1

Topic: Jam Tidur Balita

lagi berjuang nih, mendisiplinkan liffa (23m) yang tidurnya max jam 1 malem *_* meskipun siangnya gak tidur loh
kadang kalo emaknya udh capek bawanya emosi banget, ujung2nya malah ditakut-takutin.. jadinya liffa nangis ketakutan tapi kadang mempan kadang enggak.. (sebenernya gak suka juga pake cara ini tapi kalo udah gak ada yang bisa dimintain bantuan yagimana lagi? )

ritual sebelum tidur, ganti diapers,baju, cuci tangan-kaki
tapi liffa gak mau tidur dikamar,maunya di ruang tv (tv nya dimatiin sih) + lampu gak boleh mati sebelum dia tidur.. kalo udh nyenyak baru dipindahin ke kamar, bangun jam 4.30 nangis minta keluar kamar lagi

apa karena lagi masa proses adaptasi setelah disapih kali ya kayak begini?
khawatir sampe saatnya sekolah ttp gak bisa teratur

http://www.lianakirana.blogspot.com/
twitter : @_LianaKirana_
grateful to be born as a woman. chances to experience beautiful experience are gifted. one of them is breastfeeding.

2

Topic: Jam Tidur Balita

bundaliffa biasanya anak kalo lampunya tetep dinyalain, dia lamaa tidurnya. kalo lampunya dimatiin, dia gak mau ya tidur?

kayaknya mesti dikuatin juga untuk nyontohin tidur harus di kamar. emang sih tega ga tega karena pasti nangis2.. misalnya bilang kalo emang gak mau tidur, ya udah di luar aja tapi sendirian karena bunda mau tidur, di kamar. walopun dia kesel di awal2 tapi lama2 pasti jadinya ngikut. dan selama terus diterapin seperti itu, pasti akhirnya jadi kebiasaan dia.

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

3

Topic: Jam Tidur Balita

Bundaliffa,
Kalau untuk lampu, dulu sempat mengalami juga. Gara-gara nonton film, kira-kara jadi mendadak takut bobok dengan lampu mati. Akhirnya lampu tidur saya ganti pakai bohlam dengan watt yang agak besar. Masih terang sih, tapi tetep lebih gelap dibandingkan pake neon/lampu putih. Setelah anaknya tertidur, lampunya saya tutupi pakai kain. Ini biar emaknya gak terlalu silau :D Dan lagi kalau hanya ditutupi kain pencahayaannya tidak terlalu jauh berbeda, sehingga si anak gak kaget. Pelan-pelan watt saya turunkan, pakai alasan, bohlamnya rusak gak bisa nyala. Saya ajak juga KI-KA beli bohlam baru. Akhirnya bisa tidur juga dengan lampu yg sangat2 redup. Gak Black out total sih, ini karena emaknya harus pindah2 kamar. Kalo lampu mati total, pas anaknya nangis mimpi buruk, gak kelihatan siapa yang nangis. hihihi.. :D

-WiwiT-
An ordinary bunda of twin amazing angels, Kira and Kara Setyadi
@wiwidwadmira | the Setyadi's

4

Topic: Jam Tidur Balita

nah iyaa bener, maksudnya pake nigh lamp, gak dimatiin total tanpa lampu. gue juga ga bisa kalo tidur dimatiin sampe gelap banget, mesti ada night lamp kecil gitu. beli night lamp yang lucu2 gitu juga mungkin bisa bikin si anak jadi mau tidur di kamar dengan lampu lucu loh bundaliffa

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

5

Topic: Jam Tidur Balita

ah iya beli lampu tidur gitu taro di kamar ya biar menarik perhatian supaya mau di kamar.. sip deh, gak ada salahnya harus dicoba nih :D

thx ya slesta dan kirakara idenya cemerlang hii...

http://www.lianakirana.blogspot.com/
twitter : @_LianaKirana_
grateful to be born as a woman. chances to experience beautiful experience are gifted. one of them is breastfeeding.

