1

Topic: Grandparents' Involvement

rachanlie, mertua lo suruh ikut kelas kuliah gue aja, ada tuh kasus Nestle mengenai susu formula di Kenya.

Seperti kata Slesta, kudu satu suara sama suami. Ngga' menyangkal sih kalau sebagian besar dari kaum gue (lelaki gituh) masih pada "urusan anak urusan istri" dan gak mau ikut campur atau ambil pusing. Kalau itu sampai terjadi ya coba deh memperkenalkan suami ke klub STI (Suami takut Istri), ya galak dan dominan lah atas masalah ini dan kalau perlu di doktrin.

Tanpa maksud jadi istri yang galak, tapi kadang ada moment yang pria kudu masuk ke klub STI, seperti kalau hari Minggu dan istri beres2 rumah sedangkan gue pengen tidur. Kalau dia lagi pengen beres-beres banyak biasanya dia bisa amat sangat menakutkan, hehehe...

United voice itu perlu sebagai ortu, gak mungkin kan kapal jalan dengan 2 kapten. Setelah itu kalau masih gagal membujuk ke mertua, ya coba ke orang yang paling deket dengan mertua, seperti adik atau kakaknya, atau bahkan teman gosip dan arisannya. Ada 1001 cara ke Roma, kadang memang kita harus coba semuanya.

Works hard, plays harder with his kids.
- Papa to Shavira & Arkan -
http://emergencyrecipes.wordpress.com
http://chandramarsono.wordpress.com

2

Topic: Grandparents' Involvement

Slesta & Urban Papa Iya juga sih... Kalo dipikir2 selama ini kita (aku&suami) blom pernah duduk bareng untuk bener2 omongin what is ok and what is not ok... Karena kebetulan penyembuhan pasca caesar aku agak lebih lama dan baru bisa full take care Kana pas udah mau 2 bulan... Dan komunikasi kita cuma yang daily aja, bukan heart to heart.. Paling cuma kalo ada case aja kayak yang gendong2 itu... Tapi itu pun ujung2nya malah dia ngerasa koq ibunya terus yang salah... :( MAlah jadi berantem :(

Bener juga kata Urban Papa... I should try to be more dominant... In a good way tentunya yaa... Karena waktu itu udah berhasil tuh sekali (walau sepertinya lebih menjurus ke anceman juga)... Waktu dia maksa untuk tinggal sama ibunya setelah lahiran. Alasannya di rumah ibunya ada ART, sedangkan dirumahku g ada ART. Jadi semua dikerjain sendiri, kecuali cuci&setrika. Waktu itu pas masuk minggu2 terakhir menjelang due date, setiap hari MIL nelepon dan sms untuk nanya abis lahiran pulang ke mana... Aku udah berulang kali bilang aku pulang kerumah aku, bukan kerumah dia... Tapi tetep aja ditanyain... Sampe berasa diteror gitu... Naahhh... Apalagi dengan hormon ibu hamil menjelang due date yang udah lewat tapi blom lahir2 juga, pas suami ajak discuss heart to heart ttg masalah ini, aku langsung ngancem, "kalo emang kamu mau pulang ke rumah mamah, ya udah, kamu aja, karena aku akan pulang ke rumah. Aku butuh ibuku, bukan ibu kamu." Walau kayaknya koq keras banget tapi alhamdulillah berhasil tuh...Karena when I say NO, it means NO.

Apa aku gitu juga kali yah... Karena nyokap dulu terbiasa untuk buat MPASI sendiri.. Jadi kayaknya perlu diserap tuh keahlian nyokap. Sedangkan MIL g bisa masak sama sekali. Paling juga dia suruh ART untuk masak. Karena kalo tinggal disana aku juga pasti g boleh masuk dapur sama skali.. KAli ini alesannya "aku butuh ibu aku untuk mengajari aku, dan itu g bisa dilakuin sama ibu kamu". Hehehehe... Skalian meminimalisir resiko Kana dikasih pisang n pepaya di usia 4 bulan.. sepertinya untuk hal yg satu itu dia niat banget mau ngelakuin.. Karena menurutnya kalo baru mulai MPASI umur 6 bulan itu udah terlambat...Anak jadi susah dikasih makan nantinya... :(

Urban Papa, Kalo mengenai masalah weekend dan beres2, saya pun demikian...Hehehehehe...

Well... Yang jelas, langkah yg akan aku coba pertama ya bicara HTH dan coba satuin suara... Insyaalah kalo itu udah berhasil, kesananya juga bisa dijalankan dengan lebih baik, g single fighter lagi.. Wish me luck...

Terima kasih yaa Slesta & Urban Papa for the advises... Jadi lebih lega...Smangaaaatttt demi Kanaka... :)

.. i'm just a girl, a woman, a daughter, a friend, a wife, and a mother..

