1

Topic: Baking Q&A

tari quenell kalo aku selalu sedia 2 macam vanilla u/ baking. yg bubuk & liquid. biasanya untuk resep2 barat kebanyakan pakai vanila extract, misal untuk cupcakes :)

2

Topic: Baking Q&A

ternyata TBK arvian bisa delivery :)

kenzie jatung hati mama papa semoga menjadi anak yg sholeh & hidupmu selalu barakaallah.

3

Topic: Baking Q&A

mamas saya ini masih banyak nggak ngerti bahan2 perbakingan bantu ya butter milk, cream chesee, fondant,crumb ( baca posnya otty ). oya klo beli jadi merknya apa? :P

kenzie jatung hati mama papa semoga menjadi anak yg sholeh & hidupmu selalu barakaallah.

4

Topic: Baking Q&A

tari kalo merk sih macem2 yaa.. krn biasanya ada beberapa merk yang produksi barang2 tsb. gue ga bisa bantu banget deh kalo urusan merk karena gue ga di indonesia, jadi suka kurang tau ada merk apa aja di indonesia.

cara paling gampang sih buat tau itu, ya lewat google.. atau sering2 nonton show masak.

hanya untuk bantu dari yang ditanya di atas.. juga via twitter (kemaren nanya kan buttermilk itu apa?). buttermilk itu sejenis susu. buat diminum sih, sama lah kayak susu pasteurisasi, tapi dia lebih kental karena lebih heavy. rasanya lebih sour krn dia fermented, biasanya emang dipake untuk jenis minuman. tapi juga populer untuk jadi bahan makanan. kalo di amerika/eropa, buttermilk ini gampang dicarinya.. ya sama aja kayak beli susu gitu, selalu ada di chiller. susu di amerika/eropa itu banyak jenisnya, dari fresh whole milk, low fat, non-fat, half & half, 2%, buttermilk, etc.

di asia, buttermilk emang jarang ditemuin, gue pun di singapore, jarang jarang banget nemu ini di supermarket. dan sebenernya bisa dibikin sendiri untuk substitute, dengan menambahkan acid di susu biasa (biasanya bisa pake jeruk nipis). bisa dibaca caranya di SINI

kalo cream cheese itu ya sejenis keju, berwarna putih, rasanya lebih tart, ga terlalu salty. high in fat. di amerika, merk terkenal cream cheese itu biasanya pake philadelphia, dari kraft. setau gue sih merk ini di indonesia ada, tapi harganya itu lohhh.. mahal banget yah!

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

5

Topic: Baking Q&A

tari quenell Nambahin jawabannya slesta, kalo gue biasanya pake cream cheese merk Anchor. Biasa dijual di TBK kemasan min 250 gr (aslinya kemasan 1 kg) dan harganya 25rb. Masuk akal lah... Buat baking jangan pake Yummy karena Yummy itu light cream cheese dan bentuknya rada encer jadi ga akan bisa buat frosting karena ga padat. Buat muffin juga lebih enak pake Anchor daripada Yummy (gue udah nyoba).

Buttermilk gue selalu bikin dari susu + perasan lemon. Kalo niat bisa aja bikin dari whipping cream yang diaduk di blender/food processor sampe lama, nanti produk akhirnya jadi buttermilk dan butter. Tapi gue sih males :D

Crumb itu kayaknya ga dijual, setau gue itu dibuat sendiri (dipake di bagian atas muffin gitu kan?). Bahan2nya biasanya tepung, gula, sama butter (entah dingin atau dilelehkan).

yang selalu kangen sama si pipi gembil

6

Topic: Baking Q&A

Otty, Slesta, dan para urbanmama ahli baking lainnya,

mau nanya, kemarin nyoba bikin redvelvet cupcakes, tapi permukaannya jadi pecah, kenapa ya? apa suhunya terlalu panas? atau ada komposisi yang kurang pas? fyi, daku pake resep redvelvet di joyofbaking.

