1

Topic: Skin Care during Pregnancy

Mau share aja, begitu tahu hamil langsung ganti TBS, tapi jerawat malah nambah akhirnya ganti di sekitar bulan keempat kehamilan. Pagi pake serum sabun muka dan serum vit c dari dokter kulit plus LRP buat sunblock (non paraben soalnya) dan malamnya cuma pake EMC. Sampai sekarang alhamdulillah gak ada masalah. Pengalaman agak susah ya cari product paraben free terutama sunblock.

2

Topic: Skin Care during Pregnancy

huuaaaaaaa..iri se-iri2nya sama mama2 yg saat hamil kulitnya jadi tambah bagus..*gigit jari*

sejak awal kehamilan, si Mr.jerewong muncul tak terhingga n se-enaknya di seluruh muka, dada n punggung..kecil2 gitu tapi bikin geudeug bgt..tp sama suamiku dilarang keras bgt untuk pake obat2an jerawat apapun itu krn saking parnonya akan anak pertama..jd yaa sutralah.. *angkat tangan*

tapi ada yg lebih aneh dgn kulitku terutama dibagian perut, pinggang, pinggul, n daerah sekitar bikini line. sejak hamil kulit perutku jadi kering bgt jd aku takut akan munculnya SM. untuk itu, saat awal kehamilan aku olesin dgn body butter dr TBS di perut dan sekitarnya itu. tapi 2hari kemudian,mulai timbul gatal2 n makin hari makin gatal, merah n bentol2. aku hentikan deh pemakaian. gak lama gatal2nya hilang. seminggu kemudian, atas saran teman aku beralih ke baby oil, tapi tetep aja gitu 2hari kemudian gatal2 mulai muncul kembali n sebelum makin parah aku hentikan lg pemakaiannya. gatal2 pun kembali hilang.saat hampir pasrah, mamaku menyarankan pake extra virgin olive oil, memang kulitku jadi haluuus bgt, tapi lagi-lagi..cukup 2hari saja gatal2 kembali muncul..tapeee deeehhhh..kali ini saya pun bener2 pasrah..
tapi Alhamdulillah, sampe saat ini kehamilan 37minggu si Mr.SM blom muncul sama skali, n cuma bisa berdo'a dia gak akan muncul sampe brojol nanti..
masalah seperti itu kira2 knp ya?adakah mama2 yg punya pengalaman sama dgn akyuu??

If Better is Possible, Good is not Enough

3

Topic: Skin Care during Pregnancy

Elrafif - alergi mungkin ya? Kalo obgyn bilang apa? Pas hamil emang badan jadi mega sensitif sih ya... Yang biasanya hajar bleh, begitu hamil nongol semua reaksinya. Aku make body butter dari Mustika Ratu yang Olive untuk menghindari SM; Alhamdulillah belum ada reaksi apa-apa.

Kalo aku, bukan reaksi alergi sih... Tapi lebih ke bau. Kalo baunya ga cocok, weleh, si bayi langsung demo di perut. Jadi kalo beli moisturizer atau lotion, ngendus-ngendus sample-nya dulu :D

Sejauh ini aku pake moisturzier dari TBS. Jerawat nongol sesekali di muka, dan aku bersihinnya pake sabun anti jerawat Sariayu Martha Tilaar. Tokcer euy, dan Insya Allah aman :)

Daily Journey - Life, Parenthood, Daily Antics

4

Topic: Skin Care during Pregnancy

elrafif tiap kehamilan dan tiap orang itu beda2 sih reaksinya terhadap kulit. ada yang misalnya hamil pertama kinclong kulitnya, hamil kedua malah jerawatan dan gatal2 parah. ada yang gak masalah sama sekali. jadi sebenernya itu bawaan hormone juga.

gue gak bisa bantu banyak, karena gue termasuk yang kalo hamil kulit jadi kinclong :P tapi adek ipar gue tipe yang jerawatan abis gitu, bahkan sampe bengkak2. kalo jerawatan gitu, gimana ya.. apaboleh buat mesti me-ngurangi pemakaian make-up deh selama hamil. atau ga ya terpaksa deh terima dulu keadaannya. kadang faktor makanan juga ngaruh. kalo gatal2 di perut, selama ga digaruk gapapa. mungkin dipakein oilnya dikit2 aja, atau lotion. bisa juga gatal2 krn ketika abis dipakein oil itu, langsung ditutup pake baju, keringetan, etc. jadinya gatal2. mungkin bisa ditunggu sampe kering di badan, baru pake baju. kalo keringetan ya mesti mandi dan diolesin lagi.

semoga berguna yaa.. dan sabar yaa.. kebayang betapa ga enaknya kalo di suasana begitu. huhuhuu.. *peluk*

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

5

Topic: Skin Care during Pregnancy

Tadi barusan keliaran di blog-blog makeup, dan sampe terparno-parno gara-gara artikel yang bilang "Paraben ga boleh dipake sama ibu hamil". Ngecek perlengkapan ngelenong, lhaaaaaa, rata-rata pake zat turunan dari paraben (methylparaben, ethylparaben, dkk yang belakangnya "paraben-paraben"-an) terus dilemaaaa, huhu. Ngudek-ngudek Wikipedia dan artikel medis, soal Paraben ini katanya "belum bisa dibuktikan". Tapi aku masih parno...

