1

Topic: Bayi Tengkurap

uracute - waa lama juga ya 4jam bobo ga pake bangun.

Kalo Miguel dari umur lahir udah suka gue tengkurepin bobonya, dan kebawa ampe skr, lebih nyenyak sih, kalo ada bunyi2an agak keras ga cepet kaget. Dan baru bisa tengkurep sendiri sekitar 4bulanan, krn emang ga gue paksa, dipancing pake mainan sih tapi kl udah cape dia diem aja dan gak gue terusin. toh nanti kalo udah mau tengkurep sendiri pasti bolak-balik juga, dan bener pas 4 bulanan itu bisa dari ujung kasur ke ujung kasur satunya lagi guling2an hehehe

Sekalian mau sharing nih, kemarin kan ada event TUM yang Stimulasi penting di masa tumbuh kembang anak, Naaa disitu dijelasin pake rumus DENVER II (yang biasa dijadiin patokan buat tumbuh-kembang), disitu ditulis, Kalo bayi bisa terngkurap sendiri itu bisa dari usia 2mos sampai 5mo 2 weeks, jadi buat yang baby-nya baru bisa tengkurap sendiri di usia 4,5 or 5mos misalkan, itu belm dibilang terlambat, karena masih ada jeda waktu sampai 5,2mos. Kalo setelah 5,2mos itu tetep ga bisa tengkurep sendiri baru deh bisa dibilang terlambat. Tapi yg terlambat ini pun masih bisa dikejar kok asal diberi stimulasi yg tepat kayak yg para mamas udah bahas diatas, taro mainan yg menarik perhatian or coba diatas guling or bantal etc.

Miguel is my Rocktober Baby
@siskaknoch

2

Topic: Bayi Tengkurap

mamas, Danishya (4m3w) udah bisa tengkurap dari umur 3,5bln. umur 4 bulanan dah bisa narik tangannya yang tertindih dan guling2. tapi... kok dia udah semangat mau merangkak ya... dia belum bisa sinkron antara mengangkat tangannya untuk menyangga badan dan kakinya yang mendorong, jadinya posisi nungging tapi bergerak maju. (aduh gimana sih jelasinnya, smoga gambarannya cukup jelas.. )

pertanyaanku, is it normal? karena dia dari awal tengkurap gak mau yang diam gitu, jadi umeg terus. dan tiap tengkurap selalu langsung pasang posisi nungging. awalnya sih aku santai aja, tapi Bundaku (eyangnya Danish) selalu khawatir kalo Danish susah napas dan hidungnya jadi melesak ke dalam.

FYI, pada posisi telentang pun kaki Danish slalu menendang2 jadi dia posisi mendongak trus bergerak maju deh, mirip renang gaya punggung tapi kepala mendongak.

TIA ya mamas. mamods, kalo tyt lebih cocok ditanyakan di thread lain sila dipindah.

3

Topic: Bayi Tengkurap

rieda sama kya arza.. Arza ga betah lama2 ditengkurepin krn dia jg ngelesek ngelesek buat maju kdpn.. Kakinya ngedorong2 dan lehernya ngedongak tinggi2..

Harusnya kan klo ditengkurepin itu anteng2 aja yahh.. Tp babyku klo ud ditengkurepin "mindsetnya" itu harus telentang lagi atau ngusel2 kedepan.. Ga pernah tengkurep anteng apalagi bobo tengkurep..

4

Topic: Bayi Tengkurap

meizadhania, arza pinter, kepalanya mendongak tinggi2 biar bisa nafas ya? kalo Danish kepala menghadap kasur, makanya khawatir gak bisa nafas..

alhamdulillah kemarin Danish udah mulai ongkong2 dan merangkak dikit trus nyungsep. emang tiap bayi tuh unik ya?

5

Topic: Bayi Tengkurap

mamas.. aliffa ( 2mo) kadang2 suka ditengkuripn pas bobo..tapi tadi pas ditengkurepin kyk yg sesek,,ahirnya nangis merengek & bangun.. giliran bobo terlentang mulai nyenyak.. biasanya klo ditengkurpin nyenak & bisa angkat2 kepala nahan pake tangan.. aduuh anak saya kenapa ya ini?
tapi dia udh bisa miring2 kiri kanan.. ada pengaruhnya ga buat nanti? apa ada yg salah saat saya tengkurepin? biasanya saya miringin dulu baru badannya jatoh sendiri..

http://www.lianakirana.blogspot.com/
twitter : @_LianaKirana_
grateful to be born as a woman. chances to experience beautiful experience are gifted. one of them is breastfeeding.