oya, apakah vinegar bisa diganti perasan lemon biasa? soalnya pas dicampur baking soda, bisa ngeluarin efek fizz up juga.. :D

thanks in advance mama!

a happy wife & mom always defines me best! :)
@mamaaltair

7

Topic: Baking Q&A

jessti & mamas, kemarin aku juga bikin greentea cupcake juga retak tuh atasnya, kurang moist dan waktu disimpan di lemari es dikeluarin didiamin di suhu ruang masih keras ( boleh nggak sih di simpan di lemri es ?), pinginnya sih kayak cupcake minilovebites teksturnya sangat moist. apa kurang telor ya padahal udah sesuai resep :(

kenzie jatung hati mama papa semoga menjadi anak yg sholeh & hidupmu selalu barakaallah.

8

Topic: Baking Q&A

jessti & mba tari quennell kalau atasnya retak bukannya enak ya? jadi semi-semi brownies gitu.. saya sih suka... hihihi
mungkin kelamaan diovennya. saya sih gak exactly mesti seperti dlm resep.. tapi ditusuk pk lidi *kampring,yes?* kalau udah gak lengket ya dimatiin apinya. soalnya pake otang dan ga punya thermometer masak juga, sih..jadi feeling so good aja. :D
tari quennell boleh kok disimpen di kulkas, tp bukan freezer or chiller kan? di raknya itu, dan dalam wadah tertutup. krn IMO fridge itu kan sama kaya AC, dingin tp kering.

A person's a person, no matter how small.
(Dr. Seuss)

9

Topic: Baking Q&A

tari quennell, kalo buat nglembutin tekstur, biasanya aku simpen di kulkas semaleman, tapi ditutup pake plastik wrap :)
masih penasaran nih, kenapa pecah yaa.. nanti mau dicoba lagi dengan suhu yg lebih rendah dari kemarin. kemarin pake suhu 190 derajat soalnya..

a happy wife & mom always defines me best! :)
@mamaaltair

10

Topic: Baking Q&A

jessti selain temp biasanya kalo pecah gitu karena kurang liquidnya, bisa dari mentega ato oilnya yang kurang pas.

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

11

Topic: Baking Q&A

mama yang canggih baking...mau tanya doang tentang timbangan digital...
lagi dilemma berat beratan sebarat badankuh...
akhirnya memutuskan beli timbangan setelah bosen pake measuring cup saja. tapi bingung dengan beberapa pilihan timbangan digital.
merk tanita itu baguskah? atau ada pilihan yang lebih murah dan bagus?
kemarin sih ngecek di ace ada merk krischef harganya almost 200 rb. cuma jadi labil soalnya nanya mas mas nya katanya digital suka eror. betulkah? monggo dishare dong mama merk timbangan yang udah dipake, plus minusnya...mohon pencerahannya:) thanks before..

12.09.10 first time when i saw MIRACLE

12

Topic: Baking Q&A

mommie jeff Gue pake timbangan digital merk yang sangat tidak terkenal di sini hihihi... Dulu nitip sama temen, belinya di spm semacam Superindo gitu kali ya (dan mereknya = nama spm). Udah dipake berapa lama ya, mungkin 1 taun? Ga pernah error kok sampe sekarang. Harganya murah, lupa persisnya tapi di bawah 150rb.

Menurut gue sih antara timbangan digital sama measuring cup ga bisa dibandingin, soalnya beda banget tujuannya. Kalo gue pake measuring cup supaya praktis, soalnya lebih gampang nakar2nya (dan sebagian besar resep Amerika pake measuring cup). Kalo timbangan digital lebih presisi, biasanya buat resep2 Asia/Eropa yang ga kenal measuring cup.

