1

Topic: Diare pada Toddler

aufa

jadi awal mulanya diare, setiap dikasih oralit/lacto-b -pasti keluar lagi, jadi ngga ada cairan apapun yang masuk. akhirnya setelah 6 jam ngga pipis, harus dirawat karena sudah dehidrasi..

2

Topic: Diare pada Toddler

mau cerita nih, tp sebenernya bingung jg apa bener diare atau engga..
jadi waktu hari sabtu, aysha minta pup..dan pas gw liat pupnya berair dan berbusa, sambil bilang "aduh akit!" *pegang perut* trs gw tanya bener sakit perut? aysha ngangguk sambil nyengir..dan sesiangan itu ga ada rewel2nya masih tetep aktif.
malemya jam 11, aysha tiba2 bangun nangis2 histeris, sambil bilang mau pipis. pas gw dudukin di toilet, dia bilang udah sambil nangis2 padahal gw tau dia blm pipis. itu dgn kondisi dia masih nangis kejer. dalam waktu sejam, ada sekitar 5-7x adegan dia minta pipis dan pas gw simpen di toilet seatnya dia ngamuk (serasa gw salah instruksi) dan akhirnya gw angkat lagi. gw ama suami sempet curiga jangan2 dia sakit perut krn siangnya pun pupnya encer banget, tapi itu pupnya cuma 1x aja. mungkin ga itu stomach flu juga?

~Aysha's mom~

3

Topic: Diare pada Toddler

Mia Septiana..dl aku pernah dikasih tahu sama dokter di klinik tempat dl anakku biasa berobat/imunisasi, kalau diarenya ber-air (watery), berbusa, TIDAK ada darah lendir, dan berbau asam, penyebabnya adalah karena virus, yang tersering adalah rotavirus.

4

Topic: Diare pada Toddler

indriani wah thanks ya..oia kmrn katanya pupnya normal, jadi pup berbusa itu cuma sekali doang aja, apa udah termasuk kategori rotavirus ya?deg2an nih takutnya muncul lagi huhuhu

~Aysha's mom~

5

Topic: Diare pada Toddler

mia
kl aysha ud divaksin rotavirus gak? kalo disini, meski ga wajib tp dokter menganjurkan bgt buat ambil soalnya rotavirus itu penyakit yg awam bgt buat anak kecil. gak mencegah sih, cuman kalo kena setidaknya lbh ringan buat anaknya, jd ky stomach flu biasa. CMIIW

engineer.wife.mom.daughter.sister.food lover :)

6

Topic: Diare pada Toddler

charissaranie ga pernah ran, malah gw baru denger hehehe...
oogitu ya mending di vaksin aja, ntar gw tanya dsa nya aysha deh ya..thanks ya ran ;)

~Aysha's mom~

7

Topic: Diare pada Toddler

Mia Septiana..masuk angin juga bisa bikin pup berair dan berbusa. Tapi kalau di dunia kedokteran masuk angin kan karena virus juga ya, namanya common cold, CMIIW

8

Topic: Diare pada Toddler

Moms mau nanya nih,
A untuk BRAT itu AppleSauce ya?

Kalo jus Apel biasa boleh??

Thanks infonya..

9

Topic: Diare pada Toddler

Moms,

Yang anaknya sudah pernah vaksin rotavirus bisa share gak?
Waktu 18 bulan, Kai terserang rotavirus sampai dirawat 2 malam di RS karena ga mau makan dan minum sama sekali, pipis juga sudah berkurang. Waktu itu DSA-nya bilang lebih baik bulan depannya vaksin rotavirus saja. Tapi waktu tadi nanya lagi lewat sms kapan sebaiknya dilakukan. Dia bilang habis konsultasi dengan ahli gastro katanya rotavirus itu bahaya kalau kena dibawah 6 bulan. Jadi karena Kai sudah 20 bulan tidak usah ga apa-apa.

Waktu itu sempat pernah baca di twitter katanya di peraturan imunisasi yang baru berarti 2011 ya, vaksin rotavirus sudah masuk dalam daftar imunisasi wajib untuk dilakukan pada 2, 4 dan 6 bulan.

Ada yang tahu lebih detail soal ini?

A brand new mom who loves the smell of mint, the taste of berries and the unexpected twist of life.

