1

Topic: Imunisasi

yanichan yang bagian risiko vaksinasi MMR ya? disitu disebutkan

Risiko vaksinasi MMR dapat menyebabkan keadaan berbahaya yang serius atau kematian adalah sangat kecil.
wrote:
suda dijelaskan juga kira-kira Kejadian Ikutan Pasca Imunisasinya apa saja, eg demam, kejang, dsb..tapi itu catatannya juga sangat jarang terjadi dan presentasenya bisa 1 banding sekian orang.

Disebutkan lagi
Karena semua masalah ini jarang terjadi, kita tidak bisa memastikan apakah penyebabnya adalah vaksinasi ini.
wrote:


Seperti kita ketahui vaksinasi maupun obat kan pasti punya efek samping, namun urusan kesehatan berada pada koridor risk and benefit, kalo benefitnya jauh lebih besar daripada potensi risiko, tentu sangat bijak jika kita berusaha melakukan pencegahan terlebih dahulu.

No worries mom, bismillah dulu..semoga sehat-sehat aja ya :)

- Provides a boy with the courage to explore the outside world -

@shalihare ||
http://dailyrolla.blogspot.com

2

Topic: Imunisasi

siipp mom sorella makasi atas penjelasannya :)

3

Topic: Imunisasi

Mommies,

Mau tanya mengenai vaksinasi MMR, mungkin ada mommy yg tahu atau bisa beritahu link informasinya, maaf kalo mungkin sudah pernah dibahas di depan2, tapi mungkin saja sekarang ada update info terbaru.

1. Apakah penundaan pemberian vaksin MMR hingga anak bisa bicara/komunikasi masih berlaku?
2. Apa yang jadi tolak ukur bisa bicara/komunikasi? Apa maksudnya harus sudah bisa berkata2 dengan jelas?
3. Seandainya pertanyaanku yg no. 1 itu masih berlaku, berapa batas usia maksimal pemberian vaksin MMR ini? Saran pemberian pada usia 15 bln, tapi bagaimana seandainya pada usia itu belum lancar bicara/komunikasi, sebaiknya menunggu berapa lama?

Sempat cari2 informasi di internet, tapi kok agak simpang-siur. Malah ada satu forum di mana dokternya menekankan dengan sangat bahwa MMR harusnya diberikan di usia 9-12bln. Sedikit aneh menurutku, krn di buku TumBang anak-ku aja tercantum usia pemberian 15 bln.

TIA yah, moms :)

4

Topic: Imunisasi

Meggy, mmr gak ada hubungannya sama kemampuan bicara kok. Cmiiw ya
Trus kenapa mmr di kita 15 bln krn anak2 udah dpt campak di umur 9 bln. Dan musti ada jarak 6 bln dr campak ke mmr. Kan di dalam mmr ada measlesnya. Makanya klo sampe umur 12bln anak blm dikasi imunisasi campak, langsung mmr aja. Btw klo mo belajar imunisasi lbh pol lagi mending masuk ke grup gesamun di fb. Banyak yang lebih kompeten di sana

5

Topic: Imunisasi

Moms say imunisasi si kecil sesuai anjuran pemerintah yg sampe 9 bln aja. Kebetulan dokter anak sy, om sy sendiri. jadi menurut beliau imunisasi yg macem2 itu nggak perlu, klo tidak salah klo mo ke luar negeri ada imunisasi yg memang perlu. Jadi bingung nih, mo imunisasi yg belum pernah kt suami an dokterny nggak perlu...

6

Topic: Imunisasi

Mom frita, klo ada rejekinya kenapa gak dikasi aja. Yang ada di daftar imunisasi itu inshaa allah penting semua, cuman karena belum semuanya bisa disubsidi sama pemerintah, jd dianggap gak penting.

7

Topic: Imunisasi

medynaroesly - thanks infonya, mom, nanti coba kulongok di fb. Makanya aku lagi cari update yg terbaru, soalnya info yg aku ketemu di internet itu - kenapa pemberian vaksin MMR disarankan setelah anak bisa bicara/komunikasi, itu waktu pemberian MMR masih dihubung2kan sebagai pencetus autisme.

8

Topic: Imunisasi

update yg paling bisa dipertanggungjawabkan menurut saya langsung baca di situs-nya WHO aja mom... paling engga CDC lah...
CMIIW kl autisme masih dihubungkan dgn MMR itu kyknya isu udah lama banget deh...