6

Topic: Jam Tidur Balita

lagi bingung banget niy sm sleeping habitnya quinn (2y6m),semenjak di rumah pasang tv kabel, dia suka bangun tengah malam trus minta nntn tv sampee pagiii!!
jadi misalnya dia tidur jam 8 malam nah jam 1 udah bangun minta stel tv, kalo ga diturutin nangis..akhirnya nntn disney junior sampe pagi ga bobo2..
kalo siangnya siy tidur lumayan lama biasanya dr jam 11 smp jam 4 sore, tapi ya gitu malemnya pasti bangun..
jadinya kita jg harus begadang nemenin dia, soalnya nontonnya ga duduk diem gtu, tp smbl lari2 di kasur, niru2 gerakannya tokoh kartunnya, kan jadi worried juga kalo ga diawasin takut jatuh dr tempat tdr
gmn ya mam solusinya?..udah ampir sebulan ini aku sm suami tdrnya ga nyenyak..jadinya telat ngantornya..huhuhu..jarak rumah ke kantor jauh dan macett pulaa..

7

Topic: Jam Tidur Balita

nov afni kenapa harus diturutin kemauannya? maaf ya.. gue mungkin tipe ibu yang rada "galak", kalo emang permintaannya gak make sense, gue gak mau ngikutin kemauan anak gue. gue biarin aja nangis2 dan kasih opsi lain. misalnya bilang, "sekarang wktunya tidur, bukan nonton tv. jadi mesti tidur, besok pagi kalo udah bangun baru boleh nonton lagi."

kadang kalo udah gitu, jadi bilang tv-nya rusak. emang jadinya "ngeboongin" anak, tapi selama gak bikin celaka gue sih mikirnya gapapa. misalnya bilang kalo malem tv-nya ga nyala lagi, udah gak bisa. ya intinya biar si anak tau kalo malem emang bukan waktunya nonton tv.

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

8

Topic: Jam Tidur Balita

setuju sama Slesta, kadang2 anak butuh utk diatur sih. Dulu anak2 biasa dibiarin tidur sesuka hati sampe jam 22-23 tp akhirnya gue yg tepar. Akhirnya kita kondisiin waktu tidurnya, jam 20.00 masuk kamar, dongeng trud jam 20.30 matiin lampu. Ngga sampai seminggu jam 21 mereka uda tidur.

Kalaupun si anak lagi ngotot ngga mau tidur & tetep pengen mai di luar, biasanya aku turutin, kita ke luar berdua tapi mainnya tetep gelap2an. Sekitar 15menit malah anakku ngajak masuk kamar sendiri dan langsung bobo.

Ato cara yg paling ampuh dibuat capek seharian, pasti langsung puleshhh

9

Topic: Jam Tidur Balita

macysa iya bener banget. ttg ngajarin siang & malam itu juga bener banget kok.

mau sharing aja, sering banget kan ibu2 yang cerita kalo anak2nya itu saking susahnya diajakin tidur, sampe mesti begadang. atau kalo udah tidur sore2, giliran begadang deh malemnya.

nah gue udah sering tuh beberapa kali anak2 gue yang gak mau tidur siang. tapi akhirnya baru tidur jam 5-6 sore, jam 8 malem bangun. biasanya pas bangun ya gue kasih makan dulu kalo emang belom dinner, suruh ganti baju sikat gigi, trus bobo lagi karena emang jam 9 kan waktunya bobo malem. so far gue ga pernah sama sekali akhirnya jadi begadang karena anak yang tidur sore2 gitu. justru mereka akhirnya balik tidur lagi cepet.

i know gak bisa bandingin yah, karena mungkin ada anak lain yang emang gak bisa begitu. makanya waktu anak kedua lahir, gue juga ga mau bandingin, eh tapi ternyata dengan cara yang sama, berlaku juga di anak kedua.

nah jadi mikirnya, mungkin sebenernya kalo disiplin itu datang dari kita, waktu tidur itu digelapin dan sunyi senyap.. akhirnya anak pun tau emang waktunya tidur, bukan maen. dan akhirnya akan tidur juga kok.

sering juga tengah malam, anak kedua gue tiba2 bangun trus kayak ngajakin maen. gue diemin aja dan tetep merem, eh dia akhirnya ikutan merem sendiri di sebelah gue, gak pake di nenenin lagi (krn emang udah nenen tapi gak mau balik tidur).

