1

Topic: Living in Spore: Q&A

mamanisa banyak kok mesjid di bedok. don't worry. soalnya bedok itu daerah melayu.. jadi banyak! di tampines juga ada yang gede. dan banyaknya juga deket ama interchange (stasiun) jadi gampang dicarinya.

beras itu tergantung dari konsumsi. dari yang less than $1 per kg, sampe yang mahal banget juga ada.

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

2

Topic: Living in Spore: Q&A

telat taunya tenyata ada thread ini...
kok postingannya berhenti di bulan juli?
mamanisa apakah udah sampe di singapur? udah jadi cari ART? share dong...

awal agustus kemaren gw resmi pindah ke singapur...alhamdulillah bisa dapet rent HDB 3BR di daerah clementi less than 2K...tapiiii kudu bersih2 edannn karena tenant sebelumnya jorok berat...
sekarang lagi mencari ART...sebenernya sih disini sekarang gak kerja...tapi merasa butuh ART karena kondisi sekarang dengan anak yg baru umur 1 taun dan lagi hamil 8 bulan...
sempet pikir2 butuh gak ya ART?...sanggup gak ngurusin suami, 2 anak (1 toddler, 1 infant), dan rumah sekaligus?
eh...malah curhat...*ini OOT gak ya???*

intinya sih sekarang lagi butuh info gimana cara cari maid disini...
apa ada yg punya recommended agent?...udah gak mungkin bawa dari indo...butuhnya cepet nih...kalo bisa sebelum oktober soalnya awal oktober lahiran...
apa2 aja yg musti diperhatiin waktu mau ngambil maid?
apa ada yang mau transfer maid???...kali aja ada yang mau pindah dan mau mentransfer maidnya...

there's no place like home...

3

Topic: Living in Spore: Q&A

piw eh udah di singapore sekarang? waaah ga bilang2.. kan bisa diajakin ketemuan :)

sebenernya sekarang tergantung dari kamu aja sih, bisa gak ngurus rumah & 2 anak sendirian? kalo elo nya mampu ya ga perlu ART. ninit juga dulu disini punya 2 anak tuh.. dan gak pake maid. tapi pertimbangannya jadi dia rent apt nya yang lebih kecil supaya ga repot bebersih nya.

yang pasti kalo mau ngambil maid yang perlu diperhatikan:
1. chemistry kamu dengan maidnya. apa cocok ato enggak.
2. dokumen2 yang diperlukan oleh agent
3. biaya & salary yang ditentukan dr awal
4. mau kasih off days ato engga.. ato misalnya di awal bilang ga kasih offdays selama 3bln, setelah tau kerjanya oke, baru dikasih... etc.

kemaren ini yositako baru dapet maid dan kayaknya agentnya mayan oke. tapi gue ga tau tuh.. mesti tanya ke dia dulu. agent yang gue pake dulu (cuma bantu paperwork aja, ART nya udah lama kerja ama nyokap gue di jakarta) udah gak beroperasi lagi.. entah kemana. kayaknya pindah ke luar negeri deh. jadi gue ga punya contact yang bisa di share.

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

4

Topic: Living in Spore: Q&A

hehe iya...udah sampe singapur juga...

sebenernya sih pengen banget bisa ngurus sendiri aja ga pake ART...beberapa temen bisa gitu disini...tapi setelah dipikir2 kayanya untuk sekarang masih perlu pake juga...daripada jadi ga kepegang semuanya...apalagi mengingat jarak umur anak nanti bakal cuma 14 bulanan...
ART lebih buat general housekeeping aja...insyaAllah anak tetep dipegang sendiri...biar bisa lebih fokus ngadepin anak tanpa perlu mikirin bersih2 rumah...
mungkin nanti kalo anak2 dah pada gedean bisa tanpa ART...dengan catatan gw gak kerja tentunya...

there's no place like home...

5

Topic: Living in Spore: Q&A

piw - wah, piw di singapur ya? hmm, terjawab dong nih kayaknya pertanyaan yang dari kemaren2 pengen ditanya: ngelahirin anak ke-2 water birth lagi ga? kalo di singapur, kayaknya engga ya...

piw, cari pembantu yang datengnya per jam aja kalo cuma untuk bersihin rumah. harganya bisa jauuuuuh lebih murah soalnya (setengahnya).

btw, di clementi ya? deket dong kita... hihihi.

karena deket, ini rada random ya: di cold storage yang di holland village dan jelita, suka ada bulletin boards. nah disitu suka banyak maids yang transferan dari expats... expatnya pulang kampung, trus expat-nya pasangin iklan buat maid-nya. kalo iseng, bisa liat2 situ juga... hehe, ga pake agent sih... dan harganya ga tau ya, soalnya maid bekas expat bule biasanya. tapi umumnya yang di naro disitu udah biasa ngurus anak.