10

Topic: Diare pada Toddler

alhamdulillaaah, nemu thread ini. syddra (14mos) lg menunjukkan gejala mu diare, pup dr pagi smpe siang ini uda 4x. ga liat bgt tekstur pupi, laporan si emba pupnya aga lembek. gara2 thread ini jd ga panik lagi, dan punya persiapan untuk home threatment. smoga ga jadi diare, tp uda lbh siap kalopun akan terjadi. makasih yaaa *peluk cium buat wonderful moms d sini*

~incredible syddra makes my life terrific!~

11

Topic: Diare pada Toddler

alhamdulillah, mama dsini sangat membantu
sekarang aq lg cari2 info untuk treatment dirumah, anakku silmi 2 th+ masuk angin kayanya
udah kuminumin jamu tolak angin cair yg buat anak tapi blum stop pupnya
pupnya tuh air, sebelumnya tengah malem muntah2 ada 3 kali eh paginya pup air gitu
siangnya pup lagi gak ketahanan ke toilet, biasanya pup selalu ditoilet
dibalurin bawang merah sama mbahnya, bauu bgt deh tapi mungkin jadi enakan badannya
pagi sampe siang masih ceria dan mau makan, cuma kemuntah terus setiap diisi. pas sore dia udah mulai lemes karena cape kali muntah dan pup terus
bener2 gak tega ngeliat anak lemes gitu
sekarang badannya agak anget jadi aku cari2 di TUM nih ketemu thread ini
insyaAllah besok mo nyoba yg disaranin mama disini
makasih ya mama

12

Topic: Diare pada Toddler

mau share, akhirnya Syddra kejadian diare juga, krn emang frekuensi pup-nya lbh parah, dan stelah diperiksain k dokter, yg ini jenisnya rotavirus, beti (beda tipis) sm diare. gejalanya sama kyk yg dbilang indriani budi utami di atas. dan itu akan berlangsung skitar 7harian, kondisi terparahnya anak muntah2, demam tinggi dan rewel bgt pastinya. dan dokter ga ngeresepin apapun, kecuali suplemen Zinc, dan itupun bkn obat untuk diarenya, melaenkan asupan zinc buat memperbaiki saluran pencernaan. kt apoteker jg brguna u/ melindungi pencernaanny minimal 6bln k depan spy ga keserang rotavirus ato gangguan perncernaan laen. tp jd aga btanya2, antibiotik kah itu????
oia, satu lagi rotavirus datengnya dr virus d sekitar, lingkungan dll , bukan makanan.
nah, slama kurleb 10hr aku cm home treatment (Bratty diet, no uht, asupan cairan sebanyak2nya tmsk es krim :D, makan sdikit tp srg, apple tea *thanks to eka*, yakult, pke clodi yg uda gmpg bocor buat cek frekuensi pipis), kuncinya ga panik dan hrs bebal meski diomelin ibuku gr2 aku kyk nyante bgt pdhl anakku uda drop bgt BBnya gara2 pup terus. prinsipku, pupny itu buang racun, yo wes silakan dibuang semua, ntar klo uda sembuh, mariiii dgenjot lg BBnya. alhamdulillah, skrg uda baikan, maem jg mulai banyak lg. dan aku bs buktiin ke ibuku, home treatment jg bs berhasil. kata kuncinya, bukan diare ato rotavirus yg ditakutin, tp waspadalah sm dehidrasi yg mungkin terjadi.

~incredible syddra makes my life terrific!~

13

Topic: Diare pada Toddler

intandian...mbak, anak pertamaku dl pernah beberapa kali kena rotavirus. Pertama kali kena umur 12 bulanan, waktu dia mau numbuh gigi. Mungkin krn gatal dia jadi suka masukin tangan ke mulutnya, jadilah kena rotavirus ini. Tapi dia ga diare, hanya muntah2 saja selama beberapa hari. Dokter bilang dia kena stomach flu. Sd umur 2 tahun, kalau mau numbuh gigi juga suka muntah2 krn stomach flu. Tapi di anakku, stomach flunya hanya muntah2 saja, ga sama diare berair.

