1

Topic: ASIX or Sufor: Berat Badan Bayi

lega menemukan thread ini....
zahra juga berat badannya lagi turun,gara2 sakit batpil.sekarang susah banget naikin beratnya lagi :(
aku juga mengalami apa yg dialami momchi,mamaku udah mulai menyuruh aku memberikan sufor ke zahra.
sekarang zahra 7 bulan beratnya 7,2kg,padahal sebelum sakit sempat 7,8 kg.
kalo aku lagi menyusui zahra,aku suka raba punggungnya,terasa tulang2nya.hiks!aku kasian banget moms.
sudah mulai terbujuk untuk kasih sufor,tapi baca thread ini jadi semangat lagi.

love zahra,berumon and books

2

Topic: ASIX or Sufor: Berat Badan Bayi

Mamas, salam kenal ya .. newbie nih ..

Asa (11mos) lulus ASIX dan lanjut full sampe 8 bulanan .. setelah itu dicampur sufor karna bener2 udah dalam kondisi kehabisan stok samsek. Sampe skrg masih dapet ASI ...

Waktu ASIX sampe 3 ato 4 bulan dia nambahnya lumayan, lahir 2,9kg, pas 4 bulan 5,8kg, tapi abis itu susaaah bgt naik-nya, pas 6 bulan cm 6,3kg. aku pikir juga karena ASI-nya kurang bla2 ...

skrg udah kena sufor, tryt dia tetep langsing (8kg) ... walopun tingginya sepertinya normal pas 9mos 71kg. so, keknya emang keturunan, secara mamah-nya sebelum hamil dl jg mungil (41kg) ..

less ego, more heart

3

Topic: ASIX or Sufor: Berat Badan Bayi

Setao aq, anak yang dikasi sufor bisa gemuk karena di dalam kandungan sufor lebih banyak gula nya jadi bisa bikin anak obesitas (cmiiw) dan celakanya (jah~ bahasanya) di mayoritas masyarakat kita masi berpikir klo anak gemuk =sehat.. padahal belum tentu loh... klo emak bapaknya kurus masa anaknya arus gemuk...eheheheheh

Share berat Yurie ya..
lahir : 3.5kg
5 hari : 3.8kg (campur sufor)
22 hari : 4.3 (full asi)
44 hari : 4.9 (full asi)
52 hari : 5.2 (full asi)

4

Topic: ASIX or Sufor: Berat Badan Bayi

wah, pas bener nih threadnya..
Rasyid lahirnya kecil, cuma 2,56kg dengan panjang 48cm saja..
hingga hari ini masih full ASI, tiga bulan pertama cukup pesat pertambahan berat badannya, di bulan ke 4 beratnya udah mencapai 5,8kg.
di bulan ke 4 ini juga kita pindah rumah, perbedaan suasana dan jet lag mungkin menyebabkan Rasyid jadi susah nyusunya.. masuk bulan ke 5, cuma naik 100gr jadi 5,9kg dan bulan ke 6 malah gak naik sama sekali.
dokter udah menyarankan untuk top up formula, tapi saya tetep gamau.
bulan ke 7, naik lumayan banyak jadi 6,5kg, saya jadi tetep optimis bisa melanjutkan full ASI tanpa formula, bulan ke 8 juga naik jadi 7kg.
nah, dua hari yang lalu Rasyid demam karena teething, trus dibawa ke dokter, ketika ditimbang (cuma pake diaper doang) eh beratnya ko balik lagi ke 6,5kg!! besok dia udah genap 9 bulan, saya udah mengira beratnya sekitar 7,5kg tapi ternyata 7kg aja gak nyampe.. :(
gatau timbangan waktu 8 bulan itu ngaco (karena beda tempat nimbangnya) ato emang dia beratnya turun karena sakit, gak ngerti..
akhirnya dokter menyarankan untuk dipantau tiap bulan kenaikan berat badannya, jangan sampe stuck ato malah drop..
Rasyid emang makannya gak banyak, dan akhir2 ini sangat susah nyusu..
sekarang jadi dilema, meneruskan idealisme untuk full ASI hingga 2 tahun atau menyerah untuk top up formula..

..saksikan aku, seorang ibu..