Our llittle space : http://kakira.my.id/ /@rachanlie

3

Topic: Grandparents' Involvement

rachanlie MIL nya bisa internetan gak? suruh gabung aja di sini.. biar nambah ilmu hihi..

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

4

Topic: Grandparents' Involvement

wakakakakakak... MIL mah gaptek... Pake bb, tapi fungsinya cuma untuk telpon sama foto aja... Smsan pun jarang.. Karena paling males kalo disuruh smsan...

.. i'm just a girl, a woman, a daughter, a friend, a wife, and a mother..

Our llittle space : http://kakira.my.id/ /@rachanlie

5

Topic: Grandparents' Involvement

Kayanya lebih oke kalo mertua gaptek. Mertua gue punya facebook dan pas suami gue put up my pin up cartoon on my profile doi marah2 karena porno katanya! Padahal CARTOON T_T

Rock 'n Roll Momma

6

Topic: Grandparents' Involvement

curhatt dikiit ahh//
paling sedih kalo inget MIL gw selalu "ngerendahin" ASI gw, dia berpendapat kalau ASI bagus itu kalau ibunya gemuggg, sedangkan gw dengan bobot setelah melahirkan yang kisaran 49-50 kg *dan sekarang setelah aiRa lulus ASIX gw cuma 45-46kg*. JAdi menurut beliau ASIku gwk ada gizinya..
huhuuhuh...
jadi tiap main ke rumah MIL, selalu dan selalu diceramahin suruh ganti susu aiRa jadi susu formula...
huhuhuhuhuhu..
nasipp bangettt yah orang ceking ituuuu...
*curhatan ibu2 yang ga pernah bisa gemuk T_T*

pRoud to be Yummy Mommy and Sexy Wifey ^^v
.: http://airababy.blogspot.com :.

7

Topic: Grandparents' Involvement

djemima Iya juga sih... Untung juga MIL gaptek... Kalo enggak weeww... Bisa makin repot... :(

curhat sedikit ah... Kemaren aku, suami dan anakku pergi bareng MIL.. Trus hampir sampai tempat tujuan Kana minta nen... Akhirnya sampai di tempat tujuan kita parkir dulu karena nunggu anakku slesai miminya.. Sambil nunggu gitu, MIL nanya "Kalo siang gini dia masih mimi susu terus" suamiku jawab "Iya mah, dia sih udah kayak monster susu... Mimi ASInya kuat banget." Daaaaannnn MIL menjawab... "Kalo gitu kasih sufor dong... Biar cukup... Kasian kan tuh dia mimi banyak tapi g bisa cukup... Makanya mimi terus2an... Kasih dong sufor biar dia kenyang dan kebutuhannya terpenuhi"

Saat aku denger itu, rasanya pengen teriak banget... Suamiku jawab "Ya enggak gitu juga dong mah... Kan Mira maunya ASIX, jadi ya ASI aja pasti cukup, lagipula sufor kan g sebagus ASI... Sufor kan susu sapi...Nah susu sapi untuk anak sapi...Jadi pasti lebih baik ASI dulu sebelum dikasih sufor"... MIL menjawab..."Ya cepat atau lambat harus dikasih sufor lah... Biar gizinya terpenuhi...Abis anaknya miminya kuat banget, jadi pasti ASI aja g cukup..Harus dikasih sufor"

Hiks...Hiks...Hiks... Tak terbayang betapa semakin parnonya diriku... :(
Maaf ya kalo threadnya malah jadi ajang curhat diriku... :(

.. i'm just a girl, a woman, a daughter, a friend, a wife, and a mother..

Our llittle space : http://kakira.my.id/ /@rachanlie

8

Topic: Grandparents' Involvement

rachanlie sabar yaaa... pengalaman gue sih, biasanya emak2 itu kalo dikasih tau pendapat kita dan itu ada dasar kemauan kita (yang udah pake research) mereka tetep gak mau percaya. tapi kalo dikasih tau karena temennya yang begitu, dia langsung ga mau kalah. jadi mungkin bisa juga nih diajak tuh ke dokter anaknya pas check up, biar si dokter yang jelasin kalo asi itu lebih bagus dari sufor.. dan ngasih asi aja cukup! biar dia ga denger dari elo aja.

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

9

Topic: Grandparents' Involvement

slesta Believe it or not... MIL aku itu udah pernah ikut ke klinik laktasi bareng aku dan suami pas awal2 abis aku melahirkan... Jadi dia juga dengerin tuh semua penjelasan dari bidannya ttg ASI, keunggulan ASI dan betapa pentingnya dukungan keluarga untuk breastfeeding mom... Malah dia ikut di klinik itu bener2 sampe selesai... Dia juga liat pas aku diajarin merah ASI manual, pijat PD sampai nyuapin babyku pake sendok kecil.. Tapi ternyata oh ternyata teteup g ngaruh juga... Teteup kekeuh maksa ngasih anakku sufor daripada ASI..

.. i'm just a girl, a woman, a daughter, a friend, a wife, and a mother..