? comic and crochet addict ?
theurbanmama.com | @turniptopia

6

Topic: Living in Spore: Q&A

haha...iya nih...pengennya sih water birth lagi...tapi apa daya...
tapi berasa jadi agak deg2an mau ngelahirin ga water birth lagi...hihihi...

sempet kepikir juga sih cari maid yang part time gitu...tapi ada pertimbangan lain...memutuskan cari yg full time aja biar sekalian ada temen kalo suami lagi pergi2 offshore...kerjaannya pergi2 offshore abisnya...

cold storage di holland village ya...ok noted...
eh tapi biasanya expat2 bule gitu maidnya orang mana ya?

there's no place like home...

7

Topic: Living in Spore: Q&A

maid transferan gitu ada macem2, tapi umumnya either indonesia atau filipin. keliatan kok biasanya dari namanya. lagian, kan tinggal cobain telpon. kalo ga sreg, ga usah diterusin :) ini kalo ga dapet2 agent, lho!

? comic and crochet addict ?
theurbanmama.com | @turniptopia

8

Topic: Living in Spore: Q&A

hello again mamas..

Alhmdulillah mulai sabtu mg kmrn ak dah nyampe singapur. Ribet ngurusin pindahan n hal2 baru ampe g sempet browsing, hehe :)
Trnyata sngapur neat n clean banget.. Teratur banget, ampe kayak robot.. Beda dlm hal ini ama my lovely indonesiaaa..
Untuk smentara selama relocation period ini ak tinggal d tiong bahru. Mamas ada yg bisa bantu nmr telp katering halal d sekitar tiong bahru gaya?
Alhmdulillah dpt srvice apt yg dket plaza n mrt.
Setelah survey selama ini dlm hal harga groceries banyak yg mahalan di sgapur.. dan ampe skrg ak belum nemuin bumbu dapur ie: ketumbar,kemiri,laos..hiks.. Anyone can help?
Trus untuk masalah art.. Sejauh ini sih ok, soalnya ada ibu mertuaku yg nganterin pindahan.. Ak bisa masak sndiri, belanja, jalan2 sambil ngemong 2 anak yg imut2 bareng ibuku.. But gatau ntar.. Mudah2an masih bisa..
So, mamas yg d singapur.. tolong infonya ttg sngapur ya krn ak baru pindah nih.. Makasih banget sblmnya.
Salam kenal sekali lagi..

9

Topic: Living in Spore: Q&A

mamanisa kalo mau belanja barang2 dapur itu, lengkap kok ada.. coba ke sheng siong deh.. ini mah supermarket fave gue banget. cari di bagian dried goods.. ada tuh ketumbar, kemiri, dll. kalo laos ya cari dibagian deket2 sayur gitu, pasti ada!

kalo nanti pindahnya ke daerah timur, akan jauh lebih gampang, karena emang kampung melayu. even di pasar basah juga banyaaakk banget yang jualan bumbu2 indonesia, gak bakal susah kok. tenang ajaa..

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

10

Topic: Living in Spore: Q&A

oiya, kalo mau iseng, coba sekalian mampir ke geylang serai.. rada jauh sih dari tiong bahru, tapi pasti seru krn bisa belanja macem2.. karena emang itu daerah orang melayu. even ada es teler 77 kok.. heheh..

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

11

Topic: Living in Spore: Q&A

Hi mamanisa,
Wah kita tetanggaan, gw juga tinggal di daerah Tiong Bahru, cuma agak lebih jauh dari stasiun mrt.
Kalau katering halal agak kurang tau ya, cuma di Tiong Bahru Plaza itu ada beberapa tempat makan yang lumayan terjangkau dan halal certified, misalnya Ananas Cafe (makanan gaya warung2 gitu), terus di lantai 2/3 (agak lupa) deket Thai Express ada juga semacam food court yang halal.
Bumbu masak bubuk di Fairprice (lantai dasar Plaza) juga ada kok, cuma emang mahal karena kebanyakan import dan ngga sesegar bumbu masak yang bentuknya asli dan emang bener kata slesta, sheng siong jauuhhhhhh lebih lengkap kalau soal bumbu masak, cuma sayangnya gw juga belum nemu yang deket2 Tiong Bahru.
Kalau lagi rajin, kita suka juga ke Giant Vivo city, karena lebih gede dan bumbu2nya lebih beragam.
Kalau di fairprice mah ketumbar (coriander) & kemiri (candlenut) ada dan gampang banget ditemuin, cuma gw juga kesulitan nyari salam, lengkuas, keluarga asam (kandis dll).. Mungkin ntar kalau iseng bisa jalan2 ke Geylang Serai, soalnya disana emang banyak toko2 Malay Singaporean yang bumbunya mirip kita. Plus banyak halal butcher juga..

