1

Topic: Diare pada Toddler

halo mama..

sebenernya pengen share di bagian baby yang "frekuensi & tekstur pupi" tapi karena di toddler emang belom ada bahasannya, mungkin gue buka aja deh..

jadi gini, naia udah seminggu lebih ini kena diare. well, sebenernya sih bukan diare karena dia gak yang pup terus2an. paling banyak 3x sehari, masalahnya pupnya itu air (sampe kata naia, dia pupnya kayak pipis! hehe).

waktu kemaren ini abis balik dari jakarta, kebetulan sampe di spore ternyata ada problem sama AC di rumah, jadi kita hari pertama balik tidur tanpa ac, dengan jendela dibuka. 1hr kemudian, naia mulai deh diarenya itu. gue mikirnya mungkin naia masuk angin, tapi kok setelah dikasih ini itu (sampe dikasih tolak angin) tetep aja begitu terus. dan udah lebih dari 3 hari. trus gue perhatiin, jangan2 susunya ya? waktu di jakarta, naia minum UHT (bawa dari spore) tapi beda merk sama fresh milk yang biasa dia minum. tapi naia juga dulu sering minum merk itu. begitu sampe di spore, ya balik ke fresh milk biasa.

gue coba observe, 1/2 jam abis minum susu dia pasti langsung sakit perut dan ke kamar mandi. mana dia kan minum susunya banyak bangeeett.. jadi akhirnya gue bawa naia ke dokter.

dokter juga gak bilang itu diare ya karena ya bukan yang bolak balik ke toilet. kemungkinan virus ato infeksi di perutnya, jadi dikasih lacto gitu. dan naia gak dibolehin minum susu biasa, disuruh minum soya milk dan gak makan sayur2an dulu.

ternyata setelah minum soy milk pun, sama aja. akhirnya gue stop minum susu dan diganti minum teh pait.

setelah 3 hari, gak ngaruh juga! pup nya sih udah ga air lagi tapi masih lembek, walopun frekuensi nya udah balik ke 1-2x sehari. gue kuatir ngasih naia teh terus, dan gak minum susu samsek, jadi sebelom tidur gue suruh dia minum satu cup susu. which is abis itu dia sikat gigi trus langsung minta pup.

kira2 ada ga ya yang pernah pengalaman kayak gini? naia nya sih gak terlihat kayak sakit, masih tetep aktif, loncat sana sini. makan pun banyaaakk.. gak ada perubahan sama appetitenya, dan dia juga gak lemes. makanya gue ga kuatir. tapi karena ini udah lama juga, gue mulai bertanya2. apalagi ini berarti selama seminggu dia jadi kayak puasa susu.

gimana ya enaknya? ada saran, mama?

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

2

Topic: Diare pada Toddler

mungkin naia kena mild stomach flu, shin. symptomnya ya emang diare terus2an padahal anaknya santai2 aja. kl kemaren pas keira ada muntah2 jg tp gak ampe anget ato lesu.

kmrn sih dokternya keira gak ngasih obat samsek, krn infeksi virus gini tar badannya sendiri yg ngelawan. cmn dikurangi aja dulu susunya ato diganti sama susu kedelai utk sementara, biar diarenya gak nambah parah. Terus tetep dikasih cairan biar gak lemes. lebih bagus kl dikasih semacem oralit utk anak. gw kmrn ngasih pedialyte sama keira yg modelnya kyk es bonbon gt (dimasukkin ke freezer ampe ngeras, biasanya rasanya macem2), eh anaknya suka bgt ampe udah sembuh pun tetep minta es jeyuk.. :p

engineer.wife.mom.daughter.sister.food lover :)

3

Topic: Diare pada Toddler

rani thanks ran. iya itu gue gak kasih oralit, tapi kasih lacto dari dokter. untuk membantu membunuh bakteri jahat di pencernaannya. i guess emang lama ya? soalnya gue cek2 juga emang kalo udah kayak gini berarti emang sembuh nya lama, dan seperti lo bilang, mesti badannya sendiri yang ngelawan. i guess selama naia nya juga gak lemes, harusnya gapapa. cuma emang mesti dibatesin banget nih susunya. so far sih dia surprisingly gak masalah tuh. tapi jadi minta teh terus.