Kalau vaksin rotavirus, anak keduaku baru seminggu lalu kuvaksin ini. Iya, untuk umur 2,4, dan 6 bulan. Harganya >200 rb. Tapi blm masuk daftar imunisasi wajib kok, br dianjurkan. HTH ya

14

Topic: Diare pada Toddler

salah satu kembarku lagi tumbuh gigi dan juga lagi diare... apalagi cuaca seperti ini. anaknya males maem efek tumbuh gigi, angin kenceng, kena deh diare. 3 hari ini PUPnya encer. frekuensi PUP 3-4x sehari. anaknya tetep ceria, lari2an, masih bisa keringetan, kalo nangis juga masih keluar air matanya, masih sering Pipis juga.. setelah baca-baca ini, jadi sedikit lebih tenang... Sebenarnya memang berusaha tenang dari kemarin, berusaha tetap rasional, tapi uti-akkungnya bingung, jadi mulai panik juga.. setelah baca disini akhirnya sedikit lebih lega..

thanks to mbak Eka, untuk resep diet BRATTY nya.. semoga KIRA mau maem lagi dan diarenya cepet sembuh...

Untuk bantuan home treatment dari STOMACH FLU-nya terima kasih banyak... segera sampe rumah dipraktekan...
Semoga KIRA cepet baikan...
Thank you TUM

-WiwiT-
An ordinary bunda of twin amazing angels, Kira and Kara Setyadi
@wiwidwadmira | the Setyadi's

15

Topic: Diare pada Toddler

fiuuhhh.. akhirnya bernafas lega. Setelah 6 hari saya harap-harap cemas dengan diare KIRA, alhamdulillah hari ini sudah mulai baikan... terima kasih mama2 TUM untuk bantuan home treatmennya. ceritanya yang saya lakukan:

1. KIRA diet BRATTY. saya bikin selai apel seperti resep Eka, dan di kasihkan ke roti gandumnya. biasanya dia kurang suka sama roti gandum, tapi karena rasanya diselingi manis asem dari applesauce, jadinya lahap aja maemnya. Alhamdulillah, akhirnya masuk juga karbonya. minum teh. yang awal2nya mau, tapi lama2 gak suka. maem buah pisang.
2. Mengurangi SUSU. karena awal-awalnya susah sekali menghentikan susunya, akhirnya saya cari-cari cara gimana caranya biar dia mau minum tapi bukan susu. Yang biasanya dia suka penasaran dengan air es di kulkas (tapi selalu dilarang sama eyangnya), hari itu saya manjakan dia dengan air es. Excited banget dengan air es. Bahkan kalo airnya terlampau dingin saya siapkan 1 botol air yang baru saya ambil dari galon saya masukkan ke kulkas, jadi gak dingin2 banget. yang penting ada diambil dari kulkas.. (haha.. emak2 tricky). bahkan LACTO-B nya juga berhasil masuk berkat air kulkas tersebut.
3. Setiap saat selalu saya pantau, apakah masih bisa pipis, apakah kalau nangis masih keluar air mata, masih ngences (efek teething nih..heuheu). Meskipun frekuensi pipisnya berkurang (tidak se-sering biasanya, tapi masih tetep bisa pipis around 3-5 jam sekali). Berarti kebutuhan cairannya masih terkendali. saya tidak berhenti memberi asupan cairan.
4. Mengurangi makanan berkaldu dan daging2an. Sumber protein saya ganti dengan tempe. kalo ini tidak susah, karena memang favorit KIRA-KARA adalah tempe (like father like daughter).
5. Minum perasan kunyit dan madu. Ini lebih susah daripada membujuk memberi minuman. Jadi cuman masuk sekitar 2 sendok teh.
6. Menguatkan diri terhadap desakan MIL untuk segera dibawa ke dokter, sambil berharap semoga KIRA cepet sehat lagi tanpa harus ke dokter.

dan ALhamdulillah sekarang KIRA sudah kembali sehat... terima kasih.. terima kasih... :)

-WiwiT-
An ordinary bunda of twin amazing angels, Kira and Kara Setyadi
@wiwidwadmira | the Setyadi's

