1

Topic: Manajemen ASIP

iya sih mom uniliachan dan MamaKenz, dot tidak dianjurkan tapi masih boleh untuk usia dibawah 1 tahun (baca dimana ya lupa) tapi emang sebaiknya tidak diperkenalkan dot sejak dini lebih baik cup feeder masalahnya anakku ga sabaran dan yg ngasuh ga telaten yah terpaksa deh pake dot. Tapi skr mau aku coba training cup buat pelan-pelan ngelepas dot.. Moga berhasil...

2

Topic: Manajemen ASIP

karena tiap bayi berbeda MamaKenz,

bingung puting bukan hanya sekedar bayi tidak mau menyusu langsung sih. dengan adanya dot secara tidak langsung mengurangi daya hisap bayi ke ibu ketika menyusui langsung dan itu sudah masuk kategori bingung puting.

kalo boleh tau, apalagi penyebab lain bingung puting selain dot?

Lia Chan
Shaq and Sean's Mom
http://qeixalya.blogspot.com/

3

Topic: Manajemen ASIP

coba join ke milis asiforbaby. milisnya open kok, bisa dibaca tanpa join juga

disitu banyak banget kasus bingung puting. dan bisa dilihat perjuangan mommy2 yang anaknya kena bingput.

di link ini salah satu kasus terbaru. posting tanggal 1 juni lalu.

https://groups.yahoo.com/neo/groups/asiforbaby/conversations/topics/323135

balik ke ibu masing masing lagi sih. kalo saya pribadi, mending rempong di awal ngajarin anak mimik tanpa dot daripada abisannya nangis bombay gegara ditolak anak sendiri.

Lia Chan
Shaq and Sean's Mom
http://qeixalya.blogspot.com/

4

Topic: Manajemen ASIP

iya Mom uniliachan bisa nangis guling-guling deh klo dedek ga mau nenen.hiks

tengkyuuu infonya mom segera meluncur ke milis sebelah..

5

Topic: Manajemen ASIP

Itu dia mom uniliachan
Tiap bayi itu berbeda, tapi apakah akan lebih wise jika di teliti juga lebih lanjut pengalaman2 para mom yg berhasil menyusui walaupun menggunakan dot, apa penyebabnya kok mereka bisa berhasil ? barangkali ada metoda yg tepat untuk bisa menghindari bingung puting walaupun menggunakan dot.
Klo sy sih saat ini lagi ngejalanin keduanya... karena ga tega sm yg di tinggal di rumah klo harus ngasi asip ke anakku via pipet, spuit atau media lain selain dot. Alhamdulillah sejauh ini sih anakku ngga bingung puting, mudah2an tidak sampai bingung puting dan produksi ASI tetap melimpah.. aamiin
Anakku pake dot pigeon peristaltic plus yg keliatannya dia tidak terlalu nyaman ngedotnya karena suka ada bocor2 dikit, tapi sehari dia bisa ngabisin 600ml - 650ml asip, selebihnya masih rakus via latch on.
Alhamdulilla juga sejauh ini hasil perahan masih belum tekor, stock asip masih sama total jumlahnya dengan ketika di tinggal awal2, malah beberapa kali masih sering surplus.

6

Topic: Manajemen ASIP

mamaKenz,
aku padamu.. iya smoga lancar jaya dot n netek langsung nya yaaa
aimi emg menyamaratakan semua ga boleh dot, mgkn biar lebih tegas, kan lucu kl diblg bbrp bayi ga disarankan menggunakan dot, sedangkan yg lainnya tidak apa2
ahahhahaha

Cen

7

Topic: Manajemen ASIP

bingung puting itu penyebabnya dot, jika bayi tidak mau menyusui tetapi tidak menggunakan dot. Itu namanya nursing strike, bukan bingung puting.

Iya bener tuh cencans, ga lucu ya kalo begitu, wkwkkwkwkkw

Lia Chan
Shaq and Sean's Mom
http://qeixalya.blogspot.com/

8

Topic: Manajemen ASIP

Loh .. nursing strike kan termasuk bingung puting juga, justru itu yg paling menyeramkan & di takuti :D.
Sy pribadi juga tidak menyarankan penggunaan dot sih, karena memang resiko tsb tetep ada. Tapi bukan berarti semua bayi yg menggunakan dot "pasti" akan bingung puting kan.
Yg berhasil banyak, yg mengalami bingung puting juga banyak ... kembali ke pribadi masing2 aja mana yg lebih cocok.