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

10

Topic: Jam Tidur Balita

bener nih slesta disiplin dari kita.. setelah diamati kayaknya emang jam tidur liffa terlalu "diturutin" sama nenek+bibik yang di rumah, jadi kadang liffa bangun pagi jam 8-9 tidur siang jam 11-1 trus sore bisa jam 4-6, dan ya mereka bangga aja gitu liffa sehari tidur bisa sampe 2x. ujung-ujungnya ya itu tidur jam 1 malem..

akhir-akhir ini mulai perbaiki pola tidurnya, jadi mau dia tidur jam berapapun, paginya pas pergi ngantor iseng aja dibisikin buat bangun meskipun bangun sebentar tapi seengaknya ngelatih dia bangun pagi lagi..
*sambil dipelototin neneknya "kasian jangan diganggu" * sekarang ah cuek aja :p

nah, kemarin ini kebetulan banget nenek+kakeknya pergi liburan, jadi liffa 3 hari full sama bundanya.. ternyata kalo liffa gak pake tidur siang, jam ngantuknya itu menjelang magrib, akhirnya diusahain bikin dia gak tidur,padahal matanya udah tinggal merem, ngantuk tingkat tinggi.. tapi dengan kekuatan tega :p akhirnya dia bangun juga, mau diajak main meskipun awalnya nangis marah kesel karena ngantuk..
tapi berhasil bikin liffa tidur jam 1/2 10..
2 hari berikutnya pun begitu, jadi tidur siang dia cuma 1jam kalo ada bundanya, karena kalo dia udah bangun ya udah bangun aja. kalo bundanya kerja, dia bangun malah dieyong-eyong sama yang jaganya jadi malah bikin jam tidurnya panjang..

udah 2 hari ini liffa tidurnya max jam 23.15 udah better lah hii.. mudah-mudahan bisa lebih baik, dan orang di rumah mau ngerti deh..
semuanya emang mesti kompak sih pada akhirnya..

*maap kepanjangan curhatnya*

http://www.lianakirana.blogspot.com/
twitter : @_LianaKirana_
grateful to be born as a woman. chances to experience beautiful experience are gifted. one of them is breastfeeding.

11

Topic: Jam Tidur Balita

toddler biasanya suka over energi jadi agak susah tidurnya.... dan memang jam tidur suka terganggu. kuncinya adalah menghabiskan energinya dengan kegiatan fisik... demya juga seperti itu. waktu di jadwalkan rajin jalan sore (bahkan jalan malam) pas mamo plg kerja tidurnya jadi lebih teratur. kalo pagi juga sudah di masukan ke sekolah balita. jadi bener2 energinya bisa terkuras.

Mamonya demya
"teman hidup" papo demy
Finance & Accounting manager FUCHS Indonesia
Dimana bumi kupijak, Disitu langit kujunjung

12

Topic: Jam Tidur Balita

setuju juga sama Putri. anak2 itu energinya banyak banget jadi harus bny aktivitas.
kuncinya sepertinya itu aja deh atur dan batasi waktu tidur sesuai kebutuhan mereka sama habiskan energi hehe

13

Topic: Jam Tidur Balita

ternyata oh ternyata bukan harsya aj yah yg susah bobo, batasnya harsya jam 21.00 harus masuk kamar, lampu ama tv dimatiin dan berhasil.. yg jadi masalah pas ada ayahnya (kami beda kota) peraturan itu dilanggar smua dengan alesan kasian anaknya masih mau maen -_- gagal deh..

14

Topic: Jam Tidur Balita

Vito juga sempet susah bobo malam nih.. Padahal pas bayi teratur banget, jam 8 malam udah merem dimana saja kayak ada alarmnya.

Alhasil beratnya kurang karena begadang melulu. Ritmenya juga lambat, semua serba telat. Karena bangun telat.

Curcol sama dokternya. Alhamdulillah nemu solusinya. Paling lambat bangun jam 7 pagi, kalo mau tidur paling lambat jam 9 malam. Jadi mau dia bobo jam 1 pagi, tetap jam 7 pagi dibangunin. Bobo siang juga maksimal jam 3 jam... Vito biasa bobo jam 10-13. Kalo lebih dibangunin, kecuali kalo lagi sakit. Kalo bobo malam, juga lampunya dimatiin semua sejak bayi, emaknya yang jadi insomnia haha,,

Lama-lama jadi biasa hehehe... cuma wiken aja tetep begadang, biar bisa main bareng ayahnya :)

Niabona is Vitosabio`s Mom
http://voilahoppipolla.blogspot.com

15

Topic: Jam Tidur Balita

huhuhu..sekarang gw juga lagi ngalamin si bontot susah tidur niy. Karena dah lupa anak umur sgini (22 months) nanganinnya gimana, gw baca2 lagi thread ini, untung dapet pecerahan (lagi)..