Kalo mau ngebandingin, harusnya timbangan digital sama timbangan analog. Nah ini baru ketauan bedanya, timbangan analog itu bikin senewen banget :D Bahannya ditaro di tengah sama agak minggir dikit, hasilnya beda hahaha...

yang selalu kangen sama si pipi gembil

13

Topic: Baking Q&A

bener ty...dikarenakan sering ga akurat si measuring cup. hihiiyy....soalnya mau coba resep resep yang pake ukuran gt ga pede deh.
embeeerr...itu punya nyokap gue timbangan analog yang kalo dicolek atau geser dikit bisa beda 10 gram. hadoooh...bikin emosi jiwa.
mana gue juga udah desperate bgt dengan convert ml ke gram ke cup demi seonggok cake yang ga seberapa.

klo menurut gue juga harusnya yang lebih sering eror tuh analog ya...
mas mas ace hardware itu kok ngejelasinnya kaya ngelarang gue beli timbangan digital gt.sebel!
gue ke TBK naksir si tania...eehh ternyata harganya lumayan. alarm irit gue langsung bunyi. makanya pengen nyari alternatif merk lain.
klo di luar timbangan digital gini emang ga mahal atau itu pas lagi disc ty?

12.09.10 first time when i saw MIRACLE

14

Topic: Baking Q&A

ih ada thread ini ya? hahaha...kemana aja?
aku dah lama nih tutup dapur jadi kangen baking lagi

aku punya timbangan digital tanita 2 kg (bukan tania mommy jeff :D) sama satu lagi *lupa merk* kapasitas 5 kg hadiah dari beli mixer signora

"hidup itu hendaknya memberi manfaat bagi orang lain di sekitar kita"

15

Topic: Baking Q&A

mommie jeff Kenapa measuring cup ga meyakinkan kalo mau ngedobel resep? Gue cuek2 aja tuh bikin 2 resep ato setengah resep, langsung gue bagi. Baik2 aja sih hasilnya.

Gue ga sempet ngebandingin harga soalnya waktu itu tiba2 temen gue nawarin ada timbangan digital murah. Yang jelas itu harga bukan diskon alias harga normal.

yang selalu kangen sama si pipi gembil

16

Topic: Baking Q&A

mamas, ada yang suka bikin molten cake? (fondant cake, lava cake ato apalah itu namanya)

aku bikin 2 kali dan selalu bermasalah sama waktu pemanggangan. atas nya udah mateng, tapi ternyata pas di keluarin dari cetakan, langsung blessss... masih cair! sialnya, waktu itu pas di balikin ke tangan. dan alhasil, tangan pun jadi korban si molten cake ini :(

molten cake ini salah satu favoritku. tapi ya itu, waktu pemanggangannya susah-susah gampang. ada tips & trik khusus bikin si molten ini?

17

Topic: Baking Q&A

annys akuuu... 2 kali bikin moleten cake, sukses 1,5! :)
maksudnya, yah, ada juga yang ga meleleh alias padet aja kayak choco cake biasa :)

gw pake trik yang di ajarin di blog-nya hesti-myworkofart(blogspot) coba deh google ke situ ;)

trik dari dia adalah masukkan adonan dalam cetakannya ke kulkas dulu selama 20 menit dan langsung masuk oven yang sudah panas.

Kinda works for me :)

still learning....day by day....

18

Topic: Baking Q&A

bundanaya Iya bunda...kamsudnya si tanita, hihihi...klo kapasitas 2 kg klo ga salah 350 rb an.

otty klo dobel sih hajar bleh aja. cuma klo di resep misalnya sugar 150 gr. sementara menurut catatan converter dry goods gue kan 1 cup sugar itu 128 gr. naaah...ilmu kira kiranya ini kadang bikin ga pede. apalagi klo ada resep baru..
duuh murah juga dong ya klo ga diskon. hokeh....coba gue cek cek dulu.

annyyyyys ih canggih deh mamak sam ini bakingnya sekarang...bagi bagi resep doong...

