1

Topic: Home Appliance: AC

Hmmm...dirumahku pake AC Panasonic Alowa yang 1/2 PK 320watt. Dipake untuk 2 kamar sekaligus. Ukuran kamar kalo digabung jadi 3x6m. Sejauh ini oke-oke aja tuh. Dinginnya juga nyess di suhu 25dercel. Dipakenya cuma kalo malam aja. Listrik lumayan hemat sih, soalnya sebelumnya aku pake AC 800an watt. Jadi berasa banget bedanya begitu ganti AC. Kalo aku sih pake timer. Jam 4 pagi AC udah mati....biar makin irit heheheh :).

lifetime traveler

2

Topic: Home Appliance: AC

winda.reds wrote:
almira callista
Kalo aku di rumah pake Samsung. Sharp juga bagus. Yang penting kalo beli elektronik tuh cari merk dg service center yg gampang terjangkau n reliable.
Trus biar awet, diservice per 6 bulan.
Soal dingin nggak dingin, pernah baca, kalo buat bayi n anak, suhu AC sebaiknya antara 24-26 dercel aja cukup, jangan terlalu dingin :)


iya jg sih, sejak punya bayi ac di suhu 26-28 dercel, yg penting kei ga keringetan aja ;p pake samsung yg tipe apa ya? kemarin liat panasonic yg econavi jadi naksir

3

Topic: Home Appliance: AC

almira callista
Aku pake Samsung Kid Room Series tipe AS05TSRN ukuran 1/2 PK. Ada fitur good sleep mode (ngatur suhu nyaman), virus doctor (s-plasma ion), smart saver, ultra filter, turbo cooling, quiet mode.
Coba aja browsing ke websitenya Samsung, ada beberapa tipe lain juga di Kid Room Series ini.

:) A smile is the prettiest thing you can wear :) | IG : iam_mrsred | http://iammrsred.wordpress.com

4

Topic: Home Appliance: AC

winda.reds wrote:
almira callista
Aku pake Samsung Kid Room Series tipe AS05TSRN ukuran 1/2 PK. Ada fitur good sleep mode (ngatur suhu nyaman), virus doctor (s-plasma ion), smart saver, ultra filter, turbo cooling, quiet mode.
Coba aja browsing ke websitenya Samsung, ada beberapa tipe lain juga di Kid Room Series ini.

wew, lengkap jg fiturx! sip..sip.. tq buat masukanx

5

Topic: Home Appliance: AC

Ah semoga tagihan listrik rumahku ikutan turun kayak Pratidina ah hehe amin. Soalnya barusan ganti ac LG 1PK sama Panasonic 1/2PK. TDL listrik naik terus bikin tagihan naik terus juga hix. AC di rumah ada 3, semua akhirnya satu merek biar gampang remote nya hihi. Tetep satu-satu sih cuma jaga-jaga aja.. Ah semoga tagihan listriknya turun aamiin. Abis suami beneran gak bisa lepas dari ac. Sejauh ini masih puas sama merek itu. Udah melekat di hati hehe. Yang LG kemarin hanya karena hadiah saja akhirnya dipasang..

6

Topic: Home Appliance: AC

Saya pake LG mom,alhamdulillah tagihan listrik masih aman terkendali (acnya di kamar doang si,dua kamar masing-masing 1/2pk). Sudah pakai 5tahunan juga masih gress belum pernah ada masalah:)

7

Topic: Home Appliance: AC

Kemaren baru pasang AC 1/2 PK Sharp Plasmacluster AH-AP5RHL buat di kamar (kira2 ukuran 9m2). Belum ketauan performa jangka panjangnya brp sih, tapi kesan pertamanya suaranya halus banget trus ada baby sleep mode-nya. Karena rencananya si boks baby mau ditaro sekamar jd sengaja pilih fitur ini, biar nggak kena langsung ke baby-nya. Hopefully awet, irit listrik dan bagus terus deh.

8

Topic: Home Appliance: AC

kabochacake fungsinya baby sleep mode untuk apa sih? penasaran.

Love my kids

twitter & IG : @ndiievania
blog : https://ndiievania.wordpress.com/

9

Topic: Home Appliance: AC

kemarin ganti ac. beli yg inverter, baru setahunan kayaknya... udah rusak. trus kata tukang ac langganan, kalo dibenerin juga ya akan rusak lagi. jadi ganti deh dengan ac biasa.

ada yang punya pengalaman yang sama?