Our llittle space : http://kakira.my.id/ /@rachanlie

10

Topic: Grandparents' Involvement

Ranchalie, wah berat ya kalo gini caranya. Sebenernya kalo mau dicari root causenya bisa jadi gini (I am speculating here...):
MIL sebenernya akhirnya nyadar bahwa ASI itu better than sufor. Tapi seperti yang elu bilang, dia udah ngejalanin yang the complete opposite ketika membesarkan suami lu. Kalo dia mengakui metode elu, berarti dia mengakui bahwa cara dia dulu membesarkan anaknya, salah. Jadi lah dia kuat-kuatan sama elu. Tau sendiri orang tua kan susah bener ngaku salah. Dan kitanya juga jangan gimana-gimana juga. KArena dia dulu menjalankan apa yang dia jalanakan karena dia pikir itu yang terbaik, berdasarkan pengetahuan yang dia punya.

Nah itu spekulasi gue ttg kenapa dia begitu insist ke elu. Sekarang pemecahannya:

- pencerahan ternyata udah karena dia udah ikut klinik laktasi. This doesnt work. Gue bialng sih elu gak perlu spend more time cari bahan argumen buat yakinin dia.

Yang jelas, perservere aja. Tanamkan ke dia bahwa elu sangat menghargai input dia. Tapi ini adalah anak kalian dan kalian ingin membesarkan dia dengan cara kalian. Salah satunya adalah, ASI ini. Haikul yakin cukup. Elu ingin MIL menghargai itu. Nah ngomong gini gak gampang. Makanya poertama bener kata Urban papa dan Slesta. Kompakin dulu sama suami, biar suami yang ngomong.

Before I have kids I have 2 parenting theories.
I have 2 kids now. And I have no theory.

11

Topic: Grandparents' Involvement

rachanlie, aww, kasian ya... susah banget emang argumen ama MIL. MIL gue juga dulu pro-sufor, karena dulu anak2nya semua sufor (dan baik2 aja). ngeliat "penderitaan" gue waktu awal2 breastfeeding (mastitis, cracked nipple, belum penyakit2 yang lain pas abis komplikasi ngelahirin), dia sering banget ngebujuk untuk sufor aja... kasian ibunya, katanya.

kalo keadaannya kayak gini, gue sih setuju ama kata adhit... ga perlu dijelasin lagi. pointnya lebih kearah, elo dan suami mnghargai masukan MIL, tapi elo dan suami kebetulan pake cara yang berbeda dengan yang MIL lakukan dulu... ga ada cara yang salah, soalnya suami juga sehat dan baik2 aja. it's a matter of respecting each other's way and choices...

yang pasti, lebih gampang kalo suami yang berusaha jelasin in ke MIL. tunggu aja. kalau MIL belum bisa ngehargai pilihan elo dan suami, gpp... suatu hari, akan keliatan kok kalo pilihan kalian ga salah juga :)

? comic and crochet addict ?
theurbanmama.com | @turniptopia

12

Topic: Grandparents' Involvement

rachanlie Sabar ya... Aduh, gue emang ga bisa 100% mengerti perasaan lo, karena alhamdulillah keluarga gue dan suami ga terlalu ngotot pengen ngasih sufor buat Nara (walopun dalam sejarah keluarga ga ada yang full ASI, biasanya kalo ibunya kerja/pergi ya disambung sufor, kalo ibunya di rumah baru minum ASI). Tapi gue bisa ngerti lah kira2 gimana perasaan lo... Karena gue juga pernah dipertanyakan kenapa sih mo ngasih ASI aja (tanpa campuran sufor) dan ngasih MPASI mulai 6 bulan (biasanya pada ngasih pas umur 3-4 bulan). Untungnya ga pake acara maksa n meneror :p Jadi dijelasin 1-2x, mereka udah paham. Gue bilang, gue ga nganggap sufor itu racun, jadi kalo emang someday ASI gue ga cukup padahal gue udah usaha maksimal, then I'm OK dengan sufor. Daripada anak gue kelaperan kan... Tapi selama ASI gue cukup, ya minum ASI aja. Tetep sabar ya bu, kalo emang dijelasin udah ga mempan, ya disenyumin aja :)

myaira Wah kayaknya orang2 emang mikir ASI banyak = ASI bagus = ibu gendut. Dulu temennya nyokap ada yang main ke rumah, dan ngeliat stock ASI di kulkas (gue lagi kerja). Nah, pas wknd kita ga sengaja ketemu di mall, langsung heboh karena katanya kok gue kecil tapi ASInya bisa cukup? Dan yang lebih parah lagi, waktu itu gue bawa Nara imunisasi ke DSA pengganti, eh si DSA juga heboh karena katanya gue kuat banget ngasih ASI padahal badan gue n dia sama aja, ga gendut gitu. Dia DSA lho, justru gue yang akhirnya bingung :p

yang selalu kangen sama si pipi gembil

13

Topic: Grandparents' Involvement

Kalo gw alhamdulillah MIL ga pernah ikut campur soal pengasuhan anak. Coz dia sendiri mengakui kalau dulu hubby n adiknya ga pernah diasuh sendiri n beliau mengaku ga bisa mengasuh anak (mil gw wanita bekerja, pergi pagi pulang malam n hubby dtitip k kakak/pengasuh n baru pensiun stlh hubby kuliah tingkat akhir).. N nyokap gw sendiri ga terlalu banyak ikut campur walau gw msh tinggal ma nyokap. Dari nyokap paling2 cuma dpt masukan n ga maksa juga..