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

4

Topic: Diare pada Toddler

hehehe... naia pinter...sapa tau abis ini jadi ngga usah minum susu lagi shin? satu lagi sih katanya dibantu ama pisang ya... tapi aku ngga tau ilmiahnya sih, cuman bahwa pisang itu mengandung kalium yang bisa ngegantiin kalium yang keluar kalau lagi diare, jadi biasanya kalo anak2ku diare, buah nya aku ganti pisang. CMIIW ya..
selama naia nya ngga lemes and masih makan n minum bagus, ga papa kali ya.. cepet sembuh yaaaaa...

*I have 2 kids, 1 is adopted... I forgot which one.. *

5

Topic: Diare pada Toddler

myreshka waduh, jangan dong.. dia kan perlu kalsium. dan walopun susu bukan satu2nya tapi source yang paling bagus untuk kalsium kan? :) penting buat masa2 pertumbuhan, yang tentunya didukung dengan gizi dari makanan.

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

6

Topic: Diare pada Toddler

sLesTa..smg naia cepat sembuh ya

charissarhanie..terimaksih untuk info ttg stomach flu. Barusan browsing2 dan jadi tambah ilmu baru. Gejalanya muntah atau diare ya, sekitar 1 sd 10 hari. Ilyasa juga kalau tumbuh gigi suka muntah2, tapi ga sama diare sih. Dugaanku sih karena kalau lagi teething dia suka ngisep jempol tangannya. Muntahnya ga tiap hari sih, tapi seminggu bisa 3 kali. Dan biasanya muntahnya sehabis minum susu, mungkin karena susu kan relatif bikin eneg perut ya. Dan biasanya sih memang kurleb 2 minggu. Biasanya sama dokter aku dikasih obat anti muntah. Tapi setelah beberapa kali pengalaman jarang juga kuminumkan obat anti muntahnya karena memang obatnya adalah daya tahan anak itu sendiri. Kalau memang lagi ga bisa minum susu banyak2 ya minum air putih atau minum teh dll.

myreshka..iya, yang pisang itu dokter juga dulu menyarankan begitu. Selain pisang yakult juga bisa.

7

Topic: Diare pada Toddler

Slesta.. itu soalnya baru baca katanya susu itu ngga baik juga buat anak2.. nah lo?? belon sempet browsing sih.. tapi oom ku yang tinggal di swiss juga udah ngga ngasih susu ke anak2nya sejak 2 tahun. mereka minumnya air putih n sari buah gitu. Katanya, dokter disana bilangnya susu itu memperberat kerja usus, dan sesudah anaknya makan dll... udah ngga perlu lagi. tapi... aku juga ngga tau sih
maap... belon sempet browsing. tadi liat di thread bobo n minum susu kalo ngga salah?

indriani
... yaayy... bener dong ya ngasih pisang..

*I have 2 kids, 1 is adopted... I forgot which one.. *

8

Topic: Diare pada Toddler

myreshka iya emang ada kok penelitian baru ttg susu itu. gue udah pernah baca, tapi gue sih tetep percaya, selama dalam takaran yang pas ya gapapa. jadi ga mau nyetop juga walopun gue gak pengen naia minum susu banyak kayak air (which is dia suka gitu). makanya emang sering dibatesin juga. ternyata setelah kejadian ini bisa2 aja..

iya ttg diare itu, emang baiknya makan pisang ato apel. buah yang lain jangan dulu. trus sayur yang ijo2 juga gak boleh dulu. kalo ini dsa nya naia yang bilang.

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

9

Topic: Diare pada Toddler

shinta
kl kemaren keira gak dikasih lacto, dikasihnya kaomin semacam gantinya oralit gt. tp dia gak suka jd gue beliin pedialyte itu. oh iya, sama dokternya juga dikasih anti muntah sih, tp dimasukinnya lewat dub*r. sempet gue kasih sekali tp kok ya kasian, jdnya ya gue biarin aja deh kl muntah jg. siapa tau itu emang reaksi alami badannya buat ngebuang/ngelawan virusnya.

indriani
sama2, hehehe.. soalnya flu perut ini termasuk penyakit umum buat anak2. katanya sih CMIIW makanya dokter agak2 encourage buat vaksin rotavirus krn hal ini, gak bikin anak kebal sih cuman kalo kena gak terlalu menderita aja. kmrn keira jg kena pas abis balik dari indonesia, terus di SG sini kebetulan lg banyak kasusnya.

myreshka
iya tuh bener pisang, terus dokternya kei kmrn cuman bilang anaknya makan yg plain2 dulu aja selama 3hari. mungkin biar kerja ususnya gak berat kali ya, abis itu boleh makan apa aja. tp kynya tergantung kondisi anaknya jg.

engineer.wife.mom.daughter.sister.food lover :)

10

Topic: Diare pada Toddler

sLesTa wrote:
iya ttg diare itu, emang baiknya makan pisang ato apel. buah yang lain jangan dulu. trus sayur yang ijo2 juga gak boleh dulu. kalo ini dsa nya naia yang bilang.