9

Topic: Imunisasi

Kl aku setuju sm Mom Medynaroesly, kl ada rejekinya kenapa nda, imunisasi itu setau aku sudah hasil dari penelitian yg insya Allah memang penting :) jd kl menurut aku sih kl orang tuanya mampu kenapa nda, kan pgnnya ksh yg terbaik utk anak :) babyku saat ini 7bln alhamdulillah imunisasi PCV (Prevenar) pertama, lumayan sih mom harganya tp aku sudah survey ke beberapa RSIA dan Klinik Dsa alhamduliah dpt yg relatif murah mhihihi...

A mom and a wife of sailor and their chubby son Satria
http://www.mamaayuutami.com

10

Topic: Imunisasi

@Ayunohime, bisikin dong tempat pcv yg murah. Aku mau imunisasi yg ke3.

@All, babyku kmrn baru disuntik infanrix+hib semacam pediacel gitu, ternyata demam malam harinya. Padahal suntikan 1&2 dan imunisasi lainnya ga pernah demam. Jd kmrn ganti dsa krn mau second opinion mengenai penyakit anakku dan dibilang sehat n normal aja. Drpd rugi #emak aji mumpung# aku minta anakku di imunisasiin. Eh merknya beda bukan pediacel tp infanrix gitu.. Hiks. Sempet panik tp dokternya blg ga apa..

Ketika panas, paracetamol dimuntahin ama ASI yg sdh lama diminum-udh asam (kyknya sempet msk lambung). Aku ga tau paracetamol bs diberikan lg, maklum anak pertama dan itu kejadian dini hari, ga enak bangunin dsa. Lalu aku kompres air biasa, lumayan bs turun.

Jd takut nanti suntik hepatitis B dan PCV panas tinggi lg ga ya?

11

Topic: Imunisasi

Mom Inanguli, kemaren babyku PCV di Klinik Esti Jl.Bangka raya dekat kemang jakarta selatan, Totalnya Rp. 1,110,000 , perinciannya :
1. 920,000 ( Vaksin Prevenar/PCV )
2. 150,000 ( Dsa. Dr. Yusuf )
3. 25,000 ( Injection )
4. 15,000 ( Administrasi )
Aku survey ke RSIA lain rata2 1,3jt-1,5jt ( Included Dsa ).
Babyku suntik PCV alhamdulillah nda demam tapi mungkin agak pegal di lokasi suntiknya, karena babyku 2 hari rewel sambil ngangkat2 kaki yang kemaren di suntik. Sebelumnya juga pas suntik DTP3+HIB ( Infatix Hib+ ) alhamdulillah nda demam dan nda rewel, mungkinnnnn krn aku memastikan babyku sehat ( nda pilek, batuk, demam & Ceria ) jadi lancar :) , semoga shareku ini membantu ya Mom Inanguli ^^

A mom and a wife of sailor and their chubby son Satria
http://www.mamaayuutami.com

12

Topic: Imunisasi

Hi moms,, salam kenal.. Senang bisa join di TUM.. Baby ku Michelle 2m3w,, wkt diimunisasi BCG yg disuntik di lengan atas y, kok lukanya ga jd? gpp kah itu?

13

Topic: Imunisasi

Mamas, Insya Allah Sabtu ini aku mau coba dateng ke Posyandu Eksklusif-nya Rumah Vaksinasi punya dokter Piprim di Summarecon Bekasi.

Mau coba vaksinasi hepatitis B Mas Aryo di sana. Hari Sabtu jam 8-11 pagi. Adakah yang mau ke sana juga?