lovely mommy with 2 lovely kids

14

Topic: Grandparents' Involvement

rachanlie, duh duh duh gue juga dulu sering bermasalah dengan MIL gue, tapi kalo untuk urusan ASI kita satu suara karena dulu dia juga sampe 2 tahun each kids breastfeednya. Bener kata Adhit dan Slesta, mungkin udah cukup pembelaan diri dari loe ke dia karena hal yang selama ini loe lakuin udah bener. Dan satu hal yang gue pelajari semenjak punya MIL yang sangat beda jalan pikirannya dengan gue, adalah the fact that mereka memang sudah hidup didunia ini jauh lebih lama dari kita, dan mereka menganggap mereka sudah dapat pelajaran yang lebih banyak dari kita. Mereka pengen dihargai, dihormati, dan dipercayai semua kata2nya. Sekekeuh apapun gue membela diri gue sendiri, itu ngga akan berhasil karena dimata mereka kita ini tidak sebijak mereka, dan belom dapat pengalaman sebanyak mereka. Jadi jalan keluarnya memang cuma 1: DENGARKAN aja apa yang mereka bilang, that's it! Emang sih kesel dan gondok, tapi cuma itu satu2nya cara untuk membuat MIL2 yang keras kepala ini untuk tidak menjadikan masalah yang sepele jadi peperangan. Karena gue dulu sangat membela diri dan sering 'talk back' lah istilahnya jadi yang ada malah jadi pertengkaran dan uraian air mata, hahah. Just tell her that this is your kid, and you're raising them your way, terserah dia mau ngerti apa engga tapi yang penting kan loe udah kasih informasi. Hope that helps, karena sampe detik ini gue juga sering cekcok tapi ya mau ngga mau gue cuekin, as bad as it feels, coba masukin kuping kiri keluar kuping kanan dan nyoba ngga masukin ke hati aja although it's hard but it's the only way. Instead of finding the differences between the two of you, coba cari hal2/pembicaraan yang bisa dinikmati kedua nya. Mungkin itu bisa membuat suasana lebih baik.

Rock 'n Roll Momma

15

Topic: Grandparents' Involvement

rachanlie gue setuju ama adhit kalo emang udah diajak ke orang yang lebih ngerti tapi kekeuh kalo pendapatnya lebih benar,.. ya udah lah dengerin aja. gak mesti diikutin kok..

kadang bikin bete emang.. tapi kita emang mesti makan ati deh kalo urusan ama grandparents.

baru2 ini gue juga mulai bete lagi.. kemaren dikunjungi ama ortu gue ke spore for 2 weeks. selama disini, mereka seperti biasa.. ngebiarin naia makan sambil jalan (kalo ditaro di high chair, malah diangkat, dibilang makannya jadi lama lah, naianya bosen lah.. duh!) trus di mobil pun, gak mau ditaro di car seat. katanya itu nyempit2in lah.. kan bete diiket gitu. dari awal emang ini yagn selalu jadi masalah kita ama mereka (dan ini ortu gue loh!)

akhirnya gue compromise, kalo ada mereka ya udah ikutin aja, daripada mereka tersinggung. untungnya mereka kan jarang2 ketemu.

tapi kemaren, pas hari terakhir, gue sengaja naro naia di car seat pas nganter ke airport. karena gue mesti nyetir soalnya bapaknya lagi ga ada. nah ya naia nangis2.. gue sampe bilang..

"tuh gini jadinya kalo dibiasain dia dipangku doang. mama sama papa enak pas disini bisa bilang dia enakan dipangku, dan lain2.. tapi kalo mama papa udah gak ada, saya kan harus bisa nyetir ama naia bedua, dan dia mesti ada di car seat. siapa yang mau mangku?"

baru deh mereka rada kayak ga enak gitu. soalnya tau kalo gue mesti bisa nyetir dan kemana2 sendiri karena papanya naia sering travel keluar negeri untuk kerjaan. jadi penting banget buat gue untuk naia bisa duduk di car seat.