Yup, DSAnya Rere juga nyaranin kaya gitu. Biasanya kalo Rere lagi diare menu makannya plain chicken soup, tanpa ada sayuran sama sekali, dan stop minum susu. Tapi belum pernah kaya naia sih yg sampe 1 minggu masih ada gejala diare

charissarhanie Barusan sekilas baca di salah satu majalah yang ngebahas tentang vaksin rotavirus yang tampaknya semakin hari semakin dibutuhkan. Keliatannya anak2 juga harus divaksin rotavirus nih..

selalu menunggu datangnya hari sabtu-minggu

11

Topic: Diare pada Toddler

slesta Coba selain pisang & apel dikasih yoghurt & roti juga (nasi pasti makan dong) soalnya itu biasanya makanan yang dianjurkan selama diare. Tapi bagus deh kalo Naia fine2 aja, berarti "diare"nya masih belum mengganggu dia. Mudah2an bentar lagi sembuh ya...

yang selalu kangen sama si pipi gembil

12

Topic: Diare pada Toddler

pinkmomma - postnya gue split dan dipindahin ke forum Baby ya... biar ga bingung dan rancu informasinya.

? comic and crochet addict ?
theurbanmama.com | @turniptopia

13

Topic: Diare pada Toddler

coba dikasih perasan kunyit deh, bhumy pernah kaya gitu, it helps.

kunyit diparut truz diteken2 aja pake sendok, ntar sarinya keluar sendiri, dikasih satu sendok makan pagi n sore.

writer. translator. mother to asabhumy. yoga addict. banci dapur.

14

Topic: Diare pada Toddler

eh lupa update. setelah 2 minggu, akhirnya diare naia ilang kok.. ya selama itu sih gak bener2 diare ya. yang dibilang diare itu kalo sampe pup lebih dari 3x sehari dari yang normal 1x sehari (gak berlaku buat anak bayi ya). jadi di seminggu terakhir naia udah pup 1-2x sehari tapi masih cair atau encer banget. lama2 mulai padet.. gue hanya ngabisin obat lacto dari dokter dan gak kasih apa2 lagi. berhubung makannya juga banyak jadi ya gue ga terlalu kuatir sih.

makasih sharing nya yaa ibu2...

masalahnya yang jadi parah adalah setelah itu beres, naia batuk & panas, sampe muntah2.. jadi lanjut deh sakitnya 4 hari. untung makan tetep lancar & banyak heheh..

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

15

Topic: Diare pada Toddler

Horee Naia udah sembuh!! Lama juga ya 2 minggu.. Gw waktu itu sempet mau reply thread ini, tp karena lewat hp sempet bermaslah log in TUM. Kenapa pengen banget reply? Soalnya gw juga bingung sama diare model gini, gue sendiri ngalamin belakangan ini, mungkin waktunya barengan Naia. Tapi emang gak lebih dari 3x sehari dan hanya konsistensinya aja yang berubah. Frekuensi awal2 sih sering (sama banget kaya Naia apalagi abis minum susu), tapi lama2 ya jadi biasa aja frekuensinya, tapi konsistensi masih cair kadang air.

