1

Topic: Living in Spore: Q&A

Slesta thank you tambahan infonya! Iya kami udah kebayang sih kalo living spacenya pasti akan down-grade. Apalagi sekarang kebetulan tinggalnya di new built apartment yg lumayan luas lah buat ukuran Amsterdam, karena sebenernya apartemen di Amsterdam juga banyak yg kecil2. Nanti begitu udah di Singapore emang mesti rajin2 liat2 dan cari2 nih.

Suami gw itu internal transfer dari kantor Amsterdam, jd kayaknya dapet gaji lokal deh (we haven't received the package offer yet). Jadi preferencenya memang tinggal di HDB aja, tapi cari lokasi yg oke, apalagi kalo fasilitas amenities di sekitar HDB juga sudah bagus.

Masalah medical insurance nanti gw infoin lagi deh ke suami biar bisa di cek tentang coveragenya. Kalau coveragenya ngga oke susah juga dong ya apa2 bayarnya jd mahal! Kalo vaksin anak biasanya masuk coverage ngga sih? Soalnya kayaknya klo di sana nanti mesti nambah/boost beberapa vaksin deh, karena vaksin program di sini basic saja (contoh: ga ada vaksin buat cacar).

2

Topic: Living in Spore: Q&A

miegorengpedas vaksin anak tidak termasuk di health coverage. dan cacar bukan termasuk vaksin yang mandatory. kalo yang mandatory biasanya harganya ga terlalu mahal karena di subsidi pemerintah.

HDB sih kebanyakan emang mayan oke karena dia itu udah dibikin kayak community gitu, cuma satu hal yang gue mayan kaget pas pindah ke SG, somehow apt2 di SG ini, terutama HDB ya, layoutnya rada aneh hihi.. tapi ya yang baru2 sih mayan oke. dan convenient aja sih, karena HDB biasanya deket sama public facilities. jadi mayan convenient lah.

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

3

Topic: Living in Spore: Q&A

Slesta bisa tau dari mana sih kalo HDB itu baru atau lama? Dan mostly kalo nyewa itu fully furnished ya?

4

Topic: Living in Spore: Q&A

Lia,

Karena kebetulan gue tinggal di HDB jadi sedikit banyak mungkin bisa jawab.

HDB gue termasuk bangunan lama, mungkin malah HDB yang pertama2 dibangun di SG karena setau gue ini udah ada dari tahun 80-an. :D But fret not, pemerintah Sg selalu 'meremajakan' bangunan2-nya kok. Baru bbrp bulan lalu, HDB gue kebagian upgrading. Seperti playground, fitness corner utk manula, lift, kamar mandi, dll dll semua dibaru-in.

Untuk nyewa HDB gak segampang nyewa condo, mereka punya kuota penghuni berdasarkan race, dan HDB yang disewakan mesti approved sama badan perumahan dulu, meaning, sudah ditempati oleh landlord minimum 3-5 tahun. Tips dari gue, kalo nyari lewat agent jangan lupa tanya "ini sudah approved belum?" karena kalau belum (biasanya malah HDB-HDB baru), nanti landlord dan tenant bisa kena fine dan disuruh evact dalam waktu hitungan hari.

Pertimbangan gue milih tinggal di HDB, pertama lokasinya. Biasanya HDB dekeeeet banget sama MRT station, atau malah kaya tempat gue, nempel + sheltered jalan ke MRT station. Condo biasanya ngga deket MRT, tapi jangan kuatir, hampir selalu ada bus stop disekitarnya. Sebenernya tinggal dibelahan singapore mana aja oke kok, bener, karena sistem transportasi Sg kan oke banget, kejangkau semua. Contohnya : Kantor suami gue jaraknya 15 stasiun ke rumah (hahahahaha!) tapi segitu 'jauh' cuma ditempuh max. sejam (pake beliin pesenan bubble tea istrinya dulu pula). Oh, trus kita personally hindarin daerah Geylang, beberapa part-nya masih termasuk Red District.