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

16

Topic: Grandparents' Involvement

waaaa untung gw nemu thread in.. gw mau ikutan cerita juga.. sama dengan rachanlie n myaiRa, MIL [+nyokap gw sendiri!] pendukung setia sufor! alasan utamanya karna gw kurus [sebelon hamil sekitar 48kg, sekarang 50kg], dada ga punya [hahaha], mana ada susunya.. trus udah gitu makan gw katanya ga bener, jadi LEBIH BAIK KASIH SUFOR. dan mereka kompakan ngomong gitu ke gw. awalnya sih MIL ngikut aturan gw, kalo anak gw cuma minum ASI sampe 6 bulan, tapi teteeeep aja dibilangin kalo ntar dia diare, mau dikasi PISANG :'(.

dan petaka itu datang hari ini..
jadi abis mandi tadi anak gw rewel, kayaknya dia udah ngantuk berat + haus dan emang rada kembung perutnya. dan jeng jeeeeng galama kemudian, satu sisir pisang susu udah nangkring di dapur. akhirnya gw paksa2in anak gw buat cepet2 tidur biar ga dikasi pisang :D
...dan misi pisang MIL gagal hari ini.

malam tadi,di depan gw, anak gw dikasi AIR PUTIH sama MIL.sambil ngomong gini "tuuuh.. dia sukaa banget sama air putih"
gw mau nangis.
kalo itu nyokap gw sendiri, udah gw larang. tapi sama MIL gw rada ga enakan, kayaknya MIL udah anggap gw sok pinter soalnya dari dia lahir gw udah bilang ga usah pake gurita lah, ga ini, ga itu..
jadi tadi gw liatin aja, pas sendok ke 5 gw ambil anak gw trus gw kasi ASI.

sebenernya MIL gw lumayan pengertian, cuma nyokap gw, dan para teman2 sebayanya heboh ngasi pisang. dan sekarang dia anggap gw sok pinter.

suami sih dukung gw, cuma kurang kencang dukungannya.

btw gw skrg tinggal sama MIL, mungkin bulan depan pindah ke rumah sendiri, cuma tetep aja, pas gw kerja, anak gw dititipin sama neneknya. dan pisang sudah menanti..... huuff!
sedih banget, gw sampe kepikiran ga usah kerja dulu..

@marihuanie | On The Record

17

Topic: Grandparents' Involvement

bwahahahaha...
marihuanie...
ko ya samaan gituuu..
gw juga pernah bawa "kabur" anak gw, jalan aja gitu tanpa arah demi menghindarkan anak gw ketemu eyangnya gara2 si eyang pas dateng udah bawa2 pisang ambon en bilang mau ngasih aiRa pisang.
hahahah..kalo inget itu gw jadi ngikik sendiri, kabur dari rumah sendiri kayak gembel jalan aja gitu sambil gendong anak tanpa tujuan demi menyelamatkan anak dari tragedi pisang di usia 3 bulan setengah.
hahahaha

pRoud to be Yummy Mommy and Sexy Wifey ^^v
.: http://airababy.blogspot.com :.

18

Topic: Grandparents' Involvement

hi all... seru2 yah curhatannya,

gw juga lagi ada problem mendisiplinkan anak ama nyokap gw, nyokap manjain anak gw banget, sampe gw punish di kursi tidak pintar aja nyokap msh komplain sm gw, intonasi bisa sm2 naik beberapa oktaf. susah payah gw jelasin, anak gw cuma gw suruh duduk manis dikursi utk mikirin salahnya (such as ompol sembarangan secara umurnya udh 4 th, ga beresin mainan, rumah gw udh ky kapal pecah klo anak gw bgn tidur), trus gw ajak diskusi setelah di punish, udah gitu aja. tetep aja nyokap gw ga terima katanya ntar anak gw bisa stress... anak gw emang suka teriak2 manggil neneknya klo lagi dipunish di kursi, minta bala bantuan, dia ga berani turun dari kursi, jadilah setiap anak gw lagi dikursi gw tarik urat leher untuk ngelarang nyokap gw ngedeketin anak gw. sepanjang punishment yg cuma 10 menit nyokap gw ngomel2 ke gw, ough...gw gondok banget tp muka badak gw terusin punishmentnya, gw ga peduliin nyokap yg ngamuk2. cuma, masalahnya, merasa dibela anak gw jd ga ada kemajuan, malah sejak ada nyokap dirumah yg ada anak gw mundur, dulunya ga ompol dicelana lagi, udah lama banget malah, sekarang suka ompol sembarangan, ga ngomong klo mo bak. karena klo sm nyokap dibiarin aja trus diberesin, anak gw jd keterusan karena dia pikir ga perlu ke kamar mandi, toh diberesin juga... hiks....pusiiiiiing..... :(

proud to be fullyhousemom :)

19

Topic: Grandparents' Involvement

Rada.. rada parno juga lihat curhatan mama n papa di sini... soalnya aku tinggal di rumah mertua juga... Sejauh ini sih involvementnya baru ke baju2 baby (mertua pengen anakku dibeliin gurita biar udelnya ga bodong :p ) Tapi meskipun sering ga sreg, MIL ga pernah ampe ngotot2an sih. Pengen banget bisa tinggal di rumah sendiri meskipun cuma ngontrak, tapi sepertinya harus atur strategi 1-2 tahun ini kalau masih mau "nebeng" ya mom... Kalau moms punya tips & strategi yg jitu.. bolehlah dibagi2.. TIA..