6

Topic: Bayi Tengkurap

hi mamas, ikutan gabung yah :D
anakku arum (2m3w) kl ditengkurepin blm bisa angkat kepala, malah biasanya dia berusaha ngejilat2 sprei..suka geli sendiri liatnya
apa emang suka begitu ya kl kepalanya blm kuat? :D

arum is the center of my world ;-)

7

Topic: Bayi Tengkurap

nimbrung jg ah :D anak q bs tengkurep umur 2m skrg 4,5m udah bs gulang guling maju mundur :p kplanya udah kuat udah bs nengok ke belakang lucu deh heheu
oia moms klu bubu tengkurep tiap hari gpp kan??!coz sejak bs tengkurep bubunya tengkurep terus :D

8

Topic: Bayi Tengkurap

Mom...

Sharing dong..untuk stimulasi bayi untuk mau bolak balik dari tengkurap...anakku 6M baru bisa tengkurap di 5M2W..(batas akhir he..he..) tapi sampai sekarang belum bisa balik sendiri tuh..Kalo udah tengkurap, malah merayap mundur bukan maju...

Dan kalo udah cape angkat kepalanya, kepalanya suka dibanting gitu ke kasur...kayak keberata kepala...jadi ngeri kalo ditengkurepin di tempat keras.

Kalo di pangku dan digendong kepalanya sudah ngankat sih tapi untuk duduk sendiri belum bisa tegak...

Stimulasinya gimana ya Mom...thanks ya..

9

Topic: Bayi Tengkurap

ratna alfito,
sama banget sama rania, dia juga lebih seneng merayap mundur daripada bolak balik. terus kepalanya juga suka dibanting ke kasur. Kalo dulu waktu kakaknya belom bisa balik badan dari tengkurep, suka aku stimulasi dengan ngajarin dia gimana cara atu aku kasih maenan buat diambil. Waktu kakaknya sih tertarik yah, dia akhirnya jadi suka guling2 gitu...

Nah, ini kayaknya dedeknya beda, dia lebih seneng tengkurep, terus merayap mundur en nggak tertarik buat ditelentangin. Soalnya suka malah nangis kalo ditelentangin. Ya udah jadinya skrg tetep diajarin balik badan, tapi sambil diajarin onggong2 juga (pantat ditarik ke atas pas tengkurep, jadi kayak mau merangkak gitu). Siapa tau malah lebih seneng langsung merayap/merangkak en nggak tertarik berguling2,:). Soalnya pernah dikasih tau sama dsa, walau cuma sekali pernah balik badan abis tengkurep, tetep dianggap dah bisa balik badan.

Uminya Kiera dan Rania

10

Topic: Bayi Tengkurap

@ Uminyakiera

Ada temennya juga ternyata,Ini jg kebetulan anak kedua jg dan beda sm kakaknya. Makanya agak bingung juga nih..tp dilihat dari yang lainnya normal2 aja..
Kayaknya males balik..dipancing pk mainan teutep aja betah tengkurep..
Sering juga sy angkat pantatnya,tp kalo lagi gak kuat tangannya malah nyungsep ..

Tapi kalo Raina udah pernah bisa bolak balik ya mom..kalo anak sy masalahnya belum pernah..kalo tengkurep angkat dada sih tapi abis itu banting kepala lagi.. deuh...
Kalo Raina BBnya berapa mom? Anak sy 7.4 kg..

11

Topic: Bayi Tengkurap

ratna alfito,
pernah sih beberapa kali Rania balik sendiri, tapi jarang banget. Seringnya, ya itu tengkurep, terus sibuk noleh kanan kiri, ketawa ketiwi aja, terus merayap mundur deh. kayak nggak minat gitu mau balikin badannya. Kemarin terakhir nimbang, 5 bulan kurang 2 hari beratnya 7.2 kg.
Mungkin perlu sering diajarin aja kali yah. Dikasih tau', tangannya ditekuk dulu, kayak gitu.