Akhirnya ke forum TUM, hihihi. Lebih bisa dipercaya, dan baca-baca artikelnya. Thanks ya mommies :)

BTW, produk brightening masih aman kan ya? Errr, pembelaan diriku, soalnya bukan "whitening" XD *jedeeng* Jadi ini kemarin beli produk di The Skin Food, beli pelembab yang kandungannya vitamin C. Dibilangnya bukan produk pemutih sih, tapi pencerah wajah aja kalo wajah kusam. Harusnya... Gapapa kan ya? *emak lagi labil*

=== Edited

Baru liat kandungannya yang tulisannya seukuran semut itu, ternyata ada "Retinyl palmitate"-nya *nangis kejer* Huhu, jadi harus dihindari >___<

Daily Journey - Life, Parenthood, Daily Antics

6

Topic: Skin Care during Pregnancy

kappachan terus terang yaa.. gue sih tetep memakai skin care gue seperti biasa. padahal salah satu produk pembersih gue dari lancome itu termasuk whitening series. tapi produk itu kan bukan yang gue pake seharian, lebih untuk facial wash & cleansing milk, jadi gue sih ga bother untuk ganti. ini untuk masukan aja.

nah tapi kalo product pelembab gitu kan berarti dipake seharian ya.. walopun bukan whitening, intinya ya pencerah wajah itu kan ya seri whitening. karena sesungguhnya ga ada product yang bisa bikin putih muka (kecuali pake mercury kali deh nih hihihi) dan lebih untuk mencerahkan. kalo bingung dan takut kenapa2 sih mendingan di stop. tapi mungkin lebih pas kalo ditanyain ke the skin food nya. aman gak untuk pregnancy. atau gak, cek ingredientsnya aja. kan di TUM pernah ada tuh artikel yang menjelaskan ingredients apa aja yang sebaiknya dihindari ketika hamil.

semoga membantu.

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

7

Topic: Skin Care during Pregnancy

sLesTa - Thanks bangeeeet. Aku jadi sebel sama diriku sendiri, kadar parno jadi 3 kali lipat gini, hiks hiks.

Kebetulan untuk pelembab, aku ga make rutin tiap hari. Soalnya aku lebih sering di rumah *males pake pelembab kalo ga kemana-mana, hihi*

Aku sampe cek bolak-balik artikel yang sLesTa kasih di halaman sebelumnya sama daftar kandungan :D Disebutnya memang "Retinoid" yang harus dihindari sih, dan kayanya sih retinyl palmitate-nya itu zat turunan dari retinoid.

Aku tanya ke The Skin Food-nya, mereka bilang aman untuk kehamilan karena rata-rata kandungannya lebih banyak kandungan organik. Bismillah deh ya :) Sekali lagi, terima kasih banyak ya sLesTa :)

Daily Journey - Life, Parenthood, Daily Antics

8

Topic: Skin Care during Pregnancy

kappachan - aku pernah riset di internet soal kandungan pelembab yang sebaiknya dihindari semasa hamil:

- Salycylic acid
- Beta hydroxy acid (BHA)
- Differin (adapelene)
- Retin- A, Renova (tretinoin)
- Retinoic acid
- Retinol
- Retinyl linoleate, Retinyl palmitate
- Tazorac & avage (Tazarotene)

Saat ini aku pakai pelembab dari TBS yang vit E (bukan yg illuminating) atau yang aloe vera, karena aku sudah lihat daftar ingredient-nya, dan memang tidak mengandung satu zat-pun yang termasuk disebutkan di atas. Untungnya, sejauh ini cocok2 saja. :)

Tapi memang, kulitku termasuk yang tidak bermasalah selama kehamilan ini, gak jadi kinclong tapi juga gak jadi jerawatan, tetap seperti biasa.
Sekarang setiap mau beli krim pelembab aku selalu bawa-bawa contekan itu :D

Mudah2an membantu yah..