Mother of Universe

20

Topic: Grandparents' Involvement

Bener, rada2 parno baca postingan di sini!
Alhamdulillah, gue nggak punya masalah2 berarti sama ortu gue atau suami. Justru, sebaliknya, involvement nyokap gue dikiit banget (secara langsung).. Ya iya lahh jauhhh.. hikkkss.. kadang gue justru pengen dicerewetin gitu :)

rachanlie, myaira, marihuana gue setuju ama bapak2 dan ibu2 di atas.. harus kompak ama suami pastinya, dan emang kalau ngomong yang berat2 ama MIL, mending suruh suami aja (buang body) hehehe :)
soalnya biar gimana, kalau suami kan anaknya sndiri, kalau kita kan bukan..

gue sendiri pernah baca beberapa cara buat ngadepin unwanted advice. salah satunya dg pencerahan atau bawa2 nama dokter/ahli buat meyakinkan teori kita.. tapi kalau itu gak berhasil, biasanya gue:
1. senyum aja sambil manggut2
2. bawa bercanda: misal, gue dulu sering banget dikomentarin kalau alyssa kurus, yang gue jawab," iya, habis gimana yah, kan super model harus jaga badan " (eh tapi kalau ini kayaknya gak cocok buat ngejawab orang berumur yaks :p)
3. ngalihin omongan (misal: 3"Bu, ibu mukanya tambah alus deh, cantik. ibu awet muda banget!")
4. sebelum dia kasih nasehat, kita tanya duluan. (nah, ini paling cocok buat ortu/mil kayaknya.. lagian siapa tahu emang beneran ada ilmu bagus yang bisa diserap karena, you have to admit, MIL must have done something great, buktinya lo doyan ama anaknya :))

kalau spekulasi adhit ttg MIL rachanlie bener, bahwa itu cuma adu kuat aja, pasti MIL-nya akan merasa dihormati kalau kita minta nasehat dari dia.. dan moga2 lama2 beliau bisa luluh dan berpikir 'okelah, i give up about sufor toh dia mau dengerin nasehat gue yang lain'...

21

Topic: Grandparents' Involvement

Ikut share yaaa... :D
Emang grandparents itu seringnya lebih sayang sama cucu dibanding sama anaknya yaa.. hehehe.. ortu yg sama kita dulu gualak banget, begitu sama cucu gak ada sisanya tuh kegalakannya. Dulu pernah ada temen kantor suami yg udah senior (udh kakek maksudnya :p ) bilang, I love my grandchildren more than I love my kids, because at the end of the day, they go home. Hehehe.. Jadi emang bagian kakek-nenek itu dibikin seneng dan nyenengin cucunya. Bagian mulai bikin pusing, si cucu dibawa pulang ortunya deh. :D

Anyway, waktu baru ada Aira aja, gue msh tinggal sama ortu, dan dari awal gue udh bilang ke nyokap kalo ini anak gue, & with all respect, yg diterapin ya aturan gue. Untungnya, nyokap gue sadar kalo urusan bayi/anak jaman sekarang dan jaman dia dulu beda, jd dia nurut aja. Yang susah emang kl udah ulang taun. Berhubung cucu pertama yaaa.... misal, gue bilang mau pesta, sodara2 aja, tau2 nyokap udh mesenin makanan, badut, balon, dan ngundang temen2nya (ini ultah ke 1). Sempet bete sih, tapi terus gue pikir, ya mungkin dia pengen 'pamer' cucu, dan si nenek senang, cucu senang. Jadi ya sudahlah. Walau taun2 berikutnya gue lebih sering wanti2 biar gak tiap ulang taun kyk gitu. Hehehe.. Nyokap gue lbh yg kyk gitu2, soal beli2in macem2. Kalo yg lain dia ikut aturan gue. Jadi gue selalu ingetin Aira apa yg dia gak boleh, apa yg boleh. Hasilnya, tiap ke supermrket sm kakek nenek, ditawarin beli cemilan2, dia akan pilih yg dia tau dia boleh. Kl ditawarin yg lain, dia akan bilang, "tanya bunda dulu deh". Akhirnya kakek nenek juga kebiasaan, kl Aira tiba2 minta sesuatu yg gak biasa, mereka akan bilang, "tanya bunda dulu". Aidan juga gitu. Apalagi dia bnyk alergi, jd gue bener2 pastiin dia tau apa aja yg dia gak boleh dan kenapa. Alhamdulillah mereka jadi gak 'mumpung'. Jadi kalo lagi pergi sm kakek nenek, ditawarin mau apa, ya dia pilih palin 1-2. Kalo lagi gak kepengen apa2, ya mereka bilang gak usah. Walaupun memang Aira yg lebih berhasil begitu, kl Aidan emang lebih banyak maunya. Hehehe.. 2 anak, emang karakternya beda2 yaaa...