Awalnya gue cuekin, tapi lama2 parno juga soalnya kan gue lagi hamil. Trus akhirnya gw langsung cek darah, cek feces dan cek cairan elektrolit buat tau tingkat dehidrasi gw. Ternyata semua hasilnya normal!! Tambah bingung gw, akhirnya gw diemin aja tapi jaga asupan, eh sembuh sendiri.. Perkiraan gw sih ada 2, allergi atau stomach flu. Tapi kayanya stomach flu deh karena sekarang kan cuacanya lagi gak mendukung banget. Oia dugaan itu stomach flu makin jadi, krn kondisinya yg sempet membaik balik agak parah setelah gw begadang krn Nata demam, jd kondisi imun ngaruh banget.. Berarti virus kan tuh ya.. Yah yg penting sekarang udah sehat! :)

Vania : Nata & Arsa's mom
http://vaniasatriadi.com @drVania

16

Topic: Diare pada Toddler

Mo nanya dong.
Raisha (1,5 taun) dari hari Sabtu kmaren batpil. Trus tiba2 tadi malem, pas lagi tidur, muntah. Saya ga tau klo dia muntah, saya pikir kebangun biasa, dan akhirnya saya nenenin. Trus tiba2 beberapa jam kemudian kebangun lagi, pas saat itu saya baru tau klo dia tu tadi sebelomnya muntah. Pas kebangun itu, dia juga huek2, tapi ga keluar apa2, mungkin udah habis pas muntah sebelumnya. Akhirnya saya kasih air putih, habis banyak. Trus akhirnya bisa tidur lagi. Eeeh, beberapa jam kemudian dia kebangun lagi trus mencret2. Setelah saya bersihin, saya nenenin, dan akhirnya dia tidur lagi.
Nah, hari ini, kata mbaknya (saya ngantor) susah makan banget. Padahal aslinya emang udah susah makan. Tadi sih dikasih bubur sumsum mau ama kue bolu. Sama minum teh manis anget.
Selanjutnya, saya bingung kasih apa lagi ya? Plis dong yang punya ide.
Yang kepikiran palingan dari tadi roti ama pisang. Sama ngasih oralit.
Klo telur tu boleh ga sih buat anak yang diare? TIA

@dyaharini

17

Topic: Diare pada Toddler

dyaharini symptomsnya mirip banget sama kayak naia kemaren nih. mudah2an raisha cepet sembuh yaa. telor boleh kok, malah kemaren naia akhirnya jadi maunya makan telor terus. trus coba kasih makanan yang padet dulu aja, jangan kasih sayuran yang ijo2 dulu, paling wortel dulu aja. buah2an yang banyak cairannya juga jangan dulu (kayak melon, semangkat, etc.) tapi kasih aja pisang, apel gitu.

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

18

Topic: Diare pada Toddler

dyaharini..wah, habis jalan2 raisha jadi sakit ya (baca di thread yang lain soalnya). Emang tuh masalah umum kalau ngajak batita perjalanan jauh :(. Semoga cepet sembuh ya.

Telur boleh kok, dulu waktu ilyasa sakit diare selama 1-2 minggu sama dokternya dipantang dulu makan yang berkaldu dan berdaging (hati ayam, daging sapi, daging ayam), jadi makannya cuma sayur, telur dan tahu-tempe. Kadang kalau diarenya parah malah ada beberapa dokter yang memberikan pantangan sayur untuk mengurangi kerja usus krn serat sayur susah dicerna

19

Topic: Diare pada Toddler

Slesta, amiin, makasih ya. telur boleh ya. sip2.

@dyaharini

20

Topic: Diare pada Toddler

slesta,
Syukur deh naia udah sembuh. itu penyesuaian kali ya, cuaca dari sg ke ina dan dari ina ke sg, selain krn nyesuain sama ganti merk susu itu. untung naia pinter ya, mau banyak minum.
Dsa nya enzo pernah bilang, kalo lebih dari 5x sehari baru deh disebut diare. Dan emang ga bisa langsung brenti ya, ga bagus juga. Karena emang harus keluar, baik itu lewat pup, keringat, muntah, ingus atau lendir batuk. Dan emang harus konsumsi banyak cairan untuk ganti cairan yg keluar itu.

Dyah,
Kayak otty bilang, Coba bratty diet kali ya.. Banana, rice, applesauce, toast, tea & youghurt.
Kalo enzo suka pisang yg di sate gitu..pisangnya dipotong dadu, diolesin saus apple, trus diguling2in di gula aren, trus ditusuk deh pake tusuk gigi.
Enzo jg suka arem2, lontong yg diisi ayam & wortel-kentang itu.
Bolu kukus juga suka.
Tapi kalo bubur2an enzo ga tlalu suka, malah kayak yg mual2 gitu lho.