9

Topic: Skin Care during Pregnancy

Waaah, trims meggy :) Agak dilema nih... Soalnya aku juga punya krim dari TBS dan terjamin amannya, tapi si bayi di perut sebel banget sama baunya. Kalo aku udah make tu krim, huru-hara dia di perut Sekalinya pake The Skin Food, lah dia demen... *krik-krik-krik banget XD*

Heuhe, berarti emang harus sabar yak, demi bayi sehat :D *nepuk-nepuk perut biar si bayi nyadar kalo lagi digosipin, hahaha*

Daily Journey - Life, Parenthood, Daily Antics

10

Topic: Skin Care during Pregnancy

kappachan Gue sendiri lagi hamil dan baru aja nyoba facial polish TBS yang Vit. C -> udah gue tanya ke TBS dan kata mereka gpp (lagian pas gue beli minggu lalu perut gue udah buncit bener jadi harusnya mereka tau gue hamil) plus pertimbangan gue sama kayak slesta, toh itu cuma pembersih wajah yang kena kulit sekitar 1-2 menit aja jadi ga gue ganti. Oya, Vit. C itu emang ga ditulis "whitening" tapi katanya apa ya, lupa juga gue yang jelas efeknya (konon) mencerahkan kulit wajah.

yang selalu kangen sama si pipi gembil

11

Topic: Skin Care during Pregnancy

otty - Thanks banget infonyaaaa :D Jadi mulai sangat-sangat pemilih untuk beli produk make-up nih, hihi... *sekalian alasan kuat jadi suami ngijinin shopping produk make-up, mwahahahha*

Daily Journey - Life, Parenthood, Daily Antics

12

Topic: Skin Care during Pregnancy

Mamas.. ada yang ngalamanin kulit di sekitar leher jadi kusam dan ada bintil-bintil hitam kecil gitu ngga? Wah di w36 ini tiba2 muncul itu bintil2 hitam, panik mode lah. Ke dokter kulit katanya efek kehamilan.. duh sebel banget nih.. Padahal daerah leher juga rajin gw olesin EMC tiap malam :(
Moga-moga habis lahiran cepet hilang deh, soalnya mengganggu banget, serasa ada pasir di leher :(

Kappachan, dokter kulitku sih bilang vit c gpp buat ibu hamil, makanya dia ngasih cuman serum vit c dan sunblok aja. Cuman sunblok keburu seneng n cocok sama LRP dan sempet stok banyak :)

13

Topic: Skin Care during Pregnancy

obefya gue sih gak pernah ya, tapi setau gue emang itu salah satu efek kehamilan. banyak yang emang keluar hitam2 kusam di area leher gitu. sabar yaaa..

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

14

Topic: Skin Care during Pregnancy

sLesTa heeeuuu... iya nih berusaha sabar cuman browsing ketemu ini nih kayanya yg nimpa gw:

Skin tags


Skin tags are small, soft, flesh-colored growths or flaps that protrude from your skin.
They usually form on the neck, breasts or armpits.
They are most likely caused by hormonal changes.
Skin tags do not go away on their own after delivery. A health care provider can easily remove them.

Jadi musti dari sekarang cari tahu cara ngilanginnya hiks... dokter kulit gw bilang ntar aja abis lahiran dicari cara ngilanginnya .. halah.. kehamilan pertama gak ngalamin soalnya.

Sabbaaaaarrr.....

15

Topic: Skin Care during Pregnancy

Kebetulan sejak hamil aku jadi males dandan. Biasanya kalo sebelum hamil tiap mau ngantor si hubby manyun nunggu istrinya dandan kelamaan, hihiii.. sekarang sejak hamil entah kenapa jadi males pake kosmetik, bukan karena takut atau apa sih, males aja. Kata orang sih bawaan baby boy, tapi ga tau deh, baru 11 wks soalnya. :D

? Working Mommy I Architect I @yantri_abshar ?
Really fall in love with my little one (?????)
www.lifeofyantri.wordpress.com

16

Topic: Skin Care during Pregnancy

Ms_Anti - Hihi, samaaa :D Waktu trimester pertama paling-paling tuh. Malesnya triple kuadrat. Biasanya dulu sebelum hamil, yang namanya dandan itu wajib hukumnya; begitu hamil, ga ada niat dandan sama sekali. Liat lipstick aja eneg. Jangankan dandan, mandi aja malas, huhuhu *mohon jangan ditiruuuu, hahaha*

Nah tapi begitu masuk trimester kedua, pelan-pelan jiwa dandan yang terpendam kok ya muncul lagi... Jadilah 3 minggu terakhir ini suami kembali manyun nungguin aku dandan, hehe.