Good luck hunting!

12

Topic: Living in Spore: Q&A

Oia lupa,
Mamanisa aptnya di sebelah mana? Di belakang Beo Crescent Estate (sebelah PSB academy) dan di deket Link Hotel (arah ke Outram Road) itu ada wet market, jadi mereka jual sayur2an dan bumbu masak juga... Cuma sayang dagingnya ngga ada yang halal...
Kalau butuh info yang lebih detail silakan japri ya..

13

Topic: Living in Spore: Q&A

anya alwin iya kalo yang di central toward west of singapore, nyari sheng siong susah ya? gue sih tinggal di bedok, sheng siong deket rumah gue aja ada 2 tuh!

mamanisa kalo mau nyari daging halal sih bisa ke giant. ada kok. gue justru malah kurang suka ke giant vivo, kurang seger ikan, dagingnya. tapi ya not bad lah yaa... soalnya gue compare ama giant tampines.. kalo kesana sabtu pagi.. wuiihh..ikannya seger2 banget! gue biasanya stock up aja buat 3-4 minggu beli daging & ayam gitu, soalnya even di fair price gitu masih kalah (dari sisi kualitas & harga). paling tiap 3 hari sekali gue ke shengsiong buat nyetok sayur & buah2an. plus susu anak gue juga sih.. heheh..

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

14

Topic: Living in Spore: Q&A

ikutan nyambung :)
klo Sheng Shiong di daerah West ada di Jurong West & Bukit Panjang

jd inget waktu pertama kali di sg tinggal di Ang Mo Kio, ada Sheng Shiong tepat di lt bawah blok ku ^_^ puas belanja, dikit" klo kurang apa tinggal turun ke bawah aja hehe...

di wet market daerah Bukit Gombak banyak lho bumbu", even kadang ada tempe indo (yg lbh tebel dibanding tempe sini) :)

ada juga web yg jual barang" indo lengkap belanja.com.sg (bu mods ngga maksud jualan & ngga ada hubungan sama yg punya..)

atau klo mamaku atau mertua pas datang mereka suka bawain bumbu dapur kaya sereh, daun jeruk, daun salam , etc trus kita masukkin freezer, dijamin awet & warnanya masih hijau seger

15

Topic: Living in Spore: Q&A

Slesta, yup bener! Tadinya sebelum gw pindah ke SG suami tinggal di East dan gampang banget untuk nemu bumbu n bahan2 masakan Indonesia. Tapi begitu bergeser ke tengah malah jadi susah...

Mamabelle, iyaa...!!! Temenku ada yang aptnya di Bukit Gombak, deket banget sama pasar dan pasarnya juga lengkap kap kap sampe babat dan lidah sapi pun ada.. Rencananya sih kita awal tahun mau pindah rumah (lagi) ke daerah West dan mudah2an bisa dapet yang deket2 wet market juga. Maklum anak pasar hahaha!

Mamanisa, iseng ngecek ke websitenya Sheng Siong nih dan dapet alamatnya yang kira2 paling deket daerah kita, gw pernahnya ke yang di Tanglin Halt Road, soalnya deket banget ama Commonwealth MRT.
Blk 720 Clementi West St 2 #01-144 Tel: 6773 6212
Blk 352 Clementi Ave 2 #01-91/99 Tel: 67770668
Blk 88 Tanglin Halt Road #01-10 Tel: 6476 2742
Blk 122 Ang Mo Kio Ave 3 #01-1753/1755 Tel: 6454 9908
Blk 233 Ang Mo Kio Ave 3 #01-1168 Tel: 6452 6889

Kalau mau ngecek naik public transport yang mana biasanya gw pake gothere.sg...

16

Topic: Living in Spore: Q&A

pindah deket gw aja nya biar deket sheng siong...*kan lo selalu sirik ama gw karena kalo mau ke sheng siong tinggal turun...*
wet marketnya juga deket...
-maaf mama mods kalo agak OOT-

there's no place like home...

17

Topic: Living in Spore: Q&A

mamanisa
aku tinggal ga jauh dari tiong bahru, di commonwealth drive (dkt MRT commonwealth), silahkan jln2 kesini.
kalo mo cari2 bumbu2 lengkap,masih fresh, disini ada wet market, langsung minta diblenderin aja ama penjualnya.
trus ada penjual daging khusus halal. ada juga yg ga halal.
ada seafood, tempe, tahu, sayur2an.
ada buah2an juga, tapi aku lebih suka beli buah di Shengsiong, yg letaknya ga jauh dari wet market, sekalian groceries shopping.
(nah itu juga udah disebutin di atas ama anya.alwin, alamatnya tanglin Halt road, itu yg di dkt tempat tinggalku).

klo katering halal, aku ga tau. tapi di seberang HDB, ada food centre, ada yg khusus halal.