Sabil tuh lagi seneng2nya main, apalagi kalo temen2 kakaknya dateng, wuih, langsung sok gede dia. Jadi aktif banget juga, apalagi temen2 kakak dan abangnya juga suka sama dia karena dia anak yg ceria, dijadiin mainan gitu hehehe..
Akibat seneng main, dia jadi nolak tidur siang, padahal matanya udah lima watt dan malah jadi pemarah karena udah ngantuk tapi ngga tidur.

Awalnya gw sering biarin dia nggak tidur, dengan harapan pas malem dia tidur lebih cepat dan lebih pulas. Tapi ternyataaaa...gw malah kewalahan, dia tidur lebih malam dari biasanya dan saat tidur ngga pules, sering kebangun dan merengek, udah gitu bangun tetep pagi banget dan selang setengah jam udah tidur lagi sampe jam 8 or 9an. Mata gw yang sembab karena kurang tidur jadinya...

Abis baca2 thread ini sama nanya2 ke beberapa temen yang punya anak seumuran, sama seperti Rose Gold juga, gw tetep bangunin dia pagi meski pun malemnya rewel dan tidur lbh malam. Tapi nanti bbrp jam kemudian baru gw suruh tidur, biar jam dia kembali normal. Trus udah mulai wanti2 jg ke kakak2nya, kalo lagi jam Sabil tidur siang, kakak/abang beserta teman sebisa mungkin ngga berisik kalo lagi main..

Keadaan agak membaik sih..tapi masih blm terlalu balik ke normal. Mudah2an segera bagus lagi jam tidur dia, biar emaknya ngga senewen ;p

twitter and IG: @zataligouw
Blog : http://www.zataligouw.com/

16

Topic: Jam Tidur Balita

Sayaaa sedang mengalami situasi anak tidur larut malam. Malah bbrp haru ini, asha (22m) baru bener2 tidur menjelang subuh. Huaa.. T-T pdhl udh dimasukin kamar dr jm 9an. Tp dia nya ga tidur2, main2 bantal lah, apalah. Klo dipaksa tidur, lampu dimatiin, asha nya nangis kejerrr. Masalahnya kalo udh nangis gini, bukannya cape dn minta tidur, tp malah muntah :( Drpd ga tega liat dia muntah, jd diturutin deh keinginannya buat digendong pake jarit. Hbs digendong, naik kasur lagi, main2 lagi. Huaaa..


Pdhl sblm 20bln, jam tidurnya asha teratur bgt. Skrg malah kebalik. Tidur malem jm 3-4 dini hari. Bangun jm 11-12 siang. Tidur sore jm 5-7. Sering kali dia tidur malam jm 10, saya udh seneng2, taunya bangun lg jm 11 dn baru tidur menjelang subuh ituuuu :( pernah coba bangunin dia pagi2 (jam 9, dr waktu normalnya dia bangun jm 11-12), yg ada dia nya crankyyy sepanjang siang. Ibunya ga boleh ngapa2in, ga mau makan jg, sampe akhirnya dia minta nen dan akhirnya bobo siang sampe sore. Makanya saya agak2 trauma bangunin dia pagi2, takutnya dia cranky dll.


Duh gmn yaa biar asha normal lg jam tidurnya? Apa iya harus tega bangunin dia lebih pagi, pdhl dia baru tidur menjelang subuh? Kesian dong klo jam tidurnya kurang? Klo dibiarin sebangunnya dia, dia akan bangun setelah jm tidur malemnya cukup (9-11 jam), yg artinya dia bangunnya jd siaaang bgt. Huaa toloonggg.... :(