Kalo mertua, gue emang gak pernah tinggal sama mertua. Mertua gue (terutama ibu mertua) emang juga ngikut aja sama aturan gue, walupun awalnya suka dikomentarin, gue tambeng aja lah. Tapi terus mungkin beliau liat Aira tumbuh besar oke2 aja, jadi pas ada Aidan beliau udah ngikut aja, gak komentar lagi. Pas ipar gue punya anak pun dia juga ikut aturan si ibu. Jadi kl sama anak2 gue dia perlakukan seperti yg gue mau, kalo sama cucu yang 1 lagi, ya sesuai aturan ibunya. Alhamdulillah.

Gue setuju sama apa yg dibilang yudhis diawal. Membahagiakan cucu-nya memang membuat grandparents bahagia. Khususnya untuk soal materi, kita aja sebagai orangtua yg mengajari anak biar mereka gak mumpung, jadi gak berlebihan juga minta ini-itu dr kakek nenek. :)

22

Topic: Grandparents' Involvement

ikutan gabuuung...
Kebetulan MIL adalah sufor, dot dan dispo minded (akibat penagruh saudara2 ipar), jadi awal2 ngelahirin sempat sebal karena tiap ketemu pasti ditanyain terus2an "kenapa g minum dari dot",,kenapa g pake pampers (dispo) maksudnya" trus yang terbaru adalah saat arza MPASI dan lihat menu arza makan adalah nasi tim+daging+sayur... "lho makan begitu,,emang ankmu doyan ta..".. Sebenarnya, MIL ngebesarin anak2nya dengan cara jadul tanpa ketiga hal diatas tapi para SIL membesarkan anaknya dengan hal2 tersebut lalu entah gimana MIL menjadikan hal2 tersebut adalah cara membesarkan anak yang terbaru dan paling baik.
Sempat sedih dan sebal sampe klo suami lagi pulang trus diajak ke rumah MIL jadi malessss bgt.
Lama2 mencoba mengerti dan tambeng ajah plus +thinking..mungkin MIL menanggap saya anak kecil yang tidak tahu cara merawat anak yang baik jadinya beliau tuh maksudnya ngajarin gitu...Ya didengerin saja, mana yang cocok diikuti klo g cocok ya "iyah2" aja deh... Artinya MIL masih peduli dengan saya dan cucunya..

Karena saya LDL dengan suami jadi masih tinggal dengan ortu. Awal2 lahiran ibu saya ngotot pakein Arza bedak, karena belum bisa ngerawat sendiri ya saya nglah aja tapi setelah saya pulih ya arza tanpa bedak. Klo ditanya..
ibu:"lho, habis mandi kok g apke bedak?"
saya: "Arza kan cowok mbah,,g usah pake bedak udah ganteng"
Dispo bagi ibu saya adalah big no no..pergi2 pun g boleh dipakein. kata ibu saya:" Klo g mau diompolin, biar ibu yang pangku dan gendong". Tapi setelah arza merangkak dan sering terpleset pipisnya sendiri, akhirnya beliau setuju pakein arza clodi.

Alhamdulillah soal ASIX dan MPASI homemade, beliau mendukung. Dan seperti para mamas emang yang biasanya berbeda adalah perlakuan ke anak. Kebetulan saya FTM, walopun 24 jam bisa sama2 arza tapi pengaruh ortu saya juga besaaarrr bgt.

Soal makan, senasib dengan slesta, arza dikeluarin terus dari HC-nya dengan alasan "sempit..".."kasihan".."ntar klo gede juga ngerti klo makan harus sambil duduk". Sy berusaha agar arza displin dalam jam makan serta klo makan berusaha dihabiskan, aya berhenti menyuapi saat makanan habis atau arza mulai melepeh berkali2.
Klo kebetuan waktunya makan dan saya harus mandi atau sholat, maka acara makan pasti gaagal karena jika ibu saya menyuapi kemudian arza geleng2 maka menurut beliau artinya arza g mau makan..trus beliau bilang
"arza g mau makan,,mau main aja sama mbah ya" atau
"arza mau gendong ajh, jalan2 aja..makan nanti aja.."