Kalo minat, harus daftar dulu paling telat besok. Info lengkap bisa ke twitternya @rumahvaksinasi :D

:) A smile is the prettiest thing you can wear :) | IG : iam_mrsred | http://iammrsred.wordpress.com

14

Topic: Imunisasi

mommas, maaf mau tanya..
adakah mommas yang pernah kasih imunisasi rotari (biar ga diare)? kata bidannya di RS diberikan umur 2bulanan. dulu ngga aku kasih karena menurutku ngga terlalu dibutuhkan. eh, umur 3bulan babyku diare parah. sekarang umurnya sudah 8 bulan. kalo dikasih imunisasi rotari masih bisa ga ya?
sama, ternyata kesalahanku yg terlalu perhitungan menuai kekhawatiran buatku sendiri. katanya PCV bisa diberikan setelah 1tahun 1x saja. jadi kemarin aku tunda sampai nanti Trudy 1 tahun. 1 tahun itu di bulan ke berapa ya? aku khawatir banget kalo ternyata mengambil keputusan yg salah lagi... :(

mohon pencerahannya ya moms... thank you...

a wife of a crazy, amusing, charming comedian
a mother of a cute, magnetising princess :cool:

15

Topic: Imunisasi

jity michelle diimunisasi kapan? Setau aku rata2 scar bcg terbentuk 6-8 minggu setelah disuntik, paling cepet setelah 2 minggu. Rafa jg baru diimunisasi bcg 2 minggu lalu, dan belum ada scar-nya. Cmiiw ya.

winda.reds aku pengen, tapi kejauhan. Jadinya aku hari minggu ini mau ke rumah vaksinasi yg di pondok gede. Rafa mau diimunisasi rotarix (rotavirus) dan infanrix-hib.

IndriBracov kalo kata dr.dirga (ahli vaksin) rotarix maksimal mulai diberikan pas 14 minggu, kalo dr.piprim (dsa) 20 minggu. Kalo uda 8 bulan uda telat berarti. Follow twitternya mereka deh mom, @dr_piprim dan @dirgarambe, banyak info penting ttg imunisasi.

16

Topic: Imunisasi

udah nyoba vaksin di beberapa tempat, yang paling murah memang rumah vaksinasi.. kmrn babykev baru vaksin hib+dpt+polio yang kedua (infanrix), PCV yang kedua (prevenar) dan rotavirus yang kedua juga (rotarix) kalo yang merk rotarix kata dokternya hanya perlu 2kali vaksin, jadi udah rampung vaksin rotavirusnya. Totalnya ga sampe IDR1.600K

untuk vaksin rotavirus memang disarankan pada umur 30minggu sudah selesai, apalagi kalo yang rotarix diharapkan selesai sebelum 20minggu. Jadi babykev kmrn vaksin rotarix diumur 2bulan dan 4bulan.

I've tried and failed at many things in life but I will NEVER stop giving 100% at being the best mom I can be
proud mom of Kevin Abrar Rajendra

17

Topic: Imunisasi

Ikutan sharing ah aku juga imunisasi di Rumah Vaksinasi yang di pondok gede murah jauh drpd di RS-RS baru nyoba pas babyku 4m dan ternyata masih boleh Rotavirus jd pas 4m itu bnr2 ud trakhir klo ga rota pas 4m kmaren ya ga sama sekali jadinya kemaren ambil yang rotateq jd 3 kali jd harus pas 4m, 5m, 6m itu krn ud telat jd besok senin jadwal imunisasi anakku mau ambil DpaT 3 - Hib 2 yg infanrix sama rota..aku belum pcv rencana mau pcv pas anakku 7m kalau uda kelar hibnya soalnya ga tega liat dia disuntik 2kali :(
Oh iya kalau ada yg mau daftar harga imunisasi rumah vaksinasi PM aku aja kmaren sempet foto daftar harganya

18

Topic: Imunisasi

TFS ya mommies buat info vaksin rotavirusnya.. Akhirnya aku ga ambil juga karena Trudy udah ketuaan. Kata dsanya ga akan berpengaruh, dan tidak disarankan krn sample virusnya diambil dari anak umur 2bulanan

Yg jadi pertanyaanku sekarang, anak alergi telur beneran ga bisa vaksin campak kah?
Kemarin aku ke rs mau vaksin campak, terus ditanya: 'udah dikasi makan telur?' 'alergi ndak' jawab: 'udah' 'ga tau ya, waktu itu seminggu aku kasih telur terus kelopak mata kirinya keluar warna merah kaya mau bintitan' terus bidannya bilang: 'waaaah.. Ndak bisa disuntik campak bu.' Dan dijelaskan kalo campak itu ditanam di telur. Kalo bayinya alergi telur bisa bahaya. Aku tanya bahayanya apa, dijawab: 'wuaa bisa shock bu bayinya. Karena vaksin kan langsung masuk ke tubuh. Bisa ndak sadarkan diri' waduhhh!! Lha ya gawat kalo gtu! Ga berani ambil resiko aku. Terus aku disuruh pulang dan coba kasih telur lagi beneran alergi apa ngga.
Dulu sih awalnya aku kasih telur ga ada reaksi apa-apa. Tapi terakhir aku kasih koq jadinya gitu? Atau itu merah-merah karena hal lain, ya ntar deh aku lihat lagi bener ato nggak nya. Kata bidannya, kalo memang alergi dan aku maksa, harus suntik 3x dgn jeda 30mnt, lihat reaksinya gimana.
Adakah mama yg punya pengalaman begini? Kalo udah pernah dibahas, di page brp ya? Really need some help... TIA moms..