12.09.10 first time when i saw MIRACLE

19

Topic: Baking Q&A

MamaAlula ah sama! aku juga sering ngintip resep ke situ :p dan molten cake nya juga aku intip di sana. dari 1 loyang muffin (isi 6) cuma jadi 2 :( uda di masukin kulkas sih, tapi masih aja begitu :( apa pengaruh loyang ya? terakhir nyoba pake loyang silikon.

mommie jeff hihi.. ini juga masih dalam tahap belajar. palingan cuma sukses bikin cupcakes / muffin. giliran kueh gede, langsung deh bantet dengan sempurna :p

20

Topic: Baking Q&A

mommie jeff gw juga naksir tanita... lucu.. tapi harganya ga lucu. Nah, suatu hari, gw buka2 katalog selipan tagihan kartu kredit. Ada timbangan digital harga dibawah 250rb-an klo ga salah dan bisa dicicil 3x bunga 0% langsung angkat telpon dan pesan timbangannya, minta cicilan 3x :p
Lumayan bunga 0%. Mo ambil langsung lunas, sayang lah... maksimalkan bunga 0% :D
Gw lupa mereknya. Ntar yah klo udah sampe rumah gw liatin lagi.
So far sih cukup membantu saat baking. Waktu itu gw sempet terima pesenan chilled cheese cake in a cup (di cupcase momma), lumayan, dengan timbangan itu gw bisa nimbang2 tiap cup dengan rata. Soalnya gw takut kurang ajah bahannya atau justru kebanyakan (sayang krimcisnya :p)

still learning....day by day....

21

Topic: Baking Q&A

annys gw emang yang pertama pake loyang muffin juga gitu. tapi trus gw coba pake loyang alumunium foil yang suka ada di spm. Yang suka dipake orang klo bikin mac schotel individual (hope you know what i mean :) ), itu lebih sukses.
Trus, belajar dari pengalaman yang pertama, gw usahain taruh adonan/loyang ga di bagian sisi pinggir oven. jadi bolak-balik beberapa batch, supaya mangganggnya posisinya di tengah loyangnya. (maklum pake otang, problem utama kadang api ga rata :p )

still learning....day by day....

22

Topic: Baking Q&A

annys gue juga baru seputaran muffin,cupcake, brownies dan kawan kawan yang ecek ecek. baru mau ekspansi resep nih.

mamaalula iya...mbak tanita ini mahal...yang 5 kg harganya 650 rb. duuuh mendingan beli creamcheese se ember ya...hehe..
monggo loh di liatin merknya...klo ternyata pengalaman ibu ibu disini pake timbangan digital oke oke semua gini...berarti info si mas mas ace itu hoax yaaah..?

12.09.10 first time when i saw MIRACLE

23

Topic: Baking Q&A

mommie jeff Oalah itu maksudnya... Iya emang PR banget kalo harus convert2 gitu, puyeeeng dan tiap web yang dicontek pasti ngasih angka yang beda.

Mungkin info si mas Ace bukan hoax, tapi itu pengalaman dia dengan timbangan yang dia jual. Coba aja ditanya merk apa yang paling nyusahin hehe...

yang selalu kangen sama si pipi gembil

24

Topic: Baking Q&A

tuuuh kan...emang ya..masing masing beda beda. contekan gue aja udah buluk bgt kena kena adonan gt sangking gue berusaha saklek sama convertan. jadi dengan semangat nya gue mau beli timbangan aja. abis tiap baking harus pake kalkulator di hp. dan hp gue suka belepotan tepung. haissshhh...

merk krischef, ty. semuanya jenis timbangan digital di ace merk itu. setidaknya di 3 ace hardware yang berbeda.

12.09.10 first time when i saw MIRACLE

25

Topic: Baking Q&A

MamaAlula iya nih kayaknya pengaruh loyang deh. habis loyang silikon nya lucu banget :p tergoda buat beli pas di ace. eh malah hasilnya ga bagus :(

mommie jeff setauku merk krischef itu lumayan deh. IMO ya. aku salah satu penggemar barang2 ace (merk krisbow) karna selain harganya lumayan murce, kualitasnya pun okeh juga lohh.. kalo gak salah merk krisbow/krischef itu udah standar luar deh :)