Aku juga ga punya ART, anakku 16bln. Semuanya aku kerjain sendiri. Ga repot kok, krn aku rent HDB yg kecil, 2+1 aja. Dan di singapore kemana2 walking distance & stroller friendly. jadi ga seruwet di indonesia.

18

Topic: Living in Spore: Q&A

berhubung thread ini udah ngebahas macem2 ttg hidup di spore, dan gak hanya ttg living cost nya aja, judulnya gue ganti dikit yaaa... biar lebih luas bahasannya dan ga jadi OOT.

makasih!

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

19

Topic: Living in Spore: Q&A

mamanisa - dulu sebelum ninit balik ke jakarta, dia tinggalnya di Tiong Bahru juga. dan seinget gue, dia ikutan katering (halal kok). mesti tanya ninit tuh ttg catering dan barang2 buat belanja di sekitar Tiong Bahru... dia dulu tinggal disitu setaun.

? comic and crochet addict ?
theurbanmama.com | @turniptopia

20

Topic: Living in Spore: Q&A

hey ya ampuuun baru nyadar kalo ada anya :) hallo! *dadah2 ke tetangga di bdg yg blm pernah ketemu*

mama nisa,
dulu saya ketring ke tyty. telp-nya lupa tapi coba aja kontak di facebooknya: Antares Riesty.

? love to write and run - a bus transjakarta passenger ?
@ninityunita

21

Topic: Living in Spore: Q&A

nikela - wah, kita deketan nih! gue di holland village... kalo lagi lari malem, pasti ngelewatin Commonwealth MRT :)

? comic and crochet addict ?
theurbanmama.com | @turniptopia

22

Topic: Living in Spore: Q&A

Moms,
berhubung judulnya udah diganti ama slesta, jadi bahasannya bisa lebih luas.
mo nanya nih, di singapore katanya ada child care leave 6days/year. biasanya diambilnya untuk alasan apa?apakah bisa digunakan kalau anaknya sakit? atau ada urusan di sekolah anak?

Aku ada rencana utk kerja lagi.
Dulu di jkt, aku kerja. Tapi stlh melahirkan & kemudian suamiku pindah ke singapore, aku resign.
Nah nanti kalo anakku udah sekolah, aku mau kerja lagi.
Makanya lagi cari2 info nih.

Thalia rajinnya dirimu,lari2 sampe commonwealth. Biasanya rutenya mana aja? Selama ini aku kalo lari2, rutenya keliling playground aja, ngejar2 anak.hahaha

23

Topic: Living in Spore: Q&A

nikela sebenernya itu tergantung dari perusahaannya. soalnya ada yang cuma dikasih 3 hari deh kalo ga salah. dan each company punya kebijakan masing2 untuk ngambil child care leave itu.

di perusahaan gue sih dapetnya 6 hari ya. dan bisa dipake untuk apa aja. udah jadi kayak leave aja. kadang untuk gue pake liburan, gue pake sebagai child care leave itu. tapi rightfully i guess ya dipake untuk urusan child care, kayak misalnya mesti ke dokter karena anak sakit, acara sekolah, etc. atau untuk spend time sama anak aja, logically ya harusnya bisa. soalnya child care itu emang dikasih untuk employees yang punya anak di bawah 7thn.

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

24

Topic: Living in Spore: Q&A

sLesTa wrote:
nikela sebenernya itu tergantung dari perusahaannya. soalnya ada yang cuma dikasih 3 hari deh kalo ga salah. dan each company punya kebijakan masing2 untuk ngambil child care leave itu.


gue termasuk yg dapet cuman tiga hari, di kantor gw yg eligible dapet 6 hari cmn yg status anaknya singaporean. selanjutnya ky yg dibilang slesta, childcare leave bisa diambil utk urusan anak ato buat perpanjangan cuti kantor biasa.

engineer.wife.mom.daughter.sister.food lover :)

25

Topic: Living in Spore: Q&A

slesta & rhanie,
OK noted, childcare leave itu fleksibel diambilnya.

Trus mo nanya lagi nih (*maafkan aku yg ga tau diri*),
Kalo ibunya kerja & anaknya ditaruh di childcare yg full day, kira2 masih perlu hire ART ga ya?
Kalo ga salah di Singapore childcare dari jam 7am-7pm, jadi kan masih bisa dianterjemput ortunya.

Krn apartemen2 di singapore ga kayak landed houses di indonesia, yg gede2 & halamannya luas.
Jadi kayaknya ga terlalu butuh ART ya untuk bersih2 rumah.