Kedua, luasnya. HDB gue 3 BR + 2 bathroom. Luas sekitar 1011sq menurut owner gue. FYI, newly built HDB biasanya gak terlalu luas, kecuali yang Executive Maisonette (modelnya loft). Bulan pertama gue pindah SG, sempet nyewa condo temen sebulan di daerah Woodlands sebelum pindah ke Dakota sini. Seperti kata Shinta, layout-nya kicik kaliii, 2 BR dan menurut kita, lokasinya jauh. Hihihi.. Soal harga, HDB di Dakota ini bisa lebih mahal daripada condo di Woodlands. :D

Ketiga, utilitiesnya (listrik, gas, air) lebih murah daripada condo, sebulan pemakaian normal kita paling mahal pun $250-an. Kalau condo bisa $400-an ya? (shin, cmiiw).

Soal furnished non furnished, tergantung sih, yg gue sewa ini kebetulan banget abis di renov sama landlord, jadi semi furnished, kita beli sendiri bbrp isinya dari IKEA. Ada juga yang seneng nyewa fully furnished, gak repot kan kalo mesti pindah2. Tapi bagi gue, kalo ga terlalu sreg sama furniture-nya, gaswat. :D :D

A grand adventure is about to begin.
-- Winnie the Pooh

5

Topic: Living in Spore: Q&A

wortje utilities sih tergantung pemakaian juga ya. gue sih di condo, hampir jarang bayar utilities diatas $300an. biasanya sekitar $250an juga kok. pemakaian terbanyak biasanya di air, kalo listrik paling banyaknya untuk nonton tv (sore doang, setelah anak2 pulang sekolah), mesin cuci (nyuci hampir tiap hari), dan AC (cuma dipake malam doang untuk 2 kamar).

untuk furnished atau gak, kebanyakan sih disewainnya semi-furnished. jadi biasanya suka masih ada kasur, sofa, dan udah pasti ada kulkas. sisanya kosong. kadang kalo kita ga mau ada kasur atau sofa yang punya landlord, bisa bilang kalo kita ga mau karena udah punya. atau kalo kondisi barang landlord udah ga bagus, ya bisa nego untuk gak diminta kita pake.

oiya tambahan lagi, untuk HDB yang gak approved untuk disewa biasanya mereka kayak ngunci satu kamar yang biasanya ditaro barang2 mereka (jadi gudang). ini maksudnya kalo boardnya inspeksi, mereka masih bisa bilang tetep tinggal disitu karena barang2nya masih ada. cuma jadinya ga enak karena jadi kita yang nyewa keilangan satu kamar. jadi kalo bisa dapet yang approved akan lebih baik. nyewa 3BR apt, bener2 dapet 3BR, gak cuma 2BR yang bisa dipake.

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

6

Topic: Living in Spore: Q&A

Wortje thank you info HDBnya, comprehensive sekali! Gw jg mikirnya mau cari yg deket MRT, min 2 BR - max 3 BR, ga terlalu mini in size karena ada toddler yg hobinya jelalatan, dan partially furnished. Location wise jg ga mau yg terlalu ujung2 sih. Berarti nanti harus mastiin ke agent ya untuk cari HDB yg udah teregister untuk bisa di sewa.

Slesta oh makanya temen gw di sana ada yg nyewa HDB 3BR tapi 1 kamer dikunci. I was like "huh?". Ternyata gitu toh alesannya..

Kayaknya emang urusan nyari tempat tinggal bakal ribet ya. Dulu pada pake agent juga kah nyarinya? Ada rekomendasi? Trus berapa lama cari2 sampe dapet yg sesuai? Dalam sehari ngeliat beberapa tempat gitu ya?

7

Topic: Living in Spore: Q&A

Halo mama2 di SG, aku udah 2bulan nih di sini. Mau dong ketemuan/kenalan..masih sedikit banget nih temennya di sini dan nyari temen playdate jg buat Arka ;)

8

Topic: Living in Spore: Q&A

miegorengpedas,
waaa... senangnya udah di spore :). tinggal di mana nih jadinya? :)

? love to write and run - a bus transjakarta passenger ?
@ninityunita

9

Topic: Living in Spore: Q&A

Teh Ninit

Iya, akhirnya nyampe juga ;) Aku tinggal di Potong Pasir, jalur ungu teh!