9

Topic: Manajemen ASIP

hihihi kyaknya salah t4 deh bahas bingput di sini :D

Saya ikut ngacung yg pernah ngerasain, bingput dan di iringi nursing strike. Penyebabnya, yaa itu td,krn si dedek di perkenalkan dgn dot sama susternya,tanpa sepengetahuanku. Padahal anak saya yg pertama,ga kenal loh yg namanya bingput. si kakak ud nyoba berbagai macam merk dot, tp tetap lancar jaya nyusuinnya.tp krn saya tdk disiplin pumping,dan akibatnya smakin si kakak besar,akhirnya produksi asi saya tdk bs lg memenuhi kebutuhannya.Rupanya utk kasus si adek,dia termasuk bayi dgn kategori "sangat mudah utk kena bingput",smentara si kakak tdk/blm :p

Niat saya menyusui sampai 2thn,makanya saya hindari dot.walopun waktu hamil si adek ud beli2 berbagai macam merk dot yg lumayan halmahera,tp akhirnya ku jual dgn separuh harga beli huhuhuhuhu..Teman saya jg dot dan menyusui,tp akhirnya sbelum 1thn anaknya ud menyapih dgn sendirinya.. Mudah2an ga terjadi sama mommy2 di sini yaa. Salam asi yaa mom :*

anyway, ada yg pernah ngalamin nyimpan asip di freezer,tp ga beku ? Saya ada 1 botol yg ga beku pdhl ud 2bln di simpan di freezer.Teman2nya semuanya beku sempurna. Dan saya slalu isi tdk melampaui batas yg di botol itu.Apa asi saya yg ud ga bagus ya?pdhl asip di sbelahnya dgn jam&tgl yg sama tetap beku sempurna.hmmm, still wondering :(

10

Topic: Manajemen ASIP

ini dari milis sehat http://milissehat.web.id/?p=936

bingung puting termasuk salah satu penyebab nursing strike

tapi jika bayi tidak menggunakan dot tetep kena nursing strike sudah pasti bukan karena bingung puting :)

paling tidak, tidak menggunakan dot sudah menghindari salah satu penyebab nursing strike :D

Lia Chan
Shaq and Sean's Mom
http://qeixalya.blogspot.com/

11

Topic: Manajemen ASIP

mom lik4

aku pernah, akhirnya kubuang itu asip. untung cuman sebotol.

Lia Chan
Shaq and Sean's Mom
http://qeixalya.blogspot.com/

12

Topic: Manajemen ASIP

MOm Uniliachan,
Itu apa sebabnya sih ya mom,sampe ga beku ?
Aku jg buang sih,takut kl di ksh ke si dedek,secara ud di simpan 2bln di freezer
yaah,tetap untung sih,cm 1 botol saja yg seperti itu.mudah2an ga pernah ada lg yg senasib

13

Topic: Manajemen ASIP

kurang tau juga mom.. padahal tetangganya pada beku ya.

Lia Chan
Shaq and Sean's Mom
http://qeixalya.blogspot.com/

14

Topic: Manajemen ASIP

uniliachan wrote:
kurang tau juga mom.. padahal tetangganya pada beku ya.


hehehe iy mom,alhamdulillah tetangga kiri-kanan-atas-bwh,pd beku sempurna. Naruhnya di pintunya sih.tp itu kan freezer khusus asip,intensitas buka-tutupnya jg jrg..ga ada yg boleh buka2 freezer tanpa seijinku hihihi galak amat yaak :D secara pengalaman temanku,baby sitternya klupaan nutup rapat freezer,alhasil asipnya kebuang berpuluh botol coz "ktnya" ud mencair *amit2jgnsampekjadian