? love to write and run - a bus transjakarta passenger ?
@ninityunita

10

Topic: Home Appliance: AC

Ada mamas yg pake ac dast ga ya?
Rencana mao masang yg 3/4 dikamar anak, jadi pgn tau reviewnya.
Makasih mamas

11

Topic: Home Appliance: AC

Teh ninit ,ayu juga lagi cari AC untuk di rumah,tadinya juga mau beli AC inverter yang katanya murah biaya listriknya, tapi ayu sudah baca-baca review, ternyata AC inverter itu lebih cepat rusak,karena mesinnya di paksa lebih keras untuk menyesuaikam suhu ruangan, dan ujung-ujungnya memang malah cepat rusak dan partsnya masih jarang& mahal, listrikpun nda begitu jauh perbedaan hematnya, lebih di sarankan beli AC yang low watt karena lebih hemat listrik dan hemat biaya bulanan listriknya ,tapiii memang harga ACnya lebih mahal, kemaren ayu survey harga ke beberapa toko elektronik termasuk swalayan besar 1/2 pk harganya sekitar 3-4jt, kebayang kalo pengen beli yang 1 pk ya :D

A mom and a wife of sailor and their chubby son Satria
http://www.mamaayuutami.com

12

Topic: Home Appliance: AC

waks..mahal banget yaa yang low watt,tapi kalo biaya listrik jadi hemat lumayan juga sih.
ini pajak listrik udah naik banget banget soalnya.

jadi pengen ceki2 AC model sekarang deh

Love my kids

twitter & IG : @ndiievania
blog : https://ndiievania.wordpress.com/

13

Topic: Home Appliance: AC

lagi pusing cari AC buat kamar 2x4,
Ngincer panasonic yg econavi. Adakah yg sudah pakai? gmn ya performanya.

Selama ini pakai AC daikin di rumah mertua & katanya sih Daikin yang paling bagus ya.

ainasofia & aisyavira's mommy

14

Topic: Home Appliance: AC

Halo buibu TUM,

Mau ikutan share aja. Jadi di rumah kami ada 2 macam AC, Daikin Inverter 1/2 pk dan Sharp plasmacluster 1/2 pk (lupa tipenya).

Si Daikin inverter dipasang di kamar kami (utama) dan Sharp di kamar tamu. Concern kami masang kedua AC itu terutama karena ingin hemat listrik, kamar tamu kan jarang dipasang jadi pake AC yang ngga inverter pun tak apa secara jarang dibiarin ON.

So far ngga ada masalah dengan Sharp dan Daikin, kami bersihkan filternya 6 bulan sekali, dan sampe sekarang belum pernah kami ganti Freon dan filternya. Katanya sih ngga perlu sering cuci filter kalau tinggal di daerah yang gak berdebu. Daerah tempat tinggal saya perumahan yang sangat padat tidak banyak debu dari jalan.

Si Daikin menurut saya sih nyaman banget, ngga pernah terlalu dingin, tapi kalo kita baru pulang dari luar yang panas banget terasa suhu di kamar lebih dingin. Suami lebih suka sama sharp karena terbiasa memakai ac non inverter yang fluktuasi suhunya drastis, di rumah lamanya dulu. Katanya yang Daikin ngga dingin, jadi dia suka diam-diam masang suhunya sampe 18C.

Tapi berkahnya adalah tagihan listrik kami ngga pernah mahal banget. Pernah selama sebulan kamar utama kami bocor dan ngga sempet-sempet benerin, jadi selama sebulan kami ngungsi ke kamar tamu dengan ac sharp dinyalakan sepanjang malam. Saat itu tagihan listrik bener lumayan wao naiknya hehehe..

Kalau pilih yang mana, menurut saya silakan balik ke masing-masing, suka yang dinginnya menusuk seperti AC non inverter, atau yang stabil di suhu tertentu (dah ahirnya di kulit tidak terasa dingin) seperti AC Inverter. :cool:

15

Topic: Home Appliance: AC

Urban mama ada yg pakai ac portable gak? Habis benerin kamar, selama ini di kamar gak pakai AC tp lama kelamaan jd mesti pakai ac nih, berhubung daya listrik di rumah kecil jadi kefikiran pakai ac portable. Mohon infonya yaa mama kalau ada yg udah pakai ac portable, merknya apa dan reviewnya yaa. Terima kasih :)

16

Topic: Home Appliance: AC

@ipeh ac portable tuh yg suka kalo ditenda2 kondangan ya? Kalo ngga salah ada tuh di ace hardware. Tanteku pake so far so good sih katanya.

Btw kalo buat rumah sederhana 1kmr tidur enaknya acnya brp pk ya? Aku pengen dibuka aja kamarnya kalo lg pgn diruang tamu pake ac. Jadi hemat. 1/2pk cukup ga ya?

17

Topic: Home Appliance: AC

Miraqueen, iya betul tp aku butuhnya yg ukuran lebih kecil.

Dulu waktu beli ac di kamar lana diinfoin sama salesnya kalau misalnya ukuran 4x4m itu butuh AC 3/4pk, ada hitungannya tapi lupa. Sebenarnya bisa ajasih pakai 1/2 pk tapi kerja ac-nya lebih berat. Jadi ukuran ac itu tergantung luas kamarnya juga.