5

Topic: ASIX or Sufor: Berat Badan Bayi

Muna

keknya kita senasib deh ...
Asa kmren jg abis roseola-batpil-sembuh-batuk lagi, tadi malem kutimbang tinggal 7kg aja ..ihikss...
yang nyebelin dari batpil itu adalah batuk trus muntah .., jadinya keluar semua deh susunya, sayang bgt, padahal ASI, dia lagi gak mau sufornya ..
sedih bgt lihat dia muntah
yg sekarang batuk-nya keknya batuk alergi deh, soalny dia g bs kena debu, malem2 pasti batuk, trus paginy ngilang. Udah segala AC-kamar dibersihin, tapi kasurku belum, hiks, g ada matahari nih mau jemur kasur ...

less ego, more heart

6

Topic: ASIX or Sufor: Berat Badan Bayi

muna Rasyid kalo minum udah cukup lama blom, untuk mastiin kalo dia minum foremilk + hindmilk? Gue lagi nginget2 kenapa dulu BBnya Nara cihui banget naiknya, kayaknya selain faktor keturunan juga karena dulu 2 hari sekali pasti gue tinggal ke dokter n Nara minum ASIP berbotol2. Kan kalo ASIP pasti kecampur antara foremilk+hindmilk, mungkin gara2 itu juga ya... Kalo mau, coba aja kasih ASIP. Walopun mungkin agak susah, soalnya lo cuma berdua sama Rasyid n biasanya bayi yang udah biasa nyusu langsung ga mau minum ASIP.

yang selalu kangen sama si pipi gembil

7

Topic: ASIX or Sufor: Berat Badan Bayi

Sidta
huhuhuhu... kita senasib yaa... :(

otty
nah, itu dia.. nyusunya pun makin susah dan makin gak bener aja nih.. :(
semenjak dia udah bisa merangkak, maunya merangkak mulu.. susah banget disuru nyusu.. kalo nyusu sambil dipangku, badannya melintir2 ga bisa diem, kalo dipaksa nangis.. kalo nyusu sambil baring, baru beberapa isep udah jungkir balik, nyusu sambil tengkurep dan putingnya ditarik2..
baru bisa diem kalo nyusu mau tidur, tapi ya kadang bisa lama, kadang baru sebentar udah pules tidurnya.. :(
emang gw udah gak pernah meres ASIP lagi, karena gw selalu sama Rasyid gak pernah ditinggal2 juga. dan produksi pun drastis turun, padahal udah mengupayakan makanan untuk meningkatkan produksi ASI.. kalo meres udah gak banyak, 15 menit mau dapetin 30ml aja susah bener..
trus ya itu, karena seringnya cuma berdua sama Rasyid jadi susah nyari waktu buat meresnya..
bingung juga supaya dia bisa ngisep lebih banyak dan lama, gimana ya?
ga perlu sampe gemuk2 banget deh, minimal naik tiap bulan aja udah syukur.. huhuhuhu... gw stress banget niiiih... :(

..saksikan aku, seorang ibu..

8

Topic: ASIX or Sufor: Berat Badan Bayi

c bintang cukup besar dung
bsok pas 6 bulan tapi beratnya dah 10kg
klo diliat dari keturunan kayanya g deh, mamapapany kurus2 ko, tp emg pas dari kandungan c bintang dah menyedot smuaa makanan yg masuk,mungkin berlanjut sampe sekarang smua makanan sya jadi asi..

9

Topic: ASIX or Sufor: Berat Badan Bayi

muna Aduh tenang, jangan stress dulu. Soalnya gue juga masih bingung sih, udah 2 orang temen gue bilang anaknya setelah dikasih sufor justru ga segembil waktu masih ASI doang. meta juga cerita gitu ya di post awal? Kalo di-boost via makanan aja gimana? Dikasih yang bisa nambah BB dengan cepat. Tapi kalo mo ngebahas ini, masuk ke MPASI aja kali ya :)

yang selalu kangen sama si pipi gembil

10

Topic: ASIX or Sufor: Berat Badan Bayi

IMO setelah kena sufor, makannya Asa jadi gak selahap pas full ASI. Sempet mengalami masa-masa hanya mau susu, nah pas ini nih beratnya gak naik2 (kenapa ya? kan katany sufor justru bkin gemuk?? Asa pake NAN 2). Terus abis itu dia makannya lahap bener, bulan lalu, 2 minggu naik 600gr !!!
tapi yah, rumah lagi rame, orang datang dan pergi-virus2 seliweran ><
naiknya syusah, turunnya cepet bgt ...
cuma berharap habis ini dia 'balas dendam' sih, biasanya gitu ...
yang penting normal aja BB-nya, lagian Asa dari lahir emang gak bakat gemuk keknya ...

less ego, more heart

11

Topic: ASIX or Sufor: Berat Badan Bayi

sidta sebenernya itu sebabnya gue menolak sufor buat anak gue! makanya bela2in anak gue bisa ASI sampe 1thn, abis itu dikasih tambahan pake UHT. gue lebih mendingan kasih dia susu UHT/fresh milk. karena susu itu kan diminum untuk kebutuhan kalsiumnya. sedangkan sufor itu isinya macem2 (including gula) yang bikin si anak kenyang. nah karena di kenyang minum sufor jadi pas dikasih makan ya males.