15

Topic: Manajemen ASIP

lik4,
ya ampun syg bgt tuh asip berpuluh2 botoll...
aku jg ah mau bkin aturan ga bole buka freezer asip ah
tp untungnya kulkas ku bs bunyi kl ga ketutup :D

Cen

16

Topic: Manajemen ASIP

Pfiuh, akhirnya selse juga baca dari hal 1-79, dicicil 4 hari (thanks to libur lebaran). Emang TUM top bgt, jadi nambah banyak banget tips trik buat nanganin asip ini. Aku masih hamidun jalan 27 minggu, dan bertekad pengen ASIP, sebisa mungkin sampe 2 taun (Amiin). Jarak rumah (bekasi) kantor (Jaksel) yang ga deket plus rumah juga langganan banjir (HPL di musim ujan), bikin saya jadi ketar-ketir, rasanya kalo bisa nitip freezer asip di kantor mending taro di kantor aja deh.

Nah tentang freezer asip ini,terutama untuk WM, rata-rata bunda kepake berapa lama? Aku masih bingung antara mau sewa atau beli aja sekalian. Kepikiran juga sih kalo sewa 3 bulan trus beli kulkas 2 pintu, si freezernya bakal cukup ga ya (optimis thinking produksi ASI banyak :D).
Sekarang baru punya kulkas 1 pintu (yang jelas2 ga memadai kalo udah mulai kerja abis cuti kayanya).

TFS ya moms. Cerita2nya inspiring bgt.

17

Topic: Manajemen ASIP

Sy juga pake kulkas 1 pintu kok mom (khusus asip, ga campur yg lain)... menurut sy justru klo kita udah mulai kerja kulkas jenis ini tidak ada masalah sama sekali, karena keluar masuk asip nya lebih cepet, beda dengan pada saat periode nabung asi.

Klo saat nabung kita perlu freezer yg bisa nahan asi +/- 3 bulan.
Sedangkan saat sudah kerja freezer yg bisa nahan asi +/- 1 bulan pun udah lebih dari cukup, karena biasanya perputaran keluar masuk asip hanya berkisar 1 ~ 2 minggu saja.

18

Topic: Manajemen ASIP

Saya pake freezer khusus ASIP 6 rak satu pintu. Mulai dari anak lahir sampe sekarang 14m11d masih kepake freezernya. Punya freezer gede bikin tenang mom, gak kejar2an stok, apalagi kalo ada kejadian ga diduga, dua bulan lalu saya baru tau kalo saya hamil lagi dedenya Shaq. Dan memutuskan ngga pumping lagi karena hasil pumping super drop dari yang minimal 80mL sekali pumping turun jadi max 20-30mL aja sekali pumping. Untungnya freezer full terus, sekarang UK udah jalan week ke 13 dan freezer masih full 4 rak lagi, saya hitung2 masih cukuplah untuk memenuhi kebutuhan ASIP shaq sampe umurnya 18bulan. Sehari Shaq cuma minum 2 botol, sisanya saya tambahin jus dan air putih. gak kebayang kalo dulu cuma nahan2in freezer dari kulkas 2 pintu, udah stress saya sekarang. hehehe...

Investasi juga kok beli freezer asip. bisa kepake buat adiknya nanti, abis itu bisa disewakan juga. Kalo di saya sih worth banget, dulu beli 1,9juta, kalo saya sewa udah ngabisin lebih banyak dari itu pastinya dan barang ga jadi milik saya. Tapi balik ke masing2 sih, ini berdasarkan pengalaman saya aja mom.

Lia Chan
Shaq and Sean's Mom
http://qeixalya.blogspot.com/

19

Topic: Manajemen ASIP

Kalau mampu menabung ratusan botol + plastik asip seperti mom uniliachan ( amazing bgt liatnya, salut ), menurut sy wajib punya freezer asip.

Tapi klo cuma mampu 40 - 50 botol seperti sy sih kulkas 1 pintu juga masih bisa, kulkas 2 pintu sy rasa lebih baik karena selain biasanya ukurannya lebih besar, freezer di kulkas ini juga lebih bersih & biasanya udah bebas dari bunga es.