Asha Lavenda My Lavender Love

17

Topic: Jam Tidur Balita

mams, mo nanya nih, anakku Dewaji 26bln siklus tidurnya membingungkan. klo siang tidur dari jam 10 bisa ampe jam 2 siang, diusahain bangun makan siang tp jarang banget mau bangun. itu malah bisa bablas mpe jam 6 malem. trus klo bangun maen bentar bisa bobo lagi. bangun lagi jam 11 malem n ampe pagi jam 4 baru mau bobo. aku takut dengan perkembangannya. menurutku anakku dah kebanyakan banget tidur. walo pun ntar jam 11 ke atas bisa semangat 45 maen2.
tolong mams, aku takut perkembangan anakku. ada yg bisa kasih saran? kalo minum susu kuat bgt. 1 hari bisa 6 botol bahkan lebih, karena dia males makan. kondisi ini sdh 1 bulan berlangsung. normal g sih? ada saran? thanks b4, mams

18

Topic: Jam Tidur Balita

deOny hmm kayaknya jam tidurnya kebalik dari malam jadi pagi ... coba diatur lagi jam tidurnya supaya pagi jam 7 bangun ... jadi tidur siangnya antara jam 11 - 2 gitu ... trus malam jam 9 atau 10 dah tidur ...
kalau soal susu saya rasa krn susunya banyak jadi udah kenyang utk makan.

misal udah berhasil bangun jam 7 pagi ... dicariin aktivitas apapun supaya tetap melek & capek jadi pas jam tidur siang dia enak tidurnya ...
Stallion (18 bulan) kalau tidur siangnya lebih dari 2 jam dan blm makan siang, saya bangunin aja ... takutnya ntar jadwalnya pada kacau dan mundur semua ... karena saya rasa tidur siang 2 jam udah cukup + malam tidurnya cukup pulas.

Semoga membantu ...

Stallion's mommy

19

Topic: Jam Tidur Balita

mom deOny setuju dengan mom piouslady, mungkin karena konsumsi susu yang terlalu banyak jadi udah kenyang dan malas makan..padahal untuk umur 26 bulan, susu itu bukan asupan mayoritas..seharusnya lebih banyak makan makanan padat seperti orang dewasa..pelan-pelan mulai dikurangi susunya agar dia kenal rasa lapar dan tawarkan makanan saat dia lapar..
sekedar share siklus tidur anak saya Jehan, usianya 25 bulan..bangun pagi paling telat jam 8 ( kalau dia tidur malamnya suka kebangun-kebangun biasanya bangunnya telat ), tidur siang antara jam 12 s/d jam 2 siang ( durasi 1 - 2 jam )..kalau malam tidur paling telat jam 10, rutinitasnya jam 9 malam sudah ganti baju, pipis dan lampu kamar mulai saya redupkan..karena kebiasaan itu sudah berlangsung dari umur 1 tahun ( awalnya sebelum tidur harus nenen, tp setelah disapih ya dia bobo sendiri ), Jehan terbiasa dengan jadwal tidurnya..memang mulanya berat karena kadang dia masih main, bahkan menangis kalau disuruh bobo..tapi saya dan suami harus tegas karena kalau dia begadang, saya dan suami yang kewalahan karena besok paginya harus bekerja..
untuk urusan nonton TV pun saya batasi, jam 9 malam batas waktu menonton TV..saya sudah sounding dari jam 8 kalau nanti jam 9 TV harus sudah dimatikan..walaupun anaknya menangis dan teriak-teriak, ya kita kuat-kuatin kuping aja..harus tega biar anak terbiasa tidur teratur..

aduh jadi kepanjangan..hehehehe..sekian semoga membantu..

20

Topic: Jam Tidur Balita

deOny.., mungkin siklus tidurnya memang harus dirombak total, berat dan butuh kesabaran sih, tapi mudah2an pelan-pelan bisa lebih bagus lagi siklus tidurnya. Aku ambil contoh waktu anakku yang kecil (skrg hampir 3 tahun) kebanyakan tidur siang dan tidur malem baru bisa jam 12an. Terpaksa saat dia tidur siang kelamaan, ya gw bangunin, yang penting dia udah cukup tidur. Kasian sih, tapi lama2 dia terbiasa dan akhirnya sekarang tidur malem bisa jam 8, maksimal jam 9.

twitter and IG: @zataligouw
Blog : http://www.zataligouw.com/

21

Topic: Jam Tidur Balita

baru liat ada thread ini dan baru aja ngalamin jam tidur joanna (17m) yang tiba2 jadi suka begadang. Tadinya tuh bocah tidur paling malem jam 9 eh sebulan terakhir kok makin malem bisa sampe jam 12an. Karena badan emaknya udah remuk redam kebanyakan begadang akhirnya skrg pake ilmu tega dech. Bener kata emak-emak disini, harus pake ilmu tega ^^. Jadi skrg Joanna harus bangun pagi jam 7.30, bobo lagi jam 11-an bangun jam 1, tidur lagi jam 4-an bangun jam 6. So far dengan schedule kayak gini, bocahnya jam 11 malam udah teler, syukur2 jam 10. Kalo bocahnya masih molor diluar schedule itu, terpaksa nenen dicabut ato bikin ribut biar bangun.