unless kalo emang asi nya gak memenuhi dan anaknya masih di bawah 1thn, ya apaboleh buat dikasih sufor aja. karena gue liat kebanyakan gitu, anak2 yang kena sufor, jadi males makan.

anyway, urusan males makan ada threadnya sendiri loh. thread untuk bahas UHT / fresh milk juga ada. silahkan di cari yaa. kalo mau bahas lebih lanjut :)

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

12

Topic: ASIX or Sufor: Berat Badan Bayi

Kayanya gitu deh Shin, minum sufor jadi kaya vicious cycle buat kasus gw dulu. Minum sufor-kenyang(karena kandungan gulanya tinggi plus tambahan ina itu)-males makan-minum susu lagi karen gw takut dia kelaperan-kenyang-males makan...terus aja sampe one day gw putus cyclenya, brentiin sufor..ganti uht full dan nafsu makannya membaik sampe sekarang (tapi ga berbanding lurus sama berat badan sih, tetep langsing tp gapapa asal sehat ya ngga?)

metariza.com | mother of two |@metariza

13

Topic: ASIX or Sufor: Berat Badan Bayi

Muna, wah Rasyid sama dgn anakku dulu. Kalo minum susu, jumpalitan, akrobat. Rasyid sudah weaning kan? Memang utk bayi diatas 6bln, gak cukup dgn asi saja. Kalo aku dulu, tetap lanjut ASI, walaupun sedikit, the goodness of breastmilk outperform formula milk. ASI buatku penting utk pertahanan tubuh dan perkembangan bayi. Dulu juga sempat berpikiran supplemen formula, tapi untung tidak jadi. Aku disaranin oleh petugas kesehatan di sini utk menambah protein dan lemak di makanan anak. Jadi setiap makan, aku tambahin mentega, keju, virgin olive oil atau flax seed oil. Tambah asupan daging juga. Untuk menanggulangi anak yg minum asi jumpalitan, aku create calming down time, seperti baca buku, lalu bilang pelan2 bilang kalo ini waktunya minum susu bukan main2 lagi.

14

Topic: ASIX or Sufor: Berat Badan Bayi

Slesta

huhu iya nih, udah gak ada stok samsek soalnya. Waktu itu sempet kejar2an jg sampe Ayah-ny bela2in jadi kurir ASIP, tapi yah akhirny nyerah dan top up sufor.

mamas, tetep semangat ya bwt ASIX, jangan hanya nyerah karena masalah BB. di Asa (11mos), top up sufor gak ngaruh ke BB-nya, malah menimbulkan masalah baru (karena mesti ganti2 sufor sampe nemu yg cocok, dan itu melibatkan sembelit dsb ..)

less ego, more heart

15

Topic: ASIX or Sufor: Berat Badan Bayi

sidta ah kalo gitu beda kasus. dan elo yang bisa ngasih testimonial kalo sufor juga gak selalu ngaruh ke kenaikan berat badan yaa... tfs! :)

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

16

Topic: ASIX or Sufor: Berat Badan Bayi

Muna jangan sedih ya, tetep semangat. cacha dulu juga mirip kaya rasyid (sejarah perkembangan BBnya, hehe, kayak apa aja). kayanya mending di-boost lewat makanan, seperti yang indie bilang. karena rasyid kan ga biasa minum susu selain ASI, takutnya ntar ga suka, malah tambah repot deh. soal nambah minyak2an itu juga aku praktekin ke cacha, tiap porsi makan besar, aku kasih olive oil 1 sdt (olive oil ga aku panasin), dan juga, banyakin daging merah (kaldunya bisa dibuat kuah nasi tim, trus daging cincangnya dimaem)

bunda cacha dan hafidz

17

Topic: ASIX or Sufor: Berat Badan Bayi

ikut nimbrung yah...
Reyu sekarang menjelang 14 bln...dgn BB sekitar 8.5 kg (mungkin udah mau 9 kg blm nimbang lg), yup...'langsing' yah hehehe sementara tingginya sekitar 80cm. Emang dia terlihat mungil kalo dibandingin tmn2 seumurnya, Reyu ful ASI masih sampe sekarang...blm pernah sufor samsek, sejak 1 thn kadang suka ikutan minum UHT yg gw minum..tp bukan tambahan dan blm asupan rutin, sekedar dia pengen nyoba aja.

Gw gak pernah terlalu gusar sama BB nya, alhamdulillah suami dan org2 sekitar gw jg fine2 aja, bahkan DSA nya jg gk pernah mempermasalahkan. Krn kami tau anak ASI perkembangan nya bisa bedaaa banget satu sama lain (ya krn sumber susunya jg beda2 kan).

