube. Buku bacaan bergambar atau ensiklopedia hewan menjadi favoritnya.

Bagaimana Anak Jadi Cinta Membaca di Austria

Bagaimana Anak Jadi Cinta Membaca di Austria

“Bicaralah dengan janin Anda”. Poster itu terpampang di ruang tunggu ginekolog, lengkap dengan ilustrasi janin dan ibu yang tersenyum bersama. Saya memang pernah mendengar musik dapat meningkatkan tingkat kecerdasan janin, tapi bicara?

Father's Day untuk Anak

Father's Day untuk Anak

Sebelum Rey lahir, saya dan suami sepakat untuk membesarkan anak bersama-sama. Bukan hanya sekedar tinggal bersama, dengan pembagian tugas ayah mencari nafkah dan ibu yang mengurus anak. Karena kami percaya parenting itu dilakukan berdua, bukan hanya tugas ibu saja.

Mempersiapkan Si Kecil Menjadi Kakak

Mempersiapkan Si Kecil Menjadi Kakak

Kehamilan tentu saja adalah kabar gembira bagi keluarga. Begitu pula saat mengetahui saya tengah mengandung anak kedua. Namun, tersisip juga kekhawatiran, bagaimana saya harus menjelaskan mengenai kehamilan ini dan memberitahukan kepada Kaitlynn yang saat itu baru berusia 1,5 tahun bahwa dia akan segera menjadi seorang kakak.

Si Sulung yang Selalu Sakit Saat Ujian

Si Sulung yang Selalu Sakit Saat Ujian

Saya kaget sekali saat mengambil rapor si Sulung di kelas empat, gurunya mengatakan kalau si Sulung ini selalu sakit saat ujian dan bertanya apakah kami memasang target tertentu agar ia juara atau mendapat nilai bagus.

Bukuku, Bukan Gadgetku

Bukuku, Bukan Gadgetku

Rasa gundah itu sirna ketika saya memilih buku untuk berinteraksi dengan anak. Bukan mainan, apalagi gadget. Saya dan suami sepakat untuk tidak mengenalkan media elektronik pada anak di usianya yang masih kecil. Bagaimana mengenalkan buku untuk si kecil?

Menyusui untuk Membangun Kedekatan Ibu dan Anak

Menyusui untuk Membangun Kedekatan Ibu dan Anak

Salah satu manfaat psikologis dari menyusui adalah meningkatkan bonding atau kedekatan antara ibu dan anak. Dulu saya tidak terlalu memperhatikan hal ini, tetapi ternyata ada benarnya juga bahwa anak yang disusui secara langsung oleh ibunya akan memiliki keterikatan emosi yang lebih kuat.

Menumbuhkan Minat Baca Anak: Cukup 10 Menit per Hari

Menumbuhkan Minat Baca Anak: Cukup 10 Menit per Hari

Walaupun saya sendiri suka membaca, dulu saya tidak pernah banyak mencari tahu tentang membaca untuk anak. Ketika hamil, jujur saja yang saya cari tahu hanya hal yang berhubungan dengan persiapan mental seperti cara menghadapi baby blues, ASI lancar, bepergian membawa bayi serta persiapan-persiapan seperti pakaian, kereta bayi, mainan, dll.

Yuk,  Cerdas Salurkan Emosi agar Mama Tetap Waras

Yuk, Cerdas Salurkan Emosi agar Mama Tetap Waras

Suatu ketika, saya merasa sangat marah dan frustrasi dengan keadaan yang saya hadapi. Ditekan sana-sini, letih, dan harus menghadapi tangisan anak setiap saat. Bila biasanya saya bersabar menghadapi kerewelan anak saat sakit, kali itu emosi saya memuncak.