22

Topic: Jam Tidur Balita

Drey sekarang udah 15 m

jadwal tidur siang 2 kali jam 10-12 siang trus jam 3-5 sore tapi untuk tidur sore ni pasti berontak terus kalau mau di tidurin.
malam nya jam 9 malam udah tidur. kalau drey nya gak tidur sore habis magrib biasanya juga udah tidur dan bangun jam 6 pagi dgn frekunsi bangun malam 3-4 kali

Anugrah terindah "Drey Fandry Fahri"

23

Topic: Jam Tidur Balita

Alhamdulillah Allysha (19m) jarang begadang,tp emang udah mulai dilatih dr umur 11bulan. Awalnya gara2 ayahnya harus sekolah di pakistan sebulan dan ibunya ini males gendong2 Allysha kalo mau bobo,jd mulai dibiasain ritual omaku dulu : putsen (bahasa belandanya gitu kayanya deh dulu kata omaku hehe -> sikat gigi,cuci tangan kaki,pipis dan cebok) terus masuk kamar ganti popok plus pake balsem anget, baca doa,minum susu dan bobo. Ngga lupa lampunya dimatiin cuma pake lampu tidur kuning. Dulu abis nonton film sesame street jam 7,set 8 dimulai ritualnya. Wuidiiihhh,awalnya repot banget,pake dinyanyiin dipijet2,dibacain doa2,dia malah gulang guling ga tidur2. Tapi konsisten sampe akhirnya kebobo sendiri. Biasanya sktr sejaman. Tapi parahnya pas mulai 12-13bulan,terus jalan pindah ke sini kesana,dr mulai golar goler di kasur pindah ke matras terus le sajadah dan berakhir ngegoler di lantai (dingin kali yah),ya kita pindahin lagi ke kasur,taro bantal kesukaannya,terus aja gitu.sampe bisa mulai jam set 8 dia baru tidur set 10. Tapi ternyata lama2 mulai biasa sendiri,sekarang kalo mau bobo malem dan digendong,baru 5menit dia udh bilang "bobo bobo" sambil nunjuk kasur terus dia tidur ke kasur dan bobo sendiri. Jd skrg abis selesei ritual putsen dllnya,kita taro deket bantal terus kita pura2 tidur,ntar dia maen sendiri,nyanyi2 (dgn posisi berbaring) terus lama2 senyap ilang suaranya hahaha,bahkan ngga usah di pukpuk lagi. Alhamdulillaaaahh,dan tiba2 dpt rejeki hamil pg skrg,udh lbh ringan krn ngga usah bersusah2 gendong. Dan kalo ibunya dapet jadwal jaga malem di rs,ayahnya ga repot boboin Allysha. Tapi ya memang kuncinya cuma satu sih : disiplin. Cuma yang masih gagal,bobo siangnya masih harus digendong,kalo ngga maen terus,sementara dia bobo siang 1x,2x, atau ngga sama sekali,tetep aja jadwal tidurny jam set 8malem. Jadi lagi berjuang ngajarin bobo siang tanpa gendong nih sebelom perut membesar. Semangattt!! Hahaha

24

Topic: Jam Tidur Balita

Sekarang makin gede Buled bobo siang satu kali, kalo kesorean bobonya, bisa jam 10/11 baru merem... belum bisa dipaksa/diajak teratur jam 9 misalnya harus merem, kalo matanya masih seger gak bakal merem, walo nenen juga... paling bentar nenen, langsung on lari2an lagi main lagi sama ayah sampe capek baru deh bobo... dulu waktu masih kecil enak :D energinya blom kayk sekarang hehe...masih gampang bobonya

25

Topic: Jam Tidur Balita

Mommies, numpang tanya ya tentang bobo siang.. Anak2 mommies mulai ga tidur siang dari umur berapa kah?