Buat mom kabochacake, mungkin ada baiknya juga sesuaikan dengan kemampuan menabung asipnya secara bertahap, di mulai dengan freezer kulkas yg ada / ganti dengan 2 pintu dulu, klo di rasa freezer kulkas yg sekarang tidak memadai baru bisa sewa / beli freezer asip.
Kan klo beli atau sewamah gampang & bisa dadakan, ga sampe sehari tu freezer dah bs langsung nongkrong di rmh, sekedar saran aja sih.

20

Topic: Manajemen ASIP

Hi all.. butuh pencerahan bgt nih. Saya pu ya anak kembar 2 cewe dan skrg udh 6 minggu dan tabungan asi sya masih 10 botol kaca itu krn setiap hari masih keteter untuk nyusuin 2 bocah padahal sekitar 3 mingguan lg saya udh harus ngantor. Idealnya saya nabung brp botol asi ya dalam sehari??

First time mom of beautiful twins

21

Topic: Manajemen ASIP

Cunliy
klo kata dsa gw, nabung asip ga perlu banyak2 banget
waktu usia baby 1 bulan gw udah ngumpulin 60 botol, dan dsa gw bilang itu cukup si, karna pas di kantor kita kan mompa ya, jadi mudah2an hasil pompa sehari cukup untuk minum anak besok nya
tapi untuk kasus anakmu yg kembar gw ga tau ya, better consult with your dsa deh
klo gw alhamdulillah hasil pompaan gw cukup bahkan sering surplus per harinya, jadi stok di freezer emang blom kepake
mudah2an cukup seterusnya, aamiinnn

22

Topic: Manajemen ASIP

Wah keren amat bs ampe 60 botol. Saya bs nabung sehari sebotol aja seneng bgt krn sering ga cukup... slama ini malah dsa nya menyarankan untuk campur sufor klo asi ga cukup krn salah satu anakku pernah kuning krn asupan asi kurang memadai.
Apa perlu ke klinik laktasi itu ya? Bs ga si konsul dsitu??

First time mom of beautiful twins

23

Topic: Manajemen ASIP

Wah dsa mu sapa, moms?
sorry ya bukannya menjelek2an ato ngejudge dsa tapi klo gw si klo ga ada indikasi medis kenapa harus ditambah sufor?
kuning itu hal biasa klo bayi baru lahir, klo dlu pernah kuning bukan berarti sekarang asupan asi nya kurang kan, bisa di cek di frekuensi BAK nya sih, ama kenaikan berat badan tiap bulan
klo dokter gw ngomong begitu si mending gw cari dokter yg laen yg bener2 pro asi heuheu

Btw utk nyetok asi klo gw sambil nyusuin, jadi PD satunya dipompa
tapi untuk kasus elo gw rasa lo harus pinter2 siasatin di frekuensi, klo kata temen gw, dijadwalin aja, tiap 3 ato 4 jam skali mompa, seberapapun hasilnya..
nti lama2 insya Allah naik ko
dlu gw pertama kali mompa ga nyampe 20 ml, tapi lama2 keliatan ko naik terus
semangad ya moms, klo diniatin dan diiringi usaha maksimal mudah2an bisa ko, kekeh aja yg penting..
klo kata temen gw, kita harus menyusui dengan keras kepala supaya berhasil..
good luck ya

24

Topic: Manajemen ASIP

Humm kejadiannya ga sesimpel itu juga.. intinya skrg asinya masih keteteran.. mungkin frekuensinya ya bener jg sih awalnya jg aku cm 10ml kali.. skrg udh bisa 300ml sekali mompa pd kiri kanan. Tp berhubung konsumsinya jg banyak jd blom bisa menyiasati. Thx eniwei..

First time mom of beautiful twins

25

Topic: Manajemen ASIP

cunliy
udah coba pumping tengah malem? menjelang subuh produksi asi lagi tinggi tingginya, usahakan sebelum baby bangun pumping dulu. jangan takut baby kehabisan asinya, karena asi sekektika akan langsung diproduksi lagi. nenenin bayi setelah puming juga bagus kok, karena si baby bis adapet hindmilk lebih banyak bisa cepet naik BBnya.

Lia Chan
Shaq and Sean's Mom
http://qeixalya.blogspot.com/