16

Topic: Diare pada Toddler

Bingung mau mulai drmn.
Hr rabu (jam 4.30an),pas tidur tb2 Zhiezhie (19mos) muntah. Kaget bgt krn slm ini dia blm pnh muntah2 dan ga dlm keadaan sakit/demam. Stlh dibersihkan,dia kmbl tidur. Paginya minum susu,sktr 30-40mnt kemudian,kusuapin bubur ayam. Mksdnya,spy ada karbo yg masuk. Tp br 3suap, dia muntah lg. Hbs muntah,anaknya tetep aktif,ga lemes, mnt minum susu. Seharian ga mau mkn, cm mau susu,air putih,teh. Ditawarin biskuit ato roti, ga mau. Pupnya 3x dan semi lembek-cair.
Hr kamis, pagi msh mau sarapan roti+selai kcg+meses,siang ga mau mkn smp malemnya mkn di bakmi GM,bakmi masak. Lmyn byk yg masuk trus pas uda nolak,msh aq suapin tp dilepeh smp 2x, yg ke3x lgs muntah. Susu yg masuk >800ml. Minum air putih jg byk. Semua dia yg mnt. Oya,smpt aq ksh yogurt jg. Mau ga dksh susu tp dia sndr ga mau mkn mskpn cemilan. Pupnya 5x dan semua cair...
Seminggu sblmnya,qt smpt jalan2 ke bandung dan dia uda mulai sulit mkn nasi. Kalo pas mau, yg masuk ke dia, cm mi. Kdg2 mau nasi sup ato nasi soto,itupun ga byk. Susunya kdg supas diamond ato uht ultra(kalo ga dpt supermarket yg ada supas diamond).
Smpt kepikir krn susunya yg ganti2 itu, ato krn masuk angin. Tp kalo masuk angin, pas aq pijet punggungnya,,,ga merah2 spt biasanya dia masuk angin. Muntahnya knp ya? Apa krn cm kekenyangan ato emg infeksi?
Papanya uda ribut ngajak ke dokter pas hr rabu. Tp aq msh bertahan,blm mau kesana.rencananya hr ini.cm pgn konsul aja. Malesnya ke dokter krn pasti dibekalin obat (mskpn dia blg antivirus) ato suplemen (pas imunisasi). Doyan bgt ksh resep.

Gpp yah ga minum susu tp dksh teh aja? Ga tega dgr dia blg,susu...susu.... Uda gt dia ga doyan pisang (dlm btk apapun). Apel jg cm diisep2 aja. Ntar mo cb resep applesauce dan kripik tempe itu deh...oh iya, susunya diganti jd susu kedelai yah? Kalo mslnya dia ga doyan, apa gnt sufor?
Oya, kira2 butuh dikasih oralit dan lactoB ga? Kebetulan ada stok oralit krn papanya jg hbs diare (senin-selasa).
Mohon bantuan saran yah,mom....

Garnetzhia and Ametysha are my little angels

17

Topic: Diare pada Toddler

natallia..berarti ini sdh hari ke-2 muntah sama diare ya mbak?

Gimana pupnya?..ada lendirnya atau cuma berair?..kalau ada lendir penyebabnya bisa karena bakteri. Kalau watery penyebabnya bisa karena virus.
Anakku jg pernah muntah+diare waktu habis kubawa jalan2. Tp diarenya watery. Aku pernah nanya2 itu juga ttg ini di TUM, di thread masuk angin pada toddler.

18

Topic: Diare pada Toddler

indriani
Iya,hr ke-2 dan pupnya berair,ga ada lendir. Pertama, kupikir krn yg masuk cm susu aja. Tp stlh diinget2 lg,mskpn makannya dikit bgt dan susu byk,biasanya pupnya tetep berbentuk, ga air aja.

Barusan baca thread masuk angin. Zhiezhie jg perutnya kembung2,smpt kentut, bunyinya keras bgt dan lgs berlanjut pup. Dua hr ini jg kalo mo tidur, dia mnt dipijetin. Sptnya emg karena masuk angin jg.

Garnetzhia and Ametysha are my little angels

19

Topic: Diare pada Toddler

IMHO,
Natallia, Lacto-B bagus, karena bukan obat. Lacto-B hanya berisi kumpulan bakteri baik yang membantu pencernaan. Sifatnya bukan untuk menghentikan diare, hanya menambah jumlah bakteri baik, ibarat perang menambah jumlah tentara di usus. CMIIW.
Oralit, berfungsi sebagai pengganti cairan. Selama kebutuhan cairannya masih bisa terpenuhi, tanpa oralit jg gpp (I think). Biasanya anak gak suka sama rasanya oralit. saya sendiri juga gak suka sama rasanya.. mending minum air sirup yang banyak drpd disuruh minum oralit.. hihihihi... :D
So, selama kebutuhan cairannya masih terpenuhi, gak masalah yaa.. Beware, tetep waspada aja agar tidak dehidrasi. Karena diare yang paling ditakutkan dehidrasinya. Perhatikan frekuensi pipisnya, keringatnya, air matanya. Kalo sudah lebih dari 6 jam belum pipis juga, better dibawa ke dokter..
Kalau masuk angin saya biasa cuman balurin pake bawang merah sama minyak telon di perut dan punggungnya. atau pas maem, kuahnya saya kasih bawang goreng agak banyak.. heuheu.. ini mitos atau memang bawang merah punya fungsi mengusir angin dalam lambung yaa?? heuheu... tapi emang abis itu bisa kentut.. hihi...
Atau lagi tumbuh gigi? Biasanya anak tumbuh gigi bawaannya perut kembung, ditambah sakit buat makan jadilah malas makan. Alhasil bisa diare... (that was happened to my toddler :D)
Maaf tidak banyak membantu. semoga Zhiezhie lekas sembuh yaaa.... ^_^