Uminya Kiera dan Rania

12

Topic: Bayi Tengkurap

@uminyakiera
Hu..hu..kalo my Athar belum pernah balik sendiri tuh..walo udah angkat dadanya..
Moga2 bisa cepet balik walo sekali #waitingforthatmoment#
Apa mungkin jg karena tengkurepnya telat juga yah...
Thanks sharenya ya mom.. Lega juga kalo ternyata emang gak setiap anak hobi gulang guling dan my athar dan rania kayaknya termasuk didalamnya. :)

13

Topic: Bayi Tengkurap

amienn, ayo athar balik badannya:).
Aku juga suka penasaran sih, kenapa beda yah sama kakaknya?? Hmm, tapi kembali, kan emang setiap anak itu unik yah, insya Allah selama emang masih sesuai dengan standar yang ada, gpp.

Uminya Kiera dan Rania

14

Topic: Bayi Tengkurap

Sessa dah mulai bisa tengkurap sendiri menjelang 5 bln...sebelumnya klo ditengkurapin slalu males aja en kesel marah2. Nah pas 5,5 bln baru de bisa bolak balik badannya dari tengkurap, tapi tetep aja dong slalu kesel marah2 klo gi tengkurap ato bolak balik badan...lahh dia sendiri yg tengkurap ehh emaknya yg diomel2in :D

15

Topic: Bayi Tengkurap

Anakku Fi (3mos) juga lom bisa tengkurep, sempet panik jg, tp setelah baca di babycentre.com ga papa. Ini nih chart perkembangannya :). Browsing2 aja disitu ada juga tips giman biar bayi mo tengkurep. Bayi nangis kalo ditengkurepin karena dy ngrasa enggak nyaman. Hope this help yaaa....

16

Topic: Bayi Tengkurap

Arka (3m2w) juga belum bisa tengkurep sendiri, yang ada sih ditengkurepin sama Bundanya :D Abis sekarang suka banget badannya miring-miring gak jelas gitu *suka miring kiri*. Suka aku stimulus toel-toel pantatnya *maksudnya sih ngajarin ini nih pantatnya diangkat dikit klo mo tengkurep gitu :D* sama ngajarin mindahin kakinya yang kanan kedepan kaki kiri *ceritanya posisi siaga gitu :D*. Dan sekarang dia ketagihan miring-miring dengan kepala ditengadahin sampe bikin khawatir aja takut lehernya sakit. Klo dah gitu aku langsung posisiin tengkurep aja dan itu bikin Arka girang banget. Kepalanya langsung celingak-celinguk gitu *wlo masih agak doyong*. Gak lama sih, paling 2 menit gitu dah aku balikin telentang lagi.

- Mommy loves Arka so much -

..:: The Widiadi's ::..

17

Topic: Bayi Tengkurap

waktu itu melatih attar dengan tiduran di atas kasur busa yang gampang miring-miring. kalo kasurnya keras spt latex gitu, bayi agak susah miringnya karena ngga terbantu dengan kelenturan kasur.

tapi normalnya 6 bulan baru guling-guling

And thelilsolder is back. Fire!

18

Topic: Bayi Tengkurap

mamas... ikutan sharing yah...
kanaka uda uda dibiasain ditengkurepin sejak 5d. kebetulan dia sempet diterapi sinar, dan sama bidannya ditengkurepin beberapa menit biar punggungnya kena sinar. akhirnya aku dan suami belajar nengkurepin kanaka dari mulai usia 10hari tiap pagi pas lagi jemur. dokter juga nganjurin untuk ditengkurepin. bidan pun bilang, kalo bayi ditengkurepin, napasnya jadi lebih lega... :) tapi karena kanaka masih newborn banget, gaya tengkurepnya lebih kaya orang sujud...

healthy, happy, beauty inside out... :)
my instagram
my blog

19

Topic: Bayi Tengkurap

Setuju dengan pendapat kebanyakan mama(s) kalo perkembangan anak jangan (terlalu) dibanding-bandingin.

Pengalaman saya yg kebetulan punya 2 anak laki2. Anak pertama (si abang) bisa tengkurap sendiri umur 3 bulan lebih. Anak kedua sebelum 2 bulan udah bisa telentang dari posisi tengkurap (terbalik dari yang kebanyakan ya hehehe). Si Abang baru bisa telentang dari tengkurap umur 5 bulanan, dan bisa guling2 an lancar menjelang 6 bulan. Adeknya umur 4 bulanan tengkurap sendiri dari posisi telentang dan sebelum 5 bulan udah lancar guling-gulingan, malah sebelum 6 bulan kayaknya udah mau duduk sendiri.