Klo arza nangis atau merengek,,saya sering bilang " arza diam dulu,maunya apa.." emang sih biasanya tangisnya semakin keras, tapi setelah 2/3 kali saya ngomong tangis atau rengekannya mereda. mendengar adegan seperti itu langsung aja ibu saya bilang
" anak kok dibiarin nangis",,,"seneng banget sih dengar anak nangis".. "klo anak nangis jgn dibiarin digendong gitu lho"...
Ya,,hal2 semacam itulah...intinya beliau g mau samsek ngelihat arza menangis, merengek atau kelihatan dipaksa makan...
Sempat bingung, sebal, sedih..tapi lama2 ya dengerin aja deh... ntar klo ketemu waktu dan moment yang tepat baru dibicarakan baik2. Kadang2 berhasil..tapi lebih sering gagal...heheheheh
maap jadi panjang

Find Me @Mama's Mall
Qibi Zaqibi
ARISAN BUKU YUUK

23

Topic: Grandparents' Involvement

Baru tahu trit ini, kebetulan para mbah baru pulang setelah hampir sebulan di tempat kami. Alhamdulillah, semuanya berubah dari komentar mereka dulu yang kamu itu anak ingusan, baru belajar jadi ibu( tragedi pisang dialami juga sama si sulung dulu, tapi gak pake acara kabur berdua bayi, saya makan saja pisang ambonnya :) ), sekarang mereka diam saja dan mengamati tumbuhnya anak kedua dgn mpasi homemade, senang karena ibuku juga membantu membuat mpasi tersbut tanpa gulgar! Mencengangkan karena beliau ini tipe konservatif yang susah menerima pembaruan. Saya senang karena akhirnya dinding itu runtuh setelah sebenarnya si sulung ini dibesarkan tanpa "ada" utinya, saya sengaja menjauh dan jadilah friksi ... Tapi long story. Anehnya, semakin ibu saya berubah menghargai cara saya membesarkan anak anak, hati inipun meleleh. Tentang bobo gendong, tentang gak boleh mesti pakai kaos kaki topi kalau keluar, gapapalah. Merekapun bisa menerima si adik tetap di carseat walau saya tahu mereka sakit perut melihat cucunya nangis karena ngantuk dalam perjalanan. Soalnya mereka diem saja sambil nahan napas, :(. Ketika akhirnya yang meraung raung bisa tidur
Sndiri, itulah pembuktian buat saya.

hari ini adalah hari baik

24

Topic: Grandparents' Involvement

kelar juga baca thread ini.

Ttg grandparent's involvement yang paling tidak terlupakan bagiku adalah waktu anakku sdh umur 21 bulan dan cuma bisa ngomong 3 kosakata, sering ga nengok/cuek waktu dipanggil dan malah ngeloyor pergi kalau diajari ngomong.
Salah satu orang yang sering membesarkan hatiku dan meyakinkan kalau anakku tidak mengalami gangguan autisme adalah bapak mertua. Big thanks to him. Selalu mengingatkan aku agar lebih banyak berdoa dan sholat malam kalau aku takut anakku menderita autisme. Dan memang selama ini aku mengakui omongan beliau selalu banyak benarnya, selain juga krn sebenarnya beliau sendiri punya pengalaman membesarkan iparku yang menderita autisme.

Aku dan ilyasa malah lebih dekat dengan bapak mertua dibanding dengan bapakku sendiri.

25

Topic: Grandparents' Involvement

huuuu....senangnya ada thread ini jadi bisa curhat hehehehe
Maliq kalo gw kerja dititipin sama MIL n FIL kebeneran FIL udah pensiunan meanwhile MIL gw emang ibu rt. Banyaaaaak banget perbedaan pola asuh gue n mereka, mulai dari pemberian asip, mpasi, dll. Kalo sama ortu sendiri seh masih enak lah ngasi taunya, sedangkan sama mertua gw berasa ga enak aja udah untung anak gue dijagain sama mereka. Tapi kadang ga tahan juga seh, biasanya gw ngomong baik2 or gw ngomong sama suami biar suami yang nyampein ke mereka. Saat ini hal yang paling bikin gue kesel adalah anak gue suka dikasi gorengan khususnya pisang goreng yang beli dari luar aduuuh pake minyak jelantah dong yaaa call me lebay tapi gue sangat berusaha meminimalisasi pemberian gorengan buat maliq. Alesannya mil adalah karena udah lewat 1 taun jadi udah bebas makan apa aja, udah dibilang jangan dikasi gorengan beli ya mending bikin sendiri aja kalo mo ngasih tapi tetep aja looo. Nah kalo emak gue laen lagi suka nya ngasih bubur ayam beli di tukang bubur lewat, ngerasain buburnya aja gurih banget kebayang deh berapa banyak MSG yang dikasi sama mamangnya. Satu lagi kebiasaan mil gue ada makan digendong atau dibawa keluar bye bye deh yg namanya high chair hasilnya sekarang gw kalo ngasi makan maliq ya sambil maen, capee :) Kadang gue mikir apa pake bs aja ya, tapi kayanya kalo sama bs ga bakal se telaten sama nenek n kakeknya sendiri deh, maliq dapet kasih sayangnya juga full....gue nya juga tenang ninggalinnya. Untungnya mil n fil masih seh ngikutin aturan gue kalo kadang2 dilanggar ya sutraa lah cuma bisa pasrah ajaa hehehe

kangen teyuuus sama maliq paha montoq :)
www.mypetitefamilia.blogspot.com