a life-enjoyer mama :)
www.ekadeau.blogspot.com
@ekadeau

21

Topic: Diare pada Toddler

indriani, ga tau juga sih gara2 ke SBY itu ato bukan. Sebenernya pulang dari SBY cuma pilek doang. Trus diajak ke Bandung sama kakek neneknya, saya nya tetep di Jakarta. Katanya sih pileknya udah sembuh pas di Bandung. Nah, pas malem taun baru, katanya sebenernya Raisha tu udah tidur jam 8, tapi pas setengah 12 kebangun mungkin gara2 denger kembang api. Baru tidur lagi jam setengah 2-an. Nah, paginya mulai deh batuk pileknya. Saya pikir sih ringan batpil nya, mungkin gara2 masuk angin biasa. Lagian masih bisa bersin, jadi lendirnya bisa keluar.
Makanya kaget juga pas tau tadi malem muntah n mencret. Sekarang katanya masih lemes2 padahal biasanya Raisha anaknya ga bisa diem. Saya di kantor jadi kepikiran mulu.
Oh, kaldu2an gitu ga boleh ya? Baru tau, saya pikir ya ga boleh sayur doang. Sip2 makasih ya.

Eka, oh yoghurt boleh ya. Saya pikir karena asam jadi ga boleh. Berarti yakult juga boleh ya. Soalnya Raisha suka yoghurt n yakult.
Bikin saus apel gimana caranya ya?

@dyaharini

22

Topic: Diare pada Toddler

Mungkin inti diet selama&pasca diare adl kasih waktu sistem pencernaan untuk istirahat kali ya. Kmrn pas Kathleen 25 bln kena disentri (hiks,trauma deh liat lendir+darah di fesesnya), dirawat 4 hari, pulang dengan bekal segambreng pesan diet dari dokternya: dietnya minimal 1 bulan, nasinya harus lembek kalau perlu dibikin bubur, off serat (segala macem sayur), buah yg boleh hanya apel&pisang, segala jenis susu&produk susu stop dulu (bahkan roti/regal pun gak boleh, karena ada susunya), protein hewani yg boleh: sapi,ayam,telur. Protein nabati: tahu,tempe (pernah baca dimana lupa, kalo tempe itu bagus banget dlm membantu pemulihan vili2 pencernaan di usus). Seafood stop.
Kelihatannya sih ribet ya hehe. Diarenya gak otomatis langsung berhenti sih, ada kayanya semingguan stlh pulang dr RS fesesnya Kathleen baru mulai normal lagi.
Eversince, setiap kali Kathleen mulai pup agak lembek, gue kaji ulang higienitas gue saat menyiapkan makanan dia+patuh dgn petunjuk diet dr dokter, biasanya besoknya pupnya udah normal lagi.

mamanya kathleen dan celine,
yang rela jungkir balik demi keluarga kecilnya..

23

Topic: Diare pada Toddler

Thanks to this thread ketika Rere diare saya gak panik, cuma bilang ama suami saya, "keliatannya lagi musim deh, di TUM juga ada yg kaya gini" (padahal naia di singapore ya, hehe)

Kalo Rere frekuensi pupinya sehari bisa 7-8x (di 2 hari pertama) teksturnya kadang2 agak lembek dan kadang2 cair.
Stop buah dan sayuran (kecuali pisang, sayur cuma plain chicken soup), susu juga sementara berenti dulu diganti dengan teh hangat yg amat sangat disukai Rere (yes, dia orang jogja asli yg hobi minum teh)

Hari ke-5 udah agak mendingan, pupinya udah seperti biasa. Sama ayahnya mulai diminumin susu dan siangnya jadi agak lembek pupinya. Stop susu lagi deh.

Hari ke-8 pupinya udah normal..

Dan selama mengalami diare Rere tetep aktif dan ceria, makanya saya juga gak panik :D

selalu menunggu datangnya hari sabtu-minggu

24

Topic: Diare pada Toddler

aqeela hmm.. emang musim kayaknya ya? kayaknya naia dapetnya di jakarta deh. soalnya dia mulai diare itu waktu itu gara2 balik dari jakarta.

glad rere udah sembuh yaaa..

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

25

Topic: Diare pada Toddler

Oh ya, selama diare itu Rere juga rutin minum Lacto-B
Dan waktu mau beli Lacto-B sempet out of stock loh, jadi emang bener2 musim kali yaa..

selalu menunggu datangnya hari sabtu-minggu