10

Topic: Living in Spore: Q&A

miegorengpedas,
aaa! sama dong... dulu aku pun jalur ungu :) paling ujung di harbourfront.
pasti seneng deh di spore. :)

? love to write and run - a bus transjakarta passenger ?
@ninityunita

11

Topic: Living in Spore: Q&A

miegorengpedas
haloo,wah udah 2 bulan yaa disana.. gimana ma rasanya pindah negara lagi? :)

oiyaaa,udah halo2 di thread Hello,Mamas Papas Singapore ini belum? siapa tau bisa ketemuan sama mama-mama yang lain ;)

Love my kids

twitter & IG : @ndiievania
blog : https://ndiievania.wordpress.com/

12

Topic: Living in Spore: Q&A

Cindy thank you tipsnya! Aku udah halo2 di thread itu ;)

13

Topic: Living in Spore: Q&A

Moms,

mau nanya nih tentang biaya child care di singapore. Kemaren baru dikasihtau ada kemungkinan bakal dikasih 6 month assignment di Manufacturing Center di Singapore. Pinginnya sih bawa alfred (13months), tapi suami belum tentu ikut karena dia kerja di Jakarta. Di jakarta, Alfred biasa di daycare dan ga ada nanny, jadi yah kepikiran nya bakal dititip ke daycare juga. Berapa ya kisaran harga daycare di sana?
Oh ya, kalau ada rekomendasi daycare di daerah West Jurong boleh juga. Plus, tanya, kalau daycare di Singapore anaknya boleh dijenguk siang2 ga ya? atau ada CCTV gitu? (maaf pertanyaan basic dan mgkn OOT ya)
Belum tahu sih bakal dapet tempat tinggal di mana, jadi belum tahu mau cari daycare daerah mana lagi.

TIA

14

Topic: Living in Spore: Q&A

aprilianti,
hi aprilianti... apakah sudah ada info nanti tinggal di mana? apakah di HDB atau apartemen/condo?

untuk HDB biasanya ada daycare.

dulu saya memasukkan anak saya ke cherie hearts
cheriehearts.com.sg
itu cukup banyak di singapore, tinggal dipilih wilayahnya saja.

untuk harga, saya udah lebih dari 5 tahun yang lalu sih ya... jadi ngga valid lagi harganya. nanti aku coba tanya2 juga ya.

hth.

? love to write and run - a bus transjakarta passenger ?
@ninityunita

15

Topic: Living in Spore: Q&A

teh ninit,
Thanks untuk info nya. Belum ada info jelas sih, aku cari2 info buat biaya dulu nih. siap2 secara finansial dulu :)

Oh ya, MRT itu peak hours nya jam berapa ya? Bisa sampe penuh banget kayak naik kereta atau busway di jakarta ga? maaf pertanyaan nya memalukan, maklum belum pernah sama sekali ke singapur :P

Satu lagi, ada yang punya pengalaman tinggal berdua dengan toddler aja ga? Takut-takut juga sih untuk cuma berdua sama baby 13m karena di sini biasanya kalau papanya keluar kota, malem2 ada adik ku yang bantu nemenin. Tapi kalau mau pake maid kok sepertinya mahal ya....

16

Topic: Living in Spore: Q&A

aprilianti,
yes... ada peak hournya juga. biasanya, jam kantor :) itu MRT biasanya packed.

aku waktu di spore ngga pake maid dan beberapa kali ditinggal suami tugas ke luar, alhamdulillah baik-baik aja.
pernah ketemu sama temen... trus karena aku ngantuk, aku pulang duluan. suami masih bareng temen2nya. waktu itu jam 10-11 malem, aku pulang bareng anak di dorong di stroller dan dalam kondisi hamil tua :) aman2 aja.

happy sih waktu tinggal di spore. fasilitasnya mendukung kita buat mandiri.

? love to write and run - a bus transjakarta passenger ?
@ninityunita