-WiwiT-
An ordinary bunda of twin amazing angels, Kira and Kara Setyadi
@wiwidwadmira | the Setyadi's

20

Topic: Diare pada Toddler

natallia, mungkin kasusnya gastroenteritis atau flu perut...
bisa diliat di: http://milissehat.web.id/?p=1742
atau di http://milissehat.web.id/?p=511 utk diarenya...

kebanyakan kasus diare-muntah pd anak adl krn virus... yg penting asupan cairan aja dulu mom... makannya bisa menyusul, ga perlu banyak2...dikit2 (supaya ga memancing muntahnya) tp sering...

mdh2an zhiezhie skrg udah pulih ya...

21

Topic: Diare pada Toddler

moms, ganti merk susu uht bisa memicu diare kah?

Mommy ? Superben

22

Topic: Diare pada Toddler

immaria..iya bisa, pemicunya karena perut anak sdg beradaptasi atau karena alergi. Bbrp mama sdh pernah cerita ttg ini di thread ttg susu UHT, coba ditengok saja.

Kalau anakku sendiri, kalau ga cocok dengan susu UHT merk tertentu biasanya langsung muntah-muntah. Tapi pernah juga pupnya jadi lembek, tapi blm masuk kategori diare karena masih < 3x sehari. Beda anak beda reaksi.

23

Topic: Diare pada Toddler

di thread plus minus UHT ya mbak indriani? udah ke TKP, hihihi.

si benji sempat ganti2 merk uht sih, di sini agak susah nyari merk tertentu, jd mustahil kl pake 1 merk terus. akhir2 ini dia udah rajin uht nya ketimbang asi. nah kemaren sempat bab nya >5 kali, cair, dan terakhir hijau tua warnanya. untung cm berlangsung 1 hari aja karna besoknya langsung diperbanyak asi sm air putih. sebenarnya ga tau jg sih knp diarenya, susunya kah, ato kuman penyakit

Mommy ? Superben

24

Topic: Diare pada Toddler

Mau update perkembangan Zhiezhie.
Di hari jumat (20/01/12), frekuensi pupnya uda normal,jd 2x. Dan teksturnya sdh mulai normal. Tp malemnya smpt (maaf) kecipirit smp 3x.
Di hari sabtu (21/01/12), pupnya smpt cair lg 1x, dan (maaf) kecipirit smp 2x.
Hari minggu smp kemarin, frekuensi pup dan tekstur sdh normal semua.
Treatmentnya mirip Kira Kara :
1. Tiap pagi dikasih teh 1gelas. Kadang teh tawar ato teh manis.
2. Roti panggang dioles selai kacang (spy dpt proteinnya).
3. Siang/sore hari dikasih yogurt, secukupnya dia aja.
4. Ditawari berbagai macam cemilan/snack spy perutnya ga kosong. Soalnya curiga,dia masuk angin jg krn perutnya srg kosong.
5. Ditawari minuman selain susu. Intinya menghindari susu dl. Yg biasanya jam 10 pagi uda minum susu, jd jam 12an-2siang br bnr2 dia mnt susu. Itu jg krn pgn tidur siang.
Aq ga smpt bikin applesauce. Ga dikasih LactoB (lupa beli... #emak payah), oralit jg ga dikasih krn aq liat dia msh cukup cairan, msh pipis, ga ada tnd2 dehidrasi.

Alhamdulilah.....terselesaikan satu masalah :-)

Garnetzhia and Ametysha are my little angels

25

Topic: Diare pada Toddler

Shafa(12m) jg diare sejak plg dr Bali minggu lalu. cm dua hari. cb diberi pisang dan roti tp selera makanny anjlok cm mau nasi. akhirny cm mengandalkan ASI. trus smpt berhenti jg 2 hari. kemarin pupinya cair lagi. curiga karna mengeluarkn dahak karna badanny jg hangat. masih ragu utk ngasih teh karna mengandung kafein. blhkah utk anak seusianya?