18

Topic: Home Appliance: AC

waaah.. iya.. yaa.. aku gak kepikiran pasang AC portable untuk kamar kira & kara. Kadang kira & kara tanya, bunda uangnya sudah cukup belum buat beli AC kamarku? duuh nak.. sabar yaa.. uangnya muter mulu. heuheu.. Ikut duduk manis nunggu review AC portable disini aah. Secara kamar Ki-Ka gak luas juga.

miraqueen
ada kok hitung-hitungannya menentukan besar PK nya. Tapi gak ngerti juga gimana. Pernah baca, lupa euy. *gak membantu* Mungkin kalau mau beli bilang aja luas kamarnya. Kalau kerja AC berat, efeknya ditagihan listrik. Membengkak ciiin...

-WiwiT-
An ordinary bunda of twin amazing angels, Kira and Kara Setyadi
@wiwidwadmira | the Setyadi's

19

Topic: Home Appliance: AC

MiraQueen & Ipeh Hitung-hitungan luas kamar dan PK ada di page 2 lho,coba aja intip2,siapa tahu membantu.

Kak Ipeh,aku sendiri penasaran kalo ruangan kecil,mendingan AC 1/2 pk atau AC Portable aja.. Jadi,nunggu jawaban mama-mama yang lain juga :)

Love my kids

twitter & IG : @ndiievania
blog : https://ndiievania.wordpress.com/

20

Topic: Home Appliance: AC

Mom Ipeh ac portable setau aku kalau yang di tenda kondangan itu adanya paling kecil 2pk soalny dl pernah nyewa pas ada acara di rmh sampai harus ijin pln segala macam untuk penambahan listrik krn dayanya gede banget kalau yang aku tau yg di ace hardware yg kecil2 itu namanya air cooler aku punya beli 1 di ace hardware pikir dulu dingin dan nyamannya sama kaya ac karena di ace hardware anginnya enak kaya ac sampai rumah uda diisi air plus es batu ga ngaruh tanya ke ace hardware katanya emang begitu bu soalnya di toko kan uda ada acnya karena itu angin yg keluar dari air coolernya dingin kalau aku pikir iya juga sih air cooler cm 70watt dibanding ac yg paling kecil daya sekitar 300watt akhirnya tuh aircooler hanya bernasib jadi kipas angin ajah :D dan kalau di udara tertutup kaya kamar gt jangan diisi air karena nanti angin yg kluar agak basah bisa bikin paru2 basah jd kalau mau di pakaiin air dan es batu buat di ruang tamu aja atau yg sirkulasi udaranya bagus

Btw mau nanya dong ad yang pakai ac midea ga yaaa?kmaren gara2 suhu panas yang parah mana kamar langsung di jemur matahari jd ac sharp yg 3/4pk ga nendang dinginnya mpe tagihan listrik mpe 1 jt *pengsan* akhirnya beli midea 1/2 pk karena liat2 dia berani kasih garansi kompresor sampai 5thn ud gt harganya murah pasang di kamar 1 lg yg dibelakang jd ga gt kejemur matahari mo nanya ini tp kok rada berisik ya acnya apa si instalasinya yang ngaco atau apa ya?

21

Topic: Home Appliance: AC

tea_ka, makasih te. Oh beda ya, kirain fungsinya dan kerjanya sama dengan AC ternyata beda ya. Terima kasih ya info-nya. untung nanya-nanya dulu disini.
tadinya naksir midea ini. Wattnya cuma 60 dan harganya lebih murah.

https://farm1.staticflickr.com/702/21211759630_d22d37e956_n.jpg

22

Topic: Home Appliance: AC

Ipeh iya itu air cooler dia sistem kerjanya cuma kaya kipas angin tapi lebih sejuk jadi lebih menyejukkan udara sekitar makanya kaya di ace hardware itu keluarnya kaya ac karena udara sekitarnya uda dingin ac kalau ac kan ad kompressor,kondesor dan segala macam makanya dingin jd air cooler mah tetap aj panas apalagi udara masih ekstrim panasnya tapi kalau kamar lumayan gede mau pakai ac 1/2 pk bisa di bantu air cooler :)

23

Topic: Home Appliance: AC

aaahh.. jadi kayak kipas angin gitu yaa.. tapi dikasih air. Jadi makin basah dan lembab ya kalau untuk kamar yang lembab. Untuuung juga tanya dulu.

-WiwiT-
An ordinary bunda of twin amazing angels, Kira and Kara Setyadi
@wiwidwadmira | the Setyadi's

24

Topic: Home Appliance: AC

hooo! baru tau.. *angguk2*

Jadi kemarin sebelom baca reply-an disini,aku ambil 1 air cooler yang ada di toko,ternyata ya gitu,kayak kipas angin doang :D
Akhirnya ditaro diruang tv,lumayan lah buat dingin2.

Love my kids

twitter & IG : @ndiievania
blog : https://ndiievania.wordpress.com/

25

Topic: Home Appliance: AC

@cindy wah iya baru ngeh. thankyou infonya. tapi ternyata beda 1m aja udh bisa jauh bedanya ya. pantesan kamar 4x3m berasanya panas pake satu ac. ternyata emg minimal 1.5 PK toh

Btw itu air cooler beneran bisa bikin paru2 basah ya? Padahal kemarin propose ke suami. Eh dibilang nya jangan krn bisa bikin paru2 basah. Yaudah batal deh