a wife of a crazy, amusing, charming comedian
a mother of a cute, magnetising princess :cool:

19

Topic: Imunisasi

indribracov
Aq baru tau tuh ada cerita begitu. Kedua anakku vaksin campak,dokternya ga tanya2 soal alergi telur. Dokternya jg beda.
Cb gabung di fb grup Gesamun. Ini khusus bwt imunisasi. Tanya aja disitu,pasti byk ahli yg kompeten utk menjawab. Aq sndr blm join sih.

Garnetzhia and Ametysha are my little angels

20

Topic: Imunisasi

wah jadi banyak tahu tentang harga vaksin, memang kalo yang dari pemerintah ga ada ya bun? biar agak murah gitu

21

Topic: Imunisasi

aku juga baru tahu waktu itu aja koq bun natallia.. ya aku jadi cemas2 aja. koq efeknya dibilang sampe shock dan tidak sadarkan diri, ngerilah aku bun...
adakah bunda yg anaknya alergi telur dan tetap diberi imunisasi campak?
dulu perasaan campak diberikan di puskesmas dan di SD juga ga pernah ada pertanyaan serupa yah? entah informannya terlalu extreem, mungkin mereka memang ga mau nanggung resiko, atau emang ada riwayat reaksi seperti itu.. masih aku cobakan telur dari senin kemarin - sabtu minggu ini. semoga ga kenapa2 yah...

a wife of a crazy, amusing, charming comedian
a mother of a cute, magnetising princess :cool:

22

Topic: Imunisasi

IndriBracov

wah, aku juga baru denger nih, dapat pengetahuan baru.. sampai cari2 di internet saking penasaran.. ini salah satu link informasi yg aku ketemu dari web-nya cdc:

http://emergency.cdc.gov/agent/smallpox/faq/pre_event.asp

Kalo menurut informasi itu, telur tidak digunakan dalam pembuatan vaksin campak.

Mungkin coba cari second opinion dulu ke DSA lain yah, mom? Kebetulan yg memberitahu itu bidan kan yah kalo gak salah? Maaf, takutnya info-nya gak update. Karena mnrt info yg ada skrg, ternyata memang di masa lalu sempat ada issue pertanyaan mengenai pemberian vaksin campak (smallpox/measles) dgn alergi telur, tapi menurut penelitian lebih lanjut sudah disangkal.

23

Topic: Imunisasi

Mrs wibowo
Oiyaaa, ternyata 6-8 minggu,,benerr mom.. Michelle imunisasi BCG usia 2bln.. 2minggu lalu bekas suntikan menggelembung merah gitu kyk bisul ada titik nanah ujungnya,, sehari kemudian berangsur-angsur mulsai kempes,, tp sampai skrng blm kempes sempurna..cuma udah legaa siihh..

24

Topic: Imunisasi

halo moms, mau tanya nih sebenernya beda IPD ama PCV apa yah? kalo kakakku yg dokter umum bilang kalo IPD itu nama penyakitnya dan PCV adalah vaksinnya. Trus buka panduan idai ga ada vaksin IPD, tapi di kartu sehatnya alma-aida ada vaksin IPD... Jadi agak bingung nih moms harus kasih yg mana..ada saran kah? Atau mungkin sudah pernah dibahas sebelumnya? maklum lagi pusing dgn dua istilah ini hehe makasih moms

25

Topic: Imunisasi

Mom menok - coba mundur dua pages deh.. di p.34 pernah dibahas, kebetulan wkt itu aku yg menanyakan. Pernah dijawab panjang-lebar sm mommies lainnya... HTH :)