Jadi emang beda-beda yah perkembangannya :). Kalo soal stimulus mungkin bisa dibilang si Abang yang lebih hot kita stimulasi, maklum anak pertama. Anak kedua lebih cuek :P, tapi trnyata motorik kasarnya lebih cepet :D....

Jihan : simply a mom ;) ... http://jihandavincka.com follow me @davincka

20

Topic: Bayi Tengkurap

ternyata manfaat bayi tidur tengkurep banyak yaah.. baru tau.. soalnya biasanya anakku kalo bobok aku tengkurepin sekedar biar boboknya nyenyak sih.. :p Sekarnag Ariya 5m 5d, tapi belum bsia tengkurep sendiri.. hedeeeh.. ampe gemes ditanyain sama mbak-mbak di fisioterapi yang pijet bayi.. baru miring2 aja sekitar 2 minggu yang lalu. Kayaknya emang beda-beda ya tiap anak..

Padahal kalo ditengkurepin bisa seneng banget gitu anaknya, suka gak mau balik. Dan udah nungging2 aja pantatnya kalo di depannya dikasih mainan. Berasa mau merangkak kali yaa..

Kalo bayi yang tengkurepnya telat ntar perkembangan motorik lainnya bakal telat juga gak yaa.. sebenernya rada worry, meski udah selalu positive thinking kalo perkembangan tiap anak beda2.. :)

@ianaholic
ibu antar kota antar propinsi

21

Topic: Bayi Tengkurap

Mamas...,jadi bingung nih. Elina dari 4mo udah bisa tengkurep en balik ndiri. Tapi, ngga pernah gw tengkurepin tidurnya. Emangnya tidur tengkurep penting banget yah buat jantung n paru2 nya? Klo cuman tengkurep pas dia bangun ngga cukup ya?

22

Topic: Bayi Tengkurap

hi mamas (& papas)...

pas banget nie baby boy'ku lg seneng2nya tengkurap... (3m2w). sebenernya dari umur 2 bulanan sie udah bisa tengkurap, tp makin kesini makin sering, malah klo udah ditelentangin, dia cepet2 tengkurap lg (cape deh.. ~.~")

klo aku pribadi sie dari sejak usia 2 minggu baby boy'ku emang tiap hari kutengkurapkan (paling cuma 5 menitan ajah)... karena ini bagian dari stimulasi yang kuberikan ke dia... jadi intinya memang tergantung seberapa qta menstimulasi baby qta...

eniwei.. aku stuju banget dgn pernyataan TIDAK MEMBANDING2KAN... coz every child/baby is unique :)

... an Independent Woman, a Proud Mommy & a Long-Life-Learner Wifey at the same time ...

http://histoiredenous-wikit.blogspot.com/

23

Topic: Bayi Tengkurap

iana ternyata aku ada temen hehehehe.. babyku Aysha, 2 days to 5 m, belum bisa tengkurep sendiri. pernah seh dia tiba2 tengkurep gituh, kita dah seneng banget.. lah ditungguin lagi setelahnya atau besoknya malah ngga kejadian hehehehehe.. ya udah aku dan suami sering2 ajah tengkurepin dia.. aku juga rada khawatir neh.. semoga dia segera bisa tengkurep deh..

*Ayshaku pintar*

24

Topic: Bayi Tengkurap

katanya sih kalo tengkurap bagus buat paru2nya, dan juga melatih otot lehernya..

dari kecil Olia (5m3w) udah dibiasain buat tengkurap, tapi gak terlalu sering, soalnya dia suka nutup mukanya >.<
sekarang dia dah bisa guling2 kesana kemari... sekitar 3 bulan lehernya dah rada kuat gitu.. malah sekarang kayaknya lagi kepengen buat merangkak, soalnya udah ngangkat2 badannya ^^

25

Topic: Bayi Tengkurap

akhirnya baby Dhira di usia 5 bulan 5 hari bisa tengkurep sendiri, alhamdulillah :)

sempet worry krn kakany adulu termasuk cepat tengkurapnya, jadi sekali lagi emang bener banget teori masing2 anak itu punya kemampuan tersendiri

"hidup itu hendaknya memberi manfaat bagi orang lain di sekitar kita"