Daily Journey - Life, Parenthood, Daily Antics

17

Topic: Skin Care during Pregnancy

ms_anti Kalo dari pengalaman sih (halah kayak udah hamil 7x aja) gue di trimester pertama emang males dandan tapi bukan karena bawaan bayi cowo, lebih karena gue masih mual2. Boro2 dandan, udah bagus gue ga muntah :p Kalo udah lewat mualnya baru deh gue balik ke kebiasaan awal, dan hamil kedua ini malah lebih menggila dandannya karena tiba2 pengen beli semua make up hahaha...

yang selalu kangen sama si pipi gembil

18

Topic: Skin Care during Pregnancy

otty, brarti masalah per-hormon-an itu mitos belaka, yak. lo aja yg hamil anak cowo 2x (iya, kan, yg ini cowo juga, kan?) semangat dandan ruar biasa.

A person's a person, no matter how small.
(Dr. Seuss)

19

Topic: Skin Care during Pregnancy

mummyhilya Bener itu mitos doang. Ada yang anaknya cewe, sebelum hamil dandan pol eh begitu hamil mandi aja 2 hari sekali (beneran ini), kagak pake dandan lah dia udah bagus kalo mandi.

yang selalu kangen sama si pipi gembil

20

Topic: Skin Care during Pregnancy

otty wrote:
mummyhilya Bener itu mitos doang. Ada yang anaknya cewe, sebelum hamil dandan pol eh begitu hamil mandi aja 2 hari sekali (beneran ini), kagak pake dandan lah dia udah bagus kalo mandi.


gue yg anak pertama maksain seneng dandan biar anaknya cewek (iya tau, mitosnya gak reversible), tp emang sih bener keluarnya cewek. pas anak kedua males banget mandi dan dandan, baru mau mandi krn ditegur temen. kirain dapetnya cowok ternyata cewek lagi :p

engineer.wife.mom.daughter.sister.food lover :)

21

Topic: Skin Care during Pregnancy

udah hamil ketiga dan selalu saja sama kondisi muka kena chloasma,jerawat.ampun deh,kaya org ga ngerawat muka aja,kusaaaamm dan aku malu..seneng deh mereka yg justru makin kinclong saat hamil.Memang pengalaman waktu hamil pertama,setelah hari ketiga melahirkan si chloasma ilang sendiri,jerawat juga pada sembuh sendiri tanpa sempet dirawat2.

Sebenernya semangat dandan menggebu - gebu,tapi ketakutan keamanan zat yg ada d kosmetik lebih kuat.Sementara ini pake moist gel Wardah karena baca rviewnya di blognya Dhira.Bedaknya bedak sejuta umat aja,tak lain yaitu Marck's.

22

Topic: Skin Care during Pregnancy

Kalau saya pakai perawatan tubuh yg benar2 alami dan aman dan bisa saya mengerti komposisinya, seperti Ecocare.

Deasi Srihandi

A Homeschool Mom, A Sister Wife n’ Freelancer of Everything a Woman can Possibly Do!

23

Topic: Skin Care during Pregnancy

klo saya mah emg males mandi dr sono nya, mengikuti prinsipnya org bule, mandi tuh ketika merasa kotor, klo seharian ga kemana2 dan masih bersih, tdk perlu menunaikan mandi 2X sehari. Apalagi ketika hamil, tambah parah deh malesnya.

Hamil ank pertama minggu2 awal pake natasha nya dr fredy setyawan, trs pas abis n konsul ama Dr nya, mrk pastikan produk mrk aman, tp malah jd ga percaya, terang aja mrk bilang aman kan mrk jualan *bumil labil. Akhirnya malah menghentikan pemakaian. Pas abis lahiran balik natasha lg deh.

Skrg lg hamil ank kedua, 5w lg galau soal skin care. Klo merk2 skin care standar bumil yg mudah (dan murah) di dpt apa ya? atau terusin lg natashanya?

Brielle's Mom

24

Topic: Skin Care during Pregnancy

waktu hamil jarang2 bgt pk pelembab & bedakan,,,malah g pernah sm sekali ,,g tau aja bawaanya males bgt.. :P n baru tau ada bbrp kandungan yg g boleh d pake bumil

25

Topic: Skin Care during Pregnancy

hehe thanks god, kulit gw emang dari dulu gak bermasalah..

selama hamil 1, demen dandan emang kulit jd glowing bgt. perkiraan orang, bener! CW :P

hamil sekarang, :p well banyak yg bilang msh cantik sih.. tp kulit gw keriiiinggg banget. aduh ga nyaman. T.T
trisemester 1, smua nebak gw hamil cowok, karena jd litle ugly :( dan malas mandi.
trisemester 2, banyak yg nebak gw hamil cw, karena uda cantik lagi. :p

aslinya : skr sih perkiraan dokter, hamil anak cowok.
hehehe