Temen gw ada yg anaknya full ASI jg tp bisa gembul sampe org2 gk percaya klo itu full ASI...usut punya usut ayah ibu nya jg kecilnya gembul, sekarang aja pada langsing...ada jg faktor gizi ibunya, bukan berarti yg anaknya kurang gembul berarti ibunya kurang gizi yah, tp apa aja yg dimakan ibunya itu kan pengaruh jg ke ASI. Ada jg anak yg emang tipe minum ASI nya irit, ada yg rakus... krn klo anak ASI biasanya base on demand kan, dia sendiri yg mengatur seberapa banyak dia butuh...sementara kalo susu formula udah ada takeran nya.

jadi bener kt moms yg lain, jgn sedih ;) BB bukan satu2nya patokan perkembangan anak kita kok, selama masih normal2 aja...toh perkembangan lain nya jg bisa dipantau kan. Setuju sama ade , bisa diakalin makanan nya. Apalagi klo udah diatas 1 thn, dimana susu udah bukan asupan utama lg, tp justru sekedar pendamping makanan....jd kita udahbisa tuh coba2 berbagai resep yg bisa jd booster.

Semangat yaaa!!

Carita Chandra Sakirun
------------------------------------------
If we're about to die anyway, I'd rather die fighting! Come for me, G'mork! *I* am Atreyu!
(Atreyu *The Never Ending Story*)

18

Topic: ASIX or Sufor: Berat Badan Bayi

thanks to all mamas atas supportnya yaa..
mendengar kalo tambah sufor bukan jaminan menambah BB jadi makin tidak berminat nih untuk tambah sufor..
yah, mungkin emang harus ditambah di makanan aja ya..
alhamdulillah perkembangannya tetap bagus serta sangat aktif..
thanks again! :)

..saksikan aku, seorang ibu..

19

Topic: ASIX or Sufor: Berat Badan Bayi

moms, kalo ASI uda kering bgt trus anaknya ga suka sufor gmn? trus apa bener sufor yg kacang kedelai lebih bagus daripada sufor yg dari sapi?

thxs yaaa

@marihuanie | On The Record

20

Topic: ASIX or Sufor: Berat Badan Bayi

Caiyoo ya Muna..
Kiss kiss buat Rasyid yaaa.. :)

21

Topic: ASIX or Sufor: Berat Badan Bayi

anggi
terima kasih bunda Aghnan!
kiss kiss buat Aghnan juga yaaa... :)

..saksikan aku, seorang ibu..

22

Topic: ASIX or Sufor: Berat Badan Bayi

marihuanie - kalo anaknya udah diatas 1 taun, bisa coba UHT atau Fresh Milk. tapi kalo masih dibawah 1 taun, mesti coba2 berbagai sufor deh... merek sufor kan macem, rasanya juga macem2... mungkin bisa dicoba satu2.

cara satu lagi, kalo sempet, mungkin bisa dicoba relaktasi, alias usaha untuk ngeluarin ASI lagi... caranya pernah dibahas disini.

good luck ya!

? comic and crochet addict ?
theurbanmama.com | @turniptopia

23

Topic: ASIX or Sufor: Berat Badan Bayi

ow, masi di bawah setahun ni.. udah dicoba 3 merk, tiga2nya ga suka. okay, otw to TKP, thxs ya, Thalia..

@marihuanie | On The Record

24

Topic: ASIX or Sufor: Berat Badan Bayi

Asa pake NAN 2 setelah mencoba ini dan itu ... yang lain diminum sambil nangis ato dilempar botolnya. klo NAN 2, dia doyan tp tetep masih mau nyusu ..
kmren ponakanku yg sebelumnya full ASI jg coba ini dan doyan jg ...

tapi dicoba relaktasi dl ya bu ... ini solusi terakhir aja ..

less ego, more heart

25

Topic: ASIX or Sufor: Berat Badan Bayi

Mau ikut cerita yah tentang kenaikan berat badan ini. Kalo bayinya masih di bawah 6 bulan, alias belom makan kan yah, belom bisa boost dari makanan. Coba alternatif laindulu deh selain sufor.
Bisa dari donor asi (yang berarti frekuensi mimiknya diseringin atau pke alat relaktasi) atau juga metode foremilk-hindmilk.
Nampaknya dua-duanya cukup efektif deh, karena saya ada temen yang kebetulan coba metode tersebut. Testimoni dia menggembirakan sih.
Nah, tapi ada baiknya lagi, kita liat dulu anak kita. Pertumbuhan kan ga hanya berat badan yah. Tingginya gimana, lingkar kepalanya gimana, kita plot di growth chart. Pernah ada kan bahasan tentang nge-plot growth chart?
Salah satu doktrin jaman dulu juga nih, anak bayi gendut -> lucu. udah dari sananya, anak bayi itu harus gendut. Padahal mah engga yaa. tarik napas panjang, berat badan bukan satu-satunya parameter kita "sukses" nggedein anak kok :)