Yuk, Sarapan Sehat di Rumah!

Breakfast is the most important meal of the day. Ungkapan ini benar adanya. Dengan sarapan, tubuh mendapatkan energi awal untuk memulai aktivitas setelah tubuh “berpuasa” selama waktu tidur. Sarapan yang cukup juga meningkatkan kemampuan konsentrasi anak saat belajar dan beraktivitas di pagi hari. Anak usia sekolah yang sarapan di rumah setiap hari mampu menghabiskan waktu lebih banyak untuk beraktivitas lebih lengkap. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa anak-anak yang rutin sarapan di rumah akan memiliki tubuh yang lebih sehat. Tentunya, hal ini harus dimulai dari orangtua karena anak akan mencontoh kebiasaan orang tua. Jangan harap anak mau sarapan kalau orangtua seringkali melewatkan makan sarapan.


Namun ada kalanya di pagi hari, orangtua bingung memilih sarapan apa yang tepat untuk disajikan. Karena kesibukan menyiapkan segala keperluan keluarga, kepraktisan menghidangkan sarapan menjadi lebih diutamakan dan ujung-ujungnya berkompromi dengan kandungan gizi hidangan sarapan. Mungkin juga urban Mama-Papa sudah sempat menyiapkan sarapan sehat dan bekal untuk anak, tetapi untuk diri sendiri lebih memilih minuman hangat dan jajanan gorengan sebagai sarapan sekaligus camilan, sekadar mengganjal perut. Sarapan yang sehat harus bisa menyediakan asupan energi yang cukup untuk mengawali aktivitas di pagi hari. Bukan hanya itu, menu sarapan juga harus mengandung protein, vitamin, mineral serta serat yang cukup.



Mengombinasikan bahan makanan sumber karbohidrat dengan protein menjadi pilihan tepat untuk hidangan sarapan. Urban Mama bisa memilih makanan yang mengandung bebijian serealia utuh (whole grain cereal), seperti gandum dan jagung, sebagai sumber karbohidrat. Makanan yang mengandung gandum utuh adalah sumber karbohidrat dan salah satu serat pangan yang diperlukan untuk kesehatan dan saluran pencernaan. Asupan serat yang lebih tinggi berhubungan dengan penurunan risiko penyakit jantung. Selain itu, gandum utuh masih mengandung banyak vitamin dan mineral yang bermanfaat. Sereal instan whole grain merupakan pilihan praktis dan padat gizi untuk dikonsumsi di pagi hari. Sereal instan dapat dikonsumsi bersama susu, yoghurt, madu, buah-buahan atau kacang-kacangan. Dengan menyajikan sereal, urban Mama tidak perlu terburu-buru repot memasak di pagi hari. Berikut beberapa resep sereal siap-santap andalan kami di rumah yang tidak perlu dimasak:


Banana Orange Honey Cereal


Bahan:


  • 1 buah pisang matang

  • 1 buah jeruk manis

  • 50 gr sereal instan

  • 1 sdm madu

  • Yogurt secukupnya, bila suka


Cara membuat:


  1. Siapkan sereal dalam mangkuk , sisihkan

  2. Cincang halus pisang lalu beri perasan air jeruk dan madu, tuang ke sereal

  3. Aduk rata dan segera nikmati.


Strawberry Raisins Crunchy Choco


Bahan:


  • 200 ml susu cair

  • 50 gr stroberi

  • 50 gr sereal instan rasa cokelat

  • 2 sdm kismis


Cara membuat:


  1. Haluskan strawberry bersama separuh susu cair, aduk rata

  2. Siapkan sereal dalam mangkuk lalu tuangi sisa susu cair dan campuran strawberry

  3. Taburi dengan kismis, sajikan.


Avocado Honey Corn Flakes


Bahan:


  • 50 gr sereal instan jagung

  • 1 buah avokad mentega

  • 1 sdm madu

  • 1 sdm keju parut


Cara membuat:


  1. Haluskan avokad dan madu, masukkan ke dalam mangkuk saji

  2. Tuang sereal corn flakes dan taburi keju parut, sajikan.


Selamat mencoba, Urban Mama!

11 Comments

  1. avatar
    Retno Aini May 12, 2015 3:21 pm

    Sama-sama, teman2 :D aku yang kerjanya rumahan aja masih suka skip breakfast, atau asal2an kalau buat sarapan sendiri. Padahal biar bisa konsen ngapa2in mengawali hari, energinya dari mana kalau bukan dari sarapan ya hehe. Buatku, ternyata yang bikin jadi rajin mau sarapan ya kalau makanannya simpel2 tapi padat gizi begini. Sekarang tiap pagi cukup tuang sereal, muesli & yogurt aja :D

    1. avatar

      As .



  2. avatar
    zata ligouw April 25, 2015 11:40 pm

    aaa baru sempet baca.., makasihhh ya Aiii, lengkap bingits!

    1. avatar

      As .



  3. avatar
    Cindy Vania April 23, 2015 8:57 pm

    Yummm..sarapannya Teh Aini enak beneer..
    *ambil mangkok*

    1. avatar

      As .



  4. avatar
    Siska Knoch April 21, 2015 10:21 pm

    aahh resepnya komplit di di satu artikel hihihi
    gue juga on off nih sarapan sehat gini blm bisa terus terusan
    tapi abis baca ini jadi semangat lagi! tfs aiii

    1. avatar

      As .



  5. avatar
    Gabriella F April 21, 2015 1:55 pm

    Betul banget, terkadang kita menyiapkan sarapan untuk anak, sementara orangtuanya sarapan asal-asalan. TFS ya Ai, jadi lebih termotivasi buat siapin sarapan sehat...

    1. avatar

      As .